P. 1
RPP Baru - Objek Dan Permasalahan Biologi

RPP Baru - Objek Dan Permasalahan Biologi

|Views: 1,083|Likes:
Published by Wulandari Saputri

More info:

Published by: Wulandari Saputri on Sep 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/07/2012

pdf

text

original

RENCANA PEMBELAJARAN (RP

)

Nama Sekolah Mata pelajaran Kelas Semester Tahun Pelajaran Alokasi Waktu

: SMA Negeri 3 Palembang : Biologi :X :1 : 2011/2012 : 2 x 35 menit

Standar kompetensi 1.

:

Memahami hakikat biologi

Kompetensi Dasar

:

1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma).

Indikator 1. 2. 3.

:

Memberikan contoh objek pada tingkat molekul sampai sistem organ individu. Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma. Memberikan contoh masalah dan alternatif pemecahan masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.

4. 5.

Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah. Menjelaskan peranan biologi pada berbagai bidang kehidupan.

A. Tujuan pembelajaran 1. 2. 3.

:

Siswa dapat memberikan contoh objek pada tingkat molekul sampai sistem organ individu. Siswa dapat memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma. Siswa dapat memberikan contoh masalah dan alternatif pemecahan masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.

4. 5.

Siswa dapat mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah. Siswa dapat menjelaskan peranan biologi pada berbagai bidang kehidupan.

B.  

Materi Pembelajaran: Biologi Objek kajian biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ Objek kajian biologi pada tingkat individu sampai bioma

 

Masalah biologi Metode ilmiah

C. Strategi Pembelajaran 1. 2. Model Pembelajaran Metode : Pembelajaran Langsung (Direct Instructions) : Ceramah, dan Tanya Jawab.

D. Langkah-langkah Pembelajaran: Pertemuan Pertama (2 jam) a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit) Guru:  Absensi dan memberi motivasi belajar.  Memberitahukan KD untuk pembelajaran hari ini.  Memberitahukan tujuan pembelajaran.

b. Kegiatan inti 1. Eksplorasi (10 menit) Peserta didik:  Menggali informasi dengan membaca buku teks tentang objek biologi pada berbagai tingkatan organisasi.  Menguraikan hal-hal apa saja yang dapat diketahui siswa dari mengkaji referensi tentang objek biologi pada berbagai tingkatan organisasi.. Guru:  Menggunakan pendekatan klasikal dengan metode ceramah dan tanya jawab.  Memotivasi siswa untuk memahami proses pembelajaran melalui pengkajian referensi tentang objek dan permasalahan biologi dalam berbagai tingkat organisasi kehidupan.  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran.

2. Elaborasi (35 menit) Peserta didik:  Mendengarkan penjelasan dari guru.  Menguraikan secara tertulis dan lisan objek kajian biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.  Memberikan contoh objek kajian biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan. Guru:  Mengkondisikan siswa dari permasalahan yang ada kedalam kegiatan pembelajaran yang akan diihadapi.

 Memfasilitasi, mengarahkan dan memberikan motivasi belajar kreatif, kritis, analisis dan mandiri. 3. Konfirmasi (10 menit) Peserta didik:  Mampu memberikan contoh objek kajian biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.  Mampu memberikan contoh permasalahan biologi pada berbagai tingakatan organisasi kehidupan. Guru:  Bertanya kepada siswa tentang materi apa saja yang masih dirasakan sulit.  Berperan sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan.  Memberi pujian kepada siswa yang aktif dan memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpartisifasi aktif.

c. Kegiatan penutup (10 menit) Guru:  Guru menyimpulkan materi tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.  Guru memberi tugas membaca dirumah mengenai materi berikutnya.

Pertemuan Kedua (3 jam) a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit) Guru:  Absensi dan memberi motivasi belajar.  Memberitahukan KD untuk pembelajaran hari ini.  Memberitahukan tujuan pembelajaran.

b. Kegiatan inti 1. Eksplorasi (10 menit) Peserta didik:  Menggali informasi dengan membaca buku teks tentang metode ilmiah dan peranan ilmu biologi.  Menguraikan hal-hal apa saja yang dapat diketahui siswa dari mengkaji referensi tentang metode ilmiah dan peranan ilmu biologi.

Guru:  Menggunakan pendekatan klasikal dengan metode ceramah dan tanya jawab.  Memotivasi siswa untuk memahami proses pembelajaran melalui pengkajian referensi tentang metode ilmiah dan peranan biologi pada berbagai bidang kehidupan.  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran.

2. Elaborasi (40 menit) Peserta didik:  Mendengarkan penjelasan dari guru.  Menyebutkan urutan sistematika langkah-langkah metode ilmiah.  Mennguraikan langkah-langkah dalam metode ilmiah, beserta contoh permasalahannya.  Mengidentifikasi peranan biologi pada berbagai bidang kehidupan. Guru:  Mengkondisikan siswa dari permasalahan yang ada kedalam kegiatan pembelajaran yang akan diihadapi.  Memfasilitasi, mengarahkan dan memberikan motivasi belajar kreatif, kritis, analisis dan mandiri. 3. Konfirmasi (15 menit) Peserta didik:  Mampu menyelesaikan masalah biologi dengan menggunakan metode ilmiah.  Mampu membuat sistematika laporan ilmiah.  Mampu menyebutkan peranan biologi pada berbagai bidang kehidupan. Guru:  Bertanya kepada siswa tentang materi apa saja yang masih dirasakan sulit.  Berperan sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan.  Memberi pujian kepada siswa yang aktif dan memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpartisifasi aktif.

c. Kegiatan penutup (35 menit) Guru:  Guru menyimpulkan materi tentang metode ilmiah dan peranan biologi pada berbagai bidang kehidupan.  Guru memberikan evaluasi berupa soal tertulis.  Guru memberi tugas membaca dirumah mengenai materi berikutnya.

E.

Sumber, Alat dan Bahan Sumber: Buku Biologi Mahluk Hidup dan Lingkungannya Untuk Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Buku Paket Dra. D.A Pratiwi dkk, Biologi SMA Jilid 1, Untuk Kelas X, Jakarta: Erlangga Alat: Bahan: Charta

F.

Pengujian/Penilaian A. Penilaian Proses

:

1. Penilaian Psikomotor Melakukan pengamatan tentang objek kajian biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. 2. Penilaian Afektif Melakukan penilaian terhadap keaktifan siswa dikelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung. 3. Penilaian Kognitif Pemberian evaluasi berupa kuis (Terlampir).

B. Bentuk Instrumen Produk, pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap.

C. Alat Evaluasi Soal 1. Sebutkan langkah-langkah dalam metode ilmiah! 2. Salah satu langkah dalam metode ilmiah adalah merumuskan hipotesis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hipotesis! 3. Sebutkan tingkat organisasi kehidupan dari yang paling rendah ke paling tinggi sebagai objek kajian biologi! 4. Sebutkan 5 manfaat ilmu biologi dalam berbagai bidang kehidupan!

Kunci Jawaban 1. Langkah-langkah dalam metode imiah, ialah menemukan dan merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen untuk menguji hipotesis, melakukan percobaan, mengadakan observasi atau pengumpulan data, menarik kesimpulan, menguji kesimpulan dengan eksperimen lain, merumuskan hukum, konsep, atau prinsip.

2. Hipotesis merupakan dugaan sementara terhadap permasalahan yang dihadapi. Dimana hipotesis ini akan diuji dengan sebuah eksperimen. Hasilnya bisa sama ataupun berbeda. 3. Objek itu dipelajari, baik pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, sampai tingkat bioma. 4. 5 manfaat mempelajari ilmu biologi, antara lain:  Membantu para orang tua yang kesulitan dalam memiliki keturunan dengan program bayi tabung.  Dengan perkembangan ilmu virologi, terciptalah vaksin untuk memberi kekebalan pada tubuh terhadap virus.  Membantu memperoleh bibit unggul melalui perkawinan silang dalam rekayasa genetika.  Dalam industry makanan, kita dapat mengawetkan makanan dengan bantuan mikroorganisme.  Inseminasi buatan atau kawin suntik membantu didapatkannya keturunan sapi yang unggul, dimana sperma sapi unggul akan diberikan kepada sapi biasa. Sehingga diperolehlah sapi yang unggul pula.

Palembang, Guru Pamong

Agustus 2011

Guru Praktikan,

Dra. Siti Aisyah NIP 131410555

Wulandari Saputri NIM 342008130

Mengetahui, Kepala Sekolah

Hj. Napi’ah, S.Pd., M.Si. NIP 19621219 198302 2 001

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->