MAKALAH

Indahnya Wisata Pulau Dewata “BALI “

Disusun Oleh:

1. FAJAR MAJIDAH 2. FEBRINIA TIKA M.S. 3. NURMAR’ATUS SHOLIKHAH 4. SHERLY FITRI VAN ANAS

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMA NEGERI 1 LAMONGAN Jl.Veteran No.41 Lamongan TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sherly Fitri Van Anas Judul Makalah Penulis Lamongan. 3. Febrinia Tika M.Pd NIP.Pd. Nurmar’atus Sholikhah 4. Kepala SMA Negeri 1 Lamongan Pembimbing. Juli 2011 Wantono Gono Putro S.S. Fajar Majidah 2.131 873 226 . M.LEMBAR PENGESAHAN : Indahnya Wisata Pulau Dewata “Bali ” : 1.

Pada kesempatan ini. Menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan agar lebih menjaga dan melestarikan tempat . Selaku Kepala SMA Negeri 1 Lamongan. pd. kami menyampaikan terima kasih kepada: 1. Makalah ini berisi tentang hal-hal yang menyangkut dengan Keindahan Pariwisata yang ada di Pulau Dewata “Bali ”. kritik.KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr. Makalah ini diharapkan agar dapat menjadi bacaan bagi para pembaca agar dapat memperluas pengetahuan dan wawasan tentang Pulau Bali. Juli 2011 Penulis . Wassalamualaikum Wr. yang telah membantu hingga laporan ini selesai. Bapak Wantono Gono Putro S. Bapak Ibu Guru sebagai guru pembimbing study tour. M. saran. taufik. serta masukan akan kami terima dengan sebaik . Serta pihak . Teman-teman semua yang telah membantu sehingga makalah ini dapat selesai pada waktunya. Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat. 2.tempat wisata di Indonesia Dalam perbaikan dan pengembangan laporan ini.Pd. Lamongan.baiknya dan sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Wb. 3. Wb.pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Indahnya Wisata Pulau Dewata “Bali “ ini dengan baik. 4.

........................................................................................................................ Halaman Pengesahan ........................................... Daftar Isi ....................................... Saran ............... Abstrak ................................................ Latar Belakang ............................................................................................ Kata Pengantar .......................... Rumusan Masalah ........................ Penutup .............................................................................. 7 BAB II HASIL LAPORAN ............................................................................................................................... A..................... 6 D.................................................................... 5 B................................................................................................................................................................................................ Batasan Masalah ............................................................................................... Manfaat Penelitian ....... 9 BAB V PENUTUP A..................................................... BAB I PENDAHULUAN A..................................... C.................................. ........................ Tujuan Penelitian ........... 45 B................................................................................................ Kesimpulan ............................... 6 E................................................................................................................................................. Pembahasan .................................................................................................DAFTAR ISI Halaman Judul ....................................................................................................... 6 C................................................................................... DAFTAR PUSTAKA ..........................................................................

Sehingga tak tak pelak Bali merupakan tujuan wisata dunia untuk menikmati keindahan panorama asli made in Indonesia dengan cirri khas kebudayaannya. wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya. Apa yang dapat kita ambil sebagai pelajaran setelah study tour ke Bali? . Tanpa kita sadari banyak dari kita yang lebih memilih atau menyukai tempat wisata yang ada di negeri lain. Saya harap untuk semuanya agar lebih sering berkunjung ketempattempat wisata yang ada di Negara kita ini. Keindahan alamnya yang tidak dapat diragukan lagi mampu menghisap banyak investasi kecil maupun besar yang menjamin kehidupan masyarakat. Rumusan Masalah Dalam pembahasan ini masalah yang dirumuskan adalah sebagai berikut: 1. Di dunia. Padahal negeri kita juga memiliki tempat-tempat wisata yang tak kalah indah dari wisata-wisata yang ada di luar negeri. Jika di Negara kita sendiri sudah ada tempat yang begitu indah dan bahkan diminati warga asing lantas kenapa kita tidak mensyukurinya. B. khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Selain terdiri dari Pulau Bali.BAB I PENDAHULUAN A. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura. Latar Belakang Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. yaitu Pulau Nusa Penida. Bali yang menjadi barometer pariwisata Indonesia tidak pernah luput dari dinamika sebagai bagian yang harus dihadapi sebagai kenyataan. Ibukota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Bahkan para penduduk luar negeri banyak yang ingin berkunjung ke Negara kita karena keindahan alamnya yang luar biasa. Dengan dibuatnya makalah ini kami mengharapkan agar warga Negara Indonesia berfikir dua kali jika ingin pergi liburan keluar negeri. Salah satu tempat di Negara Indonesia yang memiliki keindahan alam yaitu di pulau Bali. Pulau Nusa Lembongan. Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya. Bagaiman perkembangan pariwisata di Bali? 2.

Mengetahui budaya-budaya Indonesia yang terdapat di Bali B. E. Manfaat Pembahasan Pembahasan yang kami lakukan memiliki manfaat. Tujuan Pembahasan Yang menjadi tujuan dalam pembahasan ini adalah: 1. serta pusat-pusat perbelanjaanya yang terkenal. adat-istiadat. 3.oleh “KRISNA” Pusat Jajanan “Cahayu” Pasar Seni Sukawati JOGER Bedugul Walaupun demikian bukan berarti objek-objek yang lain tidak memiliki keistimewaan. Hanya saja yang dibahas dalam karya tulis ini adalah tempat-tempat yang kami kunjungi saat karya wisata di Bali.tempat wisata di Indonesia 4. Dalam pembuatan karya tulis ini kami bermaksud menginformasikan kepada pembaca. Untuk memperluas pengetahuan dalam bidang sejarah Pulau Bali. juga nilai mistik yang ada di Pulau Bali. sebagai berikut: 1. Batasan Masalah Pulau Bali terdiri dari berbagai jenis objek-objek wisata yang indah dan mempesona.A. yaitu: Tanah Lot Ulu Watu Dreamland Pantai Kuta Pusat Oleh. Mengetahui perkembangan objek-objek pariwisata yang ada di Bali 2.objek wisata. agar mengetahui seberapa besar potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia. 2. . Mengenal lebih jauh objek. akan tetapi dalam karya tulis kami hanya menceritakan beberapa objek-objek wisata yang kami kunjungi. Menginformasikan tentang Pulau Bali yang kaya akan keaneragaman etnik budayanya. khususnya Pulau Bali. serta ciri khas keistimewaan Pulau Bali. Menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan agar lebih menjaga dan melestarikan tempat.

warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan. Di sini terdapat dua pura yang terletak di atas batu besar. Bendesa Beraben menyuruh Nirartha Danghyang untuk meninggalkan Tanah Lot. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben 'akhirnya' menjadi pengikut Danghyang Nirartha. Indonesia. yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset). Menurut legenda. Obyek wisata tanah lot ini terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan Sad membangun Kahyangan tersebut pada abad ke-16. sama seperti pura-pura yang lain. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan. sekitar 13 km barat Tabanan. TANAH LOT 'Tanah Lot' merupakan salah satu objek wisata di Bali. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Budha Cemeng Langkir. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini. iri karena mulai dan pengikutnya meninggalkannya mengikuti Danghyang Nirartha. beliau Lot. Pembahasan 1. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satu lagi terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pada saat itu penguasa Bendesa terhadap para Tanah Beraben.BAB II HASIL PEMBAHASAN A. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. orang yang sembahyang akan ramai bersembahyang di Pura Ini . Saat itu.

Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Kini tiap musim liburan atau ngga. Kuta terletak di Kabupaten Daerah ini Badung. merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara. membuat penasaran Kenapa orang akan namanya pemiliknya. Letaknya sangat strategis dekat dengan pusat keramaian Kuta. yang di Bali dan lucu. PANTAI KUTA Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar. Tshirt memang yang berisi diproduksi Joger kata-kata nakal yang dan menjadi maknanya. Bali. belakang Supernova.3. hanya kadang-kadang masalahnya parkir mobil yang susah. Berarti ada yang belum lengkap dengan jalan-jalan anda di Bali. Ya. ndonesia. Pantai Kuta merupakan salah satu cikal bakal perkembangan pariwisata Bali. Theodorus cukup lama tinggal pernah berprofesi sebagai tour guide ini. Joger : pabrik kata-kata. dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. . Modal untuk memulai usaha ini didapat dari hadiah pernikahan Bapak Joseph di tahun 1981 dari Bapak Gerard. nama Joger diambil dari gabungan namanya sendiri dan sahabatnya “Gerard”. Joger kini telah menjadi pilihan banyak wisatawan lokal yang sedang berlibur di pulau cantik ini. JOGER Kalau anda sudah pernah ke Bali. toko T-shirt yang satu ini selalu ramai dan bikin macet kawasan jalan Raya Kuta. Tidak salah memang banyak orang menyebutnya begitu. “nyeleneh”. apalagi jika sedang musim liburan 4. tapi belum pernah ke tempat yang terkenal ini. Joger? Menurut Joseph Wulianadi.

Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta. Ocean Beach Club. PASAR SUKAWATI Sukawati adalah sebuah kecamatan di Kab. restoran. Mads Longe seorang pedagang Denmark abad ke 19. pasar. spa dan pendukung pariwisata lainnya banyak terdapat di sini.Selama tinggal di Bali dia sering menjadi perantara antara RajaRaja Bali dan Belanda. Sekarang kawasan Kuta telah berkembang menjadi ikon pariwisata Bali atau lebih dikenal dengan sebutan International city karena merupakan tempat bertemunya wisatawan dari seluruh dunia dan juga wisatawan lokal. sehingga Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. 300 tahun yang lalu telah dibangun sebuah konco di pinggir "Tukad Mati" dimana sungai tersebut. kantor polisi. Tidak salah ribuan wisatawan selalu memadati pantai ini. Perahu masuk ke pedalaman Kuta. sekarang telah berubah menjadi kota kecil lengkap dengan kantor pos. Pantai Kuta merupakan tempat wisata yang banyak dipilih untuk menghabiskan liburan selama di Kuta. mulai penduduk lokal rumah menyewakan pribadi untuk disewakan sebagai tempat penginapan. Kamasutra. mendirikan markas dagangnya di pinggir sungai tersebut. 5. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing). warga asli Sukawati mahir pembuat topeng khususnya topeng barong dan rangda serta perajin wayang kulit. photo centre dan lain-lain. Di Kuta terdapat banyak pertokoan. Tapi ketenarannya kalah oleh hebohnya pasar seni yg ada disana yaitu Pasar Sukawati. adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta. Kuburan Mads Longe terletak di sebelah konco di pinggir sungai tersebut. apotik. Sebenarnya. terutama bagi peselancar pemula. Selain keindahan pantainya. Pasar ini terletak sekitar 30km arah timur Denpasar . dahulu dapat dilayari. Pantai dengan pasir putih ini dipilih sebagai tempat olahraga surfing dan juga sangat cocok untuk tempat bersantai sambil menantikan indahnya sunset pantai Kuta.Gianyar. Mads Longe meninggal secara misterius. Dahulu Kuta adalah sebuah desa nelayan yang sunyi. Dilihat dari segi fasilitas Kuta memiliki fasilitas yang lengkap. Sukawati juga nama desa.Dulunya tempat ini merupakan perkampungan nelayan Bali dan seiring berkembangnya pariwisata Indonesia dan Bali khususnya. Penginapan atau hotel. Rosovivo.

CAHAYU Cahayu adalah pusat / central oleh-oleh makanan khas Bali yang didirikan oleh seorang anak desa terpencil di bawah lereng gunung di daerah Jateng (Jawa Tengah). lukisan. Dan dengan keuletannya beliau (Robani) ini hingga berdirilah sebuah Perusahaan dan Central Oleh-oleh yang cukup megah di lintasan pariwisata (di daerah Pasar Seni Sukawati). kaos. Apalagi lukisannya. pasar seni ada di kiri jalan dan pasar tradisional ada dikanan jalan. atau jahitannya jelek dan lepas. lebih baik cari disekitar Kuta untuk kaos-kaos. Cahayu membantu memasarkan produk dari pengrajin kecil sehingga mereka dapat hidup dengan layak. jangan sampai ukurannya kekecilan dan tidak sesuai dengan yg terjahit dilabel. Mie ayam / Bakso / Jamu dll. Bila perlu coba langsung disana.(40 menit drive dari Kuta). Tujuan itu sendiri dengan membuka usaha Pusat / Central Oleh-oleh Khas Bali ini khusus untuk melayani wisatawan Nusantara maupun mancanegara yang berkunjung ke bali. Dengan bergulirnya waktu Robani banyak mencoba berbagai pekerjaan dan usaha dari jualan Sayur mayur. dipinggir jalan raya Sukawati. Dan pada akhirnya Cahayu berdiri pada tanggal 27 September 2002. Dengan keberhasilan inilah Robani membawa dampak positif. dengan menggunakan gerobak hingga pada akhirnya memutuskan untuk menjual kacang goreng (yang pada saat ini lebih sering dikenal dengan sebutan Kacang Asin Bali). Disini ratusan pedagang seni berkumpul menjajakan barang2 seni. Lebih baik cari lukisan di Batuan/Ubud. mulai dari patung kayu. serta menambah Income daerah maupun Negara. celana pendek. Motifnya yang unik dan khas Bali. daster. Perjalanan sebuah kehidupan yang pernah seorang Robani jalani. disamping itu beliau sekaligus membantu pemerintah untuk ikut serta mengurangi pengangguran dan mengembangkan industri pariwisata. sandal. Jika dari arah Denpasar. Harus dicek dengan benar kondisinya. karena Kuta adalah pusatnya mode. kualitasnya agak dibawah. Dengan tekad melangkah untuk meninggalkan kampung halaman di awal tahun 90-an dengan mencoba mengadu nasib yang pada awalnya untuk mencari pekerjaan di pulau Bali. dll. Jika dipakai sendiri. atau celana pantai. 6. mode dan design yg ada di Sukawati kalah dibandingkan dengan Kuta. . Jadilah seorang Pembantu Rumah Tangga (PRT) dan pada malam harinya juga beraktifitas di sebuah rumah sakit menjadi penjaga (Waker). tas. Secara umum. Bagi pecinta belanja di sini adalah surganya wisata belanja di Bali Belanja murah di Sukawati juga harus tetap memperhatikan kualitas barang. karena ia telah menopang kehidupan ekonomi para pengrajin kecil yang hasilnya tidak bisa dipasarkan. kualitasnya jauh.

Namun. Pada zaman penjajahan. Biasanya. yang dijajakan para pengasong. bisa duduk di tepi sambil berlama-lama restoran danau di melepas pandangan jauh ke tengah danau. ruang keluarga. tak boleh dilewatkan. enggan atau Anda Jika berperahu memancing. yakni objek wisata petualangan Treetop. kebun raya ini juga ditumbuhi ribuan jenis anggrek. wisatawan yang datang dan menginap di Bedugul adalah wisatawan 'berkelas'. Dibanding kawasan wisata lain di Bali. . Ada yang dipakai sendiri. dan Buyan. Ingin menginap dengan tarif Rp 40 ribu per malam? Tak sulit mendapatkannya di Bedugul. Selain mengoleksi aneka tanaman konservasi. jika menginginkan penginapan yang lebih bergengsi. silakan cicipi satai dan gulai kelinci. Tak heran. Bedugul berhawa sejuk. Bedugul memang beda. Bahkan. Kini. masyarakat lokal pun membangun tempattempat peristirahatan di sana. Ada Danau Beratan. Harga makanan dan tarif penginapan relatif murah. BEDUGUL Hawa yang sejuk dan suasana yang tenang membuat orang betah berlama-lama di Bedugul. Wisatawan juga bisa sepuasnya menikmati keindahan sembari danau berperahu keliling danau atau memancing. yang dikenal sebagai kawasan penghasil dan pemasok sayur-sayuran untuk Denpasar. bisa menjadi teman setia. ada pula yang disewakan. Kawasan wisata yang berada di Kecamatan Baturiti. ruang tamu. dan dapur dengan tarif Rp 300 ribu per malam. Hawa yang sejuk dan suasana yang tenang membuat orang betah berlama-lama di sana. Jagung rebus. banyak orang Belanda yang membangun pesanggrahan di sana dengan view menghadap danau. Anda yang suka menikmati dan mengamati tanaman. Bedugul juga memiliki tiga buah danau yang luar biasa indah. tersedia pula sarananya di sini. Dan untuk urusan perut. Tak hanya suasana pegunungan yang sejuk. kawasan ini sejak lama dikenal sebagai tempat peristirahatan.7. Anda yang ingin memacu adrenalin. Anda bisa memilih sebuah vila berisi dua kamar tidur.250 meter di atas permukaan laut. Bedugul bukanlah kawasan wisata yang mahal. Jagung hangat yang masih mengepul itu bisa Anda beli dengan 'uang kecil' Rp 700 per biji. Tamblingan. Mereka tinggal di sini agak lama untuk menikmati ketenangan. Kabupaten Tabanan ini memiliki banyak hal menarik yang layak Anda nikmati. Terhampar di ketinggian 1. Kebun Raya Bedugul.

Padahal. Pantai Nyangnyang dan Pantai Suluban. mereka lebih memilih tinggal di Denpasar ketimbang Bedugul. lewatkan Jangan juga untuk mengunjungi tempat wisata di sekitar tempat ini seperti Pura GWK.Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta. mestinya Bedugul menjadi alternatif mereka untuk menginap. PANTAI DREAMLAND Pantai Dreamland di kawasan Ungasan. Itu pun hanya sebagian kecil saja yang menginap. Belum lagi jika mengingat tarif penginapan dan harga makanan yang lebih murah. 8.'' kata Wenni S Lestari. umumnya tidak mendapat informasi lengkap mengenai kawasan wisata ini. tetapi hingga kini belum banyak yang memanfaatkannya. wisatawan asing yang datang ke sini tak lebih dari 20 persen dari total jumlah wisatawan yang datang ke Bali. Lokasi berpasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekedar menyaksikan atraksi para peselancar. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulangtinggi. Alhasil. ''Kami menyediakan penginapan dan disewakan untuk wisatawan. Bagi penggila olahraga surfing. Dreamland sendiri hampir mirip dengan pantai Kutabahkan mungkin keindahan pantainya lebih indah disbanding dengan Pantai Kuta. tempat ini merupakan tempat favorit. petugas Humas Kebun Raya Eka Karya Bedugul. mestinya bisa menyerap wisatawan secara maksimal. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. . Pantai Dreamland merupakan sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. jika melihat jarak tempuh yang hanya 45 km dari Denpasar.dan dikelilingi batu karang yang lumayan besar di sekitar pantai.Kawasan wisata sebaik Bedugul. Uluwatu. Sementara wisatawan domestik. Pecatu terkenal akan pantainya yang indah dan ombaknya yang menantang. Namun faktanya.

Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran. Badung. Pura Uluwatu terletak pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Pura pesanakan itu yaitu Pura Bajurit. yaitu pura yang erat kaitannya dengan pura induk. Pura Bajurit. terutama pada hari-hari piodalan-nya. Pura ini juga dipakai untuk memuja pendeta suci berikutnya. ULUWATU Uluwatu yang terletak di ujung selatan pulau Bali menampilkan keindahan pura Uluwatu yang berdiri kokoh di ujung tebing menghadap ke samudra hindia. Pura Dalem Selonding dan Pura Dalem Pangleburan. Pura ini pada mulanya digunakan menjadi tempat seorang memuja pendeta suci dari abad ke-11 bernama Kuturan. Manifestasi Tuhan yang dipuja di Pura Uluwatu adalah Dewa Rudra. Masing-masing pura ini mempunyai kaitan erat dengan Pura Uluwatu. yang datang ke Bali di akhir tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan Moksah atau Ngeluhur di tempat ini. yaitu Dang Hyang Nirartha. Pura Pererepan dan Pura Kulat jatuh pada Selasa Kliwon Wuku Medangsia setiap 210 hari. Piodalan di Pura Uluwatu. berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan pura yang berada di wilayah Desa Pecatu. Pura Kulat. Kata inilah yang menjadi asal nama Pura Luhur Uluwatu. Pura Pererepan. Pura Uluwatu mempunyai beberapa pura pesanakan.Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing). Pura yang terletak di ujung barat daya pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin. Kecamatan Kuta. bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali 9. . Empu Ia menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya.

bahkan even internasional seringkali diadakan di sini.Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar. Ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat selancar selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik. .

pemasukan terhadap pendapatan daerah dan devisa negara adalah sumbangan penting yang dapat diberikan oleh bidang pariwisata budaya untuk peradaban Indonesia yang lebih baik di masa mendatang. yang tentunya akan sangat berguna untuk devisa Negara Indonesia. Kita harus bisa mejaga serta melestarikan kebudayaan di Negara kita. yang pada akhirnya dapat bermanfaat bagi negara. baik itu multiinsuler. 3. dan mungkin mampu menggali potensi alam yang ada sebagai tujuan wisata. Indonesia adalah negara yang kaya raya dengan sumber daya alam dan sumber daya budaya yang melimpah. multibudaya. Saran Melalui makalah ini kami menyarankan: 1. Bangsa kita merupakan bangsa yang serba multi. inovasi dan kreativitas budaya. Kesimpulan Dari data hasil pengamatan di atas dapat disimpulkan bahwa: 1. B.BAB III PENUTUP A. Kebudayaan dan tempat-tempat pariwisata di Pulau Bali dapat dijadikan ciri khas tersendiri bagi Negara Indonesia. Bila pembangunan pariwisata budaya ini dapat segera dilakukan dengan terarah dan berkesinambungan di seluruh daerah di Indonesia. maka kelestarian budaya. pembaca diharapkan tergugah hatinya dan semangatnya untuk menjaga serta melestarikan alam Indonesia. Kesemuanya itu bila dikelola dengan baik dapat dijadikan sebagai potensi untuk memakmurkan rakyat dan memajukan bangsa kita. maupun multiagama. kerukunan antarbudaya. lapangan pekerjaan. seperti kebudayaan di Pulau Bali contohnya. Pulau Bali merupakan pulau pariwisata yang tidak pernah sepi wisatawan dari mancanegera. . multibahasa. 2. Pulau Bali adalah salah satu pulau yang memiliki beraneka ragam budaya dan panorama alam yang menarik bagi semua pengunjungnya. Setelah membaca karya tulis ini.

Catatan singkat saat melihat langsung dari objek wisata.google.DAFTAR PUSTAKA Sumber teks : www.com Keterangan langsung dari pemandu wisata. Contoh Makalah Bali .

.9.: 202.3..39.-:.3.  .805:.3 .5:7/03.8. / 83.9./ 0/::  .3.8.3  3/.9:79  .9025.47.3 0- -07038  3/.3.-8.3903.8 20305: 9: -8.8:9 203/.843 -8..3 5033.5 8..947././. 07.8.3 8.33.8.3. . /:/: -07. /. -07507..9 %.3 / .3:.8..3 90780/. .3903. 80-.84 8.3 80: /...9 507897..7. 8.3 /03.9.509:.3.3..: 202. 2029.2.7 -.3 :.2%..9507897... .  0/:: 202.37.3.8.3 :39: :7:8.9.3/ 8.3.2032. .3 %. 803/7  . -0 /03./.3:..3 . -40 /0. ./.. .3.32. ./902..2:  7:..2.. /9:2-: 7-:.3/.. / 0/::  .3.50:3:3.3.203.9.:  3  2.83.3/3 ./.3 /.9.9.90903.3 9.3 8. ..203.503.3 2.: .7..2:3  .: 802-.3 .3  0-:3 #.7 9/:7  7:.3.3.3 :.7.. 202 80-:. 8.3/.3.3 .2....3 33202.9.3 2.2./..3 .3 203408 .7.3:3 9025. 3 :.2.3380.8. 9.3 8.3 2033. /.  .3 0:.: 07.71 5033..: ./703.3 3 202-.3 .:7.99.3-09.7 -07507..9.3.3/.: .3. .3 502.9. 708947.8:....8.3 /..9 4.2.2.9 9025.: / / 905 8.  /..38:.8 5..3/. /. .9..71#5 7-:5072.3.5:.370  .3 8. 80:  %.3 /.:7 8. 332033.7 / 093.947.9. 0/::  9.-:5.71#5 7-:5072.39..3 -. 2.5 / 0/:: .3.3.3 038 . .3/.5.:3 .2  .3. -8.3 :.  #5   507 -  0/:: -:..9.5 /.2032.9./8..5/03. .. 03. ../03.30.3 507:9  8.8 /.3 3/.8  070.3.3  -.2-3.3 .3.3 -07.8.: . 3/.2.-.3 . -078 /:.3.:0903.3203..3 /.3.3 /5.2- 2005.380: 0/:: :.3 0.-07.:370-:8 .3.3 %700945  .34-08.3202-:. 5:..30..380:/.3 :39: 035.: 03 /.3.5.3:3508..370..3 /.2.3.3 -070.7..3202-.3-09.-07.8..3503. /03.8.3  $0.3 809.3  3/.  .8  0-:3 7.2..38:.2..3.3 43807.3 8:.35.7. / 0.3 /80.3 -0/.9. .9 03/.. 20333.3 .9.0 203.25.3202-:.  %07.9 .903 %.3.  && .:9  0/:: -07. 3/.8. 5:3 202-.9.3  .5../83 .3 503.7  .3.2.3 9.9..912:7. 93.. .8.:39:2032. -8.3 / 8.2.9/.:.3    20907 / ./.3  03.2.3 /.8 5072:.3  !.80-.

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

3.843.. .3.!:7.3 / 83  2-..9. .780. 203.3..39.38073.4.980.9 ./.303/./ 90703.9:39:4..380-. /.9025.39025...30. 3 90703.3202.9 / -.7 -.39                                  ... . 5.. !0.703. 5.39.2./.9: :.7.3..9:. 8073./:3. 905.2.4 :39: /.03 39073..2./. &:..80..3..

 20.3 8:2-07 /.3 .3 907.503:3:33.3 / 0.8.3 70.9./.3/. 7.72.3 /.3 50393 .3 .3 .9 8007.. .. 3 /..7.31. 202-. 30.8..3 8:2-07 /.. 9. /. .  ./.7.7..  .7.9 /.3/80:7:/.9.78..3-.3/4308..3.3. 9::.38.3 8. /.9..9./. /03..3.     $.3          .  2.8907803/7-.. :39: 203.35.8:.2-:3./.07.78. .5. .5..3-..3007. .7. /04.9:2:9 38:07  2:9-:/.3.9..3 0. 9: -. 8079.7.3 7. .  07::3.3. -:/..9.207:5.    9.2203.. ./.7-:/. .7.: .9...7.  /.9.3-07083..9 /-07.5. :39: /0.8/.:5:3 2:9.43943.3/.38.9 9025.9...9./..9-07:3. :39: 507. 30.9/825:.3 -.2..5 503/. -:/.   !:.207:5.5.7-.8.8.5..5073.:.30.  2:9-.78.3 /. 80-.3807-. -:/./.9-.  .8 -:/.7:8 -8..7.3203.39/..9 5.9..3. / !:. 549038 :39: 202.3 5./3/4308.9.. !:./.2 3/4308../.  805079 0-:/.3 907:. 502-./.7..0.  34.2-:/.  0802:.3 ./2.. /.3 5.38.3  502.9..7. 0..8.2:7.9 -072.347..9/. /.:. .7.8..3   $090.9.:.3 2:33 2.2..9:5:.9.802:.93.5.203/.7.    3/4308.30--.8058. 549038 .-.3 40 -/.3-. !&%&!    0825:.2.8503. 20089.:2.3202-07. 3/4308.. 9:8 3  502-.78. .3 -:/..3/03. 8:2-..5.3 202./. 8079..3 /.2 /. /.3 0-:/.7/.5.2 ..2:9 -.3 /0..07.3 ./. 0089.33/4308.30..:.39.3 80-.25: 203.3 802./.:5.73.3.3.7.3907.: .3:3.... . 20089..3 9025.. /03. ...38..  2.:.3 5.3. .3 / !:..2.8 /.7.7.93.3 5007..32025.5.39039:3.   0-:/...35:.9 /..

9.38:3/.  4394.  ..38:3/.9.9.%#!&$% $:2-07908  440 . .9.74-08.3.383.42 0907..98.3..3/:8.7502.920..9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times