WAWASAN SENI Wawasan seni adalah pandangan, sikap, pendekatan dan pengertian tentang prinsip berkesenian terhadap karya

seni. Wawasan seni penting kita ketahui karena merupakan sikap dan pandangan kita terhadap masalah kesenian. Disini akan diuraikan masalah wawasan seni yang dikaitkan dengan menghayati pengertian seni, fungsi seni, tujuan seni, perkembangan seni dan media seni A. PENGERTIAN SENI Istilah seni pada mulanya berasal dari kata Ars (latin) atau Art (Inggris) yang artinya kemahiran. Ada juga yang mengatakan kata seni berasal dari bahasa belanda yang artinya genius atau jenius. Sementara kata seni dalam bahasa Indonesia berasal dari kata sangsekerta yang berarti pemujaan. Dalam bahasa tradisional jawa, seni artinya Rawit pekerjaan yang rumit – rumit / kecil

1. Pengertian menurut para ahli budaya a. Drs. Popo Iskandar berpendapat, seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat / berkelompok b. Ahdian karta miharja, seni adalah kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya c. Ki Hajar Dewantara, seni adalah ….segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, hingga menggerakan jiwa perasaan manusia d. Plato dan Reuseau berpendapat, seni adalah hasil peniruan dari alam dengan segala seginya

1

3 Seni ukir 2 . Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis. tekstur dan pencahayaan dengan acuan estetika.1 Seni kriya 1. Seni Rupa Cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.BIDANG SENI 1. warna. Contohnya : 1. bidang. volume.B. BIDANG. bentuk.2 Seni patung 1.

5 Seni keramik 3 .4 Seni pahat 1.1.

7 Seni tata boga 4 .6 Seni reklame 1.1.

lokasi. Seni Musik Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah. mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.2. Contohnya: 5 . Definisi sejati tentang musik juga bermacammacam:    Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya. budaya dan selera seseorang. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah. Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.

dan pikiran.1 Orkestra 2.2 Paduan Suara 2.lain 3.2. maksud.3 Dan Lain. Seni tari gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan. mengungkapkan perasaan. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin 6 .

1 Tari Tradisional 3.2 Tari Kreasi 7 . berjalan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari.disampaikan. Contohnya: 3. atau bersenam.

3 Tari Modren 8 .3.

Teater berasal dari kata theatron yang diturunkan dari kata theaomai(bahasa yunani) yang artinya Teater bisa takjub diartikan dengan dua melihat cara yaitu dalam arti atau sempit dan memandang. ketoprak. teater adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak contohnya wayang orang. teater adalah proses pemilihan teks atau naskah (kalau ada) . dalam arti luas. pendengar. disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis. Proses penjadian drama ke teater disebut prose teater atau disingkat berteater. ludruk dan lain-lain. Seni teater PENGERTIAN SENI TEATER Teater adalah istilah lain dari drama. pengamat.4. Dalam arti luas. penonton. penafiran. penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca. kritikus atau peneliti). 9 . penggarapan. Teeater dalam arti sempit adalah sebagai drama (kisah hidup dan kehiudpan manusia yang diceritakan di atas pentas. tetapi dalam pengertian yang lebih luas.

10 .

C. 11 .