P. 1
PETUNJUK PRAKTIKUM JARINGAN. 2

PETUNJUK PRAKTIKUM JARINGAN. 2

|Views: 89|Likes:
Published by Alifa Robitah

More info:

Published by: Alifa Robitah on Sep 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2011

pdf

text

original

PETUNJUK PRAKTIKUM JARINGAN TUMBUHAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL A.

Pendahuluan Secara umum organ akar, batang dan daun disusun oleh sistem jaringan yang sama yaitu jaringan dermal, jaringan dasar dan jaringan pengangkut. Secara morfologi tumbuhan dikotil dan monokotil memiliki ciri akar, batang dan daun yang berbeda, begitu pula jika dilihat dari susunan anatominya. Perbedaan anatomi batang tumbuhan dikotil dan monokotil umumnya terdapat pada ada tidaknya kambium, letak korteks, serta susunan berkas pembuluhnya. Begitu pula susunan anatomi akarnya. Untuk membuktikannya lakukanlah praktikum ini dan carilah perbedaan struktur anatomi batang dan akar tumbuhan dikotil dan monokotil! B. Tujuan : Menjelaskan perbedaan struktur anatomi jaringan pada daun, akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil berdasarkan pengamatan. C. Alat dan bahan : Mikroskop, kaca benda, kaca penutup, pipet, silet, tissue, daun Rheo discolor, akar dan batang jagung (Zea mays), akar dan batang pacar air (Impatiens balsamina) atau bayam (Amarantus sp.), air.
D. Langkah Kerja: 1. Buatlah sayatan melintang daun Rhoe discolor. Sayatan yang dibuat harus 2. 3.

4.

5.

6. 7.

8. 9. 10. 11.

setipis mungkin untuk mempermudah pengamatan. Letakkan sayatan tersebut pada kaca benda kemudian berilah sedikit air dengan menggunakan pipet tetes. Tutuplah dengan menggunakan kaca penutup secara perlahan agar tidak terbentuk gelembung air, hisap kelebihan air dengan menggunakan tissue untuk mengeringkan bagian pinggirnya. Ulangilah langkah 1-3 untuk membuat preparat batang dan akar pacar air ataupun jagung. Letakkan preparat yang sudah kamu buat pada mikroskop, aturlah cahaya pada mikroskop agar dapat melihat objek dengan jelas. Mula-mula gunakan perbesaran lemah kemudian lanjutkan dengan perbesaran kuat untuk melihat lebih jelas. Amatilah dengan teliti bentuk sel pada masing-masing jaringan pada organ daun, akar ataupun batang yang tampak pada preparat. Gambarlah jaringan pada organ daun, akar dan batang yang tampak dari hasil pengamatanmu pada tabel hasil pengamatan. Berilah keterangan jaringan penyusun daun dan batang yang tampak pada pengamatan, gunakan literatur untuk membantumu. Bersihkan alat dan bahan setelah kegiatan praktikum selesai Letakkan kembali alat dan bahan pada tempatnya Jawablah pertanyaan praktikum secara mandiri.

x …. . Gambar hasil pengamatan Nama Preparat : Keterangan Perbesaran : ….LEMBAR KERJA SISWA JARINGAN BATANG DAN AKAR TUMBUHAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL Nama Kelompok/ kelas Tanggal Praktikum A. Nama Preparat : Keterangan Perbesaran : …. x …. : _____________________________________________ : _____________________________________________ : ____________________________ Hasil Pengamatan Tulislah hasil pengamatanmu pada tabel dibawah ini! Tabel 1.

apakah yang termasuk tumbuhan dikotil ? dan apakah yang termasuk tumbuhan monokotil? ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… 2. x …. Nama Preparat : Keterangan Perbesaran : …. Berdasarkan hasil pengamatanmu. Pertanyaan Jawablah pertanyaan dibawah ini berdasarkan hasil pengamatanmu! 1. Berdasarkan pengamatanmu. ada berapa jaringan pada batang jagung (Zea mays) yang dapat kalian temukan? Tulislah jaringan yang kalian temukan dan pilihlah salah satu ciri sel yang tertulis pada tabel berikut ini! . B. x ….Nama Preparat : Keterangan Perbesaran : ….

ada berapa jaringan pada batang pacar air (Impatiens balsamina) yang dapat kalian temukan? Tulislah jaringan yang kalian temukan dan pilihlah salah satu ciri sel yang tertulis pada tabel berikut ini! Jaringan yang ditemukan Bentuk sel Bulat/lonjong/ kotak/tidak beraturan Susunan sel Sangat rapat tdk ada ruang antar sel/ longgar.Jaringan yang ditemukan Bentuk sel Bulat/lonjong/ kotak/tidak beraturan Susunan sel Sangat rapat tdk ada ruang antar sel/ longgar. Berdasarkan hasil pengamatanmu. ada ruang antar sel Ukuran sel Kecil/sedang/ besar Struktur lain Terdapat kloroplas/ tidak 3. ada ruang antar sel Ukuran sel Kecil/sedang/ besar Struktur lain Terdapat kloroplas/ tidak .

ada berapa jaringan pada akar jagung (Zea mays) yang dapat kalian temukan? Tulislah jaringan yang kalian temukan dan pilihlah salah satu ciri sel yang tertulis pada tabel berikut ini! Bentuk sel Bulat/lonjong/ kotak/tidak beraturan Susunan sel Sangat rapat tdk ada ruang antar sel/ longgar. jelaskanlah fungsi masing-masing jaringan berikut ini menurut pendapatmu atau gunakan literatur untuk membantumu! Nama jaringan Fungsi Jaringan epidermis/pelindung Korteks Endodermis Floem Stele/ silinder pusat Xilem Kambium pada dikotil 5. ada ruang antar sel Ukuran sel Kecil/sedang/ besar Struktur lain Terdapat kloroplas/ tidak Jaringan yang ditemukan . berdasarkan struktur jaringan yang kamu temukan pada batang.4. Berdasarkan pengamatan yang kamu lakukan simpulkan perbedaan antara batang dikotil dan monokotil pada tabel berikut ini! Perbedaan Letak berkas Letak Empulur pembuluh Korteks Dikotil (____________ _________) Monokotil (____________ _________) 6. Setelah kamu melakukan pengamatan. Berdasarkan hasil pengamatanmu.

Berdasarkan struktur jaringan yang kamu temukan pada akar. Berdasarkan hasil pengamatanmu. ada berapa jaringan pada akar pacar air (Impatiens balsamina) yang dapat kalian temukan? Tulislah jaringan yang kalian temukan dan pilihlah salah satu ciri sel yang tertulis pada tabel berikut ini! Jaringan yang ditemukan Bentuk sel Bulat/lonjong/ kotak/tidak beraturan Susunan sel Sangat rapat tdk ada ruang antar sel/ longgar. ada ruang antar sel Ukuran sel Kecil/sedang/ besar Struktur lain Terdapat kloroplas/ tidak 8.7. jelaskanlah fungsi masing-masing jaringan berikut ini menurut pendapatmu atau gunakan literatur untuk membantumu! Nama jaringan Jaringan epidermis/pelindung Korteks Endodermis Perisikel Floem Xilem Fungsi Stele/ silinder pusat .

Jawablah setiap pertanyaan dengan “ya” dan “tidak” atau kamu juga dapat menuliskan alasanmu bila perlu! No. bahan dan tempat kerjamu seperti semula? Apakah selama kegiatan praktikum berlangsung ada pembagian tugas untuk setiap anggota kelompokmu? Apakah kamu senang dan antusias ketika melakukan praktikum ini? Jawaban . Berdasarkan pengamatan yang kamu lakukan simpulkan perbedaan antara akar dikotil dan monokotil pada tabel berikut ini! Perbedaan Letak berkas Letak Korteks pembuluh Dikotil (____________ _________) Monokotil (____________ _________) C. Pertanyaan Setelah kamu amati dibawah mikroskop. apakah kamu membersihkan alat dan tempat kerjamu? Setelah pengamatan selesai.9. Berikut ini ada beberapa pertanyaan tentang apa yang sudah kamu kerjakan dalam praktikum ini. apakah sayatan yang kamu buat tampak lapisan sel yang menumpuk ? Apakah kamu menggunakan pipet tetes untuk meneteskan air pada saat membuat preparat? Apakah pada preparat yang kamu buat terdapat gelembung udara ? Apakah kamu dapat melihat bidang pandang mikroskop tampak terang setelah kamu mengatur cerminnya ? Apakah kamu memulai pengamatan preparat dengan lensa okuler dengan perbesaran yang paling kecil terlebih dahulu? Apakah kamu menggunakan lensa okuler dengan perbesaran lebih besar untuk memperjelas pengamatanmu? Apakah kamu menggunakan perbesaran makro untuk menemukan bayangan preparat saat pertama kali pengamatan? Apakah kamu menggunakan perbesaran mikro untuk memperjelas bayangan preparat? Apakah kamu menuliskan perbesaran pada lembar pengamatan dengan cara : perbesaran okuler X perbesaran objektif Apakah kamu menuliskan perbesaran pada lembar pengamatan dengan cara : perbesaran objektif X perbesaran okuler Setelah pengamatan selesai. apakah kamu mengatur kembali alat.

3. Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada setiap jaringan 4 dan 8 dengan fungsinya Menuliskan kesimpulan perbedaan akar dan batang tumbuhan dikotil dan 5 dan 9 monokotil sesuai dengan tujuan dan hasil pengamatan. JUMLAH C.PETUNJUK PENILAIAN Format Penilaian Lembar Kerja Siswa Berilah skor yang sesuai dengan kriteria pada rubrik penilaian kinerja produk (data pengamatan dan pertanyaan praktikum)! Aspek kinerja produk yang dinilai A. Pertanyaan Praktikum data hasil pengamatan 15 15 No. Data Pengamatan Menggambar objek sesuai dengan pengamatan B. Menginterpretasi hasil pengamatan dengan menyebutkan ciri-ciri setiap 2. Kinerja proses : Keterampilan menggunakan mikroskop dan membuat preparat Nilai = x 100 = 5 5 10 40 15 30 10 10 100 100 . pertanyaan Skor maksimal per nomor Skor total Menentukan tumbuhan dikotil dan monokotil yang digunakan dalam 1 praktikum dengan benar. 6 dan 7 sel penyusun jaringan akar dan batang dengan tepat.

Dapat menentukan tumbuhan dikotil dan monokotil yang digunakan dalam praktikum tetapi dan dikaitkan dengan ciri morfologinya. Tidak dapat menyebutkan ciri-ciri setiap sel penyusun jaringan akar dan batang Dapat menyebutkan ciri-ciri setiap sel penyusun jaringan akar dan batang tetapi kurang sesuai dengan hasil pengamatan Dapat menyebutkan ciri-ciri setiap sel penyusun jaringan akar dan batang sesuai dengan hasil pengamatan dengan tepat. Pertanyaan Praktikum Menentukan tumbuhan dikotil dan monokotil yang digunakan dalam praktikum dengan benar. 0 1-5 6-10 .Rubrik Penilaian Kinerja Produk (Data pengamatan dan Pertanyaan Praktikum) Aspek kinerja produk yang dinilai A. 0 1-2 3-5 Menginterpretasi hasil pengamatan dengan menyebutkan ciri-ciri setiap sel penyusun jaringan akar dan batang dengan tepat. Data Pengamatan Menggambar objek sesuai dengan pengamatan Skor Kriteria penilaian 0-5 5-10 11-15 Gambar tidak sesuai dengan pengamatan Gambar benar tetapi kurang sesuai dengan hasil pengamatan Gambar benar dan sesuai dengan hasil pengamatan Tidak dapat menentukan tumbuhan dikotil dan monokotil yang digunakan dalam praktikum Dapat menentukan tumbuhan dikotil dan monokotil yang digunakan dalam praktikum tetapi tidak dikaitkan dengan ciri morfologinya. Tidak dapat menjelaskan keterkaitan antara struktur sel pada setiap jaringan dengan fungsinya Kurang dapat menjelaskan keterkaitan antara struktur sel pada setiap jaringan dengan fungsinya Dapat menjelaskan keterkaitan antara struktur sel pada setiap jaringan dengan fungsinya secara tepat dan benar Kesimpulan tidak sesuai dengan tujuan dan hasil pengamatan Kesimpulan kurang sesuai dengan tujuan tetapi sesuai dengan hasil pengamatan Kesimpulan sesuai dengan tujuan dan dengan hasil pengamatan B. 0 1-5 6-10 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada setiap jaringan dengan fungsinya 0-5 5-10 11-15 Menuliskan kesimpulan perbedaan akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil sesuai dengan tujuan dan hasil pengamatan.

apakah sayatan yang kamu buat tampak lapisan sel yang menumpuk ? Apakah kamu menggunakan pipet tetes untuk meneteskan air pada saat membuat preparat? Apakah pada preparat yang kamu buat terdapat gelembung udara ? Apakah kamu dapat melihat bidang pandang mikroskop tampak terang setelah kamu mengatur cerminnya ? Apakah kamu memulai pengamatan preparat dengan lensa okuler dengan perbesaran yang paling kecil terlebih dahulu? Apakah kamu menggunakan lensa okuler dengan perbesaran lebih besar untuk memperjelas pengamatanmu? Apakah kamu menggunakan perbesaran makro untuk menemukan bayangan preparat saat pertama kali pengamatan? Apakah kamu menggunakan perbesaran mikro untuk memperjelas bayangan preparat? Apakah kamu menuliskan perbesaran pada lembar pengamatan dengan cara : perbesaran okuler X perbesaran objektif Apakah kamu menuliskan perbesaran pada lembar pengamatan dengan cara : perbesaran objektif X perbesaran okuler Setelah pengamatan selesai. apakah kamu membersihkan alat dan tempat kerjamu? Setelah pengamatan selesai. bahan dan tempat kerjamu seperti semula? Apakah selama kegiatan praktikum berlangsung ada pembagian tugas untuk setiap anggota kelompokmu? Apakah kamu senang dan antusias ketika melakukan praktikum ini? Jawaban seharusnya Tidak Ya Tidak Ya Ya Ya Ya Ya Ya Tidak Ya Ya Ya Ya . apakah kamu mengatur kembali alat. Pertanyaan Setelah kamu amati dibawah mikroskop.Rubrik Penilaian Kinerja Proses (Ketrampilan menggunakan mikroskop dan membuat preparat) No.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->