Unit 5

Pengembangan Peran Serta masyarakat dalam Pembelajaran

PENGEMbANGAN PERAN SERTA MASyARAkAT DALAM PEMbELAJARAN
waktu : 2 jam

A. PENGANTAR Penyelenggaraan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, orangtua, dan masyarakat. ketiga komponen tersebut, sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing, harus berupaya agar mutu program pendidikan terselenggara secara optimal. Dari beberapa sekolah diperoleh informasi bahwa dukungan dan peran serta masyarakat dalam menunjang program pembelajaran di sekolah masih beragam. Umumnya dukungan masih bersifat fisik, namun ada juga kelompok masyarakat yang sudah membantu proses pembelajaran. Di sisi lain, masih ada sekolah yang kurang mampu dan kurang mau mendekati masyarakat agar mau membantu program pendidikan dalam bidang fisik maupun bidang pembelajaran. Pada sesi ini para peserta diharapkan dapat mengkaji upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dan sekolah tentang pentingnya Pe- Pengembangan Peran Serta masyarakat dalam ran Serta masyarakat (PSm) dalam membantu Pembelajaran pembelajaran, baik dalam bentuk penyediaan sumber belajar atau sebagai nara sumber. Di bawah ini ada sejumlah isu penting tentang peran serta masyarakat dalam pembelajaran, yang dapat menjadi masukan dalam upaya untuk meningkatkan PSm. beberapa fakta tentang komite Sekolah: 1. 2. Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa program pendidikan merupakan tanggung jawab sekolah dan pemerintah saja Saat ini, umumnya Peran Serta masyarakat masih terbatas pada pengumpulan dana dan dukungan fisik untuk pembangunan sekolah saja. Sebagian masyarakat dan juga sekolah, belum menyadari pentingnya potensi, peran serta, hak dan kewajiban masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran Sebagian sekolah sudah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran di sekolah

3.

69

komite Sekolah. TUJUAN: Pengembangan Peran Serta masyarakat dalam Pembelajaran Setelah mengikuti pelatihan. bAHAN DAN NARA SUMbER: 1. Tayangan Lembar kerja: Studi kasus dan Format 5. C. LANGkAH kEGIATAN: 5’ Pengantar 35’ Studi kasus dan Presentasi Hasil 20’ Presentasi Nara Sumber 1 2 3 10’ Penguatan 20’ Diskusi Hasil kerja kelompok 30’ kerja kelompok 6 5 4 70 . 4.1 ATk: kertas plano. 2. meningkatkan kemampuan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat dan sekolah tentang pentingnya Peran Serta masyarakat dalam membantu pembelajaran meningkatkan keterampilan dalam menggali berbagai cara dan jenis Peran Serta masyarakat dalam pembelajaran meningkatkan karya nyata masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan 2. atau orangtua. jumlah peserta yang akan hadir. spidol berbagai warna Nara sumber Sebelum pelatihan fasilitator menghubungi calon nara sumber dan menginformasikan tujuan lokakarya. latar belakang peserta. ALAT. misalnya: • • • Pengalaman meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembelajaran bentuk-bentuk peran serta masyarakat dalam pembelajaran Hasil yang diperoleh setelah masyarakat berperan serta aktif dalam pembelajaran Nara sumber bisa berasal dari: kepala sekolah. dan mendiskusikan hal-hal pokok yang akan disajikan atau dibahas dalam lokakarya. D. 3. para peserta diharapkan mampu: 1.Unit 5 b. 3.

b. Peserta bertukar hasil kerja kelompok Setiap kelompok mendiskusikan kembali dan mengomentari hasil kerja kelompok lain Hasil kerja dan komentar dipajangkan 71 . Presentasi Nara Sumber (20 menit) a. c. 2. kemudian. 3.Unit 5 1. Selanjutnya hasil diskusi setiap kelompok dipajangkan untuk dibahas lebih lanjut c. nara sumber memberikan presentasi singkat tentang implementasi peran serta masyarakat dalam peningkatan kualitas belajar. Fasilitator sebaiknya juga meminta peserta untuk mengumpulkan isu-isu lain yang ditemui di sekolah serta mengajak peserta untuk berbagi pendapat tentang isu tersebut. Isu dalam kotak di Pengantar dapat digunakan untuk memulai sesi ini. kerja kelompok ( 30 menit) a. Pengantar (5 menit) Pengembangan Peran Serta masyarakat dalam Pembelajaran Fasilitator membuka sesi dengan menyampaikan isu penting peran serta masyarakat dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Studi kasus (35 menit) a. fasilitator membagikan bahan studi kasus tentang pengalaman nyata/contoh bentuk peran serta masyarakat dalam menunjang pembelajaran. partisipasi paguyuban kelas di suatu sekolah. b. Peserta masih dalam kelompok berdasarkan asal sekolah Setiap kelompok mendiskusikan dan menyusun rencana kongkrit peningkatan peran serta masyarakat dalam pembelajaran di sekolah masing-masing. Setelah tugas kelompok untuk mendiskusikan studi kasus selesai beberapa kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lain menanggapi. dan model kerjasama sekolah Peserta diberi kesempatan meminta klarifikasi dan bertanya kepada nara sumber b. misalnya: rapat dengan orangtua untuk membahas cara mereka membantu anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Sesuai dengan pengalamannya. Contoh kasus dan tugas menyelesaikan kasus terdapat dalam Lembar kerja Studi kasus di bagian F. b. Temuan dan hasil kerja kelompok dituliskan dalam Lembar kerja Format 5. fasilitator mempersilakan peserta dalam kelompok masing-masing untuk menyelesaikan kasus tersebut. 4. Peserta dikelompokkan berdasarkan kelompok sekolah Sebagai awal curah pendapat. Diskusi Hasil kerja kelompok (20 menit) a.1 yang tersedia di bagian F 5.

Unit 5 7. bAHAN bACAAN UNTUk FASILITATOR DAN PESERTA: TIDAk ADA 72 . antara lain: a. Adanya program sekolah yang melibatkan Peran Serta masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran b. Adanya kegiatan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya Peran Serta masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran c. Adanya bentuk kongkret Peran Serta masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran E. Penguatan: (10 menit) Pengembangan Peran Serta masyarakat dalam Pembelajaran Fasilitator menyampaikan perlunya tindak lanjut upaya peningkatan peran serta masyarakat dalam peningkatan program pembelajaran. Fasilitator juga menyampaikan indikator keberhasilan sekolah dalam meningkatkan peran masyarakat dalam pembelajaran.

orang tua siswa juga makin kecewa ketika mengetahui bahwa anak-anak kelas 2 masih banyak yang belum bisa membaca. Susun program peningkatan mutu sekolah dalam jangka 3 bulan. orang tua siswa sebagian besar buruh dan pedagang kecil. Untuk maksud tersebut kepala Sekolah mengadakan rapat dengan komite Sekolah. Guru kelas 1 mengajar siswa membaca menulis permulaan dengan metode mengeja. dan mengajarkan alfabet. SD Negeri tersebut temasuk rangking ke 15 dari 17 sekolah di kecamatan tsb. Hasil diskusi dan saran pemecahan ditulis dalam kertas plano untuk dipresentasikan dan dipajangkan. kepala Sekolah dan beberapa guru sudah melakukan kunjungan ke Probolinggo dan ingin melakukan perbaikan mutu pendidikan di SD tersebut. 73 . Selain itu juga siswa tidak mempunyai buku bacaan di rumah. mereka sudah lama tidak mendapat droping buku perpustakaan. beberapa wakil orang tua siswa dan tokoh tokoh masyarakat di kecamatan dan mengharapkan bantuan pemikiran bagaimana meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Guru kelas 2 tidak tahu bagaimana mengatasi persoalan tersebut.Unit 5 F. para guru dan orang tua siswa SDN Sukamaju merasa risau dan kecewa waktu mereka mengetahui bahwa hasil tes ulangan umum bersama dan UAN. sehingga banyak yang lusuh dan sobek-sobek. kepala sekolah. kepala sekolah mengeluh bahwa sekolah tidak mempunyai ruang perpustakaan dan buku perpustakaan yang ada sudah dipakai lebih dari 5 tahun. LEMbAR kERJA PESERTA Pengembangan Peran Serta masyarakat dalam Pembelajaran Lembar kerja Studi kasus Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pembelajaran bacalah kasus dalam kotak di bawah ini. bahas masalah yang dihadapi sekolah dan usulkan saran-saran kongkrit bagaimana mengatasi masalah tersebut. mereka ingin meningkatkan peran komite Sekolah dan Peran Serta masyarakat seperti di Probolinggo.

meja dan kursi diharapkan dari orang tua. bentuk dukungan dari masyarakat yang diperlukan keteramPemimateri Nara sumber pilan kiran Diperlukan sumbangan bukubuku. Sumbangan bukubuku. 1. Dana Dana diperlukan untuk melengkapi sarana perpustakaan Lainnya 2. meja dan kursi Diperlukan nara sumber untuk pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran Nama Lembaga/ perorangan Dana diharapkan diperoleh dari donatur dan DUDI. 3.1 Peran Serta Masyarakat dalam Pembelajaran No. 5. 4.Unit 5 Pengembangan Peran Serta masyarakat dalam Pembelajaran Format 5. 74 . Permasalahan Pembelajaran Penerapan PAkEm masih mengalami kendala karena sekolah belum memiliki perpustakaan yang memadai. Nara sumber dari perguruan tinggi.

Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa program pendidikan merupakan tanggung jawab sekolah dan pemerintah saja. 2.Unit 5 Pengembangan Peran Serta masyarakat dalam Pembelajaran G. bAHAN TAyANGAN UNTUk FASILITATOR Isu 1. Sekolah memberi kesempatan pada masyarakat untuk mendukung pembelajaran Tujuan • meningkatkan kemampuan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat dan sekolah tentang pentingnya Peran Serta masyarakat dalam membantu pembelajaran meningkatkan keterampilan dalam menggali berbagai cara dan jenis Peran Serta masyarakat dalam pembelajaran meningkatkan karya nyata masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan • • Langkah kegiatan 75 . Umumnya PSm masih terbatas pada pengumpulan dana dan dukungan fisik 3.

No. 1.Unit 5 Pengembangan Peran Serta masyarakat dalam Pembelajaran Presentasi Nara Sumber • • • Simaklah baik-baik apa saja yang disampaikan oleh Nara Sumber Catatlah butir-butir penting informasi Nara Sumber Susunlah pertanyaan yang akan diajukan dalam sesi tanya jawab Studi kasus • • • • • baca Studi kasus dan bahas dalam kelompok Saran pemecahan ditulis pada kertas plano Hasil kerja kelompok ditukar dengan kelompok lain beri komentar pada hasil kelompok lain Hasil kerja kelompok dan komentar dipajangkan Diskusi kelompok Permasalahan Pembelajaran Penerapan PAkEm masih mengalami kendala karena sekolah belum memiliki perpustakaan yang memadai. meja dan kursi Nara sumber keterampilan Pemikiran Lainnya Nama Lembaga/ perorangan Dana diharapkan diperoleh dari donatur dan DUDI. Sumbangan buku-buku. meja dan kursi diharapkan dari orang tua. Nara sumber dari perguruan tinggi. bentuk dukungan dari masyarakat yang diperlukan Dana Dana diperlukan untuk melengkapi sarana perpustakaan materi Diperlukan sumbangan buku-buku. Diperlukan nara sumber untuk pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran 2. 76 .

• • 77 .Unit 6 Pengelolaan Pendanaan Sekolah Penguatan • Program sekolah harus menunjukkan pelibatan Peran Serta masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran kegiatan advokasi sangat efektif untuk menunjukkan pentingnya Peran Serta masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran bentuk kongkret Peran Serta masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran terlihat di sekolah. • • Indikator keberhasilan • Adanya program sekolah yang melibatkan Peran Serta masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran Adanya kegiatan advokasi tentang pentingnya Peran Serta masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran Adanya bentuk kongkret Peran Serta masyarakat dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful