Pertumbuhan Perkecambahan Kacang Merah

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Biologi yang diberikan oleh guru kami, Ibu Rahayu Panca, S.Si. M.Pd.

Disusun oleh : Desprianti Barkah (11) Marina Rizka A. (23) Nida Eka S. Putri (26) Nurul Setia Rani (30) Reno Dwi Putro (35) Yuni Indriyanti H. (41)

XII Alam 4

SMA PGII 1 BANDUNG
Jl. Panatayuda No. 2 Bandung 40132

Oleh karena itu. Makalah ini berisi tentang laporan pengamatan kami terhadap pertumbuhan perkecambahan kacang merah selama 12 hari. Hasil pengamatan kami disajikan dalam bentuk tabel. Terima kasih kepada Ibu Rahayu yang telah membimbing kami dan kepada teman – teman yang membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini.Si. bahwa makalah ini banyak kekurangannya. Terima kasih. M.Kata Pengantar Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah swt. Bandung. kritik dan saran sangat kami harapkan agar kami dapat memperbaikinya.Pd. karena atas ridho-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Biologi yang telah diberikan oleh guru kami. yaitu Ibu Rahayu Panca S. Kami menyadari. Agustus 2011 Penyusun .

Perkecambahan merupakan awal kehidupan tumbuhan yang ditandai dengan munculnya plantula. Variabel  Variabel terikat : Kacang merah  Variabel bebas : Tanah. Tujuan  Mengamati pertumbuhan perkecambahan kacang merah. bentuk. Teori singkat Pertumbuhan adalah proses perubahan jumlah. 8 butir kacang merah 2. IV. serbuk gergaji. Tanah 3. dan volume sel dan bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke keadaan semula).  Variabel kontrol : Suhu. Kapas Benang jahit 4 buah gelas plastik Gunting Penggaris 4 buah kaca preparat . suhu. gelas plastik. 4. III. sinar matahari. Alat dan Bahan  Alat : 1. 5.Pertumbuhan Perkecambahan Kacang Merah I. cahaya. dedak. ukuran.  Mengamati faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan perkecambahan kacang merah. Faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan perkecambahan adalah makanan. kelembapan. Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan yang menyangkut aspek kualitatif dan ditandai dengan matangnya hormon – hormon reproduksi. kelembaban. Selain itu juga dipengaruhi oleh gen dan hormon. 2. 3. II. air. kapas.  Bahan : 1. air.

2. . Serbuk Gergaji 5. Amati selama 12 hari dalam waktu yang sama. Basahi media dengan air secara merata (jangan menggenang). serbuk gergaji. 4. 6. Rendam kacang tersebut selama 5 menit. Masukkan kacang tersebut ke dalam masing – masing gelas berisi media dengan posisi miring. dedak) ke dalam gelas plastik setinggi 5 cm. 5. 7. Dedak 6. Catat setiap perubahan dalam tabel pengamatan. 3. Air V. Langkah kerja 1. Masukkan media (tanah. kapas.4. Ikat dua kacang merah dengan menggunakan benang jahit pada kaca preparat dengan posisi saling membelakangi.

ff¾ f½½  ff° ff¯f ½ °–f¯ff°      .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful