Panduan Praktikum MS.

Power Point 2003

PANDUAN PRAKTIKUM MICROSOFT POWER POINT 2003
MEMULAI PROGRAM MICROSOFT POWER POINT 1. Klik tombol Start  All Program  Microsoft Office  Microsoft Power Point 2003. Tunggu beberapa saat hingga muncul window MS. Power Point. a c b f d e

h

g Gambar 1. Interface MS. Power Point

Keterangan : a. Title bar  menampilkan nama program dan nama file. b. Menu bar  menampilkan seluruh perintah kerja pada program. c. Tool bar  rangkuman beberapa perintah yang sering dipakai yang ditampilkan dalam bentuk icon/ gambar. d. Slide pane  menampilkan urutan slide dan outline. e. Page  halaman untuk membuat materi presentasi. f. Taks pane  menampilkan kumpulan perintah g. Drawing tool bar  menampilkan perintah-perintah untuk membuat obyek gambar.

LPK-66

1 of 12

klik pada "Click to add tittle" lalu ketik judul presentasi yang ingin anda buat. Perhatikan pada bagian kiri window akan bertambah satu slide baru. tool yang sedang aktif. klik pada "Click to add text" lalu ketiklah: • Perbedaan gelombang cahaya menghasilkan perbedaan warna. 2. Power Point 2003 h. 1. dan lain-lain. Status bar  menampilkan status pekerjaan. Misalnya kita akan membuat materi presentasi kuliah Teknik Periklanan. Pada File Name ketiklah "Manajemen warna". MEMBUAT DOKUMEN BARU Ketika pertama kali membuka program MS. klik pada " Click to add tittle" lalu tulislah "Spektrum Warna". • Spektrum warna adalah informasi berbagai jenis warna yang terbentuk dari perbedaan gelombang cahaya. LPK-66 2 of 12 . Power Point maka akan langsung tampil dokumen baru dengan sebuah slide yang siap diisi dengan materi. 5. Klik pada "Click to add sub tittle" lalu ketik sub judul dengan teks "Materi Kuliah Desain Grafis Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Jurusan Dakwah STAIN Purwokerto" 3. 4. 2. misalnya jumlah slide. • Spektrum warna yang dapat dilihat oleh mata manusia adalah warna yang berada pada panjang gelombang antara 400nm sampai 700nm. Klik menu File  Save As. Klik tombol Save. 4. MENYIMPAN DOKUMEN BARU 1. Judul yang kita ketik adalah "MANAJEMEN WARNA". klik menu Insert  New Slide. Pada Save In arahkan ke lokasi folder yang anda inginkan untuk menyimpan. slide yang sedang aktif. 3.Panduan Praktikum MS.

tabel. Slide layout 3. Untuk memasukkan komponen-komponen tersebut maka sebelumnya kita perlu memilih jenis-jenis layout yang tersedia. Save As MEMILIH LAYOUT SLIDE Slide bisa diisi dengan berbagai komponen selain teks. video. untuk mengubah layout agar bisa diisi dengan komponen selain teks. sehingga tampilan task pane menjadi seperti berikut: Gamabr 3. Power Point 2003 Gambar 2. LPK-66 3 of 12 . 1.Panduan Praktikum MS. misalnya gambar. Klik menu Task pane (berbentuk panah ke bawah) yang terdapat disebelah kanan window. grafik. audio. Klik pada layout Title and Content. Buatlah slide baru dengan cara menekan tombol Ctrl + M 2.

Klik pada "Click to add tittle" lalu ketik judul "Spektrum Warna:. Slide dengan layout Title and Content. atau klik tombol Save pada toolbar. Jangan lupa simpan kembali dokumen presentasi anda dengan memilih menu File  Save. Klik pada ikon Picture yang terdapat pada "Click to add content" maka akan muncul kotak dialog untuk memasukkan gambar. Power Point 2003 Gambar 4. atau tekan tombol Alt+F+S.jpg yang ingin dimasukkan yaitu di drive D:\. 4. 7. Insert Picture 6. Gambar 5.Panduan Praktikum MS. 5. 8.jpg yang terletak di drive D:\. Carilah letak file gambar Picture1. MEMBUAT TABEL LPK-66 4 of 12 . Perintah yang baru saja dilakukan adalah cara lain untuk memasukkan obyek ke slide. atau klik tombol Ctrl+S. jika sudah ketemu klik tombol Insert. Carilah gambar Picture2. Klik menu Insert  Picture  From File.

Klik pada ikon table pada content di sebelah kiri. lalu klik tombol OK. Isi dan aturlah tabel sehingga seperti tabel berikut ini: RGB  CMYK Red Blue + Blue + Green = Magenta = Cyan LPK-66 5 of 12 . maka slide baru akan memiliki layout seperti berikut: Gambar 6. 7.Panduan Praktikum MS. Pada task pane Layout. Masukkan masing-masing pada jumlah kolom dan jumlah baris 5. Power Point 2003 1. pilih Tittle and 2 Content. Insert Table 5. 4. Title and 2 Content. Klik pada "Click to add tittle" dan ketik "Transformasi Warna". 3. maka muncul kotak dialog untuk memasukkan jumlah kolom dan baris seperti berikut: Gambar 6. Klik menu Insert  New Slide 2. Blok pada baris paling atas dan klik kanan lalu pilihlah Merge Cells. 6.

dan Target Diagram. Ketik "Warna" pada kotak paling atas. pilih slide layout menjadi Title and 2 Content. lalu pilih Subordinate. Radial Diagram. Cycle Diagram.Panduan Praktikum MS. Diagram Gallery 4. Transformasi warna RGB  CMYK 8. Venn Diagram. Power Point 2003 Green + Red = Yellow Tabel 1. Ulangi perintah nomor 4 sampai 6 untuk membuat tabel di sebelah kanannya. Ketik "Sekunder" pada kotak disebelah kanannya. 3. 7. Buatlah slide baru 2. 8. 9. Isi tabel sebelah kanan adalah sebagai berikut: CMY  RBG Magenta + Yellow Yellow Cyan + Cyan = Red = Green + Magenta = Blue Tabel 2. LPK-66 6 of 12 . Pilihlah Organization Chart lalu klik OK. klik ikon Diagram maka muncul kotak dialog seperti berikut: Gambar 7. 6. Pyramid Diagram. Ada banyak pilihan diagram yang bisa anda buat. Ketik "Primer" pada kotak paling kiri yang ada dibawahnya. Transformasi warna CMY  RBG MEMBUAT DIAGRAM DAN GRAFIK 1. Hapus kotak paling kanan yang tidak digunakan dengan cara klik lalu tekan tombol Delete pada keyboard. diantaranya Organization Chart. 5. Klik kanan pada kotak warna primer.

Klik menu Task pane dan pilihlah Slide Design. 12. "Magenta". "blue".Panduan Praktikum MS. Power Point 2003 10. 16. 11. Caranya adalah dengan klik ikon Insert Chart. 14. Maka akan masuk kedalam kotak dialog untuk memasukkan data. "green". Ubahlah data yang ada pada tabel dengan data seperti gambar diatas. Klik kanan pada kotak warna sekunder lalu pilih subordinate. "Yellow". Maka tampilan Task pane akan berubah menjadi seperti berikut: Gambar 9. Ketika anda mengetikkan data maka akan langsung terlihat hasilnya pada grafik yang ada dibawahnya. Ketik pada masing-masing kotak dengan "Cyan". MENGATUR DESAIN SLIDE 1. 15. Simpan hasil pekerjaan anda. Gambar 8. Jika sudah selesai maka anda klik diluar obyek tabel dan grafik. Tambahkan subordinate berikutnya sehingga berjumlah 3 buah. Berikutnya kita akan membuat grafik disebelah kanan diagram. LPK-66 7 of 12 . 18. Ketik pada masing-masing kotak dengan "Red". Tambahkan subordinate berikutnya sehingga berjumlah 3 buah. Table Sheet 17. Slide Design. 13.

Panduan Praktikum MS. maka klik pada panah salah satu desain dan pilihlah Apply to selected slides. Gambar 11. 3. Color Scheme. Klik pada Color Schemes. maka seketika itu tampilan slide anda yang tadinya masih putih. Klik salah satu desain slide yang anda sukai. Ulangi langkah ke-4 untuk merubah desain slide yang lain. 4. Cara untuk memberikan transisi antar slide adalah sebagai berikut: LPK-66 8 of 12 . MEMBERIKAN EFEK TRANSISI ANTAR SLIDE 1. sekarang menjadi berwarna. Untuk memperbagus penampilan materi saat presentasi. lalu pilihlah salah satu scheme warna yang tersedia. Anda perhatikan maka semua slide akan memiliki tema warna yang seragam. Geserlah scrool bar pada task pane sambil memilih modelmodel desain yang tersedia. 5. maka perlu diberikan efek transisi setiap berpindah antar slide. Gambar 10. Jika anda ingin membuat perbedaan desain pada setiap slide. Apply to selected slides. Anda perhatikan maka semua slide akan berubah menjadi desain yang sama seperti yang anda klik. Power Point 2003 2. 6.

MELIHAR HASIL PEKERJAAN 1. Jika transisi antar slide ingin dibuat seragam untuk semua slide maka klik tombol Apply to All Slides (lihat gambar diatas). Lanjutkan pemberian transisi untuk slide-slide yang lain. Power Point 2003 2. 2.Panduan Praktikum MS. 5. Pilihlah salah satu transisi misalnya Box In atau Box Out atau yang lain. Aktifkan slide kedua lalu ubahlah kecepatan transisi menjadi medium atau slow (lihat gambar diatas). LPK-66 9 of 12 . Slide Transition. Klik menu Slide Show  View Show atau tekan tombol F5 untuk melihat hasilnya. Perintah ini untuk mengatur kecepatan transisi antar slide. 4. Tekan tombol Escape pada keyboard jika preview sudah selesai. Gambar 12. Aktifkan slide pertama lalu klik menu Slide Show. Aktifkan slide kedua lalu pilih slide transition yang lainnya. 6. Maka tampil di window task pane sebelah kanan berbagai pilihan transisi. 3.

perintah ini untuk memberikan animasi melayang pada teks judul. Aktifkan slide pertama lalu klik pada efek animasi pertama yang terletak pada Taskpane seperti gambar berikut ini: LPK-66 10 of 12 . MENGATUR EFEK ANIMASI 1. Silakan anda lanjutkan untuk memberikan efek animasi pada obyek pada semua slide.Panduan Praktikum MS. Aktifkan slide pertama. Klik menu Task Pane lalu klik Custom Animation. Power Point 2003 3. 5. 2. misalnya Crawl In lalu klik OK. 3. Pilihlah salah satu efek yang tersedia. MEMBERIKAN EFEK ANIMASI PADA TEKS DAN OBYEK 1. Aktifkan judul tulisan lalu klik icon Add Effect  Entrance  Fly In. 4. Aktifkan sub judul lalu klik icon Add Effect  Entrance  More Effect… maka akan muncul window seperti berikut: Gambar 13. Add Entrance Effect. 6. Jika hanya ingin preview mulai dari slide tertentu maka tekan tombol Shift+F5.

4. 3.Panduan Praktikum MS. Perintah ini untuk mengubah arah animasi datangnya teks. Klik pada drop down Speed lalu ubahlah menjadi Medium. Pilih menu Effect Option. Perintah ini untuk mengubah kecepatan gerak teks. Klik pada drop down Direction lalu ubahlah menjadi From Top. Power Point 2003 Gambar 14. Custom Animation. 5. Menu efek animasi. Klik drop down urutan animasi sehingga tampil menu seperti berikut: Gambar 15. 2. sehingga muncul window seperti berikut ini: LPK-66 11 of 12 .

7. Klik pada combo box Animate Text lalu pilih By Word. LPK-66 12 of 12 .Panduan Praktikum MS. 6. Effect Option. Lihat hasilnya dengan menekan tombol Shift+F5. Power Point 2003 Gambar 16.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful