KARYA ILMIAH “ANATOMI MANUSIA”

NAMA KELOMPOK :

1. RISKA REVIANA 2. IDA SUSILOWATI 3 TISA ANINDITA D.P 4. MAYA SULVIANA

SMA NEGERI 16 JAKARTA JL. BELIBIS TERUSAN NO 16 PALMERAH JAKARTA-BARAT

semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Mei 2011 . Jakarta. Kami membuat karya ilmiah ini di khususkan untuk siapa pun dikarenakan tema yang kami angkat adalah mengenai “ANATOMI MANUSIA” Dengan ini kami mengucapkan Terima Kasih kepada Narasumber yang telah memberi Informasi kepada kami dan kami mengucapkan Terima Kasih kepada Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) beserta para modulator tak lupa kamu ucapkan terima kasih kepada Bapak Afifudin selaku guru b.KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunianya akhirnya kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini.indonesia kami yang sudah mengajarkan kepada kami tentang karya ilmiah ini. Serta para teman teman yang mendukung kegiatan kami.

.… 1 1.….………………………………………………………………………………………... KAJIAN PUSTAKA………………………………………………………………………………………………..………..…….…. 1 1.B Saran…………………………………………………………………………………………………………………….…….….…….A Lokasi Penilitian………………………………………………………………………………………………….DAFTAR ISI HALAMAN HALAMAN JUDUL……………………………………………………………………………………………………….. METODOLOGI……………………………………………………………………………………………….… 14 .……. 4 1.……….ii DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………………………………….B Perumusan Masalah……………………………………………………………………………………….…………..….…… 3 1.….. Penutupan…………………………. 13 DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………………………………………………….……. 13 4.…………………………………………………………………………….. 12 BAB IV.… 2 1.…….. 5 BABA II.…… 12 3.…….13 4.A Kesimpulan …………………………………………………………………………………………………………..A Latar Belakang Masalah……………………………………………………………………………………..C Tujuan Penelitian………………………………………………………………………………………….….……..iii BAB I.E Pembahasan……….D Manfaat Penelitian………………………………………………………………………………………. PENDAHULUAN……………………………………………………………………………………………………….….i KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………………………………..... 4-11 BAB III..

ukuran. Berdasarkan penjelasan di atas bahwa ilmu anatomi. Pembatasan ini membuat dimulainya pengerjaan sebuah buku teks ilmu anatomi yang akhirnya terkenal. 1 . Kerumitan tubuh manusia menyebabkan hanya ada sedikit ahli anatomi manusia profesional yang benar-benar menguasai bidang ilmu ini. anatomi terdiri dari berbagai pengetahuan tentang bentuk. Melihat perkembangan yang tidak baik ini. bahkan pembunuhan. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan menghormati jenazah sebagai peninggalan manusia. parlemen Inggris mengeluarkan Undang-undang Anatomi 1832. Permintaan akan mayat semakin meningkat. sebagian besar memiliki spesialisasi di bagian tertentu seperti otak atau bagian dalam Ilmu anatomi sangat penting dikuasai. letak. terutama oleh seorang dokter.BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Menurut kamus kedokteran Dorland. untuk itu berbagai cara dilakukan. Bedah mayat klinis yang dimaksud adalah tindakan otopsi yang dilakukan untuk mengetahui sebab kematian pasien atau dalam kasus kriminal. banyak ilmuwan yang memberikan gambaran anatomi lebih mendalam dibandingkan abad sebelumnya. Pemerintah Indonesia mengeluarkan Peraturan Pemerintah Tentang Bedah Mayat Klinis dan Bedah Mayat Anatomis serta Transplantasi Alat dan atau Jaringan Tubuh Manusia pada 1981. dokter tersebut harus mengetahui lokasi yang harus dibedah dan bagian apa saja yang terletak di sekitar lokasi yang akan di operasi agar menghindari risiko terjadinya perdarahan atau kegagalan operasi tersebut. Dilihat dari sudut kegunaannya. Bedah mayat anatomis adalah bedah mayat dalam rangka pendidikan. dan hubungan berbagai struktur dari tubuh manusia sehat sehingga sering disebut sebagai anatomi deskriptif atau topografis. bagian paling penting dari anatomi khusus adalah yang mempelajari tentang manusia dengan berbagai macam pendekatan yang berbeda. yang memberikan batas-batas hukum untuk penyediaan jenazah. Dari sudut medis. terutama anatomi manusia sangat penting untuk dimengerti dan dipahami maka penulis akan membahas tentang anatomi manusia pada karya tulis ilmiah ini. Dalam melakukan operasi pada pasien. definisi anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh dan hubungan antar bagiannya. Gray's Anatomy. Pada abad ke-19. dan memperoleh pengetahuan yang dianggap perlu.

Bagian manakah yang dapat di Anatomi ? 2 .B PERUMUSAN MASALAH 1. Mengapa kita harus mempelajari Anatomi? 2.1.

Agar kita memahami bagaimana struktur organ manusia 3 . Khususnya buat pelajar yang ingin mengambil program IPA atau mahasiswa Fakultas Kedokteran 1.C TUJUAN PENELITIAN Kami membuat karya ilmiah ini guna informasi tentang “anatomi”.D MANFAAT PENELITIAN 1. Untuk mempermudah seseorang dapat mengerti tentang Anatomi manusia 3. Untuk memberikan informasi tentang Anatomi Manusia 2.1.

1. yaitu: Sistem Kerangka Kerangka tubuh manusia tersiri dari susunan berbagai macam tulang yang satu sama lainnya saling berhubungan. terdiri dari: • Tulang kepala: 8 buah • Tulang kerangka dada: 25 buah • Tulang wajah: 14 buah • Tulang belakang dan pinggul: 26 buah • Tulang telinga dalam: 6 buah •Tulang lengan: 64 buah • Tulang lidah: 1 buah Tulang kaki: 62 buah 4 . kepustakaan dan dari hasil penelitian maka dapat diajukan hipotesis Anatomi Tubuh Manusia secara Ilmiah Anatomi Tubuh Manusia disususn kedalam beberapa bagiab sistem tubuh.E sebagai berikut PEMBAHASAN : Berdasarkan data dan informasi yang dapat dari berbagai sumber media.

Fungsi kerangka antara lain: • menahan seluruh bagian-bagian tubuh agar tidak rubuh • melindungi alat tubuh yang halus seperti otak. 5 . mengisi ruang antara taju duri dan taju lintang. Otot-otot punggung sejati itu hampir sama sekali tertutup oleh otot-otot punggung sekunder yang sebenarnya termasuk otot-otot anggota gerak atas dan bawah. terletak di sebelah belakang kanan dan kiri tulang belakang. Ujung sebelah tengah tulang selangka dihubungkan dengan pinggir atas tulang dada oleh sendi dada-selangka. Sendi lutut Ujung bawah tulang paha mempunyai dua buah benjol sendi yang bertopang pada bidang atas tulang kering. dan tulang belikat yaitu sebuah tulang ceper berbentuk segi tiga. Gelang bahu terdiri atas tulang selangka yang melengkung berupa huruf S. 2. jantung. Gelang bahu berhubungan dengan rangka batang badan hanya pada satu tempat saja. Kedua jurai otot tersebut dinamakan penegak batang badan dan amat penting artinya untuk sikap dan gerakan tulang belakang. dan paru-paru • tempat melekatnya otot-otot • untuk pergerakan tubuh dengan perantaraan otot • tempat pembuatan sel-sel darah terutama sel darah merah • memberikan bentuk pada bangunan tubuh buah Gelang bahu Gelang bahu yaitu persendian yang menghubungkan lengan dengan badan. Sistem Otot Otot punggung sejati merupakan dua buah jurai yang amat rumit susunannya. Ujung sebelah luar tulang selangka berhubungan dengan dengan sebuah taju tulang belikat (ujung bahu) dengan perantaraan sendi akromioklavikula. Pada dinding depan sendi lutut terdapat tempurung lutut. Dengan demikian terbentuklah sebuah sendi yang dinamakan sendi lutut. Pergelangan ini mempunyai mangkok sendi yang tidak sempurna oleh karena bagian belakangnya terbuka.

Lapis tengah dinamakan selaput koroid yang melapisi selaput keras dari dalam. Paru-paru kanan terbagi atas tiga belah paru (lobus) yaitu belah paru atas. Sistem Peredaran darah Jantung berbentuk runjung yang terbalik letaknya. hanya bidang depannya menyimpang dari bentuk bola sempurna karena selaput bening lebih menonjol ke depan. Ini terjadi karena bagian ini lebih melengkung dari pada bagian lain bola mata. Paru-paru terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kiri terbagi atas dua belah paru yaitu belah paru atas dan belah paru bawah. Di tempat peralihan selaput koroid dan selaput pelangi terdapat bentuk yang lebih tebal dan dikenal sebagai badan siliar. belah paru tengah dan belah paru bawah. yang di depan beralih menjadi selaput bening. Letak jantung dalam tubuh sedemikian rupa sehingga ujung runjung tersebut (ujung jantung) mengarah ke bawah.000. Bola mata berbentuk bulat. Bola mata dapat dibedakan dinding dan isinya. bilik kiri. Lapis luar adalah selaput keras. batang pembuluh balik atas dan bawah beserta ke dua (atau empat pembuluh balik paru-paru). Pada basis jantung inilah berhimpun aorta. Serambi kiri dan bilik kiri satu sama lain berhubungan. Sistem Indera Alat Penglihatan Alat penglihatan terdiri atas bola mata. Dindingnya terdiri atas tiga lapis. ke depan dan ke kiri. Garis penghubungnya adalah sumbu mata atau sumbu penglihat. 6 . Ke depan selaput koroid tidak mengikuti selaput bening. Titik pusat bidang depan dan bidang belakang dinamakan kutub depan dan kutub belakang. Banyaknya gelembung paru-paru kurang lebih 700. Gelembung-gelembung hawa terdiri dari sel-sel epitel dan endotel. Paru-paru terletak pada rongga dada.000 buah (paru-paru kanan dan kiri). Basis jantung mengarah ke atas. Sistem pernapasan Paru – paru merupakan sebuah alat tubuh yang sebagian besar terdiri dari gelembung (gelembung hawa/alveoli). Di tengah selaput pelangi ada lubang yang disebut manik mata. saraf penglihatan. serambi kanan dan bilik kanan. dan alat-alat tambahan mata. 5. batang nadi paru-paru.3. Bagian kiri jantung dipisahkan dari bagian kanan oleh sekat rongga jantung. Pada rongga dada tengah terletak paru-paru sedangkan pada rongga dada depan terletak jantung. 4. ke belakang dan sedikit ke kanan. Bagian dalam jantung terdiri atas 4 ruang: serambi kiri. demikian juga serambi kanan dan bilik kanan.

Di dalamnya terdapat kapiler darah dan limfe serta ujung-ujung saraf dengan badan-badan perasa. Tonjolan kulit jangat berupa jari ke dalam kulit ari dikenal dengan papil kulit jangat. Jadi sewaktu mengunyah setiap gigi bekerja sama dengan dua buah gigi yang berlawanan letaknya. Martil melekat pada selaput gendangan dan dengan sebuah sendi kecil juga berhubungan dengan landasan. Ke sebelah dalam liang telinga luar dibatasi oleh selaput gendangan terhadap rongga gendangan. Kulit jangat berupa jaringan ikat yang mengandung pembuluh-pembuluh darah dan saraf-saraf. bagian dalamnya mempunyai dinding tulang. Beranda dibatasi ke luar oleh bibir dan pipi yang mengandung otot-otot mimik dan karena itu gerakannya amat luas. Geligi Geligi terdiri atas dua baris gigi tertutup. Bagian luar liang telinga luar berdinding rawan. Pendengar luar terdiri atas daun telinga dan liang telinga luar. yang teratas adalah lapis tanduk yang terdiri atas sel-sel gepeng. yaitu martil. rongga mulut dibagi dua bagian yaitu beranda yang terletak di luar lengkung gigi dan rongga mulut yang terdapat di belakangnya. Kulit Kulit terbagi atas kulit ari dan kulit jangat. 6. Setiap baris gigi merupakan suatu garis melengkung yang pada rahang atas agak lain bentuknya daripada rahang bawah. Kulit ari terdiri atas beberapa lapis.Alat Pendengaran Alat pendengaran terdiri atas pendengar luar. pendengar tengah dan pendengar dalam. Pendengar tengah terdiri atas rongga gendangan yang berhubungan dengan tekak melalui tabung pendengar Eustachius. landasan dan sanggurdi. sedangkan lapis terdalam disebut lapis benih yang senantiasa membuat sel-sel epitel baru. Gigi pada rahang atas dan pada rahang bawah letaknya sedemikian rupa sehingga penampang terbesar setiap gigi rahang atas tepat menempati sela antara dua buah gigi rahang bawah dan sebaliknya. Sistem Pencernaan Rongga mulut Rongga mulut mulai dari celah mulut dan berakhir di belakang pada lubang tekak. Landasan mengadakan hubungan dengan sanggurdi melekat pada selaput yang menutup tingkap jorong pada dinding dalam rongga gendangan. Dalam rongga gendangan terdapat tulang-tulang pendengar. Oleh karena lengkung gigi. Daun telinga adalah sebuah lipatan kulit yang berupa rangka rawan kuping kenyal. 7 .

Nadi ini bercabang-cabang dalam jaringan ginjal. ginjal kiri letaknya lebih tinggi daripada ginjal kanan. usus besar dan limpa. Kandung kemih Kandung kemih merupakan tempat berkumpulnya semua air kemih yang terpancar dari saluran ginjal. 7. Lambung berhubungan dengan alat-alat itu dan juga dengan dinding belakang rongga perut dengan perantaraan dengan beberapa lipatan salut perut. karena dapat mengendor apabila diisi perlahan-lahan dengan air kemih. Di sini masuk nadi ginjal (dari aorta) ke dalam ginjal. Dinding kandung kemih yang terdiri atas jaringan otot polos dapat menyesuaikan diri terhadap banyaknya air kemih di dalam kandung kemih. dan untuk sebagian tertutup oleh alat-alat yang letaknya berdekatan seperti hati. terletakdi bagian atas rongga perut sebelah kiri.Lambung Lambung adalah bagian saluran pencernaan makanan yang melebar seperti kantong. Sistem Urinaria Ginjal Ginjal adalah suatu kelenjar berbentuk seperti kacang yang terletak pada dinding belakang rongga perut setinggi ruas-ruas tulang belakang sebelah atas. 8 . Sisi ginjal yang menghadap ke dalam berbentuk cekung.

Setelah folikel masak. yaitu sel-sel telur. Bagian pertama berupa kelenjar kelamin. Pada sisi belakang setiap buah zakar terdapat anak buah zakar yang tergolong sebagai jalan penyalur. yang berjalan di depan tulang kemaluan ke atas. Pada perempuan yang telah masak kelamin.8. liang senggama dan alatalat kelamin luar. Indung telur adalah kelenjar kelamin perempuan yang menghasilkan sel-sel kelamin. maka akan pecah sambil melemparkan ke luar sel telurnya yang kini terapung dalam rongga perut (kejadian ini disebut ovulasi). yang menyerupai permukaan buah srikaya. Alat reproduksi perempuan Alat-alat reproduksi perempuan terdiri atas indung telur. Di sini sel-sel mani melalui suatu saluran halus yang berliku-liku dan di bagian bawah anak buah zakar beralih menjadi pipa mani. Sel-sel mani keluar dari buah zakar dan masuk ke dalam anak buah zakar. diiringi oleh nadi buah zakar dan anyaman pembuluh balik. yaitu buah zakar yang membentuk sel-sel mani. tabung rahim. Indung telur berjumlah dua. Sel-sel telur dalam indung telur diselubungi oleh oleh suatu selubung yang terdiri atas sel-sel. rahim. anak buah zakar dan tali mani diselubungi oleh beberapa kerudung dan juga selapis otot yang bernama otot pegantung yang dapat menarik buah zakar dan anak buah zakar ke atas. Sistem Reproduksi Alat reproduksi laki-laki Alat-alat reproduksi laki-laki dibagi atas bagian pembuat mani dan bagian penyalur mani. 9 . Buah zakar. keseluruhannya berupa bentuk yang dinamakan folikel atau gelembung Graaf. Buah zakar kanan dan kiri tergantung di dalam sebuah lipatan kulit yang berbentuk kantong dan terletak di bawah tulang kemaluan yang dinamakan kandung buah zakar (skrotum). terletak pada dinding sisi panggul kecil di sebelah kanan dan di sebelah kiri. Masing-masing indung telur tergantung pada beberapa ikat dan lipatan salut perut. folikel yang berkembang merupakan tonjolan pada permukaan indung telur.

9. kecuali pada dua tempat. sebuah atap dan dua dinding sisi sebagai pembatas suatu terusan yang terletak di tengah. 10 . Pada bumbung tersebut dapat dilihat sebuah dasar. Di sebelah depan berkembang dua gelembung yang setangkup letaknya. Penampangnya dari atas ke bawah semakin kecil. Gelembung-gelembung ini kemudian menjadi kedua belahan otak besar. Sistem Syaraf Otak Sistem saraf pusat berkembang dari suatu struktur yang berbentuk bumbung. Di tempat-tempat ini sumsum belakang agak melebar. Dalam perkembangan selanjutnya pada beberapa tempat bumbung tadi menjadi tebal. sedangkan pada tempat-tempat lain dindingnya tetap tinggal seperti semula. Di sebelah belakang terbentuk otak kecil. oleh karena itu atap bumbung di sini menjadi semakin tebal. yaitu di daerah leher dan di daerah pinggang. Sumsum Belakang Sumsum belakang menyerupai batang kelubi yang penampangnya jorong. Letaknya dalam terusan tulang belakang anatara rongga tengkorak dan daerah pinggang.

Kelenjar Tiroid Kelenjar tiroid terdiri atas 2 belah yang terletak di sebelah kanan batang tenggorok diikat bersama oleh jaringan tiroid dan yang melintasi batang tenggorok di sebelah depan. di dalam fosa hipofise tulang spenoid. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terdapat di dalam leher bagian depan bawah. melekat pada dinding pangkal tenggorok. Sistem Endokrin Kelenjar Himofise Kelenjar himofise adalah suatu kelenjar endokrin yang terletak di dasar tengkorak. Kelenjar himofise memegang peranan penting dalam sekresi hormon dari semua organ-organ endokrin karena hormon-hormon yang dihasilkannya dapat mempengaruhi aktifitas kelenjar lainnya. 11 .10.

Contoh Hasil Anatomi Manusia .

ac.id www.id berupa alat peraga dan di bimbingan oleh dosen setempat.ac. E-mail : ikd_ugm@ugm. (0274) 631185.BAB III. Fax. Utara.ugm. 12 .ikd.A Waktu dan Lokasi Penelitian Waktu diadakan penelitian sekitar tanggal 6 mei 2011 bertempat di Jl. METEDOLOGI Farmako. Yogyakarta 55281 Telp. (0274) 631185. Sekip 3.

B Saran Sebagai penulis untuk membentuk suatu kesimpulan dari pada pengetahuan tentang ANATOMI MANUSIA memang di perlukan beberapa leteratur dan buku panduan disertai dengan praktikum untuk mengetahui fungsi organ yang sebenernya secara mendetail.A Kesimpulan PENUTUP Setiap organ tubuh manusia dapat kita teliti dan dapat kita pelajari bagian bagiannya satu persatu. Pada penyusunan karya ilmiah ini kami menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahannya mengingat keterbatasan dan pemahaman dari penulis masih sangatlah kurang dari kesempurnaan oleh karena itu saran dan kritik yang membangun dari teman teman sangat kami harapkan demi perbaikan dimasa yang akan datang 4. 13 . Dengan adanya ilmu anatomi kita dapat mengetahui fungsi.BAB IV. Dan bila setelah memahami hal tersebut maka setiap organ ada gejala ketidak normalannya dapat di obati secara dini. 4. dan juga struktur dari masing masing organ yang kita punya. Kami berharap dengan menulis karya ilmiah ini sehingga bisa membantu teman-teman yang lain untuk memberi informasi tentang anatomi manusia.

com/2010/05/anatomitubuh-manusia-secara-ilmiah.html 14 .blogspot.DAFTAR PUSTAKA http://mediatulis.

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

@9D@ ½ $$¯ f¾ –¾½ n¯$$$f°f¯   ¯f°¾f ¾ nff ¯f ¯  .