P. 1
7 - PENGERTIAN ULUL ALBAB

7 - PENGERTIAN ULUL ALBAB

|Views: 1,509|Likes:
Published by Aanq_Pass_3938

More info:

Published by: Aanq_Pass_3938 on Sep 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2013

pdf

text

original

MAKALAH TARBIYAH ULUL ALBAB PENGERTIAN ULUL ALBAB

Dosen pembimbing: M. Fahim Thuraba, M.Pd

Oleh Kelompok:
Siti Hajar Rahmayanti (10140013) Abdul Aziz (10140014)

FAKULTAS TARBIYAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDA’IYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2010

Dan kami meminta kritik dan saran dari pembaca. Sangat banyak kesalahan dalam makalah kami.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Penulis juga berterima kasih kepada dosen pendamping dan teman-teman atas dukungan terhadap kami. kami sebagai penulis memohon maaf kepada pembaca dan dosen pendamping. untuk memenuhi tugas Tarbiyah Ulul Albab. sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. . penulis berhasil menyelesaikan makalah yang berjudul Arkanul Jamiah. Berkat rahmat-Nya.

Apa Tanggungjawab ulul albab? C. sehingga dapat menjadi mahasiswa yang ulul albab. Rumusan Masalah 1. B. . Tujuan Agar mahasiswa uin maliki malang dapat memahami ma‟na ulul albab dan mengetahui dasar-dasarnya. untuk itu mahasiswa diharapkan untuk mengerti dan faham ma‟na ulul albab. Apa pengertian dan dasar ulul albab? 2.BAB I PENDAHULUAN A. Sebutkan kepribadian seorang ulul albab? 3. dan dasar-dasarnya serta memiliki kepribadian ulul albab. Latar Belakang Tujuan Pendidikan universitas islam malang adalah menjadikan mahasiswa yang ulul albab.

Berdasarkan definisi pengertian etimologi ini. yusuf: 111. shad: 29.43. QS. 190. Kesungguhan mencari ilmu dan kecintaannya mensyukuri ni‟mat Allah ( QS.  Menurut AM Saefudin: bahwasannya ulul albab adalah intelektual muslim atau pemikir yang memiliki ketajaman analisis atas fenomena dan proses Alamiah. Ibrahim: 52. Berdasarkan atas ayat-ayat tersebut. dapat kita ambil pengertian terminologi bahwa ulul albab adalah orang yang memiliki akal yang murni. yaitu dalam QS. Misalnya kacang. Pengertian Istilah ulul albab dapat ditemukan dalam teks alqur‟an sebanyak 16 kali dibeberapa tempat dan topik yang berbeda.  Menurut jalaluddin Rahmat beliau mengemukakan lima karakteristik ulul albab dengan bahasa yang lebih rinci lagi yakni: 1. sekaligus mengarahkan kemampuannya untuk memilih dan mengikuti kebaikan tersebut. Al-baqoroh: 179.197. al-zumar: 9. al ra‟d: 19. Memiliki kemampuan memisahkan sesuatu dari kebaikan dan keburukan. memiliki kulit yamg menutupi isinya. Isi kacang disebut lubb.  Menurut Quraish Shihab: beliau meyatakan bahwa ditinjau dari etimologis. almu‟min: 54 dan al thalaq: 10. Ali Imran: 7. Al-maidah: 3) . 269. yang tidak diselubungi kulit. para intelektual muslim indonesia memahami. kata albab adalah bentuk plural (jamak) dari kata lubb. dan menjadikan kemampuan tersebut untuk membangun dan menciptakan kemaslakhatan bagi kehidupan manusia. yang artinya saripati sesuatu. 18. al-Maidah: 100.BAB II PENGERTIAN ULUL ALBAB A. 21. Ali Imran: 190) 2. memberikan pengertian dan karakteristik yang berbeda-beda. (QS.

Proposisi atau dalil yang dikemukakan orang lain.3. ulul albab adalah kemampuan seseorang dalam merenungkan secara mendalam fenomena alam dan sosial. fikir. yakni: dzikir. teori. dengan berbasis pada kepasrahan secara total terhadap kebesaran Allah. Atau dalam bahasa lain . insan ulul albab adalah komunitas yang memiliki keungulan tertentu dan berpengaruh besar pada transformasi sosial. Optimisme dalam menghadapi hidup . Dengan demikian. Bersikap kritis dalam menerima pengetahuan atau mendengar pembicaraan orang lain. dan pengaruhnya yang besar bagi kehidupan ( amal Sholeh ). ketajaman analisis ( fikir ). yang hal itu mendorongnya mengembangkan ilmu pengetahuan. dapat dirangkum pengertian dan cakupan ma‟na ulul albab adalah pilar. dapat dinyatakan bahwa karakteristik dan ciri-ciri ulul albab adalah memiliki kualitas berupa kekuatan dzikir. Keragaman definisi diatas. Memiliki kemampuan menimbang ucapan. Memiliki ketajaman spiritual 3. Merasa takut hanya kepada Allah. Az-zumar: 18 ) 4. untuk dijadikan sebagai penopang dalam berkarya positif. Ibrahim: 2 dan Ai-ra‟d: 19-22) 5. Memiliki ketajaman analisis 2. dan amal sholeh. Dengan Demikian. dan amal Sholeh. fikir. masyarakat yang mempunyai status ulul albab yang mans mereka mempunyai indikator sbb: 1. ( QS. Secara lebih detail. Albaqoroh: 197 dan Al-thalaq: 10 ) Karakteristik ulul albab. ( QS. memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki masyarakat serta terpanggil hatinya untuk untuk menjadi pelopor terciptanya kemaslakhatan dalam masyarakat. Memiliki kesediaan untuk menyampaikan ilmunya kepada orang lain. Kualitas dimaksud adalah terkait dengan kedalaman spiritual ( dzikir ). item 1-3 dan 5 terkait dengan kemampuan berfikir dan berdzikir. dan item ke empat terkait dengan kemampuan berkarya positif dan kemanfaatannya bagi kemanusiaan. ( QS.

individu sosial dan keseimbangan dunia dan akhirat. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi sebagai berikut: ‫العلن قبل القْل ّالعول بالعلن ّأىّ العلواء ُن ّرثة األًبياء ّرثّْا العلن هي أخذٍ أخذ بحض ّافز ّهي سلك طزيقا يطلب‬ ّ ّ ّ . Berkepribadian kokoh B. maka Allah menjanjikan kepadanya sebuah jalan kemudahan dari sekian banyak jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai Surga.‫بَ علوا سِل للا لَ طزيقا إل النٌّة‬ Dari Hadits diatas kita dapat kesimpulan bahwa siapapun yang mencari ilmu dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mampu memberikan implikasi positif bagi diri dan sesamanya. 5. membaca sebagai sumber dan informasi dari berbagai macam pengetahuan (knowledge) dan ilmu pengetahuan (science). Motivasi pengembangan keilmuan yang demikian kuat tercantum pada ayat pertama yang diturunkan Allah kepada Rosulullah SAW. Memiliki keseimbangan jasmani-ruhani. علّن اإلًساى هالن يعلن‬ Insan Ulul albab adalah komunitas yang meyakini bahwa ilmu pengetahuan merupakan salah satu dari sekian piranti (perantara) terpenting untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Ya‟ni perintah iqra‟. Bahwa tuntutan untuk mengembangkan keilmuan merupakan sebuah kemestian karena hanya dengan dengan ilmulah manusia bisa mendapatkankan jalan kemudahan untuk “menaklukan” dan mendapatkan kemudahan diduniaa dan mendapatkan kebahagiaan diakhirat kelak. Dasar ulul albab Dasar ulul albab adalah Iqro‟ yang berarti bacalah. Memiliki kemanfaatan bagi kemanusiaan 6. yang terdapat dalam surat al-„alaq ayat 1-5 yang berbunyi: . الّذي علّن بالقلن.‫إقزأ با سن ربّك الّذي خلق. .4. Pioneer dan pelopor dalam transformasi sosial 7. إقزأ ّربّك األكزم. خلق اإلًساى هي علق. Memiliki kemandirian dan tanggung jawab 8. Al-qur‟an mendorong umat islam untuk senantiasa memiliki ghirah (semangat) tinggi dan motivasi yang kuat dalam mencari dan mengembangkan ilmu pengetahuan..

Tanggung jawab ulul albab Tanggung jawab ulul albab ya‟ni memperbaiki masyarakat serta terpanggil hatinya untuk menjadi pelopor terciptanya kemaslakhatan dalam masyarakat. Penglihatan yang tajam 3. Semangat Tinggi karena Allah D. . Mempunyai ilmu pengetahuan yang luas 2. dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki disertai semangat tinggi karena Allah. Hati yang lembut 5. Kepribadian Ulul albab Kepribadian ulul albab ada 5 yaitu: 1.C. Otak yang cerdas 4. mengajak mereka untuk menuju hal-hal yang dapat memberikan manfaat baginya.

Ulul albab berdasarkan pada ayat alqur‟an yang pertama kali diturunkan yaitu surat Iqra‟.BAB III PENUTUP A. Secara lebih detail. untuk dijadikan sebagai penopang dalam berkarya positif. ma‟na ulul albab adalah pilar. yakni: dzikir. . Kepribadian ulul albab ada 5 yaitu: 1. KESIMPULAN 1. Mempunyai ilmu pengetahuan yang luas 2. Otak yang cerdas 4. Semangat Tinggi karena Allah 4. Penglihatan yang tajam 3. dan amal sholeh. 2. Tanggung jawab ulul albab memperbaiki masyarakat serta terpanggil hatinya untuk menjadi pelopor terciptanya kemaslakhatan dalam masyarakat dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya disertai semangat tinggi karena Allah. ulul albab adalah kemampuan seseorang dalam merenungkan secara mendalam fenomena alam dan sosial. fikir. yang hal itu mendorongnya mengembangkan ilmu pengetahuan. Hati yang lembut 5. dengan berbasis pada kepasrahan secara total terhadap kebesaran Allah. 3.

UIN-Malang Press .DAFTAR PUSTAKA 1. Tarbiyah ulul albab.

atau profesi sebagai pengajar (pengajaran) sistematis dan berhubungan bimbingan dengan murid.pedidikan ialah suatu lembaga dalam tiap-tiap masyarakat yang beradab. Menurut buku “Higher Education for American Democracy”.Karena itu.cita-cita. .pengawasan.tetapi tujuan pendidikan tidaklah sama dalam setiap masyarakat dan tujuan-tujuan pendidkannya didasarkan atas prnsip-prinsip. Tinjauan etimologis Menurut Carter V.Pengertian Pendidikan Makna pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayan.BAB II PEMBAHASAN A.dan filsafat yang berlaku dalam suatu masyarakat. mengajar.Good dalam “Dictionary of Education” pendidikan merupakan seni.sering dinyatakan pendidikan telah ada sepanjang peradaban umat manusia sebagai usaha melestarikan kehidupannya.Selain atau ilmu yang prisip-prinsip.Berikut definisi pendidikan menurut para ahli dan sudut pandang yang berbeda: 1.menurut Carter.serta pendidikan berarti:     Proses perkembangan pribadi Proses social Professional cources Seni untuk membuat dan memahami ilmu pengetahuan yang tersusun kemudian di kembangkan oleh tiap generasi 2.preaktek.metode itu.

Teori ini meiputi: 1.Sedangkan lingkungan itu reatif dapat diatur dan dikuasai manusia.yang tidak dapat diubah oleh pengaruh alam sekitar atau pendidikan itulah kepribadian manusia. Teori Konvergensi Menurut teori Konvergensi yang dikemukakan oleh Willam Stern (1871-1938)ini potensi hereditas yang baik saja.Jadi.sehingga pendidikan yang baik akan membuat lingkungan baik.dengan teman.Pendidikan adalah suatu aktivitas social yang kompleks dan modern. Menurut Prof.dan lingkungan itulah yang menulisi kertas putih itu.pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas daripada proses yang berlangsung di dalam sekolah saja. Teori Empirisme TEori Empirisme dipelpori oleh John Locke yang menganggap bahwa tiap individu lahir sebagai kertas putih.oleh dan untuk kepribadian individunya dan kegunaan masyarakatnya.dan pendidikan buruk akan membuat lingkungan yang buruk pula.3. 3. Hukum-Hukum Dasar Pendidikan Usaha pendidikan dilakukan manusia berdasarkan keyakinan tertentu.intelektual.Keyakian ini didasarkan pada suatu pandangan baik filosofis ataupun teoritis.istilah pendidikan berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat.pendidikan diartikan sebagai proses timbal balik dari tip pribadi manusia dalam penyesuaian dirinya dengan alam. 4.dan dengan alam semesta. 2.yang diarahkan demi menghimpun semua aktivitas tersebut sebagai tujuan hidupnya. Menurut Brubacher dalam bukunya “Modern Philosophy of Education”.Pendidikan merupakan pola perkembangan yang terorganisasi dan kelengkapan dari semua potensi manusia meliputi.tanpa pengaruh lingkungan(pendidikan) yang .Richey.dalam buku “Planning for Teaching an Introduction to Education”.dan jasmani (pancaindra) .Arthur Scopenhauer (1788-1860) menganggap factor pembawaan yang bersifat kodrati dari kelahiran.moral.Keyakinan ini disebut para ahli sebagai hukum-hukum dasr pendidikan atau teori pendidikan. Teori Nativisme Tokoh Nativisme ini.

perkembangan pribadi sesungguhnya adalah hasil proses kerjasama kedua factor. 2) Lembaga Sekolah Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan program bimbingan . Itu semua merupakan faktor yang kondusif dan esensial untuk mempersiapkan tata kehidupan anak menjadi pribadi yang sehat.Sebaliknya. baik agama maupun sosial budaya.tingkat yang majmuk (plural meliputi pendidikan.baik yang menyangkut aspek moral spiritual. iklim keluarga yang sehat.positif tidak akan membina kepribadian yang ideal.intelektual. Perawatan orang tua yang penuh.kegiatan kerja.agama.pendidikan).maupun sosial. Lembaga-Lembaga Pendidikan Lembaga-lembaga pendidikan yang paling berperan dalam tata kehidupan adalah: 1) Lembaga Keluarga Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat.Sehingga asyarakat sangat berpengaruh terhadap kualitas dan perkembangan pendidikan .Dalam arti ini masyarakat adalah wadah dan wahana pendidikan.baik internal (potensi hereditas) maupun factor eksternal (lingkungan.Oleh karena itu.emosional. Tiap pribadi adalah hasil konvergensi factor-faktor internal dan eksternal. kasih sayang.pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa agar mampu mengembangkan potensinya.lingkungan(pendidikan) yang baik saja tanpa adanya hereditas yang baik. Keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya mengembangkan pribadi anak. medan kehidupan manusia suku.ekonomi dsb).juga tidak akan menghasilkan kepribadian yang ideal. 3) Lembaga Masyarakat Masyarakat dapat diartikan sebagai satu bentuk tata kehidupan social dengan tata nilai dan tata budaya sendiri. perhatian dan pendidikan tentang nilai-nilai kehidupan.tingkat social.

Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. d.A. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri. Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat. membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati f. e. h. c. Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial. b. Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas g. yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya. HAKIKAT MANUSIA Hakekat manusia adalah sebagai berikut : a. bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial. Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya. . Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.

maka paling banyak orang-orang yang diajak makan bersama-sama akan merasa teersinggung dan mencela cara makan yang sedemikian itu. adapula yang mengeluarkan bunyi sebagai pertanda rasa kenikmatan dan kepuasan dalam mengunyah makanan. Suatu penyimpangan terhadapnya. akan tetapi hanya sekedar celaan dari individu yang dihubunginya. dikenal adanya empat pengertian yaitu : 1. Apabila cara tersebut diperlakukan juga. 2. tak akan mengakibatkan hukuman yang berat.ada yang makan tanpa mengeluarkan bunyi. Contoh : orang mempunyai cata masing-masing untuk makan pada pertemuan . Kebiasaan (folkways) Kebiasaan (folkways) mempunyai kekuatan mengikat yang lebih besar dari pada cara. maka hal tadi dianggap sebagai suatu . apabila perbuatan tidak dilakukan. Dalam hal yang terakhir cara tersebut biasanya dianggap sebagai perbuatan yang tidak sopan.Nama : Agus Harianto NRP : 100541100031 Proses pertumbuhan lembaga kemasyarakatan Didalam pertumbuhan lembaga masyarakat terhadap norma-norma. Contoh : orang-orang mempunyai kebiasaan untuk merundukan badan ketika lewat depan orang yang lebih tua usianya. Kebiasaan yang diartikan perbuatan yang diulang-ulang dalam bentuk yang sama. dan untuk membedakan kekuatan mengikat dari pada norma-norma tersebut. merupakan suatu bukti bahwa orang banyak menyukai perbuatan tersebut. Cata (Usage) Cara (usage) lebih menonjol didalam hubungan antar individu dalam masyarakat.

kebiasaan merundukan badan ketika lewat depan orang yang lebih tua usianya merupakan suatu kebiasaan dalam masyarakat dan setiap orang akan menyalahkan penyimpangan terhadap kebiasaan umum tersebut. 4. setelah mengalami suatu proses.yang berlaku pada umumnya di daerah lampung. Norma-norma tersebut diatas. Tata kelakuan memberikan batas-batas pada kelakuan-kelakuan individu. Contoh: adat istiadat atau hukum adat yang melarang terjadinya perceraian antara suami istri. akhirnya akan menjadi bagian tertentu dari lembaga kemasyarakatan. Adat istiadat (customs) Adat istiadat (customs)tata kelakuan yang kekal serta kuat intregasinya dengan pola-pola pemerlakuan masyarakat. b. Tata kelakuan menjaga solidaritas antara anggota-anggota masyarakat. sehingga secara langsung merupakan suatu alat agar supaya anggota-anggota masyarakat menyesuaikan perbuatan-perbuatannya dengan tata kelakuan tersebut. secara sadar maupun tidak sadar.tapi lain masyarakat tidak melarang tindakan tersebut. disatu pihak memaksakan suatu perbuatan dan dilain pihak melarangnya. 3. Anggota-anggota masyarakat yang melanggar adat istiadat.akan menderita sangsi yang keras kadangkadang secara tidak langsung di perlukan. Tata kelakuan sangat penting karena : a. Tata kelakuan tersebut. oleh masyarakat terhadap angota-anggotanya. Proses tersebut dinamakan proses institusionalisation yaitu suatu proses yang dilewati oleh . Tata kelakuan (mores) Tata kelakuan (mores) mencerminkan sifat-sifat yang hidup dari kelompok manusia yang dilaksanakan sebagai alat pengawas.penyimpangan terhadap kebiasaan umum dalam masyarakat. Contoh:Suatu masyarakat tertentu melarang orang-orang untuk menikah dengan anggota-anggota kalangannya sendiri. Tata kelakuan mengidentifikasikan individu dengan kelompoknya c. Dan ada lagi suatu perkawinan dinilai sebagai kehidupan bersamayang sifatnya abadi yang hanya dapat terputus apabila salah satu meninggal dunia atau (cerai mati).

suatu norma kemasyarakatan yang baru untuk menjadi bagian dari salah satu lembaga kemasyarakatan. . sehingga norma kemasyarakatan itu oleh masyarakat dikenal. diakui. dihargai dan kemudian ditaati dalam kehidupan sehari hari. Yang dimaksudkan ialah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->