Bahan penyusun BENDA DAN SIFATNYA

Pemanasan Pendinginan Penyubliman Pembakaran Pencampuran Pembusukan perkaratan

Sifat Bahan

Perubahan Sifat Benda

Hubungan antara Sifat Bahan dengan Bahan Penyusunnya

Benang

Kain

Kertas

- Perubahan Fisika - Perubahan Kimia

Kapas

Bahan Sintetis

Serat Tumbuhan

Serat Hewan

Kayu

Rangkuman Materi 1. Benang terbuat dari kapas atau nilon. Benang dari kapas bersifat lebih kuat daripada benang nilon. 2. Benang berfungsi untuk menjahit, menyulam, atau menerbangkan layang-layang. Benang dapat juga dipintal menjadi kain. 3. Kain terbuat dari serat alami dan serat sintesis. Kapas, kapuk, kulit batang rami, wol, dan sutra merupakan serat alami. 4. Nilon dan poliester termasuk serat sintesis. 5. Kertas diperoleh dengan mengolah kayu menjadi bubur kertas. Kertas memiliki sifat mudah menyerap air dan mudah sobek. Tebal atau tipisnya kertas tergantung pada bahan-bahan yang ditambahkan. 6. Benda dapat mengalami perubahan sifat 7. Sifat benda yang mengalami perubahan sifat dapat dilihat pada bentuk, warna, kelenturan, kekerasan dan bau 8. Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan pada benda, antara lain, pemansan, pendinginan, peyubliman, pembakaran, pencampuran, pembusukan, dan perkaratan a. Pemanasan, pendinginan, penyubliman menyebabkan benda mengalami perubahan wujud b. Pembakaran dan pembusukan menyebabkan benda mengalami perubahan bentuk, warna, kekerasan, kelenturan, dan bau c. Pencampuran menyebabkan benda mengalami perubahan bentuk dan kekerasan d. Perkaratan menyebabkan benda mengalami perubahan warna dan kekerasan 9. Perubahan wujud dapat digolongkan menjadi 2 yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia

.LATIHAN UJI KOMPETENSI 4 1. Dari uji penyerapan air terhadap beberapa jenis kertas. a. kapuk c. kotoran b. lebih tahan air b. diperoleh hasil berikut. . es c. . . Kain wol lebih cocok digunakan untuk membuat jaket karena . serat kayu b. Kain sutra dibuat dari . pembakaran c. bersifat menahan panas d. . wujud c. . . benang layang-layang d. karton b. pendinginan b.. pemanasan d.. kelenturan b. . titik air 13.. tanah liat. kapas b. Sifat benang yang paling kuat terdapat pada . kecuali . kedap air 6. sintetis 3. . . . . Kertas tahan air karena adanya lapisan plastik pada permukaannya disebut kertas . . serat rami d. III b. Buah yang menjadi layu dan busuk merupakan contoh perubahan benda yang disebabkan oleh . perkaratan 15. a. menyerap air b. benang sulaman c. telur c. pencairan 14.. serat 10. minyak 11. .. . pulp c. a. IV 9. harganya mahal 5. embun b. . .. Pemanasan pada air akan mengakibatkan air berubah wujud menjadi . selulosa b.. II d. a.. . Benang nilon terbuat dari bahan . menyerap panas c. kepompong d.. . Di bawah ini yang merupakan faktorfaktor yang dapat membuat benda mengalami perubahan.. . lentur dan mudah dicuci d. . pembusukan c. a. Jas hujan dibuat dari bahan yang bersifat . a.. a. bersifat menyerap keringat c. lignin d. pendinginan b. benang jahit b.. Karung beras (karung goni) yang sangat kasar dan kaku terbuat dari bahan . a. berupa bahan alami c.. Manila d. HVS c. air liur 7.. warna 12. Campuran bubur kertas dengan kanji.. uap d. hewan c. a. a. Kain katun banyak dipilih untuk bahan pakaian daripada kain nilon karena kain katun . I c. tumbuhan d. a. pemanasan d. Perubahan wujud benda dari zat cair menjadi zat padat disebabkan karena proses . tahan panas b. a.. benang songket 2. a. ulat sutra. . . .. a. mudah dijahit 4. . atau bahan kimia tertentu disebut . bau d. . nilon 8. tidak mudah kusut d. . . Catatan: Tanda + menunjukkan banyaknya air yang diserap Jenis kertas yang paling cocok untuk bahan tisu yaitu . Jika air dipanaskan maka air akan mengalami perubahan .

besi berkarat 27. pembuatan tempe c. bau d. . mentega memadat kembali b. . yang terjadi yaitu . pelarutan d. kertas b. . a. karet b.. . tidak terjadi perubahan bentuk 28. . . . perubahan wujud yang dapat dibalik c. . Plastik tidak dapat kembali ke wujud semula setelah melalui proses . es batu c. a.. perubahan wujud karena pembakaran 20. Terigu c.. . kuku bersifat keras c. Benda yang dapat berubah sifat bila dicampur air yaitu . kuku bersifat lentur 22. . tidak menghasilkan zat baru d. buah membusuk b. .. besi b. . pendinginan 16. . a. . kecuali . pembusukan b.. . pembusukan d. . pemanasan c. a. plastik 26. . ditekan b. kebakaran hutan b. . . tidak dapat kembali ke bentuk semula c.. Kapur tulis dapat digores dengan kuku karena . Perubahan wujud yang terjadi secara alami adalah . Benda-benda berikut ini dapat mengalami proses perkaratan apabila terkena air atau uap air dalam waktu yang lama. kapur tulis bersifat lentur d.. kaca yang pecah 19. . . . Perubahan benda yang bersifat sementara yaitu . pencampuran dengan air d.. mentega menguap d. . bentuk b. tiang listrik d. pembakaran 23. es mencair d.. pembusukan buah d. kapur tulis bersifat keras b. Buah mangga dapat berubah sifat secara alami karena proses . . kayu terbakar c. Mentega akan mencair ketika dipanaskan. es balok mencair d. perkaratan b. . warna c.. a. rantai sepeda c. nasi 21. kayu 18. .. a. Salah satu ciri perubahan benda yang bersifat tetap yaitu . a. a. a. pencampuran dengan air b. dibakar 25. perubahan wujud karena perkaratan d. dicampur dengan air d. a. . a. mentega berubah menjadi minyak goreng 29. perubahan wujud yang tidak dapat dibalik b. Perubahan wujud benda yang dapat kembali ke bentuk semula disebut . lilin d. pembakaran sampah c. . batu 24. a. Contoh perubahan wujud yang dapat dibalik adalah . a. mentega tidak mengalami perubahan c. ditarik dengan kuat c. besi berkarat d.a.. . pembakaran 30. Benda yang dapat kembali ke wujud semula setelah dipanaskan yaitu . pemanasan lilin b.. arang b. kayu d. a. Jika cairan mentega didinginkan. Karet dapat mengalami perubahan sifat jika . kayu c. dapat kembali ke bentuk semula b. Proses perkaratan pada besi menyebabkan benda mengalami perubahan . kelenturan 17.. pembakaran c. . a. pendinginan c. air membeku .. Perubahan yang bersifat tetap terjadi pada peristiwa .