SEMANGAT AHMAD FUADI MEMOTIVASI PELAJAR DALAM MERAIH CITA-CITA

Oleh : Cecilia Ratna Puspita Sari Ghaisa Marin Indira Setyowati Rosdiana Diah Paramita Shabrina Nanggala

Sekolah Menengah Atas Negeri 39 Jakarta Jl. R. A. Fadillah, Cijantung, Jakarta Timur

Tidak semua hal dapat dideskripsikan dengan sempurna dalam karya tulis ini. Penulis berharap pembaca mendapatkan tambahan pengetahuan dan inspirasi melalui karya tulis ini. Di mana penulis juga memiliki keterbatasan kemampuan. Tidak lupa pula penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada bu Nina selaku guru mata pelajaran bahasa Indonesia atas motivasi dan dorongannya sehinnga akhirnya karya tulis ini dapat terselesaikan. yang telah menganugerahkan berkat dan karunia-Nya. penulis mengalami kesulitan-kesulitan. namun berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Penulis mengakui bahwa penulis adalah manusia yang mempunyai keterbatasan dalam berbagai hal. Oleh karena itu tidak ada hal yang dapat diselesaikan dengan sangat sempurna. sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan tema “Semangat Ahmad Fuadi Memotivasi Pelajar Dalam Meraih Cita-cita”.Kata Pengantar Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Begitu pula dengan karya tulis ini yang telah penulis selesaikan. Penulis melakukannya semaksimal mungkin dengan kemampuan yang penulis miliki. Adapun tema yang penulis bahas ditujukan kepada semua pembaca sebagai tambahan wawasan. akhirnya dapat terselesaikan juga. Maka dari itu seperti yang telah dijelaskan bahwa penulis memiliki . Dalam menyusun karya tulis ini.

Penulis akan menerima semua kritik dan saran tersebut sebagai batu loncatan yang dapat memperbaiki karya tulis penulis di masa datang. Jakarta. penulis bersedia menerima kritik dan saran dari pembaca yang budiman. Dengan menyelesaikan karya tulis ini penulis mengharapkan banyak manfaat yang dapat dipetik dan diambil dari karya ini. Sehingga semoga karya tulis berikutnya dan karya tulis lain dapat diselesaikan dengan hasil yang lebih baik. Juli 2011 .keterbatasan dan juga kekurangan.

Rumusan Masalah c. Metode Penelitian II Pembahasan III Penutup a. Saran . Latar Belakang b. Tujuan Penelitian d.Daftar Isi I Pendahuluan a. Kesimpulan b.

untuk tetap mengobarkan semangat dalam meraih cita-cita.BAB I PENDAHULUAN A. Tapi tak dapat dipungkiri. Ahmad Fuadi melalui karyanya yang penuh semangat dalam meraih impian dan citanya mencoba mengajak kita. Apabila prestasi belajar pelajar menurun. memang cukup sulit membangun semangat di dalam diri sendiri. para pelajar. Tanpa semangat. bahkan mati. Permasalahan tersebut mempengaruhi minat belajar pelajar. karena berbagai permasalahan yang ada akhir-akhir ini. Cita-cita atau tujuan hidup ini bisa diraih jika kita memiliki semangat yang kuat dalam diri kita. dimana bila cita-cita tersebut dapat dicapai. kesempatan dalam meraih cita-cita pun akan semakin sulit untuk diraih. . Latar Belakang Cita-cita merupakan angan-angan yang ada di imajinasi seorang individu. Sehingga niat dalam hati pun berkurang dan dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar. sulit sekali kita menggapai apa yang kita cita-citakan. B. banyak pelajar yang semangatnya dalam meraih cita redup. Rumusan Masalah Rumusan masalah dalam karya tulis ini adalah bagaimana kita bisa termotivasi dalam meraih cita-cita melalui karya Ahmad Fuadi. akan memberikan suatu kemungkinan tersendiri pada individu tersebut. Dewasa ini.

D. Tujuan Penelitian Tujuan dibuatnya karya ilmiah ini untuk mengetahui pengaruh karya Ahmad Fuadi terhadap motivasi dalam meraih cita-cita pelajar. Metode Penelitian Penulis menggunakan metode observasi dan kepustakaan. . Cara-cara yang digunakan pada pengerjaan karya tulis ini adalah studi pustaka.C.

BAB II PEMBAHASAN Pelajar sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya memiliki semangat dalam meraih cita-cita demi masa depannya. atau pun guru pupus seketika. Anak-anak itu pun tidak lagi percaya pada cita-cita. polisi. Dengan memiliki cita-cita berarti kita juga berpartisipasi dalam memajukan bangsa dan negara kita di masa yang akan datang. Walaupun permasalahan datang bertubi-tubi. kenaikan harga yang saat ini terjadi di Indonesia. Orang yang bersemangat dalam meraih cita-cita tidak akan goyah dengan badai yang menerpa. Kobaran api semangat mereka mati. Semangat adalah kunci utama dalam meraih cita-cita. cita-cita si anak untuk menjadi seorang dokter. Tapi yang terlihat sekarang adalah banyak generasi penerus bangsa yang tidak memiliki semangat untuk meraih cita-cita. kesempatan dalam meraih cita-cita pun masih ada. Karena mereka selalu punya jalan untuk meredakan badai tersebut. Redup bahkan matinya semangat tersebut dikarenakan pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Dan secara otomatis. tetapi bila dalam hati kita masih ada percikan semangat. pilot. Kenaikan harga itu mengakibatkan biaya kebutuhan pokok rumah tangga naik. sehingga orang tua tidak mampu mencukupi biaya yang diperlukan oleh anak-anaknya untuk menuntut ilmu. . Contoh.

ia mengadu untung di UMPTN. tetapi karena paksaan orang tuanya ia harus masuk ke Pondok Modern Darussalam Gontor. Kanada (1995-1996).Ahmad Fuadi adalah seorang pelajar biasa yang juga sudah nyaris kehilangan semangatnya. Setahun kemudian. dia mendapat beasiswa Fulbright untuk program S-2 di School of Media and Public Affairs. Ahmad . Tahun 2004. Lulus kuliah. Ia kembali percaya dengan cita-cita. Kini. Semasa kuliah. ia mendapatkan beasiswa Chevening untuk belajar di Royal Holloway. ia menjadi koresponden TEMPO dan wartawan VOA. di tempat itulah semangatnya kembali dikobarkan. Ia diterima di jurusan Hubungan Internasional. George Washington University (2001). Di ujung masa kuliah di Bandung. Tetapi ternyata. Fuadi mendapat kesempatan kuliah satu semester di National University of Singapore dalam program SIF Fellowship (1997). Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung dan lulus 1997. Sambil kuliah. Setelah lulus tahun 1992. Ahmad Fuadi pernah mewakili Indonesia ketika mengikuti program Youth Exchange Program di Quebec. White House dan Capitol Hill. University of London untuk bidang film dokumenter. Berita bersejarah seperti peristiwa 11 September dilaporkan langsung dari Pentagon. Tempo menerimanya sebagai wartawan (1998). Kelas jurnalistik pertamanya dijalani dalam tugas-tugas reportasenya di bawah para wartawan kawakan Indonesia. dan awalnya ia menuntut ilmu dengan keterpaksaan. Sebenarnya ia ingin sekali masuk ke sekolah menengah atas seperti teman-temannya.

Buku-buku ini berniat merayakan sebuah pengalaman menikmati atmosfir pendidikan yang sangat inspiratif dan penuh semangat. Award (2000-2001). dan Arab serta pernah menerima penghargaan (award) antara lain: Indonesian Cultural Foundation Inc.Fuadi menjadi Direktur Komunikasi di sebuah NGO konservasi: The Nature Conservancy (2007-sekarang). Sehingga hati kta menjadi teguh pada apa yang telah kita yakini dan kita impikan. Ahmad Fuadi menguasai bahasa Inggris. ”Negeri 5 Menara” adalah buku pertamanya dari rencana trilogi. The Goerge Washington University (2000-2001). Semangat akan menancapkan akar ketekunan dan kepercayaan serta keyakinan dalam hati kita. . Columbus School of Arts and Sciences Award. dan The Ford Foundation Award (19992000). Perancis. Dalam bukunya Ahmad Fuadi menunjukkan bahwa tak ada yang tak mungkin. Cita-cita setinggi apapun pasti bisa diraih namun kita harus memiliki semangat untuk meraihnya. Perjalanan hidupnya dalam mengobarkan semangat untuk meraih cita-cita setinggi langit dicatat dalam bukunya.

Bila prestasi belajar menurun. Ahmad Fuadi melalui karyanya menyadarkan bahwa kita harus memiliki semangat. Saran Sebagai generasi penerus bangsa. kesempatan meraih cita-cita semain kecil.BAB III PENUTUP a. yang . Kehilangan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar. b. Kesimpulan Sebagian besar pelajar masih tidak memiliki semangat dalam meraih citacita. karena semangat membawa kita semakin dekat kepada cita-cita. pelajar harus memiliki semangat yang berkobar hebat untuk meraih cita-cita demi kemajuan dan kesuksesan bangsa di masa yang akan datang. Padahal kehilangan semangat berarti kehilangan motivasi belajar.

26 Juli 2011 Ade Senjaya (2011).com/2010/05/17/ahmad-fuadi-penulisnegeri-5-menara-penerima-8-beasiswa/. Penerima 8 Beasiswa. From http://indonesiaproud. Motivasi Belajar Siswa.blogspot. 26 Juli 2011 . Ahmad Fuadi: Penulis Negeri 5 Menara. From: http://aadesanjaya.html.com/2011/05/motivasi-belajar-siswa.Daftar Pustaka Indonesiaproud (2010).wordpress.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful