P. 1
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR

|Views: 829|Likes:
Published by giriwill88

More info:

Published by: giriwill88 on Sep 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE/TEKNIK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN

SOSIAL KELAS X (SEPULUH) PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN SMK NEGERI 1 PADAHERANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
1. Standar Kompetensi Memahami Kehidupan Sosial Manusia Kompetensi Dasar 1.1 Mengidentifikasi interaksi sosial sebagai proses sosial Indikator Menganalisis interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya Menguraikan pengertian proses terjadinya interaksi sosial Mengidentifikasi syarat-syarat interaksi sosial Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran Ceramah Tanya Jawab Inquiri Tipe/Teknik 4. Guru memaparkan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta tujuan 5. Guru memberikan motivasi dengan memampangkan peta konsep mengenai interaksi sosial 6. Siswa melakukan identifikasi serta mencari sendiri konsep tentang interaksi sosial berdasarkan pengertian 7. Siswa diminta memaparkan hasil simpulan dari pembahasan materi yang telah dibahas 1. Guru memaparkan kompetensi dasar, indikator serta tujuan pembelajaran 2. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta

1.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian

Menjelaskan pengertian sosialisasi Mengidentifikasi berbagai media sosialisasi Menganalisis faktorfaktor yang

CTL

  

Ceramah Tanya Jawab Inquiri Diskusi

16

mempengaruhi pembentukan kepribadian

konsep 3. Melalui tanya jawab siswa melakukan identifikasi materi yang sedang dibahas Pendekatan Pembelajaran Model Pembelajaran Tipe/Teknik 4. Berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitar siswa dituntun guru melakukan diskusi mengenai pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan karakter. 5. Dalam diskusi siswa dibagi ke dalam empat kelompok diambil dari posisi tempat duduk 6. Guru memberikan rumusan masalah yang harus dipecahkan oleh siswa 7. Siswa mencoba melakukan diskusi yang akhirnya dipaparkan dalam forum diskusi kelas 8. Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkan materi 1. Guru memaparkan kompetensi dasar,

1.

Standar Kompetensi Memahami Kehidupan Sosial Manusia

Kompetensi Dasar

Indikator

1.3

Mengidentifikasi bentuk-bentuk

Mengidentifikasi kegiatan interaksi

CTL

Ceramah

17

Dalam diskusi siswa dibagi ke dalam empat kelompok diambil dari posisi tempat duduk 6. Melalui tanya jawab siswa melakukan identifikasi materi yang sedang dibahas Tipe/Teknik 4. Siswa mencoba melakukan diskusi yang akhirnya dipaparkan dalam forum diskusi kelas Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pendekatan Pembelajaran Model Pembelajaran 18 . Guru memberikan rumusan masalah yang harus dipecahkan oleh siswa 7. Berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitar siswa dituntun guru melakukan diskusi mengenai pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan karakter 5. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta konsep 3.interaksi sosial primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar Mengidentifikasi kegiatan interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar    Tanya Jawab Inquiri Diskusi indikator serta tujuan pembelajaran 2.

2. politik dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat di Nusantara Mengidentifikasi berbagai bentuk perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Barat CTL     Ceramah Tanya Jawab Inquiri Diskusi 8. ekonomi. Siswa diberi tugas berstruktur untuk mencari informasi 19 . indikator serta tujuan pembelajaran 2. Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkan materi 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional 2. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok diskusi dan membahas tentang pengaruh kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia 5. Guru memeparkan srtandar kompetensi. Memahami Proses Kebangkitan Nasional Kompetensi Dasar Pendekatan Pembelajaran Model Pembelajaran Tipe/Teknik 3.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah Menguraikan latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur berdasarkan pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah Menganalisis proses masuknya kekuatan asing ke Nusantara dengan berbagai implementasinya dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat Indikator Menjelaskan dampak sosial. Dengan dibantu peta dunia siswa diminta menunjukkan peta perjalanan bangsa Eropa menjelajahi dunia 4. kompetensi dasar. Guru memaparkan manfaat yang bisa dimiliki siswa mempelajari materi yang sedang dihadapi Standar Kompetensi 2.

Guru memaparkan srtandar kompetensi. Siswa dibimbing guru menyampaikan hasil pencarian informasinya di depan kelas 7.mengenai perlawanan rakyat Indonesia 6. Siswa dibimbing guru membuat simpulan materi Standar Kompetensi 2. identitas Indonesia dan pergerakan Kebangsaan Indonesia sesuai dengan corak perjuangannya Menjelaskan perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran  Ceramah  Diskusi Tipe/Teknik 1. indikator serta tujuan pembelajaran 2.2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional. Memahami Proses Kebangkitan Nasional Kompetensi Dasar 2. identitas nasional. Guru memberi motivasi dengan memamerkan gambar tokoh-tokoh pergerakan nasional 3. kompetensi dasar. Siswa melakukan 20 . identitas Indonesia dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia Indikator Mengidentifikasi proses terbentuknya kesadaran nasional.

Guru memberi motivasi kepada siswa dengan Tipe/Teknik 6. Guru memaparkan srtandar kompetensi.Memahami permasalahan ekonomi dala kaitannya dengan Kompetensi Dasar 3. indikator serta tujuan pembelajaran 2. Siswa melakukan perbandingan strategi antar organisasi pergerakan nasional yang ada 5.nasional Menganalisa bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia Menganalisa gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia 3. kelangkaan dan sistem ekonomi 3.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia Mendeskripsikan pengertian kebutuhan sesuai dengan pengertiannya Mengidentifikasikan macam-macam kebutuhan Menguraikan faktor yang mempengaruhi kebutuhan sesuai dengan sifatnya CTL  Ceramah  Diskusi diskusi dengan membahas pengaruh pendidikan terhadap pergerakan nasional. Siswa dibantu guru membuat kesimpulan 1. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok 4. memaparkan materi dengan menggunakan alat bantu peta konsep Standar Kompetensi 3.Memahami permasalahan ekonomi dala kaitannya dengan kebutuhan manusia. Guru memaparkan manfaat yang bisa dimiliki siswa mempelajari materi yang sedang dihadapi 3. kompetensi dasar.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia Indikator Mendeskripsikan pengertian kelangkaan kebutuhan manusia Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran  Ceramah  Diskusi 21 .

Guru memaparkan i. 7. Guru memberi permasalahan yang harus dipecahkan mengenai biaya peluang 1. Siswa dibimbing guru secara berkelompok untuk melakukan observasi lapangan di lingkungan sekitar sekolah mengenai biaya peluang 4. kelangkaan dan sistem ekonomi 3. yaitu tentang apa. dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi  Mengidentifikas ikan masalah pokok ekonomi sesuai dengan apa.kebutuhan manusia. Guru memaparkan . kompetensi dasar.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas Mengidentifikasi faktor penyebab kelangkaan Mengidentifikasi pengertian biaya dan peluang Menunjukkan contoh biaya peluang sesuai dengan penyebabnya 3. indikator serta tujuan pembelajaran 22 . kompetensi dasar. bagaimana. indikator serta tujuan pembelajaran 2.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk mendiskusikan tentang sikap manusia menghadapi kelangkaan 3. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk mendiskusikan tentang alasan manusia harus memenuhi kebutuhan hidup 1. bagaimana.

keseimbangan harga dan pasar 4.Memahami permasalahan ekonomi dala kaitannya dengan kebutuhan manusia. yaitu tentang apa. penawaran.dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi Standar Kompetensi 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan. indikator serta tujuan pembelajaran 2. Siswa dibimbing guru untuk melakukan perbandingan sistem ekonomi yang ada di dunia 4. distribusi dan konsumsi Mengidentifikai pelakupelaku ekonomi CTL   Ceramah Inquiri 23 . dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi Indikator  Mendeskripsika n pengertian sistem ekonomi  Mendeskripsika n macam-macam sistem ekonomi  Mengidentifikas i sistem ekonomi sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonomi Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran  Ceramah  Inquiri  Diskusi Tipe/Teknik Siswa dimotivasi oleh guru untuk melakukan pencarian informasi mengenai masalahmasalah pokok ekonomi 3. bagaimana.1 Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan pelakupelakunya Mendeskripsikan pengertian kegiatan produksi.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi. Siswa dibimbing 2. kelangkaan dan sistem ekonomi Kompetensi Dasar 3. 4. Siswa dimotivasi oleh guru untuk melakukan pencarian informasi mengenai pelakupelaku kegiatan ekonomi 3. Siswa menarik kesimpulan sistem ekonomi yang cocok dipergunakan oleh negara Indonesia 1. Guru memaparkan standar kompetensi. kompetensi dasar.

3 Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang sesuai dengan macamnya Mendeskripsikan faktor-faktor yang CTL  Ceramah  Inquiri  Observasi memaparkan kompetensi dasar. prinsif dan motif ekonomi 3. keseimbangan harga dan pasar Kompetensi Dasar 4. Guru memaparkan 24 . indikator serta tujuan pembelajaran 2. Guru 4. penawaran.2 Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi Indikator Mendeskripsikan motif ekonomi sesuai dengan fungsinya sebagai landasan kegiatan ekonomi Mendeskripsikan contoh tindakan manusia sesuai dengan prinsif ekonomi Mendeskripsikan contoh tindakan manusia sesuai dengan berbagai motif ekonomi Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran  Ceramah  Observasi Tipe/Teknik 1.guru untuk membedakan pelaku-pelaku ekonomi yang ada Standar Kompetensi 4. Guru memaparkan kompetensi dasar. Dengan dibimbing oleh guru siswa melakukan observasi lapangan dengan sampel adalah teman-teman di kelas mengenai tindakan. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan. indikator serta tujuan pembelajaran 2. Siswa mempresentasikan hasil observasi lapangannya Bersama-sama dengan siswa guru membimbing untuk menrik simpulan materi 1.

indikator serta tujuan pembelajaran 2. indikator serta tujuan pembelajaran 2. penawaran.mempengaruhi perilaku konsumen sesuai dengan pembagiannya Menguraikan perilaku konsumen sesuai dengan macamnya Menguraikan perilaku produsen sesuai dengan macamnya perilaku konsumen dan produsen 3. Siswa melakukan observasi untuk mengumpulkan data mengenai perilaku konsumen dan produsen Siswa menarik simpulan materi Standar Kompetensi 4. Guru memaparkan kompetensi dasar. Guru 4. keseimbangan harga dan pasar Kompetensi Dasar 4.4 Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran sesuai dengan jenisnya Indikator Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran sesuai dengan jenisnya Menggambarkan kurva permintaan dan penawaran sesuai dengan contoh-contoh yang ada Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran  Ceramah  Inquiri  Latihan Tipe/Teknik 1. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan.5 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran sesuai dengan asumsi-asumsi yang mendasari Menunjukkan contoh penerapan hukum CTL  Observasi  Studi Kasus  Diskusi memaparkan kompetensi dasar. Siswa melakukan identifikasi mengenai faktorfaktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran 3. Siswa berusaha untuk memiliki kemampuan menggambar kurva permintaan dan penawaran 1. Guru siswa membimbing melakukan 25 .

Guru membimbing siswa melakukan studi kasus mengenai terbentuknya harga keseimbangan 3. Siswa melakukan pendalaman materi dengan menyelesaikan tugas-tugas latihan soal 26 .6 Mendeskripsikan konsep ekonomi pengertian harga dalam kaitannya keseimbangan dengan kegiatan dan elastisitas ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan. penawaran. indikator serta tujuan pembelajaran 2. Siswa melakukan diskusi tentang penerapan hukum permintaan dan penawaran 6.mendasarinya permintaan dan penawaran sesuai dengan kejadian dalam kehidupan bermasyarakat Mendeskrispsikan fungsi penawaran dan fungsi permintaan sesuai dengan pencermatan pada kurva observasi lapangan tentang permintaan dan penawaran 3. Guru memaparkan kompetensi dasar. Siswa menarik simpulan materi Standar Kompetensi Dasar Kompetensi 4. keseimbangan harga dan pasar Indikator Mendeskripsikan terbentuknya harga keseimbangan sesuai dengan prosesnya Mendeskripsikan proses terbentuknya harga keseimbangan dengan menggunakan tabel dan gambar grafik Mendeskripsikan pergeseran titik keseimbangan sesuai dengan sebab-sebabnya Mendeskripsikan elastisitas sesuai dengan pengertian dan macammacamnya Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran  Studi Kasus  Latihan Soal Tipe/Teknik 1. Memahami 4.

Guru memaparkan kompetensi dasar. MM NIP. 10 Juli 2010 Mengetahui. Kepala SMK Negeri 1 Padaherang Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas X Yati Mulyawati. Dede Tarlana.7 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang dan jasa menggunakan tabel.4. 19640114 198903 1 009 27 . 19780907 200501 2 012 Drs. grafik dan matematis Mendeskripsikan pengertian berbagai pasar output ( pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna) sesuai dengan bentuknya Mendeskrisikan contoh nyata berbagai bentuk pasar CTL  Ceramah  Inquiri  Diskusi 1. Siswa penelaahan mengenai kebijakan pemerintah dalam menentukan harga Siswa dibimbing guru membuat simpulan materi Padaherang.Pd NIP. indikator serta tujuan pembelajaran 2. S. Guru membimbing siswa melakukan diskusi tentang perbedaan antara pasar persaingan sempurna dan pasar sempurna 3.

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR. MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE/TEKNIK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS XI (SEBELAS) PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN SMK NEGERI 1 PADAHERANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pendekatan Pembelajaran Model Pembelajaran Tipe/Teknik 28 . INDIKATOR. PENDEKATAN PEMBELAJARAN.

Guru memberikan motivasi dengan memampangkan peta konsep mengenai Struktur sosial 3.5. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial 5. indikator serta tujuan 2. Menjelaskan pengertian dan ciriciri struktur sosial 2.2 Menganalisis penyebab konflik sosial dalam masyarakat  Menjelaska n pengertian konflik sosial  Mengidenti fikaskan faktorfaktor penyebab konflik sosial  Mengidenti fikaskan konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya  Menganalis is konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul CTL     Ceramah Tanya Jawab Inquiri Diskusi 1. Mendeskripsika n struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya CTL    Ceramah Tanya Jawab Inquiri 5. indikator serta tujuan pembelajaran 2. kompetensi dasar.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan 1. Guru memaparkan kompetensi dasar. Guru memaparkan standar kompetensi. Siswa diminta memaparkan hasil simpulan dari pembahasan materi yang telah dibahas 1. Melalui tanya jawab siswa melakukan identifikasi materi yang sedang dibahas 29 . Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta konsep 3. Siswa melakukan identifikasi serta mencari sendiri konsep tentang Struktur sosial 4.

Guru memaparkan kompetensi dasar.Standar Kompetensi 5. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta konsep 3. Melalui tanya jawab siswa melakukan identifikasi materi yang sedang dibahas 1. indikator serta tujuan pembelajaran 2. indikator serta tujuan pembelajaran 6.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural  Menjelaska n pengertian kelompok sosial  Mendeskri psikan pengertian masyarakat multikultural  Mendeskri psikan hubungan kelompok masyarakat sosial dam masyarakat multikultural CTL     Ceramah Tanya Jawab Inquiri Diskusi 6. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial Kompetensi Dasar 5.2 Menganalisis Perkembangan kelompok sosial dalam masayrakat multikultural  Mendeskri psikan faktor penyebab timbulnya masyarakat CTL     Ceramah Tanya Jawab Inquiri Diskusi 30 . Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural 6. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta konsep 3. Guru memaparkan kompetensi dasar.3 Menganalisis hubungan antar struktur sosial dan mobilitas sosial Indikator  Menjelaska n hubungan struktur sosial dan mobilitas sosial Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran     Ceramah Tanya Jawab Inquiri Diskusi Tipe/Teknik 1. Melalui tanya jawab siswa melakukan identifikasi materi yang sedang dibahas 1. Guru memaparkan kompetensi dasar. indikator serta tujuan pembelajaran 2.

G. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta konsep 3. indikator serta tujuan pembelajaran 2. Melalui tanya jawab siswa melakukan identifikasi materi yang sedang dibahas Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran     Ceramah Tanya Jawab Inquiri Diskusi Tipe/Teknik 1. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta konsep 3. Summer 31 . Farris  Menjelaska n in-group dan outgroup menurut pendapat W. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Kompetensi Dasar 6. Cooley dan E.3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indikator  Menjelaska n pengertian solidaritas mekanik dan solidaritas organik menurut pendapat Durkheim  Menjelaska n gemeinschaft dan gesselschaft menurut pendapat F. Guru memaparkan kompetensi dasar. Melalui tanya jawab siswa melakukan identifikasi materi yang sedang dibahas Standar Kompetensi 6. H.multikultural  Mengidenti fikasi karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia 2. Tonnies  Menjelaska n kelompok primer dan kelompok sekunder menurut pendapat C.

pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya  Menjelaska n pengertian budaya dan budaya lokal  Menguraik an unsur-unsur budaya  Mengidenti fikasikan macammacam budaya lokal di Indonesia  Mengidenti fikasikan dampak masuknya budaya asing  Mengidenti fikasikan hubungan antar budaya di Indonesi CTL      Ceramah Tanya Jawab Inquiri Pengamatan Diskusi Standar Kompetensi 7. Mengidentifikasi berbagai budaya lokal.2 Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional Indikator  Mengidenti fikaskan faktorfaktor penyebab keberagaman budaya  Menganalis is manfaat keberagaman budaya Pendekatan Pembelajaran CTL Model Pembelajaran      Ceramah Tanya Jawab Inquiri Pengamatan Diskusi 1. Siswa melakukan pengamatan dengan mendatangi kelompok kesenian tradisional di daerah sekitar dan mengamati pola prilaku masyarakat sekitar Tipe/Teknik 1.7. pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya 7.1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal. pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya Kompetensi Dasar 7. indikator serta tujuan pembelajaran 2. indikator serta tujuan pembelajaran 2. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta 32 . Mengidentifikasi berbagai budaya lokal. Guru memaparkan kompetensi dasar. Guru memaparkan kompetensi dasar. Siswa mencari informasi melalui internet mengenai masyarakat multikultural 4. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta konsep 3.

indikator serta tujuan pembelajaran 2. Siswa mencari informasi melalui internet mengenai masyarakat multikultural 4. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta konsep 3.3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya  Menjelaska n masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya  Mendeskri psikan pentingnya integrasi nasional berdasarkan kepentingan dalam NKRI  Mengidenti fikasikan keselarasan antarbudaya berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat  Menunjukk an peran pemerintah dalam CTL      Ceramah Tanya Jawab Inquiri Pengamatan Diskusi konsep 3. Mendeskri psikan contohcontoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat 7. Siswa mencari informasi melalui internet mengenai masyarakat multikultural 4. Siswa melakukan pengamatan dengan mendatangi kelompok kesenian tradisional di daerah sekitar dan mengamati pola prilaku masyarakat sekitar 1. Guru memaparkan kompetensi dasar. Siswa dengan dibimbing oleh guru melakukan diskusi mengenai peranan pemerintah dalam 33 .

19640114 198903 1 009 34 . MM NIP. S. 19780907 200501 2 012 Drs. pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya Kompetensi Dasar Indikator menjaga keselarasan antar budaya dalam sikap sehari-hari  Menunjukk an sikap menghargai terhadap budaya orang lain yang ditunjukkan dalam kehidupan seharihari  Menunjukk an sikap menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan seharihari Pendekatan Pembelajaran Model Pembelajaran Tipe/Teknik menjaga keselarasan antar budaya dalam sikap sehari-hari 1. Kepala SMK Negeri 1 Padaherang Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas XI Yati Mulyawati.4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya CTL     Ceramah Tanya Jawab Inquiri Debating Padaherang. Siswa dibimbing oleh guru melakukan debat menganai cara kita menghargai dan menjaga sikap melestarikan budaya lokal 7.Pd NIP. indikator serta tujuan pembelajaran 2.Standar Kompetensi 7. Dede Tarlana. 10 Juli 2010 Mengetahui. Guru memotivasi siswa dengan memaparkan peta konsep 3. Mengidentifikasi berbagai budaya lokal. Guru memaparkan kompetensi dasar.

35 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->