resume teknik menulis karya ilmiah

Modul 1 : Hakikat dan Karakteristik Penulisan Karya Ilmiah - Hakikat Karya Ilmiah Menurut Brotowijoyo, yang dikutip Zaenal Arifin sebagai berikut :
‘’karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta yang di tulis penulisan yang baik dan benar’’ menurut metologi

Ditambahkan juga bahwa karangann ilmiah harus di tulis secara jujur dan akurat berdasarkan kebenaran tanpa mengingat akibatnya • Ciri-ciri karya ilmiah Sebuah karya iliah dapat dikenal dengan ciri-ciri sebagai berikut: a. Dari segi isi,karya ilmiah menyajikan pengetahuan yang dapat berupa gagasan, deskripsi tentang sesuatu atau pemecahan satu masalah b. Pengetahuan yang disajikan tersebut didasarkan pada fakta atau data (kajian empiric) atau pada teori-teori yang telah di akui kebenaranya c. Sebuah karya ilmiah mengandung kebenaran yang objektif serta kejujuran dalam penulisan d. Sisitematika penulisan mengikuti cara tertentu. • Tujuan penulisan karya ilmiah 1. Menyampaikan gagasan kepada masyarakat luas atau kalangan tertentu . 2. Memenuhi tugas yang diberikan ssebagai persyaratan dalam studi 3. Mendiskusikan gagasan dngan kalangan tertentu dalam sebuah pertemuan ilmiah 4. Mengikuti perlombaab penulisan karya ilmiah 5. Menyebarkan hasil penelitian kepada masyarakat luas atau kalangan tertentu • Fungsi manfaat karya ilmiah Secara lengkap fungsi nyah sebagai berikut : 1. Sebagai rujukan atau referensi dalam mempersiapkan karya tulis atau kegiatan ilmiah 2. Fungsi edukatif yaitu sebagai sarana pendidikan yang dapat meningkatakan wawasan seseorang dalam berbagai bidang ilmu 3. Menyebarluaskan perkembangan bidang ilmu kepada masyarakat masyarakat luas atau kelompok tertentu • Dalam si kumbang yang di kutip oleh zainal arifin (1993) menyebutkan enam manfaat sebagai berikut : 1. Mengembangkan keterampilan membaca yang efektif karena ia harus membaca berbagai rujukan sebelum menulis 2. Penulis dapat kesempatan berlatih mengintegrasikan hasil bacaan dengan gagasan sendiri, kemudian mengembangkanya menjadi pemikiran yang lebih matang 3. Mengakrabkan penulisan dengan penulisan kegiatan perpustakaan, seperti menggunakan catalog dalam mencari buku yang diperlukan. 4. Meningkatkan keterampilan dalam mengorganisasikan dan menyajikan fakta dan data secara jelas dan sistematis.

Bagian inti (pokok pembahasan) Bagian inti merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri dari beberapa bab atau subtopic. biasanya paling tidak harus memuat daftar pustaka atau daftar rujukan yang digunakan penulis sebagai rujukan dalam mengungkapkan topik/masalah dan dalam memberikan argumentasi. lebih-lebih yang akan dipublikasikan menuntut adanya Abstrak (saripati tulisan) yang dibuat setelah judul artikel dan nama penulis. sikap penulis 4. dan Disertasi. 6. namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan. Karakteristik Karya Ilmiah • Aspek-aspek untuk menentukan karakteristik karya ilmiah Karakteristik sebuah karya ilmiah dapat dikaji dari minimal empat aspek. komponen dan substansi 3. serta penggunaan bahasa • Struktur penyajian karya ilmiah Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat. dan daftar pustaka. daftar pustaka dan lampiran. penelitian juga mencantumkan lampiran untuk mendukung laporan tersebut. bagian inti. struktur sajian 2. ucapan terima kasih (kata pengantar). yang disampaikan dengan menggunakan gaya . • Sikap penulis dalam karya ilmiah Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif. penutup. dilengkapi dengan beberapa komponen lain seperti abstrak. sedangkan ilmiah popular adalah karya ilmiah yang disajikan dengan gaya bahasa yang umum sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik unuk dibaca. Artikel. penulis akan merasakan kepuasanintelektual. penulis ikut menyumbang bagi perluasan cakrawala ilmu pengetahuan masyarakat. • karya ilmiah dan karya ilmiah populer Ilmiah dapat diartikan sebagai bersifat ilmu atau memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan.5. Skripsi. 3. yaitu satu kepuasan yang berkaitan dengan kemampuan untuk menyajikan satu khazanah pengetahuan. Tesis. Dengan meenulis karya ilmiah. Substansi karya ilmiah pada umumnya dikelompokan sesuai dengan disiplin ilmu. yaitu . Laporan. seperti . daftar gambar dan tabel. Dengan menulis karya ilmiah. 1. 1. Substansi atau materi bahasan karya ilmiah dapat mencakup segala bidang dari yang paling kecil/sederhana ke yang paling besar/kompleks. Makalah. Bagian awal (pendahuluan) Bagian awal merupakan bagian pengantar ke bagian inti. biasanya terdiri dari . 2. • Komponen dan Substansi karya ilmiah Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya. Sebuah karya ilmiah yang paling sederhana. Bagian penutup Bagian penutup merupakan simpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tenteang tindak lanjut gagasan tersebut.

Pemanfaatan panduan mencari artikel dalam buku. • Mencari buku dengan online catalog dan card catalog Pencarian buku dengan online catalog biasanya menggunakan terminal komputer.bahasa impersonal. seperti berikut . dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku. terbitanterbitan pemerintah. dapat mencari laporan kejadian serta hasil analisi-analisisnya. Cara menggunakan online catalog adalah sebagai berikut a. Dengan menekan tombol enter atau return pada keyboard komputer tersebut. Mengidentifikasi pembaca karya ilmiah 3. d. 3. Modul 2 : PERSIAPAN PENULISAN KARYA ILMIAH Persiapan penulisan karya tulis ilmiah • Langkah-langkah persiapan penulisan karya ilmiah 1. Kartu catalog akan memberikan informasi yang lengkap tentang semua buku yang ada diperpustakaan. bibliografi. anda dapat juga menggunakan card catalog ( kartu catalog) untuk mencari buku atau artikel yang dibutuhkan. dengan banyak menggunakan bentuk pasif. 4. Jika telah memperoleh judul buku. Perpustakaan 2. 1. Wawancara langsung/ lewat kuesioner 3. Merumuskan tujuan b. selanjutnya dapat menelusuri lebih lanjut mengenai judul buku lainnya. dapat mengetahui isi dari buku tersebut. dapat menemukan beberapa artikelyang sesuai dengan yang dimaksud. Biasanya di layar menu komputer sudah tersedia menu yang dapat dipilih. artikel atau daftar buku lainnya maka tekan enter atau retrun pada keyboard pada terminal komputer untuk melanjutkan penelusuran atau berhenti melakukan penelusuran. Kartu catalog biasanya diletakan . Cara memanfaatkan refeensi-referensi tersebut adalah . dan bahan untuk tulisan Mengenal bagian/ruangan perpustakaan. Pemanfaatan panduan untuk mencari fakta dan statistik. Pemanfaat encyclopedia. c. kamus. Menentukan cakupan isi materi karya ilmiah untuk tulisan. Tanya pada petugas perpustakaan tentang tempat terminal komputer terdekat yang bias digunakan untuk penulusuran pustaka. Bagian referensi berisi koleksi tentang encyclopedia. Pemilihan topik/masalah untuk karya ilmiah a. Pengumpulan Informasi untuk Penulisan Karya Ilmiah • Tiga sumber utama yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber data atau informasi adalah. periodicals. informasi. tanpa menggunakan kata ganti orang pertama dan kedua. panduan untuk mencari artikel. Selain menggunakan komputer. Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata/istilah. Salah satu tempat atau bagian yang patut dituju di perpustakaan adalah bagian referensi. b. panduan untuk mencari buku. Menelusuri topik 2. 1. 2. kompilasi fakta dan data-data statistik. Menentukah topik c. Pemanfaatan bibliografi. Pengetahuan yang dimiliki penulis sendiri • Memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber data.

sumber yang digunakan ( misalnyah observasi personal. Ada 3 jenis kartu Katalog. literature yang di publikasikan ) dan kesimpulan) TEKNIK MENULIS LAPORAN DAN ARTIKEL PENELITIAN . Pedoman wawancara ini harus dikembangkan berdasarkan cakupan materi atau permasalahan yang akan dikembangkan dalam karya tulis ilmiah. b. b. ruang lingkup artikel. dan gejala yang di sampaikan secara akurat dan dapat di pertanggungjawabkan • Persyaratan bagi sebuah tulisan untuk di anggap sebagai karya ilmiah adalah menyajikan aplikasi hokum alam pada situasi spesipik. Mengembangkan pedoman wawancara. dan ekspresi. Katalog yang berisi tentang judul buku. Mengolah data hasil wawancara. c. tulisan ilmiah yang komunikatif dapat dihasilkan dengan memperhatikan gaya menulis. TEKNIK MENULIS ARTIKEL KONSEPTUAL • Tiga factor yang perlu di perhatikan untuk mningkatakan efektivitas tulisan adalah panjang tuliasan. dilengkapi dukungan dan pembuktian. yaitu : a. Katalog yang berisi tentang data pengarang/penulis.dalam suatu lemari kecil dan letaknya biasanya berdekatan dengan buku-buku koleksi perpustakaan. • Memeriksa bahan-bahan pustaka yang telah diperoleh • Membuat catatan dari bahan-bahan pustaka • Membuat ringkasan dan paraphrasing • Membuat kutipan • Melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi untuk tulisan. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penelusuran data/informasi untuk tulisan dengan cara wawancara. judul. cermat. penyampaian ide. pendefinisian yang tepat dan penulisan yang singkat. Melaksanakan wawancara. a. Karya Ilmiah • Karya tulis ilmiah adalah hasil rangkaian gagasan yang merupakan hasil pemikiran yang didasarkan pada fakta. menutupi kebenaran dengan sengaja. disimpan dengan menggunakan kata pertama yang penting dari judul buku tersebut. dan nada • Abstrak penulisan konseptual ( 75-100 kata) mencakup informasi tentang topic ( yang dinyatakan dalam satu kalimat ) tujuan hipotesa. Katalog yang berisi tentang subjek/topik. disusun berdasarkan nama akhir dari pengarang/penulis. Modul 3 : TEKNIK MENULIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH Menulis Karya Ilmiah A. c.tulus dan bersifat ekspositoris • Empat tabu bagi karya ilmiah adalah mangakui tulisan orang lain. sistematis. d. peristiwa. tepat jujur dan tidak bersifat terkaan. • Pedoman wawancara yang berisi daftar pertanyaan yang akan diajukan merupakan salah satu persyaratan terpenting yang menentukan keberhasilan suatu wawancara. Smentara itu. Menentukan siapa yang akan diwawancarai. menukangi. didata berdasarkan kata pertama dari subjek/topik tersebut. dan menyulitkan pembaca • Factor yang mempengaruhi kualitas penulisan karya ilmiah dilihat dari penggunaan bahasa adalah pemilihan kata yang tepat.

Penyandang dana 4. Kemampuan pembaca dalam memahami kata kata baru 4. Mengapa mereka akan membaca tulisan ini dan 4. Siapa yang akan membaca tulisan ini 2. Masyarakat ilmiah 3. sedangkan output nya adalah pemahaman tentang bahan yang tertulis tersebut. Sebuah laporan penelitian lengkap harus mengandung komponen-komponen berikut ini a. Apa yang mereka ketahui mengenai subjek yang di tulis ini 3.• Tujuh aspek yang diperhatikan pada saat menulis laporan atau artikel ilmiah ( Bartol 1981) adalah signifikansi pertanyaan penelitian. Kemampuan pembaca dalam proses kata dan kalimat 2. pendahuluan. Bagian pembuka. keterwakilan popularitas dalam partisipan. Kemampuan membaca untuk memilih informasi dalam tulisan berdasarkan kebutuhanya Target pembaca • Pemahaman terhadap pembaca dan karakteristiknya merupakan kunci untuk membuat tulisan karya ilmiah berhasil. sintaktik dan pragmatic dari kata tersebut. Bagaimana mereka kan membaca tulisan ini? • Target pembaca di golongkan menjadi 1. Masyarakat akademis 2. pertama makna kata merujuk pada ojek yang dinyatakan oleh dua kata tersebut. penerapan standar etika dan kesiapan pelaporan hasil • Tujuh aspek teknis yang harus di perhatikan kelengkapanya dalam buku menulis laporan atau artikel hasil pnelitian adalah halaman judul. • Pengetahuan pembaca terhadap kata berhubungan dengan aspek sematik. Halaman judul . Teori lain menyatakan bahwa kata tidak meruju kepada abjek tetapi kepada konsep • Proses membaca di pengaruhi oleh empat kondisi membaca 1. abstrak. reliabilitas dan validitas instrument penelitian. kesesuian desain penelitian. Penulis harus mencari tahu hal-hal yang terjait dengan target pembaca melalui pertanyaan 1. • Pemaknaan kata dijelaskan dalam teori berikut. kesesuaian hasil dengan variable yang diteliti.etode. Kemampuan pembaca memahami apa yang tersirat 3. Masyarakat umum • Karakteristik dari pembaca akademis adalah besifat menguji terhadap penulisan karya ilmiah yang dibaca nya • Karakteristik pembaca ini ialah mereka membaca untuk menambah pengetahuan keilmuan dalam bidang nya • Penulisan yang ditunjukan pada target pembaca masyarakat umum memerlukan cara mengkomunikasikan hasil penelitian yang hati-hati cermat dan teliti Modul 5 : MENULIS KARYA ILMIAH • Secara umum sisitematika suatu laporan penellitian yang lengkap terdiri dari 3 bagian pokok : 1. hasil. . Judul b. diskusi dan referensi Modul 4 : Menulis karya ilmiah sesuai dengan target pembaca Bagaimana pembaca memahami tulisan • Input dalam proes membaca ialah bahan tertulis yang di baca.

Simpulan Modul 6 : PRESENTASI LISAN YANG EFEKTIF Kriterian dan persiapan presentasi yang efektif • Presentasi yang efektif memilih criteria sebagai presentasi yang komunikatif. Tujuan 3. serta simpulan dan saran • Bagian penutup digunakan untuk menyampaikan simpulan hasil penelitian Penyusunan Abstrak • Secara umum abstrak dapat di artikan sebagai versi mimi dari sebuah karya ilmiah. Kata pengantar f. Metode 4. Bagian penutup Sistematika dan cara penyusunan makalah • Makalah pada dasar nya merupakan bentuk karya ilmiah yang paling sederhana di antara karya ilmiah lainya. Daftar grafik. Latar belakang 2. metodologi penelitian. serta simpulan dan saran di sajikan secara lengkap 3. hasil dan pembahasan. ada dua jenis abstrak yaitu abstrak informative yang merupakan ringkasan dan memuat hal hal pokok yang asli dalam sebuah karya ilmiah. pada again inti inilah seluruh komponen pendahuluan.inti dan penutup • Bagaian pembuka pada makalah sangat sederhana dan umumnya di tuangkan dalam halaman judul saja • Bagian inti pada makalah hasil penelitian. Halaman pengesahan d. kajian pustaka dan kerangka teori. metodologi penelitian. Abstrak g. kajian pustaka dan kerangka teori. berisi pengantar atau pendahuluan. Daftar isi h. Daftar label i. Halaman penerimaan e.c. seperti hal nya pada laporan penelitian. Menurut effendi (1991) makalah di artikan sebagai karya ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasanya berdasarkan data dari lapangan yang bersifat empiris-objektif • Makalah juga dapat berupa penyajian pemikiran atupun mendiskusikan suatu wacana yang di analisis secara ilmiah yang juga terdiri dari bagian pembuka. Menurut Houghton (1975) abstrak dapat di definisikan sebagai rangkuman imformasi yang terdapat dalam sebuah dokumen • Dalam penulisan sebuah karya. Abstrak deskriptif dirancang untuk menunjukan subjek atau bahasan dari sebuah karya ilmiah yang mempermudah calon pembaca untuk memutuskan akan membaca seluruh karya tersebut atau tidak • Abstrak untuk karya tulis hasil penelitian menggunakan jenis abstrak informative yang memiliki stuktur yang jelas • Abstrak penulisan laporan penelitian pada intinya terdiri dari 5 hal penting yaitu : 1. bagan atau skema j. Daftar singkatan dan lambing 2. akurat. tepat dn lengkap . Bagian inti merupakan menyajikan atau mengkomunikasi kan informasi ilmiah yang ingin disampaikan. Hasil 5. hasil pembahasan. memicu berpikir pendengaranya dan memotivasi untuk melakukan tindakan sebagai tindak lanjut • Presentasi efektif isinya atau materi nya harus benar.

Gunakan ilistrasi untuk menjelaskan gagasan 6. Menganalisis siapa yang kan menjadi peserta atau pendengar presentasi denagan memperahatikan diantaranya karakteristik pekerjaan dan minat mereka. dilanjutkan dengan menyiapakan visual dan berlatih melakukan presentasi dengan menggunkan perangkat presentasi yang telah di kembangkan Menyampaikan presentasi • Ada beberapa persiapan teknis yang perlu dilakukan yaitu usahakan dating lebih awal untuk mempersiapakan berbagai hal teknis seperti persiapan slide nya • Teknik presentasi 1. Tanya jawab • Pembicara yang baik perlu melakukan evaluasi apa yang telah dilakukan dan menggunakan hasilnya untuk perbaikan presentasi pada kesempatan lain . Pemahan terhadap pendengar akan membantu pembicara membuat kaitan atau hubungan antara topic yang dibahas dengan kebutuhan dan minat peserta 2.• Mempersiapakkn suatu presentasi dilakukan melalui serangkaian langkah 1. Menyusun garis besar materi dan melengkapi persiapan melalui riset tambahan. Kredibilitas presenter 3. Memberikan penekanan kepada pokok-pokok penting 4. Pandangan mata 5. Menanggulangi rasa takut 2.

31.907.7.8.7. 030:8:7945  03/0391./.:39:. .8:2-07:9..8:39:!03:8.   !075:89..9.2.3..8:2-07/.:39:9:8.3.9.3  .3  !03:25:.7.8502-.  03039:.9..:31472.2. 07:2:8.2..7...2.945 ..:5.3.382.9/2.2...2...39::..331472. W%.5.3 - 03039:.8...38:3.7.3/.380-.

9..380-.3/2503:8803/7  W02...3:39:9:8.31.8 /. 31472.3.3-.9:084307  !0309.:.-.0.9.3..3 0303..35075:89.8:2-07/..

.3 .5.2:8 425.7.79:.450/. .35030:8:7.790.903.4 ..30.90780/.5.4-.-07:9 ./. 425:907 .303.3/.34330.8 .8..0-4.3.9.9 2030:8:70-.3/-:9:..3-.:/:-::.4.33.9.7-::90780-:9   !02.90.:8/..3/.370107038 .2.9:./.32030.4  :39:203.3  $0.3 805079-07:9 $.37010038 7010703890780-:9.:..790.7/425:90790780-:9 80. .9..:.34330..9.7. %./.3/:.7-::.39039.3202-07.202.389.35.8:/   !02..7.303.3/:./.85075:89.2-::  W03./09.3 .7-::.450/.38079.81..203:.3--47.9..3 70107038-0784089039.7.7/.8..: 7097:35.9.3:9.5.9.  !02../.3203:3..9.3..35030:8:7.3..3.35075:89.9.3:39:203.9.547.:-07039 20.3/:..3:39:503::8:7..8.3-::/03.203:3.9...:-. /../.9.35..  - .31.. ...7-:: 5.59039.3 907-9.883.989 /.35:89..920302:.9.....3.3425:907 ./.9..790.9:9025.31.9.3.5..7-::/03...79:./..509:./..9203.4 !03.7.9.3:39:203.-::.19.:709:735.3/:..31.5.31.3.303907.425:907907/0.3.80-.79:.3808:.89.9.9..8 .31.9.20250740:/:-:: .9.71.7203:425:9078:/.8 907-9.35020739.9.   !02.:/.7./03..990723.3203.3-0-07.4/.90723...3. /.7:.3 ./.5.9.7/.. 03.8./.4../5075:89.989  --47.39025.3 /2.203:3.3..3/.. 203:3.3:93.331472.9/5  ....  / .790/.34330.390723.3802:.35....1 5.3.790 5074/./.920309.3..33.3:39:203.9..1 /.9.3942-403907./.5.425:907:39:20.9:9/9::/5075:89.3:920303.-.8 /:3.3.90.5..8.7/5.3.0-4./.4-.

./.9.309.503.3.3-:: -::408 5075:89.9.9:02.3.038.3  /.-.3.-07/0.9../.3-0789039.7.8.70.79:.3/03.4  ..4.28:..9.3/.

.8.503:8 /8:8:3-07/.7.2.3.7.33.7 503.7/.

3-0789039.3 50393/.3203:3.5079.9.9. .4.3-0789039.4.503:8  - .3.2.7:/:-::90780-:9  .3/03...9.38:-0.3:/:-:: /825.

945 //.9.78:-0./.9.8.2.3.-07/.7.5079.

5.7-./50740 W02-:.3 -.9.3/..-..9.25030:8:7.7:8/.3...3.9.9. W02-:.7.3/.973.8:39:9:8.3/.3.:.3/. ...35:89.83 W02-:.9.331472..57.35:89.7.8.:39:203/.3 W0..35.3  .:.945 90780-:9  W02078.3..3..3 -..390..9:95.

3.3.9:8.....3.30...8..354908.9/.3.3:39:233.7..8.5.947.3.   ...3 :/: /.75079.3905. .8.072. 03039:.3 /.38.947.:7.9 9::.3.1..2.9: 5078.:9:8.25...7...9/..3803..9.7.9.3 9::8/.3502-:9.3.3..9.7::.3. 7:.9.8.38:./.3:3./..9 503/0138.3.3.350/42.347.3.9.:5072.3./.7./.3 W!078..99.. 907..3207:5.7.9::7/.3/8.7.3./. .9.9/ 5079.3/. 0.9.8.30825:.7.3507:/507.9.3502-.9:.7.9 905.790 8:2-07..32.3 .383.3438059:.19..  .3203039:..7.9.8503:8.7.3.3.9:.3202503.3 /3....2.3/.8.3.3945.3..503:8.7.3503:8./.9/.2../.3.:5.98 /03..91/...3  28. !0/42.80-:.5.7.30109. W-897.8.3/5:-..3.8..9.3-0781.9907...3.203:8  503. 9: 9:8.8:39:9:8.3  %&$! ##%!% .3-.2.7:8/02-.3/03..8.33:5.8.89039.3.8507843.3./..3.3.8...89:8.33..89:..380. 203.  - 0302-..9.2.7.9:70.3..3.3.885085 .3.3.3/03.25.4-807.. /.7.9.39/.3  88902.7.3 .3..3/.3/0 /.9:82..3 .7.3/..31472.3085708  %&$#% $!%& W%.7503:3.3 /.3....9 $2039.87.502.7.:531472.3.1.3/:3.  4/:%&$!&#!# 03:8.5.907.3-078/..9085489478 W25.85027.7.:.3.38.9: .3-.3/03..30-07.32.390750393.3.9/.7.203.3905..8.3.9:82.84:2.5.3 //....5/::3..3 9:.-0781.3 203:.7.. 50789./..-.9...3/02-.7.  W!0/42.  / 034.2.2.-:-..342:3.3...3/. /./..2.3.580-.7.  .3:39:/....25.3202507.35.3-07/.3..7. W.3 203:9:5 0-03.. W.28.3207:5..5. .3203:9.

.303.2.207:5..794  .39../..3.7.3/.. %.3.8509038.34:95:93../.3502-.35../.3.3.9/03.2.3/...9..505.3../028  ..25:. W!03:8..2..3/9:83  03.303.3.3502-:..202-...3.3..25..9203:907.2.350309.2574808.7./.3 W35:9/.8 W%::.33.:.943/8202-..-.  !03.-0 909.2..907893.25:.2-. .9./.8 !03:8.7902.207::05./  .2202.9 839..7:8203.9.2-::203:8../443./.202.9  02.85309.9:...7./0..302:..3.33 W%.9....2.207::5.39079:8. 80/..35.9. ..8...3.....350309.340/:.9  02..25:.547.25:.3-.09..2-/.7.29:8.:39:202-:.350.5503:8./..7.9.7.3909 4/:&$# W$0.8/.90780-:9  W!02.3502-.3 70107038 4/:03:8.9.30-:9:.7.8/03.29:8.5. 502..9/.3/909 0808:..790. ....3203.3.3.3.547.79.850309.3  094/0 .350309. W.3907.-..:5079....9.43805 W!74808202-./.3.3/.5....3.50309.5./.3:/: ..5.709502-.709502-.9:2:2 W.7.3/-.3..99:8.7:  02.9:2:220207:.308.:20303.3-07/..3202-.9203:8.8.3202-..7.:39:203...39039.40.../.5502-...9.2..9.3../.9..././028.8/.32070.3..2.547.8.-081. :/: - ./.2.7.8.9.8..3. W!02.3/9:3:.3 545:.9:8.2.7-..3.9:8.-07... $0-:.:39:20231472.907./.3-..2.3:/: ...../.3:3.3/:34254303 4254303 -07:93 .90789502-..8:. 20.92.5.8..9 ....79.3203.3.3.3  $.709502-.3 .5..709...2070.29047-07:9 5079.../..7502-..8.3/507.3...072.547. ./03.7.39..3 57.8:-0.7..8/.33  5..3907.3502-.3.3 /.2070.9.9/..808:.3.33/.3 0907.3.  .2...2.8.W%::.90789/.2.7.3003.-0.3.3.39079:890780-:9  W!0309..-9.850.5./..5907/7/.202.9.7:40025..390787.3.3.9.547..9/. 503/.7:8203.7:8/507.9:8.9.502-.:.2..-07:-:3.709502-.5..9.9.7..9./503.831.90780-:9 %047.3/08.709502-.:.2070.350309.7.: .3/03...7985.3 70.8 /8:8/..3  0808:.850802..389.3502-.:2:288902.83897:203950309./..3 50307.::.3 /3././9.2.  02.:.257408202-.3  .3.9.3202-.3..3202-. 20342:3..-897.3/.3/-..385079.3544  .3.

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

3  %.2-.:9  70/-9.3/.3.3/.37.  03:8:3..35708039.35708039..78-08.5 503/03.90388050795078.907/..35030.3203.72.3/-./508079.9.3 /.38/03.9.8./02-.9.5.:78099..945..3.9.3 .9::8.323...3/.3.907895007.5..544 54450393  !.:503/03.305. W%035708039..92070...390././.5078.:.32.9 5708039.3/.:..9:5708039.- W!02-.3.3507.202-:.:.9.320.  :3./..85.8  03.3-./.  03.3 202507.30-:9:.8/03.25.8..55078.3.8/03.920.9.3.3:9.5...30.3907.:807.3./.5.83.3.7.3507:/.7.5.5.75708039.8.39.3203.3.320.3-07.3203:3.39038.3-07-.5.::-:3.3.8:39:2030.W025078.7..32003..3.8570803907  02-07.39:502-....3 03.3:.:.3.3.39.3..:.323.08025.507:20.9.7.8 /03.9508079.:39: 2025078.8:......8/..3/.5..9.930-.3203:3.3.3.35708039.3897.3/.390.3  .8 W/...5. !02.7.8.:.7.-0-07.3202-.38:.888.3 /03.3.8.:39:507-.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful