A.

Perundangan WNI
• -

Pasal 26 UUD 1945
Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang bangsa lain yang disahkan dengan UU sebagai warga negara

-

Penduduk adalah WNI dan orang asing yang tinggal di wilayah RI Hal mengenai warganegara dan penduduk diatur dengan UU

UU No. 3 Th. 1946

Orang bangsa lain : orang peranakan Belanda, Tionghoa, dan Arab yang tinggal di Indonesia, mengakui RI sebagai tanah airnya, dan setia pada RI. Penduduk Indonesia adalah : yang berdomisili di Indonesia selama 1 tahun berturut-turut. WNI adalah :
-

Penduduk asli daerah RI termasuk anak dari penduduk asli itu Istri seorang WNI Keturunan WNI yang kawin dengan WNA Anak yang lahir di wilayah RI tapi tidak diketahui orang tuanya Anak yang lahir di wilayah RI yang tidak diakui orang tuanya secara sah

-

-

Anak yang lahir dalam tenggang 300 hari ayahnya yang WNI meninggal

-

Orang yang bukan penduduk asli Indonesia, umur 21 tahun atau sudah kawin, boleh menolak menjadi WNI dengan mangajukan keterangan ia warga negara lain

Masih menjadi WNI dengan naturalisaasi

Hasil KMB 27 Desember 1949

Persetujuan antara RI dan Kerajaan Belanda. 1958 Disahkan oleh Soekarno. 62 Th. Jika seseorang lahir di luar Indonesia dan tinggal di Belanda atau diluar daerah peserta Uni. menjadi WNI bila 2 tahun setelah 27 Des 1949 tidak menolak menjadi WNI - Orang Belanda yang lahir di RI atau tinggal 6 bulan di RI dalam waktu 2 tahun setelah 27 Des 1949 menyatakan ingin menjadi WNI - Orang asing (abdi Belanda) tapi bukan orang Belanda yang lahir dan tinggal di RI dan dalam 2 tahun tidak menolak kewarganegaraan Indonesia • UU No. yang tinggal di Suriname atau Koloni Belanda. Syarat menjadi WNI adalah : - Pada waktu lahir punya hubungan keluarga dengan seorang WNI (misal : ayahnya WNI) - Lahir dalam tenggang 300 hari setelah ayahnya yang WNI meninggal - Lahir di wilayah RI dan orang tuanya tidak diketahui Memperoleh kewarganegaraan menurut UU ini adalah : - . yang termasuk WNI adalah : - Penduduk asli Indonesia yaitu mereka yang termasuk golongan bumiputra yang berdiam di wilayah Indonesia. berhak menjadi warganegara Indonesia setelah 27 Des 1949 - Orang Cina dan Arab yang lahir atau tinggal minimal 6 bulan di RI . Bila lahir di Belanda. abdi Belanda. berhak memilih warganegara Belanda dalam waktu dua tahun setelah 27 Des 1949 - Orang Indonesia. Asas kewarganegaraan Indonesia adalah ius sanguinis yaitu patriarkhi. Bila lahir di luar Belanda berhak menjadi warganegara Belanda dalam waktu 2 tahun setelah 27 Des 1949.

orang itu harus menunjukkan : a) Keinginan sungguh-sungguh menjadi WNI b) Kesetiaan pada RI • Seseorang bisa menjadi WNI lagi 1 tahun setelah memenuhi syarat 2. dan mendapat keputusan Menteri Kehakiman. 2006 . dengan cara : • Bila ia melaporkan diri pada perwakilan RI di negara tempat tinggalnya dalam jangka waktu 1 tahun sejak UU ini sah • Jika ia melaporkan diri pada perwakilan RI di negara terdekat tempat tinggalnya dalam jangka waktu 2 tahun sejak UU ini sah • Selain menyatakan keterangan untuk menjadi WNI. Lalu harus melakukan sumpah janji setia • UU No. berisi : - Seorang yang kehilangan kewarganegaraan RI dapat memperolehnya kembali. jika ia berdomisili di Indonesia berdasar kartu izin masuk dan menyatakan keterangan waktu itu pada Pengadilan Negeri tempat tinggalnya dalam 1 tahun setelah orang itu tinggal Seorang yang tinggal karena di luar negeri tempat dapat ia kehilangan tidak kewarganegaraan negara tinggal memungkinkan melakukan kewajibannya.• Pengangkatan anak orang asing berumur 5 tahun oleh WNI yang disahkan Pengadilan Negeri • Anak diluar perkawinan dengan ibu WNI Dengan proses naturalisasi • • UU No. 12 Th. 3 Th. ia dapat memperoleh kewarganegaraannya kembali. 1976 Ditandatangani oleh Presiden Soeharto dan Menteri Sekretaris Negara Sudharmono. lalu memenuhi syarat 3.

- Orang yang berdasar UU atau perjanjian Pemerintah RI dengan negara lain sebelum UU ini berlaku telah menjadi WNI - Anak dari perkawinan sah ayah dan ibu WNI Anak dari perkawinan sah ayah WNI dan ibu WNA Anak dari perkawinan sah ayah WNA dan ibu WNI Anak dari perkawinan sah ibu WNI dan ayah tidak punya kewarganegaraan dan negara ayah tidak memberi kewarganegaraan pada anak - Anak lahir dari perkawinan sah setelah ayahnya yang WNI meninggal dalam tenggang waktu 300 hari - Anak diluar perkawinan sah dari ibu WNI Anak diluar perkawinan sah ibu WNA tapi diakui ayah WNI sebagai anaknya sebelum anak itu 18 tahun atau belum kawin - Anak lahir di wilayah RI dan pada saat lahir warganegara ayah dan ibunya belum jelas - Anak yang lahir ditemukan di wilayah RI dan ayah dan ibunya tidak diketahui - Anak yang lahir diwilayah RI tapi ayah dan ibunya tidak diketahui keadaannya atau tidak punya warganegara - Anak yang lahir dari ayah dan ibu WNI tapi diluar wilayah Indonesia dan oleh negara bersangkutan memberi status WNI pada anak itu - Anak dari ayah atau ibu yang telah dikabulkan permohonan kewarganegaraannya tapi meninggal sebelum mengucapkan sumpah janji setia .

B. Pewarganegaraan .

Sehat jasmani dan rohani 4. Ditulis dalam Bahasa Indonesia disertai bukti umur. Bila ditolak. permohonan tersebut dapat diajukan kembali. Cara-Cara Pewarganegaraan :  Naturalisasi Adalah kesempatan dari RI bagi orang asing yang ingin menjadi WNI. Bila diterima. Membayar uang pewarganegaraan ke kas negara Permohonan kewarganegaraan dengan cara : 1. dll Menteri Kehakiman dan hak Asasi Manusia dapat mengabulkan atau menolak permohonan itu. Jika dengan memperoleh kewarganegaraan RI tidak menjadi berkewarganegaraan ganda 7. 12 Th.Pewarganegaraan adalah tata cara bagi orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan RI melalui permohonan. . persetujuan istri. Tertulis dan bermeterai ditujukan pada Menteri Kehakiman dan HAM lewat Pengadilan Negeri atau Perwakilan RI di tempat tinggal pemohon 2. sang pemohon harus mengucapkan sumpah atau janji di pengadilan negeri kemudian keputusan yang diambil akan masuk berita negara. Syarat-syaratnya menurut UU No. 2006 : 1. Dapat berbahasa Indonesia dan mengakui Pancasila serta UUD 1945 5. Saat mengajukan permohonan sudah tinggal 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut di wilayah RI 3. Berusia 18 tahun atau sudah kawin 2. Mempunyai pekerjaan / penghasilan tetap 8. kecakapan berbahasa Indonesia. Tidak pernah dijatuhi pidana dengan ancaman 1 tahun pidana atau lebih 6.

. anak itu akan menjadi WNI. • Anak yang belum berumur 18 tahun dan belum kawin. Akibat Pewarganegaraan Berdasar UU No 12 Tahun 2006 • Seorang perempuan asing menikah dengan pria WNI. • Anak seorang ibu WNI yang tidak punya hubungan darah dengan ayahnya akan ikut menjadi WNI bila belum 18 tahun atau belum kawin. Maka istrinya juga mengikuti kewarganegaraan suaminya. Begitu juga bila istrinya kehilangan kewarganegaraan. istrinya akan ikut kehilangan kewarganegaraan.C. bila punya hubungan darah dengan ayahnya yang belum WNI.

Kemungkinan Seseorang Dapat Kehilangan Kewarganegaraan • • Memperoleh kewarganegaraan lain karena kemauannya sendiri Tidak menolak atau tidak melepas kewarganegaraan lain sedangkan ia mendapat kesempatan untuk itu • Dinyatakan hilang kewarganegaraan oleh Presiden atas permohonannya sendiri.D. bila yang bersangkutan sudah 18 tahun atau kawin dan tinggal di luar negeri • • • Masuk dalam dinas tentara asing tanpa seizin Presiden Sukarela masuk dalam dinas negara asing Sukarela mengangkat sumpah atau janji setia pada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut • Tidak diwajibkan tetapi turut serta dalam pemilihan sesuatu yang bersifat ketatanegaraan untuk suatu negara asing .

Hak Warganegara Menurut George Jellinek.• Mempunyai paspor atau surat tanda kewarganegaraan yang masih berlaku dari negara lain atas namanya • Tinggal di luar wilayah Republik Indonesia selama 5 tahun berturut-turut bukan dalam rangka dinas negara. hak milik. yaitu : 1. Status Positif Status yang memberikan hak bagi warga negara untuk menuntut tindakan positif dari negara berupa perlindungan jiwa. warga negara memiliki 4 status. tanpa alasan yang sah dan dengan sengaja tidak menyatakan keinginannya untuk menjadi WNI E. dan kemerdekaan .

2. Status Aktif Status yang memberi hak warga negara untuk ikut serta dalam pemerintahan 4. Status Pasif Status yang mewajibkan warga negara untuk tunduk pada aturan negara . Status Negatif Status yang menjamin negara tidak akan campur tangan pada HAM warga negara untuk mencegah tindakan sewenang-wenang dari negara 3.

Brazil. Jamaika. Asas ini dianut oleh negara Inggris. 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut persetujuan istrinya • Apabila ia seorang laki-laki yg sudah kawin. Kanada. Meksiko. Argentina . Naturalisasi ada 2 cara : biasa dan istimewa. ia perlu mendapat • Dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar Negara Pancasila dan UUD 1945 . • Lahir di wilayah RI / bertempat tinggal yang paling akhir min. maka orang tersebut menjadi warga negara B. Mesir. Kebanyakan bangsa yang memiliki sejarah panjang menerapkan asas ini. Misalnya : seseorang memperoleh status kewarganegaraan akibat dari pernikahan. Contoh = Seseorang yg dilahirkan di negara A. walaupun orangtuanya adalah warga negara L. tetapi orang tuanya warga negara B. keturunan • Ius Sanguinis (Asas Keturunan) Adalah hak kewarganegaraan yang diperoleh seseorang (individu) berdasarkan kewarganegaraan ayah atau ibu biologisnya. Istilah Dalam Kewarganegaraan • Ius Soli (Asas Kelahiran) sesuai / Adalah penentuan status kewarganegaraan seseorang berdasarkan tempat dimana ia dilahirkan. Amerika Serikat.F. • Naturalisasi Adalah suatu perbuatan hukum yang dapat menyebabkan seseorang memperoleh status kewarganegaraan. RRC dan Asia Timur. Contoh = Seseorang lahir di negara P maka ia menjadi warga negara P. Penentuan kewarganegaraan berdasarkan kewarganegaraan orang tuanya. Peraturan kewarganegaraan dengan tempat kelahirannya tanpa melihat kewarganegaraan orang tuanya. mengajukan permohonan.  Naturalisasi Biasa Syarat : • Telah berusia 18 Tahun / sudah kawin. memilih / menolak status kewarganegaraan. seperti negara-negara di Eropa.

atau dapat diminta oleh negara RI / diberikan kepada orang asing yang berjasa kepada negara kemudian mereka mengucapkan sumpah atau janji setia Contoh = Warga negara asing yang punya banyak jasa bagi Indonesia lalu memutuskan ingin menjadi WNI. • Pernyataan memilih kewarganegaraan secara tertulis pada pejabat dengan melampirkan dokumen sesuai ketentuan UU. • Bipatride (Dwi Kewarganegaraan) Adalah seseorang yang memiliki kewarganegaraan rangkap. • Warga asing yang telah berjasa kepada negara RI dengan penyataan sendiri (permohonan) untuk menjadi WNI. • Anak sah atau tidak sah dari WNI dan WNA yang diakui orang tuanya WNI. belum 18 tahun atau belum kawin.• Sehat jasmani & rohani • Bersedia membayar kepada kas negara uang sejumlah Rp 500 sampai Rp 10. atau perkawinan yang melahirkan anak di wilayah RI meskipun status orang tuanya tidak jelas dan berakibat anak berwarganegaraan ganda hingga 18 tahun atau sudah kawin. diakui secara sah oleh ayahnya yang WNA. tetap dianggap WNI. walaupun diakui sah pengadilan sebagai WNA.000 bergantung kepada penghasilan setiap bulan • Mempunyai mata pencaharian atau berpenghasilan tetap diancam sanksi penjara 1 tahun atau lebih • Tidak pernah dijatuhi pidana karena tindak pidana yang • Tidak mempunyai kewarganegaraan ganda Contoh = Warga negara asing yang ingin menjadi WNI  Naturalisasi Istimewa Diberikan pada WNA yang status kewarganegaraannya : • Anak WNI diluar perkawinan sah. • Anak WNI sebelum usia 5 tahun. . • Pernyataan memilih kewarganegaraan dinyatakan paling lambat 3 tahun sesudah anak berumur 18 tahun atau sudah kawin.

Undang – Undang .Contoh = Seorang keturunan bangsa C (Ius Sanguinis) lahir di negara D (Ius Soli). • Stelsel Aktif Untuk mendapatkan status kewarganegaraan. golongan.Diskriminasi menolak sesuatu Adalah asas yang tidak membedakan perlakuan dalam segala hal ikhwal yang berhubungan dengan warga negara atas dasar suku. ras. • Stelsel Pasif Seseorang yang dengan sendirinya dianggap menjadi warga negara tanpa melakukan suatu tindakan hukum tertentu. maka dianggap warga negara C. jenis kelamin dan gender.tindakan hukum tertentu secara aktif / menggunakan hak opsi ( hak untuk memilih menjadi warga negara ). Perempuan berkewarganegaraan WNI yang kawin dengan seorang pria WNA bisa tetap menjadi WNI sehingga sumai bisa mendapat keringanan seperti imigrasi. Contoh : Seorang keturunan bangsa X (Ius Soli) lahir di negara Y (Ius Sanguinis) Maka orang tersebut bukan warga negara X maupun warga negara Y. Sehingga karena ia keturunan negara C. Contoh = Dengan mengajukan permohonan dan mengurus segala persyaratannya. Contoh = Anton tanpa berbuat apa – apa diangkat menjadi warga negara Indonesia. agama.  Asas Non . permanent resident ataupun naturalisasi. karena ia lahir di negara D. Anak itu tidak diakui sebagai warga negara X karena tidak lahir di negara X yang memakai Ius Soli. Hak Opsi yaitu hak untuk memilih sesuatu kewarganegaraan (dalam stelsel aktif) Hak repudiasi yaitu hak untuk kewarganegaraan (dalam stelsel pasif) • Paradigma Kewarganegaraan  Penegasan Status Seseorang Menjadi WNI Istri WNI yang bersuami WNA maupun istri WNA yang bersuami WNI memiliki kesempatan untuk menjadi WNI asalkan tidak berkewarganegaraan ganda. Anak itu juga tidak diakui di negara Y karena orang tuanya bukan warga negara Y. • Apatride (Tanpa kewarganegaraan) Adalah seseorang yang tidak memiliki status kewarganegaraan. seseorang harus melakukan tindakan . tetapi negara D juga menganggapnya sebagai warga negara.

.000. denda paling sedikit Rp250.000.00 serta dicabut izin usahanya.000.000.000.00 dan paling banyak Rp1. memalsukan surat atau dokumen mendapat sanksi pidana penjara paling sedikit 1 tahun dan paling lama 4 tahun. Memberikan keterangan palsu termasuk pemalsuan keterangan di atas sumpah.00.00 dan paling banyak Rp5.000.000. membuat surat atau dokumen palsu.000.  Sanksi – Sanksi Petugas dan Pemohon Jika Menghambat Proses Pewarganegaraan Bagi petugas yang lalai akan mendapat implikasi hukum berupa pidana 1 tahun sedangkan bagi petugas yang sengaja mempersulit akan mendapat pidana 3 tahun penjara (Pasal 36). Namun bila dilakukan dengan korporasi akan menjadi paling sedikit 1 tahun dan paling lama 5 tahun serta denda paling sedikit Rp1.yang baru memberikan harkat yang tinggi terhadap gender (glorifikasi gender) Sekarang telah ditegaskan penghapusan diskriminasi terhadap warga Tionghoa dengan tidak diperlukannya SBKRI (Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia) dalam pembuktian Kewarganegaraan bagi yang telah mempunyai Akta Catatan Sipil.000.000.000.

Disusun Oleh : Christian Harmoko XC / 5 Ivan Hartono XC / 13 Jesslyn Trinata XC / 15 .

Kevin Prayogo XC / 17 Tiffany Wijaya XC / 27 Jessica Octaviana XC / 28 SMA KOLESE LOYOLA SEMARANG .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful