P. 1
TUGAS SENI RUPA

TUGAS SENI RUPA

|Views: 136|Likes:
Published by Gatri Wulandari

More info:

Published by: Gatri Wulandari on Sep 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2011

pdf

text

original

TUGAS SENI RUPA

MOTIF BATIK DAN PENJELASANNYA
Untuk memenuhi tugas seni rupa

Oleh GATRI WULANDARI XII IPA 8 / 07

SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

BATIK KAWUNG Kawung. BATIK KERETA KENCANA Kereta Patih desa Kereta yang dan Kencana digunakan lumbung ini melambangkan kendaraan untuk berkeliling ke desalumbung pertanian. Jawa Tengah yang terbuat dari kayu jati dan besi yang berhiaskan logam. Batik Tulis ini menceritakan kejayaan kerajaan di Jawa pada masa keemasannya. diilhami satu motif ini oleh diciptakan Motif oleh Sultan ini sebatang pohon aren yang buahnya kita kenal dengan kolang kaling.A. Dibalut dengan warna merah dan biru. Motif ini dengan dihubungkan binatang kuwangwung. B. baik itu . kencana berasal dari Bagelen. membuat batik ini semakin kelihatan indah. konon salah Mataram. Kencana berarti emas lambang kejayaan kaum bangsawan. Pohon aren dari atas (ujung daun) sampai pada akarnya sangat berguna bagi kehidupan manusia.

C. BATIK MEGA MENDUNG Hampir di seluruh wilayah Jawa memiliki kekayaan budaya batik yang khas. dan buah. nira. Yogya. Dalam Sejarah diterangkan bahwa Sunan Gunung Jati yang mengembangkan ajaran Islam di daerah Cirebon menikah dengan seorang putri Cina Bernama Ong TIe. Salah satu pendatang yang cukup berpengaruh adalah pendatang dari Cina yang membawa kepercayaan dan seni dari negerinya. Hal tersebut mengisaratkan agar manusia dapat berguna bagi siapa saja dalam kehidupannya. tentu saja ada daerah-daerah yang lebih menonjol seperti Solo. Makna lain yang terkandung dalam motif kawung ini adalah agar manusia yang memakai motif kawung ini dapat menjadi manusia yang ideal atau unggul serta menjadikan hidupnya menjadi bermakna. baik itu dalam kehidupan bermasyarakat. berbangsa. daun. Menurut sejarahnya.batang. dan bernegara. Istri beliau ini sangat menaruh . tetapi kekayaan seni batik daerah Cirebon dibanding kota-kota juga tidak kalah lainnya. dan Pekalongan. di daerah cirebon terdapat pelabuhan yang ramai disinggahi berbagai pendatang dari dalam maupun luar negri.

Bagi hidup makna orang memang untuk mencari keluhuran materi dan non materi. Jawa. halal. Motif ini didominasi dengan warna biru. D. mencuri. Keluhuran materi artinya bisa tercukupi segala kebutuhan ragawi dengan bekerja keras sesuai dengan jabatan. maupun profesinya. Motif-motif pada keramik yang dibawa dari negeri cina ini akhirnya mempengaruhi motif-motif batik hingga terjadi perpaduan antara kebudayaan Cirebon-Cina. merampok. pangkat. dan sah tanpa melakukan kecurangan atau perbuatan yang tercela seperti korupsi. Sebab walaupun secara materi merasa cukup atau bahkan . pemberi penghidupan. Salah satu motif yang paling terkenal dari daerah Cirebon adalah batik Mega Mendung atau Awan-awanan. derajat. sedangkan warna biru muda melambangkan semakin cerahnya kehidupan. Motif mega mendung melambangkan pembawa hujan yang di nantinantikan sebagai pembawa kesuburan. mulai biru muda hingg biru tua. Pada motif ini dapat dilihat baik dalam bentuk maupun warnanya bergaya selera cina. BATIK SIDOLUHUR Mengandung keluhuran. dan sebagainya. Keluhuran materi yang diperoleh dengan cara yang benar. dan pemberi kehidupan. khususnya keramik. Warna biru tua menggambarkan awan gelap yang mengandung air hujan.perhatian pada bidang seni.

BATIK KOMPENI Adapun adalah kehidupan ciri motif kompeni tentang kompeni biasanya tentara jaman dulu dengan ciri khas membawa bedil/senapan. itu tidak bisa dikatakan bisa mencapai keluhuran secara materi. dari tentang ragam biota laut. transportasi sampai telekomunikasi. dan tindakan adalah bentuk keluhuran non materi. ucapan. Orang Jawa sangat berharap hidupnya kelak dapat mencapai hidup yang penuh dengan nilai keluhuran. Semua tergantung kepada imajinasi perajin itu sendirI. namun jika harta materi itu diperoleh secara tidak benar. ada juga tentang kehidupan petani.berlebihan. donasi. tidak halal. pedagang. Sementara keluhuran budi. baik jaman dulu waktu semasa penjajahan Belanda ataupun jaman sekaranG. Orang yang sudah bisa dipercaya oleh orang lain adalah suatu bentuk keluhuran non materi. E. Keluhuran materi akan lebih bermakna lagi apabila harta yang dimiliki itu bermanfaat bagi orang lain dan bisa diberikan dalam berbagai bentuk seperti sumbangan. Orang yang bisa dipercaya oleh orang lain. hibah. . Sekarang berbagai kreasi batik Kompeni telah banyak. atau perkataannya sangat bermanfaat kepada orang lain tentu itu akan lebih baik daripada perkataannya tidak bisa dipegang orang lain dan tidak dipercaya orang lain. Intinya ciri motif batik kompeni ialah bercerita tentang kehidupan. dan sebagainya.

id/nus-8.filsafat.ac.org/batik-tulis-motif-kereta-kencana/769 http://jurnalmahasiswa.ugm.wordpress.wordpress.htm https://finunu.com/2011/05/17/motif-batikkompeni-motif-batik-khas-cirebon/ http://www.id/showthread.indowebster.DAFTAR PUSTAKA http://batikindonesia.com/2007/11/30/batikmega-mendung/ .php? t=70643&page=1 http://batikpekalongan.web.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->