MANAJEMEN STRATEGIS KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA

DISUSUN OLEH MUHAMAD RUBBY NAZMI N.A (070503170) (070503182)

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

prinsip. Para pemimpin menggunakan pendidikan. dan membentuk budaya organisasi. dan ketekunan untuk membangun organisasi mereka. Ketekunan yaitu .Kepemimpinan dan Budaya Kepemimpinan Organisasi Kepemimpinan organisasi merupakan proses dan taktik para eksekutif kunci untuk mengarahkan dan menuntun orang-orang dalam suatu organisasi menuju ke arah suatu visi sepanjang waktu serta mengembangkan kepemimpinan masa depan organisasi tersebut dan budaya organisasi. Mengarahkan organisasi untuk menghadapi perubahan yang terjadi terus menerus 2. Tujuan strategis dijelaskan melalui visi pemimpin (suatu gambaran luas mengenai kemana Ia memimpin perusahaan) dan perhatian serta harapan yang jelas mengenai kinerja. membangun suatu organisasi. Menyediakan keahlian untuk menghadapi dampak perubahan yang terus-menerus kepada manajemen Kepemimpinan Strategis : Menerima Perubahan Para pemimpin mendorong komitmen untuk menerima prubahan melalui tiga kegiatanyang saling berhubungan: menjelaskan tujuan strategis. Prinsip adalah standar pribadi pemimpin yang menuntun rasa kejujuran. Kepemimpinan organisasi meliputi tindakan pada dua bidang: 1. integritas. dan perilaku etis. Pendidikan melibatkan pengenalan para manajer dan pemimpin masa depan dengan pengertian efektif atas bisnis dan keahlian – keahlian yang mereka butuhkan untuk dikembangkan.

Hasrat.kemempuan untuk bertahan pada tantangan ketika kebanyakan yang lainnya enggan. komitmen penuh motivasi tinggi terhadap apa yang anda lakukan dan ingin lakukan. Para pemimpin mulai membentuk budaya organisasi dengan hasrat yang mereka bawa dalam peran mereka. merupakan alat yang tidak diragukan bagi para pemimpin untuk menanamkan kepercayaan dalam visi yang mereka cari pada waktu sulit. serta melalui pilihan dan proses penumbuhan yang mereka lakukan terhadap manajer muda dan pemimpin masa depan. merupakan suatu kekuatan yang menyerap perilaku di seluruh organisasi dan membantu orang lain dalam menerima aspirasi budaya anda. .

Pemimpin dan budaya dari organisasi yang dipimpinnya terkait satu sama lain dan jika mereka berada dalam peran pemimpin untuk suatu jangka waktu yang panjang. Asumsi yang dimiliki bersama oleh anggota-anggota suatu perusahaan dapat memengaruhi tindakan dan pendapat dalam perusahaan itu. sang personifikasi. Pemimpin adalah pembawa standar. dan legenda untuk mendukung keyakinan-keyakinan dasar. anekdot. maka kaitan mereka dengan organisasi tersebut biasanya tertanam secara kuat. Hal-hal yang dilakukan Pemimpin terkait dengan Budaya Perusahaan 1.Budaya Organisasi Budaya Organisasi adalah sekelompok asumsi penting (sering kali tidak tertulis) yang dipegang bersama oleh anggota-anggota suatu organisasi. Mendorong penyebaran kisah dan legenda mengenai nilai-nilai utama Perusahaan-perusahaan dengan budaya yang kuat adalah pengumpul semangat antusiasme dan pencerita kisah. Menekankan tema-tema kunci dan nilai-nilai dominan Para pemimpin berwawasan luas mengembangkan tema-tema kunci atau nilai-nilai dominan dalam organisasi mereka yang mendukung keunggulan kompetitif yang berusaha mereka pertahankan atau bangun. perwujudan tanpa henti dari budaya atau contoh baru dari apa yang seharusnya. . 2.

memaksimalkan sinergi .mengelola budaya .3. 4. Menyesuaikan beberapa tema yang sangat secara unik Setiap perusahaan memiliki suatu budaya terpisah yang diyakini tidak akan ada perusahaan yang lain yang dapat meniru dengan sukses. Melembagakan praktek-praktek yang secara sistematis memperkuat keyakinan dan nilai yang diinginkan Perusahaan dengan budaya yang kuat memiliki kejelasan mengenai keyakinan dan nilai yang mereka butuhkan dan melakukan proses untuk membentuk keyakinan dan nilai tersebut dengan sangat serius.kaitan dengan misi . Nilai yang dianut oleh perusahaan ini mendasari strategi yang mereka ambil.reformulasi strategi atau budaya . 5. Mengelola budaya organisasi dalam organisasi global Budaya organisasi harus mengakui adanya perbedaan budaya. 6. Mengelola hubungan strategi-budaya .

Kaitkan perubahan ke misi Formulasikan kembali atau Banyak Perubahan dalam faktor-faktor kunci Banyak dasar dan norma organisasi fundamental persiapkan secara hati-hati perubahan budaya jangka panjang dan sulit 1 4 organisasi yang diperlukan untuk mengimplementasikan Strategi baru 2 Sinergi-fokus yang mencerminakan Sedikit penguatan budaya 3 Lakukan pengelolaan di sekitar budaya .