P. 1
Pengertian LAN Dan WAN

Pengertian LAN Dan WAN

|Views: 1,604|Likes:
Published by Wizag Daexce

More info:

Published by: Wizag Daexce on Sep 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2013

pdf

text

original

pa yang anda ketahui tentang jaringan komputer dan kenapa jaringan komputer saat ini diperlukan 2) Coba jelaskan

jenis-jenis dari jaringan computer 3) Sebutkan dan jelaskan beberapa hal yang sangat penting untuk diketahui dalam membangun suatu jaringan komputer. 4) Media transmisi dalam suatu jaringan komputer terdiri dari guided dan unguide d. Jelaskan perbedaan dari kedua media transmisi tersebut. 5) Sebutkan teknik-teknik underlying dalam dunia jaringan. 6) Apa perbedaan dari kabel UTP dengan coaxial 7) Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan LAN, MAN dan WAN. 8) Sebutkan 5 perangkat keras jaringan dan jelaskan secara rinci satu persatu. 9) Apakah fungsi Hub dalam jaringan? 10) Sebutkan topologi jaringan dan jelaskan kelemahan dan keuntungan dari masing -masing topologi tersebut. 11) Jelaskan perbedaan antara jaringan yang bersifat Client-server dan peer-to-p eer. 12) FDDI merupakan protocol yang diberikan oleh ITU-T dalam jaringan LAN.jelaska nlah metode akses ari FDDI dan bagaimana transmisi data pada FDDI. Jawaban 1. Apa yang anda ketahui tentang jaringan komputer dan kenapa jaringan komputer saat ini diperlukan ? Jawab: Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya dengan menggunakan protocol komunikasi dan juga media komunikasi yang digunakan untuk saling berbagi data, software, informasi, serta berbagi pakai hardware. Jaringan Komputer diperlukan karena jaringan komputer dapat membawa informasi se cara cepat dan tepat dengan tingkat kesalahan dalam pengiriman data yang dilakuk an melalui media komunikasi dari transmitter (pengirim) menuju receiver (penerim a) kecil, sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat membantu kita dal am menyelesaikan suatu pekerjaan. 2. Coba jelaskan jenis-jenis jaringan komputer ! Jawab: Jenis-jenis jaringan komputer : a. LAN (Local Area Network) Local Area Network adalah jaringan lokal atau jaringan private yang ada dalam sa tu ruangan atau gedung. Jaringan LAN biasa digunakan untuk jaringan kecil yang m enggunakan satu resource data, software, dan hardware secara bersama-sama. LAN d apat dibedakan menjadi tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi transmisi, da

baik perangkat keras ataupun perangkat lunak. .11. c. Misalnya.4 GHz. e. Pada dasarnya WAN ini memiliki basic/meto de jaringan seperti yang dimiliki LAN dan MAN. c. Atau juga kumpulan jaringan interkoneksi yang memerluk an sebuah alat yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan ter jemahan yang diperlukan. Jaringan Wireless ini merupakan solusi bagi jaringa n yang tidak dapat menggunakan kabel. d. Internet Internet adalah interkoneksi antar jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia yang bisa saling berkomunikasi dan bertukan informasi menggunakan standard Internet Protocol ( IP ). Jaringa n MAN dapat digunakan untuk mentransfer data/suara dan dapat dihubungkan dengan jaringan televisi kabel. Sebutkan dan jelaskan beberapa hal yang sangat penting untuk diketahui dalam membangun suatu jaringan komputer ! Jawab: a. Menghemat biaya (cost reduce) Dengan adanya jaringan kom-puter dalam berkomunikasi maka kita secara langsung m aupun tidak langsung dapat mengurangi biaya yang seharusnya kita keluarkan untuk mengirimkan sebuah data. Sehingga bila salah satu mesin rusak. begitu juga dengan sumberdaya yang dimilik i oleh komputer kita dapat digunakan oleh komputer yang lain. semua file (berkas) dapat disimpan atau di-salin ke dua. 3. Tetapi pada dasarnya MAN merupaka n gabungan dari banyak jaringan. b. b. Keamanan data. Wireless (Jaringan Nirkabel) Wireless merupakan sebuah jaringan terobosan yang tidak lagi mnenggunakan kabel sebagai media penghubungnya. Resource Sharing Dengan adanya jaringan komputer sumberdaya yang dimiliki oleh komputer yang lain dapat digunakan secara bersama sama.n topologinya. WAN (Wide Area Network) Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang memiliki cakupan daerah yang sanga t luas bahkan bisa sampai antar benua. Reliabilitas tinggi Jaringan komputer dapat membantu untuk mendapatkan reabilitas tinggi kita akan m endapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumbersumber alternative per sediaan. tiga atau lebih computer yang terkoneksi ke jaringan. MAN (Metropolitan Area Network) Metropolitan Area Network adalah sebuah jaringan yang menggunakan basic/metode j aringan LAN tetapi jaringan MAN mempunyai cakupan atau daerah jaringan yang lebi h luas yaitu satu RT atau perusahaan yang berada pada komplek yang sama. d. Jaringan Wireless menggunakan standarisasi IEEE 802. Jaringan Wireless biasa menggunakan frekuensi 2. maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

e. Integritas Data. Dengan adanya jaaringan komputer akan mencegah ketergantungan terhadap computer pusat karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja. Perangkat-perangkat yang digunakan dala m teknik Underlying dapat berupa perangkat keras (Hardware) maupun perangkat lun ak (Software). Perlindungan terhadap data diberikan dengan cara memberi aturan dalam hak akses pemakai jaringan tersebut yang bisa berupa username dan password. Bridge c. dan switch. m elainkan dapat dilakukan secara distribusi. Hub/Switch b. Dengan adanya jaringan komputer maka dua atau lebih orang dapat saling berkomu nikasi baik bertukar data. Jaringan komputer menjadi jembatan penghubung untuk berkomunikasi antar pengguna . Media Transmisi Guided adalah transmisi data yang menggunakan konduktor fisik . Skalabilitas Memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja system secara berangsur-angsur ses uai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambah sejumlah prosesor. Contohnya a dalah gelombang. Komunikasi.Dalam perkembangannya Sistem jaringan komputer juga memberikan perlindungan terh adap data. router d. Karena hal inilah maka dapat dikatak an bahwa integritas data dapat terbentuk sehingga pemakai dapat dengan mudah mem peroleh informasi kapan pun. kabel . Media Transmisi unguided adalah media transmisi gelombang elektromagnetik /da ta tanpa menggunakan konduktor fisik seperti kabel atau serat optik. f. b. g.teknik underlying dalam dunia jaringan ! Jawab: Teknik-teknik underlying adalah teknik yang membutuhkan perangkat-perangkat lain nya agar antar komputer dapat terhubung. 5. Jelaskan perbedaan dari kedua transmisi tersebut ! Jawab: Perbedaan antara media transmisi guided dengan unguided : a. 4. sel ain itu juga dengan menggunakan teknik perlindungan enkripsi tertentu sehingga d alam perkembangannya keamanan data yang diberikan akan lebih aman dan efektif. Contoh dari perangkat keras dari tekhnik underlying yang dibutuhkan : a. Bridge. misalnya Hub. Sebutkan teknik . suara maupun video tanpa dapat memungkinkan terjadiny a komunikasi antara pengguna tanpa hambatan jarak dan geografis dan dalam waktu yang lebih singkat. Media transmisi dalam suatu jaringan komputer terdiri dari guided dan unguide d.

Kecepatan dan keluaran 10 -100 Mbps. dll 6. Kelebihannya: a. b.e. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) Secara fisik. b. UTP juga men-support arsitektur-arsitektur jaringan pada umumnya sehingga menj adi sangat populer. UTP m emiliki diameter eksternal 0. Biaya rata-rata per node murah. lebih mudah putus/rusak di bandingkan dengan kabel UTP . yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. kekurangannya: a. Linux c. UTP digunakan sebagai media networking dengan impedansi 100 Ohm. Panjang kabel maksimum yang diizinkan 500 m (medium). Novell. d. c. kabel koaksial dapat dijalankan dengan tanpa banyak membutuhkan bantuan re peater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh di antara node network. Network Interface Card (NIC) atau yang sering kita sebut dengan LAN Card Contoh perangkat lunak dari tehknik underlying kita butuhkan : a. Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps. Windows b. Repea ter memang dapat juga diikutsertakan untuk meregenerasi sinyal-sinyal dalam jari ngan koaksial sehingga dalam instalasi network cukup jauh dapat semakin optimal. b.43 cm. Kabel Coaxial Kabel koaxial atau lebih populer dikenal dengan coax terdiri atas konduktor silind ris melingkar. kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) terdiri atas empat pasang dawa i medium. Biaya per node murah. kelebihannya: a. Media dan ukuran konektor kecil. c. Akan tetapi pada prakteknya para administrator jaringan banyak menggunakan kabel ini sebagai medi a yang efektif dan cukup diandalkan. Menggunakan konektor RJ 45 Kekurangan dari kabel UTP adalah rentan terhadap efek interferensi elektris yang berasal dari media atau perangkat-perangkat di sekelilingnya. Untuk LAN. Apa perbedaan dari kabel UTP dengan Coaxial ? Jawab: Perbedaaan UTP cble dengan Coaxial Cable : a. hal ini memudahkan dalam melakukan instalasi .

dan hardware secara bersama-sama. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan LAN. Untuk mengetahui teknologi p endukung WAN ini lebih dalam perlu mengetahui konsep Point-to-Point Protocol (PP P). frame relay. HUB dalam layer OSI berada pada layer physical. Jadi perbedaan dengan LAN adalah bergantung pada perangk at keras yang dimilikinya. Tetapi pada dasarnya MAN merupaka n gabungan dari banyak jaringan. teknologi transmisi. data dikirim secara broadca st dan itu mengurangi kecepatan transfer. data tida . HUB HUB merupakan salah satu hardware jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan be berapa komputer sekaligus tetapi pada HUB memiliki kekurangan karena tidak dapat menyimpan MAC Address sehingga dalam transfer data. yaitu ukuran.bagian penting da ri suatu konsep LAN yang difokuskan terhadap perancangan suatu system jaringan ( LAN). Dalam bagian ini akan membahas bagian . Jaringa n MAN dapat digunakan untuk mentransfer data/suara dan dapat dihubungkan dengan jaringan televisi kabel. Switch Switch merupakan sebuah alat yang berfungsi seperti HUB. software. VSAT dlsb.25.b. X. Di dalam LAN dikenal ada 3 macam arsitektur: Ethernet. LAN d apat dibedakan menjadi tiga karakteristik. WAN (Wide Area Network) Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang memiliki cakupan daerah yang sanga t luas bahkan bisa sampai antar benua. b. Sebutkan lima perangkat keras jaringan dan jelaskan secara rinci satu persatu ! Jawab: a. dan WAN ! Jawab: a. da n topologinya. ukuran konektor medium 7. pulau dan benua. LAN (Local Area Network) Local Area Network adalah jaringan lokal atau jaringan private yang ada dalam sa tu ruangan atau gedung. Jadi WAN dapat menggunakan fasilitas publik seperti s irkuit sewa (leased line ). token ring dan fiber distributed data interface (FDDI). Pada dasarnya WAN ini memiliki basic/meto de jaringan seperti yang dimiliki LAN dan MAN. 8. MAN (Metropolitan Area Network) Metropolitan Area Network adalah sebuah jaringan yang menggunakan basic/metode j aringan LAN tetapi jaringan MAN mempunyai cakupan atau daerah jaringan yang lebi h luas yaitu satu RT atau perusahaan yang berada pada komplek yang sama. Jaringan LAN biasa digunakan untuk jaringan kecil yang m enggunakan satu resource data. tetapi Switch memiliki kelebihan untuk menyimpan MAC Address sehingga dalam mentransfer data. LAN adalah sebuah sistem komunikasi d ata yang membolehkan sejumlah device atau komputer yang terangkai untuk berkomunikasi langsung satu sama lainnya. c. Frame Relay dan ATM. b. MAN. Pada WAN menyediakan layanan transmisi data berjarak jauh secara geografis antar kota.

masing topologi tersebut ! Jawab: Topologi Bus (Bus Topology) Menggunakan satu segment (panjang kabel) backbone. Router Router adalah sebuah alat yang biasa disebut "jembatan". data dikirim secara broadca st dan itu mengurangi kecepatan transfer. Ketika menerima sebuah paket. 10. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan yang berbeda atau tipe jaringan yang sa ma. Bridge Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Ada 2 jenis Router yaitu PC Router dan Router. bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Sebutkan topologi jaringan dan jelaskan kelemahan dan keuntungan dari masing . AP ini menggunakan frekuensi 2. Apakah fungsi hub dalam jaringan ? Jawab: HUB merupakan salah satu hardware jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan be berapa komputer sekaligus tetapi pada HUB memiliki kekurangan karena tidak dapat menyimpan MAC Address sehingga dalam transfer data. d.4 GHz 9. e. HUB dalam layer OSI berada pada layer physical. Access Point Access Point atau yang lebih dikenal dengan AP adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas jaringan dari mobile radio ke jaringan kabel atau dari backbone jaringan wireless client-server. Mengapa disebut jembata n? Karena pada fungsinya. yaitu yang menyambungkan semu a host secara langsung Keuntungan : ?? Hemat kabel ?? Layout kabel sederhana ?? Mudah dikembangkan ?? Tidak membutuhkan kendali pusat ?? Penambahan dan pengurangan terminal tanpa mengganggu .k dibroadcast tetapi langsung dikirim ke alamat yang dituju. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masin g segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan meli ntasi bridge. c. router berfungsi sebagai penghubung antara dua atau le bih IP yang berbeda. AP merupakan sebuah alat utama ya ng digunakan untuk membuat sebuah hotspot.

Topologi Star (Star Topology) Menghubungkan semua kabel pada host ke satu titik utama. Secara fisik jaringan in i berbentuk ring (lingkaran).operasi yang sedang berjalan Kerugian : ?? Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil ?? Kepadatan lalu lintas ?? Keamanan data kurang terjamin ?? Kecepatan akan menurun bila klien bertambah Topologi Ring (Ring Topology) Menghubungkan satu host ke host setelah dan sebelumnya. Titik ini biasanya meng gunakan Hub atau Switch. dan lambat karena pengiriman data berdasarkan antrian. . Keuntungan ?? Hemat Kabel dan dapat melayani lalu lintas yang padat dengan risiko tabrakan data yang kecil Kerugian ?? Peka kesalahan ?? Pengembangan jaringan lebih kaku ?? Kerusakan pada media pengiriman dan terminal dapat menyebabkan kelumpuhan kerja seluruh jaringan.

kelemahannya adalah. Topologi Extended Star (Extended Star Topology) Merupakan perkembangan dari topologi star. dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan setiap saat. Topologi Mesh (Mesh Topology) Menghubungkan satu titik ke titik yang lainnya. Tingkat kerumitan jaringan sebanding deng an meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Sebagai contoh. apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi. Kondisinya di mana tidak ada hub ungan komunikasi terputus secara absolut antar node computer. Keuntungan & Kerugian Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sent ral dikurangi 1 (n-1. Memiliki beberapa titik yang terhubun g ke satu titik utama. Kelebihan dari topologi Extended star adalah. n = jumlah sentral).Keuntungan ?? Paling fleksibel ?? Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain ?? Kontrol terpusat ?? Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan ?? Kemudahaan pengelolaan jaringan Kerugian ?? Boros kabel ?? Perlu penanganan khusus ?? Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis. Dengan demikian disamping kurang . perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal keuangan serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. maka kelompk lainnya yang berada di bawahnyaakhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relative menjadi lambat.

FDDI memiliki 3 tipe node: dual att achment station (DAS). data dan printer secara bersama-sama. Dalam banyak kasus da ta ditransmisikan pada ring pertama (primary ring). Setiap MIC memiliki 2 fiber port. Dalam sistem jarin gan ini yang diutamakan adalah penggunaan program. FDDI merupakan protokol yang diberikan oleh ITU-T dalam jaringan LAN. FDDI dalam implementasinya harus menggunakan kabel serat optik. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai serv er yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation. Jika ring pertama mengalami masalah. Untuk DAS memiliki 2 MIC (MIC A dan MIC B) DIPOSKAN OLEH ERRY BLOGS DI 11:39 0 KOMENTAR: Poskan Komentar Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Langgan: Poskan Komentar (Atom) PENGUNJUNG real estate marketing . FDDI diimplementasikan menggunakan ring ganda (dual ring). jelask an metode akses dari FDDI dan bagaimana transmisi data pada FDDI ! Jawab: FDDI mendukung laju data 100 MBps. Setiap station at au node atau komputer dikoneksi dengan device yang bernama media transfer connec tor (MIC). sehingga dari segi biaya adalah sangat mahal. Jelaskan perbedaan antara jaringan yang bersifat client server dan peer to p eer ! Jawab: Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa kompute r (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Metoda akses: Token passing FDDI dalam metoda akses sama dengan Token Ring yakni token passin.FDDI menggunakan 2 hingga Bagian 16: Jaringan LAN dan WAN 350 6 byte alamat fisik. Jaringan Client-Server adalah computer yang menyediakan fasilitas bagi komputerkomputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Pemakai komputer bernama A dapat memakai program yang dipasang di komputer B. maka ring kedua (secondary ring ) melakukan recovery. dan dual attachment concentrator (DAC). 11. single attachment station (SAS). d an mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan. FDDI hanya menggunakan 2 jenis frame. sehingga menjadi aternatif pengganti ethernet dan token ring.ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya. FDDI mendukung laju data pada 100 Mbps. 12.

DAFTAR BLOG SAYA DIAS BLOG'S TKJ Cara Membuat bridge Dengan Menggunakan AP JAHT 2 tahun yang lalu WeLcoM3 To RiDwaN TkJ BLo9's Hari Pertama PKL di PT TOA 2 tahun yang lalu BLOG ARCHIVE ? 2009 (7) ? April (4) ? Maret (1) ? Februari (1) ? Januari (1) JARINGAN DATA DAN INTERNET JARINGAN LAN DAN WAN ? 2008 (4) ABOUT ME ERRY BLOGS ?????? LIHAT PROFIL .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->