P. 1
Biologi 8 - Artikel Otot Manusia

Biologi 8 - Artikel Otot Manusia

|Views: 954|Likes:
Published by Nisa 'Icha' El

More info:

Published by: Nisa 'Icha' El on Sep 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2013

pdf

text

original

OTOT MANUSIA

Dalam kehidupan sehari-hari otot disebut juga daging. Otot merupakan kumpulan dari serabut otot. Serabut otot terbentuk dari sel-sel otot. Dalam tubuh kita, banyaknya otot kira-kira 40% dari berat tubuh. Otot memiliki peranan yang penting dalam sistem gerak. Tulang pada tubuh kita tidak dapat bergerak tanpa otot. Otot mampu menghasilkan gerak karena adanya sel otot. Dalam sistem gerak, kerja otot yang paling utama adalah kontraksi (memendek dan menebal) dan relaksasi (kembali ke keadaan semula). Karena kemampuan otot untuk menggerakan tulang maka otot disebut juga alat gerak aktif.

Jenis Otot Manusia:
Berdasarkan bentuk, susunan, dan cara kerjanya, otot manusia dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu otot lurik (otot rangka), otot polos (otot licin), dan otot jantung.

1.Otot lurik (otot rangka)
Otot lurik melekat pada rangka (tulang) sehingga disebut juga otot rangka. Jaringan otot lurik terdapat pada tubuh dan anggota gerak. Ujung otot lurik yang melekat pada tulang disebut urat otot (tendon). Tendon yang melekat pada tulang yang tidak dapat digerakkan disebut origo. Tendon yang melekat pada tulang yang dapat digerakkan disebut insersi. Sel otot lurik berbentuk panjang dan silindris sehingga lebih tepat disebut serabut otot. Bila kita amati di bawah mikroskop, sel otot lurik memiliki banyak inti sel yang terletak di tepi sel. Sel otot lurik juga memiliki bagian gelap dan bagian terang yang memberikan kenampakan seperti lurik. Itulah sebabnya disebut

Gerak otot lurik berlangsung cepat. Kenampakan lurik disebabkan oleh protein otot yang berbeda. Bila kita amati di bawah mikroskop. kerja otot polos tidak dipengaruhi oleh kehendak kita. pembuluh darah. Kelelahan ini dapat menyebabkan otot tidak mampu melakukan fungsi gerak lagi. saluran kelamin. 3. misalnya pada kejang otot (kram). otot lurik disebut juga otot sadar. yaitu aktin dan miosin. Kontraksi dan relaksasi otot jantung menyebabkan serambi dan bilik jantung menyempit serta .Oleh karena itu. dan dinding rahim (uterus). otot polos bekerja secara otomatis tanpa perintah dari otak. Hal ini berbeda dengan kerja otot rangka yang selalu diperintah oleh otak. Karena otot polos terdapat pada organ dalam. saluran pernapasan. Kerja otot lurik dipengaruhi oleh kehendak (kesadaran) kita melalui perintah yang diatur oleh otak. Berbeda dengan kerja otot rangka. karena gerakannya tidak kita sadari. struktur otot jantung mirip dengan otot lurik tetapi bercabang-cabang dan memiliki banyak inti sel.Otot jantung Otot jantung merupakan otot yang khusus untuk jantung. Inti sel terletak ditengah serabut. tetapi teratur dan tidak cepat lelah. misalnya saluran pencernaan (usus dan lambung). Otot jantung berfungsi menggerakkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.Otot polos (otot licin) Otot polos dapat menyusun organ dalam tubuh kita. otot polos disebut juga otot tak sadar. Artinya. tetapi cepat lelah dan tidak teratur. Oleh karena itu. maka sering pula disebut otot dalam. Gerakan otot polos lambat.otot lurik. 2.

otot jantung merupakan otot istimewa karena memiliki struktur seperti otot lurik. yaitu aktin dan miosin berikatan membentuk aktomiosin.Gerakan otot jantung teratur dan tahan kelelahan. Setelah berkontraksi. ion kalsium masuk kembali ke dalam plasma sel. Untuk berkontraksi otot memerlukan energi. Otot dalam keadaan bekerja juga menghasilkan zat sisa yang disebut asam susu (asam laktat). sehingga menyebabkan lepasnya pelekatan aktin dan myosin sehingga otot melemas. Asam susu ini akan dibawa oleh darah untuk . Kerja otot jantung tidak dipengaruhi oleh kehendak kita (diluar perintah otak). adanya ion kalsium menyebabkan protein otot.melebar secara berirama. Asetilkolin adalah zat pemindah rangsangan yang dihasilkan pada bagian ujung saraf. tetapi bekerjanya seperti otot polos. Jadi. Energi itu berasal dari energi yang tersimpan di dalam sel-sel otot. Kontraksi dan relaksasi menimbulkan denyut jantung. Bagian otot yang berkontraksi sebenarnya adalah sel-sel otot. Adanya asetilkolin akan membebaskan ion kalsium yang berada di sel otot. Rangsangan yang tiba ke sel otot akan mempengaruhi suatu zat (asetilkolin) yang peka terhadap rangsangan. tetapi dipengaruhi oleh sarafotonom (simpatetik dan parasimpatetik). Melalui proses tertentu. Keadaan inilah yang disebut relaksasi. Cara kerja otot Tulang-tulang kita dapat digerakkan karena adanya otot yang berkontraksi. Hal ini menyebabkan pemendekan sel otot sehingga terjadilah kontraksi.

dibuang ke luar tubuh. yaitu bisep dan trisep. Arah gerak otot yang antagonis lainnya. misalnya: *abduktor dan adduktor (gerak menjauhkan dan mendekatkan tungkai dari sumbu tubuh) *depresor dan elevator (gerak ke arah bawah dan kearah atas) . Sifat kerja otot Untuk menggerakkan tulang diperlukan keterlibatan dua otot lurik (otot rangka) atau lebih. asam susu tersebut juga dapat tertimbun dalam otot. Kerja otot antagonis misalnya pada otot lengan atas. sehingga meni bulkan rasa kelelahan atau pegal-pegal. Akan tetapi. sedangkan otot trisep terdapat pada lengan atas bagian belakang. otot yang lain relaksasi. Sebaliknya. Contoh hipertropi yaitu otot pada binaragawan. otot yang tidak sering digunakan akan mengecil. Otot bisep terdapat pada lengan atas bagian depan. disebut atropi. Otot-otot yang sering dilatih akan berkembang atau membesar. disebut hipertropi. Kerja otot berlawanan (antagonis) Kerja otot antagonis adalah apabila satu otot berkontraksi. Sifat kerja otot ada yang berlawanan (antagonis) dan ada yang bersamaan (sinergis). Untuk menggerakkan lengan bawah ke atas dan sebaliknya diperlukan dua otot rangka. Dalam gerak tersebut otot bisep merupakan otot fleksor (untuk membengkokkan) dan otot trisep merupakan otot ekstensor (untuk meluruskan).

yaitu otot pronator teres dan otot pronator kuadratus. Otot pronator ada dua. .*supinator dan pronator (gerak menengadah dan menelungkup) Kerja otot bersamaan (sinergis) Kerja otot yang sinergis adalah dua otot yang kerjanya bersamaan. Contoh kerja otot yang sinergis adalah otot-otot pronator yang terdapat pada lengan bawah. Kedua otot tersebut bekerja sama menggerakkan telapak tangan menelungkup dan menengadah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->