MAKALAH I PERBENGKELAN PERTANIAN (Menggergaji Bahan Kerja

)

Oleh: Kelompok Nama dan NPM : 02 : Fattah Gyasi Tamtanus (240110090076) Raizal Maulana (240110090077)

I Gusti Agung R. A. W. (240110090083) Wilan Mutia Hendri Hany Septy Maulia Adhi Karno Wibowo (240110090092) (240110090107) (240110090108)

JURUSAN TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN JATINANGOR 2011

.............................6........................... Konfigurasi Gigi .............. 4 2....3.................................... Ruang Gerak........................... High Alternate Top Bevel (HiATB) .... 9 2................... Lubang Tatal .......................... 12 BAB III PENUTUP .............................1... Barisan Mata Gergaji ..3..................................... 12 2...................................... Menggunakan Gergaji Manual . 3 2........ Tujuan ......... 11 2. Kelurusan Bilah Gergaji ........4..................... 11 2..........................................3............................................................ Triple Chip Grind (TCG) ........ Kesimpulan .........5..........1................................................................ 4 2........... 1 BAB I PENDAHULUAN .. 2 BAB II LANDASAN TEORI .........1..............4.... 4 2.................1........................................................ Macam-macam Gergaji .3................................... Latar Belakang ........3............................................. 3 2.........................................................4......4........................................4......................................4.......................... Combination Tooth (Comb) ......................... 13 3............. Gergaji Belah ....DAFTAR ISI DAFTAR ISI . Alternate Top Bevel (ATB) ........................................2...................................................................4......................................... 12 2.................. 11 2........ 8 2......4......................................... 11 2.......................................... 5 2....4.2.... Jumlah Gigi Gergaji ............................................4.......4..........2..... Mengasah Gergaji Manual ...........................................5... Sudut Gigi Gergaji ..........4. Gigi Gergaji Lingkaran .. 10 2...4................4...4.................................... Flat Top (FT) ..3........... 3 2......................................................... Pengertian ................................ 6 2..............................................4.......................1...............4......................................4................................ Gergaji Manual.....3............ 2 1............................. 10 2....4..... 5 2.................. 13 1 ...........3................... 2 1.1...2.....3.....................2.........4...

diproses sedemikian rupa hingga menjadi bentuk kursi yang diinginkan. Penggergajian merupakan suatu langkah penting dalam pembuatan atau perakitan benda.1.2. Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah: 1. 3. Setelah pola terbentuk. dibutuhkan proses. Benda-benda tersebut dibentuk oleh tangan manusia ataupun mesin. dilakukan proses selanjutnya. dengan cara sederhana pola dibentuk dengan alat gurat dan penggaris. melipat. Untuk membentuk sebuah benda. Disini akan dibahas teknik-teknik dan alat-alat untuk menggergaji. Pembelajaran mengenai penggergajian. teknik. dan menggergaji. Contoh sebuah kursi yang awalnya berupa kayu.maka dari itu kita harus memahami tentang penggergajian. 2.BAB I PENDAHULUAN 1. 2 . seperti memotong. 1. Sebagai bahan refrensi untuk praktikum perbengkelan pertanian. Sebagai media informasi mengenai penggergajian. Seperti membentuk pola terlebih dahulu. dan alat-alat bantu yang memadai. Latar Belakang Dalam kehidupan sehari-hari banyak benda-benda yang ada di sekeliling kita. menekuk.

50 mm. gergaji tangan dibagi menjadi 2 macam:   Gergaji besi Gergaji kayu 2. Karena gerakkan yang bolakbalik. gergaji konvesional dan gergaji mesin. 2. Gergaji konvesional adalah alat yang digunakan untuk memotong benda keras. gergaji dibagi menjadi 2 macam: 1.2. sedangkan gergaji mesin merupakan suatu pengembangan dari gergaji konvesional. Gergaji tangan (konvesional) Berdasarkan fungsinya. pada proses penggergajian ini 3 .5 mm dengan ketelitian gerigi pada keliling piringan memiliki ketinggian antara 0.BAB II LANDASAN TEORI 2. maka waktu yang digunakan untuk memotong adalah 50%. dimana gergaji mesin memiliki pengertian sebagai mesin yang memiliki tingkat kepadatan operasi yang relatif lebih tinggi pada bengkel produksi dan memiliki persyaratan ketelitian tinggi serta dapat menentukan proses lebih lanjut. Pengertian Pengertian dari menggergaji adalah suatu kegiatan atau proses memotong benda-benda keras dengan pisau bergerigi.25 mm sampai 3 mm dengan jumlah gigi rata-rata antara 1 sampai 6 gigi iper inchi dengan material HSS. Gergaji mesin Mesin gergaji dapat dibagi menjadi 3 macam:  Mesin gergaji bolak-balik Mesin gergaji ini umumnya memiliki pisau gergaji dengan panjang antara 300 mm sampai 900 mm dengan ketebalan 1.1. gergaji dibagi menjadi 2 macam. Macam-macam Gergaji Seperti yang sudah disebutkan diatas. Berdasarkan cara kerjanya.25 mm sampai 0.  Mesin gergaji piringan Mesin gergaji ini mempunyai diameter piringan gergaji dapat mencapai 200 sampai 400 mm dengan ketebalan 0.

2. 4 . Toleransi yang dapat dicapai antara kurang lebih 0.selalu digunakan cairan pendingin.3. 2.  Mesin gergaji pita Mesin gergaji yang telah dijelaskan sebelumnya adalah gergaji untuk pemotong lurus. Dalam hal mesin gergaji pita memiliki keunikan yaitu mampu memotong dalam bentuk-bentuk tidak lurus atau lengkung yang tidak beraturan.3. Sebagai tukang kayu walaupun belum profesional saya kira pengetahuan ini bisa membantu untuk mengatasi masalah pada waktu gergaji tangan 'dianggap' tumpul atau memang perlu ditajamkan.1. Kecepatan pita gergajinya bervariasi antara 18 m/menit sampai 450 m/menit agar dapat memenuhi kecepatan potong dari berbagai jenis material benda kerja. 2. Mengasah Gergaji Manual Beberapa teknik tertentu memang dibutuhkan untuk mengasah mata gergaji menjadi gergaji yang tajam dan baik.3. Kelurusan Bilah Gergaji Bilah gergaji harus benar-benar lurus tanpa bengkok sehingga pada waktu gerakan menggergaji garis potong yang akan dihasilkan terjaga ukurannya dan tenaga yang dibutuhkan untuk mendorong ataupun menarik gergaji tidak terlalu besar. terutama pada waktu garis potong sudah memiliki kedalaman tertentu.5 mm. Gergaji Manual 2. Mengasah gergaji tidak sekedar membuat semua jajaran mata gergaji menjadi lebih runcing akan tetapi kita perlu perhatikan beberapa detail yang akan sangat besar pengaruhnya untuk kemudahan menggunakan gergaji tangan.5 mm sampai kurang lebih 1.

mempunyai sudut tertentu dari bilah gergaji. Misalnya mata gergaji urutan genap akan bengkok ke kiri dan mata gergaji urutan ganjil bengkok ke kanan. Ruang Gerak Jika diamati dari dekat anda perhatikan bahwa semua mata gergaji bengkok. Sudut ini juga tidak ditentukan secara acak. Situasi ini membuat penggergajian lebih berat dan lebih lama. Gripper membengkokkan mata gergaji satu persatu sehingga terdapat ruang gerak untuk bilah gergaji pada waktu gerakan menggergaji.3. terdapat alat khusus untuk mengatur sudut mata gergaji yang disebut Gripper (paling tidak itu istilah yang saya ketahui). Begitu pula dasar sudut mata gergaji juga harus tetap berada pada satu garis lurus.4. Semua ujung mata gergaji harus terletak pada satu garis lurus dengan sekecil mungkin toleransi. 2. Juga bisa membuat gergaji lebih cepat tumpul terutama pada mata gergaji tertinggi. 2.3.Bilah gergaji yang bengkok bisa berakibat garis potong menjadi lebih besar dan hasil gergaji tidak halus/rata. Barisan Mata Gergaji Pengasahan harus memperhatikan hasil akhir pada posisi mata gergaji. Lebih besar sudut yang dihasilkan lebih besar lebar garis potong pada kayu. Dan susunannya selalu berbanding sama.3. Ketidakrataan posisi barisan mata gergaji berarti tidak semua mata gergaji bekerja maksimal. Hanya mata gergaji paling tinggi yang bekerja memotong kayu. 5 .

6 .3. Posisi ini disesuaikan dengan arah serat. Untuk hasil terbaik sebaiknya gunakan tenaga dorongan untuk memotong serat kayu. Mata gergaji yang tegak lebih kuat untuk memotong serat dan akan terasa lebih ringan pada waktu memotong. Memotong Kayu Jenis gergaji yang terbaik adalah gergaji potong yang memiliki mata gergaji tegak. Letakkan benda kerja di atas media yang stabil.Mengapa ini perlu? Apabila sudut mata gergaji terlalu kecil pada lebar bilah gergaji akan membuat bilah gergaji terjepit pada waktu gerakan menggergaji dan karena besarnya gesekan antara bilah gergaji dengan sisi kayu yang dibelah/dipotong sehingga timbul bekas hitam seperti terbakar atau mengkilap yang bisa membuat proses finishing kurang 2. araha ke belakang murni hanya untuk mengambil posisi semula. Pada garis potong sesuai ukuran yang diinginkan letakkan ujung kuku ibu jari berbatasan langsung dengan gergaji. Selalu gerakkan gergaji ke arah belakang untuk membuat alur gergaji. Prinsip utama menggunakan gergaji tangan adalah bahwa kita harus mengetahui jenis gergaji yang sesuai dengan arah serat kayu: 1. lebih baik apabila bagian sisi lebar dibatasi dengan pembatas yang tidak mudah bergerak. Karena apabila kita menggunakan gergaji yang benar dalam posisi yang tepat akan terlihat bahwa tidak hanya tukang kayu yang bisa melakukannya dengan baik dan cepat.5. Menggunakan Gergaji Manual Untuk orang yang pertama kali memegang gergaji tangan sering kali tidak menyadari bagaimana memegang gergaji pada posisi yang benar agar proses pembelahan atau pemotongan kayu berjalan dengan baik dan mudah.

Sudut gergaji. 7 . Posisi kuku ibu jari sama dengan proses pemotongan kayu. Untuk kestabilan pembelahan benda kerja sebaiknya diikat dengan sebuah 'clamp' ke meja kerja atau bangku kerja.Secara teknik ini lebih ringan daripada memotong kayu karena proses utamanya adalah memisahkan ikatan pori-pori kayu. Mata gergaji berbentuk lebih miring dengan sudut tertentu. Menggunakan gergaji potong paling ideal berada pada sudut 45 derajat dan gergaji belah pada posisi 60 derajat untuk hasil terbaik.

Penghantar: berfungsi untuk menghantarkan benda kerja ke arah yang berlawanan dengan putaran gergaji. jenis gergaji dan meja kerja. Bilah gergaji: gergaji belah dengan bentuk mata gigi khusus di desain untuk membelah kayu. 8 . Gergaji Belah Mungkin lebih tepatnya akan saya sebut mesin gergaji belah karena desain dan fungsi mesin dasar ini adalah untuk membelah papan atau lembaran plywood. Terhubung pada motor penggerak yang terletak di bawah meja kerja. mesin gergaji belah bisa anda gunakan untuk memotong kayu. Bagian penting mesin gergaji belah: 1. Penghantar ini harus senantiasa siku (bersudut 90°) terhadap meja kerja. Pisau Belah: Berfungsi untuk menahan lemparan balik dari putaran bilah gergaji.4. Jangan meletakkan benda kerja yang tidak dimaksudkan dikerjakan pada mesin. Bahkan pada penyetelan dan pengoperasian mesin yang benar akan menghasilkan hasil penggergajian yang sangat halus dan hanya perlu proses pengamplasan. Toleransi ukuran hanya disisakan antara 1-2 mm. 3. 4. Meja kerja: tempat meletakkan benda kerja yang akan dibelah. Jarak antara pisau belah dengan lingkaran paling luar gergaji harus diatur pada jarak yang tepat antara 2-4 mm. Gergaji belah digunakan untuk membelah kayu pada ukuran yang cukup presisi. Pisau belah juga berfungsi agar bilah gergaji tidak terjepit pada waktu kita membelah kayu yang panjang sehingga bisa mengurangi resiko burnt mark pada kayu hasil pembelahan. 2. letakkan benda kerja lainnya di dalam pallet terpisah. Dengan berbagai modifikasi pada alat penghantar.2.

Penutup gergaji: Digunakan sebagai alat pengaman dan pelindung mata gergaji terutama pada waktu membelah kayu yang tebal. ada yang didesain khusus untuk memotong dan ada pula yang difungsikan untuk fungsi 'kombinasi' dalam arti baik untuk membelah dan memotong. 2. Dengan cara ini kita bisa mendapatkan jenis bilah gergaji yang tepat dan sesuai dengan anggaran yang kita miliki. Pengatur ketinggian gergaji: Untuk menentukan ketinggian bilah gergaji sesuai dengan ketebalan kayu atau papan yang akan dibelah. Ada yang didesain khusus hanya untuk membelah kayu. konfigurasi gigi gergaji dan sudut gigi gergaji.4. Pengaman ini sebaiknya selalu diletakkan di atas gergaji pada waktu mesin dijalankan karena juga bisa berfungsi untuk menahan lemparan balik.1. Catatan: Lokasi dan desain bagian-bagian mesin bisa berbeda pada merk tertentu. lubang tatal.Pisau belah harus lebih rendah 3-4 mm dari ujung paling tinggi gergaji sehingga benda kerja bisa dengan lancar dibelah 5. 6. 7. Gigi Gergaji Lingkaran Sebelum memasang gergaji lingkaran atau ketika membeli gergaji lingkaran untuk cadangan mesin anda sangat penting diketahui bahwa terdapat berbagai jenis bilah gergaji yang telah didesain sesuai dengan fungsi dan tujuan masing-masing. Pengatur Sudut: Mengatur sudut kemiringan bilah gergaji untuk membelah kayu dengan sudut kemiringan tertentu. Dan perbedaan yang bisa kita lihat dari masing-masing fungsi tersebut adalah berdasarkan jumlah gigi gergaji. 9 .

4. Lubang Tatal Rongga ini terdapat pada setiap jumlah tertentu gigi gergaji sesuai fungsinya sebagai ruang untuk serbuk gergaji. Jumlah Gigi Gergaji Untuk memotong kayu biasanya dibutuhkan bilah gergaji dengan jumlah gigi lebih banyak agar mendapatkan hasil potongan yang halus dan rapih. 10 . Pada bilah gergaji kombinasi. 2.2. Dengan jumlah gigi lebih banyak berarti 'kerja' setiap gigi gergaji menjadi lebih ringan dan lebih sedikit dan permukaan pada kayu yang dipotong tidak terdapat serpihanserpihan kecil yang kasar. Bilah Gergaji potong biasanya memiliki gigi antara 60-80 buah yang mampu menghasilkan potongan yang sangat halus. Bilah gergaji belah memiliki jumlah gigi lebih sedikit. hasil potongan bisa terlihat halus mengkilap. Gergaji belah membutuhkan ruang lebih besar dan lebih banyak karena kecepatan dorong pada mesin gergaji belah atau ripsaw sehingga banyak sekali tatal atau serbuk yang harus ditampung. sekitar minimal 24 gigi akan tetapi mampu menghasilkan kecepatan dorong yang tinggi pada waktu membelah. Gergaji belah membutuhkan sedikit tenaga untuk 'mencabik' kayu.4. lubang tatal terdapat dua ukuran sedemikian rupa sehingga pada saat salah satu fungsinya digunakan akan berfungsi dengan maksimal.3. Bahkan apabila menggunakan jenis material baja yang paling berkualitas.2.

belah dan potong. Alternate Top Bevel (ATB) Gigi gergaji disusun secara berselang-seling dan memiliki sudut runcing pada bagian sisinya untuk memotong serat dahulu setelah kemudian membersihkan bagian tengah garis potongnya. Konfigurasi Gigi Bentuk gigi gergaji dan bagaimana gigi-gigi tersebut terpasang juga mempengaruhi kualitas pemotongan/pembelahan.1. Combination Tooth (Comb) Susunan gigi seperti ini biasanya untuk bilah gergaji yang berfungsi untuk mesin kombinasi.4.4. Oleh karena itu pula biasanya gergaji dengan konfigurasi Comb memiliki lubang tatal yang lebar.4. Gigi ATB biasanya digunakan untuk gergaji potong.3.2. 2. Konfigurasi yang umum adalah pada setiap 5 gigi gergaji memiliki komposisi 4 : 1 yaitu empat gigi FT dan satu gigi ATB. 11 . 2.4.2. Flat Top (FT) Digunakan untuk membelah kayu keras maupun kayu lunak.4. Apakah gigi-gigi tersebut terpasang miring atau berselingan sangat berhubungan erat dengan bagaimana bilah gergaji melakukan tugasnya.4.4.4. 2. Dengan desain gigi tersebut sangat efektif untuk 'menyayat' serat kayu pada saat pembelahan kayu searahaserat.

Triple Chip Grind (TCG) Konfigurasi gigi seperti ini digunakan khusus untuk memotong material seperti multipleks.4.5. 2. Posisi gigi yang berbentuk 'trapesium' sedikit lebih tinggi daripada gigi yang flat (FT). MDF dan plastik. High Alternate Top Bevel (HiATB) Desain gigi gergaji seperti ini mampu menghasilkan bidang potongan yang sangat halus dan mengkilap.4.6. Apabila lebih besar sudut lebih kuat pula tenaga untuk memotong serat kayu.2.4. Sudut tersebut biasanya dibuat antara 520°.4.4.4. Lihat gambar di atas. walaupun sebenarnya ini adalah sebuah merek terkenal untuk bahan buatan tersebut). 12 . Sudut Gigi Gergaji Yang dimaksud dengan sudut gigi adalah sudut antara garis ujung gigi ke arah pusat lingkaran gergaji dengan garis yang searah dengan permukaan gigi dari ujung gigi hingga pangkal gigi gergaji. Namun juga perlu diperhatikan kehalusan hasil pemotongan.4. Dengan bentuk penampang gigi gergajinya yang miring/trapesium juga bisa untuk memotong bahan keras seperti lembaran melamin (kita mengenalnya sebagai formika. 2.

Kesimpulan Dari makalah ini.BAB III PENUTUP 3. dapat ditarik Kesimpulan sebagai berikut: 1. ada yang konvensional ada yang dengan mesin 2. menggunakan pisau gergaji yang berbeda 13 . karena tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga 3. Gergaji mempunyai banyak macam. Menggunakan gergaji mesin lebih mudah. Menggergaji kayu dan besi.1.

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

   431:7.3.9. /..2.8.8 5024943.8 039:  07.3. 202503.3 -.   90780-:9 9075.3 :.7: :.

842- 202:-.54943       42-3.:.8.8. :39: 2024943 807.   % -.3 8.3 202 8:/:9 7:3.9 /.5.3 07..9.9:%  0 .703. ..7      .3./. -.:: 8090. /8:8:3 80.9       9073. 8.3 :39: 202-0.9 -07:-:3.78 549433.39:. -0780./.3.9./.3..5 07..83.3. -.3 /08.8.  03. -./.3-071:38:39: 208342-3.8 -0. .9%/.9 /03.202425488..38..3 :39:07.502-0.3 273 .3 -.8...07.809. 02:/.0 %   07..7.:5:3 .3 5.3  5.3 431:7.3:2:2.7.: 5.3  90780-:9 8.3 883.20.8.2. 07. /03.9  807.       .9 . /:3.90%450..07.807.   90780-:9 9075. 9: 5:.9 01091 :39: 203.: 07.3 -.9%45 %  :3.9 502-0.3.:39:-..30-. $:8:3.8 2.3 803 /.9:025.39.3.3..354943 431:7.: -07803. .: :3.:80.943%449 42.3 903./.3 202-078..38050793-..

35.25:203.508:2 80/9 0-93/.3.75.:8 /.3 :8:8 :39: 2024943 2.89 !488.3.8  805079 3 /:3..354943.3-07-039: 97.31. 8050792:9508 /.25.80507932.3.3 -039: 503.0 %  08.3  07.3 273.3-/.3 203. .    %750573/ %  431:7.8.9 %       9073.307.3 8./.907.9 ..5  03.90%450.

73.38:/:9. 5.:39:-./03./.8://03.3.:8.390780-:9       $:/:907.  $:/:9 90780-:9 -..3/.7.23 9../03..7.97../.9..508:2 :.39.30.3 20.2-. 1472.9 .8 805079 02-.95:. .7 ::3  3.:  .8.7.:5:3 80-03.903.9.   S 5. :39: 2024943 -.. 80-.3.  . 3 .5:8.7/.380.9. 80-:.507:/507.78::30 .  07. -8.78.35072:.3 07.-.0--08.7.8:/:9.85024943.3/2. 20303.3.9.3-:.93.:39:2024943807.8                  .207090703.9.3.39.7.3 .78:/:90-:. /-:..7...2:3:.307.3.

.3.-07:9   07.3-07-0/.   0307. . 2025:3./.:07.9/9. 9/.03843.. 907./.3 07.3. !&%&!    0825:...358.5.703.3  .380-.  .   .3-08 203:3.7.3903.32083   03:3.2  .3 43. ..: -.70825:.3 /03. -.3 /. .. 2030:.:/. 2083 0- 2:/..72.. 2...