Identifikasi Pancasila dan Pasal – Pasal UNDANG UNDANG DASAR 1945

I. Ketuhanan Yang Maha Esa

Pokok – pokok pikiran sila pertama : • •

Pengakuan adanya Tuhan Yang Maha Esa Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya. Tidak memaksa warga Negara untuk beragama, tetapi diwajibkan memeluk agamasesuai dengan hukum yang berlaku. Atheism dilarang hidup dan berkembang di Indonesia. Menjamin berkembang dan tumbuh subur nya kehidupan beragama, toleransi antar umat dalam beragama. Negara memberikan fasilisator bagi tumbuh kembangnya agama dan iman warga Negara dan menjadi mediator ketika konflik antar agama.


Pasal-pasal yang berkaitan dengan sila pertama ialah: Pasal 28E (1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali. (2) Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuraninya. (3) Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

Pasal 29 (1) Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. (2) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

II. Kemanusian Yang Adil Dan Beradab Pokok-pokok pikiran sila kedua : • .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful