P. 1
Konsep Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Maslow

Konsep Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Maslow

|Views: 976|Likes:
Published by Agatha Charlotte

More info:

Published by: Agatha Charlotte on Sep 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2013

pdf

text

original

KONSEP KEBUTUHAN DASAR MANUSIA MENURUT MASLOW Kebutuhan dasar manusia merupakan unsure -unsur yang dibutuhkan oleh

manusia dalammempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang bertujuan untuk mempertahankankehidupan dan kesehatan.Kebutuhan maslow harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkatke yang tidak terlalu penting. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskandahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya.Cirri kebutuhan dasar mansia:Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat hekterogen. Setiap pada dasarnya memiliki kebutuhanyang sama,akan tetapikarena budaya, maka kebutuhan tersebut ikud berbeda. Dalam memenuhikebutuhan manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada. Adapun hirarki kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut ( potter dan patricia, 1997 ) :1. K ebutuhan fisiologis/ dasar 2. K ebutuhan akan rasa aman dan tentram3. K ebutuhan untuk dicintai dan disayangi4. K ebutuhan untuk dihargai5. K ebutuhan untuk aktualisasi diri 1. KEBUTUHAN FISIOLOGI/ DASAR F isiologi adalah turunan biologi yang mempelajari bagaimana kehidupan berfungsi secara fisik dankimiawi. F isiologi menggunakan berbagai metode ilmiah untuk mempelajari biomolekul, sel, jaringan,organ, sistem organ, dan organisme secara keseluruhan menjalankan fungsi fisik dan kimiawinya untukmendukung kehidupan.Menurut Abraham Maslow kebutuhan fisiologi sangat mendasar, paling kuat dan paling jelas dariantara sekian kebutuhan adalah untuk mempertahankan hidupnya secara fisik. Yaitu kebutuhan untukmakan, minum,tempat tinggal,sexs tidur dan oksigen. Manusia akan menekan kebutuhannya sedemikianrupa agar kebutuhan fisiologis (dasar)nya tercukupi.Sebagai contoh: y pengeluaran zat sis, di mana seseorang harus mengeluarkan zat -zat sisa yang sedah tidak terpakaioleh tubuh. Karena jika tidak di kelurkan akan mengakibatkan penyakit/pembentukan penyakit. y O ksigen ( O2 )

kompetensi.prestasi. terhindar dari pencurian dan mendapatkan perlindungan hukum Bebas dari penjajahan. cuaca jelek.Perlindungan dari udara panas/dingin.merupakan salah satu kebutuhan vital untuk kehidupan kita.infeksi.kecukupan. Harga diri meliputikebutuhan akan kepercayaan diri. kebutuhan akan rasa memiliki tempat di tengahkelomoknyaSebagai conoh : y Dimana seseoang yang mempunyai tujuan dan kepentingan yang sama membuat suatu kelompok/berkumpul karena mereka ingin diperhatikan dalam tujuannya dan dapat memberikan perhatian atasklompok tersebut.ketidak tergantungan dankebebasan. Jika tubuh menyerap oksigen dengankandungan yang rendah dapat menyebabkan kemungkinan tubuh mengidap penyakit kronis. KEBUTUHAN AKAN PENGHARGAAN Maslow menemukan bahwa setiap orang memiliki dua kategori kebutuhan akan penghargaanyakni:1. KEBUTUHAN AKAN RASA AMAN Kebutuhan akan rasa aman ini baiasanya terpuaskan pada orang -orang yang sehat dan normal. sejauh mana memenuhi ideadiri. 2 . kecelakaan. Dengan mengkonsumsi oksigenyang cukup akan membuat organ tubuh berfungsi dengan optimal.HARGA DIRI adalah penilaian terhadap hasil yang di capai dengan analisis. takut atau sakit. y Kebutuhan cinta seorang anak oleh ibunya. Sel-sel tubuhyang kekurangan oksigen juga dapat menyebabkan perasaan kurang nyaman. Harga diri di peroleh dari diri sendiri dan o rang lain. 3 .Kebutuhan harga diri meliputi: . Menguapadalah salah satu sinyal tubuh kekurangan oksigen selain karena mengantuk. itu sanggat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak missalseorang anaak tercukupi kebutuhan akan kasih sayang maka perkembangan anak akan optimalberupa fisikmaupun psikologinya karena perhatian yang di berikan ibu kepada anaknya. bebas dariteror.Seseorang yang tidak aman akan memiliki kebutuhan akan keteraturan dan setabilitas yang sanggatberlebihan dan menghindari hal -hal yang bersifat asing dan yang tidak di harapkannya. KEBUTUHANSOSIAL Kebutuhan akan rasa memiliki-dimiliki dan kasih sayang. Jika individu selalu sukses maka cenderung harga dirinya akan tinggi dan jika mengalami kegagalanharga diri menjadi rendah. bebas dari rasa sakit. dan lain sebagainya. bebas dari ancaman. Sebagai contoh : y Seseorang membangun rumah untuk melindungi diri dari hujan panas memenuhi kepuasan untukdirinya y Saat indonesia di jajah kita melawan penjajah tersebut dan akhirnya merdeka karena saat terjajahkita tidak merasa amanan. 4 .penguasaan. alergi.berbeda denganorang yang merasa aman dia akan cenderung santai tanpa ada kecemasan yan g berlebih.

Kebutuhan penghargaan dari orang lain meliputi: Kekuatan Pencapaian Rasa cukup Kompetisi Rasa percaya diri kemerdekaanSebagai conoh: y Seorang pemahat di puji oleh pelanggannya maka iya akan lebih semangat dalam membuatmemproduksi karyanya dalam jumlah maupun model. y .percayaakan diri sendiri dan juga lebih produktif. penerimaan.Menghargai diri sendiri Menghargai orang lain Dihargai orang lain Kebebasan yang mandiri Preshies Di kenal dan di akui Penghargaan 2 . kedudukan.namabaik serta penghargaan. mandiri.perhatian. Penghargaan dari orang lain sanggat di perlukan dalam kehidupan karena denganpenghargaan itu seseorang akan menjadi lebih kreatif. pengakuan.PENGHARGAAN DARI O RANG LAIN meliputi prestis.

KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI Aktualisasi diri adalah kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa. Mencapai pemenuhan kepuasan dari pekerjaan yang di kerjakan dengan baik.com/doc/36979787/Konsep-Kebutuhan-Dasar-Manusia-Menurut-Maslow-1 saiful azis bilal . Sering mampu mengasumsi dan menyelesaikan tugas yang banyak. Manusia yang teraktualisasi dirinya: Mempunyai kepribadian multi dimensi yang matang.scribd.Pada saat manusia sudah memenuhi seluruh kebutuhan pada semua tingkatan yang lebih rendah . Sebagai contoh: y Saat kita mengetahui bahwa minggu depan akan ada ulangan maka kita akn belajar lebih agar mendapatkepuasan dalam ujian dan mendapatkan nilai baik http://www. T idak tergantung secara penuh pada opini orang lain.tingkatan tertinggi dari perkembangan psikologis yang bisa dicapai bila semua kebutuhan dasar sudah dipenuhi danpengaktualisasian seluruh potensi dirinya mulai dilakukan. melaluiaktualisasi diri di katakana bahwa mereka mencapai potensi yang paling maksimal. mengabdi bertahun -tahun dan mendapatkan pengangkatan pegawainegeri oleh pemerintah 5 .Seorang guru yang mengajar.

tanda jasa. buang air kecil. dan lain sebagainya. dan banyak lagi lainnya. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya.Dilarang Mempublikasi Sebagian/Seluruh Isi Situs Ini Tanpa Izin Masing-Masing penulis Artikel Organisasi. 4. dan lain-lain.disusun berdasarkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial : 1. bebas dari teror.  ekonomi Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang / Copyright © 2005-2011 Organisasi. kebutuhan cinta dari lawan jenis. piagam. pangan / makanan. hadiah. 5. dan kebutuhan biologis seperti buang air besar. memiliki keluarga.org/teori_hierarki_kebutuhan_maslow_abraham_maslow_ilmu_ekonomi . papan / rumah. 3. 23/05/2006 . 2. bebas dari rasa sakit.Org . Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan Contoh seperti : Bebas dari penjajahan. bernafas. dan lain sebagainya.Org Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia http://organisasi. Kebutuhan maslow harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkat ke yang tidak terlalu penting. Kebutuhan Fisiologis Contohnya adalah : Sandang / pakaian.10:56pm — godam64 Menurut Abraham Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatantingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. bebas dari ancaman.Teori Hierarki Kebutuhan Maslow / Abraham Maslow Ilmu Ekonomi Tue. Motivasi manusia sangat dipengaruhi oleh kebutuhan mendasar yang perlu dipenuhi. Kebutuhan Aktualisasi Diri Adalah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya. Kebutuhan Sosial Misalnya adalah : memiliki teman. Lima (5) kebutuhan dasar Maslow . Kebutuhan Penghargaan Contoh : pujian.

3. Konsep diri yang sehat memberikan perasaan yang positif terhadap diri. mudah mengenali kebutuhan dan mengembangkan cara hidup yang sehat sehingga lebih mudah memenuhi kebutuhan dasarnya 4. Setiap tahap perkembangan manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda. baik kebutuhan biologis. 1. Konsep diri. Kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow Abraham Maslow dilahirkan di Brooklyn. Hubungan keluarga. New York. Jika dalam keadaan sakit maka beberapa fungsi organ tubuh memerlukan pemenuhan kebutuhan lebih besar dari biasanya.ABRAHAM MASLOW (KEBUTUHAN DASAR MANUSIA) Download Askep Kapuk Online Update Kebutuhan Dasar Manusia tentang ABRAHAM MASLOW (KEBUTUHAN DASAR MANUSIA) KEBUTUHAN DASAR MANUSIA Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologi maupun psikologis. . Abraham Maslow dikenal sebagai pelopor aliran psikologi humanistik. sosial. Orang yang merasa positif tentang dirinya akan mudah berubah. Teorinya yang sangat terkenal sampai dengan hari ini adalah teori tentang Hierarchy of Needs (Hirarki Kebutuhan). 2. Tahap perkembangan. Hubungan keluarga yang baik dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar karena adanya saling percaya. 2. Penyakit. maupun spiritual. psikologis. pada tahun 1908 dan wafat pada tahun 1970 dalam usia 62 tahun. Faktor – faktor yang mempengaruhi kebutuhan dasar manusia 1. Maslow percaya bahwa manusia tergerak untuk memahami dan menerima dirinya sebisa mungkin. Konsep diri yang positif memberikan makna dan keutuhan bagi seseorang.

proteksi dan keteraturan akan menjadi kebutuhan yang meningkat. menghindari rasa sakit. 2. Kebutuhan fisiologis (Physiological) Jenis kebutuhan ini berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dasar semua manusia seperti. Kebutuhan akan harga diri (esteem needs) Kemudian. maka perasaan kesepian akan timbul. kekasih. Hal ini juga berlaku pada setiap jenis kebutuhan lainnya. stabilitas. Keadaan aman. manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. tidak fit. dan seks. Hierarchy of needs (hirarki kebutuhan) dari Maslow menyatakan bahwa manusia memiliki 5 macam kebutuhan yaitu physiological needs (kebutuhan fisiologis). safety and security needs (kebutuhan akan rasa aman). 1. Menurut Maslow. 4. kebutuhan akan rasa aman mulai muncul. maka akan mulai timbul kebutuhan akan rasa kasih sayang dan rasa memiliki. Termasuk juga kebutuhan untuk istirahat. yaitu jika terdapat kebutuhan yang tidak terpenuhi.3. akan timbul kebutuhan akan . dan self-actualization (kebutuhan akan aktualisasi diri). Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki tingkatan atau hirarki. menghirup udara. buang air besar atau kecil. Kebutuhan akan rasa kasih sayang dan rasa memiliki (love and Belonging needs) Ketika seseorang merasa bahwa kedua jenis kebutuhan di atas terpenuhi. Jika tidak terpenuhi. setelah ketiga kebutuhan di atas terpenuhi. atau bahkan keinginan untuk menjadi bagian dari suatu komunitas tertentu seperti tim sepakbola. minum. Hal ini dapat terlihat dalam usaha seseorang untuk mencari dan mendapatkan teman. maka tubuh akan menjadi rentan terhadap penyakit. maka akan timbul rasa cemas dan takut sehingga dapat menghambat pemenuhan kebutuhan lainnya 3. anak. klub peminatan dan seterusnya. makan. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan (Safety and security needs) Ketika kebutuhan fisiologis seseorang telah terpenuhi secara layak. Jika kebutuhan dasar ini tidak terpenuhi. terasa lemah. dan sebagainya. maka akan sulit untuk memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi. love and belonging needs (kebutuhan akan rasa kasih sayang dan rasa memiliki). sehingga proses untuk memenuhi kebutuhan selanjutnya dapat terhambat. Jika tidak terpenuhi. mulai dari yang paling rendah (bersifat dasar/fisiologis) sampai yang paling tinggi (aktualisasi diri). esteem needs (kebutuhan akan harga diri).

Alih bahasa Ester Monica. 2. 2000. dan kebebasan. Barbara. EGC Read more: ABRAHAM MASLOW (KEBUTUHAN DASAR MANUSIA) Sebaris coretan yang dapat kupersembahkan untuk dunia keperawatan **Kapuk Online** (RS PKU Muhammadiyah Solo) Do you like this article? Share It! Read more: ABRAHAM MASLOW (KEBUTUHAN DASAR MANUSIA) . Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi. dan reputasi. dan dengan aktualisasi diri seseorang akan bisa memanfaatkan faktor potensialnya secara sempurna. Calofornia. 2005. Buku Ajar Praktek Kebidanan. Keperawatan Dasar Ruangan Jakarta. Jakarta. Menurut Abraham Maslow. Menurut Maslow. Panduan Pencegahan Infeksi Untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dengan Sumber Daya Terbatas. Bobak. K. 2005. 2000. Perry Guide to Basic Skill and Prosedur Dasar. 2003. EGC Elly. Depkes RI. kemandirian. Lower one berkaitan dengan kebutuhan seperti status. Jakarta. Edisi III. Kozier.harga diri. Jenis kebutuhan ini berkaitan erat dengan keinginan untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi diri. Kebutuhan aktualisasi diri (Self Actualization) Kebutuhan terakhir menurut hirarki kebutuhan Maslow adalah kebutuhan akan aktualisasi diri. terdapat dua jenis. kepribadian bisa mencapai peringkat teratas ketika kebutuhan-kebutuhan primer ini banyak mengalami interaksi satu dengan yang lain. Panduan Pengajaran Asuhan Kebidanan.2004. Jakarta. Buku Ajar Praktik Kebidanan. Engenderhealt. JNPK_KR. EGC. Menlo Park. 5. yaitu lower one dan higher one. Prosess and Practice : Sixth edition. 9. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo. atensi. Penerbit buku kedokteran EGC. Pusdiknakes. Buku 5 Asuhan Bayi Baru Lahir Jakarta. 2000. CV Sagung Seto. Johnson. Sedangkan higher one berkaitan dengan kebutuhan akan kepercayaan diri. 2005. Samba. 2001. Fundamental of Nursing : Concepts. maka dapat timbul perasaan rendah diri dan inferior. Referensi : 1. 5. 4. Nutrisi dalam keperawatan. Jakarta. 6. Infection Prevention. Perawatan Maternitas. Taylor. 2000. Potter. kompetensi. Ruth. New York. Suharyati. 8. prestasi. JHPIEGO. 3. 7. Nurrachmah. Jensen. 10.

Sejalan dengan meningkatnya usia manusia mengalami perkembangan. Lalu jika gagal memenuhi kebutuhannya. maka kebutuhan tersebutpun ikut berbeda. mengingat berbagai fungsi organ tubuh mengalami proses kematangan dengan aktivitas yang berbeda untuk setiap tahap perkembangan. Adanya penyakit dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan pemenuhan pemenuhan kebutuhan. baik secara fisiologis maupun psikologis. tidak ada rasa curiga. mudah mengenali kebutuhan dan mengembangkan cara hidup yang sehat. 20 April 2011 10:44 Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen. Hubungan Keluarga. merasakan kesenangan hidup. Konsep diri manusia memiliki peran dalam pemenuhan kebutuhan dasar. akan tetapi karena budaya. sehingga mudah memenuhi kebutuhan. Tahap Perkembangan. karena beberapa fungsi organ tubuh memerlukan pemenuhan besar dari biasanya. Konsep Diri. 3. Konsep diri yang sehat menghasilkan perasaan positif terhadap diri. Hubungan keluarga yang baik dapat meningkatan pemenuhan kebutuhan dasar karena adanya saling percaya. Konsep diri yang positif memberikan makna dan keutuhan (wholeness) bagi seseorang. 4. Setiap tahap perkembangan tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda. manusia akan berpikir lebih keras dan bergera untuk berusaha mendapatkannya. Setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama. Orang yang merasa positif tentang dirinya akan mudah berubah. 2. baik kebutuhan biologis. dan lain-lain. sosial maupun spiritual. Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Abraham Maslow Abraham Maslow membagi kebutuhan dasar manusia ke dalam lima tingkat berikut: . Penyakit. Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Dasar Manusia Kebutuhan dasar manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut : 1. Dalam memenuhi kebutuhan manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada. psikologis.Ciri Kebutuhan Dasar Manusia Written by Admin Wednesday.

ancaman. Kebutuhan akan harga diri maupun perasaan dihargai oleh orang lain. berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain/lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya. 2. aktivitas. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Gardner Murpy menggambarkan kebutuhan itu atas empat kategori. Misalnya. antara lain memberi dan menerima kasih sayang. kebutuhan yang berorientasi terhadap lingkungan dan sejenisnya. bahaya dari lingkungan dan sebagainya. kehangatan. 2. b. udara. dan seksual. dan sebagainya. 4. Kebutuhan rasa cinta. Kebutuhan sensorik yang meliputi kebutuhan untuk warna. kekhawatiran yang dialami seseorang ketika masuk sekolah pertama kali. antara lain pemenuhan oksigen dan pertukaran gas. karena merasa terancam oleh keharusan untuk berinteraksi dengan orang lain dan sebagainya 1. dan sejenisnya. persahabatan. kecelakaan. Selain itu. seperti rasa sakit. Kebutuhan akan kegiatan. keseimbangan suhu tubuh. minum. orang juga memerlukan pengakuan dari orang lain. rasa percaya diri dan kemerdekaan diri. eliminasi. 2. ketakutan. Sedangkan Erich Fromm mengidentifikasi kebutuhan manusia itu berasal dari kondisi . yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki.1. Perlindungan fisik meliputi perlindungan atas ancaman terhadap tubuh atau hidup seperti penyakit. suara. kelompok sosial. Kebutuhan ini terkait. mendapat tempat dalam keluarga. istirahat dan tidur. Kebutuhan dasar yang berkaitan bagian-bagian penting tubuh misalnya kebutuhan untuk makan. dengan keinginan untuk mendapatkan kekuatan. ritme. yang terdiri dari: 1. Perlindungan psikologis. meraih prestasi. Kebutuhan aktualiasasi diri merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow. 3. Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan paling dasar. dan sejenisnya. kebutuhan cairan (minuman). meliputi kebutuhan untuk tetap bergerak 3. Kebutuhan untuk menolak sesuatu yang tidak mengenakkan. a. yaitu perlindungan atas ancaman dari pengalaman yang baru dan asing. nutrisi (makanan).

Kebutuhan bertumbuh. jika kursi terlalu keras cenderung orang tidak terlalu merasa senang. Kebutuhan fisik. Para remaja dan pemuda merasakan adanya kebutuhan untuk melepaskan diri dari pengawasan orang tua. Dalam hubungan dengan pendidikan. kebutuhan akan keselamatan mencakup keselamatan fisik dan psikologik seperti perlindungan atas ancaman harga diri. Transenden-creativitas versus penghancuran 3. dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Setiap orang ingin mengetahhui dimana dan bagaimana mendapatkan sesuatu. Gejala ini tidak hanya terbatas pada masyarakat bebas seperti di negara-negara maju.keadaannya. Kebutuhan ini menyebabkan kita biasanya lebih merasa aman bekerja secara sistematik di dalam lingkungan yang teratur. yang meliputi: 1. beristirahat. Rasa identitas-individualitas versus konformitas kelompok 5. Hal ini terlihat pada anak-anak adanya dorongan untuk belajar berbicara. Karena itu kebutuhan akan keselamatan perlu diketahui di dalam belajar sehingga dapat memanfaatkannya untuk kepentingan belajar. merangkak. Selanjutnya beberapa macam kebutuhan dasar manusia menurut Knowles yang dapat dijadikan konsep dasar untuk pengembangan program pembelajaran pendidikan non formal. Menurut para ahli psikologi dan psikiatri kebutuhan untuk pertumbuhan dan berkembang merupakan kebutuhan yang paling dasar dan universal. Keterhubungan versus narcissisme 2. Kebutuhan akan keselamatan. mendengar. Kekeluargaan versus non kekelargaan 4. Jika tulisan terlalu kecil. Kebutuhan ini mendorong manusia untuk bersikap hati-hati dan waspada dalam suatu situasi asing. Tidak dapat disangkal bahwa pada anak-anak terdapat dorongan yang kuat untuk tumbuh dan berkembang. 2. kemana ia akan pergi. berjalan dan tumbuh dengan berbagai cara. 3. tetapi di dalam masyarakat primitive sekalipun gejala ini dapat ditemukan. Di satu pihak ia dapat menjadi pendorong . apa yang akan terjadi selanjutnya. sehingga tidak dapat mengkonsentrasikan dirinya kepada proses pembelajaran. suara terlalu pelan. Kebutuhan fisik merupakan sumber motivasi pada sebagian tindakan manusia. maka kebutuhan itu meliputi kebutuhan untuk melihat. Ia lebih cenderung bekerja menurut cara lama dari pada cara baru sekalipun mungkin lebih baik hanya karena ia merasa lebih aman bekerja dengan cara yang lama itu. Kebutuhan ini adalah kebutuhan yang paling mudah dilihat. Kebutuhan pengabdian rasional versus irrasional 6.

Ia akan mentransferkan program-program pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan ketentaraman social. Ia akan memberikan pengalaman belajar yang menjamin pertumbuhan warga belajar. yang menyebabkan ia mencari orang lain untuk bertukar minat pengalaman. 6. Tenaga Pendidikan non formal seharusnya memahami dan mempertimbangkan kebutuhankebutuhan dasar manusia dalam penyusunan dan penyelenggaraan program pembelajaran pendidikan noon formal. 4. ekonomi. Tetapi setiap orang yang ingin menolong orang lain belajar harus menerima kebutuhan-kebutuhan personalitas yang terdapat secara alamiah di dalam diri setiap orang sebagai sumber kekuatan motivasi yang luar biasa untuk belajar. Keinginan ini mendorong orang untuk berusaha memperoleh kedudukan di dalam kelompok social lembaga dan masyarakatnya. semua orang ingin disukai. meskipun cara yang ditempuh untuk mencapainya kadang-kadang menunjukkan dorongan yang bertentangan. mencari teman baru. Jika ia merasa tidak disukai yaitu kebutuhannya tidak terpuaskan. Ini sesungguhnya adalah kebutuhan social. karena simtom-simtom perilakunya yang begitu menyakitkan bahkan sampai merusak. Kebutuhan untuk dikenal. mereka juga menciptakan ketegangan dalam bentuk petualangan yang mengasyikkan dan penuh risiko. sementara manusia mencari keselamatan. Orang yang tidak berhasil memenuhi kebutuhan ini mungkin menderita simtom penarikan diri atau sekali menampilkan diri. psikologi . 5. mungkin ia mereaksi salah satu dari dua ujung yang ekstrim apakah dengan menarik diri atau secara agresif menunjukan permusuhan atau mungkin juga ia mengambil jalan tengah dengan bertingkah pura-pura setuju. kebutuhan sesorang untuk berbuat sesuatu untuk menyenangkan orang lain sekalipun dengan harus dengan pengorbanan diri sendiri. Kebutuhan untuk dikasihi. Kebutuhan ini menyebabkan mereka mencari status dan perhatian. dan ide baru. setiap manusia merasa perlu untuk dihargai. Orang cenderung menjadi bosan dengan yang rutin. kesenangan dan kesusahan. mencoba menarik perhatian orang lain. Orang membutuhkan pengalaman-pengalaman baru. terlalu monoton. Kebutuhan ini sangat penting untuk mendorong proses pembelajaran yang berhasil.yang kuat atau dilain pihak ia dapat menjadi penghambat dalam belajar. dipuji dan dihormati oleh orang lain. Petugas pendidikan non formal yang memiliki pengetahuan mengenai kebutuhan-kebutuhan dasar manusia itu akan berusaha menyiapkan kenyamanan fisik untuk keperluan proses pembelajaran. Kebutuhan akan pengalaman baru. Kadang-kadang sulit bagi seseorang untuk menerima kebutuhan pribadi yang mendalam ini sebagai sesuatu yang normal atau alamiah.

alat kelamin. ekonomi. . sehingga menjadi lebih mudah dipahami. perut. sehingga dapat memuaskan kebutuhannya melalui perilaku yang efektif. akan memperhitungkannya dalam berbagai hal. yang penulis artikan sebagai kebutuhan keamanan. ia akan membantu peserta menyadari akan kebutuhnnya serta memperluas pengalamannya dan meningkatkan kemampuan mereka. Ia menyadari bahwa setiap peserta memerlukan pengakuan atau perhatian. Ia akan menciptakan lingkungan yang akan menumbuhkan minat baru serta gagasan baru. Misalnya kebutuhan untuk memperoleh pengakuan atau kebutuhan akan berprestasi akan menurun sejalan dengan bertambanhnya umum dan penurunan itu terutama disebabkan adanya rasa puas atau kebutuhan tersebut telah diganti oleh kebutuhan lainnya. Ia akan memberikan kesempatan timbulnya hubungan yang hangat antara peserta atau warga belajar dengan tenaga PLS atau antara peserta dengan peserta. Ia akan menawarkan program belajar yang akan meningkatkan keamanan psikologis dan spiritual serta memberikan rasa aman selama belajar. 5 Kebutuhan Dasar Manusia Kebutuhan Dasar Menusia menurut Susunan Tubuh Manusia Tubuh kita. Dilihat dari segi kedokteran atau pun secara biologis. Para tenaga PLS yang memahami mengenai kebutuhan dasar. berdasarkan susunan wujud fisiknya. Bagi seorang tenaga PLS yang sederhana. rohani dan inovasi. mungkin pembagian tersebut di atas kurang tepat sesuai dengan masing-masing fungsi biologisnya. Artinya kebutuhan dasar mereka akan berubah baik intensitasnya maupun kualiitasnya sejalan dengan pertambahan umur mereka. Aspek lain yang perlu dipahami mengenai kebutuhan dasar manusia adalah dalam hubungannya dengan waktu. dapat dibagi menjadi 5 bagian. seks.dan akan meyiapkan suatu lingkungan yang dapat menjamin ketenangan dalam belajar. dada dan kepala. ia akan menyadari bahwa salah satu tujuan pendidikan adalah membentu peserta agar mereka memperoleh pemahaman yang lebih objektif terhadap sebab-sebab perilakunya dan menjadi lebih terampil dalam mendiagnosa kebutuhannya untuk pengembangan lebih lanjut agar dapat memberikan kepuasan yang lebih baik terhadap kebutuhan fisik dan psikologisnya. Ia akan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan memberikan setiap peserta pengalaman belajar yang akan menjamin perasaan untuk berkembang bagi stiap orang. sehingga program belajarnya tidak bersifat rutin. Bila kita urutkan dari bawah ke atas maka urutannya adalah ke-5 bagian tersebut adalah: kaki. tetapi penulis mengajukan pemikiran baru tentang 5 kebutuhan dasar manusia berdasarkan pembagian struktur tubuh menjadi 5 bagian tersebut.

Kebutuhan Rohani (Spritual Needs). bahkan hingga institusi negara pun. tak mungkin bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya. Demikian pula. yang harus dinaiki step-by-step. yaitu kebutuhan akan penghargaan untuk penghormatan diri. sebelum kebutuhan-kebutuhan lainnya. masing-masing fungsi sebagai pribadi. yaitu kebutuhan pelampiasan dorongan seksual. perhatian hingga penerimaan orang lain. Tetapi ada perbedaan mendasar dalam teori Maslow dengan paradigma baru yang penulis sampaikan. 1. dalam pemenuhan ke-5 KDM ini. Tanpa pemenuhan kebutuhan primer untuk fisik jasmani ini. persahabatan serta memberi dan menerima kasih sayang/dihargai dengan/dari/oleh orang lain dalam kehidupan sosial . sebagaimana dalam teori psikologi humanistiknya Maslow. yang menjadi pusat kebutuhan fisik manusia. Tanpa bensin. relatif (tidak harus sepenuhnya) terpenuhi. 3. status. organisasi. Kebutuhan Ekonomi (Economical Needs) timbul sejak seorang manusia lahir hingga meninggalnya. setelah kebutuhan ekonomi. 4. yaitu kebutuhan ekonomi. sebelum kebutuhan-kebutuhan lainnya. 5 kebutuhan dasar tersebut pun harus dipenuhi secara linear. mobil tidak akan dapat bergerak. seorang manusia tak mungkin bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya. semua berpusat pada kebutuhan nomor 3. Kebutuhan ini harus dipenuhi. dari sisi hubungan antarpersonal dalam masyarakat sosial. yaitu bahwa 5 KDM dalam paradigma baru ini. Kebutuhan ekonomi ini harus dipenuhi terlebih dahulu (walau tidak harus sepenuhnya). bila kita dapat memahami keadaan sosial masyarakat di jamannya. yang sangat tabu membicarakan masalah seks. dapat dipahami dengan lebih mudah. 2. Kesalahan mendasar & fatal Sigmund Freud (1856-1939) adalah menfokuskan pembahasan psikologinya bahwa semua KDM manusia bersala dari kebutuhan seks ini. yang muncul bila ketiga kebutuhan sebelumnya telah dapat terpenuhi. Kebutuhan makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar. manusia tanpa makanan dan minuman. bagi mereka yang sudah matang fungsi biologisnya. Kebutuhan Seks (Sex Needs). yaitu kebutuhan akan perlindungan keselamatan terhadap bahaya atau kekerasan. seperti anakanak tangga dalam susunan piramid. perusahaan bahkan negara dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya. Masing-masing kebutuhan yang disebutkan sebelumnya.Bukan hanya dari sisi kita sebagai manusia saja. Kebutuhan Keamanan (Safety Needs). Tak dapat kita salahkan pandangan Freud tersebut. Juga kebutuhan akan afiliasi. Pandangan Freud adalah pemberontakannya kepada masyarakat di jamannya. karena kebutuhan ekonomi adalah seperti bensin dalam mobil. organisasi profit non-profit.

yang dapat mendorong perilaku seseorang untuk dapat mempertinggi kemampuan kerja dengan mengoptimalkan fungsi akal untuk ber-inovasi. Setiap manusia adalah pribadi yang berdiri sendiri. dan sejenisnya. Kebutuhan seperti ini . bila ke-4 kebutuhan lainnya sang manusia tak terpenuhi terlebih dahulu. tujuan hidup sebenarnya berada. tetapi kebutuhan rohaninya telah terpenuhi. tetapi mereka yang dapat menyeimbangkan ke-2 kebutuhan tersebut. menurut penulis kebutuhan ke-4 inilah pokok permasalahan kemanusiaan bermula. jasmani) dan kebutuhan hati (ruhani). Dalam sejarah para Nabi dan orang-orang besar. yang terdiri dari: Kebutuhan dasar yang berkaitan bagian-bagian penting tubuh misalnya kebutuhan untuk makan. sehingga mereka tetap dapat terus bertahan hidup untuk mendidik masyarakat kaumnya. kebutuhan ekonomi saja atau kebutuhan rohani saja. 5. bahkan ditulis dengan tinta emas dalam sejarah manusia. dan hanya mengejar kebahagiaan di akherat saja. mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan yang lain. Kebutuhan Inovasi (Innovation Needs) merupakan kebutuhan terakhir apabila keempat kebutuhan lainnya di atas telah terpenuhi. atau grup zuhud dengan menjadi ahli tasawuf. udara. Walaupun menurut Maslow kebutuhan sosial & prestise ini jarang dapat dipuaskan. yang menjadikan kehidupan manusia terpolarisasikan menjadi grup sekuler yang sepenuhnya mencari kebahagiaan palsu di dunia saja. kepercayaan kepada kekuatan Dzat yang lebih segala-galanya dari pada dirinya.masyarakat. minum. organisasi dan masyarakat (Knowles. dan obyek pendidikan yang seharusnya dilakukan. di rongga dada. meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan baru untuk lebih memudahkan dirinya dalam usaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar manusia. Yang penulis maksud dengan kebutuhan inovasi adalah kebutuhan optimalisasi fungsi akal untuk berpikir. salah satu kelebihan yang diberikan Pencipta khusus untuk manusia. 1977). Yang terbaik adalah grup yang tidak menafikan salah satunya. kebutuhan ke-3 dan ke-4 sering ter-reduksi (tersatukan) menjadi 1 tingkat kebutuhan saja. tak akan dapat berjalan optimal. Jadi. Gardner Murpy menggambarkan kebutuhan itu atas empat kategori. Kebutuhan akan kegiatan. selain kebutuhan jasmani manusia yang berpusat di perut. kebutuhan ruhani manusia berpusat di hati. walaupun kebutuhan-kebutuhan lainnya tidak/belum terpenuhi. Dalam perjalanan sejarah. Jadi R&D iptek yang penuh inovasi iptek. meliputi kebutuhan untuk tetap bergerak Pada dasarnya kebutuhan manusia dapat berupa kebutuhan individu (individu atau kelompok). kependetaan. antara kebutuhan perut (ekonomi. kebiarawatian yang anti-dunia.

All Rights Reserved webmasterofice.com/index.tk http://patrianet.com. Tetapi disamping perbedaan-perbedaan tersebut mungkin terdapat pula persamaan-persamaan kebutuhan yang disebut kebutuhan kelompok. Last Updated on Monday. 09 May 2011 00:12 Siapa online ? We have 3 guests and 1 member online Ads ppcindo Statistics Members : 503 Content : 24 Web Links : 6 Content View Hits : 3488 Copyright © 2011 patrianet.disebut kebutuhan perseorangan.php/makalah/45-keperawatan/51-ciri-kebutuhan-dasar-manusia .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->