PENDAHULUAN

Perkembangan industri otomotif di Indonesia didorong oleh kebijakan Pemerintah yang mengatur sektor tersebut, kemajuan teknologi, dan situasi ekonomi. Industri otomotif di Indonesia mulai berkembang pada tahun 1970. Pada masa itu Pemerintah lebih memfokuskan pada kendaraan-kendaraan minibus dan komersial. Salah satunya dengan pemberian keringanan pajak dan memberikan pajak yang tinggi terhadap kendaraan-kendaraan seperti sedan. Memasuki era 1980-an perkembangan industri otomotif mengalami pasang surut karena beberapa kendala seperti adanya devaluasi Rupiah pada tahun 1983 (27,5%) dan pada tahun 1986 (31,0%). Selain itu juga ditambah dengan adanya kebijakan uang ketat pada tahun 1987. Pada era 1990-an, Pemerintah mengeluarkan Program Insentif yang dikenal dengan Paket Kebijakan Otomotif 1993. Produsen mobil diperbolehkan memilih sendiri komponen mana yang akan menggunakan produk lokal dan akan mendapatkan potongan bea masuk atau bahkan dibebaskan dari bea masuk, jika berhasil mencapai tingkat kandungan lokal tertentu. Memasuki era tahun 2000, Pemerintah mengeluarkan Paket Kebijakan Otomotif 1999 yang bertujuan untuk mendorong ekspor produk otomotif, menggerakkan pasar domestik, dan memperkuat struktur sektor otomotif dengan mengembangkan industri pembuatan komponen. Semakin berkembangnya industri otomotif ini, yang juga didukung oleh program Pemerintah, membuat iklim usaha di industri mobil pun semakin kondusif. Para pemain di industri mobil bersaing untuk menjadi leader di industri tersebut. Persaingan untuk memenangi pangsa pasar tidak dapat dihindari lagi. Oleh karena itu, dibutuhkan regulasi pemerintah mengenai persaingan dalam industri mobil. Untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar para pemain di industri mobil, bagaimana struktur pasarnya, pemain mana saja yang menjadi leader dalam industri, serta bagaimana persaingan dalam industri, di dalam makalah ini dibahas mengenai analisis CR4, keunggulan serta kelemahan empat pemain terbesar dalam industri mobil, dinamika persaingan serta regulasi persaingan dalam industri.

1

0784 Pangsa Pasar Mobil Keseluruhan 2010 s (%) s2 (%) Toyota Daihatsu Mitsubishi Other Suzuki Honda Isuzu Peugeot CR4 HHI 36.7 12.9 9.26 2203.29 147.49 64.41 86.07 8 6 254. Adapun rumus yang digunakan adalah: CRm= Σmi=1 si Pangsa Pasar Mobil Keseluruhan 2009 s (%) s2 (%) 1479.02 3.14 3.06 2111.2596 9.1 ANALISIS CR4 Dalam menentukan struktur pasar dalam suatu industri dapat menggunakan satuan pengukuran berupa Concentration Ratio 4 (CR4) dan Herfindahl–Hirschman Index (HHI).74 15.3204 9.46 15.13 0.4561 66.8596 0.4025 161. Data yang diperlukan adalah data market share perusahaan-perusahaan yang ada dalam industry.171 Toyota Daihatsu Mitsubishi Other Suzuki Honda Isuzu Peugeot CR4 HHI 38.92 12.7969 0.3 8.06 8 1349.8276 240.1444 Standar untuk CR4: 2 .28 79.5 13.38 79.14 0.BAB I ANALISIS CR4 DAN ANALISIS SWOT I.15 9.25 193.95 12.6225 84.19 8.7664 166.

Mitsubishi. HHI di atas 0. Kategori ini berkisar dari persaingan sempurna ke oligopoli. Daihatsu.25 (di atas 2. Adapun hasil perhitungan HHI juga menyimpulkan bahwa industri mobil memiliki tingkat konsentrasi moderat. 3 . HHI<0.2 ANALISIS SWOT Analisis SWOT merupakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan. kesempatan ekternal dan ancaman.500) menunjukkan konsentrasi moderat. Analisis ini menolong para pemain dalam industri mobil apa yang bisa dicapai dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh mereka. Sebuah industri dalam rentang ini mungkin berbentuk oligopoli. dapat disimpulkan bahwa industri mobil memiliki tingkat konsentrasi medium. Kategori ini berkisar dari oligopoli monopoli.01 (atau 100) menunjukkan indeks yang sangat kompetitif. dan Suzuki. Standar untuk HHI: HHI<0. Analisis ini merupakan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi. dan Suzuki. Berikut adalah tabel analisis SWOT dari keempat pemain terbesar dalam industri mobil. I. Mitsubishi.500) menunjukkan konsentrasi tinggi. HHI antara 0.15 (atau 1.15-0. CR4 80-100: konsentrasi tinggi. yaitu Toyota.25 (atau 1. Dan bentuk persaingan dalam industri ini berupa oligoly competition.500 sampai 2. Dengan membandingkan CR4 industri mobil dengan standarnya. Daihatsu.500) menunjukkan indeks terkonsentrasi. CR4 50-80: konsentrasi medium. Pemain empat terbesar dalam industri mobil adalah Toyota.CR4 0-50 : konsentrasi rendah.

Express Maintenance (service berkala hanya satu jam) dan Express Body Paint (perbaikan body 3 panel dalam 8 jam) Memiliki 596 toko spare part di seluruh Indonesia Produk yang ditawarkan sangat bervariasi seperti Avanza. Kenaikan pajak kendaraan progresif Kenaikan Bea Balik Nama MATRIKS Strengths (S) 4 Weaknesses (W) . MATRIKS SWOT TOYOTA 5 .Rush. sebanyak 145 yang terdiri dari 72 cabang AUTO 2000 dan 73 outlet dealer. Opportunities (O) 1 . Yaris. Dyna dan Prius Secara keseluruhan harga jual kembali mobil Toyota lebih tinggi dibandingkan mobil sejenis lainnya 2. Fortuner. Camry. Keadaan ekonomi Indonesia yang cenderung baik dan stabil Nilai tukar rupiah yang berkisar di angka 8500-an mendorong ekspor Meningkatnya daya beli konsumen CAFTA membuka peluang ekspor menjadi lebih besar Threats (T) 1. 4 . Memiliki produk inovatif seperti THS (Toyota Home Service). Alphard. 4 . Vios. Kenaikan bea masuk bahan baku baja dan alumunium 3 . Hilux. Weaknesses (W) Harga beli mobil Toyota dan spare part relatif lebih mahal AUTO 2000 memiliki cabang 1. Corolla Altis. Konsumsi bahan bakar mobil Toyota relatif cukup banyak 3 . 3 . 2 . 4 .Strengths (S) 1 . 2 . Kijang Innova. Pembatasan BBM bersubsidi 2.

Layanan Mobile Service Memiliki lebih dari 2350 toko spare part dan harga spare part lebih murah Jaringan penjualan Daihatsu sebanyak 96 cabang tersebar di seluruh Indonesia Harga beli mobil Daihatsu lebih murah dan terjangkau dibandingkan produk sejenisnya Konsumsi bahan bakar tidak boros 2. Grand Max Mini Bus. Produk yang di tawarkan 1. 6 . 4 . Keadaan ekonomi Indonesia yang cenderung baik dan stabil Nilai tukar rupiah yang berkisar di angka 8500-an mendorong ekspor Meningkatnya daya beli konsumen CAFTA membuka peluang ekspor menjadi lebih besar Threats (T) 1. Grand Max Pick Up Menyediakan layanan purna jual seperti: Program Kontak Service. Paket Layanan Spare Part 24 Jam. Terios. Layanan Super Cepat Daihatsu. Kenaikan pajak kendaraan progresif Kenaikan Bea Balik Nama MATRIKS Strengths (S) 5 Weaknesses (W) . Pembatasan BBM bersubsidi 2. Kenaikan bea masuk bahan baku baja dan alumunium 3 . 4 . Harga jual mobil Daihatsu dihargai rendah 3 . Grand Max Mini Bus. Sirion. SWOT DAIHATSU 5 . 4 . 2 . 2 .1 . Opportunities (O) 1 . Daihatsu memiliki brand yang kurang prestige dan popular. 3 . Luxio. cukup beragam seperti Xenia.

3 . 4 . SWOT MITSUBISHI Memiliki dealer sebanyak 55 cabang di seluruh Indonesia Suku cadang di jual di 3942 outlet Memiliki layanan purna jual Mobile Service Tenaga mobil Mitsubishi lebih bertenaga dan lebih kencang 1. 2 . 4 . 3 . Harga beli. Layanan purna jual yang ditawarkan seperti Suzuki Emergency Roadside Assistant 24 Hours ( layanan 6 Weaknesses (W) 1. 2 . 4 . Pembatasan BBM bersubsidi 2. Keadaan ekonomi Indonesia yang cenderung baik dan stabil Nilai tukar rupiah yang berkisar di angka 8500-an mendorong ekspor Meningkatnya daya beli konsumen CAFTA membuka peluang ekspor menjadi lebih besar Threats (T) 1. Kenaikan bea masuk bahan baku baja dan alumunium 3 . Kenaikan pajak kendaraan progresif Kenaikan Bea Balik Nama MATRIKS SWOT SUZUKI Strengths (S) 1 . harga jual dan harga sparepart mobil Mitsubihi termasuk mahal Opportunities (O) 1 .1 . Mobil Suzuki tidak memiliki tenaga mesin yang besar .

Suzuki unggul dengan harga yang relative terjangkau dengan model mobil yang menarik dan Mitsubishi unggul di kecepatan mobilnya. Kenaikan bea masuk bahan baku baja dan alumunium 3 . Harga jual mobil Suzuki relatif lebih mahal Harga beli dan spare part mobil Suzuki relatif lebih terjangkau Threats (T) 1. tetapi harus dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan konsumen yang beragam. 4 . Walaupun perusahaan lain seperti Suzuki. 3 . Pembatasan BBM bersubsidi Opportunities (O) 1 . Pertimbangan seperti harga jual. 7 . Kenaikan pajak kendaraan progresif Kenaikan Bea Balik Nama Berdasarkan pertimbangan dari empat pemain besar dalam industri otomotif. 4 . hampir semua perusahan memiliki kesempatan dan ancaman yang sama. Tentu bukan hanya satu keunggulan yang dipertimbangkan di sini. Bila melihat dari sisi opportunity dan threat. 2 . 3 . spare part. Toyota merupakan perusahaan yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis. Daihatsu. maka Toyota merupakan perusahaan yang memiliki kekuatan yang paling baik diantara lainnya.bantuan bila konsumen mengalami keadaan darurat) 2 . bentuk mobil yang menarik membuat perusahaan ini memiliki prospek ke depan yang masih cemerlang. Mitsubishi memiliki keunggulannya masing-masing seperti Daihatsu unggul dengan harganya yang terjangkau. Keadaan ekonomi Indonesia yang cenderung baik dan stabil Nilai tukar rupiah yang berkisar di angka 8500-an mendorong ekspor Meningkatnya daya beli konsumen CAFTA membuka peluang ekspor menjadi lebih besar 2. Brand Toyota yang sangat kuat dan populer di Indonesia membuat perusahaan selalu menjadi pilihan konsumen. Dengan demikian.

BAB II DINAMIKA PERSAINGAN II.1 ANALISIS LIMA KEKUATAN: PORTER 8 .

Hambatan masuk dikatakan kuat apabila skala ekonomi luas yang berarti bahwa para pemain yang ada telah beroperasi pada level skala ekonomi yang berarti bahwa telah terjadi penurunan biaya per unit produk seiring dengan bertambahnya jumlah barang yang diproduksi. Apabila pemasok mampu untk mengendalikan perusahaan dalam hal penyediaan input. Daya Tawar Pemasok Pemasok menyediakan dan menawarkan input yang diperlukan untuk memproduksi barang atau jasa oleh perusahaan. Tantangan dari pendatang baru dalam industri mobil adalah rendah. Kekuatan pemasok menjadi kuat apabila pemasok didominasi oleh 9 . Selain itu salah satu penghambat masuknya pendatang baru adalah kebutuhan modal yang besar yang mengacu pada kebutuhan untuk menanamkan sumberdaya keuangan yang besar saat memasuki sebuah industri.A. maka hal ini dapat dikatakan bahwa posisi tawar pemasok adalah kuat dan juga sebaliknya. Beberapa pabrik mobil baru menghadapi masalah tentang kurangnya modal untuk memulai masuk di industri mobil serta kesulitan dalam mengakses saluran – saluran distribusi. Potential Entrants Dalam analisis lima kekuatan Porter yang berupa potential entrants menjelaskan bagaimana tingkat kemudahan yang ditawarkan oleh sebuah industri bagi para pemain baru yang akan masuk dalam industri tersebut. Faktor lain yang dianggap sebagai penghalang adanya pendatang baru dalam sebuah industri adalah differensiasi produk pemain lama sudah besar sehingga prusahaan lama telah mendapatkan loyalitas yang besar dari konsumennya. B. karena industri ini sudah sangat dewasa dan telah mencapai skala ekonomis yang sangat besar.

ketersediaan barang substitusi dalam industri mobil tergolong rendah.beberapa perusahaan yang terkonsentrasi dibandingkan dengan industri dimana para pemasok tersebut menjual barangnya. dan juga tingkat kemudahan bagi pembeli untuk beralih ke produk pengganti. dan juga harga antar produknya. Dalam industri mobil. posisi tawar dari pemasok sangat rendah karena membanjirnya pasar mobil. Alternatif yang memungkinkan untuk mengganti mobil sebagai sarana transportasi adalah dengan jalan kaki. Ancaman dari Produk Pengganti Produk pengganti akan memberikan pilihan bagi pelanggan dan akan mengurangi keuntungan perusahaan. Selain itu terdapat banyak sekali penyalur spare part mobil yang secara langsung berhubungan dengan pabrik. Posisi tawar pembeli dalam industri mobil relatif tinggi karena mayoritas pembeli mobil adalah konsumen individu dimana mereka menentukan sebagian besar pendapatan industri mobil. Hal lain yang membuat posisi pembeli semakin kuat adalah biaya untuk berganti merk rendah sehingga memudahkan pembeli untuk beralih dari produk perusahaan ke produk pesaing atau produk substitusi. Banyaknya produk pengganti di pasar akan memudahkan pembeli uantuk membandingkan kualitas antar produknya. Semakin rendah daya beli konsumen berarti semakin sulit bagi penjual untuk memperoleh konsumen. D. Dalam industri mobil. Semakin sedikitnya jumlah konsumen berarti sulit bagi penjual untuk memperoleh alternatif pembeli jika pembeli beralih untuk membeli produk dari pihak lain. pemasok tidak menghadapi prosuk substitusi untuk dijual kepada industri. C. Bberapa ancaman dari produk pengganti adalah harga dari produk pengganti terseut cukup atraktif bagi pembeli. produk pengganti memiliki kualitas yang memuaskan pembeli. menaiki motor ata sepeda dan juga transportasi umum seperti bus 10 . sehingga hal ini memberikan kekuatan bagi pabrik untuk berpindah dari satu pemasok ke pemasok yang lain. Sehingga pabrik harus mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen serta memastikan perubahan trend dari konsumsi dengan maksud untuk mengembangkan volume penjualan. Selain itu hal yang menyebabkan kekuatan pembeli semakin kuat adalah daya beli konsumen tersebut yang relatif rendah. Daya Tawar Pembeli Pembeli atau pelanggan mempunyai posisi tawar yang kuat apabila jumlah konsumen sedikit.

2 STRATEGI PERUSAHAAN 1. Dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan memperoleh market share yang lebih besar. dan Avanza. Alphard. Hal lain yang dilakukan oleh Toyota adalah memperbaiki efisiensi distribusi dan melalui riset yang berkesinambungan. Ketersediaan alternatif tersebut sangat bergantung pada lokasi geografis konsumen. Toyota Innova. Altis. Crown. Pembeda dar masing – masing adalah lebih pada keunggulan dan kelemahan dalam hal harga. 11 . Toyota juga menyediakan garansi bagi produknya yaitu garansi 3 tahun untuk perbaikan dan penggantian dengan genuine part Toyota demi menyediakan layanan berkualitas bagi konsumennya. jika permintaan pasar bertumbuh lambat dan juga jika kondisi industri membuat pesaing menggunakan strategi pemotongan harga atau senjata kompetitif lain untuk meningkatkan vomume penjualan. Place Suplai dan pelayanan merupakan kunci pokok dalam program pemasaran Toyota. Land Cruiser. Camry. Dengan analisis pesaing yang terperinci. Yariz. Fortuner. perusahaan mobil sering menggunakan iklan – iklan komparatif untuk membandingkan produknya dengan produk pesaingnya. Kompetisi dalam industri mobil sangatlah kuat karena sedikitnya perbedaan produk. Pertumbuhan jumlah agen yang membantu peningkatan distribusi produk lalu didukung dengan meningkatkan mutu keagenan dengan berbagai pelatihan untuk menguatkan sistem distributornya. TOYOTA Product Merek-merek produk yang dihasilkan oleh Toyota di antaranya: Corolla Altis. Toyota dengan cepat memperluas jangkauannya (tempat servis dan agen penjualan).atau kereta. Toyota dapat mengidentifikasi saluran-saluran pemasaran yang tepat untuk mendukung pangsa pasar yang ditargetkan. Industry Competitors ( Segment Rivalry ) Persaingan antara pemain industri dikatakan kuat apabila jumlah pesaingnya bertambah. kualitas dan daya tahan. Vios. Suv/Muv . II. Prado. E.

Selain itu. sales promotion. informasi dan ide. o Promotion Toyota memakai berbagai teknik advertising. Pada dasarnya konsumen membeli manfaat dan nilai dari suatu produk yang ditawarkan bukan membeli barang atau jasa. leaflet. Biaya mobil tetap sama namun pajak dan bunga asuransi dapat berbeda di daerah yang berbeda. direct marketing. tempat. dan personal selling juga menjadi alat promosi Toyota. billboard di jalan tol. Personal selling juga dijalankan pada pameran dimana perusahaan menempatkan personil penjualan ke konsumen potensial dan juga mencatat pesanan jika ada. Differentiated Pricing / Location Pricing : Mobil Toyota dikenakan harga yang berbeda pada daerah berbeda.Price Toyota menggunakan beberapa strategi penetapan harga dalam menjual produknya: • • Optional-Feature Pricing: Pembeli Innova dapat sekalian memesan perangkat dan aksesoris yang melengkapi mobil. • Promotional Pricing: o Low Interest Financing: Teknik ini digunakan dalam periode pendek dan kebanyakan digunakan dalam musim-musim tertentu. Contoh dari penjualan individu adalh ketika konsumen dating ke showroom dan melihat produk secara langsung. brosur. pameran perdagangan. di mana kebanyakan melalui print ad yang menargetkan segmen tertentu dan iklan tv yang menyasar remaja dan eksekutif muda. kepemilikan. 2. Longer Payment Terms: Perusahaan melonggarkan pinjaman pada periode yang lebih panjang maka dari itu dapat menurunkan pembayaran bulanan. Produk terdiri atas barang. Public Relation. DAIHATSU Product Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. orang. organisasi. 12 . website. jasa. sales promotion. pengalaman. auto expo. Ia akan ditemani oleh seorang personil penjualan dari dealer sebagai pusat informasi dan memberi konsultasi jika dibutuhkan. events.

Pihak utama yaitu Daihatsu Motor Co. antara lain menetapkan harga berdasarkan cost production. periode pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”. Competition-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan persaingan) Penetapan harga Daihatsu menggunakan ketiga ketode di atas. keringanan. potongan harga. Karenanya kendaraan Daihatsu menjadi salah satu kendaraan pilihan masyarakat Indonesia sebagai sarana transportasi yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari dalam berbagai aktivitas. Taruna. Zebra. Selain itu. Kendaraan Daihatsu hadir dengan cirinya yang khas: mobil kompak yang hemat bahan bakar. Dalam hal ini. berdasarkan nilai barang dan tentu saja penetapan berdasarkan competitor di kelasnya.Merek-merek produk yang dihasilkan oleh Daihatsu di antaranya: Xenia. dan Ceria. Gran Max. Ltd melakukan promosi melalui aktifitas above the line (ATL) yaitu aktifitas promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai 13 . Luxio. Sirion. dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen. Valued-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan nilai) 3. Cost-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan biaya) 2. Feroza. Terios. model yang modern dan harga yang terjangkau. Daihatsu telah melengkapi semua mobilnya dengan mesin yang menggunakan catalytic converter agar gas buang hasil pembakarannya memenuhi peraturan pemerintah dan standar internasional EURO II. promosi Daihatsu dilakukan oleh pihak principle dan distributor. berkapasitas sesuai kebutuhan keluarga Indonesia. Promotion Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. Perusahaan menetapkan suatu harga dengan melakukan pendekatan penetapan harga secara umum yang meliputi satu atau lebih diantara tiga pertimbangan berikut: 1.. Price Harga merupakan unsur terpenting dalam 4P setelah produk dan merupakan satu-satunya unsur dalam 4P yang menghasilkan pendapatan penjualan sedangkan unsur-unsur lainnya merupakan biaya saja. Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga. seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan akan produk yang ramah lingkungan.

Sebagai tambahan dari meningkatkan teknologi yang ada.upaya membentuk brand image yang diinginkan. Sementara itu pihak distributor tunggal yaitu PT Astra International. – Daihatsu Sales Operation lebih banyak melakukan aktifitas promosi melalui below the line. dan SUV. Disini penting sekali distributor dan pemilihan saluran distribusinya. CSR dan lain-lain. Produk-produk Daihatsu semakin mendapatkan tanggapan yang positif. Place Sebelum produsen memasarkan produknya. 3. contohnya : iklan di televisi dengan berbagai versi. mereka lah yang berhubungan langsung dengan konsumen. pembinaan konsumen. lebih dulu dari pesaingnya. perusahaan akan berkonsentrasi pada 14 . Dukungan jaringan penjualan dan purna jual dari PT Astra International. perusahaan akan meluncurkan kendaraan generasi terbaru yang masih dalam masa pengembangan. Mitsubishi mempunyai beberapa hal mengenai produk yang akan dijalankan: pengembangan produk global yang merefleksikan tanggung jawab lingkungan dan finansial. mobil berukuran sedang. maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Tbk. Distributor sangat penting karena dalam segala hal. contohnya : program bonus. hal ini ditunjukkan dari pangsa pasar yang meningkat dari tahun ke tahun. showroom event. Tbk. MITSUBISHI Product Dalam strategi tahun 2011 nya. hadiah. Below The Line (BTL) adalah segala aktifitas marketing atau promosi yang dilakukan di tingkat retail atau konsumen dengan salah satu tujuannya adalah merangkul konsumen supaya aware dengan produk tersebut. fokus pada minicar dan mobil kecil. dan dalam area teknologi lingkungan. – Daihatsu Sales Operation yang tersebar di seluruh Indonesia merupakan salah satu faktor utama yang mendukung peningkatan penjualan Daihatsu di Indonesia.

dan melalui inventory management yang komprehensif. Mitsubishi akan bertujuan untuk mengurangi biaya dengan meningkatkan kemampuannya untuk mengukur penawaran dalam responnya terhadap permintaan. Mitsubishi akan memperluas jumlah model berbasis sedang. menguatkan pelayanan purna-jual pada pasar yang telah berkembang dengan promosi layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Price Dalam meningkatkan profitabilitasnya. India. China. yaitu Rusia. menambahkan SUV kecil baru yang “lower-impact”. Di samping itu. Promotion Salah satu strategi promosi Mitsubishi tahun 2011 adalah melanjutkan dan meningkatkan aktivitas terkait lingkungan dan CSR. dan membawa kendaraan elektrik ke pasa global. Place Selain strategi regional yang meliputi negara-negara besar seperti Jepang. termasuk penekanan pada pengeembangan mesin diesel dan transmisi manual otomatis yang efisien. Brazil. membuka pabrik lokal untuk berproduksi. Mitsubishi juga akan beroperasi pada pasar terfokus. Mitsubishi ingin membangun hubungan yang makmur dan berkelanjutan dengan masyarakat. menambah jumlah outlet penjualan. SUZUKI Product 15 . dan meningkatkan jaringan penjualan. Sedangkan dalam rencana produk barunya. Langkah pertama yang diambil adalah dengan mendirikan Corporate Citizenship Promotion Office. dan melanjutkan tradisi keahlian pembuatan mobilnya. 4. dan menguatkan pengukuran pemotongan-biaya dari R&D ke depannya. Amerika Utara. Ukraina. Distribusi mendapat perhatian besar disini melalui rencana peningkatan penjualan melalui dealer dengan memperkuat kerjasama. dan Eropa. dan Timur Tengah. menambahkan SUV berbasis pickup satu-ton. Strategi lainnya adalah dengan mempromosikan pengembangan sumber daya manusia yang merupakan dasar dari strategi pertumbuhan manapun.pengembangan teknologi inti. mengadaptasi minicar untuk penggunaan luar negeri serta menambah model global.

akan membuka kompetisi dan mengkaji ulang strateginya. dan mesin belakang yang tersambung ke rangka suspensi. MPV. Swift dipenuhi dengan berbagai macam fitur yang melengkapi selera dan gaya hidup yang dinamis. Generasi Swift terbaru ini berbeda dari desain Suzuki biasanya. 16 . industri otomotif dikejutkan dengan ekspektasi tinggi pada mobil tersebut yang dibuktikan dengan penjualan luar biasa. kemudi. Salah satu merek produk yang diproduksi perusahaan adalah Suzuki Swift. strategi promosi paling berpengaruh pada Swift adalah penjualan di showroom dan dealer mobil yang didatangi banyak konsumen untuk memesan Swift. dipenuhi dengan energy dan siap membawa pengalaman mengemudi yang berbeda. Selain itu.Kategori produk kendaraan bermotor roda empat yang diproduksi cukup beragam. perusahaan juga bekerja sama dengan distributor untuk menjual Swift melalui dealer-dealer mobil di kota lainnya. Suzuki sempat kewalahan dengan meningkatnya permintaan dan akhirnya meningkatkan kapasitas produksinya untuk memotong waktu tunggu dari yang diprediksikan 3 bulan menjadi lebih pendek. Promotion Ketika Swift diluncurkan. Price Suzuki menargetkan segmen premium dengan model Swift terbarunya. Terkenal dari penawaran berdasakan nilai dan jaringan layanan luas dan reputasi merek dalam membuat mobil bermutu akan membantu dalam konsumen dalam menentukan pembelian. Karena penjualan melebihi rencana yang diharapkan. Hyundai Getz. jeep. kotak perkakas. dan rasa stabil yang lebih bagus seraya menjelajah jalanan seringan bulu. Pengemudi akan mendapatkan suara jalanan lebih halus. Pameran otomotif dan expo juga merupakan saran bagi konsumen untuk mendapatkan info tentang Suzuki Swift. pickup. Mulai dari minibús. badan mobil yang stabil. sampai dengan SUV diproduksi oleh Suzuki. Selain dari above the line advertising. Place Suzuki Swift pada umumnya dipasarkan melalui showroom di kota-kota besar. city car. System chassis baru membuat suspensi dapat menurunkan sandaran. Tiga versi mobil yang diluncurkan dan penetapan harga yang agresif menguatkan hal ini. Dengan gaya maskulin. Dengan mengambil kesempatan menempatkan harga yang lebih rendah dari pesaing terdekatnya. sedan.

1 REGULASI PERSAINGAN Penerapan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 241 tahun 2010 tentang Sistem Klasifikasi Barang dan Pembebanan Tarif Bea Masuk (BM) Atas Barang Impor telah mengganjal industri otomotif. 17 . Pasalnya. terutama menghambat peningkatan kandungan lokal.BAB III REGULASI III.

Tujuannya adalah untuk menghindari membengkaknya subsidi BBM.id/ http://www. III.id/ 18 . Regulasi ini bisa mempengaruhi tingkat produksi mobil di mana penjualan di bidang otomotif akan menurun. Kondisi ini membuat sejumlah industri komponen dan pabrikan otomotif Indonesia terbebani biaya yang lebih tinggi. Daniel J. 3rd ed.id/ http://www. misalnya mesin press. (2004).ktb. South-Western College Publication.suzuki. dice dan injection moulding.astra. http://www.id/ http://www. Lynne.or. namun hanya bersifat sementara.2 REGULASI PEMBATASAN SUBSIDI BBM Pemerintah membatasi untuk memberikan subsidi BBM khususnya kepada kendaraan roda empat berplat hitam. Richards & George Norman. Industrial Organization: Contemporary Theory and Practice (with Economic Applications). Impor barang modal (permesinan) dibebankan bea masuk 5 persen dari sebelumnya nol.co.peraturan ini justru mendukung industri untuk mengimpor barang jadi ketimbang memproduksi di dalam negeri. DAFTAR PUSTAKA Pepall.gaikindo. Kondisi ini juga bisa mengganggu rencana investasi baru karena butuh pasokan barang modal impor di pabrik.co.co. sehingga kandungan lokal bisa turun.

co.detik.com/ http://www.com/ http://www.autoblog.id/ 19 .daihatsu.blogdetik.id/ http://www.auto2000.com/ http://www.daihatsu.com/ http://www.co.yuninugraha.co.id/ http://www.astra.http://www.marketers.toyota.co.id/ http://www.