P. 1
PENGERTIAN AKHLAK

PENGERTIAN AKHLAK

|Views: 11,665|Likes:

More info:

Published by: Rofiqoh Hasan Harahap on Sep 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN AKHLAK Akhlak Bahasa Arab = budi pekerti, tabiat, watak.

Menurut beberapa Ahli :  Prof. Dr. Ahmad Amin  Ibnu Maskawaih → → kehendak yang biasa dilakukan. perilaku jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan tanpa pertimbangan sebelumnya.  Al-Ghazali → sifat yang tertanam dalam hati yang menimbulkan kegiatan dengan ringan dan mudah tanpa pemikiran sebagai pertimbangan.  Muhammad bin Ali Asy-Syarif Al Jurjani → sifat yang tertanam kuat dalam diri yang melahirkan perbuatan dengan mudah dan ringan tanpa berfikir dan merenung.

Persamaan semua definisi: Berpangkal pada hati, jiwa, kehendak. Mewujukan dengan perbuatan (tingkah laku)

Perasaan Hati Kasihan terhadap orang susah Wujud perbuatannya Bersedekah

Kehendak Berbuat Zalim Wujud perbuatannya Mencuri

sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah suara keladai. artinya : “Dan sederhanakanlah dalam berjalandan lunakkanlah suaramu. . misal :…… .bertaqwa.bersedekah.bermusyawarah.bersyukur. . . contoh :……. Contoh : Akhlak berjalan QS. contoh :……...AKHLAK ISLAMI Perbuatan yang dilakukan mudah ringan mendarah berdasarkan ajaran Islam.” dengan daging. .gotong royong. contoh :…….  Akhlak terhadap Manusia . RUANG LINGKUP AKHLAK ISLAMI  Akhlak terhadap Allah .Tumbuhan →…….. →……. misal :…. Luqman ayat : 19. misal :…. contoh :…….beriman.Binatang . . .Alam →…….  Akhlak terhadap lingkungan .beribadah.

patuh pada Rasul.Mencintai apa yang dicintai Rasul dan memusuhi yang dimusuhi Rasul. .Membunuh membantu orang susah gotong royong jujur adil menegakkan kebenaran. adat Kamus umum bahasa Indonesia Ilmu pengetahuan tentang azas-azas Akhlak (moral). Etika bertamu : memberi salam mengetuk pintu. MORAL. BUDI PEKERTI Etika bahasa Yunani (ETHOS) watak. Sesuai dengan peraturan yang berlaku ditengah masyarakat.ETIKA. kesusilaan. adat kebiasaan. MORAL Moral bahasa Latin (Mores) Moral (bahasa Indonesia) : Penentu baik dan buruk suatu perbuatan atau kelakuan. Tujuan moral Kesadaran moral tidak bermoral Membimbing orang agar berjalan di jalan yang baik berdasar nilai yang baik dipandang masyarakat.Membenarkan yang disampaikan Rasul.Menghidupkan Sunnah Rasul. . duduk dengan sopan. Etika = Cara Untuk menentukan tingkah laku atau cara bertingkah laku. . Moral : bentuk tingkah laku. . tidak melihat kebilik Tujuan Etika = berbuat sesuai peraturan Etika terhadap Rasul : . .Tabrak lari .Cinta Rasul .

Akhlak. perangai yang baik atau terpuji. Sasarannya Perbedaanya Proses Perilaku : . memandu. …………. ……………. perilaku. membiasakan..BUDI PEKERTI Budi Pekerti Bahasa Jawa budi = baik. Baik budi bahasanya :.. tingkah laku (perbuatan). tata karma. pekerti = perilaku. tata krama. Persamaan : Etika.patuh pada peraturan . pada definisi dan proses perilaku.berbuat baik terhadap sesama manusia . Moral. Beradab :…. Kamus bahasa Indonesia Budi Pekerti : Sopan : ….menegakkan kebenaran . perangai. : Hati Nurani manusia. mengarahkan. . Budi Pekerti. Norma (nilai) yang berlaku dalam masyarakat Budi pekerti = Akhlak Tujuan Budi Pekerti membimbing. memasyarakatkan hidup yang sesuai dengan norma atau nilai yang berlaku dalam masyarakat. ………. sifat..sopan ………….

tingkah laku atau perbuatan manusia. Persamaan antara akhlak. binatang. . sengaja. Ruang Lingkup Akhlak Islami : Akhlak terhadap Allah. yaitu : hati nurani. Akhlak Islami perilaku atau perangai seseorang yang terpuji. 6. Budi pekerti 5. mendarah daging berdasarkan ajaran Islam. tumbuh-tumbuhan. Akhlak terhadap makhluk manusia. Membahas azas-azas moral. 7. 4. perangai. Moral kehendak atau kemampuan seseorang yang biasa dilakukan. kehendak atau perbuatan yang secara layak dapat dikatakan benar/salah.RANGKUMAN 1. budi pekerti adalah sasarannya sama. 8. perbuatan yang dilakukan dengan mudah. Akhlak 2. yang menentukan batas-batas sifat. sifat. Etika 3. baik/buruk. Perbedaannya : pada definisinya dan proses perilaku. etika moral.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->