P. 1
Mengatasi Kulit Kusam Dengan Bahan Alami

Mengatasi Kulit Kusam Dengan Bahan Alami

|Views: 87|Likes:
Published by zetes25

More info:

Published by: zetes25 on Sep 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/18/2012

pdf

text

original

MENGATASI KULIT KUSAM DENGAN BAHAN ALAMI

August 17th, 2009 | 4 Comments Kulit kusam terjadi karena beragam sebab, seperti sering memakai riasan tebal, menggunakan perawatan kulit yang tidak tepat, gaya hidup tidak sehat dan lalai merawat kulit. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami seperti minya zaitun, mentimun, lemon dan sebagainya. KUNING TELUR DAN AIR MAWAR Pola makan tidak sehat bisa mempengaruhi kondisi kulit. Jika asupan makanan seharihari minim vitamin A dan B bisa menyebabkan kulit kering dan kusam. Pasalnya, kelenjar-kelenjar minyak tidak bisa menyuplai minyak yang cukup untuk kulit. Akibatnya, kulit kering dan tidak segar. Untuk mengembalikan pola makan yang sehat adalah solusi terbaik untuk menyehatkan kembali kondisi kulit. Namun, upaya perawatan dari luar juga harus dilakukan. Salah satunya dengan kuning telur yang mengandung Vitamin A dan K yang mengembalikan produksi kelenjar minyak. Caranya : ? Ambil satu kuning telur, satu sendok the perasan jeruk, satu sendok the minyak zaitun dan beberapa tetes air mawar serta perasaan jeruk nipis. ? Aduk hingga tercampur dan oleskan pada wajah di pagi hari sebelum mandi. ? Biarkan 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dua kali seminggu agar kulit kembali sehat. KUNYIT DAN SUSU Perubahan suhu yang sangat drastic dari panas ke dingin atau sebaliknya serta penggunaan kosmetika yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga membuat kulit kusam. Tanda-tandanya, kulit tidak segar, muncul bintik hitam, jika diraba terasa kasar dan raiasan tidak menempel sempurna. Jika terkena keringat, maka kulit bertambah lusuh. Untuk mengatasinya, kulit harus disegarkan dan dicerahkan kembali. Setelah sembuh, maka kulit harus dirawat lebih baik lagi. Caranya : ? Ambil tepung terigu sebanyak satu sendok makan, tambahkan sejumput bubuk kunyit. ? Lantas teteskan perasan jeruk nipis, minyak zaitun dan susu segar cair masing-masing setengah sendok makan. ? Aduk semua bahan hingga tercampur rata. ? Oleskan ke seluruh area wajah, diamkan selama 30 menit.

? Basuh dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali agar kulit kusam kembali segar dan sehat MINYAK ALMOND DAN MINYAK BIJI RAMI Kulit kusam juga bisa disebabkan paparan sinar matahari yang terllau banyak menerpa kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan kusam. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab alami yang tidak sekadar melembabkan kulit dalam waktu singkat, namun juga bisa memperbaiki kulit. Caranya : ? Campur minyak biji rami, minyak zaitun dan minyak almond, masing-masing sebanyak setengah sendok teh. ? Masukkan ke dalam botol kecil dan aduk hingga tercampur rata. ? Tambahkan air destilasi hangat sebanyak tiga sendok makan. ? Kocok dan oleskan pada kulit. ? Biarkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih. ? Lakukan satu minggu satu kali. Masing-masing minyak tersebut kaya akan asam lemak dan aneka nutrisi yang membantu menyehatkan sekaligus melembabkan kulit. Anda bisa membeli minyak almond, minyak zaitun dan minyak biji rami di toko bahan kue atau masakan. WORTEL DAN ALOE VERA Mengkonsumsi obat-obatan juga berefek buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit. Terutama obat-obatan diuretic, antispasmodic dan antihistamin yang menyebabkan kulit kering. Solusinya, kurangi konsumsi jenis obat-obatan tersebut. Namun, jika tidak bisa dilakukan, maka cara terbaik adalah dengan merawat kulit dengan bahan-bahan yang tepat. Caranya : ? Ambil lender atau gel aloe vera sebanyak satu sendok makan. Campur dengan parutan wortel dan aduk hingga merata. ? Oleskan merata ke wajah, kecuali area mata. Biarkan selama 15-20 menit agar remuan mongering. Basuh dan bilas dengan air bersih. ? Aloe vera akan mengangkat sel kulit mati sekaligus menenangkan dan melembabkan kulit. Selain itu juga akan menyembuhkan kulit terluka karena terlalu kering. Sementara wortel mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk melembutkan kulit. TEPUNG BERAS DAN MENTIMUN Lalai merawat kulit mengakibatkan kulit kusam. Sebab sel kulit mati yang seharusnya dibuang akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga kulit menjadi kusam, kasar dan tidak sehat. Solusinya adalah mengulaskan bahan yang mengandung butiran scrub agar sel kulit mati yang menumpuk bisa diangkat dan kulit menjadi lebih sehat.

Caranya : ? Buatlah pasta yang berasal dari campuran tepung beras sebanyak satu sendok makan, perasan mentimun dan jeruk. Jumlah perasan mentimun dan jeruk disesuaikan dengan jumlah tepung beras. ? Aduk merata hinga adonan cukup pekat dan bisa dioleskan pada kulit. Oleskan merata pada wajah kecuali area mata. ? Biarkan selama 15 sampai 20 menit atau hingga mongering. Perasaan mentimun itu akan melembutkan kulit sementara perasan jeruk dan tepung beras bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan membuat kulit kusam. ? Jika kulit anda tidak berjerawat, bisa juga ditambahkan perasan lemon yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sebab, umumya kulit kusam berwarna kecoklatan dan tidak cerah. ? Lakukan perawatan ini dua kali seminggu. Jika kulit sudah kembali sehat bisa diteruskan dengan perawatan yang sama seminggu sekali.

Kulit Wajah Kusam & Berminyak? No Way!
KULIT kusam dan berminyak sering kali membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Apa penyebab kulit kusam dan berminyak? Bagaimana cara mengatasinya? Menurut dr Petrina Slamat Dipl CIDESCO SpAK dari Clinic, Jalan Mardani Raya 104, Jakarta Pusat, ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit kusam, antara lain, stres, asap rokok, gula, makanan yang berglucosa tinggi, dan terlalu banyak terpapar sinar matahari. “Cara mengobatinya sesuai dengan keadaan yang dihadapi. Berbagai macam perawatan dapat dilakukan seperti facial, chemical peeling, microdermabration dan juga perawatan dengan laser serta IPL,” jelas dr Petrina. Stres merupakan penyebab utama kulit menjadi kusam. Stres juga memicu obesitas dan jerawat. Ada berbagai cara mengatasi stres antara lain, berendam di dalam air hangat dengan sedikit bahan aroma terapi atau berolahraga. Olahraga akan melepaskan endorfin, hormon yang membuat rileks dan bahagia. Asap rokok yang mengandung ribuan zat racun kimiawi memengaruhi kulit untuk mendapatkan suplai oksigen yang dibutuhkan kulit. Oksigen diperlukan kulit untuk menjaga kelenturan. Gula dan makanan yang berglukosa tinggi juga dapat membuat kulit terlihat kusam jika dikonsumsi terlalu banyak. Berada di bawah sinar matahari dalam kurun waktu yang cukup lama pun dapat membuat kulit terbakar dan kusam. Facial merupakan langkah awal yang sangat bermanfaat untuk membersihkan dan mengobati masalah kecantikan pada wajah. Jika wajah sudah bersih dari debu, komedo, dan polusi lainnya, berbagai macam obat akan mudah bereaksi dan memberikan hasil yang maksimal. “Selain itu, untuk perawatan di rumah, kita dapat menggunakan krim yang mengandung AHA, asam azeleat, vitamin C, arbutin, hidroquinon yang sesuai dengan kulit kita,” sambungnya. Sebelum keluar ruangan dan terkena sinar matahari, saran dr Petrina, sebaiknya Anda menggunakan tabir surya. Dan supaya kulit Anda tetap cantik dan sehat, hindari rokok, berolahraga secara teratur, kurangi stres, kurangi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, gunakan produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit, dan berkonsumsi buah dan sayuran. Kulit Berminyak Sudah banyak jenis kosmetik yang dapat mengurangi minyak berlebih seperti facial foam yang antiminyak dan krim sunblok yang dapat mengurangi kadar minyak berlebih.

“Kulit berminyak ditandai dengan penampilan yang mengkilap dan kusam. Jika keadaan semacam ini berlangsung selama bertahun-tahun, pori-pori di kulit wajah Anda dapat tertutup oleh minyak yang berlebihan dan bisa menimbulkan masalah jerawat,” terang dokter cantik ni. Untuk mengurangi keluarnya minyak secara berlebihan, gunakan bahan kimia atau sabun yang keras. Tapi jangan terlalu banyak atau berlebihan. Jika tidak, bahan itu dapat mengurangi minyak pada titik tertentu pada wajah dan membuat kulit menjadi kering. Menurut dr Petrina ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit berminyak, antara lain, faktor keturunan, faktor hormonal, Pil KB, kosmetik, kelembapan udara, dan pola makan. Biasanya orang tua yang mempunyai masalah kulit berminyak akan mewariskannya kepada anaknya. Hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber juga bisa menjadi pemicu kulit berminyak. “Faktor hormonal karena pada saat puber, kehamilan, pemakaian obat KB, terjadi ketidakseimbangan hormon sehingga akan terjadi hiperaktivitas kelompok minyak,” lanjutnya. Faktor lain yang diketahui sebagai penyebab masalah kulit berminyak adalah kosmetik dan kelembaban atau udara yang panas. Pola makan yang buruk, terlalu banyak lemak dalam tubuh juga dapat menyebabkan kulit berminyak. “Pola makan dengan kadar gula dan lemak tinggi mempengaruhi kelelnjar sebacea (kelenjar minyak). Untuk itu, sebaiknya bersihkan wajah 2-3 kali sehari dengan sabun pembersih yang bebas minyak. Jika lakukan scrubbing lakukan dengan lembut. Pilih produk yang cocok dengan kulit. Uapi wajah dengan air panas, olahraga, diet makanan dan konsumsi vitamin C serta makanan yang mengandung zinc seperti daging merah dan unggas, biji-bijian, dan kacangkacangan, beberapa makanan laut tertentu, padi-padian dan gandum, sereal dan produk susu,” ungkapnya. (Genie/Genie/tty)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->