P. 1
Jagat Raya Adalah Istilah Lain Dari Alam Semesta

Jagat Raya Adalah Istilah Lain Dari Alam Semesta

|Views: 164|Likes:
Published by Hanya Kamoe

More info:

Published by: Hanya Kamoe on Sep 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/24/2014

pdf

text

original

1. PENDAHULUAN Jagat Raya dengan segala isinya masih menyimpan misteri.

Sebagian sudah ada yang terungkap, namun masih banyak yang belum diketahui, misalnya dimana batas / dinding dari ruang yang disebut alam semesta / Jagat Raya tersebut ? Maka, jawabannya adalah tidak terbatas. Mengapa ? Karena hingga saat ini kemampuan manusia melalui ilmu pengetahuan dan teknologinya belum dapat membuktikan dimana ujung / dinding dari ruang Jagat Raya tersebut. Namun demikian, melalui penelitian yang terus - menerus, sebagian rahasia Jagat Raya mulai dapat diketahui. Misalnya, tentang letak, gerakan, dan bentuk benda langit yang dekat dengan bumi. Lebih jauh lagi telah diketahui bahwa sistem Tata Surya kita hanya sebagian kecil dari pengisi Galaksi Bimasakti. Manusia juga akhirnya memahami bahwa Galaksi Bimasakti bukan satu-satunya galaksi pengisi Jagat Raya.

2. PENGERTIAN JAGAD RAYA Jagat Raya adalah istilah lain dari alam semesta. Dalam ilmu astronomi (ilmu yang mempelajari ihwal bintang) Jagat Raya, semesta, / yang disebut Cosmos sesungguhnya adalah sebuah ruang tempat segenap benda langit berada, termasuk bumi tempat manusia hidup. Di Jagat Raya terdapat bermilyar bintang, planet - planet, komet, serta meteor. Selain itu, di Jagat Raya juga terdapat benda - benda langit lain seperti debu, kabut, dan gas.

3. TERBENTUKNYA JAGAT RAYA Beberapa teori yang menjelaskan tentang terbentuknya Jagat Raya 1. Teori Keadaan Tetap 2. Teori Dentuman Besar 3. Teori alam semesta yang berayun a. Teori Keadaan Tetap Teori Keadaan Tetap menyebutkan bahwa alam semesta selalu memuai dengan laju tetap dan materi baru terus menerus tercipta. Akibatnya, dalam ruang tertentu selalu dipadati oleh materi yang berjumlah tetap. Teori ini diajukan oleh ahli kosmologi bangsa Inggris (Fred Hoyle, Herman Bondi dan Thomas Gold). Dikatakan bahwa alam semesta ini tak berawal dan tak berakhir. Di mana-mana sama setiap saat. Agar alam semesta selalu dalam keadaan begitu maka perlu diciptakan bahan baru secara sinambung. Bahan baru ini menimbulkan tekanan yang memaksa alam semesta memuai secara terus-menerus. Bahan baru tersebut selanjutnya memadat menjadi galaksi untuk mengisi kekosongan yang ditimbulkan karena pemuaian.

dan berada pada kerapatan dan panas tak terhingga. Sehingga. Pada suhu sekitar 300 derajad semua unsur berubah menjadi gas. kurang lebih jutaan tahun berikutnya. ylem ini meledak dahsyat. Pada saat itu dimana Alam Semesta memiliki ukuran nol. yang tidak terlalu lambat untuk membuatnya segera mengerut. Pada suhu sekitar 60 juta derajad semua neutron berubah menjadi proton dan elektron. Alam Semesta akan terus mengembang tanpa kejadian-kejadian lain apapun. Teori Dentuman Besar (Big Bang) Teori Dentuman Besar menyatakan bahwa alam semesta ini bermula dari suatu ledakan dahsyat (Big Bang) dan galaksi akan meluas tanpa batas.b. Alam Semesta akan mengembang terus. Pelambatan ini menghasilkan suatu spekulasi bahwa alam semesta ini melengkung positif. Bola raksasa ini terdiri dari neutron dan tenaga pancaran yang disebut „Ylem” (diucapkan „ailem‟). Bersamaan dengan suhu yang menurun. Para ahli menemukan bahwa gerak galaksi yang saling menjauh itu menunjukkan tanda-tanda makin melambat. Penemuan Hubble ini menunjukkan bahwa Alam Semesta kita tidaklah statis seperti yang dipercaya sejak lama. Bola mengembang sehingga berkurang kepadatannya dan turunlah suhunya dari milyaran derajad hingga jutaan derajad. Sekitar 18 milyar tahun yang lalu. Pada tahun 1929 Astronom Amerika Serikat. Alam Semesta berkembang. kemudian meledak dan mengembang dengan laju pengembangan yang kritis. namun dengan kelajuan yang semakin kecil. namun bergerak mengembang. Edwin Hubble melakukan observasi dan melihat Galaksi yang jauh dan bergerak selalu menjauhi kita dengan kecepatan yang tinggi. Teori alam semesta yang berayun Tampaknya Teori Alam Semesta yang Berayun merupakan kelajutan dari teori Dentuman Besar. meskipun tidak benar-benar mencapai nol. Dan sesudah itu. Teori lahir dari pemikiran ahli fisika Amerika (George Gamow).dan semakin kecil. Kemudian ini menimbulkan suatu perkiraan bahwa Alam Semesta bermula dari suatu ledakan sangat besar pada suatu saat di masa lampau yang dinamakan Dentuman Besar. alam semsta ini seperti bola raksasa yang sangat padat. Gumpalan gas inilah yang menjadi awal dari sebuah galaksi. Ia juga melihat jarak antara Galaksi-galaksi bertambah setiap saat. Apabila benar demikian maka berarti alam semesta ini tak bertepi tetapi tidak tanpa batas. atau terlalu cepat sehingga membuatnya menjadi kurang lebih kosong. terbentuklah semua unsur yang ada di alam sekarang ini. c. Ia mengatakan bahwa pada mulanya. pada suatu waktu semua materi . dengan laju 5%-10% per seribu juta tahun. Alam Semesta secara keseluruhan akan terus mengembang dan mendingin.

000 parsec dan biasanya dipisahkan oleh jarak yang dihitung dalam jutaan parsec (atau megaparsec). memampat dan meledak tiada materi yang rusak atau tercipta. Hingga sekarang teori dentuman besar (BIG BANG ) merupakan teori yang paling kuat tentang asal-usul Jagat Raya 4. melainkan hanya beubah tatanannya. Berikut Galaksi-galaksi terindah yang pernah ditemukan manusia sampai saat ini .akan berhenti dan mulai mengerut lagi sebagai akibat gaya (tarik) gravitasi. untuk kemudian membentuk himpunan yang lebih besar yang disebut superklaster. ANGGOTA JAGAT RAYA 1. Sebagian besar galaksi diorganisasikan ke dalam sebuah himpunan yang disebut klaster.Ruang antar galaksi terisi dengan gas yang memiliki kerapatan massa kurang dari satu atom per meter kubik. . antara lain bintang neutron dan lubang hitam). Terbentuklah alam semsta seperti yang kita alami saat ini. Kemungkinan terdapat lebih dari 100 miliar galaksi pada alam semesta teramati. yang berarti "susu. gas dan debu kosmik medium antarbintang. Galaksi Galaksi adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya. semuanya mengorbit pada pusat galaksi." Tipe-tipe galaksi berkisar dari galaksi kerdil dengan sepuluh juta bintang hingga galaksi raksasa dengan satu triliun bintang. Sombrero galaxy Sombrero Galaxy (dikenal juga dengan sebutan M104 atau NGC 4594) adalah galaksi yang berbentuk spiral dimana lingkaran luarnya tampak lebih lebar dan terletak di susunan bintang Virgo. Struktur yang lebih besar ini dikelilingi oleh ruang hampa di dalam alam semesta. Semua materi akan termampat lagi menjadi sebuah bola raksasa dan selanjutnya akan meledak lagi.Kata galaksi berasal dari bahasa Yunani galaxias [γαλαξίας]. Selama proses mengembang dan mengkerut. Sebagian besar galaksi berdiameter 1000 hingga 100. dan kemungkinan substansi hipotetis yang dikenal dengan materi gelap. Debu yang berwarna gelap dan lubang besar ini menjadikan galaxy ini di sebut seperti "topi sombrero" (mempunyai tepi yang lebar).

Pasangan galaxy ini menerangi jalur distribusi debu galactic yang melebihi jangkauan galaxy spiral. dengan latar belakang galaxy. Oleh karena itu debu yang melebihi batasan perbintangan tersebut menampakan area baru yang menjadi bahan pembelajaran para astronom. 2MASX J00482185-2507365. Kedua galaxy tersebut terletak agak jauh dr NGC 253. yang terkenal dengan sebutan galaxy "Black Eye" atau "Sleeping Beauty Galaxy. atau NGC 5194.06. Black Eye Galaxy mempunyai ikatan hitam yang menakjubkan dalam menyerap debu yang berada di depan titik (nucleus) tersebut.0008 < z < 0. the Whirlpool Galaxy adalah grand-design spiral galaxy yang saling mempengaruhi.06).". . M51a. sedangkan tampak depannya terletak diantara NGC 253 dan backgroundnya (0.yang jatuh di redshift z=0. Ini merupakan salah satu spiral galaxy yang terkenal di langit.Black Eye Galaxy Sebuah galaxy berbentuk spiral yang terletak dalam susunan bintang Coma Berenices. The Whirlpool Galaxy The Whirlpool Galaxy juga dikenal dengan Messier 51a. atau the Sculptor Galaxy. 2MASX J00482185-2507365 occulting pair The 2MASX J00482185-2507365 occulting pair (mempunyai pasangan yang tersembunyi) adalah sepasang galaxy yang saling beradu yang ditemukan di sekitar NGC 253. Galaxy ini juga terkenal diantara astronomer amateur karena bentuknya yang dapat dengan mudah dilihat menggunakan teleskop kecil sekalipun. Messier 64. yang jauhnya sekitar 23 million light-years dalam susunan bintang Canes Venatici.

Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata). .08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir. B. M yang juga menunjukkan urutan suhu. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. warna dan komposisi-kimianya. tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain.000 kilometer. Jadi. K.” Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang. bintang A0 bertipe lebih awal daripada F5. Untuk mengingat urutan penggolongan ini biasanya digunakan kalimat "Oh Be A Fine Girl Kiss Me". G. Dengan kualitas spektrogram yang lebih baik memungkinkan penggolongan ke dalam 10 sub-kelas yang diindikasikan oleh sebuah bilangan (0 hingga 9) yang mengikuti huruf. F. definisi bintang adalah: “Semua benda masif (bermassa antara 0. dan K0 lebih awal daripada K5.Diatas adalah sebagain kecil galaksi yang kini telah ditemukan dan masih terus di amati oleh para pakar Astronomi Masih banyak lagi galaksi-galaksi yang lain di jagad raya kita ini yang belum diketahui keberadaannya dan masih dalam pengamatan. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri. Sudah menjadi kebiasaan untuk menyebut bintang-bintang di awal urutan sebagai bintang tipe awal dan yang di akhir urutan sebagai bintang tipe akhir.680. A. 2. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Menurut ilmu astronomi. Klasifikasi ini dikembangkan oleh Observatorium Universitas Harvard dan Annie Jump Cannon pada tahun 1920an dan dikenal sebagai sistem klasifikasi Harvard. Bintang Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. bintang dibagi ke dalam 7 kelas utama yang dinyatakan dengan huruf O. diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Centaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya Berdasarkan spektrumnya.

500 Betelgeuse Sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus.000 7. mereka hanya kebetulan saja tampak berdekatan di langit yang tampak dari Bumi dan biasanya terpisah sangat jauh. Dinamakan demikian karena berbeda dengan bintang biasa. dan kebudayaan yang berbeda akan memiliki rasi bintang yang berbeda pula. Susunan rasi bintang yang tidak resmi.000 Contoh Spica Rigel Sirius Procyon A Matahari Arcturus Merah <3. Manusia memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengenali pola dan sepanjang sejarah telah mengelompokkan bintang-bintang yang tampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang.000 11. Bulan.25.000 . Merkurius. yang diwariskan melalui Abad Pertengahan. misalnya Orion atau Scorpius.500 . Dalam ruang tiga dimensi. Pengelompokan bintang-bintang menjadi rasi bintang sebenarnya cukup acak. Perpindahan ini (pada masa sekarang) dapat dipahami karena planet beredar mengelilingi matahari. sehingga setiap arah hanya dimiliki oleh satu rasi bintang saja.000 . Planet Planet diambil dari kata dalam bahasa Yunani Asteres Planetai yang artinya Bintang Pengelana.000 . Mars.000 6. Namun pada zaman Yunani Kuno yang belum mengenal konsep heliosentris. Venus. yaitu yang dikenal luas oleh masyarakat tapi tidak diakui oleh para ahli astronomi atau Himpunan Astronomi Internasional.5. tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam. juga disebut asterisma.11. kebanyakan bintang yang kita amati tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya. kebanyakan rasi bintangnya didasarkan pada tradisi Yunani.Kelas Warna O B A F G K M Biru Putih-Biru Putih Putih-Kuning Kuning Jingga Suhu Permukaan °C > 25. planet dianggap sebagai representasi dewa di langit. dan mengandung simbol-simbol Zodiak. sekalipun beberapa yang sangat mudah dikenali biasanya seringkali ditemukan.500 5. Jupiter . Himpunan Astronomi Internasional telah membagi langit menjadi 88 rasi bintang resmi dengan batas-batas yang jelas.000 3.500 . Planet dari waktu ke waktu terlihat berkelana (berpindah-pindah) dari rasi bintang yang satu ke rasi bintang yang lain. Pada belahan bumi (hemisfer) utara. Pada saat itu yang dimaksud dengan planet adalah tujuh benda langit: Matahari. Bintang-bintang pada rasi bintang atau asterisma jarang yang mempunyai hubungan astrofisika.6. 3.7.

yaitu Merkurius. Panjang "ekor" komet dapat mencapai jutaan km. yang berarti "rambut panjang". Bumi. Orang Jawa menyebutnya sebagai lintang kemukus karena memiliki ekor seperti buah kemukus yang telah dikeringkan. Istilah lainnya adalah bintang berekor yang tidak tidak tepat karena komet sama sekali bukan bintang . Namun. planet-planet anggota tata surya ada 9. Komet merupakan gas pijar dengan garis edar yang berbeda-beda. Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari matahari. Beberapa komet membutuhkan ribuan tahun untuk menyelesaikan satu kali mengorbit matahari. 4. Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau parabolis atau hiperbolis. Mars. Komet Kata "komet" berasal dari bahasa Yunani. . Venus. para ilmuwan sepakat untuk mengeluarkan Pluto dari daftar planet sehingga jumlah planet di tata surya menjadi hanya 8.dan Saturnus. Komet juga mengelilingi matahari. dan Pluto. sehingga termasuk dalam sistem tata surya. Saturnus. Ketika mendekati matahari. Neptunus. Sebelumnya. Komet terbentuk dari es dan debu. sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor. Jupiter/Yupiter.[2] Beberapa komet menempuh jarak lebih jauh di luar angkasa daripada planet. tanggal 26 Agustus 2006. Astronomi modern menghapus Matahari dan Bulan dari daftar karena tidak sesuai definisi yang berlaku sekarang. Uranus.

google.org/wiki/Planet diakses pada 22 September 20111 .html diakses pada 22 September 2011 http://www.org/wiki/Bintang diakses pada 22 September 2011 http://id.BAB III PENUTUP Dalam uraian diatas hanya di uraikan sedikit tentang jagad raya.co.wikipedia.blogspot.id/search?q=galaksi yang sudah ditemukan&ie diakses pada 22 September 2011 http://id. seperti tentang galaksi yang berjumlah ratusan bahkan ribuan dimana penelitian tentang galaksi masih terus dilakukan sampai sekarang.wikipedia.com/2011/05/galaksi-galaksi-termegah-yang-telah-di. begitu juga benda angkasa lain yang saat ini juga masih diteliti http://raffa-thexfile.

Õ.

3./03. /2.32./902:.2 802089..3.780.2 .2 :9.3 907/..3 :.25.3202-039:25:3.38.38.2.35073...3 -08.89073/.3 -08.7 .8 .3 /9:3 /. $42-7074 .3 0 /.8907  $97:9:7 .3'74  0-: .8 07/ /03.8 /47.8 -078. /.. -39..9  $0-.30-.7. 0.320207.3-39.8.5 /. 0- 0-.3 -08.73.8.8907  :39: 02:/.3 .94250720907:- $0-..8...3/80-:9805079 945842-7074 2025:3.9:.20907   3.25.3:8..: 20.3 .2 802089. #:.. :.3/80-:98:507..   5..30--08.3 0- -08.3 40 .3 805:: :9./..5.8 5.9..3 /80-:9 .5.2 80-:..3 -. /03.73.:7.7 /...3 .8 -07/.7   2. /58.7../.79 8:8:  %50 950 ..7 .Þ(  .78.3 :-.9.3.. / /. .8.780.8.3 -07.905.7 .3./.39. 25:3.7 /.7  .: .780.3 -07-039: 857.25.9:97:3-39.8  02:33.3.7 .. / 8:8:3.32.87.7 3 /03 40 7:.7 .3 -07.3 802:.20347-95.3 3.8 .5:8.3 .8. 9./.. 907.3/.3 5.3. . 3.93   $42-7074..9 0- /.  07:9.9.3 90709.88.7.5.3 80-:9.8 9078 /03.9.. ...73203. /03..8.

7..3 99 3:.3 .3.:-..3 -..3 .390709.9203:3. .7.3.. 90703.. /03.8.3 203. 80.8974342   %07544. :.. .7:.7 2025:3../.3 8.3.5:3   $   4.3 .  3207:5...5 /0-: . /03.: $00530..3 42. / /05. .3.:93 5.: /7    /03. 5. 90780-:9 90709.28:8:3..3 -39. %0 7544 ..7.  $     ...9...9/03./.:7 /897-:8 /0-: .9.3 200- ..308'03.9: / 70/819    80/.8.90:7 .35.3 -07.9..3 .:90$../.390703. 7.8.3 .3 202503. .9.  .2 8:8:3. 2025:3..32:/.-. $0-:...  0 . .78/.3 .3.3 /.3 08807 .3 /. .7.3 .3 90703.39.08  08807   . 857. ./.3-39.. . 3 :.3 /902:.. /.  .9..3 80-:9.:9.5. 0703...72439 0...703. 3 20307.:    90 7544 ../-.70.0..3 200- -.39008450.2.3 507-39.:5947..-07-039:857. 9: /0-: ..9:857./: .0:8  90780-:9  .3./.39.8.. .897434207 .3.39   .7   ..2 20307.:3.. 805.  0/:.3 8. /05.3 -07.   . . /.3/ /083 857. 0 .3 90780-:9 203.8.3 907802-:3  .74:3/3..33. . ..:935../.9. 90709.7 %0 $     4.3 .25.703.7:  .3 9.3 ..25. /.9.3502-0. /03.809.3203.7 -0..2 .3 9.9..    !. -039:3.3 .3 / 809. 0 ..38.:..

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

.9./.309 5.349.703.9.: 80.7 .5:8 .309.9:07:7:8  '03:8  :2  .9:73:8  8974342 24/073 203.3 $.7 /.7 /.8:7. 5.3  $0-0:23. 808:.19.7. 9/. .9. /0138 .3 -07.3 :../.3 /.78  :5907.

309 /9.7.8. .79 7.7 08 /.7         .9.3.:3:39:203008.3  7.5.9..:9.2:3 9.390. -39./.3. 80.8 /..5 202-039: 05. 905.3 202-0: 5.3 .75. 202047805079 -:.780/.5. 4209 8.8:7.8.  4209 207:5...: /.39..309  0-07.:5907  $. /.30474209/. .2-:9 5.703...7. 5.3!:94  .8.2.:5. . 20303 2.3 20303 2.3 9/. !.7 2.37-:.3 -07.3.9 -07.203. -0/.3 -39.. 9/. 4209 202-:9:.7  803.7 /03...7-07-039:4343.8: /.3 ..3:8  059:3:8  /.7 /03.  4209 . .33./..2 88902 9. 8. -:.3 -.7  80-.7 .7.5.3 ..80-.7.3   89.3 /0-: /..9.3 805.:507-48    4209 ./.9:. 4209 -07.9. 4209 203025: .7/.7 :25:.780/.19.3 .9:73:8  &7.32 (0-07.3-07-0/.8 . 203/0.:2. /..: / :...  :89:8   5.9 :39: 2030:..3!:94 /../073. .7  09.7 -.3  4209 907-039: /.9.703. 2030-:93.3 047  4209 :.3 -07047  .9203./.5.39 ../.75. :3.9 2.3 .309803.9.9.39. 0- .8 5.9. 9072.3 503:8:3 4209 203:.3.02::8.9.9 .302::8.2:.-48. 8:7.38.3 .20347-92./.3 /0-:   4209 907/7 /.9.3.7. -03/.5.

8 2..3 -07:2....380/99039. 8050799039.:.2:7. !&%&!  .38.8..8.3 /2.8. 7./7..3 8..3 -09::.80.3.3../:7.3 9039.25.7.3 7-:.3 -.3/.2.93:.3.8/909   995..3 ...-03/. 50309.9.8 907:8 /.3.3.3.9:8.

.

9010 -48549 .7.11.42.

 .

.

..8 ..3 90./.$05902-07  995. .8 90720. / 92 /.8085.

.

 440 .4 /.

 /902:./.3 0 /.6.80.  $05902-07  995..808 5.8 .7.3 8:/.

.

47./ 50/.

.

/.3/.$05902-07  995.8085.39.

.

/ 50/. 47.

.

$05902-07   .309/.8085./.!.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->