P. 1
PENGERTIAN SEKULARISME

PENGERTIAN SEKULARISME

|Views: 2,079|Likes:
Published by bukukun

More info:

Published by: bukukun on Sep 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN SEKULARISME

Menurut Ensiklopedi Britania, menyebutkan bahwa “sekularisme” adalah sebuah gerakan kemasyarakatan yang bertujuan memalingkan dari kehidupan akhirat dengan semata-mata berorientasi kepada dunia. Gerakan ini dilancarkan karena pada abad-abad pertengahan, orang sengat cenderung kepada Allah dan hari akhirat dan menjauhi dunia. Sekularisme tampil untuk menghadapinya dan untuk mengusung kecendrungan manusiayang pada abad kebangkitan, orang menampakkan ketergantungan yang besar terhadap aktualisasi kebudayaan dan kemanusiaan dan kemungkinan terealisasinya ambisi mereka terhadap dunia. Lalu orientasi kepada sekularisme yang merupakan gerakan perlawan terhadap agama dan ajaran Masehi terus berlanjut di celah-celah sejarah modern seluruhnya. Di Kamus Dunia Baru oleh Wipster merinci makna Sekularisme dengan menyebutkan sebagai berikut, Yaitu: Semangat Keduniaan atau orientasi “duniawi” dan sejenisnya. Secara khusus adalah undangundang dari sekumpulan prinsip dan prakterk (practices) yang menolak setiap bentuk keimanan dan ibadah. Keyakinan bahwa agama dan urusan-urusan gereja tidak ada hubungannya sama sekali dengan soal-soal pemerintahan, terutama soal pendidikan umum. Di Kamus Oxford menyebutkan sebagai berikut, Sekularisme artinya bersifat keduniaan atau materialisme, bukan keagamaan atau keruhaniaan. Seperti pendidikan sekuler, seni atau musik sekuler pemerintahan sekuler, pemerintahanyang bertentangan dengan gereja. Sekularisme adalah pendapat yang mengatakan bahwa agama tidak layak menjadi fondasi ahlak dan pendidikan. Sementara di Kamus Internasional Modern ketiga menyebutkan: Sekularisme ialah suatu pandangan dalam hidup atau dalam satu masalah yang berprinsip bahwa agama atau hal-hal yang bernuansa agama tidak boleh masuk ke dalam pemerintahan, atau pertimbangan-pertimbangan keagamaan harus dijauhkan darinya. Maksudnya adalah: Politik sekuler murni dalam pemerintahan, misalnyayang terpisah sama sekali dari agama. Sekularisme juga adalah undang-undang akhlak sosial yang berlandaskan pemikiran yang mewajibkan ditegakkannya nilai-nilai prilaku dan moral menurut kehidupan modern dan solidaritas sosial tanpa memangdang kepada agama. Adapun seorang orientalis bernama Arberriy dalam bukunya, Ad-Dien fi Asy-Syarqi Al-Awsath, mengatakan berkenaan dengan sekularisme sebagai berikut, Materialisme sekuler dan humanistik serta aliran naturalisme semuanya merupakan bentuk dari sekularisme sebagai ciri khas Eropa dan Amerika yang fenomenanya tampak di Timur tengah. Ia tidak membuat satu model pun dalam filsafat atau etika tertentu? Contoh utamanya adalah pemisahanagama dari pemerintahan pada Republik Turki. Kesimpulan Sekularisme ialah memisahkan agama dari kehidupan individu atau sosial dalam artian agama tidak boleh ikut berperan dalam pendidikan, kebudayaan maupun dalam hukum.
1

politik. Ukraina dll. Jamaluddin Al-Afghoni. Tokoh-tokoh motor dalam konteks ini antara lain. reform Judaism. juga di Italia. ekonomi. Allah tidak boleh ikut mengatur mereka seakan-akan tuhan mereka adalah diri mereka sendiri. Khasidic jewry yaitu group jews yang memertahankan traditional culture seperti jenggot panjang. George Fox. Baruch Spinoza of the Netherland (1632 – 1677). Spinoza mengajarkan sikap skeptis kepada “Tanach” (Torah Nevi’im u Ktuvim). nabi komunis. Spinoza. orthodox Judaism. 2 . judeokomunism. dan realisasi indrawinya antara lain wujud kebudayaan. agama. Moses Mendelsson di Jerman. Syeh Muhammad Rasyid Ridlo. John Lock. yang berembrio dari revolusi pemikiran seorang akademisi Yahudi. seperti yang di Hungaria. Sementara di eastern part of Europe dan Russia dimana terdapat mayoritas Yahudi di dunia pada saat itu adalah umatnya nabi Spinoza. kemudian dikembangkan oleh tokoh Modern Orthodox Jew. Muhammad Abduh. kemanusiaan. Romania Polandia. kabbalistic. berbuat sesukanya dan membuat hukum sesuai seleranya. dll -yang sebelumnya tidak ada sekte-sekte ini. Dalam konteks perkembangan sekte-sekte pada komunitas yahudi yang ada di zaman sekarang. ditambah dengan akulturasi kebudayaan pemikiran setempat di Eropa. Martin Luther King. Sephardim jewry yaitu ex jews of spain yang tinggal di daratan northen Africa seperti tunis. antara lain Askenazi Jewry Mainly di German. rambut di atas telinga tidak boleh dipotong dan kelihatan kliwir-kliwir. Tokoh yang menyebarkannya di daratan Russia. dll.adalah tidak terlepas dari hasil perhelatan transformasi pemikiran berawal di abad enam belas.Dengan kata lain: Sekularisme ialah memisahkan Allah Ta‟ala dari hukum dan undang-undang mahluk-Nya. reconstructionints. morocco. Moses Mendelsson. Maka muncullah identifikasi kolompok-kelompok. aljazair. Latar Belakang Sejarah Sekulerisme Kira-kira abad Enam belas adalah transisi antara post Middle Ages dan era liberalisasi pemikiran tentang berbagai konsep. conservative Judaism. Montesque.

3 . sampai kira-kira tahun 500 M. dan para sekuler lainnya yang itu berakibat nyata terhadap perkembangan teologi sekular di berbagai komunitas penganut agama-agama. Sedangkan Di bagian barat. tidak tegar. Selanjutnya Khalachah berkembang pesat di era talmudic oleh Amora’im Rabbis. Lantas Spinoza’s ideology seolah mendapatkan angin dari para akademisi lainnya seperti sang hypotheticiant. Di kemudian hari disebut era enlightenment atau dalam bahasa popular orang Yahudi disebut era haskalah (bahasa ibrani). Saturday prayer congregation dilaksanakan dengan bahasa Jerman yang menurut tradisinya. kemudian Khalachah berakulturasi dengan syari’ahnya orang Islam sejak abad tujuh masehi hingga terkodifikasi buahnya di kitab Misneh Torah oleh Rabi Maimonides (Musa Bin Maimun) of Spain di abad 13 yang later menjadi dokter istana di pemerintahan Jendral Sholahuddin al-Ayubi di mesir pada masa perang salib. Darwin dengan teori evolusinya. seperti orang Islam sholat berbahasa Arab. khususnya di tanah Eropa. Spinoza semangat mengajarkan ideologinya karena terinspirasi untuk mereformasi internal jewish tradition yang dianggapnya jumud (kaku). Pada prinsipnya Spinoza bermaksud membuat rekonstruksi internal teologi dikomunitas yahudi yang menurutnya sangat kondusif dengan perjuangan Jews emancipation di tengah komunitas Eropa.istilah kitab suci yahudi yaitu Perjanjian lama menurut orang Kristen. Reformasi Judaism lahir sebagai respon traditional Judaism pada ajaran Khalachah yang sudah berabad-abad. sehingga Yahudi kerap dianggap kelas nomor dua di negeri perantauan. berbahasa Ibrani. Lahirnya istilah “Emansipasi” atau ”Khalachah” (syariahnya orang yahudi) pada dasarnya telah terbangun secara evolutif melalui waktu yang berabad-abad sejak biblical era jauh sebelum masehi. Salah satu indikasinya antara lain. di kemudian hari. Khalachah ini selanjutnya dimusnahkan tradisinya oleh komunitas Yahudi komunis di bagian timur Eropa. berlanjut dengan codification era di akhir pra masehi sampai kira-kira tahun 200 M. oleh Tanna’im Rabbis. Bagi yang tidak ikut trend reform Judaism selanjutnya diidentifikasikan sebagai ortodoks.

Yahudi Eropa dan Rusia berimigrasi ke Israel.400an. penelitian. the special people of God menjadi preseden yang benar-benar menguncang konsep teologi Judaism. Conservative Judaism pun lahir. Hasilnya antara lain kampanye kultur dereligiousisasi semua institusi yang dianggap potensi mengulang sejarah pahit akibat religious fanatism. Argentina. Fenomena khomaini naik mengalahkan boneka Pahlevi di tahun 1979 dan kemenangan partai Islam di Al-Jazair benar-benar dianggap ancaman yang bisa mentrigger lahirnya 4 . “What a God. diungkit semuanya secara detail di kampus-kampus. perpustakaan-perpustakaan. Semua sekolahan di Amerika disekulerkan dari tingkat Kindergarthen (TK) sampai perguruan tinggi.Adapun bagi mereka yang tercap sebagai kaum ortodoks pun tidak merasa keberatan dan malah bangga. Antara abad 16 dan 20.Tragedi Holocaust di abad 20 yang menimpa Jews. imbasnya juga kepada blue print peta politik international. Semua yang berbau religious diseluruh dunia didevinisikan sebagai ancaman.” Semua konsep tradisional pada masa awal para Rabi Judaism dikoreksi habis-habisan. Segala sejarah masa lalu yang parallel dengan kisah Jews vs Hitler. dan negara-negara yang berada di daratan benua Amerika lainnya. lalu memisahkan diri dan membuat kubu yang menamakan diri mereka grup konservatif. Koran. Proses akulturasi bertambah luas. Pemaksaan pemindahan agama oleh misi kristenisasi di tahun 300 . Sedangkan pihak-pihak yang tergabung di reform community. demikian pula yang berasal dari Amerika Serikat. How could. Yahudi semakin manggut-manggut kepada nabi Spinoza. dari tengah-tengah mereka lahirlah cikal bakal Orthodox Judaism yang amat memertahankan tradisi. walaupun sudah kadung bersitegang dengan kamu orthodoks. the chosen people. Mosi tidak percaya. dan pada abad 12-13 di masa Gereja. seperti pengusiran Yahudi dari Spanyol oleh Kristen di tahun 1492 enam bulan setelah pengusiran umat Islam. we as the chosen people has been exterminated nor the Bad people as what Hitler’s did was a victorious. dan media lainnya. Bibit sekulerism pun muncul. namun tidak puas dengan sekularisasi di dalamnya. Sistem negara diharamkan terkait dengan urusan agama.

Mesir. Fenomena baru bermunculan. dan tanpa konsep akhirat. dan sebagainya. Noticeable event yang mengakomodasi perjuangan Emansipasi Wanita antara lain konferensi international tentang wanita diadakan di China. Lahirlah bayi “Emansipasi Wanita”. Seperti layaknya Kiai. Norwegia adalah diantara yang paling vocal memerjuangkan kebebasan seks. bangkit ikut meramaikan keruwetan dunia yang sedang berlangsung. ICPD. Rabi wanita. dimusnahkan. bertugas memimpin doa di sinagog-sinagog. konsultan masalah-malah personal umatnya. Ajaran inilah yang sampai sekarang menjadi backbone dari invasi dan hegemoni 5 . kawin lesbian dan homosexual. Di lain pihak sebagian Yahudi Amerika mendaur ulang dogma Spinoza dan menginstitusikan diri dalam sebuah agama baru Amerika. Sementara pada konteks lain berkembang di waktu yang sama ego kaum wanita yang merasa tereliminasi oleh kaum pria ketika menuliskan kembali sejarah. begitu juga dalam dunia Islam. Kebangkitan kaum perempuan pun juga ikut didengungkan. Literatur-literatur para Rabi (Rahib orang Yahudi) yang bersifat maskulin atau yang ditulis para Rabi laki-laki. Karena perempuan menurut literatur sejarah dan ajaran khalachah adalah in state of peripheral dan marginal. -dan memang tidak pernah ada rabbi perempuan dalam sejarah sebelum modern. dan ditambahi embel-embel wanita.kekuatan keagamaan di seluruh dunia. International Conference on Population and Development yang diadakan di Kairo. Sementara Muhammad Ali Jaddul Haq. sekarang istilah ini diadopsi kaum perempuan. Syaikhul Azhar Ell-Syalthout (al-marhum) tetap berkomitmen dengan Paus Paulus of Roma. agama tanpa tuhan. yaitu the Ethical Society yang cabangnya ada seluruh kota di Amerika Serikat. Den Mark. Istilah Emansipasi yang dulunya applicable untuk perjuangan pensetaraan kaum yahudi di tengah masyarakat eropa di era haskalah. para feminis Yahudi menggrupkan diri dalam sebuah sekte bernama reconstructionist Judaism. Sejalan pada era koreksi terhadap semua classical rabbinic literature yang sangat masculinist itu. di Copenhagen. dan berpusat di New York. mengoposisi sikap arogan pihak Norwegia. The Ethical Union.

Setelah dilakukan undian yang dilakukan pada hari Selasa (11/02/2004). Dukungan tersebut berasal dari partai berkuasa pimpinan Presiden Jacques Chirac dan partai pembangkang. Di dalamnya tercakup sikap objektif dalam menelaah hukum-hukum yang menguasai dunia dan alam pada umumnya. Sekularisme moderat merupakan pandangan yang mengakui keberadaan Tuhan untuk urusan-urusan yang berhubungan dengan kehidupan abadi (eternum) saja. Sekularisasi merupakan proses menuju kepada kehidupan beragama yang rasional. Kata sekularisasi berasal dari kata “saeculum” yang artinya “dunia dalam konteks waktu”. pembawa usul rang undang-undang itu. yakni: (1) sekularisme moderat dan (2) sekularisme mutlak.politik dan budaya Amerika Serikat. Di Indonesia idea tentang “sekularisasi” diperkenalkan oleh seorang tokoh pembaruan pemikirian Islam. Di sinilah timbulnya perbedaan pendapat dan kontroversi tentang sekularisasi. Kuntowijoyo menggunakan istilah objektivikasi untuk fenomena kehidupan beragama yang lebih rasional. mengapa tidak? Suatu proses yang tidak terhindarkan dan meresahkan para tokoh dan kalangan agamawan dalam proses modernisasi di bidang kehidupan beragama dan kepercayaan adalah sekularisasi. 494 anggota majelis rendah menyetujui usul rang undang-undang tersebut. sedangkan 36 anggota menolak. Selanjutnya. Untuk menghindari kontrovesi demikian ini. puncaknya adalah atheisme. Ada dua macam sekularisme. yakni Nurcholish Madjid pada tahuan 1970-an. menurut para pakar. BAHAYA SEKULARISME (Dari Pengalamam Perancis) Parlimen Perancis telah menyetujui usul rang undang-undang tentang larangan jilbab. yakni suatu faham yang mengesampingkan agama. 6 . masihkah Islam berdiam diri? Jika kita mampu membebaskan penjajahan ini dengan Islam. usul rang undang-undang ini akan diserahkan kepada majelis tertinggi parlimen (Senat) yang dikuasai oleh Parti UMP pimpinan Chirac. Sedangkan sekularisme mutlak merupakan faham yang tidak mengakui adanya Tuhan. Meskipun tidak merincikan benda-benda yang dilarang. Parti Sosialis. sekularisasi tidak sama dengan sekularisme. Sekularisasi adalah proses dan sekularisme adalah faham. yakni proses pembebasan diri dari belenggu takhayul (superstition) atau memberikan wewenang kepada ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membina dan menyelesaikan urusanurusan duniawi. Sedangkan sekularisme merupakan faham keduniawian. Bagi Nurcholish Madjid. Dari kata “saeculum” tersebut terbentuklah istilah “sekularisasi” dan “sekularisme”. Dr. sedangkan untuk urusan dunia adalah mutlak urusan manusia. (Dunia dalam konteks ruang dalam kata Latin adalah “mundus”). Lawannya “saeculum” adalah “eternum” yang artinya “keabadian”. yaitu “sekarang”. Namun demikian kenyataannya tidak dapat dihindarkan pengertian sekularisasi sebagai proses menuju atau penerapan faham sekularisme dalam kehidupan masyarakat.

Pelarangannya bukan hanya di sekolah melainkan di institusi-institusi awam dan tempat umum. dalam usul rang undang-undang tersebut dipakai kalimat umum: penggunaan pakaian atau simbol-simbol yang menunjukkan pada suatu agama adalah illegal. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa hal. dan istri-istri orang Mukmin. Bahaya Sekularisme Dasar dari keluarnya usul rang undang-undang pelarangan jilbab adalah sekularisme. Presiden Perancis Jacques Chirac mengumumkan penubuhan jawtankuasa beranggotakan 20 orang untuk menyusun usul rang undang-undang dan pada 17 Disember 2003 menyatakan sokongannya secara terbuka terhadap usul rang undang-undang yang akhirnya dipersetujui oleh 93. (QS al-Ahzab [33]: 59). Supaya tidak nampak sebagai penghinaan keatas keyakinan kaum Muslim. Jilbab dan khimar (penutup kepala hingga dada) merupakan pakaian yang diperintahan Allah SWT. pelarangan jilbab merupakan penentangan terhadap kewajiban dari Allah SWT sekaligus merupakan pencabulan terhadap hak kaum Muslim untuk menaati Penciptanya. persamaan (equality). hendaklah mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya.2% anggota parlimen tersebut. dan sorban kaum Sikh. Pada 17 Disember 2003. kecuali yang (biasa) nampak padanya. jilbab bukanlah sekadar simbol. Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada-dada mereka. bukan reaksi terhadap pemakaian tutup kepala Yahudi atau salib. anak-anak perempuanmu. dan persaudaraan 7 . Pertama. (QS an-Nur [24]: 31). salib besar. tetapi juga dapat dimaknai tutup kepala Yahudi. Sejak ayat ini turun. َّ ِ ‫يَاأَيُّهَا الٌَّبِي قُلْ ِألَزواجك وبٌََاتِك وًِساء الوؤهٌِيي يُذًِيي علَيهي هي جالَبِيبِهي‬ َ ْ ِ َّ ِ ْ َ َ ْ َ ِ ْ ُ ْ ِ َ َ َ ُّ َ َ ِ َ ْ Hai Nabi. Presiden Perancis Jacques Chirac menegaskan bahwa pelarangan tersebut didasarkan pada prinsip sekularisme (pemisahan agama dengan kehidupan bermasyarakat dan negara) yang menjamin kemerdekaan (liberty). termasuk jilbab. hendaklah mereka mengulurkan jilbab mereka ke seluruh tubuh mereka. yang boleh dilihat pada diri wanita adalah wajah dan kedua telapak tangan. Barulah pada 11 Disember 2003. dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya. penyebab disusunnya usul rang undang-undang ini merupakan reaksi terhadap meningkatnya penggunaan jilbab di kalangan umat Islam negeri tersebut yang jumlahnya mencapai lima juta orang. yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir adalah pelarangan jilbab di sekolah. Berdasarkan hal ini. Islam Sasaran Utama Usul rang undang-undang ini sebenarnya lebih ditujukan pada Islam dan umatnya. melainkan kewajiban.hal tersebut bukan hanya dimaknai sebagai jilbab dan janggut. dalam al-Quran dan as-Sunnah. Jelas sekali. katakanlah kepada istri-istrimu. Kedua. Allah SWT berfirman: ْ ِ ِ ُْ ْ ِ َ َّ ‫وقُلْ لِ ْلوؤهٌَات يَغضُضْ ي هي أَبْصارهي ويَحْ فَظي فُرُوجهُي والَ يُبذيي زيٌَتَهُي إِالَّ ها‬ َ ْ َ َّ ِ ِ َ َ َ ِ َ ِ ْ َ َّ َ ْ‫ظَهَر هٌهَا ول‬ َّ ِ ُ ‫َ ِ ْ َ يَضْ ربْي بِخورهي علًَ جيُىبِهي‬ َ َّ ِ ِ ُ ُ َ ِ  Katakanlah kepada wanita yang beriman.

8 . sementara menutup aurat lahir dari keyakinan agama. sekularisme tidak konsisten. kenyataannya tidaklah demikian. Islam mengajarkan bahwa iman dan amal harus menyatu. janggut itu lahir dari kepercayaan bahwa itu diajarkan oleh Islam (sekalipun ulama berbeda pendapat tentang hukumnya. Ini menunjukkan ketidak-seragaman sekularisme. Kedua. Menutup aurat di sekolah dan tempat-tempat awam dilarang. Hal ini memberikan penegasan bahwa usul rang undang-undang itu lahir dari sekularisme. Ketika agama itu sebatas ritual. kecuali hanya sebatas dalam masalah ritual semata. sekaligus menjelaskan hakikat dari sekularisme tersebut. Dari sini teranglah bahwa kebebasan beragama dalam sekularisme sebatas pada bebas menganut agama atau tidak menganut agama. Akan tetapi. Bukankah ini menunjukkan bahwa jargon „negara tidak mencampuri agama‟ tidak berlaku untuk menghadapi keimanan kaum Muslim? Ketiga. Akan tetapi. keyakinan harus dibuktikan dalam perbuatan. Negara. ada pula yang menyatakan sunnah). maka prinsip sekularisme pun dilanggar. ada yang menyatakan mubah. Berbeda dengan Islam. etika. membuka aurat bebas sedangkan menutupnya dilarang. ketika keyakinan agama itu dimunculkan oleh umat Islam dalam sikapnya.(fraternity). sedangkan dalam penampakkan keyakinan agama. dan sebagainya. justru dilarang. kenyataan menunjukkan bahwa penampakkan yang didasarkan pada keyakinan agama. Padahal. justru negara turut campur-tangan. jika agama yang dimaksud adalah Islam sebagai keyakinan hidup. Afganistan. Jelaslah. bahkan melalui perundang-undangan. Dengan demikian. Islam mengajarkan bahwa menutup aurat adalah wajib dan mempertontonkannya adalah haram. khususnya Islam. kebebasan yang dimaksudkan dalam sekularisme adalah kebebasan yang dasarnya bukan agama. Apalagi jika dihubungkan dengan sikap double-standard negara-negara yang mengelarkan dirinya sebagai pejuang HAM terhadap Dunia Islam seperti dalam kes Palestine. Di antara hakikat sekularisme yang nampak nyata dalam kes usul rang undang-undang tersebut antara lain: Pertama. kebebasan tidak ada. Irak. dan moral. sebaliknya membuka aurat di tempat-tempat tersebut bebas. Secara rasional. ia dibiarkan. sementara kumis atau bentuk rambut tidak? Alasannya sama. Mengapa pula janggut termasuk yang dilarang. mempamerkan atau menjajakan aurat tidak lahir dari keyakinan agama. Sekularisme juga menempatkan agama hanya sebagai urusan peribadi dalam masalah spiritual. kata mereka. Mengapa? Sebab. kes Timor Timur. kebebasan yang ada dalam sekularisme adalah kebebasan yang anti-agama. Akan tetapi. Sebaliknya. sementara kumis dan rambut tidak. tetapi tidak bebas mengimplementasikan keyakinannya itu. Salah satu yang digembargemborkan tentang HAM dalam sekularisme adalah kebebasan beragama. hak asasi manusia (HAM) juga tidak berlaku untuk Islam. Bosnia. sekularisme sesungguhnya tidak akan pernah memberikan kebebasan kepada umat Islam untuk menjalankan keyakinannya. tidak boleh mencampuri urusan agama. jika membuka aurat bebas semestinya menutupnya pun boleh. Chechnya. Lantas ketidak-seragaman pun berlaku.

bukan hanya khas bagi Perancis. jilbab adalah perintah yang diwajibkan Allah SWT. tenang. Siapapun yang mengkaji akidah sekularisme tersebut akan melihat bahwa hal tersebut bersifat umum. dan ketenteraman dalam menjalankan ketaatan secara total kepada Allah SWT hanyalah angan-angan yang sulit diwujudkan. kerana lebih banyak anggota parlimen (93. mengajarkan agar kita menjadi penjaga setiap celah-celah Islam pada posisi masing-masing. Berdasarkan kenyataan ini. sudah saatnya sistem kehidupan sekular diganti dengan sistem kehidupan Islam yang menerapkan syariat Islam. Dalam sistem sekularisme umat Islam tidak akan pernah dapat menerapkan Islam secara kaffâh. Sekularisme terbukti telah menghalangi kaum Muslim menaati Allah SWT dan menghalang setiap usaha penerapan syariat Islam secara total. termasuk terjamin 9 . Itulah sekularisme. penetapan hukum tersebut diambil dengan undian. Padahal. dan tenteram dalam ketaatan kepada Allah SWT secara total jika lingkungan dan sistem hidupnya adalah Islam. Rasulullah saw. Wahai kaum Muslim. tenteram dan semestinya di dalam air? Begitu pula kaum Muslim.2%) yang menyetujui pelarangan. Ingatlah.Keempat. mereka hanya akan hidup dengan bebas. Inilah penetapan hukum demokrasi. tenang. (QS Yusuf [12]: 40). juga memahami ketidaklayakan sekularisme sebagai dasar kehidupan. Kelalaian terhadap masalah ini menyebabkan kita berdosa di sisi Allah SWT. Wahai kaum Muslim. Dalam kes pelarangan jilbab. Hanya dengan Islamlah hidup akan bahagia di dunia dan di akhirat. pengambilan keputusan dalam sekularisme dengan sistem politik demokratisnya terbukti sering mengubahkan hukum Islam. (QS. Hanya dengan Islamlah manusia. kaum Muslim sayugianya semakin memahami bahaya sekularisme terhadap akidah umat dan kehidupannya. kebebasan. Hasilnya. Allah SWT menegaskan: ِ‫ِلل‬ َّ‫إِى الحكن إِال‬ ُْ ُ ْ ِ Keputusan (hukum) itu hanyalah kepunyaan Allah. Karena itu. Karena itu. Sebaliknya. hal ini tegas sekali. dalam aturan demokrasi. Allah Yang Maha Gagah telah berfirman: ُ ْ ِ ْ ُ ِ ْ َ ْ ُ ُّ ُ ‫والَ يَسالُىى يُقَاتِلُىًَكن حتًَّ يَردوكن عي ديٌِكن إِى استَطَاعىا‬ َ َ َ ُْ َ Mereka tidak akan henti-hentinya memerangi kalian sampai mereka dapat mengembalikan kalian dari agama kalian (pada kekufuran)—seandainya mereka sanggup. Al-Baqarah [2]: 217). Dalam keyakinan Mukmin. Akan tetapi. baik Muslim maupun non-Muslim dihargai kedudukannya. ketenangan. jika keadaannya tetap sekular seperti sekarang. hijab/jilbab yang asalnya wajib menjadi terlarang. yang telah menjadikan manusia sebagai penetap halal-haram. Ayat tersebut memberitahu kepada kita untuk memiliki kepekaan terhadap usaha yang akan membawa kita dan anak cucu kita pada kekufuran. Bukankankah ikan itu hanya akan dapat hidup dengan bebas.

kita dilarang membangun kehidupan ini di atas selainnya. Menurut Spears : Learning is to observe. Hudgins Cs. wich persists over a period time. and wich is not simply ascribable to process of growth . diperintahkan oleh Allah SWT untuk membangun kehidupan ini atas dasar Islam dan ketakwaan. Jung . to imited. (1982) berpendapatHakekat belajar secara tradisional belajar dapat didefinisikan sebagai suatu perubahan dalam tingkah laku. bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalam diri dan keduanya saling berinteraksi.D. lalu bangunannya itu jatuh bersama-sama dengannya ke dalam neraka Jahannam? (QS at-Taubah [9]: 109). Gagne berkeyakinan. to listen. bukan hanya disebabkan oleh proses pertumbuhan saja. Gagne dalam bukunya : The Conditioning of learning mengemukakan bahwa : Learning is a change in human disposition or capacity. kaum Muslim. pengalaman dapat diperoleh dengan menggunakan panca indra. to try something themselves. to read. yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. belajar dapat dilakukan secara baik dengan jalan mengalami. ataukah orang-orang yang mendirikan bangunannya di tepi jurang yang runtuh. Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus. M. (1968) mendefinisikan bahwa belajar adalah suatu proses dimana tingkah laku dari suatu organisme dimodifikasi oleh pengalaman. Dalam teori psikologi konsep belajar Gagne ini dinamakan perpaduan antara aliran behaviorisme dan aliran instrumentalisme.pelaksanaan agamanya. pengetahuan dan sikap-sikap. Definisi Belajar dan Mengajar? BELAJAR Robert. 10 . Pengertian Belajar Cronbach (1954) berpendapat : Learning is shown by a change in behaviour as result of experience . Kita. Lester. Sebaliknya. (1992 : 84) mengemukakan belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku. to follow direction . Allah SWT mengisyaratkan hal ini: ْ َ ْ َ ْ ٌ َْ ٍ َ ِ َ ْ َ ‫أَفَوي أَسَّس ب ٌُْيَاًَهُ علًَ تَقىي هي هللاِ ورضْ ىاى خير أَم هي أَسَّس بٌُيَاًَهُ علًَ شفَا جرُف‬ َ َ ِ َْ َ ٍ ُ َ َ ‫هَار فَاًهَار بِه فِي ًَار جهٌََّن‬ ِ َ ْ ٍ َ َ ِ Apakah orang-orang yang mendirikan bangunannya di atas dasar takwa kepada Allah dan keridhaan-Nya itu yang baik. Belajar adalah upaya untuk memperoleh kebiasaankebiasaan. knowledge and attitudes . Ngalim Purwanto. Crow and Alice Crow mendefinisikan : Learning is the acuquisition of habits. yang mengakibatkan adanya pengalaman .

any action performed by an individual (the teacher) with the intention of facilitating learning in another individual (the learner). Spears berpendapat bahwa pengalaman dapat diperoleh dengan menggunakan panca indra. Biggs (1991). saya paling setuju dengan pendapat Cronbach dan Spears. yang berarti mengajar adalah perbuatan yang dilakukan seseorang (dalam hal ini pendidik) dengan tujuan membantu atau memudahkan orang lain (dalam hal ini peserta didik) melakukan kegiatan belajar. Dalam hal ini guru hanya perlu menguasai pengetahuan bidang studinya dan menyampaikan kepada siswa dengan sebai-baiknya. Berdasarkan dua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar dilakukan dengan menggunakan panca indera dalam semua hal yang kita alami. Tyson dan Caroll (1970) mengemukakan bahwa mengajar ialah : a way working with students … A process of interaction . mengajar adalah . The teacher does something to student.. yaitu upaya membantu memudahkan kegiatan belajar siswa mencari makna dan pemahamannya sendiri.MENGAJAR Arifin (1978) mendefinisikan bahwa mengajar adalah suatu rangkaian kegiatan penyampaian bahan pelajaran kepada murid agar dapat menerima. the students do something in return . menanggapi. Pengertian Kuantitatif dimana mengajar diartikan sebagai the transmission of knowledge. Dalam hal ini guru dituntut untuk selalu siapmengadaptasikan berbagai teknik mengajar terhadap siswa yang memiliki berbagai macam tipe belajar serta berbeda bakat . 2. menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu. the efficient orchestration of teaching skills. Pengertian institusional yaitu mengajar berarti . Nah. 3. Tardif (1989) mendefinisikan. dari berbagi definisi di atas. Cronbach (1954) berpendapat bahwa belajar dapat dilakukan secara baik dengan jalan mengalami. yakni penataan segala kemampuan mengajar secara efisien. yakni penularan pengetahuan. mengajar adalah suatu rangkaian kegiatan penyampaian bahan pelajaran kepada murid agar dapat menerima. Sedangkan dalam definisi mengajar. sehingga terjadi proses belajar. Masalah berhasil atau tidaknya siswa bukan tanggung jawab pengajar. menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu. Nasution (1986) berpendapat bahwa mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya danmenghubungkannya dengan anak. sebuah proses hubungan timbal balik antara siswa dan guru yang sama-sama aktif melakukan kegiatan. 11 . kemampuan dan kebutuhannya. saya lebih setuju denga pendapat Arifin (1978) yaitu. seorang pakar psikologi membagi konsepmengajar menjadi tiga macam pengertian yaitu 1. Pengertian kualitatif dimana mengajar diartikan sebagai the facilitation of learning. menanggapi.

Gemar membaca dan dapat mengartikan bahasa tulisan dengan jelas 2. mengekspresikan dan menikmati bentuk musik dan suara (konduktor.Membuat sketsa ide dengan jelas 4. serta mampu untuk menyerap. programmer) Ciri-ciri : .Mudah memperkirakan jarak dan ruang .Kepekaan tajam untuk detail visual. insinyur) Ciri-ciri : . Kecerdasan Musikal Kecerdasan untuk mengembangkan. penyanyi dsb) Ciri-ciri : 12 . garis.Kecerdasan Linguistik Kecerdasan dalam mengolah kata-kata secara efektif baik bicara ataupun menulis (jurnalis. pilot.Dapat berargumentasi. designer.Mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi . penyair. warna. bentuk dan ruang . fotografer. meyakinkan orang lain. Atau mungkin anda memiliki pendapat pribadi mengenai definisi belajar dan mengajar. merakit model) Ciri-ciri : . pencipta lagu. pengrajin.Menikmati kegiatan fisik (olahraga) . menghibur atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata . keseimbangan. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani Kecerdasan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresiakan gagasan dan perasaan (atlet. montir.Cekatan dan tidak bias tinggal diam . menjahit. Kecerdasan Matematis-Logis Kecerdasan dalam hal angka dan logika (ilmuwan. Kecerdasan Visual-Spasial Kecerdasan yang mencakup berpikir dalam gambar. 9 jenis kecerdasan manusia 1. pengacara) Ciri-ciri : .Silahkan berkomentar.Berminat dengan segala sesuatu 5.Berpikir dalam pola sebab akibat. mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual (arsitek.Pandangan hidupnya bersifat rasional 3. akuntan. definisi siapa yang sejalan dengan pemikiran anda?. menciptakan hipotesis .

Menghadapi orang lain dengan penuh perhatian.Mempertanyakan hakekat segala sesuatu . April 19. negotiator.Menjalin kontak mata dengan baik .) Ciri-ciri : .Mendengar music dengan tingkat ketajaman lebih 6. pemburu) Ciri-ciri : . teolog. terbuka . Kecerdasan Naturalis Kecerdasan memahami dan menikmati alam dan menggunakanya secara produktif dan mengembangkam pengetahuan akan alam (petani. Kecerdasan Eksistensial Kecerdasan untuk menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia (filsuf.Peka nada dan menyanyi lagu dengan tepat .Mencintai lingkungan .Mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang . intensi.Mempertanyakan keberadaan peran diri sendiri di alam/ dunia Tujuan Pendidikan Selasa.Menunjukan empati pada orang lain .Dapat mengikuti irama .Mendorong orang lain menyampaikan kisahnya 7. watak dan temperamen orang lain (networker.Lebih suka kerja sendiri 8..Membedakan berbagai macam emosi .Senang kegiatan di luar (alam) 9. Kecerdasan Interpersonal Kecerdasan untuk mengerti dan peka terhadap perasaan. nelayan. guru) Ciri-ciri : . Kecerdasan Intrapersonal Kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertidak secara adaptif berdasar pengenalan diri (konselor. 2011 | Label: data 13 . pendaki.Mudah mengakses perasaan sendiri .Menggunakan pemahamannya untuk memperkaya dan membimbing hidupnya . teolog) Ciri-ciri : .Mawas diri dan suka meditasi . motivasi.

(e) Keadilan Sosial. seperti dijelaskan dalam Manipol/Usdek. Ketetapan MPR No. yaitu: (a) Ke-Tuhan-an Yang Maha Esa. yang bertanggung jawab atas terselenggaranya Masyarakat Sosialis Indonesia. dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. (c) Kebangsaan. memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat mengembangkan kreatifitas dan tanggung jawab dapat menyuburkan sikap demokratis dan penuh tenggang rasa. Tujuan Pendidikan adalah membangun di bidang pendidikan didasarkan atas falsafah negara pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia-manusia pembangun yang berpancasila dan untuk membentuk manusia yang sehat jasmani dan rohaninya. 145 tahun 1965 Tujuan Pendidikan Nasional kita baik yang diselenggarakan oleh pihak Pemerintah maupun oleh pihak Swasta. 6. XXII/MPRS/1966 Tujuan Pendidikan adalah membentuk manusia Pancasilais sejati berdasarkan ketentuanketentuan seperti dikehedaki oleh Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan isi UndangUndang Dasar 1945. Tap MPRS No. (b) Perikemanusiaan yang adil dan beradab. Undang-undang No. Tap MPR No 4/MPR/1975. mempertinggi budi pekerti. supaya melahirkan warga negara Sosialis Indonesia yang susila.” 5. adil dan makmur baik spiritual maupun materiil dan yang berjiwa Pancasila. bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan 14 . 2.4 tahun 1950 Tujuan Pendidikan dan pengajaran ialah untuk membentuk manusia susila yang cakap dan warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air.” 3. IV/MPR/1973 (GBHN) Tujuan Pendidikan sebagai berikut: “Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.” 7. IV/MPR/1978 “Pendidikan nasional berdasarkan atas Pancasila dan bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 4. (d) Kerakyatan.1. Ketetapan MPR RI No. memperkuat kepribadian. keterampilan. dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur. mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia sesuai dengan ketentuan yang termaktub dalam UUD 1945. Tap MPR-RI No IV/MPR/1983 Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila. Kepres RI No. kecerdasan. dari Pendidikan Prasekolah sampai Pendidikan Tinggi.

cerdas. tangguh. dan berorientasi pada masa depan 11. profesional. 12.terhadap Tuhan yang Maha Esa. Tujuan Pendidikan adalah berdasarkan pancasila. berdisiplin bekerja keras. UU No 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan GBHN 1993. bertanggung jawab dan produktif serta sehat jasmani dan rohani pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patriotic dan mempertebal rasa cinta tanah air. mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial sejalan dengan itu dikembangkan iklim belajar mengajar yang dapat menimbulkan rasa percaya diri sendiri serta sikap dan perilaku yang inovatif dan kreatif. berkepribadian. berbudi pekerti yang luhur. berbudi pekerti luhur. mempunyai semangat kebangsaan. 9. mandiri. Tap MPR-RI No II/MPR/1998 Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila. inovatif dan keinginan untuk maju. berdisiplin. Tujuan Pendidikan Nasional adalah menghasilkan yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan nasional juga harus mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta pada tanah air. meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan. mandiri. berkepribadian. serta berorientasi masa depan iklim berat dan mengajar dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan budaya belajar dikalangan masyarakat terus dikembangkan agar tumbuh sikap dan perilaku yang kreatif. UU No 2 tahun 1989 Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. kreatif. kecerdasan dan keterampilan. Tap MPR No 2/MPR/1993 Tujuan Pendidikan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berbudi pekerti yang luhur. cinta tanah air. terampil. mempertinggi budi pekerti. beretos kerja. dan berbudi pekerti luhur. bertanggung jawab. tanggung. menghargai jasa pahlawan. profesional. kesehatan jasmani dan rohani. tanggung jawab. kesadaran pada sejarah bangsa. bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yaitu manusia yang budiman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia 15 . yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tap MPR No I MPR/1988. dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. kesetiakawanan sosial. berjiwa patriotik. memeprkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air. 8. kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan 10. maju. memiliki pengetahuan dan keterampilan. cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.

13. dan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME. mandiri. berdisiplin. kreatif. serta berakhlak mulia. 14 tahun 2005 Tujuan Pendidikan nasional. cakap. sehat. kreatif. mandiri. yaitu bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. mandiri. 16 .indonesia. UU No. UU No 20 tahun 2003 (Sisdiknas) Tujuan Pendidikan nasional. berakhlak mulia. bekerja keras. tangguh. serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. cakap. berkeprinadian. berilmu. dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab (pasal 3). yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan yang Maha Esa. cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani. bertanggungjawab. berilmu. sehat. 14. berbudi pekerti luhur.

/:3.  aaSZ WZVVSZ  f¾f ½ $f   ff   .

.$.30..!.3.7.-9039.:39:202-039:2.8:8.3:8.3 .3.3  0 0.7.9. .2.3:3.9.3%3 8:5.3.  &3/.3 :3/..8 9078003. 805079/0.7.30.38:8..3-079.2..//.7.-.  .32.8..9.3/.804.3/.9$48.3 .3..8.-./.8579:.7..3.9: .907.3.3:3.3503..3405.8.83/4308..3  / 07.3.988079.8..2.39.-079.:3 %::..!020739.907/.. 20.32.3.3!03//.8.3-07.. 0 %:. .9 /.//.3.7.7.89..354.3.!03//.843..:5:3 405./..3080.83/4308.7.5/.7   05708#4 9.38.25.7!03//..3!03//...3/0247.3-07. !0702.7.3/8003. /.3:8..34 9.3.3.8..3!7.7.:5:3 2. .:3  %::. 0-.$48....3 $48.2:7-.

5!#$4 .&8/0     %.

!#$.

3 &3/.309039:.8.7    0909..3&3/.3 &3/.5.3:8.38&3/..8.8.3!03//.8. %::.3..3.3.7/.3 09039:.!./.3!##4 '.3.7.40!02-:.202-039:2.3805079/00/.880.9-07/.

!#.

35./.3//.7:39: 20302-..38:3 80:2:7/:5    %../..3.-07:9 !03//..3057-././...302.3!03//..25:.:8.3/.7804.3/:.5!#4.2/.93.3-07./.8.380-.   %::.

!#.

380.30.5.3//.5.7.3 .3:3.3503:903.9 203:-:7.393/.3.3/8079.3:39:202-039:2.3!#4 '.3:8.9.2&&   0909.5.82.3:3.309039:..808:.3 /.5/0247. /.8..920302-.39.25..39.8.3!03//.98/./.8.:.37.  %::.7.202-.2. 2.3.38.8..-/.3:3/-/.3/.808.30907.3/.8. 2.81./.3.07/.7.3./03.1.3:39:202-039:2.39.3:8. 5.3.919.8.3.374.370.3503//.-:/50079. /.3-075.-.3:8..38.9.920302-.502-.9:-/..30.3.3203.3:8.39072.3.3.3/.8/.3::7 203./.33.5.. 20250309.

!#.

6..38.9./.9.3.3.32.8!.-07/.. 0.3 20250793-:/ 50079 202507:.90-.3:3. 2.5!# #4'./.3907.33.3:3.8.-079.803/78079.3/.9057-.25.7/.3:8.3:8.2.3:3/73.9202-.3 /.3 0907.3 09.38.3-079::.5.2.3-.3.    %.3.3./.8.8502-.7.3:39:2033..9.8..5.5%:.502-. 8.8.07/.9 203:2-:.320250790-..843.3. !03//.3.3:3.. -078.802.-.

!#.

309.3:39:2033.. -079::..3.-07/.3   .9.3.8.7. !03//..8.843.3!.

3/.3.907..3/.25..3.8.07/././.3 20250793-:/50079  202057:.38.3.5!#4!#.7    %.320250790-.8.3/.39..802. 0.30907.9.3.3.90-.5%:.9057-.

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

!#.

.82.3.38.3.3 3.5/.3802.8.8.9 /...3:39:2033.7:8203:2-:.82./05.3:3.:    %..3 2.-0.9749.8.3507.374.7.30809..32-07.3:8.5.-/./../. -079.9.3.3/.3:.3/.3.3-:/.3:39:2.91/..3 033..3.3503//.3 8079.3::7  57410843.9.37.%:.9.3574/:918079..5.7/.843..-0747039.80..9907:8/02-.38.7.7  2033.8.39.3:8.370.9.320250790-.././..:.9:2.3 -072.5203.3203.3/4308. %::.05..8.3.3.-07-:/50079.38079. -.3.7..38.5.80.9203:2-:..3/.3-079.7.82.5!# #4.5.91 34.79:2-:8..8../7/.3!03//./.7.:.08.3..7.6.507.7/...90-..9.35.

!#.

 !03//.-07/.3!.9.3.3:.3:39:2033..8.7.82.843.9.3.8. -079::.   .3:8.

:3  %::.8  %::.91 2./.9/.3-079.98/.3:3..9 -072: .3907.3:8..3:39:-0702-./.3.843.8 9. 80.8.79.// .3.7..3-079.3-072.7. .3..  -07-:/50079::7 -070573.3/.%:.38..3 -079.7203.3-079.3.3-..8/.-.3    &&4 9.3/7 8079.9  -072: ..549038508079.3:3..3 -07/853 -007.3/7 .3-072.3/7 /.-079..07/.05.//.8. -07..5%:..3!03//..907.3!03//.3/.3/.507.-     .7..3202-039:.3:  -079.-07.8079../.5 70.33..3:8.. .91 2.203.33./.:3  $8/3.2.27.3/0247... /.258079.98 8079.30.9:-.38.3-072. 2:./ 2..3 8079.9:-0702-.25:.5 70.3 02.7203.07./.3/.33.3:8.8.80.. 80.9.843.82.374.3/4308.3.843./2.8.30.- 5.3-. 203.%:.3203..-.9:2.3-072../..3.3/.33./.2:.503//.7.05.3/0247.    &&4 9.3-079::. .3:3.30/:5.-071:3820302-...549038508079.9.33.07/.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->