save New in save task pane File utama Menu-menu Nama exit 542 31 Klik kanan pada

Sheet1, kemudianprinterRename Row Heading menjadi Laporan. Penomoran range Klik tombol iniFunction Sheet1 Bullet Handout BulletNama pilih & ganti Heading Jumlah cetak Print Column nama Bar Cell ? Folder ai hand out Layout slideBaru open Close View ack white print zoom a dengan benar, maka proses pencetakan sudah dapat dilakukan.

atikan antara lain : unakan lide tertentu

  Pilihlah paragrap yang akan diberikan penomoran. Klik tab Page Layout. Menambahkan MewarnaiMemformat Teks Mengaturefek jenis font Mengubah padafont Mengubah ukuran huruf style fonthuruf   Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik tanda panah Numbering Klik perintah size di grup Page Setup . .

Kalian dapat mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara berikut ini : 1. Block teks yang akan kalian format, kemudian atur formatnya sesuai yang kalian inginkan. 2. Tempatkan kursor pada posisi awal kemudian mengatur formatnya. Dengan cara ini, semua teks yang kalian ketik mulai dari posisi awal akan mengikuti format yang Kalian pilih sampai Kalian melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain dari dokumen.

Untuk mengatur teks kalian dapat menggunakan grup Font yang ada pada ribbon.

Atau dapat juga diatur dengan menggunakan kotak dialog Font dengan hotkey Ctrl+D atau Ctrl+Shift+F Kotak dialog fonts. Dengan metode ini kita dapat melakukan pengaturan terhadap jenis, ukuran, style huruf dan sebagainya dengan menggunakan kotak dialog font. Caranya:  Pertama–tama tandai teks yang akan dirubah atau bisa dilakukan sebelum mengetik.  Pada tab home, klik perintah untuk menampilkan kotak dialog font pada grup Font atau tekan CTRL + D di keyboard.

 Maka keluar kotak dialog Font

digunakan untuk menentukan ukuran huruf yang telah ditandai. teks akan turun ½ tinggi huruf. miring (italic).  Font Style. Font. digunakan untuk menentukan warna garis bawah yang ditandai.  digunakan jika kita ingin memberikan efek khusus terhadap teks. apakah cetak tebal (bold). Biasanya digunakan dalam penulisan kata-kata ilmiah.  Underline Color.  Subscript. 2 Biasanya digunakan untuk membuat perpangkatan. akan memberikan efek. teks akan naik ½ tinggi huruf. digunakan untuk memilih jenis huruf yang telah ditandai. digunakan untuk menentukan jenis garis bawah. Terdapat beberapa pilihan sebagai berikut: Strikethrough.  Effects. akan memberikan efek. Untuk memilih jenis garis bawah.  Underline Style. Contoh “Efek Double Strikethrough”. gabungan tebal dengan miring atau reguler (standar) Size. klik-lah tab ini lalu pilih dan klik jenis garis bawah yang diinginkan. memberikan tulisan dengan diberi garis ditengah “Efek Strikethrough”   Double Strikethrough. Contoh . seperti “CO ”. digunakan untuk pengatur model huruf.  Font Color. seperti “m ”. Superscript. digunakan untuk menentukan warna huruf yang ditandai. 2 teks tersebut. sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua.

Untuk mengatur jarak spasi baris.  Shadow. klik Icon Line  Klik format paragraf yang diinginkan. pada grup paragraph. Contoh  “ Engrave. •  Klik home. efek dari pilihan ini akan mengakibatkan teks yang pilih tidak tampak dilayar. akan memberikan efek teks tampak seperti menonjol Efek Emboss “ ” dari yang lain. ikuti langkah berikut :  Pilih paragraf yang akan dirubah. Contoh “Efek dari Shadow” E Shadow Outline. Contoh tulisan “Efek Small Caps” diberi efek small caps menjadi “EFEK SMALL CAPS” efek ukiran. efek dari option ini adalah teks yang ” dipilih akan ditampilkan hanya kerangkanya saja. Kita dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Contoh tulisan “efek all caps” diberi efek all caps berubah menjadi “EFEK ALL CAPS”  Hidden. klik Line Spacing Option yang muncul . Spacing Catatan: Untuk memunculkan pilihan lain tentang spasi baris. Menentukan Spasi Antar Baris Apabila diperlukan. kebalikan dari emboss. digunakan untuk memberikan efek bayangan terhadap teks yang dipilih. jenis ini memberikan efek seperti ” Efek Engrave Engrave Small Caps. Contoh   All Caps. memberikan efek huruf dicetak secara kapital tapi ukurannya berbeda dengan huruf yang awalnya ditulis besar dengan yang ditulis kecil. akan memberikan efek semua tulisan yang mulanya kita ketik dengan huruf besar dan kecil akan dirubah menjadi huruf besar semua. Contoh “  Emboss.

 Pada kotak pilihan Font klik pada nama simbol yang diingikan lalu klik jenis karakternya kemudian klik Insert Membuat Penomoran Otomatis Untuk membuat penomoran otomatis pada suatu rincian. Spacing After dan masukkan nilai  Klik jenis karakter yang diinginkan.ketika mengklik icon Line Spacing . grup Paragraph. klik Symbol . Klik Page Layout. Jika tidak ada dalam pilihan. . Untuk merubah spasi/jarak antara sebelum atau sesudah paragrap.  Pada Insert dan di grup Symbols. ikuti langkah berikut:  Letakan insertion point ditempat simbol yang akan disisipkan. caranya: . terkadang kita harus membuat simbol atau karakter khusus seperti £. ikuti langkah berikut: Pilih paragraf yang akan dirubah. pada klik tanda panah Spacing Before atau yang diinginkan Menyisipkan Simbol/Karakter Spesial Dalam mengetik naskah. Namun tidak peru bingung. maka klik More Symbol maka keluar kotak dialog Symbol.  pada sebuah lembar kerja yang sedang dikerjakan.

maka muncul kotak dialog berikut:  Pilihan number style. Klik jenis penomoran yang diingikan. terkadang harus menambahkan bingkai dan warna belakang paragrap dengan cara:  Tandai teks yang akan diberi bingkai .  Pada pilihan alignment adalah untuk menentukan perataan penomoran. Namun apabila penomoran tersebut tidak ada dalam pilihan. bukan perataan Paragraph Membuat Bingkai dan Warna Belakang Pada Paragraf Untul lebih memperindah lembar kerja/dokumen kita. adalah untuk menentukan jenis penomoran yang ingin digunakan Pada pilihan font. adalah untuk menetukan format penomoran. maka klik Define New Number Format.

dll) lihatlah hasilnya pada preview. o Pada kotak pilihan Apply to:. pilihlah lebar garis yang diingikan. o Pada kotak pilihan Color. pilihlah warna garis yang diingikan. pilihlah jenis garis yang ingin digunakan. o Pastikan pada setting yang terpilih bukan pilihan none (bisa Box.  Untuk memberi bingkai klik tab Borders lalu tentukan: o Pada kotak pilihan style. o Pada kotak pilihan Width. Klik menu Page Layout lalu klik Page border pada grup Page Background yang akan menampilkan kotak dialog border and shading. . tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragrap. Shadow.

 Untuk memberi warna belakang paragrap. masih di kotak dialog Border And Shading. o Pada kotak pilihan Apply to:. klik tab Shading lalu tentukan: o Tentukan warna yang ingin digunakan pada kotak pilihan fill atau patterns. o Lihat hasilnya pada preview. kita bisa menambahkan bingkai pada halaman dengan cara:  Tandai teks yang akan diberi bingkai  Klik menu Page Layout lalu klik Page border pada grup Page Backgroun yang akan menampilkan kotak dialog border and shading  Klik tab Page Borders : Lakukan Pengaturan pada: .  Apabila sudah ditentukan Klik OK dengan catatan kita bisa melalukan pengaturan pada border saja atau shading saja maupun kedua-duanya Membuat Bingkai Pada Halaman Untuk mempercantik dokumen. tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragrap.

adalah untuk memilih lebar bingkai yang diingikan.  Kotak pilihan Color. tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragrap.  Lalu klik OK.  Klik OK Ukuran. adalah untuk memilih jenis bingkai lain apabila tidak ingin menggunakan garis.  Kotak pilihan Art. Pastikan pada setting yang terpilih bukan pilihan none (bisa Box.  Pada pilihan Apply to: tentukan penerapan yanga akan digunakan apakah seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai akhir. b) Untuk menentukan Orientasi kertas langkah-langkahnya:  Masih di tab Page Layout dan grup Page Setup. adalah untuk memilih warna bingkai yang diingikan. Kotak pilihan style.  Kotak pilihan Width. adalah untuk memilih jenis garis yang ingin digunakan. dll) lihatlah hasilnya pada preview. klik perintah Orientation .   Pada kotak pilihan Apply to:. Lalu tentukan:  Lebar kertas pada kotak pilihan Width  Tinggi kertas pada pilihan Height. Shadow. langkah-langkahnya:  Apabila tidak ditemukan ukuran yang diinginkan klik more paper size yang akan memunculkan kotak dialog Page Setup. Orientasi dan Batas Pinggir Kertas a) Untuk menentukan ukuran kertas dan batas pinggir kertas (margin).

diatas atau di kanan (apabila menggunakan penjilidan)..  Pada akhir.  Pada kotak pilihan Right tentukan lebar margin kanan. c) Untuk menentukan batas pinggir kertas (margin).  Lalu klik di salah satu pilihan orientasi meliputi potrait untuk orientasi tegak dan landscape untuk orientasi mendatar. langkah-langkahnya:  Masih di tab Page Layout dan grup Page Setup.  Lalu klik OK pilihan Apply to: tentukan penerapan yanga akan digunakan apakah seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai tidak yang ditemukan ukuran yang diinginkan klik custom akan memunculkan kotak dialog Page Setup.  Pada kotak pilihan Gutter tentukan lebar penjilidan dan pada kotak pilihan Gutter position tentukan letak penjilidan apakah dikiti. Lalu . Perintah ini diabaikan saja apabila tidak ingin menggunakan penjilidan. klik perintah Margin lalu klik ukuran margin yang dikehendaki.  Pada kotak pilihan Left tentukan lebar margin kiri.  Apabila margin tentukan:  Pada kotak pilihan Top tentukan lebar margin atas.  Pada kotak pilihan Bottom tentukan lebar margin bawah.

lakukan pengaturan pada ukuran kertas  Klik OK.(a) (b) Kita juga bisa langsung mengatur ketiga-tiganya (Ukuran. maka muncul kotak dialog page Setup dan yang aktif margin  Pada tab margin. Header dan Footer .  Pada tab paper size. Orientasi dan Batas Pinggir Kertas) secara langsung menampilkan kotak dialog page setup dengan cara:  Klik perintah untuk memunculkan kotak dialog Page Setup di sudut kanan bawah grup page setup. lakukan pengaturan terhadap margin dan orientasi.

 Klik Tab insert. Lalu Ketikkan teks untuk header  Setelah selesai klik close header and footer atau klik ganda diluar kotak header dan footer untuk keluar dari format ini. Hanya saja Footnote/Endnote ini tidak akan tampil di setiap halaman.  Untuk mengedit header/footer tinggal klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik edit header/footer.Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu tampil pada setiap halaman. Sedangkan Footer (catatan kaki) kebalikan dari header. komentar akan tampil di bawah .4 a) lalu pilih format yang diinginkan sehingga insertion point otomatis berada pada bagian atas (untuk header) atau bawah (untuk footer) dokumen dan muncul tab design pada Ribbon.  Dan untuk menghapusnya.  Untuk pindah ke footer (ketika membuat header) klik perintah go to footer. Footnone/Endnote Footnote/Endnote memberikan adalah catatan kaki yang digunakan untuk komentar sebuah kata yang ada pada dokumen.  Ketikkan teks yang untuk header/footer sesuai dengan keinginan kita. Biasanya ditandai dengan nomor.  Klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer (Gambar 4. Header dan footer ini sering dibuat untuk memberikan keterangan dari naskah yang diketik. klik perintah kembali Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik Remove header/footer. untuk Footnote. Lalu Ketikkan teks untuk footer  Untuk pindah ke header (ketika membuat footer) klik perintah go to header.

halaman tempat kata yang diberi komentar itu berada.  Dan untuk endnote.  Kita juga bisa langsung memberikan footnote/endnote dengan terlebih dahulu menentukan formatnya dengan cara klik perintah untuk menampilkan kotak dialog footnotes di sudut kanan bawahlalu akan muncul kotak dialog Footnote and Endnote. Sedangkan pada Endnote. . komentar akan tampil di akhir dokumen. masih di tab References klik perintah Insert  Lalu ketikan komentar dari kata tersebut.  Untuk footnote Klik tab References lalu klik perintah Insert Footnote pada grup footnotes. tentukan dimana catatan kaki akan  Pada pilihan format tentukan jenis penandaan nya apakan pad number format (tersedia beberapa pilihan) atau tanda lain pada Custom Mark (bisa dengan karakter khusus dengan memilih tombol Symbol). Langkah-langkah untuk membuat footnote/endnote:  Klik pada kata yang akan diberi catatan kaki.  Pada kotak pilihan location.

ikuti langkah berikut:  Klik tab home lalu cari grup editing dan klik replace maka muncul kotak dialog Find and Replace    Pada kotak pilihan Find what tulislah teks yang akan diganti. Pada pilihan start at. Menyisipkan Teks Indah Kita dapat menyisipkan variasi teks yang sangat indah dan warna-warna atau design yang menarik dengan cara:  Klik tab insert lalu klik icon Word Art pada grup illustration. Dan kemungkinan besar ada kata yang terlewat tidak terganti. Maka untuk menanggulanginya. Dengan menghapus dan menggantinya satu persatu maka kita akan kehabisan waktu karean harus membaca dokumen per baris dan juga besar kemungkina kata tersebut terlewat. Misalnya pada sebuah dokumen terdiri dari 50 halaman kita akan mengganti semua kata Sandal dengan kata Sepatu. . Klik replace untuk mengganti satu persatu atau klik replace all untuk mengganti kata yang dimaksud. tulislah kata yang baru. Mengganti Kata Pada Dokumen Untuk mengganti beberapa kata yang sama pada dokumen yang terdiri dari banyak halaman alangkah tidak efisien apabila harus ditemukan dahulu dan digantinya satu persatu dan di ketik secara manual. tentukan nomor awal catatan kaki dimulai (bila menggunakan format nomor). Pada kotak pilihan Replace with.

Menyisipkan Gambar Dari File Gambar .  Klik pada gambar yang tampil. ketik kata yang berkaitan dengan clipt art. di kotak Search for.  Pada jendela Clip Art (muncul sebelah kanan). Lalu klik OK  Setelah teks disisipkan.  Tutup dengan menekan tombol close pada task pane Clipt Art.  Lalu muncul kotak dialog Edit WordArt Text. kita dapat melakukan pengaturan WordArt menggunakan WordArt Tools yaitu tab Format yang muncul ketika teks yang disisipkan tersorot Menyisipkan Gambar dari Clipt Art Microsoft Office Word 2007 juga menyediakan file gambar yang disediakan bersama paket Microsoft Office dan kita dapat menyisipkannya kedalam dokumen dengan cara:  Klik tab insert lalu klik icon CliptArt pada grup illustration.  Ketikkan teks yang akan disisipkan. Pilihlah jenis variasi yang diingikan pada tampilan preview. atau langsung saja klik Go untuk memunculkan gambar yang ada.

CD. disket. tentukan lokasi tempat gambar disimpan.  Apabila kolom dan baris pada tabel yang disisipkan dalam jumlah banyak.  Kita dapat melakukan pengaturan tampilan pada gambar menggunakan Picture Tools yaitu tab Format yang muncul ketika gambar yang disisipkan tersorot Menyisipkan Tabel Menyisipkan Tabel Baru Microsoft Office Word 2007 juga dapat menyisipkan objek berbentuk tabel ke dalam dokumen dengan cara:  Klik tab insert lalu klik icon table pada grup tables. icon table dilanjutkan dengan menekan insert table yang akan menampilkan kotak dialog Insert .  Lalu sorot banyaknya kolom dan baris yang akan disisipkan.  Klik gambar yang diinginkan lalu klik Insert. maka setelah menekan Table. flash disk. dapat disisipkan ke dalam dokumen yang sedang kita kerjakan dengan cara:  Klik tab insert lalu klik icon picture pada grup illustration  Pada kotak dialog Insert picture.File gambar yang kita simpan di hardisk. dsb.

 Sorot kolom/baris pada tabel yang akan disisipi dengan kolom atau baris baru.  Pada Table Tools. Baris. tentukan banyak kolom yang akan disisipkan. Kolom Atau Tabel Apabila dalam tabel yang kita buat ada kelebihan sel.  Pada number of rows. Menghapus Sel. kolom atau baris itu. Pada grup Rows & Columns kita dapat memilih pilihan berikut:  Insert Above untuk menyisipkan baris baru diatas baris yang disorot. maka kita bisa menghapus sel. tentukan banyak baris yang akan disisipkan Menyisipkan Baris Atau Kolom Baru Apabila dalam tabel yang telah dibuat terdapat kekurangan baris atau kolom maka kita dapat menyisipkan kolom atau baris baru. juga kita bisa langsung menghapus seluruh tabel yang ada dengan cara: .  Insert Below untuk menyisipkan baris baru dibawah baris yang disorot. Pada number of columns. baris ataupun kolom.  Insert Left untuk menyisipkan baris baru diatas baris yang disorot. klik tab Layout.  Insert Below untuk menyisipkan baris baru dibawah baris yang disorot.

 Delete Rows untuk menghapus baris yang tersorot. Pada grup Rows & Columns . bagian tengah sel ataupun bagian bawah sel. kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan/posisi sesuai dengan keinginan kita.  Delete Table untuk menghapus tabel yang ditempati insertion point. Kita juga dapat menggunakan perataan tersebut sekaligus memposisikan teks berada di bagian atas sel. Sorot kolom atau baris yang akan dibuang. Merubah Peraataan/Posisi Teks Pada Setiap Sel Teks yang kita masukkan ke dalam tabel dapat diatur perataannya dengan menggunakan alligment pada tab Home di grup Paragraph. namun itu hanya untuk perataan horizontal saja. di tab Layout dan grup Alligment.  Pada Table Tools. klik perintah delete dan kita dapat memilih pilihan berikut :  Delete Cells untuk menghapus sel yang ditempati insertion point. .  Delete Columns untuk menghapus kolom yang tersorot.  Pada Table Tools. klik tab Layout. Langkah-langkahnya:  Sorot beberapa sel yang akan dirubah perataan/posisinya.

Mengabungkan sel Untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu. di tab Layout dan grup Orientasi teks Untuk mengatur orientasi/arah teks pada tabel langkah-langkahnya:  Sorot teks pada tabel yang akan dirubah orientasinya.  Klik perintah Merge Cells Merge. Kita dapat mengurutkan data yang berada dalam tabel dengan cara:  Sorot data pada tabel yang akan diurutkan. langkah-langkahnya:  Sorot beberapa sel yang akan digabung. kemudian tab Layout dan Grup Data. di tab Layout dan grup Alligment. Dan akan memunculkan kotak dialog Sort seperti berikut: .  Pada Table Tools. pada Pada Table Tools. kita dapat menekan Sortasi data perintah Text Direction dan lakukan beberapa kali sehingga arah teks sesuai dengan keinginan kita. klik perintah Sort.  Pada Table Tools.

kita dapat menentukan kolom mana yang akan diurutkan.  Tandai pilihan Ascending untuk mengurutkan dari A s/d Z atau dari terkecil sampai terbesar. tandai Header Row apabila tabel akan memakai baris kepala table atau No Header Row apabila tidak akan memakai baris kepala table . dan Descending untuk kebalikannya.  Pada My list has. bisa digunakan apabila akan mengurutkan dari kolom yang lain. Pada sort By.  Pada then by.

Adapun langkah-langkahnya:  Klik tombol Microsoft Office . Maka tampilan preview ditampilkan  Kita bisa langsung mencetak ke kertas dengan menekan perintah print pada grup print. untuk mengetahui apakah dokumen yang dibuat telah sempurna atau belum. . lalu sorot Print (jangan dulu di klik). apabila ada kekurangan. atau tampilan pada grup Zoom. Softcopy adalah mencetak dokumen ke layar monitor. sedangkan hardcopy adalah mencetak dokumen melalui printer Mencetak Ke Layar (Print Preview) Mencetak dokumen ke layar monitor berupa preview biasanya dilakukan sebelum mencetaknya ke kertas. kita dapat memperbaikinya.Mencetak Dokumen Setelah mengetik dan mempercantik dokumen yang kita buat kita dapat mencetak dokumen tersebut ke media berupa kertas (hard copy). dan mengatur pilihan lain pada grup Preview. yang masing-masingnya berfungsi untuk mencetak dokumen. Maka muncul beberapa pilihan di sebelah kanannya  Klik Print Preview. mengatur kembali ukuran margin dan kertas pada grup page setup. Dalam dunia komputer dikenal istilah hardcopy dan softcopy.

lalu sorot Print (jangan dulu di klik). . Atau bisa dari tampilan menu preview seperti yang telah disebutkan di atas. Klik Close Print Preview untuk menutup Preview. kita dapat memilih jenis printer yang aktif di komputer dengan mengklik tanda panah yang terdapat disebelah kanan option ini. langkah-langkahnya:  Klik tombol Microsoft Office .  ALL.  Kita juga bisa mencetak dokumen ini ke file dengan cara menandai option print to file.  Maka Kotak dialog Print muncul: Pada tab Name.  Current page. berfungsi untuk mencetak halaman dokumen yang sedang aktif saja (halaman yang aktif ditentukan oleh posisi insertion point pada saat pencetakan).  Pada tab page range ada tiga alternatif pencetakan yang disediakan oleh Microsoft Word. Atau tekan CTRL + P dari keyboard. Mencetak Ke Kertas Untuk mencetak dokumen. Maka muncul beberapa pilihan di sebelah kanannya lalu klik Print. berfungsi untuk mencetak seluruh isi dokumen.

 Breaks Kadang dalam menulis naskah ada suatu halaman atau kolom yang belum terisi sementara kita harus berpindah ke halaman lain. 2. Caranya dengan menggunakan ribbon Insert  page break atau page layout  breaks  page atau cukup dengan menggunakan hotkey Ctrl+Enter Membuat Kolom Berita Langkah – Langkah untuk membuat kolom berita : 1. berfungsi untuk mencetak halaman tertentu dari suatu dengan mengetikan nomor halaman dokumen yang akan 1. Click menu tab Page Layout pada ribbon Pilih Columns yang terletak pada ribbon Page Setup Pilih banyak pembagian kolom yang kalian inginkan Klik OK untuk melakukan proses pencetakan dokumen yang akan . dokumen dicetak dan dipisahkan dengan tanda koma. dan lain-lain. Contoh kita akan mencetak halaman 1.10. misalnya ingin mencetak halaman 2 sampai halaman 10 maka cukup ketik 2-10. 3.  Tab copies digunakan untuk menentukan jumlah salinan (copian) dari dicetak. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menekan tombol enter berulang kali.5. apakah hanya mencetak halaman ganjil saja (odd) atau genap saja (event) saja.  Pada option print what isikan document jika ingin mencetak dokumen. maka pada kolom page range isikan Jika ingin mencetak dokumen pada range tertentu. Jika kita mencetak 5 rangkap maka isilah dengan angka 5.2.2 dan halaman 5 sampai 10.  Option properties dapat digunakan untuk menset jenis kertas. dan 10.5. Pages.  Option prints dapat kita pilih alternatif pencetakan.5-10 jika ingin mencetak halaman 1. atau 1. atau keduanya (all pages ranges).2. kualitas pencetakan.2.

Latihan : Buatlah kolom berita sepertigambar di bawah ini! .

baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS. semenjak versi 5. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang. menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan. saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak.Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. i Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel. beserta beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan. dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif.0 diterbitkan pada tahun 1993. Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu : . Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. ada baiknya kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu. dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .

4. Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1. 2. Cell Pointer Cell Pointer (penunjuk sel). adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif.536 baris. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Contoh. (65. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. kita akan menjumpai kolom AA. bukan. Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell Pointer) Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom).1. 3. Setelah kolom Z. Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Formula Bar Formula Bar. Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1. adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Row Heading Row Heading (Kepala garis). Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). kanan atau bawah Tab Pindah satu sel ke kanan Enter Pindah satu sel ke bawah Shift + Tab Pindah satu sel ke kiri . Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard : Tombol Fungsi ←↑→↓ Pindah satu sel ke kiri. atas. Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar. maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 . AB s/d AZ lalu kolom BA. Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Sama halnya dengan Row Heading. Column Heading Column Heading (Kepala kolom). Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut.536 baris dengan 256 kolom). adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. adalah penunjuk sel yang aktif. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris.

Shift + Enter Home Ctrl + Home Ctrl + End PgUp PgDn Alt + PgUp Alt + PgDn Ctrl + PgUp Ctrl + PgDn Pindah Pindah Pindah Pindah satu sel ke atas ke kolom A pada baris yang sedang dipilih ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan Pindah satu layar ke atas Pindah satu layar ke bawah Pindah satu layar ke kiri Pindah satu layar ke kanan Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya .

Format Worksheets MENAMBAHKAN BORDER DAN COLOR Kita dapat menambahkan border pada lembar kerja kita. Caranya adalah dengan memblok terlebih dahulu cell yang akan kita beri border. kemudian klik tombol pada tab home Kemudian pilihlah jenis border yang diinginkan. Microsoft Excel 2007 menyediakan pula style border yang dapat langsung kita gunakan. Dan untuk mengatur alignment klik tombol berikut : . Klik tombol berikut pada tab home. Untuk menggunakannya klik tombol CELL STYLES pada tab home : MERGE CELLS & ALLIGN CELL CONTENTS Microsoft Excel juga menyediakan fasilitas merge cells dan memiliki fungsi yang sama seperti pada Microsoft word.

CARA : KETIKLAH “PENGANTAR KOMPUTER” DALAM SEBUAH CELL. alignment. CONVERT TEXT TO COLUMNS TERKADANG KITA INGIN MEMISAHKAN DUA BUAH KATA YANG TADINYA BERADA DALAM SATU CELL MENJADI DUA CELL ATAU LEBIH . TAB. SPASI . Pertemuan 1 Pertemuan 2 Nam a Lat1 22001 234 22001 235 22001 236 22001 237 22001 238 22001 239 22001 240 22001 241 22001 242 22001 243 Aaaa Mmm Ccccc Rrrrr Eeee Nnnn Gggg Hhhh Kkkk Jjjjj 90 85 90 88 87 99 100 88 95 90 Lat2 95 90 85 90 85 90 92 90 90 85 Poste s 100 88 85 87 88 80 85 90 92 88 Lat1 95 96 95 80 85 90 95 100 88 85 Lat2 90 85 88 87 86 85 90 95 90 100 Post es 100 85 85 90 85 90 92 90 90 85 NIM Bloklah field Nama. dan bordernya. lalu pilih tab Home Sort & Filter lalu pilih Sort A to Z.Latihan : Buatlah tabel seperti berikut ini : Perhatikan susunan huruf. DAN LAINNYA . KITA DAPAT MENGGUNAKAN CONVERT TEXT TO COLUMNS UNTUK MEMISAHKAN DUA BUAH KATA YANG TERPISAHKAN OLEH KOMA . PILIH TAB DATA  TEXT TO COLUMNS AKAN MUNCUL WINDOW SEPERTI BERIKUT : .

Fixed Width untuk mengeset data terpisah dengan ukuran tertentu.Delimited dipilih jika dua buah kata tersebut dipisahkan oleh koma atau tab. .

Caranya : Pilih tab Insert Header Footer . kita akan mendapatkan pengantar dan komputer berada pada cell yang berbeda. HEADER & FOOTER Seperti pada Microsoft Word.Setelah finish. kita juga dapat menambahkan header dan footer.

kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. number2. o Menggunakan Fungsi Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel. dimulai dari pangkat (^). karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. rumus. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung (). yang akan membantu dalam proses perhitungan. kali (*).xls. dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Fungsi Average(…) Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data(range). ( total = Harga x Jumlah). label. Beberapa Fungsi yang sering digunakan: 1. atau bagi (/). baik berupa angka. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah . Latihan 1 : Ketiklah contoh berikut dalam excel anda dan hitunglah total tersebut dengan menggunakan fungsi penjumlahan.number2. Setelah selesai silakan simpan dengan nama file : latihan1. dimana number1. tambah (+) atau kurang (-). Bentuk umum penulisannya adalah =AVERAGE(number1. .…).o Menggunakan Rumus (Formula) Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel . alamat sel atau range. Lambang + * / ^ % Fungsi Penjumlahan Pengurangan Perkalian Pembagian Perpangkatan Persentase Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini. Pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen.

dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Fungsi Logika IF(…) Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1. Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text. number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. maka hasilnya 2. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text. jika tidak. Fungsi Max(…) Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1. number2. dimana number1. Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri. sebanyak num_char.2. Fungsi Min(…) Sama halnya dengan fungsi max. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah : . maka fungsi mengambil sejumlah karakter dari sebelah kanan teks. num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil. Misalnya. 7. 9. Dimana number1. 6. Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan. Lambang = < > <= >= <> Fungsi Sama dengan Lebih kecil dari Lebih besar dari Lebih kecil atau sama dengan Lebih besar atau sama dengan Tidak sama dengan 3. 5..…). jika nilai sel A1=1. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text. num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.num_chars). 4. kalau fungsi left mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri. Fungsi Mid(…) Fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks.number2. Fungsi Left(…) Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.…).start_num. Fungsi Sum(…) Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.num_chars). Fungsi Right(…) Fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi left.number2. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut .num_chars). bedanya fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik. Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num. 8. maka akan bernilai 0.

…) =VLOOKUP(Lookup_value. perhatikan contoh kasus di bawah ini: Buatlah tabel seperti di bawah ini pada Microsoft Excel: A B C D E F G H I 1 DAFTAR NILAI MAHASISWA 2 3 4 5 6 7 8 9 1 0 1 1 1 2 1 3 1 4 1 5 1 6 1 7 1 8 1 9 2 0 2 1 2 2 SEMESTER GANJIL 2007/2008 UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA MATA KULIAH : ALJABAR LINIER GROUP : C TGS 1 TGS 2 NIM NAMA TTS 40 60 75 80 70 70 40 50 40 40 TAS 40 45 65 100 80 65 40 25 30 20 NILAI ANGK HURU A F KETERANGA N 220741 SHANDY GITA 50 220741 YOHANNES 51 PUTRA 220741 RONI 52 ANGGARA 220741 GO KIEM 53 LIONG 220741 PAULA WINDY 54 220741 FIONA 55 ANDRIANTO 220741 ROY NALDO 56 220741 YONGKY 57 SETIAWAN 220741 MATHEUS 58 BIMA 220741 THERESIA 59 NILAI TERTINGGI NILAI TERENDAH RATA-RATA 90 100 90 100 90 100 90 100 90 80 90 90 80 100 80 90 100 90 80 80 - - .…) Dari rumus diatas. Table_array.=HLOOKUP(Lookup_value. Row_index_num. Table_array. maka digunakan nomor indeks baris (Row_index_num). Nomor indeks adalah angka untuk menyatakan posisi suatu kolom/baris dalam tabel yang dimulai dengan nomor 1 untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut. Col_index_num. Latihan 2 : Untuk lebih mengerti mengenai rumus dan fungsi-fungsi di atas. dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor indeksnya saja. tapi kalu pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom (Col_index_num). kalau kita pakai HLOOKUP.

1)+(D10*0. tinggal copy-paste dari C21.IF(G10>=70."CUKUP". Kemudian untuk mengkonversi dari angka ke huruf. dan TAS. 3. tinggal copy-paste dari C22. tuliskan rumus di bawah ini: =(C10*0. Selanjutnya untuk H11 sampai H19.IF(G10>=55. Jika ada yang merasa kesulitan mengcopy-paste.4)+(F10*0. =AVERAGE(C10:C19) 8. ketikkan rumus di bawah ini: =MIN(C10:C20) 6. Selanjutnya untuk D22 sampai G22. arahkan pointer pada sel G10.4) 2. gunakan fungsi yang sudah disediakan di Microsoft Excel yaitu MAX(…). Tugas Sebelum TTS (TGS 1) : 10% TTS : 40% Tugas Setelah TTS (TGS 2) : 10% TAS : 40% + Nilai : 100% Setelah nilai dalam bentuk angka didapatkan. silahkan bertanya pada asisten. Untuk rata-rata gunakan fungsi AVERAGE(…). Demikian juga untuk mencari nilai terendah." KURANG"."A". TTS. tinggal copy-paste dari H10. 7."D". arahkan pointer ke C22. (Hot key : Copy -> Ctrl+C & Paste-> Ctrl V) 3. Untuk mengisi keterangan."SANGAT BAIK". arahkan pointer ke C20. tinggal copy-paste dari C20."TIDAK LULUS")))) . Selanjutnya untuk D20 sampai G20. Selanjutnya untuk G11 sampai G19. =IF(G10>=85. tinggal copy-paste dari G10. Untuk mencari nilai akhir dalam angka. Lalu tulis rumus di bawah ini: =IF(H10="A". arahkan pointer ke H10. Selanjutnya untuk D21 sampai G21. Kemudian untuk mengetahui nilai tertinggi dari tugas 1. 11. =MAX(C10:C19) 4. kita akan menghitung nilai(0-100) dari 4 komponen yang tersedia yaitu TGS 1. 5. arahkan pointer ke I10. kita menggunakan fungsi logika IF(…). TGS 2. Arahkan pointer ke C21. kita gunakan fungsi Min(…).1)+(E10*0. kita aka menggunakan fungsi logika IF(…) lagi.IF(H10="B"."E")))) 10."C"."BAIK". 2. Sesuai dengan masing-masing bobot nilai.IF(G10>=4 0. maka diubah menjadi nilai huruf dengan ketentuan sebagai berikut: 0 E 40 D 55 C 70 B 85 A 100 Langkah-langkahnya : 1.IF(H10="D". 9."B". 4.IF(H10="C".Komponen nilai adalah : 1.

1 C B A B B D D D D KETERAN GAN KURANG CUKUP BAIK SANGAT BAIK BAIK BAIK KURANG KURANG KURANG KURANG - DAFTAR NILAI MAHASISWA SEMESTER GANJIL 2007/2008 UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA 220741 SHANDY GITA 50 220741 YOHANNES 51 PUTRA 220741 RONI ANGGARA 52 220741 GO KIEM LIONG 53 220741 PAULA WINDY 54 220741 FIONA 55 ANDRIANTO 220741 ROY NALDO 56 220741 YONGKY 57 SETIAWAN 220741 MATHEUS BIMA 58 220741 THERESIA 59 NILAI TERTINGGI NILAI TERENDAH RATA-RATA 90 90 80 100 80 90 100 90 80 80 100 80 88 40 60 75 80 70 70 40 50 40 40 80 40 56. Ketik laporan berikut pada sheet laporan.12. Selanjutnya untuk I11 sampai I19. tinggal copy-paste dari I10. Ingat!! Jawaban untuk kolom NILAI harus dengan rumus fungsi diatas tidak boleh manual!! Jika benar. Setelah selesai silakan simpan hasil kerja anda dengan nama file baru : latihan2. maka hasilnya akan seperti ini: A B C D E F G H I 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 0 1 1 1 2 1 3 1 4 1 5 1 6 1 7 1 8 1 9 2 0 2 1 2 2 MATA KULIAH : ALJABAR LINIER GROUP : C NIM NAMA TGS 1 90 100 90 100 90 100 90 100 90 80 100 80 93 TGS 2 TTS TAS NILAI ANGK HURU A F 50 D 61 73 92 77 73 51 49 45 40 92 40 61. .xls. 5 40 45 65 100 80 65 40 25 30 20 100 20 51 Latihan 3 : Buka workbook baru dan ganti nama Sheet1 menjadi Laporan.

dan ketik data berikut: A B C KODE MATERI BIAY A A Microsoft Word 250 00 B Microsoft Excel 350 00 C Java 450 00 D Visual Basic 500 00 .1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 0 1 1 A B C D E F G DAFTAR PESERTA UJIAN PELATIHAN KOMPUTER DUTA TRAINING CENTER UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA NO 1 2 3 4 5 6 KODE A-P-050 B-S-041 C-P-042 D-S-170 A-M-010 B-M-151 NAMA ARDI BOBBY JONI SETIAW AN AGUS RUDY MATE RI BIAYA WAKT U KE LA S 1 2 3 4 5 Ganti Sheet2 menjadi Tabel Anak.

5.1)="P". • Kelas Didapat dengan ketentuan. • Biaya Didapat dengan membaca table anak yang terdapat pada Tabel Anak dengan kunci pembacaan Kode. Buka workbook baru. jika karakter ke-5 Kode=0 maka “Regular”.3)  Waktu Pada Sel F6 =IF(MID(B6.1)="0". jika “S” maka “Siang”."Regular"."Diploma") Latihan 4 : 1."Siang". sedangkan jika “M” maka “Malam”.  Biaya Pada sel E6 =VLOOKUP(LEFT(B6. jika karakter ke-3 dari Kode = “P” maka “Pagi”. dengan melihat karakter pertamanya. dan “M” adalah “MOTOROLA.1)). jika “S” maka “SAMSUNG”.3.3.1). Penyelesaian:  Materi Pada sel D6 =VLOOKUP((LEFT(B6.000 Jika Merk Motorola 499. maka “NOKIA”. dan buat tabel seperti dibawah ini: Kode Merk Jumla Harga Total Keteran Barang h gan N-12C S-10K S-05K N-23C M-90K Ketentuan Proses:  Merk Jika karakter pertama dari Kode Barang=”N”.000 Jika Merk SAMSUNG 599."Malam"))  Kelas Pada Sel G6 =IF(MID(B6.  Jumlah Mengambil karakter ke-3 dan ke-4 Field Kode Barang  Harga Jika Merk NOKIA 799.'Tabel Anak'!$A$2:$C$5.IF(MID(B6.2) Tanda ‘$’ digunakan sebagai fungsi absolute/mutlak. sedangkan jika 1 maka “Diploma”. • Waktu Didapat dengan ketentuan."Pagi".Ketentuan proses : • Materi Didapat dengan membaca table anak yang terdapat pada Tabel Anak dengan kunci pembacaan.1)="S".000  Total Merupakan perkalian antara Jumlah dengan Harga .'Tabel Anak'!$A$2:$C$5.

dan sebagainya.xls. XY. Area. Bar. Stock. Grafik dapat dilihat dalam menu INSERT sebagai berikut. Column.xls) Latihan 5 : Lengkapilah tabel di bawah ini dengan menggunakan table di sebelahnya sebagai patokan! Simpan dengan nama file latihan5. Batang. Setelah klik tombol . Keterangan Jika karakter terakhir Kode Barang=”C” maka “Cash” Jika karakter terakhir Kode Barang=”K” maka “Kredit” (Simpan dengan nama file latihan4. maka akan muncul menu sebagai berikut : . Dengan fungsi grafik para ilmuwan dapat menampilkan data mereka. Nama Kode Jenis Buku Harga Hani DR Jerry HR Wawan HR Marina KM Novi DR Ratih LG Kode LG DR HR KM Film Jenis Laga Dram Horor Kome a di Harg 2500 2000 3000 2700 a o Menggunakan GRAFIK Salah satu fungsi unggul dalam Ms Excel 2007 adalah grafik dimana dapat melihat hasil tabel diubah menjadi ke dalam grafik dengan cepat. Ms Excel menyediakan berbagai macam bentuk grafik yang mencakupi Line.

karena membuat grafik perlu sebuah tabel data untuk menampilkan grafiknya. Latihan 6 : Ketiklah tabel dibawah ini dalam worksheet baru anda! Simpan dengan nama file latihan6. Sehingga. Namun.Setelah masuk ke Insert Chart.xls. Jika sudah terpilih jenis Chart yang anda inginkan. . maka silakan pilih jenis grafik yang anda inginkan sesuai selera anda. silakan klik OK. silakan ikuti latihan berikut ini.

adalah sbb : Latihan 7 (bisa untuk tugas juga) Buatlah 2 buah grafikseperti gambar berikut dengan data dibawah ini. . a. b.Contoh Hasil a).

Yaitu dengan memasukkan CD drivernya ke dalam CD Room. ikuti instruksi yang diberikan masukkan serial numbernya ikuti instruksi berikutnya dan akhiri dengan finish. MENGOPERASIKAN MICROSOFT POWER POINT Ada banyak langkah dalam memulai mengoperasikan Microsoft Powerpoint tapi pada dasarnya sama. merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan kegiatan presentasi. Dan proses penginstalannya pada dasarnya semuanya sama. Kemudian kita telah dapat mengoperasikan microsoft office powerpoint yang telah terinstal tadi.Microsoft Office Power Point Microsoft Office Power Point sebagai salah satu aplikasi diantara aplikasi-aplikasi office lainnya seperti Microsoft Word. penginstalan Powerpoint biasanya penginstalannya bersamaan dengan aplikasi-aplikasi Microsoft Office lainnya seperti Microsoft Word. jadi kalian dituntut Untuk untuk menguasai Microsoft modul ini sampai kalian dapat proses mempresentasikan dan bertugas sebagai presenter. Microsoft Excel. Sebagai contoh dalam hal ini kami . Excel dan lain-lain.

Pilih Microsoft Office. Klik Microsoft Office Powerpoint 2003 seperti pada Gambar 1 Setelah kalian mengikuti langkah-langkah tersebut segera akan tampil lembaran kerja Microsoft PowerPoint seperti Gambar 2. berikut ini . pilih All Programs. Gambar 2 Untuk Mengakhiri Microsoft powerpoint bisa juga dilakukan dengan berbagai cara. Tetapi umumnya dengan memilih exit dari menu file.menggunakan Windows Xp Professional Office 2003 langkah-langkah yang ditempuh secara umum : Klik Start. Untuk jelasnya dengan menggunakan langkah-langkah .

Seperti pada gambar 4.berikut . Gambar 4 MEMBUAT.MENYIMPAN PRESENTASI Membuka file pada Microsoft PowerPoint . MEMBUKA . klik menu file 2 x klik exit atau klik tkalian close pada lembaran kerja sudut kanan atas. Fungsi dan kegunaannya harus kalian mengerti dalam mengoperasikan powerpoint dengan baik dan menarik. Lihat gambar 3 Gambar 3 Diharapkan kepada kalian untuk membiasakan diri dalam melihat berbagai fitur yang terdapat di dalam Powerpoint sebab pada pembahasan mendatang powerpoint akan dibahas mengenai menu-menu yang dimiliki pada MENGENALI MENU-MENU PRESENTASI Beberapa menu-menu utama dan shortcut yang terdapat dalam microsoft office powerpoint.

(Ctrl +O) [1] klik menu file [2] klik open [3] tentukan di folder mana file tersebut pada look in [4] klik file yang diinginkan kemudian klik open Gambar 5 .Gambar 5 di bawah ini menampilkan menu untuk mengambil file yang ada atau yang pernah kita buat sebelumnya.

ppt (default presentasi) powerpoint show  . Save as type = type file yang akan digunakan. [1] [2] [3] klik file klik save kemudian tentukan lokasi penyimpanan dan nama filenya Gambar 6 Ket : Save in File name = untuk menentukan folder penyimpanan file = nama file yang akan kita gunakan sebagai contoh . dengan langkah-langkah.rtf (file berupa text) dll. presentation  . .pps (file show) Read Text File  .Menyimpan file pada Microsoft PowerPoint Setelah pembuatan slide selesai maka langkah berikutnya adalah menyimpan file tersebut.

Mencetak file pada Microsoft PowerPoint Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pencetakan file. atau slide tertentu Jumlah pencetakan Print sebagai slide atau handout Print dengan gray scale atau black white [1] [2] klik file klik print kemudian tentukan seperti hal-hal yang perlu diperhatikan di atas . Jenis dan nama printer yang digunakan Print range: seluruh slide.

Kalian juga bisa mengubah desain dengan memanfaatkan design template di task pane.Setelah Kalian memilih maka secara otomatis tampilan slide Kalian akan berubah sesuai dengan design yang kalian pilih. [5] klik pada click to add title untuk membuat judul dari presentasi [6] demikian juga dengan subtitle selanjutnya Setelah Kalian mengetikkan title dan subtitle maka akan tampil seperti gambar berikut.Membuat Presentasi Baru Microsoft PowerPoint memberikan kemudahan bagi Kalian untuk membuat file presentasi dengan berbagai cara. . Untuk kali ini kita akan memulai dengan lembar presentasi kosong. [1] Langkah awal jalankan microsoft powerpoint [2] Klik tombol drop down di task pane tepat disebelah new presentation [3] Pilih dan klik layout slide [4] klik dua kali layout slide yang kalian inginkan.

Menambahkan slide Untuk

melengkapi slide presentasi, kita tinggal menambahkan beberapa halaman slide berikutnya. [1] klik menu insert [2] klik new slide kemudian isi sesuai

dengan bahan yang akan dipresentasikan seperti terlihat pada gambar

Font (Huruf)
Untuk melakukan perubahan huruf pada PowerPoint dapat dilakukan dengan cara: Blok kata/kalimat atau klik area text box yang akan dirubah,

Klik Menu format dan pilih font

hingga muncul dialog seperti gambar dibawah ini;

Font Font Style

: Untuk memilih jenis huruf : Untuk memilih tampilah huruf (biasa, tebal, miring, miring dan tebal).

Size Color

: Untuk menentukan besar huruf. : Untuk warna huruf

Perhatikan gambar di bawah ini :

MENGENAL FITUR-FITUR PRESENTASI
Alignment Untuk pengaturan tulisan dapat dilakukan dengan memilih format | alignment

Align

left

(ctrl+l)

memberikan efek tulisan rata kiri seperti gambar dibawah ini :

Center (ctrl+e) memberikan efek tulisan center seperti gambar dibawah ini :

perhatikan gambar dibawah ini • • Table Pada slide presentasi memungkinkan Kalian memasukkan table.Align right (ctrl+r) memberikan efek tulisan rata kanan seperti gambar dibawah ini : Bullet and Numbering Bullet and Numbering berfungsi untuk memperjelas focus pada slide presentasi. dari menu bar klik table | insert | table . klik area text box yang akan dirubah. Cara membuat Bulleted List dari Text Box : Klik Format | Bullets and Numbering dari menu bar atau Klik kanan pada area text box kemudian pilih Bullets and Numbering sehingga muncul dialog seperti dibawah ini Pilih bullets yang Kalian gunakan.

. pada semua halaman atau sebagian presentasi.Isilih jumlah kolom dan jumlah baris sesuai dengan tabel yang akan dibuat Perhatikan gambar dibawah ini : Header/Footer dan Page numbering Header/Footer berfungsi untuk informasi pada slide presentasi. Page numbering berfungsi untuk memberikan halaman pada slide secara otomatis.

Pada menu bar klik view | header and footer Check list date and time untuk menampilkan tanggal. Perhatikan gambar di bawah ini . Check list slide number untuk memberikan halaman pada slide presentasi Check list footer dan masukkan jika tulisan yang akan dijadikan sebagai catatan kaki. pilih update automatically jika tanggal yang diinginkan otomatis atau pilih fixed tanggal yang akan ditampilkan tetap.

DESIGN/LAYOUT Background (Latar Belakang) Langkah-langkah untuk mengatur latar belakang slide : Klik format | background dari menu bar. atau klik kanan pada slide kemudian pilih background sehingga muncul gambar di bawah ini. .

Pilih fill effect dari menu drop-down untuk menambahkan gradient. pattern.Pilih warna yang dikehendaki melalui menu drop-down dibawah kotak background fill atau pilih more colors untuk pilihan warna yang lebih variatif. picture Contoh background menggunakan color . texture.

Contoh background menggunakan gradient Contoh background menggunakan texture Contoh background menggunakan pattern Contoh background menggunakan picture .

Efek yang bisa diberikan yaitu animasi dan suara. Nomor 3 gambar diatas adalah drop-down pilihan animasi text/tulisan Nomor 4 gambar diatas adalah drop-down pilihan suara . Langkah-langkah untuk memberikan efek : • • Pilih halaman yang akan diberikan efek Dari menu bar klik slide show | custom animation sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini • • • • Pilih text box/obyek yang akan diberikan animasi seperti pada nomor 1 gambar diatas.MEMBERIKAN EFEK PADA SLIDE Efek pada slide adalah salah satu hal yang penting pada sebuah presentasi agar apa yang disampaikan menjadi menarik dan tidak membosankan. Selanjutnya perhatikan pada nomor 2 gambar diatas akan memberikan informasi obyek yang telah terpilih.

• Nomor 5 gambar diatas adalah drop-down pilihan tulisan ditampilkan satu kalimat sekaligus atau kata perkata. atau huruf per huruf .

Klik setup show 3. . tekan tombol esc. .Menjalankan Presentasi : Setelah semua slide telah dibuat berikut 2. . . . Klik Ok Klik slide show 5. . 4. Klik menu slide show 2. Untuk kembali ke lembar kerja . Beri tkalian ok (v) pada pilihan loop continuously until ‘esc’ 4. Klik slide transition . Dan lihatlah hasilnya . Untuk membuat presentasi dapat dijalankan terus menerus 1. Klik menu slide show jalankan presentasi dengan cara sebagai (kedua instruksi ini bias disingkat dengan menekan tombol f5 3. : Klik view show 1.

pilih print atau tekan shortcut menu print . tapi jika kalian ingin melakukan pengaturan tersendiri maka lakukan dengan menekan tompol keyboard (Ctrl + P) maka akan muncul kotak dialog seperti gambar . Klik slide show Dan untuk menghentikannya dapat ditekan tombol esc MENCETAK FILE PRESENTASI Langkah-langkah yang ditempuh dalam proses pencetakan pada powerpoint yaitu jika slide powerpoint yang kalian buat memang sudah siap melalui proses editing untuk siap cetak. Pada option advance slide pilih automatically after ( isi nilai waktu transisi ) 7.6. Langkah-langkahnya. Klik file. Klik Apply to all slide 8.

FITUR-FITUR DASAR PENCETAKAN Perhatikan gambar berikut inI .

.

i .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful