MultiplyLogo Do you know Wirat?

Become his contact Learn more about Multiply Take the Tour Who is on Multiply? Find friends before you join a no bhadrah krtavo yantu vishvatah * * * * * * * * Home Blog Photos Video Music Calendar Reviews Links

artikel Blog Entry for everyone Awatara Bukan 10 tapi 6? Oct 26, '07 11:09 PM

Paritraanaaya sadhuunaam vinaashaaya ca dushkRtaam; Dharma-samsthaapanaarthaaya sambhavaami yuge-yuge. (Bhagavad-Gita IV.8)

Untuk melindungi orang-orang baik dan membinasakan yang jahat Juga untuk menegakkan ajaran dharma Aku menjelma dari masa ke masa.

Seperti yang sudah populer, jumlah awatara adalah sepuluh, yaitu Matsya, Kurma, Waraha, Narasimha, Wamanadewa, Parasurama, Ramachandra, Krishna, Buddha, dan awa tara masa depan Kalki. Tuhan menjelma menjadi matsya ketika terjadi banjir besar pada sekitar akhir zaman es, dalam masa pemerintahan Manu Waiwaswata. Avatara k edua adalah Kurma, yang menjadi dasar gunung Mandara ketika peristiwa Samudraman thana, — pengadukan lautan susu oleh para dewa dan asura. Selanjutnya adalah Adiwa raha sang babi hutan ilahi, yang mengangkat bumi dari dalam lautan susu. Ia juga membunuh Hiranyaksa, asura jahat yang kejam. Lalu, Tuhan menjelma kembali menja di Narasimha, makhluk manusia berkepala singa untuk membunuh Hiranyakasipu dan m enyelamatkan Prahlada, bhaktaNya yang setia. Awatara lainnya yaitu Wamanadewa, s eorang brahmana cebol. Kemunculan awatara selanjutnya adalah Parasurama, Ramacha ndra, Krsna, Buddha, dan awatara yang belum muncul yaitu Kalki. Kesepuluh awatara tersebut disebut Dasa Awatara. Ada kumpulan syair pujian untuk kesepuluh awatara utama ini yang disebut Dasa Avatara Stotra.

Sebenarnya, awatara tidak hanya sepuluh, tetapi sangat banyak. Di mana pun terda pat kelaliman dan kemerosotan dharma, dan adharma yang merajalela, di sana lah T uhan akan turun, sabda Bhagawad Gita. Purana, seperti Srimad-Bhagawata menyataka n ada enam jenis awatara yang memiliki fungsi berbeda. Keenamnya adalah Purusa A watara, Lila Awatara, Guna Awatara, Saktyavesha Awatara, Manwantara Awatara, dan Yuga Awatara.

LILA AVATARA Lila berarti permainan dalam Bahasa Sanskerta. Lila awatara adalah penjelmaan Tu han untuk menjaga keseimbangan alam semesta. Lila awatara dikatakan tidak terbat as seperti jumlah buih di lautan. Beberapa di antaranya adalah Matsya, Kurma, Na rasimha, Wamana, dan Rama.

GUNA AVATARA Guna berarti keadaan atau sifat. Alam semesta memiliki tiga sifat, yaitu Sattwa, Rajah, dan Tamah yang menyebabkan penciptaan, pemelihaaan, dan peleburan alam s emesta. Tuhan mengontrol keadaan dan keseimbangan ketiga guna ini dengan menurun menjadi Trimurti, yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa. Brahma menguasai sifat Rajah, Wisnu untuk Sattwa, dan Siwa menguasai Tamas.

PURUSA AVATARA Purusa awatara adalah penjelmaan Tuhan dalam kaitannya dengan penciptaan dan pen jagaan alam semesta. Ada tiga purusa, yaitu Purusa yang menjaga alam semesta mat eri (Brahmanda yang maha besar di mana seluruh alam semesta yang jumlahnya tidak terbatas ada di dalamnya), purusa kedua adalah Ia yang masuk ke dalam setiap al am semesta yang ada dalam Brahmanda. Purusa ketiga adalah Ia yang masuk ke dalam setiap makhluk dan setiap atom (paramatma). Dalam paham Siwa ketiga purusa ini dikenal dengan Paramasiwa, Sadasiwa, dan Siwa.

MANWANTARA AWATARA Manwantara awatara adalah inkarnasi Tuhan sebagai Manu dalam setiap satu periode manwantara. Ada 14 manwantara dalam setiap satu hari Brahma, dan kita sekarang sedang ada dalam manwantara ketujuh dengan Manu-nya yaitu Waiwaswata Manu, putra Surya. (tentang Manwantara lihat artikel WAKTU).

SAKTYAWESA AWATARA Adalah inkarnasi Tuhan berupa makhluk hidup yang diberi kekuatan khusus sehingga berkualitas lebih. Contoh Saktyawesa Awatara antara lain Rsi Narada yang memili ki kekuatan Bhakti, Maharaja Prthu yang memiliki kekuatan kepemimpinan, dan Para surama yang memiliki kekuatan peleburan. Selain itu terdapat jeni Saktyawesa lai n yaitu Wibhuti, atau cerminan kekuatan Tuhan (dapat dibaca di Bhagawad Gita bab Wibhuti Yoga). Mereka antara lain: dari para dewa Ia adalah Indra, dari para gu nung Ia (Tuhan) adalah Gunung Meru, dari para jenderal perang Ia adalah Kartttik eya, dari orang suci Ia adalah Brghu.

YUGA AWATARA Adalah inkarnasi Tuhan dalam setiap nilai agama dalam setiap yuga. Pada ng berkulit putih, pada zaman Treta hitam, dan pada zaman kali berkulit Tags: awatara reply share Blog Entry for everyone Pendidikan, Kesadaran, Pelayanan Oct 26, '07 10:56 PM yuga untuk mengajarkan dan menegakkan nilaizaman Satyayuga, Tuhan turun sebagai seseora berkulit merah, pada zaman Dwapara berkulit kuning keemasan.

PENDIDIKAN, KESADARAN, PELAYANAN

Pendidikan, spiritualitas, dan pelayanan tanpa pamrih (Sri Satya Narayana)

Orang-orang tua mengatakan bahwa belajarlah seperti ilmu padi. Semakin ia berisi , semakin merunduk. Pepatah ini ada benarnya juga. Ia mengajarkan kita untuk tid ak sombong akan kepandaian dan kemampuan kita, karena ada satu hal yang mesti di ingat bahwa semua itu: kemampuan, kecerdasan, prestasi, dan kecekatan pikiran ak an sirna seiring meningkatnya usia. Ketika manusia dalam puncak usianya, semua i tu tidak ada artinya karena ia akan mati. Dengan matinya si manusia, hilang pula semua intelektualitas, kecakapan, dan kemampuannya. Pendidikan, khususnya yang masih diberlakukan negeri kita hingga detik ini belum sempat menyampaikan ilmu ini kepada peserta didik. Jika boleh dikatakan, ilmu p adi ini adalah ilmu pengetahuan yang paling tepat untuk kehidupan. Konsep ilmu p adi menekankan pendidikan yang berbasis nguntul, manon, rumaksa (Bali: merunduk, melihat, menolong), dalam artian yaitu PERTAMA, pendidikan berkonsep ilmu padi menekankan kepada pendidikan yang berdasar kepada peningkatan kesadaran univesal akan keberadaan makhluk lain serta kewajiban untuk memberikan pelayanan/pengabd ian tanpa pamrih kepada makhluk lain. Pendidikan masa kini cenderung mengabaikan aspek-aspek tersebut. Orang-orang mengejar pendidikan tinggi dengan tujuan utam a mencari nafkah, dan hampir melupakan sebuah pelayanan tanpa pamrih yang harus dilakukan terhadap makhluk lain. Pendidikan juga seharusnya bisa meredam ego man usia yang ingin berkuasa sendiri. Pendidikan yang salahlah yang akhirnya melahir kan Hitler, Mussolini, Napoleon, dan pembantai-pembantai barbar lainnya yang ber ego tinggi dan mendatangkan nasib buruk bagi keberadaan entitas hidup lain. KEDUA, Pendidikan seharusnya membuat kita sadar bahwa semuanya akan berakhir. In i disebut pendidikan berbasis kesadaran spiritual. Semua yang ada di dunia ini m emang harus dijelajahi dan diketahui sebanyak mungkin namun jangan lupa bahwa se mua ini akan berakhir suatu saat nanti. Orang suci zaman dulu mengatakan bahwa s eseorang dikatakan pandai apabila ia mampu menolong orang lain dengan kemampuann ya. Segala pengetahuan yang kita dapatkan dan kumpulkan dalam otak suatu saat na nti akan sirna ketika meninggal, maka hendaknya pengetahuan itu digunakan (disum bangkan) untuk kebahagiaan orang lain karena itu akan lebih berguna ketimbang di simpan sendiri. KETIGA, pendidikan seharusnya membuat seseorang merasa lebih bertanggung jawab.

Pendidikan dan titel yang tinggi bukan berarti seseorang dapat duduk tenang, nam un ia harus mengabdi dengan lebih keras karena ilmunya yang tinggi itu. KEEMPAT, pendidikan harus membuat seseorang merasa malu. Seorang manusia yang be rpendidikan seharusnya merasa lebih malu daripada yang tidak berpendidikan karen a ia mengetahui bahwa yang diketahuinya adalah hanya setetes dari lautan pengeta huan yang luas tak terbatas. Dengan demikian, ia akan menjadi orang yang rendah hati dan mengangap hanya Tuhan yang mengetahui sementara ia hanyalah bagian terk ecil dari pengetahuan itu. Ia akan berusaha lebih giat untuk mengungkap pengetah uan lainnya. KELIMA dan yang terpenting adalah pendidikan harus dapat membentuk karakter seor ang manusia. Karakter manusia adalah ciri khas mental yang membedakannya dengan makhluk lain. Pendidikan harus bisa membuat manusia meningkat derajat mental dan spiritualnya agar tidak bertingkah seperti hewan. Banyak dari kita yang berting kah seperti hewan, bahkan lebih rendah dari hewan, seperti melakukan aborsi, pes ta seks, narkotika, mabuk, hingga memakan teman sendiri. Itukah yang disebut man usia makhluk sempurna? Itukah karakter manusia yang dibentuk pandidikan masa kin i? Kalau begini terus, ras manusia akan kehilangan karakter dan tiada bedanya de ngan hewan. Basis pendidikan harus sesegera mungkin diubah menjadi berbasis ngun tul, manon, rumaksa tersebut sebelum manusia dengan egonya melahap habis dunia i ni, dan akhirnya kehilangan jati diri (Aryarakawi). reply share Blog Entry for everyone Pura Besakih Sebagai Pangenteg Jagat Oct 18, '07 4:11 AM

WACANA IDA PANDITA NABE SRI BAGAWAN DWIJA WARSA NAWA SANDHI:

PURA BESAKIH SEBAGAI PANGENTEG JAGAD disusun oleh I.B. Arya Lawa Manuaba

Trihita Karana adalah suatu pedoman hidup yang didasarkan kepada keharmonisan hu bungan antara manusia dan Tuhan, manusia dan sesamanya, serta manusia dan lingku ngannya agar tercapai kehidupan sejahtera lahir dan batin. Konsep yang kini menj iwa dalam tatanan masyarakat Bali ini dicetuskan kali pertamanya oleh Mp Kuturan pada abad kesebelas saat beliau menjabat sebagai pendeta kerajaan (purohita) Ba li Aga yang saat itu diperintah oleh Warmadewa. Sumber-sumber sastra mengenai Tr ihita Karana dapat dijumpai dalam karya-karya Mpu Kuturan di antaranya Lontar Tu tur Kuturan, Lontar Kusuma Dewa, dan Lontar Dewa Tattwa. Semua lontar tersebut d itulis oleh Mpu Kuturan pada saat beliau menjabat sebagai purohita. Ida Pandita Sri Bhagawan Dwija, seorang pendeta terkemuka di Buleleng menyatakan bahwa sentral dari Trihita Karana sebenarnya adalah manusia, karena manusia mem iliki kemampuan tri pramana (sabda, bayu, idhep) untuk memegang peranan penting dalam menjaga kelestarian dan keharmonisan antarsesama dan lingkungannya. “Jadi di sini sentralnya adalah manusia. Apabila hubungan manusia dengan Tuhan terjalin dengan baik dan harmonis, apabila hubungan manusia dengan manusia terjalin denga n harmonis, dan hubungan antara manusia dengan alam baik dan harmonis, maka terj aminlah kesejahteraan dan kebaikan kehidupan manusia itu sendiri,” jelas Ida Pandi ta ketika diwawancarai di kediaman beliau di Griya Taman Sari, Banyuasri. Pengembangan pemikiran dari Mpu Kuturan mengenai Trihita Karana dapat kita baca

dari kesimpulan beliau mengenai Trimurti, Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasiN ya sebagai Brahma, Wisnu, dan Siva. Dari Trimurti inilah berkembang adanya trika hyangan yang dilangsir oleh beliau di setiap desa pakraman ada Pura Desa, Pura P useh, dan Pura Dalem. Kemudian dari sini pula berkembang Trihita karana. Wujud p arahyangan dalam Trimurti (Trikahyangan) adalah hubungan manusia dengan Tuhan it u diwujudkan dalam adanya Pura Dalem, yaitu hubungan manusia dengan Sang Hyang W idhi dalam manifestasiNya sebagai Dewi Durga atau sakti Siva. Karena Siva dalam Agama Hindu di Bali itu adalah Tuhan, dengan kata lain di Bali adalah penganut H indu dari sekte Siva Siddhanta, maka dalam pemahaman Siva Siddhanta, Tuhan itu a dalah Siva. Maka, sakti dari Siva berwujud sebagai devi Durga yang distanakan di Pura Dalem. Hubungan manusia dengan Tuhan terwujud pada Pura Dalem. Kedua, hubu ngan manusia sesama manusia terwujud pada stana Bhattara Brahma di Pura Desa. Pu ra Desa adalah pura milik desa, di mana di dalam kegiatan pura terjadi interaksi selain kepada Sang Hyang Widhi juga interaksi kepada sesama krama desa. Jadi di sini perwujudan hubungan antara manusia dengan manusia. Kemudian, hubungan manu sia dengan alam atau palemahan itu terwujud dalam Pura Puseh, stana Bhattara Wis nu oleh karena Wisnu adalah dewa yang memberikan kehidupan kepada umat manusia d an salah satu sumber kehidupan yang terpenting adalah air. Oleh karena itulah Pu ra Puseh disebut sebagai manifestasi dari konsep Trihita Karana dalam unsur pale mahan.

Berbicara mengenai konsep Trihita karana, utamanya zaman sekarang, berarti berbi cara mengenai relevansi. Trihita karana memang merupakan sebuah konsep yang luhu r yang diteruskan oleh leluhur kita di masa lalu, untuk membangun masyarakat sej ahtera dalam kehidupan sekala maupun niskala. Namun zaman sekarang, konsep Trihi ta Karana telah menyimpang dari segi pelaksanaannya. Kita semua mengetahui kosep yang berpedoman kepada keharmonisan manusia dengan alam, sesama, dan Tuhan itu, namun dewasa ini, masyarakat sepertinya baru mengenal hanya sebatas teori saja. Bagaimana penerapannya? Katakanlah belum sempurna. Jangankan peraturan tidak me mbuang sampah ke sungai sebagai wujud keharmonisan manusia dengan alamnya, dalam mengadakan upacara yadnya pun kita sering bertengkar. “Konsep ini sangat relevan dan berlanjut terus. Bahkan tidak hanya relevan di Bali saja, tetapi juga di Nusantara bahkan di seluruh dunia, dan ini applicable sepa njang masa, karena memang itu adalah inti-inti yang diambil dari Rgveda oleh Ida Mpu Kuturan,” tegas Ida Pandita. Konsep ini sebenarnya telah ada dalam Rgveda, ha nya saja di Rgveda tidak jelas disebutkan kalimat-kalimat Trihita karana, tetapi Mpu Kuturanlah yang pertama kali mencetuskan istilah Trihita karana itu yang be rintisari dari Veda. Jadi kita mengetahui bahwa Veda itu mengandung kebenaran ya ng hakiki, kebenaran yang mutak. Oleh karena itu, apa yang ditulis dalam ayat-ay at Veda berlaku untuk umat manusia di seluruh dunia dan merupakan suatu kebenara n yang tidak bisa dibantah. Beralih ke masalah Trihita Karana dalam kaitannya dengan kasus Pura Besakih yang kabarnya akan disaingkan dengan lapangan golf. Bagaimana dampak pembangunan lap angan golf tersebut (jika seandainya jadi) dengan Pura Besakih? “Besakih itu yang merupakan Pura Pangenteg Jagad, merupakan pura induk yang sangat sakral,” demikian jawaban Ida Pandita. Beliau juga menuturkan perihal sejarah Gunung Agung yang d ikaitkan dengan keberadaan Pura Besakih sebagai pura Pangenteg Jagad. Keberadaan Pura Besakih tidak lepas dari Gunung Agung sebagai gunung tertinggi d i Pulau Bali. Ida Pandita menyatakan bahwa Gunung Agung memiliki sejarah dan mi tologi tersendiri yang menyatakan kesuciannya. Sebagai contoh ditemukan dalam Ba bad Pasek dan Bendesa, bahwa Gunung Agung pada hakikatnya adalah saudara dari Gu nung Mahameru di Jambudwipa (India), bersama-sama dengan Gunung Rinjani, Gunung Batur, dan Gunung Semeru. “Untuk itu kita mengambil sumber dari Babad Pasek dan Bendesa, di mana pendahuluan

Sebelumnya perlu dijelaskan lagi bahwa Gunung Mahameru itu tidak hanya menciptakan Gunung Agung t etapi juga Gunung Semeru dan Gunung Rinjani. “Keberadaan lapangan golf mungkin lolos dari satuan apangambuan karena lapangan golf tidak berbau. Jadi tidak boleh ada kegiatan di luar keagamaan yang baunya s ampai tercium ke pura itu. dan Gunung Ri njani itu bersaudara. Apabila pura itu berada di puncak bukit. tapi kalau apaneleng. atau Gunung Lebah itu adalah bersaudara. Berapa ja raknya ini tidak ditentukan dalam meter.” papar Ida Pandita.Babad Pasek dan Bendesa menceritakan keadaaan Bali yang pada awalnya hanya memp unyai gunung yaitu di timur Gunung Lempuyang. maka Pura Besakih i tu yang merupakan Pura Pangenteg Jagad. kita tidak bisa lagi melihat pada jarak tertentu yang tidak terhalang oleh tembok atau poho n-pohonan. merupakan pura induk yang sangat sakral. Apabila ini dilanggar. tenggek 1. Ida pandita menyatakan bahwa ada beberapa syarat pembangunan di sekitar areal pura agar tidak mengganggu kesucia n pura bersangkutan. Apanimpug adalah jarak yang dapat dicapai hasil dari lemparan batu sebesar genggaman tangan dari laki-laki dewasa. dan di utara Gunung Mangu dan Gunung Bratan. Gunung Agung. Kalau m isalnya apanimpug. red. Beliau menjelaskan bahwa PHDI Pusat pada tahun 1959 sudah m engeluarkan Bhisama bahwa kawasan suci hendaknya dilindungi.” Kemudia . dan apangambuan. sedangkan Naga Anantabhoga dan Wasuki menjadi tali pengikat gunung itu. karena jarak apane leng itu pada lapangan yang terbuka bisa mencapai tiga. Naga Taksaka yang menerbangkan puncak gunung Mahameru kemudian diturunkan di Bali pada Kamis Mraki h. tahun Saka 11 atau tahun 87 sebel um masehi.Dengan demikian maka di gunung-gunung ini pun diyakini bers tana Sang Hyang Pasupati dengan Putra-Putra Beliau yaitu Mahadewa (Hyang Putraja ya. bagian gunung Mahameru dibawa ke Bali. Kemudian setelah Mahameru didudukkan di tengah-tengah pulau Bali seba gai gunung Agung atau Toh Langkir. Gunung Agung melahirkan gunung Batur. Ini disebut di dalam prasasti-prasasti lama bahwa Gunung Agung adalah Purusa. jarak yang disebut apanele ng.” tutur Ida Pandit a. Yang ketiga. “Ada jarak yang dinamakan apanimpug. maka pada hari Selasa Kliwon wuku Kulantir sa sih Kalima pada bulan purnama tahun saka 31. Oleh karena itu pula Sang Hyang Pasupati bersabda bahwa Mahameru. kemudian Dewi Danu. G unung Agung Meletus. rah 1. Dari letusannya itu terciptalah Gunung Lebah atau Gunung Ba tur. di selatan Gunung Andakasa. seperti kandang babi. sasih Kadasa. Gunung Agung. empat. maka dengan sendirinya bau itu akan terbawa oleh angin. Oleh karena hanya mempunyai gunung seperti itu. maka Bali menjadi goncang. Ini tentu jaraknya relatif. perumahan penduduk. mungkin lolos. Bh attara Pasupati (dalam hal ini sebagai wujud Sang Hyang Widhi) berkeinginan agar Bali ini tidak goncang. maka nilai sakral dari pura itu akan tercemar. “Kembali kepada pertanyaan bahwa pembangunan lapangan golf di areal Besakih apakah itu tidak mengganggu jarak apaneleng?” ujar Ida Pandita. bulan mati. sehingga waktu itu timbul istilah jarak dari pura yang k ita sakralkan ke tempat-tempat hunian. Apaneleng ini artinya apabila kita melihat sesuatu sampai kabur. Demikian pula dalam hubungannnya dengan tempat-tempat suci.). apaneleng. Sehingga hukum alam yang dinamakan Rwa Bhinneda terwujud dalam kedua gunung itu. Hyang Gnijaya. dsb) yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan kegiatan keagamaan hendaknya mengambil jarak dari pura bersangkutan. Perlindungan itu an tara lain dengan jarak. apalagi tempat-tempat lain (hotel. red). dan Gunung Ulun Danu. Mengenai pembangunan lapangan golf di Besakih. artinya tidak mungkin orang bisa melempar batu sejauh satu kilometer (misalnya. Gunung Lebah (Gunung Batur) adalha Pradhana. di bar at Gunung Watukaru. atau 20 tahun setelah distanakan. Jadi. atau lima kilomet er. Kemudian apangambuan (ambu ) artinya mencium. maka dala m jarak apaneleng tidak boleh ada kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan denga n keagamaan. Oleh karena itu sampai sekarang pem eluk Hindu di Bali sangat yakin bahwa Gunung Semeru. Maka. Tidak boleh bau kotoran babi it u sampai tercium ke pura. dalam mitologi ini. di mana Bh attara Badhawang Nala diperintahkan untuk bertahan di pangkal gunung. Jarak itu tergantung dari bes ar-kecilnya pura. Sekaligus juga karena di Gunung Agung dibangun Pura Besakih.

Tags: pura besakih reply share Blog Entry for everyone WAKTU BERGULIR DALAM RODA SEMESTA Oleh I. terutama yang tidak berkaitan dengan kegiatan keagamaan dapat mendata ngkan ketidaksucian bagi pura tersebut. Pembangunan lapangan golf di Besakih hen daknya memerhatikan aspek keselarasan dan kesucian. Menghitung periode waktu dalam Veda tidak sesederhana menghitung jam-jam dan har i-hari dalam satu tahun.B. baik sekala maupun niskala. Sebuah pura memancarkan vibrasi kesucian dan keharmonisan yang idcari banyak orang.n yang penting adalah pengaruhnya kepada umat Hindu di Bali. Om trikaladarsanaya namah. Konsep waktu juga akan bertalian dengan saat-saat kapan s uatu yadnya harus dilakukan. Pembangunan di a real pura. Pura Besakih adalah pura yang sangat disucikan oleh umat Hindu. Konsep waktu dalam Veda ini ak an berkaitan dengan proses Trikona (utpatti. harih Om. Mereka akan merasa pura yang besar itu akan tercemar oleh kegiatan lapangan golf itu. meskipun dapat dikatakan hampi r sama dengan konsep waktu modern. Konsep waktu Veda mencakup satuan ukuran waktu kosmis. dan tahun yang ada di bumi. Apabila keharmonisan itu diganggu. Proyek tersebut hendaknya dipi ndahkan ke daerah lain yang memerlukan pengembangan. Semua itu dihitung dengan mempergunakan satuan waktu (kala) dalam Veda. — dalam artian bagaimana suatu satuan waktu di bagian tertent u di alam semesta ini memengaruhi waktu di bagian alam semesta lainnya. '07 2:25 AM Om gurubhyo namah. sthiti. I praise my spiritual master who opens the gate of self-consciousness for me. and the future. Jangan sampai daerah suci te rsebut tercemar dengan kehadiran pembangunan itu. ia mencakup tidak hanya konsep waktu jam. dari satuan terkecil yaitu nimesha (satu kedipan mata) hingga satuan kalpa. muncullah berbag ai masalah. . maka masyarakat yang berdiam di wilayah tersebut akan m erasakan suatu keharmonisan. Arya Lawa Manuaba Waktu dalam Hindu Oct 16. Tulisan ini akan menjabarkan konsep waktu dalam Veda. bulan. minggu. saat bagaimana avatara-avatara Tuhan Yang Agung tur un dari masa-ke masa untuk menegakkan dharma di dunia. I praise The Supreme God who knows the past. pralaya) yang terus-menerus berputar tanpa akhir. Pura adalah sentral spiritual di man a dengan kehadiran pura. Konsep waktu dalam Veda. har i. the present.

Condongnya matahari ke utara disedb ut Uttarayana. Galungan. hingga hari keempat belas yang disebut dengan caturdasi at au purvani. alam semesta akan ikut hancu r. yang menj adi perhitungan adalah satuan ayana (uttarayana-dakshinayana). Biasanya.. dan sebagainya.. atau satu hari Brahma. Perlu diingat bahwa Hindu memakai dua sistem kalender (sistem bi-cal endar) yang dikenal dengan kalendar luni-solar. Tiga heksa-atom disebut satu truti (18 partikel atom). — planet suci yang letaknya paling atas di alam semesta kita (lihat artikel: Alam Semesta ). Semen tara apabila ia meninggal pada saat dakshinayana. serta piodalan di pura-pura pada umumnya. Tiga nimesha membentuk satu ksana. yaitu 100 tahun menurut satun Planet Satyaloka (planet Brahma). Brahman diciptakan oleh Narayana pada awal penciptaan dan Beli au akan berusia 100 tahun pada satuan planet Brahma. tithi dikaitkan dengan upacara harian dalam Hindu. Kita sering melihat dalam satu tahun. Ketika Brahma meninggal.. Lim a belas kastha sama dengan satu laghu (dua menit). Hari pertama dalam satu paksha. Masing-masing hari dalam sat u paksha disebut tithi. yaitu di Satyaloka. Krsna Janmasthami. Dalam kalender bulan. salah satu kitab penting Vaisnava memuat sa tuan-satuan waktu yang terkecil hingga terbesar. seperti alam para dewa. disebut satu nimesha. Bh agavad-Gita menyatakan bahwa apabila seseorang meninggalkan jasadnya pada saat u ttarayana. Tiga lava s ama dengan satu kedipan mata.Waktu: dari satuan terkecil Kitab Srimad-Bhagavatam. sedangkan tiga veda sama dengan satu lava. Satuan waktu terbesar adalah kalpa. Seratus truti adal ah sama dengan satu veda.. Ritual yang memakai si stem lunar adalah hari raya Nyepi.. tujuh hari adalah dua minggu. sedangkan condongnya matahari ke selatan disebut Dakshinayana. Satu hari Brahma. Pert ama.. Dua danda tiada lain sama dengan satu jam (satu muhurta). otonan seseorang. atau sebaliknya.. Diketahui bahwa dua atom adalah sama dengan atom kembar. atau pananggal.. Waktu Kosmis Waktu kosmis adalah waktu universal yang berlaku di seantero jagad raya.. Satu tahun terdiri atas dua belas bulan. Empat prahara adalah satu hari. atau lebih .. Kemudian. periode dua mingguan dari purnama menuju tilem disebut Krsnapaksa. baik setelah purnama ata u tilem disebut. terdapat dua kriteria. sementara periode dua mingguan dari tilem menuju p urnama disebut periode Suklapaksha. Ganesha Caturthi. Umur alam semesta sama dengan umur Brahma. Kedua belas bulan tersebut adalah . Enam atau tujuh danda sama dengan satu prahara. Sivaratri. Waktu kosmis memiliki tingkatannya sendiri-sendir i. lima belas laghu sa ma dengan satu nadika-nanda (tiga puluh menit). matahari berubah posisi dar i condong ke utara menjadi condong ke selatan. Contoh perayaan y ang menggunakan perhitungan kalender matahari antara lain Tumpek. Sebaliknya dalam kalender matahari. tilem. Budha Wage. Dalam periode waktu dua minggu (paksha). perhitunga n tithi dan paksha menjadi acuan pelaksanaan ritual suci.. maka ia akan sampai ke alam yang luhur. dan tiga kali atom kembar adalah satu heksa-atom (dala m hal ini heksa atom adalah partikel terkecil dari sinar matahari yang dapat dil ihat). Sistem wuku dan w ewaran (di Bali) juga mengacu kepada sistem kalender matahari. Peristiwa ini te rjadi masing-masing satu kali dalam setahun. yang berlaku di seluruh jagat daya. atau s eperempat hari. lalu lima ksana membentuk satu satuan kastha (sekitar delapan detik). Anggara Kasih. Budha Kliwon. purnama. Satu tahun Brahma terdiri atas 360 hari Brahma. ia akan pergi ke alam bawah (l ihat artikel: Pandangan Hindu tentang Alien). Waktu k osmis memiliki tingkatannya sendiri yang saling memengaruhi dari alam semesta ba gian atas hingga bagian bawah. Kuningan. atau pan glong dalam Bahasa Jawa Kuno.

dan Kaliyuga. seperti kemerosot an umur. Masing-masing yuga dihitung berdasarkan tahun deva. ka 4 yuga. masih ada 42 kaliyuga lagi sebelum Vaivasvata Manu diganti oleh Manu berikutny a (Manu kedelapan.600 tahun para deva. dan tujuh lagi pada malam hari Brahma.000 thun manusia. sementara Tretayuga selama 1. Dvaparayuga se lama 864.320. Tretayuga. Jadi. Satyayuga berlangsung selama 4. Yuga dan Mahayuga Satu mahayuga. jika dihitung kembali. Saat ini kita berada pada manvantara ke-7 di mana Manu-nya adalah Vaivasvata M anu. terdiri atas e mpat periode waktu yang disebut catur yuga. Jika dihitung berdasarkan tahun manusia. Dalam satu manvantara ada satu Manu dan satu Indra .tepat disebut satu kalpa terdiri atas siang hari Brahma (Brahmadivya) dan malam hari Brahma (Brahmanakta). Perlu diketahui bahwa Indra bukanlah nama dewa. treta. yaitu Manu Savarni dengan Indranya bernama Bali Maharaja). kali. moral. satu mahayuga berlangsung selama 4. atau tahun yang berlaku di loka para devata. Dvaparayuga. dan dakshinayana adalah malam hari pa ra deva. manusia mengalami berbagai kemerosotan. Jadi.h arekrsna. satu tahun deva sama dengan 360 tahun man usia.000 tahun p ara deva (mahayuga disebut juga satu divya-yuga). seperti yang dijabarkan dalam kutipan dari www. yaitu Uttarayana dan Dakshinayana. Satyayuga berlangsung selama 1. Telah diuraikan tadi bahwa satu tahun terdiri atas dua periode. Satu hari para devata adalah satu tahun manusia.728. Urutan waktu kosmis adalah sebagai berikut: 1 tahun Brahma 1 hari Brahma 1 kalpa 1 manvantara li) 1 mahayuga = = = = = 360 hari Brahma 1 kalpa 14 manvantara = 1000 mahayuga +/. putra Devata Surya. dan agama. Dalam hal in i. Caturyuga adalah Saytayuga (Krtayuga ).000 tah un manusia.800 tahun para deva.veda. yaitu krta. Masih ada 7 manu lagi sebelum alam semesta dihancurkan secara periodik (sebagian). dvapara. Indra adalah nama se buah gelar yang dipakai oleh pemimpin para dewa.200 tahun para deva. seperti yang telah dijabarkan di bagian terdahulu.400 tahun para deva. Saat ini kita berada pada kali yuga ke-28 dalam periode Manu Vaivasvata. Jadi. sementara pada akhir manvantara ini kursi ke-Indra-anny a akan digantikan oleh Maharaja Bali. Berarti . satu mahayuga adalah 12.000 tahun manusia. sementara Tretayuga berlangs ung selama 3.296. Indra pada manvantara sekarang bernama Hyang Purandara. uttarayana adalah siang hari para deva. treta.71 mahayuga (krta.cz sebagai berikut: Empat zaman kosmis (yuga) . dan akhirnya Kaliyuga berlangsung selama 432. Dvaparayuga selama 2. Satu kalpa terdiri atas 14 periode manvantara yang di pimpin oleh seorang Manu. Keti ka yuga-yuga berganti. dvapara. Tujuh Manvantara ada pada siang hari Brahma. dan Kaliyuga selama 1.000 tahun manusia.000 tahun manusia.

296.3.000 tahun manusia Jangka hidup [manusia] . dan sebagainya.000 tahun manusia Jangka hidup .21) (tentang Yuga Avatara li hat artikel Avataras: Not Ten but Six). Untuk mencap ai tujuan itu. Kali-yuga (Zaman Besi) Duration . Namun mereka memiliki kemauan keras untuk mengetahui tenta ng Kenyataan yang Absolut.5. Agama diamalkan dengan sempurna.21-22) Treta-yuga (Zaman Perak). Sri Caitanya Mahaprabh . Simbolnya adalah sruk.1. dan secara alami memiliki kesadaran terhadap Tuhan.5. tidak iri hati. Ciri-ciri zaman ini: orang-orang seluruhnya taat beragama. Ciri-ciri zaman Satyayuga adalah: orang-orang berhati damai. Ia membawa kulit rusa hitam.meditasi atau astanga yoga Yuga-avatara – putih dengan empat lengan. Tubuhnya di hiasi dengan kalung bunga dan berbagai perhiasan lain. Dvapara-yuga (Zaman Tembaga) Durasi . Tidak ada pemujaan kepada deva-deva.800 tahun deva atau 1.728.100.4.2. (Srimad -Bhagavatam 9. serta alatalat persembahan lain).000 tahun Yuga-dharma [kewajiban utama manusia] .100 tahun [terus berkurang seiring semakin berlalunya zaman) Yuga-dharma – [menyanyikan nama-nama suci Tuhan] (harinama sankirtana) Yuga-avatara – berkulit keemasan tetapi pada umumnya hitam. sruva . benang suci. orang-orang harus mengikuti aturan-aturan Veda secara ketat.000 tahun Yuga-dharma – korban api (agnihotra) (yajna) Yuga-avatara – Merah dengan empat lengan dan rambut keemasan. oran g-orang seara alami adalah penyembah Kepribadian Agung Tuhan Yang Maha Esa.000 tahun Yuga-dharma – kebaktian di tempat suci (arcana) Yuga-avatara – Warna kulit-Nya biru tua.1. Mereka menyembah Tuhan sebagai Raja yang Agung dengan mengikuti perintah-perintah Veda dan Tantra. Dalam zaman ini tidak ad a pengelompokan catur asrama karena setiap orang adalah orang yang telah menyada ri jati dirinya (paramahamsa). Ia mengenakan pakaian kuning. dan tongkat serta ke ndi air seorang Brahmacari. Ia memanifestasikan senja ta-Nya sendiri. ram ah. Ciri-ciri zaman Dvaparayuga adalah: orang-orang memiliki kelemahan terhadap sesu atu yang tidak abadi.Krta atau Satya-yuga (Zaman Emas) Durasi . rambut tergulung dan memakai pakaian kul it kayu. (Srimad-Bhagavatam 11.14.000 tahun manusia Jangka hidup .10. ganitri. Ia memakai tiga ikat pinggang sebagai simbol inisiasi ke dalam Triveda. (sendok panjang dan sendok pendek untuk agnihotra. (disebut zaman perak kar ena Dharma mulai merosot kecemerlangannya} Durasi .000 tahun manusia Jangka hidup .200 tahun deva atau 432. Dalam Satyayuga.600 tahun deva atau 1. 11. namu n pada zaman ini seseorang diajarkan untuk menjadi penyembah Tuhan.400 tahun deva atau 864. hanya memuja Kepribadian Agung Tuhan Yang Maha Esa.

shantih. *** Tags: waktu dalam hindu reply share Blog Entry for everyone Mengapa Memakai Bija di Kening? Oct 16. (Srimad-Bhagavatam 1. terletak di antara kedua alis mata da . shuklabham tan mahakalah siddho devy atra haakinii.10) Demikianlah penjabaran tentang keempat yuga oleh kitab suci Srimad-B hagavatam (juga populer dengan nama Bhagavata Purana).B. Mereka suka berceloteh.u adalah Yuga Avatara untuk Kaliyuga ini. apalagi jika dilihat dari sudut pandang waktu y ang lebih panjang. kita hendaknya sadar. Ciri-ciri zaman kali: “Wahai yang terpelajar di zaan Kali. Aum gurubhyo namah. tidak akan sanggup kita lal ui dalam sekali reinkarnasi. Aum shantih.1. walaupun hanya satu yuga saja. ag ar dharma itu sendiri menjadi sebuah cahaya yang menerangi jalan panjang kita me nuju rumah kebahagiaan sejati: kesadaran akan jati diri. Mengingat ini. Rentang waktu kosmis. ARYA LAWA MANUABA Ajna padmam bhruvor madhye hakshopetam dvi patrakam. (Siva Samhita 96: ajna cakra vivaranam) Cakra yang berdaun bunga dua disebut Ajna. harih Om. '07 2:21 AM MENGAPA MEMAKAI BIJA DI KENING? OLEH I. kita mendapat sebuah kepastian bahwa ternyata hidup seb agai manusia ini sangat singkat. dan di atas segalanya : mereka selalu terganggu”. manusia berumur pendek. malas. bahwa hidup singkat seba gai manusia ini seharusnya digunakan untuk memperoleh dan mengamalkan dharma. shantih. Semoga tulisan ini berguna. Lalu apa yang kita dapatkan dengan mengetahui konse p waktu ini? Tentu saja. tersesat ke jalan adharma.

Om juga disebut vijaksara. seseorang yang sehat akan menghembuskan udara yang agak hangat dari lubang hidung kanannya. Ida membawa hawa dingin dan aktif pada malam hari. bukan butiran-butiran yang terpecah-pecah seperti yang sering kita temui. bija memiliki makna benih. bahkan tidak jarang ada yang memaka inya di kedua pelipis (lihat artikel Peranti Sembahyang oleh Ida Bhagawan Dwija di situs ini). Siva Samhita juga menyatakan bahwa cakra ini adalah petemuan tiga pembuluh. beras yang bentuknya sempurna juga melambangkan alam semesta yang jug a berbentuk bulat. Apalagi jika seseorang mam pu berkonsentrasi pada ajna. kita akan dibagika n butiran-butiran beras yang kita tempelkan di kening dan di leher yang disebut bija. Kedua. di bahu. kita diharapkan mampu mengaktifkan energi dari ketiga pem buluh tersebut untuk menciptakan kesehatan yang baik. Apabila semua orang dapat menumbuhkan kesucian dalam diriny . Bija memiliki beberapa makna filosofis yang dikaitkan dengan spiritualisme. kinnara. Demikianlah makna kata bija yaitu sebagai kata lain dari Omkara. Keberadaan bija sangat erat dengan kegiatan beragama Hindu. Ketika kita bersembahyang dan meminum tirtha. Bija adalah salah sa tu bahan yang dipakai di kening ketika seorang Hindu selesai melakukan persembah yangan. yang terbuat dari pasta cendan a. gandharva. Bija adalah benih padi yang berwarna putih yang bermakna hend aknya kita menumbuhkan benih-benih kesucian dalam kehidupan. dan b ijaksana. Bahan-bahan ini dipercaya sebagai bahan yang suci sebagai lambang Tuhan. sedangkan pinggal a membawa hawa panas yang aktif pada siang hari. Vija dapat dikaitkan dengan kata (pranava) Om seb agai nama utama dari Tuhan. Pembulu h ketiga yaitu susumna adalah jalan keluar-masuk roh. makhluk-makhluk seperti yaksa. Oleh sebab itu. Bija berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang diado psi dari kata vija (Sanskrit). bija memiliki makna anatomis. yaitu ida. Suatu hal sesederhana memakai bija pun sesungguhnya memiliki makna yang luas dal am ajaran Veda. pinggala. semantara pinggala (pembulu h matahari) yang hangat mengalir dari bagian kiri ajna dan berbelok ke lubang hi dung kanan. Dalam Siva Samhita ditemukan sloka-sloka te ntang tujuh cakra (simpul syaraf) utama yang membujur di sepanjang tulang belaka ng. S elain itu. sebagai aksara Brahman ya ng tertinggi. Memakai bija di kening berarti memuja Tuhan dalam wujud Omkara. Kini banyak kita li hat orang-orang yang memakai bija tetapi tidak mampu menumbuhkan benih-benih kes ucian dalam dirinya. pimpinan devinya disebut Hakini. Bija terbuat dari beras yang seharusnya lonjo ng sempurna. stana Siva Mahadeva. Pertemuan ketiganya ini disebut Triv eni. Tidak hanya di kening dan leher. Cakra ajna memiliki daun bunga dua yang dalam masing-masing kelopaknya bertuliskan aksara vam dan ksam. Om adalah nama Tuhan yang paling sakral dan memiliki makna yang ti dak terbatas. pengasih. Ada bahan-bahan lain yang disebut bhasma.n memiliki aksara ham dan ksam. di balik telinga. kita lihat dari asal katanya. sem entara dari lubang hidung kirinya akan terhembus udara yang agak dingin. Bija juga disebut tilaka di tempat lain dengan bahan-bahan seperti abu agnihotra dan pasta merah. Beras yang bentuknya sempurna melambangkan lingga. dan apsara akan mematuhi perintahnya (Siva Samhita 113). Pert ama. Pembuluh ida (pembuluh bulan) yang dingin mengalir dari bagian kanan cakra ajna dan berbelok menuju lubang hidung sebelah kiri. bahkan banyak orang yang juga memakai bij a di atas kepala. Ha l ini juga berarti konsentrasi pikiran menuju kesempurnaan Tuhan. Pimpinannya disebut Sukla Mahakala (waktu agung putih). dan susumna. Ketiga. Ketujuh cakra itu memengaruhi fungsi biologis dan fisiologis tubuh. Salah sa tu cakra adalah cakra Ajna (baca: adnya) yang terletak di kedua alis. Orang yang mem akai bija (tilaka) diharapkan dapat mewujudan perilaku sattvika. Dalam kaitannya dengan pem akaian bija di kening.

Twenty years after Mount Agung had been placed in the centre of Bali. If we translate the word Mahameru into Balinese language . Next. In Mount Semeru. Tags: bija di kening? reply share Blog Entry for everyone TOH LANGKIR rewritten by I. it was said that then island was in unstable position. melainkan juga sebuah jalan pengetahuan tiada batas . When the four of the magical creatures reached the island of Java. Therefore. Anantabhoga and Wasuki resided in the middle of the mount . tumbuhan. Anantabhoga.a. and Dewi Danu in Mount Batur. The literature reference such as Babad Pasek and Babad Bendesa explained that th ere is a connection between the four mounts.B. Hyang Gnijaya in Mount Lempuy ang. If there is significant problem happen in Bal The Myth of Mount Agung Oct 7. it erupted for the first time. there resides Hyan g Pasupati who has three offspring: Hyang Putrajaya. there resided Badawang Nala (fire turtle) as the base of t he mount. as well as Mount Semeru in East Ja va and Mount Rinjani in Lombok. Dengan demikian. and then for med Mount Agung or Toh Langkir in the centre of the island. the lower part of the peak was eventually placed in Lombok which is now known as Mount Rinjani . The realm of Hyang Putrajaya is in Mount Agung. a sacred shrine of Balinese Hindu people fu nctioning for praying upon The God. '07 6:19 AM . form ing Mount Semeru. semua akan dapat memanen hasilnya yaitu padi keharmonisan. Ia juga akan merasakan bahwa Tuhan berada dalam setiap makhluk hidup. So. He commanded Taksaka. They were form one single source: Mount Mahameru in Jambudwipa (India). Wasu ki. Mount Batukaru in the West. Then. the mid dle part of the peak cracked again and fell off the island of Bali. Hyang Pasupati (one manifestation of Siva) decided to add o ne more mount in the centre of the island. Then. Bali it self only had four main mounts. Demikianlah makna filosofis dari bija. there were two new mounts in Bali: Mount Agung and Mount Batur. they were Mount Lempuyang in the east. ia akan bela jar untuk menghormati eksistensi makhluk lain sebagai bagian dari kekuasaan Tuha n. Banyak yang tidak menyadari hal-hal kecil seperti ini dan menjadikan agama sendiri sebagai bahan olok-olok yang lainnya s ebagai agama tahayul. t ermasuk kuman-kuman. It was called Mount Lebah or Mount Batur. From the Eruption. and Dewi Dan u. and a magnificent turtle Badawang Nala to lift the peak of Moun t Mahameru in India to Bali. bija memiliki makna kesungguhan dan kesadaran karena seseorang yang mem akai bija berarti orang yang seharusnya memiliki keyakinan dan kesadaran akan ke wajibannya untuk mendekatkan diri ke hadapan Tuhan. Mount And akasa in the south. then a winged-dragon Taksaka resided in the peak of the mount. dan hewan. on the Wednesday of the tenth month. it will be Gunung Agung (Mount Agung). Earthquakes happened frequently and the nature was not good for living. Keempat. Orang yang memakai bija akan merasakan bahwa Tuhan berstana dalam dirinya sebagai Paramatman dan merasa terl indungi. and Wirayadnya Once upon a time in Bali. Two dragons. in Saka 11. Hyang Gnijaya. the upper part of the peak cracked and fell onto East Java. bakteri. This position o f the creatures resembles Padmasana. Arya Lawa Manuaba. a new mount was eventually formed in the area of Batur. and Mount Mangu and Mount Bratan in the north. Ary Wijaya. In Mount Toh Langkir. Padahal sebenarnya peradaban Hindu dan Veda bukan hanya se buah agama tua yang komplit.

Perlu usaha secara dunawi. Mantra-mantra umum di sini bisa di ucapkan oleh setiap siswa untuk menyiapkan diri secara spiritual dalam menghadap i pelajaran.i. SIDDHARAMBAM KARISYAMI SIDDHIR BHAWANTU ME SADA (aku memuja Saraswati yang berwajah cantik. TANNO DANTIH PRACODAYAT (Kami bermeditasi kepada Ganesha Bergading satu yang bertubuh besar. and it cannot be overcome by the local Gods. Hyang Putrajaya and the other de migods will go to Semeru to consult it with His Father. Durga Gayatri: . That is the connection of the mounts and the demigods residing in it. Tags: toh langkir reply share Blog Entry for everyone Mantra-Mantra Umum bagi Pelajar Oct 2. semoga berhasil baik segala karya ya ng akan hamba lakukan). tentunya dengan belajar. Aum Ganeshaya namah! Ganesha Gayatri: OM EKADANTAYA WIDMAHE WAKRATUNDAYA DHIMAHI. dan semoga Ia mencer ahi pikiranku). Semoga piki ran kami tercerahi). Laksmi Gayatri: OM MAHALAKSMI CA WIDMAHE WISNUPATNI CA DHIMAHI. sebagai Dewata pengusir hala ngan. '07 10:20 PM Sebelum kita melangkah lebih jauh ke dalam dunia mantra untuk pelajar. If there is still proble m. istri (sakti) dari Wisnu. it will go on to Mahameru in India where Siva resides. Mantra dimulai dengan Ganesha Gayatri. Sarasvati Mantra: OM SARASVATI NAMOSTUBHYAM WARADE KAMARUPINI. Ganesha adalah dewata pertama yang dipuja sebelum kegiatan lainnya dilakuk an karena Ia akan mengusir segala halangan dalam kegiatan. perlu dii ngat bahwa mantra saja tidak akan bisa membuat kepandaian Anda bertambah. TANNO LAKSMIH PRACODAYAT (aku memuja Laksmi dewi kekayaan.

mantra-mantra ini sangat berguna. Setelah itu. Saraswati. SHANTIH sebagai lambang kedamaian di k etiga loka. Semoga dengan mengucapkan mantra-mantra itu dengan tulus dan sabar. GURUR SAKSAT PARABRAHMAN TASMAI SRI GURAWE NAMAH (pujaku kepada Brahma. Sebagai pelajar Hindu yang ingi n menjadi Sadhaka (siswa yang berkemampuan spiritual). Perlu diingat bahwa Orang tua adalah juga guru. (REDAKSI). dan Siva sebagai Hyang Guru. BHARGO DEWASYA DHIMAHI. Anda diberk ahi dengan wiweka dan kecemerlangan pikiran yang lebih baik.OM KATYANYAI CA WIDMAHE KANYAKUMARYAI CA DHIMAHI. juga kepada Parabrahm an. SARWA JANA SUKHINO BHAWANTU. Kami bermeditasi pada ke cemerlangan-Mu. Anda bisa mendoakan kedua orang tua di akhir sembahyang dengan mantra OM SWASTI MATA UTA PITRE NO ASTU. Bhagavad Gita menyatakan bahwa Tuhan mewujudkan dirinya dalam metrum Gay atri sebagai Ibu dari Veda. '07 10:18 PM GAYATRI IBU UNIVERSAL Pernahkah Anda mengucapkan mantra Gayatri? Umat Hindu di Nusantara pasti sebagia n besar menjawab ya. Terpujilah Tuhan sebagai guru alam semesta). ucapkan OM SHANTIH. semoga mantra-mantra ini berguna untuk kemajuan pendidikan berbasis spiritual yang lama kita cita-citakan. Namun. Siddhirastu. Mantra-mantra di atas adalah mantra-mantra umum. Dalam mantra-mantra ini terdapat pemujaan Guru. DHIYO YO NAH PRACODAYAT (Tuhan p enguasa ketiga jagad. Setelah mantra ini. apakah semuanya tahu asal-usul mantra yang satu ini sehingga Ia menjadi mantra Ibu dari seluruh mantra Veda? Sehingga Ia menjadi mantra yang sangat sacr al? Sehingga Ia menjadi mantra yang sangat ampuh untuk pengobatan. Mantra ke mudian dilanjutkan dengan guru mantra: OM GURUR BRAHMA GURUR WISNUR GURUR DEVO MAHESWARAH. bisa dilanjutkan dengan Gayatri mantram OM BHUR BHUWAH SWAH. Anda dapat juga ikut mendoakan kedamaian dunia beserta penghuninya d engan mantra OM LOKA SAMASTA SUKHINO BHAWANTU. SWASTI GOBHYO JAGATE PURUSEBHYAH. cahaya Brahman yang patut dipuja. Semoga Ia mencerahi kami). SHANTIH. Wisnu. Akhir kata. karena Gayatri adalah nama mantra tri sandhya bait pertama. pene-nangan. dan Ganesha. dan meditasi? Gayatri sebenarnya adalah nama metrum mantra dalam Veda yang terdiri atas 24 suk u kata. TAT SAWITUR WARENIYAM. Tags: mantra pelajar reply 1 reply share Blog Entry for everyone Gayatri Ibu Universal Oct 2. Ketiga dewi tersebut adalah tiga aspek sakti sebagai ibu alam semesta. Mantram Gayatri yang sering kita dengar ditemukan da . TANNO DURGA PRACODAYAT (aku memuja Durga yang berwujud seorang gadis. dan cerahilah intelek kami).

seorang guru suci yang ahli dalam yoga di perlukan. yang memusnahkan s egala kebodohan. Ia dap at menciptakan alam semesta yang serupa dengan alam semesta kita. Oleh karen a Beliau adalah penerima wahyu mantra ini. manfaat pengucapan Gayatri tidak terbatas pada kehidupan fisik di du nia ini. dan kekuatan apa yang tersembunyi di bal ik pengucapan mantram tertinggi dalam Veda ini? Brahmarsi Visvamitra adalah penerima mantra ini. namun pada saa t Beliau menciptakan konstalasi bintang. Gayatri akan melindungi pemujaNya. Oleh sebab itu. Orang suci biasanya akan bangun pada dini hari. di mana sumber kekuatan mantram ini? Gayatri berada di mana pun mantra itu diucapkan. siapa yang menemukan mantram ini. dan menyembuhkan berbagai penyakit. yaitu Gaya tri penguasa indera. membaka r dosa-dosa. maupun perbaikan kualitas kehidup an di kelahiran mendatang (kriyamana karma). sebelum mengucapkan (berjapa) Gayatri kita harus memberi hormat kepada Brahmarsi Visvamitra. kedua adalah Vyahrti BHUR BHUVAH SVAH” dan yang ketiga adal ah Gayatri TAT SAVITUR VARENYAM BHARGO DEVASYA DHIMAHI. Mantram Gayatri yang kita kenal dalam Tri Sandhya terdiri atas tiga bagian. Ia juga dapat memutus lingkaran reinkarn asi yang tiada akhirnya. Dengan kekuatan Gayatri. Gayatri dapat membakar dosa-dosa da n karma masa lalu dengan api spiritual. lal u berdiri menghadap ke timur dan mengucapkan Gayatri. meningkatkan intelektualitas. para Dewata menghentikannya. Savita dipuja den gan Gayatri mantram. dan Sarasvati penguasa k ata-kata. Gayatri adalah pengabul segala keinginan. Kekuatan Gayatri tidak terbatas. Pert ama adalah Vijaksara “OM”. mandi. Manfaat pengucapan Gayatri: Sebenarnya. DHIYO YO NAH PRACODAYAT”. Gayatri mengikis segala kesengsaraan. Ia akan menghancurkan karma masa lalu. Lalu. Di sini jangan diartikan secara gamblang b ahwa kesengsaraan akan segera sirna ketika pengucapkan Gayatri. kegelapan. . Kesengsaraan ini dapat berupa karma masa lalu (sancita karma). Ia adalah ibu dari Veda (Veda mataram) yang memiliki tiga aspek. dan ketidaktahuan. Savita adalah aspek dari sinar. Untuk melaksanakan ini. tetapi akan berpengaruh pada kelahiran-kelahiran terdahulu dan kelahira n yang akan datang. mantram ini d apat membuka cakra-cakra dalam tubuh serta membuat si pengucapnya mendapatkan ke kuatan rohani. Savitri penguasa energi kehidupan. Berikut beberapa manfaat pengucapan Gayatri: Gayatri membebaskan pemujanya dari berbagai penyakit. Bagian ketiga adalah Gayatri yang sebenarnya yaitu 24 suku kata.lam Rigveda mandala III. Pemujaan Gayatr i dengan Vijaksara dan Vyahrti ditujukan kepada Tuhan penguasa seluruh alam (Tri loka) guna pencerahan pikiran menuju spiritualitas. Gayatri memancarkan vibrasi (getaran) spiritual yang dapat memurnikan atmosfer d an menormalkan gelombang pikiran. Jika mantram Gayatri diucapkan dengan ketulusan dan kesucian hati. Sukta 62. Kekuatannya akan berlipat ganda apabila diucap kan berulang-ulang dengan khusuk. Mantra ini sangat cocok untuk meditasi dan jap a. Lalu. mantra 10 yang ditujukan kepada aspek sinar m atahari yang bergelar Savita.

Gayatri bisa diucapkan pada saat mandi suci (melu kat). Ada beberapa ketentuan pengucapannya. Gayatri dapat diucapkan di sepanjang perjalanan sebagai mantra pelindung. Kesalahan pengucapa n mantram ini akan membawa efek terbalik dari manfaat-manfaat tadi. dalam tirthayatra.B. Lebih lanjut tentang Gayatri. Ucapkan dengan hati yang damai. penuh hormat. Tags: gayatri reply share Blog Entry for everyone Surya Namaskara Puja Oct 2. Arya Lawa Manuaba Angurip sarwa jiwana. Setiap kata harus jelas dan tepat. mantra ini bukan mantra untuk bermain. Setiap mantra adalah kat a-kata Yang Kuasa. atau pertemuan tiga waktu. dengan tegas dan jelas. Namun ingat. dan senja hari. dan ketika akan memulai suatu ka rya. jadi mantra apa pun (termasuk Om Kara) tidak boleh dipakai se mbarangan. sebelum bersembahyang. '07 10:00 PM SURYA NAMASKARA PUJA oleh I. Menghormatlah kepada Rsi Visvamitra sebelum mengucapkan mantram. . yaitu: Ucapkan dengan pelan.B. Anda dapat membaca buku KEBANGKITAN HINDU oleh Sar gede atau GAYATRI SADHANA oleh I Wayan Maswinara. tulus. Gayatri akan memutar balik kekuatan-Nya dan mengenai orang itu. tidak diucapkan di tempa t sembarangan. dan pada waktu-waktu yang tidak baik. Anda bisa menga takan JAYA BRAHMARSI WISWAMITRA! Kapan saat-saat terbaik mengucapkannya? Waktu terbaik mengucapkan Gayatri adalah pada waktu Sandhyakala. dari berbagai sumber). tengah har i. Jangan mengucapkan dengan tergesa-gesa atau berteriak. Ketiga sandhyakala itu adalah dini hari (pukul 4-5 pagi). Jika Anda memiliki japamala (ganitri). Banyak orang yang dengan sengaja mempermainkan mantram ini sebagai sebuah lelucon dan itu sa ngat bodoh. Selain itu. Gayatri dapat diucapkan dengan berja pa. apalagi untuk bersenda gurau. dan penuh kasih karena Gaya tri ditujukan kepada Tuhan yang penuh kasih. (I. Disa rankan agar Gayatri diucapkan tidak secara sembarangan. Arya. purna bhakti pramana Angabar mwang gumilang hrdaya.Bagaimana Ia seharusnya diucapkan? Gayatri adalah mantram keramat yang berkekuatan mahadahsyat.

Matahari memeiliki gravita si yang sanggup membuat kedelapan planet serta ribuan meteorit dan komet beredar teratur mengelilinginya. namun tidak sedikit upacara yang dilakukan s ebagai pengejawantahan ilmu pengetahuan dan teknologi. wahai sinar yang berlimpah. bhakti mereka sempurna Berkobar dan bersinar cemerlang di hatiku Dewata yang terhormat bagai teratai yang bersinar Pelindung dharma. Tradisi ini biasanya terkait dengan peristiwa tert entu di masa lampau. : Ia sebagai sinar yang mengandung kekuatan. Kedua belas aspek itu adalah: 1. Matahari juga yang membuat penyaluran energi dalam rantai makanan ber langsung. serta Dipavali setiap tahun untuk menghormati Ganesha. Aruna inilah yang bersinar merah di pagi hari tepat sebelum matahari terbit. Mengapa pemujaan ini begitu penting? Matahari adalah sumber energi terbesar di tata surya. kakak burung ilah i garuda. 5. . Oleh karena itu Ia disebut Ekacakra Ratha. Mitra Rawi Surya Bhanu Khaga : Ia sebagai sinar persahabatan universal. seperti kisah kelahiran Ganesha yang diperingati setiap har i keempat sasih Kapat.Sira palungguh dewata diwya pankaja Dharmaprawira diwyabhawana.B. Sinar matahari yang terang dan panas menembus atmosfer bumi dan menjadi bgian vital dalam mendukung kelangsungan kehidupan para makhlu k di bumi. 4. K ata ini diambil dari Bahasa Sanskrit yang berarti puja penghormatan kepada matah ari. Kusir Dewa Surya adalah Aruna. 3. Menghidupkan segala yang hidup. Ia dikatakan menge ndarai sebuah kereta beroda satu yang ditarik tujuh ekor kuda putih. dan Laksmi. Ritual ini dilakukan setiap pagi oleh orang-orang Hindu di Tanah India deng an mempersembahkan air berisi bunga-bungaan segar kepada matahari. dalam Surya Pankaja: I. (Bait reff. Mahashivaratri yang jatuh pada hari keempat belas krsnapa ksa sasih Kapitu. Seperti apa saja jenis up acara tersebut? Salah satu ritual yang penting dalam Hindu adalah ritual Surya Namaskara Puja. Arya Lawa Manuaba) Mengapa Pemujaan kepada Matahari Begitu Penting? Tradisi Hindu sangat beragam. Veda menguraikan ada dua belas aspek matahari dengan fungsi-fungsi yang berbeda. tunggangan Visnu yang memiliki tubuh tidak normal karena dilahirkan se cara paksa. : Ia sebagai sinar yang menembus segalanya. Hampir seluruh hari suci dan ritual umat Hindu didasarkan kepada peristiwa tertentu di masa lampau. Sarasva ti. Matahari juga dipuja dalam Veda sebagai Surya yang cemerlang. : Ia sebagai sumber cahaya. 2. : Ia sebagai sinar pemusnah kegelapan dan kebodohan.

Pusa : Ia sebagai sinar mistis dari api suci. Lihat dan konsentrasi kepada matahari yang terbias melalui cucuran air itu. Secara biologis. Alasan lain mengapa kita mempersembahkan air adalah terkait dengan konsep pembia san cahaya. Coba saja Anda menaruh segelas ai r di bawah etrik matahari selama beberapa hari. 7. Mempersembahkan air kepada matahari merupakan wujud bhakti yang tulus. Persiapkanlah bejana. Lebih baik jika memakai bejana tembaga. Matahari merupakan ayah agung bagi semua makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan di mu ka bumi. Dalam gelas akan muncul serat-se rat hijau yang merupakan lumut chlorella. perak. lalu berdirilah menghadap ke timur (ke arah matahari). selain itu. Bagaimana ber-Surya Namaskara Puja? Langkah pertama untuk ini adalah bangun pagi-pagi! Sastra menganjurkan kita untu k bangun sebelum matahari terbit. sebaiknya yang tidak ber bahan tanah liat. Ada satu mantra yang diambil dari Gayatri Sadhana untuk pemujaan matah ari: Aum Sri savitre surya narayanaya namah . Air yang dijatuhkan pada saat persembahan akan menjadi titik-titik k ecil yang membiaskan sinar matahari menjadi tujuh warna. Isilah bejana dengan air bersih (bukan tirtha). Sawitra : Ia sebagai sinar yang mencerahkan. Gabungan antara air dan mata hari akan menciptakan kehidupan dalam air itu. Air juga mengatur sistem kehidupan di bumi dan juga sistem biologis di tubuh kita. air adalah sumber utama kehidupan. seluruh nama matahari harus di sebutkan.6. 8. apakah Dewa Surya selalu haus karena ia sangat panas? Atau ia ingin mengurangi intensitas sinarnya dengan mandi? Tentu saja ti dak. Bhaskara : Ia sebagai sinar dari kecerdasan. Tuangkan air perlahan -lahan dari ketinggian setinggi dahi. emas. Mengapa mempersembahkan air? Sudah bukan zamannya lagi tradisi anak mula keto (walaupun tidak semua pertanyaa n harus memerlukan jawaban secara sains) berlaku di era sekarang. Terkait dengan persembahan air kepada matahari. Mantram Gayatri yang kita kenal adalah salah satu mantra yang ditujukan kepada matahari (Surya). 12. 9. atau ke barat pada sore hari. 11. Ketujuh biasan itu dipe rcaya dapat menghancurkan bakteri dan penyakit. Aditya : Ia sebagai sinar dari para guru suci. Arka : Ia sebagai sinar yang menghancurkan kecemasan dan ke takutan. juga adalah as pek dari Wisnu. Hiranyagarbha : Ia sebagai sinar penyembuh berwarna keemasan. Marici : Ia sebagai sinar halus di pagi dan senja hari. Sastra menganjurkan bahwa sembari menuangkan air. jelaslah matahari begitu penting sehingga mendapat kedudukan khusus dalam ayat-ayat mantra Veda. Jadi. 10. ketujuh warna melamb angkan warna-warna kehidupan. atau kuni ngan.

We act towards something and we get the reaction from it. Untuk kedua orang tua kita dengan mantra: Aum svasti maata uta pitra no astu. I sometimes feel unready to thank. This probably will go on and on and you will never be satisfied by the weather. as he mostly complains a certai n thing that doesn’t match with him. the world will probably be destroyed. In our previous life. while the rest will be received in the next reincarnation. This is just like an action-reaction case. You felt happy because your clothes were dried at all. We may feel that we do the same thing. like I myself really never learn to accept. This. too small. Trying on doing somethin g is a part of karma. Yet. svasti gobhyo jagate purusebhyah. shantih. Everybody must have Sancita s ince we (including animals. Your expectation came true: the sun really shone the earth entirely the ne xt day. Tags: surya namaskara reply share Blog Entry for everyone The Role of Karma Sep 10. bad or good depending upon m any factors. it is our rest of deed results in our previous life which we could not receive totally at that time. Man. and too smart. The res ult of the many of actions could have been obtained at that certain period of li fe. you could hardly dry your c lothes and you might prepare raincoat which must have been extremely complicated to wear if you had planned to go somewhere. Setelah itu. too selfish. God has always surely given us many things in life. especially something with a word too: too big . Aum shantih. We do a certain action and we will sur ely get the implication either good or bad.Mitra Ravi Surya Bhanu Khaga Pusa Hiranyagarbha Maricyaditya Savitrarka Bhaskarebhyo namo namah. This remaining re sult is called Sancita. When it rained a lot. Imagine that you were in a rainy season when almost everyday w as completed by rain and rain. you b egan to expect the rain come down and drive the hotness away. The other cause is our attempt. shantih. so we have to be reborn to complete the expenditure of the results. as the world getting hotter and hotter. we must have done many things that certainly too. remain results. humans rare ly want and realise to thank. '07 9:47 PM Man. the better the implication. what happens to us relies on a speci . of course would make you so b ored that you might expect the sun would rise the next morning and dry the earth out. The first factor is Sancita. — never thank and accept. If God always list ens to your requests. sarva jana sukhino bhavantu. or the ocean of death and life. Semoga bermanfaat. The harder we a ttempt. which means action. Lastly. floras. too. That is. really needs to have a two-se mester credit for saying thank you course since he hardly ever thanks God of wha t he has received. and other creatures) are the souls that are circling around the Bhavasagara. and you did not n eed to wear raincoat anymore. kita dapat melantunkan mantra-mantra lain seperti Aum loka samasta sukhino bhavantu.

He said that the full moon of Bambang Gede Rawi’s calendar version is right. That is weird. while other calendars confirm that the true full moon i s on 27th of August. We rarely know if we have been granted or just a result of such a hard ac tion (Gus Arya). He proved his argument by checki ng his Balinese Hindu lunar calendar calculation called Wariga Gemet. why do our (Hindu’s) latest full moons thi s year always come a day before those celebrations? It is impossible that there are successively two days full moons made by two different religions in the same place. everythin g. — what God has given us is a ripen fruit of karma. Actually. please kindly call my father because I am still being made dizzy abo ut it. Everything is up to you all my friends whether you agree   . however. every time I look up to the moon every full moon. this is still a weird thing to explain. If you are keen to know the c alculation. its light is no t as bright as the next day. the explanation proves us that the calendar with an image of Buleleng Regent is less accurate since he has forgotten to reduce the 8th day in wuku of Tambir . but if in that wuku where the 15 d ays pass is a wuku of Nguna Latri. The calendar with an image of Buleleng Regent shows that the full moon is on August 28th. 2007. that is. for me myself. 07 9:44 PM Human can make mistake. isn’t that? There must be some mistakes: ours. This wuku (if you see carefully) is usually named Dwi TAMBIR. For me . there is a “one day r eduction” named Nguna Latri. This means the grant is also a part of reaction of our devotion. you will usually see for ins tance KATIGA 8/9 or KADASA 12/13 meaning that the former date is missing and is changed by the next date. I don’t know who the compiler of the calendar is. So. but I really have seen that there is a picture of Buleleng Regent in the to p of it. So. we harvest what we have grown. So. This name indicate s that in this wuku there must be one missing day. but nature cannot.fic circumstance that may be called Lord’s grant. He explain ed that every several wukus (weeks) of Hindu’s lunar calendar. Nguna Latri frequently happens in the wuku of Tambir. However. If you had thought critically and had seen many calendars of many compilers. like Bambang Gede Rawi’s calendar and Marayana’s calendar. The missing day i s usually the 8th or the 12th day. In the calendar. I tend to agree with the less accurate calendar. Who knows I have eye dysfunctio n or mind malfunction. or the Buddh ist’s. the result of our own deeds. In other word. the grant from The Lor d is basically also depends on how sincere our devotional service towards Him is . So which one is the true full moon? My father and I have discussed about this phenomena. As I have said before that human can make mistake. Have you ever seen (or felt) this strange phenomenon? This explanation is based on my own observation. Everybody know s that the Vaisak in Buddhist tenth month and Magha Puja in the ninth month is c elebrated exactly in the full moon. but nature cannot. Nguna Latri is like this: from the new moon (tilem) u ntil full moon (purnama) is commonly 15 days. Why? Sometimes we have to come back to put our belief in the power of reality. Tags: karmaphala reply share Blog Entry for everyone The Full Moon is not Correct Sep 10. This also happens in controversy of t he last full moon on 27th of August 2007. or the reaction of our actio n. Moreover. Let now us see the Buddhist’s Vaisak day on last June 1st 2007 and the Magha Puja on last March 4th 2007. there must be one lost day. you must have seen some differences (and of course confusion) of them placing the red spot that indicates the full moon b etween 27th and 28th of August 2007. the moon on the next day is much circular and brighter than the moon of the day noted as the full moon day.

Bhajan induces in you a desire for experie ncing the truth. One has only to be reminded that he is divine. soothe the nerves. (Will it work? PH DI is busy with intern coup. Teach the mind to revel in the glory and majesty of God. as there is no need to understand anything while utt ering the holy names of God and singing His glory. Naturally. "When asked if singing bhajans in English [or any other language] would spoil th e sound vibrations: "No. singing bhajans becomes a beautiful. isn’t?). Tags: full moon reply 1 reply share Blog Entry The Art of Bhajan for everyone The Art of Bhajans Aug 22. the calenda r compilers had made significant mistake about placing the red spot in their cal endars. Wrong da te means wrong prayer. Exercises l ike Bhajan elevate the mind and exhort the individual to seek and find the sourc e of eternal joy that lies within him. or perhaps WALUBI. at a certain time in the past. to taste the bliss that is t he self. Man has come for a great destiny. As one sings bhajans. endowed wit h special skills and tendences to help him on. 07 11:32 PM "Bhajan is one of the processes by which you can train the mind to expand into e ternal values. Once that search is desired. I derive from Bhajan. but. No mental or intelle ctual effort is called for. the very s inging and the atmosphere created by bhajans takes one beyond the realm of the b ody. Singaraja. enthusiasm and effort. I do not deri ve from anything else. Fil l every moment with energy. wean it away from petty horizons of pleasure. 07 11:55 PM         . Bambang Gede Rawi’s or with my version. the vibrations come from the heart!" "Bhajan must spread good-will. it must invite all to share in the joy and peace. and who knows. but the most important thing is t hat we should not look this down. he fritters these precious g ifts and crawls on earth from birth to death. That is the reason why I am emphasizing these points. . to glimpse the beauty that is God. Full moon is important for us Hindus. We must look for the truth in PHDI. on a sacred mission. ecstasy. purify the mind and fill the body and the heart with a sweet love. love. 28th August 2007. the path is easy. It encourages man to dive into himself and be genuinely his real self." "God says. worse than any animal. mind and intellect and helps to establish communion with the self or the co nsciousness within. the spiritual vibrations produced by bhajans confer great joy both on those who sing them and on those who hear the songs. blissful exp erience. The Nagarsankirtan must be radiating devotion and love.Baba Tags: the art of bhajan reply share Blog Entry for everyone Masturbasi dan Daya Spiritual Aug 18. the mind gets saturated with God-consciousness and a great ecstacy wells up from within. Bhajans remove all negative thoughts. there I seat Myself . wherever My devotees sing. On the other hand. therefore.with Mr. The Ananda. it must cleanse the polluted atmos phere. Therefore.

Saudara Kristen telah membuka blog khusus yang membahas t entang masturbasi dalam kepercayaan mereka. manusia akan memiliki dorongan seks sebagai hasi l reaksi hormon-hormon seks dalam tubuh. bagaimana dengan fenomena masturbasi sebagai pengganti seks bebas? Bukankah jika kita pertimbangkan dengan akal sehat. khususnya oleh remaja baik laki-laki maupun perempuan. mengapa? Adakah sumber sastra yang mengatur hal ini? Satu lagi. masturbasi diartikan sebagai perilaku merangsang diri sendiri unt uk memperoleh kenikmatan seksual. Demikian halnya menurut Wikipedia yang menyata kan bahwa masturbasi adalah rangsangan disengaja yang dilakukan pada organ alat kelamin untuk memperoleh kenikmatan dan kepuasan seksual. seperti fisik. moral. Namun demikian menu rut penelitian. tidak dielakkan lagi sudah menjadi sebuah tren bagi rema ja. Namun masturbasi. mengingat pertimbangan-pertimbangan lain seperti seks b ebas yang membuktikan bahwa remaja semakin tidak bisa mengontrol dirinya sendiri . tetapi perubahan-peru bahan juga terjadi di dalam tubuh yang memungkinkan untuk bereproduksi atau berk eturunan. Perkemba ngan yang cukup menyolok terjadi ketika remaja baik perempuan dan laki-laki mema suki usia antara 9 sampai 15 tahun (masa remaja awal). Ada hal menarik yang patut menjadi pembicaraan s emua kalangan spiritual Hindu mengenai masturbasi. bahkan hingga orang dewasa. banyak yang melakukan rangsangan sendiri yang disebut masturbasi. dan seksualitas. masturbasi akan lebih baik dilakukan daripada seorang remaja harus menyia-nyiakan masa depan de ngan seks bebas? MENGAPA MASTURBASI? Setiap manusia akan memasuki tahap-tahap perkembangan. Untuk memuaskan dorongan seksual tersebut. Masturbasi biasa dilak ukan. Menurut BKKBN. Hal ini terjadi karena bagian alat kelamin laki-laki sebagian besar berada di l uar tubuh. Jika masturbasi memang dilarang. Sementara ahli-ahli agama lain marak membicarakan perilaku seksual ini. Arya Lawa Manuaba Tidak banyak kalangan spiritual Hindu yang membicarakan masalah masturbasi. Agama-agama tersebut dengan jelas me larang kegiatan tersebut. seperti penis dan skrotum. Dalam perkembangan seksualitas. yang notabene merupakan masalah pelik bagi remaja. Perkembangan-perkembangan dalam diri manusia meliputi seluruh aspek diri manusia. Dalam kehidupan manusia ya ng dilandasi agama. laki-laki lebih banyak melakukan masturbasi dari pada perempuan. lalu bagaimana kepastian agama Hindu? Masturbasi bukan lagi hal yang tabu dan harus dibicarakan khusus dalam suatu forum antarkaum sej enis. dan nilai-nilai masyarakat. apa penyebabnya? Jika tidak. telah menerbitkan buku berjudul ONANI yang membedah perilaku masturbasi dal am hukum agama mereka. Keadaan ini memudahkan laki-laki untu k merangsang alat kelaminnya sendiri. intelegensi. Pada saat itu manusia tid ak hanya tumbuh menjadi lebih tinggi dan lebih besar saja. Dorongan seks memer lukan pemuasan. yaitu apakah hal ini dilarang atau tidak dalam Hindu.MASTURBASI DAN DAYA SPIRITUAL oleh I. emosi. Dorongan seks adalah keinginan untuk me lakukan hubungan seksual yang sering disebut sebagai birahi. Saudara kita di Islam misal nya. jika sastra tidak memperbolehkan hal ini untuk dilakukan.B. Sebuah penelitian menyatakan bahwa 95% lak . Kegamangan ini menyebabkan kalang an remaja Hindu mengalami anomi yang tidak berujung-pangkal. Sementara pada perempuan lebih merupakan o rgan dalam seperti rahim dan indung telur. Perubahan ini dikenal dengan perkembangan seksualitas. yaitu dengan melakukan hubungan seks. hubungan seksual hanya bo leh dilangsungkan ketika seseorang telah menikah (meskipun dewasa ini aturan sep erti ini cenderung dilanggar). Tahapan perkembangan ters ebut dimulai ketika ia dilahirkan hingga mencapai tahapan perkembangan dewasa (2 5 tahun ke atas).

Veda menguraikan segala hal dari Tuhan yang suci dan abso lut hingga bagaimana memuaskan diri dalam Vatsyayana Kamasutra. Akibat yang akan dit erima tidak hanya dari segi fisik saja. Menurut ilmu kedokteran. namun pada abad 20 adalah pengobatan. tetapi juga dari aspek spiritual (kejiwa an). seorang psikolog Amerika kelahiran Hongaria menyatakan bahwa mastu rbasi pada abad ke-19 adalah penyakit. bagaimana katalog masturbasi bisa tidak mu ncul? Veda. Masturbasi sebagai sebuah perbuatan juga pasti akan mendatangkan akibat sec ara fisik dan spiritual. Kamaddhi skandyan reto hinasti vratam atmanah . ada baiknya perilaku masturbasi ini di kaji kembali dari sudut pandang spiritual. baik disengaja maupun tidak akan membawa akibatnya sendiri. Hal ini memunculkan istilah Hindu yang dia m terhadap perilaku masturbasi. Bagi Hindu sendiri. mitos-mitos mastur basi tersebut perlu dikaji ulang. Ini dapat dimengerti karena pada abad 20 penyakit kelamin sudah semakin merajalela seiring dengan semakin maraknya seks bebas. namun sangat sedikit membahas tentang masturbasi. khususnya pada kitab Sutra banyak membahas permasalahan seks. masturbasi yang memang a dalah salah satu jalan pemuasan dorongan seksual menjadi sebuah alternatif yang aman. BAGAIMANA SEBENARNYA HINDU MENANGGAPI HAL INI? Tidak diragukan lagi bahwa Veda adalah kitab suci terlengkap di jagad raya.180) . Veda merangkum segala pengetahuan yang diperlukan manusia untuk mengarungi kehidupan materi maupun rohani. ada beberapa rujukan sastra mengenai masturbasi seperti yang terdapat dalam Manava D harmasastra bab II sloka 180 yang menyatakan bahwa perilaku masturbasi sama deng an menyia-nyiakan kelaki-lakikan. Oleh karena itu. orang-orang yang melakukannya (khususnya remaja) sering merasa bahwa ma sturbasi dapat mengundang datangnya hal-hal buruk pada diri yang bersangkutan. Jika metode seks saja ada dalam Veda Smrti Kamasutra. Ini berakibat pada pemahaman tentang masturbasi sebagai perilaku yang bol eh saja dilakukan tanpa memandang akibatnya. Karena itu. Sebaiknya. Ekah shayita sarvatrana retah skandayet kvacit. masturbasi konon dapat menurunkan daya ingat. perilaku ini bukanlah perilaku seksual menyimpang . (Manava Dharmasastra II. Seb agian kalangan berpendapat hal tersebut hanya perasaan seseorang sebagai akibat benturan antara dorongan seksual dengan norma-norma agama yang tidak perlu diris aukan. Thomas Szasz. S elain itu.i-laki dan 89% perempuan pernah melakukan masturbasi. setiap perbuatan manusia. Banyak remaja yang sete lah bermasturbasi muncul perasaan bersalah dan berdosa dalam pikiran mereka. Namun sesedikitnya sumber mengenai hal ini. Namun. agar tidak memunculkan perilaku yang membabi buta.

Dengan demikian. Inilah sebenarnya yang disebut pendidikan karma phala. Di saat orang-orang menutu p telinganya terhadap nasihat-nasihat yang baik. mereka setidaknya akan tahu mak na nasihat-nasihat tersebut dengan mengalami dan merasakan akibatnya sendiri. Deng an demikian. umumnya seseorang mengalami keletihan fisik dan ment . Ia tidak pernah memaksa umatnya untuk terpaku ke dalam dogma-dogma. Terkait dengan masturbasi. tidak pernah menyia-nyiakan kelaki-lakiannya. Agama Hindu mendi dik umatnya tidak dengan aturan ketat dan sanksi-sanksi dalam kitab suci. jelaslah bahwa Hindu tidak diam ketika berhadapan dengan masalah masturbasi. bukan karena iming-iming su rga dan takut neraka. Inilah salah satu keunikan Hindu. ojas shakti atau energi pikiran ikut terkuras. Dari uraian sloka di atas. tetapi mendidik dengan membibing umatnya untuk belajar dari akibat perbuatan sebelumny a. Namun dalam masturbasi. De ngan itu. seseorang aka n memiliki daya ingat yang luar biasa dan dapat menerima energi-energi spiritual yang suci. Orgasme ini akan bermanfaat apabila terjadi pada saat h ubungan kelamin yang sah antara suami dan istri. Ketika peristiwa orgasme terjadi. Agama Hindu tidak melarang dengan tegas kegiatan masturbasi. Padahal. Aturan yang hampir sama juga disa mpaikan dalam Visnu Dharmasastra bab XXVIII sloka 48. terdapat beberapa konsekuensi yang perlu diperhatikan sebelum perbuatan tersebut terlanjur dilakukan: 1) Seorang siswa remaja dituntut untuk mengoptimalkan ojas shakti atau keku atan pikiran yang nantinya sangat berguna dalam menuntut ilmu.Hendaknya ia (siswa) tidak sendirian. orgasme hanya membuang-buang tenaga. Hindu sedang mendidik dengan cara lain. walaupun masturbasi m enurut sastra tidak sama dengan hubungan seks. ia menyerahkan sepenuhnya kepada umat: apakah perbuatan itu akan dilakuka n atau tidak berdasarkan risiko-risiko tersebut? Hal yang sama berlaku pula dalam perilaku masturbasi. Hindu memberikan kebebasan kepada pemeluknya asalkan sang pemeluk ingat dan sadar akan akibat dari setiap perbuatannya. Inilah yang menimbulkan pr asangka bahwa Hindu dikatakan diam ketika berhadapan dengan permasalahan masturb asi. sehin gga umat akan melaksanakannya dengan kesadaran hati. kesadaran baik-buruknya perbuatan akan tertanam di hati umat. Ojas shakti adala h kekuatan mental yang mana dengan meningkatkan kekuatan tersebut. ia akan tahu mana yang patut dilakukan dan mana yang tidak. Dalam kitab sucinya. Hindu memberikan penjelasan-penjelasa n mendalam mengenai konsekuensi jika seseorang melakukan suatu perbuatan. tubuh akan men ghabiskan banyak energi. tetapi juga tidak menganjurkan. Ketika seseorang bermasturbasi dan mengalami orgasme. setelah orgasme baik pada saat mas turbasi atau hubungan seks. Selanj utnya. Maka dari itu. Karena yang dengan sengaja menyia-nyiakan kelakiannya (onani) adalah melanggar pantangan. jelas-jelas Dharmasastra tidak menganjurkan perilaku masturbasi khususnya bagi siswa yang sedang menuntut ilmu. Hindu membimbing umatn ya untuk maju selangkah demi selangkah ke level kesadaran akan baik-buruk perbua tan dengan mengajak umat belajar dari memetik langsung akibat perbuatannya.

seperti penggu naan alat-alat yang tidak higienis dan cara bermasturbasi yang beresiko menyebab kan luka pada alat kelamin. Air mani juga merupakan lambang kelaki-lakian yang berfungsi mem buahi sel telur. hendaknya kelamin sebagai lambang kehidupan dan r egenerasi tidak diperlakukan sembarangan. Satu hal yang perlu mendapat perhatian bag i kita semua adalah bahwa setiap perbuatan dalam kehidupan di dunia material pas ti membawa konsekuensinya masing-masing. pengelihatan yang buruk. pengeluaran air mani s emasa brahmacari dikatakan melanggar pantangan. Terkurasnya ojas s hakti menyebabkan kemunduran dalam daya ingat. sembahyang. Ketika seseorang bermasturbasi dan mengalami orgasme. apa yang berlebihan pasti tidak baik. Keletihan fisik terjadi karena kontraksi otot daerah kelamin membutuhkan ene rgi sebanding dengan energi yang dibutuhkan pemain tenis dalam dua set pertandin gan. kirtanam (bhajan). Sekalipun ojas shakti dapat meningkat kembali. air mani mengandung jiwa-jiwa yang hidup. rasa lelah yang terus-meneru s. serta sakit pada pinggul dan tulang ekor. dan serot onin. Alergi biasanya timbul karena penggunaan zat-zat yan g tidak cocok dengan kulit sebagai “pelumas”. itu memerlukan usaha secara spiritual dengan meditasi. dan diet makanan seimbang. Kelamin hendaknya tidak dipermainkan sembarangan karena melalui penggabungan antara dua kelamin (purusha-pradhana) a kan terbentuk kehidupan. Peningkatan jumlah hormon seks juga akan terjadi. seseorang yang membunuh rekannya karena marah adalah sebuah dosa besar. Dr. Seorang tentara yang membunuh musuh yang mengancam keselamatan suatu negara adalah perbuatan benar dan berpahala besar meskipun membunuh itu d ilarang.K. 3) Meskipun tidak disamakan dengan hubungan seksual. masturbasi memang merupakan perilaku yang m enyehatkan. air mani yang keluar akan tersia-siakan. Sp. Terkurasnya ojas shakti juga meny ebabkan cahaya (aura) spiritual di badan memudar dan rasa percaya diri yang menu run. Dalam sastra dikenal adanya pengekang an terhadap nafsu kelamin (upasthanigraha). Apabila masturbasi terus -menerus dilakukan. Setiap perbuatan pasti memiliki isi bai k dan buruk. Dalam alat kelamin terdapat unsur pemb entuk kehidupan yaitu air mani pada laki-laki dan sel telur pada perempuan. ejakulasi dini. impotensi. Itu berarti lambang-kelaki-lakian juga disia-sia kan. penurunan daya ingat. Demikian pula masturbasi. japa. akan terjadi perubahan kimiawi besar-besaran dalam tubuh. Keletihan mental terjadi karena terkurasnya ojas shakti. Namun.al. Sjaif ul Fahmi Daili. sama seperti seks dalam Kamasutra. Masturbasi berlebihan dapat meningkatkan kinerja saraf simpatik dan memperbanyak produksi zat neurotransmiter berupa asetilkolin. 2) Mengenai masturbasi sebagai penyia-nyiaan terhadap kelaki-lakian mungkin dapat dikaitkan dengan peristiwa orgasme. sakit pada testis atau pada selangkangan. dopamin. Selain itu.K dalam wawancara dengan tabloid Hai menyatakan bahwa penya kit yang muncul akibat masturbasi dapat berupa penyakit infeksi dan alergi. Namun. Sekarang keputusan a da pada para umat untuk menyikapinya. Secara ilmu kesehatan modern. tergantung dalam situasi dan waktu yang bagaimana kita melakukan pe rbuatan tersebut. Pantangan yang dimaksud adalah p antangan bagi seorang wajib belajar untuk tidak menghumbar nafsu. sakit pinggang. Peny akit infeksi timbul karena perilaku masturbasi yang tidak bersih. Demikian beberapa konsekuensi dari masturbasi yang dapat dihimpun dari berbagai sumber sastra Hindu maupun dari literatur kesehatan modern. 4) Dalam sebuah situs Ayurveda. Dala m air mani terkandung jutaan sel sperma yang dalam setiap sel terdapat jiwa yang menghidupinya. dengan demikian jiwajiwa cikal-bakal benih kehidupan tersebut juga terbuang percuma. Pe rubahan kimiawi tersebut menimbulkan gejala pusing. masturbasi juga dapat menyebabkan penyakit kelamin walaupun telah dinyatakan bahwa masturbasi adalah tindakan yang aman. Pemerian tentang risiko masturbasi di atas dikaji dari segi spiritual-religius. Jadi. Memang benar masturbasi dapat menjadi perbuata . kerontokan rambut.

bahwa setiap manusia tidak sempurna. termasuk mulai mengeksplorasi dirinya.n yang dianjurkan dan dapat pula dilarang karena dosa. Filsafat Hindu menguraikan tentang hu bungan yang erat antara manusia (mikrokosmos) dan alam semesta (makrokosmos). Pengekangan terhadap hawa nafsu juga hendaknya menjadi fokus utama bagi seorang Brahmacari. Inilah salah satu ha l dari perkembangan remaja yang perlu mendapat perhatian pranata sosial untuk di tindaklanjuti. puasa. bahkan dorongan seksual pun sangat l abil pada masa ini. (walaupun kita memi liki otoritas dalam berbuat yang terbaik buat kita) masturbasi dan juga seks beb as dihindari demi peningkatan mutu kehidupan fisik-spiritual dalam mencapai keba hagiaan materi dan rohani (jagadhita dan moksha). intelegensi. bahka n oleh orang suci sekalipun. Sedapat mungkin. dan aborsi. Kita sebagai manusia. Setiap makhluk memiliki dorongan sek sual. remaja khususnya akan mulai menjelajahi dan mengenal fung si organ-organ seksnya. Nafsu selalu ada dalam diri se bagai musuh terbesar yang harus ditaklukkan manusia seperti yang dinyatakan dala m Kakawin Ramayana karya Mpu Yogiswara. Semuanya tergantung bagai mana dan pada saat apa perbuatan tersebut dilakukan. dari loba (ketamakan) muncul kemarahan. namun beberapa saat kemudian turun dan mere da kembali. Sebenarnya. manusia menggunakannya juga untuk kesenangan. Jika seseorang dihadapkan k epada seks bebas yang penuh risiko dan merusak masa depan. Kadang nafsu sangat besar. perilaku tersebut akan menjadi kebiasaan dan menyebabkan bertambahnya papa atau dosa kita yang dapat menjerumus kan kita ke tingkatan kehidupan yang lebih rendah. japa. Ketiganya adalah pintu masuk VIP ke neraka. Lama-kelamaan. Tidak hanya bagi brahmacari. kepribadian. mulai dari meditasi. MENGURANGI KEBIASAAN: MENGAPA SAAT PURNAMA DAN TILEM? Masa remaja dikatakan masa di mana seorang anak berada dalam masa yang serba lab il. Demikian pula dorongan seksual. Ap a yang terjadi di makrokosmos terjadi pula di mikrokosmos. Nafsu akan terus ada. Emosi. Dikatakan dalam itihasa. Banyak orang yang melampiaskan segala sesuatu dengan masturbasi. Jika makrokosmos meng . kirtanam. masturbasi juga m embuang-buang waktu yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk berkreasi secara po sitif. fisik. seluru h manusia dianjurkan oleh sastra untuk mengekang hawa nafsu. Jika hewan menggunakan dorongan seksualnya hanya untuk berkembang bia k. Pengekangan terhadap dorongan nafsu adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Seseorang dalam mengekang hawa nafsunya melakukan b erbagai cara. Remaja mulai belajar menerima dirinya yang sedang mengalami perubahan. Terkait dengan eksp lorasi tubuh. hingga memotong alat kelaminnya sendiri seperti kasus yang dilakukan seorang pendeta Bu dha di Thailand tahun 2006 lalu. dan itu bisa dikatakan melanggar aturan. Ini disebabkan oleh hormon seksual yang mulai diproduksi ole h tubuh mengalami penyesuaian. dipengaruhi juga oleh keadaan alam. jadi pasti akan juga pernah masuk neraka. Selain itu. prostitusi. Diperkuat oleh dorongan seksual. namun anehnya manusia memiliki potensi yang lebih besar untuk terhanyut di dalamnya. menyiksa diri. organ seks adalah obyek yang mendapat perhatian khusus. karena dari nafsu m uncul loba. tinggi-rendahnya dorongan seksual (libido) selain oleh situasi dalam diri. namun ia seperti g elombang. Kemunculan hawa nafsu memang tidak dapat ditebak. Namun sekarang kita jelas bisa menebak neraka mana yan g lebih mengerikan: neraka yang akan dikunjungi akibat seks bebas atau akibat ma sturbasi? Sekalipun demikian. hendaknya kita tidak menjadikan masturbasi sebagai suatu keb iasaan. sekiranya masturbasi dapat dilakukan sebagai pengganti demi mencegah perbuatan yang lebih merusak itu . yang dianugerahi kelebihan oleh Yang Kuasa hendakny a tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Tidak jarang eksplorasi yang tanpa pemetaan yang benar i tu berbuah kehamilan di luar nikah.

Hal ini memang masuk akal jika dikaji berdasarkan hubungan makro-mikro tadi. Peningkatan libido pada saat bulan purnama dan tilem secara ilmiah mungkin dapat dijelaskan seperti ini. cairan tubuh. Oleh karena itu. maka kerusakan juga menjalar pada mikrokosmos. dan berperilaku jahat (kuputra) karena pembu ahan terjadi di waktu yang tidak tepat. Tidak hanya pasangan yang belum menikah. Dengan perumpamaan yang berba sis pada kekuatan kala (waktu). air di pesisir pantai barat akan pasang. Itulah sebabnya terkadang hati dan pikiran seseorang bisa menyamai sifat-sifat kedewataan. pikiran yang menyusut menjadi kosong dan akan dengan s angat mudah dirasuki oleh pengaruh sadripu. keburukan juga akan berlipat ganda dalam pikirannya. sebaliknya jika ia memikirkan ha l-hal buruk. maka diistilahka n Bulan Dewatanya sedang menyusut menuju dapa kegelapan (Tilem) (Niken Tambang R aras. Pengaruh tersebut terjadi juga terhadap air di tubuh manusia. air dalam tubuh manusia pun dapat ditarik oleh gaya gravitasi bulan. Gravitasi bulan dapat memengaruhi sistem hormon dan sirkulasinya dalam tubuh. termasuk melakukan . Bagaimanapun juga. Susutnya bulan. J ika sistem hormon terangsang dan dipengaruhi juga oleh pikiran. Bulan Purnama dan Bulan Tilem juga sering diistilahkan dengan hati atau pikiran manusia yang sedang menyusut dan terang-benderang. Jika seseorang memikirkan Tuhan. Tubuh manusia terdiri atas 70% air yang berbentuk darah . Oleh karena itu. Demikian pula pada saat hari-hari rerahinan seperti kajeng kliwon dan tumpek. nafsu yang terlalu besar perlu dikurangi. Sebaliknya pada saat periode m enuju pulan purnama (suklapaksa) memengaruhi pikiran menjadi lebih ekstrem. Kitab Sarasamuccaya dan Manava Dharmasas tra adalah contoh sastra yang mengatur hari-hari yang tepat dan tidak tepat mela kukan hubungan seksual agar tercipta keturunan yang suci. maka pikirannya itu akan menjadi semakin kuat. Dari hasil persetubuhan yang salah waktu tersebut akan lahir anak yang cacat. keringat. dan akhirnya dapat berakibat terjadinya hal mesum. pada saat Tilem ses eorang dianjurkan untuk mengingat nama Tuhan. Ketika pengendalian diri tidak a da. atau periode menuju bulan mati (sering disebut krsnapaksa) memil iki pengaruh terhadap penyusutan pikiran manusia. Bulan menurut kajian Hindu memang benar dapat memengaruhi pikiran manusia. Kekuatan sinar bulan yang demikian kuat memengaruhi pikiran menjadi alasan menga pa dua orang yang sedang jatuh cinta dilarang bertemu dan berkasih-kasihan pada saat malam bulan purnama. seperti dengan bermasturbasi . pasangan suami-istri pun dilarang tidur dala m satu kamar pada saat purnama dan tilem karena kesucian hari akan tercemar apab ila terjadi persetubuhan. seper ti yang dipaparkan Niken Tambang Rara dalam bukunya “Purnama Tilem: Rahasia Kasih Rwa Bhineda” sebagai berikut. enzim. penyakitan. timbullah dorong an-dorongan baik positif maupun negatif. Seperti air pada makrokosmos. Bulan disimboliskan dengan Ketua Dewatanya pikir an (Candrama Manaso Jatah). Jadi bisa dikatakan bahwa. dirasuki oleh sifat-sifat angkara murka. sementara air di pesisir pantai timur akan surut. tidak mengherankan jik a libido memuncak pada bulan purnama dan tilem. seseorang akan mencari cara untuk memuaskannya. jika pikiran s eseorang sedang keruh. dan air seni. Hal ini diperkuat oleh beberapa remaja yang pernah melakukan masturbasi yang me ngaku dorongan seks mereka memuncak ketika purnama dan tilem.alami kerusakan. Pada saat bulan mati (tilem). yaitu oleh keberadaan bulan. Sedangkan pada saat purnama. Perasaan cinta tersebut akan berlipat ganda menjadi na fsu yang menggebu-gebu. Nafsu dan libido seksual juga dipengaruhi oleh keadaan makrokosmos. apa y ang dipikirkan akan berlipat ganda kekuatannya. Ketika bulan p urnama. 2004 : 12).

maka kesucian itu akan berpengaruh dalam satu hari itu. Masih ada beberapa cara lain untuk mencegah bergejolaknya nafsu. Namun perlu diingat bahwa tidak selamanya nafsu itu merugikan. atau menyanyikan kidung pada hari-hari seperti itu. Hendaknya purnama dan t ilem diisi dengan pemikiran-pemikiran tentang Tuhan dan hal-hal yang suci. Kitab Bhagavatam menganjurkan siswa tersebut melakukan pemandian sebelum mengikuti pelajaran lagi. Nafsu justru akan sangat berguna dalam meniti kehidupan. Berpuasalah pada purnama dan tilem. RITUAL UNTUK PRAYASCITTA Ritual prayascitta adalah ritual penyucian diri secara jasmani dan rohani. Berdasarkan uraian di atas tentang gejolak nafsu dalam hubungannya dengan kekuat an bulan serta risiko-risiko melakukan perbuatan kotor pada hari-hari itu. Satu hal lagi. Biasakan mengidungkan nama Tuhan pada hari-hari tersebut. Oleh karena itu. Ritua l prayascitta tidak hanya dilakukan untuk menyucikan benda-benda dan alam. atau melakukan hal-hal kotor. Veda menyatakan bahwa pikiran adalah rajendriya. Para yogi menyarankan agar seseorang m elakukan puasa ketika purnama dan tilem. jiwa dibersihkan denga n ilmu dan tapa. Nama-nama Tuhan sangat banyak jumlahnya. Pikiran menjadi pusat kontrol segala aktivitas indera. hal terpenting dari pengendalian dorongan bermasturbasi bukan ter letak pada seberapa sering kita mengucapkan doa. Ini adalah suatu kepercayaan yang mana jika hari dimu lai dengan kesucian. 6. yaitu pe nggerak segala indriya. dan rerahinan lain dapat men odai kesucian diri sendiri selain menodai kesucian hari. kecerdasan dibersihkan dengan pengetahuan. pikiran dibersihkan dengan kejujuran. Bermasturbasi pada hari purnama. 7. 4. 3. sehingga perlu diseimbangkan dengan jalan berpuasa. Pada dasarnya. nafsu harus dike kang dan ditundukkan. membicarakan. sementara Visnu D . Mulailah hari dengan mengucapkan nama Tuhan. berpantang makanan. Pada saat itu sistem ritmik tubuh terga nggu. Hanya saja. Beberapa kitab Dharmasastra seperti Manava Dharmasastra dan Visnu Dharmasastra s erta kitab Bhagavatam mengutarakan mengenai ritual-ritual penyucian bagi seorang siswa yang telah mengeluarkan air maninya. Cara itu dapat berupa mengontrol makanan dengan diet vegetarian. Pembersihan unsur-un sur diri ini sangat penting karena manusia perlu meningkatkan kesuciannya agar d apat lebih mendekatkan diri dengan Tuhan. jangan sampai kita sendiri yang ditundukkan oleh nafsu. memperbanyak minum air murni. tilem. Manava Dharmasastra menyatakan bahwa tubuh dibe rsihkan dengan air. dan jika memungkinkan ikutlah dalam kursus-kursus meditasi dan yoga. t ermasuk konrol nafsu dan keinginan. Biasa kanlah mengucapkan nama Tuhan berulang-ulang (namasmaranam). Hindari memikirkan. Buatlah komitmen untuk bertahan dari gejolak nafsu. tetapi yang paling diperlukan dalam mengekang nafsu untuk bermastu rbasi adalah komitmen.masturbasi. Bersembahyang dengan ikhlas. Lebih baik mengidungkan lagu-lagu suci. dan dapat dipilih sesuai keinginan. meditasi. ucapkan s ebuah-dua buah nama Tuhan. Lakukanlah meditasi. berjapa. dan melakuk an olah raga. jalan terbaik adalah dengan memusatkan pikiran dan menjauhkannya dari hal-hal yang dapat membangkitkan doro ngan nafsu. ada b eberapa solusi untuk menenangkan dorongan nafsu: 1. Jangan bersembahyang jika tidak ada minat ber sembahyang. alangkah baik nya bila persembahyangan bersama di pura saat purnama dan tilem tidak dilakukan bersama pacar. 2. 5. tetap i manusia pun perlu dibersihkan. Ucapkan komitmen untuk bertahan tersebut pada saat purnama sehingga kekuatannya meningkat. Ketika bangun pagi.

Siswa yang beragama Hindu de wasa ini biasanya diwinten secara massal ketika pertama kali bersekolah. sukta 62. Namun sebuah usaha kecil sangat berarti daripada diam berpangku tang an. Darmasaba.harmasastra (bab XXVIII sloka 48 dan 49) menganjurkan prayascitta khusus bagi se orang siswa yang melakukan persetubuhan dalam masa belajarnya untuk mengemis ke tujuh rumah dengan mengenakan pakaian dari kulit keledai sambil mengakui perbua tannya. Mantra Rik yaitu ma ntra yang terdapat dalam Rigveda. harus memuja Sang Hyang Surya dan kemudian tiga kali mengucapkan mantra Rik yang mulai dengan ucapan “berikanlah kekuatanku kembali lagi kepadaku”. Svapne siktva brahmacari dvijah shukramakamatah. yang kita ketahui adalah Mantra Gayatri yang t erdapat dalam Rigveda Mandala III. mantra 10. Sementara Manava Dharmasastra bab II sloka 181 menguraikan tentang ritual penyuc ian yang harus dilakukan oleh seorang siswa yang mengalami mimpi basah. Snatvarkamarcayitva trih Punarmamityrcam japet. Dalam sloka di atas terdapat kata siswa dwijati. Kita kenal juga Gayatri mantra sebagai mantra pertama dalam trisandhya. Demikian beberapa penjelasan dan paparan mengenai masturbasi dalam Hindu. Tentunya dosa-dosanya tidak hilang sepenuhnya dengan jalan seperti itu. Semoga tulisan ini berguna untuk semuanya. Bagaimanapun. bersetubuh sebelum menikah adalah sebuah dosa besar. yaitu b ertepatan dengan acara matur piuning di parahyangan sekolah. Siswa dwijati dapat diartikan s iswa yang telah diwinten melalui upacara Upanayana. Dikatakan bahwa Surya dan energinya y aitu Savita adalah dewata penguasa ojas shakti dan dipuja melalui mantra-mantra Rig khususnya Gayatri Mantram. 13 Agustus 2007 . Literatur Hindu mengenai masturbasi sangat minim. Seorang siswa dwijati yang dengan tidak sengaja telah menyia-nyiakan kelaki-lakiannya pada waktu tidur. sehingga tulisan ini pun perlu perbaikan agar menjadi lebih baik dan lebi h sempurna. atau cahay a Tuhan yang mengandung energi spiritual. Kekuatan yang diminta kembali mu ngkin dapat diartikan sebagai ojas shakti. Gayatri ditujukan kepada aspek Savita.

Sarasamuccaya. Purnama Tilem: Rahasia Kasih Rwa Bhineda. Mayasari. Manawa Dharmasastra (Manu Dharma Sast ra) atau Weda Smrti Copendium Hukum Hindu. Parami ta. Bali Post. —. Berbuat Baik Belum Tentu Benar. Gede dan Tjokorda Rai Sudharta. M. Raras. 2004. . Denpasar. 1979. Gede. Jakarta. I Gusti Rai. 199 5 Partia. Surabaya.REFERENSI BUKU Puja. 2002. Puja. Niken Tambang. Pemda Tingkat II Badung.A.

Ketika menjelang tidur. “Penyakit Kelamin Akibat Onani”. Subhangi Devi.com/over_masturbation. XXX.”. I Made.org/wiki/Masturbasi. atau kakek untuk menceritakan sepetik-dua petik cerita Tantri. SATUA.dipika. http://id. Ketika cerita dimulai dengan “ada katuturan satua. saya akan merengek meminta agar ayah saya. “Masturbasi (Onani): Sikap Orang Tua Menanganinya”. “Over Masturbation”.hindunet. 1998. http://hqweb01. Dasi. “Dying.hai-online. Sayangnya sang ibu kurang mahir dalam mesatua. Kalimat-kalimat sederhana yang menjadi pendahulua n sebuah cerita Bali itu adalah sebuah kata kunci untuk membuka gerbang imajinas   07 4:21 AM .Titib. www. XXX. BKKBN. Beragama Bukan Hanya di Pura.org/2004/05/10/10_t erminal_restlessness/ Tags: onani spiritual reply 2 replies share Blog Entry for everyone Mari Mesatua untuk Kepribadian Anak Aug 5. www.bkkbn. Yamaraja and Yamadutas”..ayurvediccure. Diunduh pada 16 Mei 2007. “Masturbasi”. HALAMAN WEB Ayu. http://www.com/forum/showthreaded.html http://www.com —.i d/hqweb/ceria/mb4masturbasi. BEKAL MORAL BAGI ANAK-ANAK artikel dalam Bali Mandalakawi Sewaktu kanak-kanak. saya lebih sering tidur dengan ayah. satua Bali (folklore B ali) telah menjadi “ibu kedua” yang menemani saya tidur tiap malam. jadi.wikipedia.htm —. sekitar umur tiga hingga enam tahun.go.php?Cat=&Number=58339&page=4&view=col lapsed&sb=5&o=&vc=1 tentang Masturbasi dalam Vedanta Sutra. saya seakan mulai masuk ke se buah pintu gerbang dunia maya..

satua berfungsi pula dalam penerusan tradisi. Tidak ada pertukaran emosi da n afeksi antara anak dan TV. karena anak-anak mulai belajar mengenal “kota yan g ada di luar dirinya” melalui bayangan-bayangan “kota khayalan”. Saya telah membaca buku terjemahannya berul ang kali dan saya tidak pernah bosan menonton filmnya. Di sini anak belajar mngungkapkan sesuatu dan juga belajar menanggapi pembicaraan orang lain. Pengaruh satua dalam membentuk karakter sangat besar. kakek. si anak diberikan kebebasan untuk meneb ak cerita selanjutnya dan berargumen sendiri. Si anak dapat bertanya tentang hal-hal dalam cerita yang tidak ia ketahui . Negeri-negeri atas pikiran itu kini sedang saya jela jahi kembali dalam dunia saya sendiri. ia tidak dpat menerima pendapat orang la in yang berbeda dengannya. Bisa saja. anak-anak bisa meresapi makna masyarakat. seekor burung magis dalam wiracari ta Ramayana. dan Daha yang telah mereka bangun dalam benak saya ketika saya kecil. karena komunikasi akan berlangsung dua arah. Lanka. ia bisa saja akan kurang mampu beradaptasi secara emosi karena ia telah terbias a hidup di dunianya sendiri. Saya bertanya tentang arti kata-kata itu. Sebuah satua yang nilai-nilai nya telah tertanam dengan kuat pada si anak akan ikut berkembang seiring dengn p ertumbuhan emosi anak. Ketika saya kecil.— kebet ulan kakawin itu menceritakan tentang Jatayu. Saya sangat kagu m dengan kisah itu. saya dapat menjelajahi kota-kota itu. Masa anak-anak seharusnya diisi dengan hal-hal imajinatif. komedi. atau bagaimana membayangk an istana keraton Mantri Kahuripan. Sebuah fenomena yang abstrak dalam pikiran saya terbentuk dari satua Sangat beru ntung sekali bahwa ayah. Saya akan sibuk membayangkan bagaimana seekor anak ayam yang belum berganti b ulu dapat menipu seekor kucing dalam satua Siap Selem. Secara umum. yang konon untuk mengelilingi tembok istanan ya memerlukan waktu sehari penuh. dan juga interaksi sosial yang te rjadi. saya tumbuh menjadi seorang penggemar Ramayana. Dengan menjelajahinya kembali. Dalam kegiatan mesatua. karena TV tidak mengajarkannya untuk silang pendapat seperti kegiatan mesatua. dan percayalah bahwa dari satu bait kakawin itu. Dari cerita semacam itu. dan kemungkinan tay angan sadis di televisi. mereka sudah mendapatkan gambaran tentang interaksi di mas yarakat. Ayodh ya. nilai-nilai budaya dan moral dalam sebuah satua bisa saja akan munc ul di kemudian hari setelah si anak tumbuh dewasa. sebagai dampak globalisasi dapat juga meracun i mental anak jika tidak disertai peran orang tua. Mesatua adalah warisan budaya adiluhung yang diperuntukkan bagi generasi-generas . Tradisi mesatua di kalangan anak-anak Bali zaman ini telah mulai memudar. Anta ra proses mesatua dan media televisi sangat besar perbedaannya dlam menumbuhkemb angkan pola interaksi anak. dan kadang-kadang nenek telah membangun sebuah n egeri maya dlam benak saya. Semuanya akan lain jika anak-anak sejak dini diperkenalkan dengan televisi. saat ayah. Ayah kemudian menceritakan kisah Rama kepada saya. Mereka sejak kecil telah diperkenalkan dengan film kartun. Dengan kota-kota seperti Kahuripan. dan bisa saja satua Sang Ekalawya akan menjadi inspirasi bagi kesuksesan anak dalam menempuh ujian skripsi. Televisi. Ketika mereka menginjakkan kaki dan menebar pandangan mereka untuk pertam a kali di luar rumah. atau kakek mulai meneruskan ceritany a. orang tua melibatkan aspek e mosi di dalamnya. sementara oang tua dapat memberikan pesan moral dan cinta kasih sesuai dengan tingkat pemahaman anak. Dalam mesatua. Bahasa Jawa Kuno yang beliau la gukan sungguh membuat saya heran. sehingga ketika si anak datang ke dunia sebenarnya. termasuk bahan-bahan untuk Mandalakawi ini. Dalam hal lain. saya dapat menuliskannya l agi menjadi cerita-cerita baru. Kegiatan mesatua dapat memberikan suatu hubungan emosi yang le bih akrab antara orang tua dan anak-anak. saya sering mengamati ayah menyanyikan kakawin.i anak-anak seperti saya dahulu. dan saya adalah pemilik mutlak dari kota atas pikiran saya itu.

Mat a yang dua seperti kita kemudian mata yang ditengah itu terletak di antara dua a lis sehingga disebut Tri netra. dan matahari. itu adalah windu dan ardacandra. PERANTI SEMBAHYANG Narasumber: Ida Pandita Nabe Sri Bhagawan Dwija Warsa Nawa Sandhi Ada berbagai peranti yang digunakan dalam persembahyangan. Tr ilingga adalah alam semesta ciptaan Sang Hyang Widhi yang terdiri dari bulan. Kemudian ada juga unsur-unsur Tri Murti. bunga merah. keempat di bahu kanan. penggunaan bija adalah sebagai pemujaan Si wa di mana kita meletakkan bija di tengah-tengah di sini (di antara kedua alis: red) sebagai lambang Trinetra. Kemudian yang ketiga adalah bunga biasa. Dalam keyakinan Agama Hindu. dan daun pucuk yang berwarna hijau di mana hijau dianggap sebagai hitam. Bija adalah sumber kemakmuran. Oleh karena kita di Bali menganut paham Siwa Siddhanta. Karawista adalah simbol dari Sang Hyang Widhi karena ada unsur-unsur Tri Murti yang terkandung di dalamnya. kalau yang berwarna putih itu adalah simbol Siwa. Bhattara Siwa mempunyai tiga mata. Mebija yang benar adalah pertama di ubun-ubun. ked elapan di ujung daun telinga kanan bagian bawah. lalu pada bagian d epan karawista ada yang berbentuk yang bulat dan berdiri atau tegak. yang terbuat dari daun kembang sepatu atau kembang pucuk dalam bahasa Bali. Kemudian piranti yang lainnya adalah BIJA. Bija j uga melambangkan Trinetra. Bunga biasa. yaitu bunga putih. Mesatua adalah salah satu bentuk diskusi perdana anak. seperti ilalang yang berwarna hijau mela mbangkan Wisnu. bi ntang. Peranti yang pertama yaitu Karawista. Jadi. kelima di bahu kiri. kesembilan di ujung daun teling   07 4:20 AM . maka kita memuja Tuhan s ebagai Siwa. dan juga me njadi sebuah buku panduan moral dan budi pekerti anak. sehingga karawista adalah simbol Omkara atau simbol Sang H yang Widhi. Berbentuk segitiga yang merupakan simbol Trilingga. ketujuh kembali lagi di pangkal tenggorokan. yang berwarna kuning itu simbol Mahadewa. berwarna biru atau hijau itu adalah simbol Wisnu. Maka. bunga merah dan putih simbol Brahma dan Siwa. Selain itu. Peranti kedua adalah kalpika. Peranti tersebut bia sanya digunakan dalam persembahyagan lengkap (resmi). bija adalah simbol kemakmuran sehingg a kita memohon kemakmuran kepada Sang Hyang Widhi dengan menggunakan bija. Trinetra dalam hal ini adalah mata ketiga dari Siwa. kedua di sela-sela alis atau di d ahi. k eenam di leher bagian belakang. mengapa warisan itu kita tinggalkan hanya karena sebuah TV? *** reply share Blog Entry for everyone Peranti Sembahyang Aug 5. yang berwarna merah simbol Brahma.i berikutnya. ketiga di pangkal tengorokan.

Nopi. Usahakan agar bekas buang an tirtha itu tidak terinjak-injak (I. Jadi rumusnya. sebagai pengawak. cara membuang tirtha yang sudah tidak dipergunakan lagi adalah dengan cara dibuang dengan melemparkannya ke atas. dan seba gainya.). Kedua.” tegas Ida Pandita Kemudian. itu simbol memohon kesucian pikiran atau manacik a parisuddha. jangan dibalik. para jero mangku. Yang berwenang menyiratkan tirtha tentunya yang pertama adalah para pendeta atau wiku. Dalam upacara-upacara di Bali. Oleh karena itu. pragina yang sudah mewinten. banyak sekali cenda na digunakan misalnya sebagai pasepan. dalang. kalau t idak ada orang-orang yang dimaksud. Dengan kata lain. Sumber: Ida pandita Nabe Sri Bhagawan Dwija Warsa Nawa Sandhi. seperti lingkungan keluarga atau lingkungan dadia. Kemudian.a kiri bagian bawah. Kemudian air biasa ini baru dituangi sedikit tirtha (sisa tirtha yang lama: red.B.kalau tirtha diisi air maka akan me njadi air. metirtha adalah simbol permohonan Tri Kaya Parisuddha kepada S ang Hyang Widhi. sebagai mudra. Griya Taman Sari . Kemudian minum tiga kali itu adalah permohonan untuk kesucian waci ka atau perkataan yang suci. Tirtha lalu diisi air. Kemudian. “Rumusnya adalah. Ketiga. sanku atau g ebeh diisi air biasa. maka yang berhak adalah orang-orang yang dit uakan di lingkungan. tetapi usahakan jangan di tempat kita bia sa menginjakkan kaki. Dengan kata lain. Arya. air diisi tirtha maka menjadilah tirtha. Ida Pandita juga menerangkan cara-cara yang benar dalam memperbanyak tirtha. Nunas Tirtha aturannya adalah: maketis atau dis iratkan di ubun-ubun tiga kali. Kesembilan tempat meletakkan bija adalah simbol Dewata Nawa Sangga. orang-orang yang sudah mewinten. kalau kita mau memperbanyak tirtha ataupun mengganti tirtha kare na tirthanya sudah lama. dan Yulia). Kemudian meraup tiga kali di wajah itu adalah simbo l kayika. atau memohon agar kita diberi tuntunan untuk kayika atau berbuat baik. “Bhasma ini adalah asapan kayu cendana atau serbuk kayu cendana dicapur air di mana kayu cendana atau cendana itu sendi ri adalah jenis tanaman yang harum yang dinamakan sebagai jenis tanaman dewa ata u yang disenangi oleh para dewa” terang Ida Pandita ketika diwawancarai di pasrama n beliau di Griya Taman Sari. Di pamrajan misalnya dibuang di tanah bagian kaja kangin. Peranti yang lain adalah tirtha. piranti yang lain adalah bhasma. maka kekuatan magis yang ada dalam tirth a itu akan hilang oleh air. buanglah tirtha di tempat yang suci. undagi. kita pertama-tama menyiapkan suatu tempat. apakah ia tukang banten.

Ganesha t elah menjadi begitu populer. karena Ganesha telah diangkat menjadi dewata pertama y ang dipuja sebagai mengusir halangan (Vighnaraja). Banyuasri. Wawancara dilakukan pada Mei 2007. sehingga Ganesha juga merupakan manifestasi kekuatan dari seluruh dewata. tetapi telah merambah dunia secara keseluruhan. hingga Budha mengakui Ganesha setidaknya sebagai sosok mak luk lucu yang unik. Bahkan. Mari kija mulai dari kepala-Nya. Pemberian nama Ganesha kepada Dewata unik ini terkai t dengan kisah dalam Siva Purana. Ganesha. keagungannya sebagai dewata penguasa halangan tersebar menembus waktu. Dalam literatur Veda. Ganesha. atau Vinayaka diambil dari dua kata Sanskrta Gana yang berarti pasukan. dan Purana-Purana Tamasika lainnya. karena telah dibunuh oleh Visnu mendapatkan kedudu kannya kembali sebagai kendaraan Indra. Siva bukanlah ahli cangkok kepala yang mahir. dan kepopulerannya tidak hanya pada kalangan umat H indu. atau antek-antek Siva sang ayah. khususnya yang kuliah di universitas berlambang Ga nesha ini mengetahui karakter-karakter unik dari atribut Dewata berpertu besar i ni. reply share Blog Entry for everyone LAMBANG GANESHA SEBAGAI PANUTAN GENERASI MUDA OLEH IDA BAGUS ARYA LAWA MANUABA SHINDU Arti Atribut Ganesha Aug 5.Lingga Ashrama. atau pusat studi sebagai pembawa kebijaksanaan. Ganesha kemudian diangkat sebagai kepala para gana. Lingga Purana. Kata gana di sini merujuk kepada pasukan. Ia mengganti kepala anaknya de ngan kepala makhluk pertama yang ditemukan oleh Visnu. lalu menyerahkannya kepad a Siva. Kini Ganesha menjadi ikon lembaga-lembaga pen ting. di mana Gauri sang Ibu meminta anaknya dihidup kan kembali karena tewas dalam pertempuran melawan Siva. Visnu yang bertugas menca ri pengganti kepala Ganesha bertemu dengan seekor gajah bernama Airavata. Kepala besar berarti kita sebagai manusia seh   07 4:18 AM . Siva Purana menyatakan bahwa hendaknya seseorang memujan Ganesha sebelu m memulai suatu kegiatan. Sementara sang gajah. Jain. Sosok Dewata berbadan gemuk dan berkepala gajah ini sudah tidak asing lagi dalam kisah-kisah Purana maupun Itihasa. Ia diberikan kekuatan oleh s eluruh dewata. Seluruh umat. Siva dan Ganesha sebelu mnya mengalami kesalahpahaman sehingga mereka bertarung. Kristen. dari Hindu. Islam. dan isa yang bermakna pemimpin. Ganapati memiliki kepala yang besar dengan dua telinga besar dan mata yang sipit. Singaraja. atau Vighnaraja (Dewata K esuksesan) memiliki berbagai atribut unik yang sebenarnya sarat makna. Ganesha menjadi figur Dewata lambang kepemudaan karena Ia sendiri memang diciptakan untuk menjadi muda. Visnu memenggal kepala gajah itu dengan Sudarsana Cakra-Nya. sekolah-sekolah. Ada baikn ya kita sebagai pemuda Hindu. Semua menghormati Ganesha sebagai pembawa keberuntungan di s eluruh pelosok dunia. Kisah Ganesha dapat dilihat d alam Siva Purana. Siva kemudian mengakui Ganesha sebagai anak yang diciptakan Gauri (Parvati) dari manisan. Hanya sayangn ya.

dan kita harus menyadarinya. na mun banyak manusia kini menjadi kendaraan dari nafsunya sendiri. Perut buncit itu bukan sembaran gan. Satu gading (Ekadanta) berarti kesatuan. Waktu. ada seekor tikus yang selalu berada di dekat sang Dewata. Atribut ini menyara nkan umat hendaknya bersatu untuk satu tujuan mulia. Ada siang. Itulah sebabnya. Banyak di antara kita yang membuang-buang waktu. istri Siva sebagai anak kesayangan. Kita juga harus bersemang at karena di balik hujan air mata kesedihan ada cahaya kegembiraan. ada pula malam. karena perut itu memang buncit. I a adalah Dewata kesuksesan. Sementara belalai yang menjulur melambangkan efisiensi d an adaptasi yang tinggi. sehingga hidup ini juga berg una. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya. Perlu diingat bahwa Ganesha adalah Dewata yang pemurah. Ganesha juga memili ki mulut yang hampir tidak kelihatan karena belalai-Nya yang dengan rakus menyan tap manisan susu di tangan-Nya. seper ti sifat hewan aslinya. Ada senang. artikel dari BALI MANDALAKAWI Matahari akan selalu menyimpan sejarah anak-anaknya   07 4:17 . tetapi jarang sekali kita mendengarkan orang lain. Jika k ita tekun dalam sadhana (disiplin spiritual). S edangkan mata yang sipit berarti konsentrasi. di tangan kiri sang Dewa terdapat semang kuk manisan susu. yakni pasangan dua hal yang bertolak belakang. seperti semangkuk penuh manisan susu itu. Maksudnya adalah bahwa kita harus mengurangi pembic araan yang tidak-tidak. Mulut yang kecil itu mengajarkan agar kita mengo ntrol gerak mulut dan lidah. reply share Blog Entry AM for everyone SITUS WEB UNTUK SUSASTRA HINDU NUSANTARA Situs Web untuk Susastra Hindu Nusantara Aug 5. Ganesha memang selalu dimanja oleh ibu Parvati. dan seraplah pengetahua n dengan telingamu. berdoalah kepada Ganesha: Om Gam Ganapataye Namah! Sementara itu. dan energi itu dapat digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna. ada pula sedih. Itulah hidup . melainkan lambang keseimbangan dalam menerima baik-buruknya gejolak dunia. atau nafsu harus ditundukkan. Ganesha kehilangan satu gadingnya untuk menggurat Mahabharat a di atas daun tal. Terakhir. Dengarkan ucapan-ucapan suci. Lantas. Tikus. Kita seharusnya tahu bah wa ada wajah seram kesedihan di balik tawa riang kita. kata-kata dari Veda. Kapak berarti menumpas segala halangan dalam karya. Hal pertama yang kita lihat pastila h perut-Nya. Ganesha juga memiliki dua telinga besar yang mengajarkan mari kita mendengarkan orang lain. Dunia diliputi oleh Rwa Bhinneda. Kita harus bisa menjadikan nafsu sebagai kendaraan sehingga kita dapat mengendalikannya. Lalu mengapa tikus itu menjadi tunggangan (kendaraan) Dewata yang berberat badan tinggi ini? Tikus. Kita beralih ke badan Dewata yang besar ini.arusnya lebih banyak menggunakan akal daripada fisik dalam memecahkan masalah. Ia memakan apa s aja untuk memenuhi hasrat perutnya. Demikianlah tikus dijadikan lambang nafsu da lam figur Ganesha. Kita selalu mendengar. biaya. ketika akan memulai suatu pekerjaan. dan energi untuk hal-hal yang tidak berguna. Ia tidak akan segan-segan memberi limpahan anugerah. adalah hewan yang penuh nafsu mengigit. Figur Ganesha memegang sebilah kapak. Pikiran harus diarahkan ke hal-hal positif untuk memperbaiki daya nalar dan pengetahuan. biaya.

Jangan ditanya berapa jumlah lontar. dan filsafat d alam Agama Hindu. salah satunya adalah rekaman total seluruh mant ra suci dari Caturweda dalam berbagai resensi (sakha).org. Sejak saat itu. d an beberapa kitab lainnya yang kemudian oleh para rakawi dikaitkan dengan kebera daan dan kekuasaan raja-raja yang berkuasa pada saat itu. saya pergi ke sebuah warnet di Denpasar untu k membuka situs tersebut. maka Anda juga harus bersabar karena Anda harus lahir kembali beberapa kali untuk menuntaskannya. mantra. orang suci. ada sebuah penyesalan. Metrum-metrum asli dal am kitab-kitab Sanskerta diadaptasi dan dikembangkan menjadi bentuk wirama (kaka win) yang kita kenal hingga kini. saya terkejut bukan mai n.vedamu. Ternyata. seperti tattwa-tattwa yang menjadi pedoman kehidupan beragama di Nusantara saat ini. Jka Anda berkeyakian untuk mempelajari seluruh pustaka suci Hi ndu. buku agama. kita tidak akan lepas dari sejarah. dan tempat-tempat suci. Mahabharata. salah satu hobi saya waktu itu adalah mengutak-atik internet.untuk diceritakannya kembali pada masa depan. Sebuah situs yang merangkum teks-teks Hindu baik dalam bentuk audio maupun visual. situs yang layar browser-nya berwarna dominan oranye dan merah h ati tersebut menjadi situs favorit saya. Proyek itu berhasil mentransliterisasi kitab Ramayana. Dua kisah terkenal dalam itihasa adalah Ramayana dan Mahabharata. Di satu sudut halaman saya membaca sebuah berita ringan mengnai web site (beran da warta) Hindu yang masuk ke jaringan UNESCO sebagai salah satu arsip warisan b udaya dunia yang masih terpelihara. isi dari situs itu. Ketika layar browser terbuka. Di tengah kekaguman saya. Wirama Sragdhara. dikenal sebuah proyek besar-besaran “Ma ngjawaken Byasa Mantra”. Situs itu di kelola oleh SSSVP (Shri Satya Sai Veda Pratisthan). Belum lagi Weda selalu berkembang sesuai situasi. Suatu hari. Proyek ini diserahkan kepada para rakawi (pujangga besar) untuk menerjemahkan kitab-kitab Hindu yang berdahasa Sanskerta ke dalam bahasa Jawa Kuno. Agama Hindu adalah agama terlengkap di mana setiap intisari kitab suci agama lain past i terdapat dalam Weda. serta ratusan bentuk metrum kakawin lainnya adalah hasil kolaborasi . Ada satu kebanggaan dalam diri saya bah wa Hindu. Kilay u Manedheng. Kebetulan. Sebu ah situs yang mengumandangkan bahwa Hindu bukan agama yang miskin ajaran. Alamat web site itu di www. Itihasa berarti cerita apa adany a. kakawin. Ada pula rekaman kitab-ki tab lain yang dinyanyikan oleh beberapa orang yang mungkin pendeta. Sejak zaman Singasari (leluhur Majapahit). Kitab-kitab sruti yang beratus-ratus banyaknya berasal dari Tanah India.— setidaknya telah memiliki sebuah situs resmi yang diakui dunia. Sedangkan p uran adalah kitab smrti yang menceritakan kisah-kisah para dewa. Kita m engenal itihasa dan purana dalam kelompok smrt... Itihasa dan purana adalah realisasi ajaran Weda dalam kehid upan nyata. Berbicara masalah pustaka suci Hindu. demikian pula setumpuk kitab agama yang ditulis oleh para was kita zaman dahulu. Mengapa yang masuk dlam kategor i web site itu hanya secuil dari susastra Hindu? Masih banyak susastra Hindu lai n yang tersebar di pelosok dunia. Pustaka Hindu demikan banyaknya. Beberap a hari setelah membaca artikel itu. saya membaca sebuah majalah Hindu yang redaksinya berada di Jakarta. Rajani. Basantatilaka. Saya menyukai situs bernuansa Hindu karena saya memang peminat hal-hal religius.

kosakata. Belajar bahasa Bali pun dapat melalui ensiklopedi ini. Dalam ensiklopedi ini akan disertakan teks-teks kuno serta terjemahannya. para leluhur kita hanya mengandalkan intuii. dapat belajar melalui internet. baik dalam aksara Bali maupun aksara Latin. Dalam hubungannya dengan kemajuan iptek. Ini akan menjadi satu lagi tonggak emansipasi generasi Hindu untuk mengangkat mertabat Sanatana Dharma. Sekarang. dan mantra-mantra lokal yang dipakai oleh pemeluk Hindu dari berbaga i daerah di Nusantara menjadi satu ensiklopedi dunia maya. seperti kakawin. dari mana pun a salnya. seseorang yang ingin belajar kakawin. seperti Singasari 600 tahun yang lalu. yang salah satunya adalah suara kidung atau lagu-lagu rohani. kita mengenal kitab-kitab tantri. *** . para pengawi. dan ritual. mengapa kita tidak membuat proyek menginternetkan mantra-mantra kuno? Situs Weda yang telah saya lihat mengispirasikan saya tentang sebuah megaproyek.metrum asli India dengan kemampuan olah vokal dan kosakata para rakawi zaman da hulu. di mana d alam mega proyek tersebut dibentuk panitia besar yang terdiri atas para sulinggi h.— seperti Nagarakrtagama o leh Mpu Prapanca. berkat kejeniusan leluhur kita. yang memuat aneka cerita yan g sarat pesan moral. kidung. Pro yek ini semata-mata bukan bertujuan untuk menjaga keutuhan naskah kuno saja. akan dapat diakses dari seluruh belahan dunia. Ensklopedi dunia maya ini. dan ahli komputer untuk mengumpulkan. Dalam kegiatan ritual agama Hindu di Bali. dan merekam ulang seluruh pustaka Hindu Nusantara. serta pupuh yang kita kenal dewasa ini sangat berperan penting tatkala melaksanakan upacara agama. seperti situs-situs internet lain. Berkat mereka. terutama adalah kita dapat melestarikan ka rya-karya luhur masa lalu sebagai landasan filsafat. Selain itu. lahirlah banyak kaya sastra bernuansa Hindu di Nusantara. d ikenal adanya pancaswara. yang dpat kita kategorikan sebagai warisan budaya tanah air. Apalagi zaman globalisasi menuntut pembelajaran dar i dunia maya (e-learning). Alangkah bahagianya leluhur kita apabila karya-karya mereka dapat dilestarikan. etika. para pujangga Nusantara kuno juga menyusun bayak karya lokal. mel ainkan juga mewariskannya agar jiwa Dharma dapat terus ajeg di Nusantara. Kakawin. ahli sastra. Selain mengadopsi kisah Itihasa dan Purana dari India. Dengan a danya proyek ini. kita dapat lebih me ndekatkan diri dengan sang Jiwa dengan lagu-lagu suci. Betapa besar karya leluhur kita zaman dahulu. mengklasifik asi. dan kelihaian tangan mereka dalam menggurat daun lontar. kidung. gaguritan. pewarisan kesusastraan kuno dapat dipermudah melalui internet. Karya-karya etrsebut kini dapat kita jumpai dalam bentuk bu ku. Jenis-jenis kakawin dan kidung yang banyak jumlahnya dike lompokkan menurut penggunaannya dalam ritual-ritual agama. Proyk besar Mangjawaken Bya sa Mantra telah menjadi tonggak besar perkembangan susastra Hindu di Nusantara. Keuntungan lain dari ensiklopedi ini. apalagi berkolaborasi dengan perkembangan teknologi. yang metode penulisannya adalah campuran dari sastra dan repor tase. Dengan keterbatasan tekno logi pada waktu itu. Jadi. Lagu-lagu rohani berfungsi untuk megonsentrasikan pikiran agar terpusat pada obyek sembahyang.

halêpnya kadi sinwam sakeng basanta. ikang wihikan ing asing kawya Inider wana. Ketika kami berdiskusi bersama tentang novel itu. Sihir memang sangat po puler di Inggris pada abad pertengahan. politik. namun nyata dan sisa -sisa peradabannya yang adiluhung masih banyak terkubur di tanah Trowulan. (1) Sebait puisi Jawa Kuno di atas adalah kawya karangan saya. Jika orang Inggris saja bisa membuat karya sastra berdasarkan folklore negerinya sendiri. Kita memiliki kebanggaa n sebagai negeri yang pernah jaya di masa lalu. Bali. termasuk kamus tebal dan tata bahasa nya. Mengapa? Kebanyakan cerita dalam novel terlaris di dunia tersebut bercerita tentang dunia sihir. Ketika itu. Sebuah Pasraman Aug 5.reply share Blog Entry for everyone BALI. Beliau menguasai banyak wirama dengan baik. bahkan lebih. mulai tertarik dengan bud aya Majapahit. Jawa Timur. mengapa kita tidak? Indonesia memiliki ribuan cerita rakyat yang kalau dikumpulkan tebalnya dapat menyamai KBBI. Kebetulan. lantaran diduga mempopulerkan ajaran sesat (pemujaan setan). ajik (bapak) saya seorang peminat kekawin (prosa Jawa Kuno) yang handal. saya sangat takjub mendengar komentar dari banyak teman tentang novel Harry Potter. dan kosakata baha sa Kawinya cukup banyak. Ketika itu. Hana ta pasraman Mandalakawi. dan kebetulan sedang libur setelah uji   07 4:14 AM . Sebuah negeri pusat p eradaban. mwang gangga kaliku halëp Marut ngilir silir-sumilir. yang terinspirasi dari kejayaan kerajaan Majap ahit pada abad XIII-XIV. SEBUAH PASRAMAN artikel dari naskah buku "Bali Mandalakawi". Rakawi. Majapahit. gurukula singgihing adri Mwang nayaka sir di rakawi. kita bisa membuat karya fantasi seperti Harry Potter dengan m engambil setting di Majapahit. kami mendapat kesimpulan bahwa JK Rowling (penulisnya) adalah seorang yang mengerti tentang budaya negaranya. Novel itu berjudul Rakawi. Ambisi saya memang menggbu-gebu saat itu. Sejak saat itu. Permainan api saya pun dimulai. Majapahit bukanlah khayalan. dan ekonomi Asia Tenggara. wana manggalya. Jika kita mau ber imajinasi sedikit. ekonomi. sosial. Kami menduga Rowling terinspirasi dari kisah-kis ah Inggris masa silam. Saat itu saya berencana menyusun sebuah novel yang judulnya saya pikirkan s ecara tidak sengaja. yang rencananya akan saya pergunakan sebagai bahan tambahan dalam novel karangan saya (kini belum sel esai). Saya mulai memborong bu ku-buku tentang Jawa Kuno dari lemari ajik. saya yang senang ‘main api’ dengan sastra. terjadi pembantaian besar-be saran terhadap para penyihir wanita di negara itu.

D isebutkan pada masa kejayaan Sri Jayanegara (raja Majapahit kedua). Novel Rakawi bercerita tentang kehidupan di kota Trowulan pada zaman sekarang. dan mulai menulis. bertemu dengan seorang kakek agen koran. candi Mayakala hanya dapat dibuka dengan sebuah mantra. Gempa bumi beranjak menjadi gunung meletus. Akhirnya. sakit-sakitan. Rakryan Kuti mengucapkan sebuah pesan. Ia mempunyai anak berna ma Andika. Sebelum kematiannya. secara misterius. Uang kepeng itu bernama Bangsalpala. Ketika proyek diadakan. Widi. Kakek itu memiliki seorang cu cu laki-laki satu-satunya bernama Rangga. Tanca dibunuh oleh Gajah Mada. bencana yang bertubi-tubi tiba-tiba menerjang. atau di t engah hamparan sawah. atas kecerdikan Gajah Mada. semangat pun timbul. Akhirnya. yang dapat membuka candi. hingga beber apa abad kemudian Majapahit runtuh dan peradaban baru berkembang. Gejala pertama adalah panas membara selama beberapa minggu. Peristiwa itu dikenal dengan Patanca. ia berniat meneli ti candi Mayakala yang saat itu oleh para arkeolog disebut candi Paras Pranaya ( yang kemudian jika disusun terbalik menjadi ‘sarpa anyarap’ atau ‘ular menggigit’). lima ratus tahun setelah beliau meningg al. uang kepeng it u dicuri oleh Rakryan Tanca. Diikuti dengan gempa bumi. namun. namun seb elum ajal menjemputnya. Namu n. Andika adalah salah satu dari kelima anak reinkarn asi Dang Rakawi. raja pun akhirnya da pat menduduki singgasana kembali dan Kuti dihukum mati. Sang kakek membantu Andika menyelesaik . Dang Dharmadyaksa lalu mengupac arai abu kremasi Kuti dan memenjarakan rohnya dalam sebuah candi bernama Mayakal a.an nasional. terjadi pemb erontakan yang dipimpin oleh Rakryan Kuti. Andika yang mendapat tugas semester mencari keterangan tentang M ajapahit. Tanca kemudian meracuni raja Jayanegara (ini ada dalam buku sejarah SMA kelas 2) . seorang arkeolog menemukan sebongkah uang kepeng kuno. Ia menyembunyikan u ang kepeng itu. ketika pintu dibuka. ia aka n bereinkarnasi menjadi lima orang anak. seorang tabib kerajaan yang menguasai ilmu hitam. termasuk ayah Widi. Di lain cerita. namun. Gunung Merapi yang selama itu ten ang tiba-tiba mengamuk. Lima ratus tahun kemudian. dan hal itu terjadi dua belas h ari setelah kematiannya. Proyek pun terancam mandeg. seorang murid SMA. Kelak. seperti api yang baru tersiram bensin. dan gila. legenda bangsalpala lenyap samasekali. Kota Trowulan menjadi gers ang. Akan tetapi. bahwa sampai mati pu n rohnya akan terus menghantui keluarga keraton. Ban gsalpala kemudian dititipkan kepada raja untuk menjaganya. Tanca sempat menghanguskan bangsalpala yang dicurinya de ngan kesaktiannya. Gempa ini menyebabkan beberapa situs purbakala p eninggalan Majapahit ambruk. raja Jayanegara meminta Dang Dharmadyak sa (pemimpin keagamaan) untuk melakukan sesuatu. Kunci dari candi itu berbentuk seperti uang kepeng (Bali: pis bolong) yang be rgambar ular menggigit ekornya sendiri. P enemuannya dikaitkan dengan peristiwa hilangnya bangsalpala lima ratus tahun sil am. yang menewaskan beberapa ar keolog. sang pemimpin proyek. Saya bu ka komputer. Kelima orang anak inilah yang otomatis akan tahu mantranya. Kemudian. Pemberontakan itu berhasil menggusur raja dari singgasana. Salah satunya bernama Hari Wijaya. I a ingin memperoleh kekuatan dari roh Kuti untuk merebut kerajaan dan menguasai T anah Jawa. Banyak anggota keluarga kerajaan yang meninggal tanpa s ebab. Dalam pada itu. Mantra itu hanya Dang Rakawi (pemimpin ahli sastra kerajaan) yang mengetahui. sekelompok arkeolog melakukan penelitian mengenai kemunculan can di-candi misterius itu. Arkeolog itu yakin bahwa bangsalpala ternyata masih ada. muncul candi-candi dan pat ung-patung baru. muncul ratusan ular berbisa. Beberapa di antara mereka adalah keturunan Dang Rakawi. Candi-candi itu sebagian muncul di tengah jalan raya. Candi Mayakala sendiri muncul di dalam areal situs Trowula n. Suatu hari. lalu diberikan pada anaknya.

— tidak ada penjelasan ac aranya. Suatu sore. Akhirnya. Kawyamandala selesai tiga bait. Penyusunan kawyamandala ini saya lakukan berdasarkan inspirasi alam. lokasi Pasraman.an tugas semesternya. apalagi disertai libur tiga bulanan menunggu hari pe rtama kuliah di IKIP Singaraja. Panji-panji Majapahit berkib ar di depan arakan. mereka berbelok ke barat laut.’ ‘menyembunyikan diri d i bawah teratai. sejenis mars untuk pasraman itu. namun novel tak tentu kabarnya. Ke tika itu. serta cucu sang kakek dib erikan empat lembar tiket untuk berkunjung ke lokasi situs Trowulan. Majapahit ternyata m asih ada. Saya buka entri S dan akhirnya saya temukan kata ‘sor’ dalam bahasa Kawi. namun tak saya temukan. muncul sinar. Saya bingung mencari kata ‘di bawah’ dalam bahasa Kawi. Widi dan Utari. dan waktu. di tempat itu akan diadakan seleksi tahunan bagi p ara keturunan Rakawi untuk mengikuti pasraman di Majapahit. yaitu 40 suku kata. Ketika mereka tiba di Santanaraja. Pintu gerbang Waringin Lawang yang tinggi terbuka. Saya inga t bahasa Balinya. Irama kawyamandala ini terinspira si dari alunan sekar rare. apalagi kosakata Kaw i saya sangat terbatas. dan calon sisya berangkat dii ringi pasukan Bhayangkari lengkap. Raka mewakili orang tua Andika merelakan keberangkatan keempat anak itu. Kemudian saya cari kata ‘batan’ dalam kamus Kawi-Ind onesia yang tidak ada entri Indonesia-Kawi-nya itu. Ramalan Rakawi menunjukkan bahwa tanda-tanda alam yan g buruk yang saat itu melanda Trowulan adalah pertanda akan bangkitnya Kuti sang separator. Di lembaran tiket yang ti dak lazim itu tercantum hanya tempat. Sebait sajak di atas adalah bagian pertama dari Kawyamandala. lantaran beliau memang seorang mantan guru sejarah SMA.. Setelah itu. Beruntung s ekali banyak kosakata bahasa Kawi (nama lain bahasa Jawa Kuno. alam niskala. dari peninggalan gapura Waringin La wang. yang terjadi malah kebalikannya. menuju bukit Mandalagiri. Teman-teman di banjar mengenal saya sebagai seorang yang hobi naik sepeda. Hal tersulit kedua ada lah mencari kata-kata agar menempati jumlah suku kata yang pas dalam sebait kawy amandala. saya buat iramanya. yaitu ‘di batan’. Pasraman yang dipimpin oleh seorang Dang Rakawi itu bernama Mandalakawi. melainkan alamlah yang memberikan kekuatan kosmis kepada saya dan saya mengembalikan seluruh nada itu kepada alam.. sebagai bahasanya para rakawi) yang serupa dengan bahasa Bali. tibalah saat menyusun kata-katanya. Sementara itu. Main api dengan sastra ternyata memang membakar otak saya.’. Ketika mereka tiba. dan dari dalam sinar terbang banyak kereta kuda.. Beberapa saat kemudian. dan saya kembali menemukan kata bahasa Bali ‘sor’ yang artinya ‘bawa h’. Biasan ya saya sering mendapat inspirasi malam hari (Bali: tengai lemeng). Sang kakek berkata. adalah mantan siswa pasraman Majapahit. Seleksi dilakukan dengan tes kadar Aksamahi dalam darah . Keempat anak SMA itu akhirnya mengunjungi situs Trowulan pukul 7 malam pada bula n purnama. ternyata banyak anak sebaya mereka yang berhambur an di sekitar situs. Andika dan tiga temannya yang tak tahu apa-apa akhirnya sepakat mengikuti seleks i itu. menembus dimensi lain. Andika bersama dua temannya. Seperti ketika saya menyusun kawya mandala bait III.. ada kata ‘. saya berniat jalan-jalan ke tapal batas desa. Ternyata. diikuti pas ukan Bhayangkara bersenjata dan berpakaian lengkap. Kakak Andika. b ersama puluhan lainnya yang lulus seleksi. di mana anak-anak bermain gembira di tengah hutan yan g subur dan bersahaja. Otak saya mumet. namun sementara berada di alam Sahastha. Trowulan (Majapahit di Sahastaloka). Mars tersebut saya susun dengan susah payah. Saya mengambil jurusan keguruan Bahasa Inggris. Ketika saya SD kami sering . Sesa at saya merenung. Saya bukan pencipta kawyamandala. yang juga hadir di sana. Pertama saya tentukan jumlah suku kata tiap bait. Saya harus memutar otak dan mengerahkan seluruh imajinasi saya..— Raka. alam yang sehasta lebih tingg i dari bumi..gumupta sarira ni sor kamala. dan mereka lulus. tanggal. situs itu akan lebih menarik saat malam hari.

Setelah tanjakan berakhir. desa kami sekarang dahulu berlokasi di daerah sekitar Pura K aja. ma lu). menyusuri petak-petak sawah. Setelah saya kelas tiga. desa kami memiliki dua Kahyangan Tiga. Sungguh masa kecil yang menyenangkan . Kebetulan saat itu hari Kajen g Kliwon. saya pun tidak pernah lagi naik sepeda bersama mereka. Saya sering dimarah ajik jika terlambat pulang. demikian istilah populer untuk Pura Enteg Gana stana Ida Ratu Agung K aja. sampai memporak -porandakan kebun tebu milik seorang warga. masyarakat kemudian mengg ali sungai dan memindahkan lokasi desa ke seberang selatan sungai. saya harus menc ari ilalang di areal itu. Saya menyusuri jalan aspal di tepi sungai. saya bertugas sebagai pembawa ‘sesirat’ (alat untuk memercikkan tirtha) ke sekolah setiap minggu. Ke warung dekat rumah saja harus menggeber gas. Angin mendadak menyambut saya. Desa Tegal Darmasaba. udara mulai terasa sejuk. saya berniat naik sepeda.bersepeda bersama. namun sec ara misterius berangsur-angsur membesar sehingga kini sulit dibawa pada saat mel asti. Dahulu arca itu berukuran kecil. mandi di sungai (tapi saya tak pernah mau mandi di sungai. Namun kini semuanya berubah. Kulit saya jadi hitam sampai s ekarang karena main layangan. dan ilalang adalah salah satu sumber inspirasi saya. Sebuah puisi berjudul ‘Ziarah Peri Ilalang’ saya tulis sebagai kenangan pada hamparan semak ilalang itu: Tapi perlahan larih-larih tembang mulai menyurut. perwujudan Beliau berupa arca Ganesa ya ng malinggih di sebuah gedong tinggi. Saya mendengar penuturan orang tua. saya kadang-kadang mencari ilalang untuk membuat karawista. Puisi-puisi religius juga banyak saya t ulis. menghilangkan keringat di paka ian. lantaran semuanya sekarang sudah dibelikan sepeda mo tor. Karena itu. Kami sering bertemu di warung dekat balai banjar. saya melepas pandang di hamparan semak i lalang yang hijau. Sore itupun. Di ujung timur bentangan tegalan. Sungguh menyenangkan sekali. terutama tentang Hindu masa kini. nama desa kelahiran saya. . Say a harus mengerahkan seluruh kekuatan otot kaki untuk mengayuh di tanjakan yang b erkelok itu. Kami mulai terpisah karena harus melanjutkan sekola h. Saya banyak membaca buku agama. dan dua Pura Prajapati. dan berhenti dari kepengurusa n OSIS. Sewaktu saya kelas dua SMA. yang di sebut Tanah Putih. Karena serangan semut-semut yang besar (semut-semut itu berasal dari bangka i raksasa yang konon bertempat tinggal di Goa Peteng). dan beliau selalu mengupah saya dan ibu untuk membuat ratusan karawista. Sore itu pun saya naik sepeda terus ke utara pura. ada lemb ah sungai lagi. saya selalu naik sepeda . dan di tepinya terdapat sebuah gua bernama Goa Peteng. Di sebelah timur pura. menyusuri gang gelap tanpa lampu. sehingga aman dari semut-semut itu. Setelah beberapa ratus meter ke uta ra. dua se tra. Setiap akan ke warung. dan di ujung utara berdiri sebuah bangunan pura. mencuri buah nanas di tegalan. Di timurnya terbentang tegalan ya ng nyaris seperti hutan hujan tropis. Niang (nenek) saya adalah seorang tukang ban ten. Saat kelas dua SMA merupakan puncak religiusitas saya. Menurut kisah lama.— satu-satunya sepeda tanpa mesin. banyak yang maaturan ke Pura Kaja. Teman-teman pasti tahu saya ada di warung ka rena melihat sepeda federal berumur belasan tahun terparkir di sana. terdapat lembah sungai. Pura Kaja. Untuk membuatnya. ikat kepala dari ilalang saat upacara tertentu. Sudah lama tidak naik sepeda ke batas uta ra desa. Kemudian berbelok ke timur melewati turunan dan tanjakan. Di sebelah utaranya ter bentang areal sawah yang luas. Saya kangen pada masa kecil kami.

Suatu hari saya berniat mencar i ilalang untuk sesirat. Grantang karena kerakusannya memakan tanah. Kalau terus begini . hanya desa ziarah bagi peri-peri hijau mungil. yang tiap hari membawakannya spes imen tanah dari seluruh penjuru Bali. Saya ingat sebuah fragmen yang pernah saya tonton di TV. yang bakal menghantui sia pa pun yang menjual tanah leluhur kita ini kepada orang luar. Saat saya naik sepeda sore itu pun. di mana tanah leluhurnya dikuasai orang-oran g asing. Fragmen itu bercerita tentang sese orang bernama Cupak. (Ziarah Peri Ilalang. Hati saya berontak. petak-petak tanah itu adalah tanah kavling yang di kelola seseorang yang namanya tercantum di sebuah papan yang dipajang di pinggir jalan. Dengan rakusnya. Namun. tanah dari Kuta.Ilalang mendekam dalam ringkikan malam Akankah ada lagi musim berikutnya? Adakah tempatku menziarahi prasasti? Gerih. si Cupak melahap satu demi satu s ampel tanah itu. Roh itu menghantui Cupak. Roh Grantang saya tafsirkan sebagai spiritnya pulau Bali. Cupak memakan habis tanah Bali. yang membunuh adiknya sendiri. Ada tanah dari Bukit Jimbaran. Bali akan menjadi seperti Hawaii. yang tidak masuk daftar panjak Bhattara Kahyangan Tiga. sebelum ia sempat melakukannya. 2004) Bait puisi di atas mengungkapkan kekecewaan saya. Sayangnya lagi. saya terkejut karena hampir semuanya telah dibabat habis. dan mengatakan enak. bahkan untuk kita pikirkan Yang terpenting bagaimana membangun benteng dari tanah tipe C . ingin menyerukan sesuatu pada orang itu. Yang memunguti bunga ilalang Dan dijadikannya bulan Seorang peri Menenun tikar ilalang Untuk malam yang merintih. beberapa petak tanah yang ditumbuhi ilalang telah gundul. arwah Grantang yang mati penasaran hidup kembali. Akhirnya. aku tak mau bicara tentang peradaban Sebab peradaban masih jauh untuk kita bicarakan. namun setibanya saya di hamparan ilalang di desa Gerih itu. Dia memiliki banyak anak buah. Ibu. dan banyak tempat lain.

namun Beliau memberikan pahala sesuai dengan ketulusan hati orang yang melakukan yadnya. apakah kita tulus atau tid ak. Sebuah Realita Tak Pasti. podalan. Jalan itu rencananya akan menjadi jalan utama perumahan baru yang tidak la ma lagi akan mengusir hamparan padang ilalang dan tegalan yang hijau. Be liau mengatakan. Ketika menghaturkan banten. namun lebih dari itu. Saya setuju dengan hal itu. Leluhur kita telah menanamkan konsep Tri Hita Karana. Tuhan tidak memakan banten dan sesari. Di timur hamparan ilalang. Semua itu mencerminkan hubunga n kita sebagai manusia dengan Tuhan sudah dapat dikatan ‘lancar’. Saya ingat ceramah ibu Luh Kartini ketika saya menghadiri bedah buku di rumah Dinas Gubernur.Atau bagaimana konversi harus berhasil Peradaban hanyalah sisa-sisa prasasti. beliau selalu sempat membicarakan tentang cacing tanah. Ibu spesialis pertanian yang saya juluki seb agai ‘ibu cacing’ ini berkomentar tentang energi positif yang dihasilkan oleh alam. artinya spirit daerah itu juga akan musnah. Dis ela-sela diskusi. Ngenteg Linggih. Di tikungan itu. Hal mengenai energi positif dari alam yang semakin pudar kini mulai melanda tempat f avorit saya untuk menghirup udara desa yang segar. 2005) Saya yakin banyak Cupak-Cupak yang bertebaran di pulau ini. Perjalanan saya lanjutkan ke timur. Akan tetapi perlu diingat bahwa konsep beragama bukan hanya dilihat dari besar-kecilnya jumlah ban ten dan biaya yang dikeluarkan. seperti beliung persegi Peradaban hanyalah milik masa lalu Yang kini kita perjual-belikan Lalu apa yang kita bawa ke masa depan? Kecuali selembar kain untuk menutupi aurat Dan tanpa latar belakang yang jelas. Bhattara tidak dapat memberikan anugerah kar ena energi positif yang berasal dari alam yang hijau dan asri sudah tidak ada la gi... Dengan ter usirnya kehijauan dan keasrian padang ilalang. yang nantinya jalan itu tembus ke daerah Latu. hingga karya-karya besar se perti Ngusaba Desa. digantikan tanaman beton yang menjulang tinggi. saya berbelok menyusuri jalan dari kerikil yang menuju sel atan. hubungan manusia dengan Tuhan. kita mengambil hasil alam dari tanah yang telah tercemar pestisida dan pupuk bu atan. Saya sangat terkesima menyimak komentar beliau. yang seharusnya perl u diberikan program diet. sehingga aturan kita beracun. Setiap umat beragama sudah menjalankan kewajib annya terhadap Tuhan dengan baik. maka semakin berkurang pula energ i positif alam yang dihasilkan dari kealamian daerah itu. mecaru. dan lainnya. Demikian pula khususnya umat Hindu.. Pertama Kahyangan. Kita melak ukan persembahyangan purnama-tilem. . tanah Bali saat ini telah tercemar. Konsep ber-kahyangan saya kir a sudah cukup baik di pualu Bali. (Pertiwi. terdapat tikungan ke utara. sebelah utara desa Mam bal. tiga penyebab kebahagiaan.

Kini agama sesari dari canang tanpa sari Berkuntum-kuntum bunga Ikat-ikat janur Kuambil hanya keping-keping logam Yang ditaruh di atasnya Cakupan tanganmu Akankah hormat batinmu? Kini agama cakupan tangan tanpa nama Pejaman mata tanpa arah (Metamorfosis 2. Di sisi barat saya lihat deret an pohon kelapa. Inilah hukum kausal dalam Hindu yang kita kenal dengan Karmaphala.. Saya jadi ingat ba it pertama kawyamandala: ‘. dan angin kembali menyapu wajah saya.marutangilir. Setiap yang mati tuju annya hanya dua. Salah satunya adalah perselisihan antardesa. Setelah itu ia akan kembali menjelma se suai dengan perbuatannya di masa lalu. Di samping tegalan ad a sebuah lembah sungai. Kedua pawongan.. Terus terang. 2004) Dewasa ini banyak orang beryadnya hanya untuk kepentingan prestise semata. saya mempunyai cita-cita membangun sebuah pasraman. atau moksa/ nirwana hanya dihitung dari alam perbuatan seseorang. Demikian pula Palemahan. Sedangkan hasil yang diterima sang roh tetap Tuhan yang mengkalkulasi. Tingginya bade dan besarnya lembu tidak akan menjamin sang mendiang mendapatkan kebahagiaan. menyembul di sela-sela rimbunnya tegalan. agar mencapai kesempu rnaan. Mengenai pawongan akan saya bah as dalam satu artikel. apakah roh itu pantas masuk su rga atau neraka. Banten atiwa-tiwa hanyalah sebagai simbol/permohonan bagi seseorang telah meninggal.’ dan suasana di tempat i tu persis seperti arti bait pertama kawyamandala. Sangkan Paraning Dumadi. Nirwana hanya dapat dicapai jika seseorang ‘tidak mati’. hubungan manusia denga sesamanya.. naraka. bersatu dengan Yang Kuasa. tentu harus di puncak bukit. yang di dalamnya terkandung butir-butir konsep Sad Kertih. saya melihat pemandangan yang begitu indah. hubungan manusia dengan lingkung an. dalam arti an mampu melepaskan dirinya sendiri dari belenggu duniawi. silir sumilir. Hal y ang paling kentara adalah ketika ngaben. Lokasinya. Pasraman itu a kan saya beri nama sesuai dengan pasraman di Majapahit. Masalah mulai timbul di pawong an. Surga.. Mandalakawi. Ketika saya melanjutkan perjalanan bersepeda ke sel atan. . surga atau neraka saja.

aktivitas pasraman selalu berjalan harmonis dengan eratnya hubungan antara guru dan murid. Mereka seperti berbicara pada saya. Begitu merananya palemahan kita di Bali. makidung. Seekor kupu-kupu menemani saya ketika menyusuri jalan setapak di antara semak.. Dalam konsep pawongan. Tidak harus saya yang membangun pasraman itu. murid dengan guru. Ket ika murid-murid diinisiasi. adalah sekolah yang berbasis spiritual.. Mengapa buku ini saya tulis. agar terbentuk mental serasi dan harmon is dengan lingkungan. Saya menyentuh sebatang tanaman dengan iba. atau re gresi. sehingga sang murid dapat menyatakan kel . Sisya-sisya pasraman akan diajarkan abgaima na cara merawat lingkungan.— menjadikan generasi muda sebagai tiang utama penjaga Bali ke depan. Mereka takut. Lalu ketika saya mengunjungi tempat favorit saya itu. dan jauh dari pemukiman penduduk. Guru dalam sebuah pasraman adalah seorang guru spiritual. Saya tidak akan mau ke padang ilalang i tu tiga atau empat tahun lagi. mawirama. serta belajar mencintai t anah kelahirannya. Itulah sebabnya. Sebuah pasraman tempo dulu. seolah-olah pohon-pohon perdu di samping jalan membe ri saya bisikan halus. berganti menjadi perumahan kavlin g untuk orang-orang kelas menengah. Mereka akan mengisi waktu luang di pasraman. serta meditasi dan yog asana. Saya me rasakan hal yang serupa. sehingga mereka tidak punah. dan merenung dalam kesendirian sambil memandang pemandangan alam yang sulit digambarkan dengan ucapan. bis a diwujudkan oleh siapa saja. dan kita tidak pe rlu mengimpor janur dari Banyuwangi. mereka diupacarai dengan upacara agama sehingga terb entuk bibit awal karakter orang yang religius. Saya akan menyediakan lahan yang luas untuk ditan ami aneka tanaman upakara yadnya. Tentang pasraman. Kemudian saya sadar sepenuhnya. dahulu sebuah pasraman pasti berlokasi di pegunungan. Pasraman Mandalakawi yang saya cita-citakan ternyata sudah berdiri ribuan t auhn yang lalu. Pemandangan alam yang asri akan membuat mereka lebih dekat dengan alam se kaligus berperan aktif mencintai dan melestarikannya. Guru pa sraman adalah ayah bagi murid-muridnya. Ketika menjalani pendidikan di pasraman. Saya takut melihat roh-roh ilalang yang siap memb alas dendam. lantaran saya sangat terinspirasi dari hamparan ila lang di utara desa saya. Namun kini. Saya ad alah seorang pengkhayal yang luar biasa luas daya khayalnya. Saya ingat tahun 2003 saya mencari bunga ilalang di uju ng jalan sebelah selatan. Maka dari itu. Di sana pada waktu itu terhampar padang ilalang yang h ijau penuh bunganya yang putih.— begitu jauh. berbahasa Bali yang benar. Mengapa Bali saya katakan sebagai pasraman Mandalakawi yang universal? Ada tiga alasan. seorang sisya didekatkan sedekat mungkin dengan alam. Di mana kupu-kupu ini akan hinggap jika padang ini berganti menjadi perumahan m ewah? Kemana udara segar akan pergi? Tanaman-tanaman perdu yang menangis. saya akan mendukungnya. dan kini sedang dalam tahap renovasi. atau rekonstruksi. asalkan ia mempunyai konse p yang jelas dan tujuan yang pasti..Saya mulai mengkhayal. sebab pembangunan perumahan sebentar lagi akan menggila s mereka ke dalam tanah. Bali ternyata adalah sebuah pasraman yang univer sal. saya akan memban gun sebuah pasraman yang besar. Saya jadi takut sewaktu-waktu perumahan di t epi jurang itu bisa longsor. Seandainya tanah di sini bisa saya beli. Saya dapat seperti meninggalkan raga ini kalau sedang mengkhayal. Judul buku ini sebelumnya adalah ‘Lingkaran dan Yang lain nya’. Pasraman itu akan menampung anak-anak di desa sa ya untuk belajar ilmu kerohanian. dengan berorientasi pada konsep Tri Hita Karana. Ia menyambut saya dengan tetesan air . Pertama. d engan belajar membuat sarana upakara. Khayalan boleh-boleh saja. sebuah judul yang abstrak. pendidikan pasrama n dimulai sedini mungkin. guru yang telah melepaskan semua ikatan duniawi. Pasraman akan dibangun den gan gaya arsitektur Bali asli. serta murid dengan murid.

di lantai yang sama. Bali adalah tempat di mana kebudayaan-kebudayaan Jawa diungsikan (akibat serangan kebudayaan baru seiring runtuhnya Majapahit). Jangan dianggap bahwa orang Bali menganut totemisme. terutama karya sastr anya. Untuk manusia. dan yang lain. dan membangun banyak tempat suci di sepanjang pantai Bali.— yang merujuk pada hasil kebudayaan Jawa Kuno. Bali. sesama sisya dalam pasraman Bali Mandalakawi. Kedua. Setiap upacara agama. sedangkan ‘kaw i’ berari puisi. Beliau adalah Sang Guru Utama. syair. Gianyar. Dang Hyang Astapaka (Buddha). Dilanjutkan dengan kedatangan Mpu Kuturan. Kita dapat melihat. sebagai pulau tempat kebudayaan Jawa diselamatkan adalah sebuah Mand alakawi (tempatnya sastra). hewan . Beliau d atang ke pulau Bali saat Majapahit mulai runtuh akibat serangan kerajaan Demak. lapangan. sebag ai benteng spiritual bagi masyarakat Bali. bahasa. ia diupacarai dengan upacara keagamaan. Jika dikaitkan dengan Bali sebagai Mandalakawi. Orang suci terakhir adalah Beliau y ang memprakarsai konsep bangunan Padmasana. kakawin. Hewan dan tumbuhan mempunyai hari otonan. hingga makhluk halus yang tidak terlihat adalah sisya dari pasraman Bali Mandalakawi. Nama Rsi Markandeya tentu tak asing lagi bagi kita. maknanya tiada lain untuk menghargai si tumbuhan karena denga n badannya yang besar. maka akan ada pan gempon. Tak heran. s erta berhasil menanam panca dhatu di Basukihan (Besakih). dan para anggota Sekaa Sant i secara berpasangan menyanyikan kakawin dalam bahasa Kawi.uh-kesah dan persoalan hidup pada gurunya. dan tikar yang sama. yaitu Tumpek Wariga (Tumpek Uduh/Tumpek Pengatag/Tumpek Bubuh) untuk tumbuh-tumb uhan. Demikian juga hubungan semua aspek yang berada di pulau Bali dan menduku ng tegaknya sistem sosio-kultural Bali. Mandalakawi ber asal dari kata bahasa Kawi ‘mandala’ berarti tempat. kita melakukan setidaknya tiga belas rentetan upacara dari lahir hingga meninggal. ada beberapa jenis hewan y ang disucikan. wilayah. Kita seharusnya sadar bahwa Bali sudah mulai dilanda kekeringan akibat huta n di Bali Barat khususnya. Beliau menyayangkan banyak umat Dharma telah meninggalkan agama leluhur mereka d i kala itu. Sedangkan ketika setiap makhluk terlahir. Hingga kini. yang b erjasa menambah vibrasi kesucian pualu Bali. memuja hewan tertentu. Sedangkan guru dari pasraman Bali Mandalakawi adalah Hyang Widhi sendiri. terutama bagi penduduk desa Taro . Dengan adanya pura. para pendeta menguncarkan mantra berbahasa Jawa Kuno. dan difungsikan kembali dalam upacara-upacara Hindu Bali. Setiap malam. murid tidur di bangsal yang sama. maka kedatangan orang-orang suci tersebut adalah sebagai ‘guru bantu’ yang diutus Hyang Widhi bagi keberlangsungan pendidikan pasraman. mantramantra. dan Tumpek Uye untuk hewan. Pangempon akan menjunjung tinggi keberadaan pura. tumbuhan. Makhluk hidup. rusak ditebangi. karena pasrama n-pasraman di Jawa sudah hampir semua tidak berfungsi lagi. d an akarnya yang kokoh dan menjalar kemana-mana dapat menyuplai air di musim kema rau. diakultura sikan. Tumbuhan yang besar. para anggota sekaa kidung menyanyikan syair kidung berbaha sa campuran antara Bali Tengahan dengan bahasa Kawi. menunjukkan kesederajatan m anusia. Ketiga. kalau ada banyak sekali sebutan Bhattara di Bali. mulai dari manusia. Beliau kemudian memilih Bali sebagai pusat spiritual. Semua itu adalah cerminan dar i Yang Satu. Beliau diyakini sebagai orang suci pertama yang berkunjung ke Bali. Tak heran pula setiap jengkal tanah di Bali adalah tenget (keramat) . setiap orang bisa berteduh di bawah rimbun dedaunannya. yaitu Dang Hyang Dwijendra. Penyucian terhadap hewan tertentu merupakan satu langkah untuk mengha rgai dan menghormati hewan sebagai satu keluarga besar dengan kita. seperti beringin kita ber ikan saput poleng. Perjalanan Beliau me ngikuti pantai. Bali adalah tempat moksa/nirwana bagi orang-orang suci zaman dahulu. Beliau diyakini pula y ang memprakarsai sistem irigasi dan desa di Bali. kidung. sekaligus menjunjung t inggi agama leluhur mereka. diselamatkan. dan menjelaskan arti . dan cerita-cerita Jawa Kuno masih terpelihara dan menjadi bagian dari ke budayaan masyarakat Bali. melindungi dan mengayomi panjak-panjak-Nya. Sang Kul Putih. yang memanifestasikan diriNya menjadi ribuan Bhattara d i setiap sudut pulau ini.

Biasanya. Sebab kedua adalah kurangnya air. yang katanya s ebagai surga terakhir. kapha. Dalam kajian Ayurveda. serat berfungsi mengaktifkan ot ot-otot alat cerna sehingga makanan melewatinya dengan lancar. Mereka ingin mati di Bali. Bali memang menjadi sebuah pasraman yang mahaluas. Sannyasin) di pulau Dewata ini. zat yang disebut gastric juice akan ter sekresi lebih banyak. Panas dalam terjadi ka rena ketidakseimbangan enzim pencerna dalam tubuh. rekonstruksi. unsur pitta (api) menjadi tidak seimbang sehingga harus diseimbangkan den gan air. Ketidakseimbangan tersebut terjadi karena berbagai sebab. Ketika pencernaan berma salah. Jika gastric juice terlalu banyak. judul buku ini saya ambil dari kenyataan yang saya tangkap bahwa Bali adalah sebuah pasraman universal. yaitu empat tingkatan hidup manusia.nya dalam bahasa Bali halus. apakah Bali saat ini sedang dalam tahap renovasi. menilai. Selanju tnya. Pasraman asal katanya ‘asrama’ ya ng artinya tingkatan hidup. Bali Mandalakawi. Sebab yang lain adalah karena makanan yang kita konsumsi terlalu padat dan kekurangan serat. Tuhan Yang Maha Esa adalah guru spiritual pasraman. perut serasa sesak. di mana seisi pulau adalah siswa. Selain itu. Tinggal kini bagaimana kita sebagai penyangga pulau ini . Wanaprastha (masa mulai melepaskan diri dari keduniawian). terjadilah panas dalam. Asam tripase memerlukan panas tubuh untuk meme cah lemak menjadi gliserol. Ciri berikutnya adalah sakit ketika menelan. Jika ternyata Bali sedang dalam tahap regresi. Ketika makanan ya ng terlalu padat masuk ke dalam lambung. Kekurangan air akan meningkatkan suhu dalam lambung sehingga panas dalam tidak bisa dihindarkan. Keempat proses tersebut di Bali dilambangkan dengan 13 rentetan upacara dari bayi dalam kandungan hingga me ninggal dunia. di antara nya adalah makanan yang tidak seimbang. dan Hyang Widhi. Gastric juice ini adalah zat kental yang berfungsi sebagai “pelumas” pada saat pencernaan. Jika ciri pertama dibiarkan. panas dalam terjadi jika kita terlalu banyak mengonsumsi lemak. t anah pulau adalah mandala pasraman. dan vata (udara) dalam tubuh. Grhasta (m asa berumah tangga). itu te rjadi karena ketidakseimbangan unsur pitta (api). Sannyasin/Bhiksuka (masa terlepas dari keduniawian). Air liur mengental dan serasa menyangkut di kerongkongan ketika ditelan berarti unsur air dalam tubuh kurang. banyak orang yang ingin menghabiskan masa tua (Wanapr astin. Meskipun serat tidak dapat dic erna oleh tubuh karena ketiadaan enzim selulase. gejala ini akan tampak. Dalam Ayurveda dijel askan bahwa unsur pitta. Jika kita renungkan bersama. Panas dalam memang menjadi gejala demam yang paling awal. atauk ah regresi. yaitu Brahmacari (masa menuntut ilmu). dan vata harus seimbang. sehingga jika in i terus dibiarkan. dan suhu tubuh meningkat tajam. pusing. kapha (air). Lambung dan usus memerlukan air sebagai katali s dalam pencernaan. perut akan berma salah. maka panas tubuh yang diperlukan akan semakin bertambah. Dalam agama Hindu kita mengenal Catur Asrama. Ciri-ciri awal panas dalam adalah air ludah yang mengental. ternyata pulau Bali memang merupakan sebuah pasrama n. Anda akan terjangkit demam atau sakit panas. Jadikan Bali seperti Bali Mandalakawi. mari kita perbaiki be rsama. Ketika tubuh kelebihan lemak (khususnya di lambung d an usus halus). Mata berkunang-k unang. Jika ini terj   07 4:12 AM . Ketidakseimbangan ketiga unsur menjadi besar. reply share Blog Entry for everyone MUNTAH ITU BAIK Muntah Itu Sehat? Aug 5.

Proses pengeluaran ini memerlukan beberapa kali ronde muntah sehi ngga Anda harus meminum beberapa teguk air lagi sebelum ke ronde berikutnya. Dokter akan memberikan obat kimia yang tidak selamanya bagus buat tubuh. Anda d apat mengisi perut Anda dengan buah-buahan berair (disarankan apel) untuk menetr alkannya. sebab terlalu sering muntah da pat mengganggu sistem lain dalam tubuh. segeralah ke dokter k arena bisa jadi itu adalah gejala penyakit lain. Tags: muntah itu baik reply share Blog Entry for everyone Saraswati dan Howard Gardner Aug 5. Set elah perut Anda kosong. Ketika air liur Anda mengent al dan kerongkongan Anda sakit ketika menelan. jari telunj uk adalah jari yang melambangkan ego. makanan yang dicerna dalam tubuh tidak tercerna dengan baik karena perut be rmasalah. Jangan pedulikan makan malam atau dessert Anda yang mewah. Anda hanya tinggal menunggu air tersebut dikeluarkan berupa urin. Namun cat atan saya. itu berarti perut memberikan siny al bahwa ia tidak sehat. Anda sebaiknya melakukan h al ini ketika ciri-ciri pertama mulai terasa agar lebih mudah menanggulanginya.adi. Jika bebera pa waktu setelah muntah suhu tubuh Anda semakin meningkat. Ayurveda menawarkan sol usi mudah dan murah yang disebut MUNTAH. dengan kata lain. Muntah dapat menurunkan kadar pitta dalam perut sehingga sangat efektif menanggulangi panas dalam. Ketika ciri pertama panas dalam terjadi. lalu bernapas dalam-dalam sebanyak tiga kali. orang tersebut akan sehat. perut Anda dicuci lalu dinetralkan. orang yang sakit panas dianjurkan untuk muntah. Biasanya. Anda harus cepat-cepat memutuskan untuk mengeluarkan seluruh isi perut. Selan jutnya. jika perut bermasalah. Namun. muntah menjadi satu alt ernatif mencuci perut yang bermasalah. maka seseorang akan sakit. SARASVATI DAN HOWARD GARDNER Aum S rasvatì namostubhyam   07 4:10 AM . orang akan pergi ke dokter jika panas tubuhnya meningkat. tidak semua penyakit panas dapat ditanggulangi dengan muntah. Bhagavan Sri Satya Sai Baba menyatakan bahwa perut merupakan posisi kunci dan segala penyakit bermula dari dalam perut. Pastikan seluruh makanan Anda dikeluarkan ketika muntah. Untuk mengatasi masalah lebih lanjut dengan panas dalam. Orang suci menyatak an bahwa perut adalah pusat kesehatan. Kemudian. Oleh sebeb itu. condongkan tubuh Anda ke depan. Dalam Ayurveda. Jangan gunakan telunjuk karena menurut sudut pandang Sastra. jangan memanjakan perut dengan muntah. sebaliknya jika perut dijaga kebersihan dan kinerjany a. minumlah air hangat hingga perut Anda cukup penuh. Gunakan jari tengah kanan A nda untuk menyentuh bagian belakang rongga mulut sehingga Anda terangsang untuk muntah. Anda dapat meminum satu boto l air. Cara muntah yang baik adalah sebagai berikut: cuci tangan Anda dengan sabun hing ga bersih. Muntah ini juga merupakan solusi bagi Anda yang hobi makan tak keruan. Sebelum hal ini berlanjut. Dengan muntah. dan pergilah ke kamar mandi untuk muntah.

Figur Sarasvati adalah simbol dari pengetahuan yang merupakan kebalikan dari keb odohan. Ibu Sarasvati dikat akan sebagai ibu dari segenap ciptaan. Brahma memiliki empat kepala yang masing-masing menguncarkan keempat Veda. yang mana figur dewata ini merupakan cikal bakal mun culnya figur Ganesa sebagai penguasa halangan beberapa periode setelah periode V eda. Jadi. Ini pula yang menandakan bahwa pengetahuan bersi fat netral. sukta 23. kata Sarasvati berasal dari kata Sanskrit Srs yang berarti men galir. Sarasvati te lah diagungkan dalam Rgveda sebagai ibu pemberi inspirasi dalam mantra pavaka na h sarasvati vajebhir vajinivati. Beliau telah menjadi figur wanita yang cerdas dan ibu yang mencerdaskan sejak peradaban Veda di sungai Pancanadi (Indus) sekitar enam ribu tahun sebelum masehi. Sarasvati. Brahmi (san g pendamping Brahma). sang Ibu ini juga memiliki beberapa nama agung lain. mantra 10). Secara etimologi. dan perbuatan. (Rgveda Mandala I. sukta 1.— penguasa mantra Gayatri. meliputi berbagai tingkat kecerdasan. Da lam kepercayaan Veda. Dalam beberapa literatur Veda lainnya. Segala pengetahuan datang dan bersumber dari kepribadian Sa rasvati dan menyebar ke segala arah. jyest harajam brahmanam brahmanas pata a nah srnvann utibhih sida sadanam diuncarkan p ertama kali sebagai mantra pembukaan demi kelancaran kegiatan. sang ayah yang berkepala empat sebagai dampingan Beliau. Siddh rambham karisy Siddhir bhavantu me sad (S rasvatì Pùj ) Ibu Sarasvati memang tidak asing lagi bagi dunia pendidikan Hindu. Pada Kidung Veda dalam situs resmi vedamu. ibu uni versal. Sarada (pemberi intisari). dan keinsyafan diri. sang Ibu juga dikatakan sebagai personifi kasi lain dari Laksmi dan Durga. oleh karena itulah Sarasvati sebagai d evi pengetahuan identik dengan Brahma. Oleh karena itu pula. kemudian dilanjut kan dengan mantram Sarasvati. seperti Vag isvari atau Vagdevi (penguasa kata-kata). Mahavidya (pengetahuan utama) dan sebagainya. Kadang-kadang Ibu Sarasvati juga dilambangkan berpakaian kuning atau berwarna-wa rni. mantra Brahmanaspati (Rgveda Mandala II. mantra 1) yan g berbunyi: Gananam tva ganapatim havamahe kavim kavinam upamasravastamam. penguasa sinar. oleh karena itu. Konsep aliran ini juga mendasari ajaran Hindu yang menyebar ke segala arah seperti air. Maka dari itu. Ada keterkaitan yang unik mengapa Ibu Sarasvati lebih memilih Brahma. . dan merasuki seluruh peradaban manusia.org milik Sri Satya Sai Veda Prat isthan (SSSVP). tidak baik maupun buruk. dan Savitri. Beliau dilambangkan dengan berpakaian putih bersih sebaga i lambang kesucian pengetahuan. Brahmanaspati merupakan devata yang dipuja pertama sebelum dimulainya suatu kegiatan.Varade k marùpini mi . Dalam Gayatri Sadhana.. Dari Sarasvati sebagai ia yang mengalir. dan Gayatri dikatakan sebagai devi penguasa perkataan.. kepri badian. pikiran. jelaslah bahwa Sarasvati memegang peranan sangat penting dalam Veda. Saras vati juga dipuja sebelum mantra Veda diuncarkan bersama dengan Brahmanaspati. Rgveda juga mengagungkan Ibu Sarasvati sebagai nam a sebuah sungai sehingga dikaitkan dengan ibu yang memberi kesuburan dan pemurni an. Sarasvati berarti ia yang mengalir. Savitri. Keadaan penerima pengetahuan yang berbeda yang meny ebabkan pengetahuan itu bersifat baik atau buruk. Baik-buruk pengetahuan tergantung dari pema kai pengetahuan itu. berke mbang. Beliau adalah salah satu aspek dari Gayatri. Di sini kata mengali r dapat dikaitkan dengan konsep ilmu pengetahuan yang senantiasa mengalir.

japamala berarti juga bahwa ilmu pengetahuan terus mengalir dan berkemba ng. Einstein telah dianugerahi ke . Jika Beliau dikaitkan dengan Durga. dan bunga teratai. demi kekayaan materi. vina adalah alat musik yang melambangkan kemampua n berkesenian. namun dalam beberapa figur khusus digambarkan den gan delapan lengan. Secara logis. Dalam kaitannya dengan kecerdasan. karena pelukis atau pemahat patu ng Beliau mungkin berpikir bahwa Sarasvati tidak akan mungkin memainkan vina den gan satu tangan. kecerdasan yang mengantarkan seseorang untuk insyaf akan k eberadaannya sebagai makhluk spiritual. lontar harus kita baca agar jangan sampai kita mengkerama tkan komik-komik ngawur zaman dahulu. japamala ini m enyimbolkan bahwa Veda tidak pernah berawal dan tidak akan pernah berakhir. dem i keluarga. Masing-masing butiran dalam japamala adalah generasi-generasi yang tidak pernah putus. dan pengetahua n terus-menerus diwariskan kepada generasi berikutnya demi menjaga roda dharma t etap berputar (dilambangkan dengan japamala yang terus bergerak dari satu butira n ke butiran lainnya). atau pelajaran menulis anak umur tujuh tahun. keterampilan. Lontar merupakan tempat pengetahuan itu disampaik an dalam bentuk tulisan. dan antusias . lontar merupakan media yang populer. Figur Sarasvati selalu digambarkan duduk (atau berdiri) di a tas kembang teratai putih. diturunkan dari generasi ke generasi dengan pedidikan. Emosi yang terkendali sudah tentu adalah hasil dari penyerapan ilmu pengetahua n yang baik serta pemahaman spiritual yang benar. Sikap Sarasvati dalam memegang lontar menggambarkan penguasaan t erhadap pengetahuan. lontar tidak hanya memuat susastra keramat. Terkait dengan Veda. Sementara japamala. melainkan juga bermakna penguasaan terhad ap pengetahuan. seni. Emosi yang dapat dikendalikan. maka mata ketiga ditamba hkan di kening-Nya. japamala melambangkan kecerdasan spiritual. Art inya. hingga demi kekayaan spiritual. Sarasvati juga dilambangkan berwajah cantik. Senyum Sarasvati yang tidak pe rnah berubah mengilhami kita bahwa pengetahuan selalu siap dipelajari. Sedangkan mengapa lontar di tangan Sarasvati tidak diganti den gan kertas sebagai media tulis konvensional masa kini semata-mata mungkin karena pengkeramatan. atau IQ. Dalam beberapa versi. tenang. Sebelum kertas digunakan sec ara konvensional sebagai media tulis. H anya saja manusia terkadang salah mengartikan senyuman itu dan menggunakannya se mbarangan. juga mengisyaratkan agar manusia selalu patuh pada tradisi-tradi si luhur masa lalu. Tidak jarang kita menjadi salah kaprah mengenai lontar dengan mensakralkan segala lon tar. Sela in itu. Zama n dahulu. kita perlu memeriksa isinya dahulu. dan tentunya de ngan latar belakang yang berbeda-beda. Kadang-kadang teratai diganti dengan bunga padma (lotus). Sebelum memutuskan bahwa sebendel lontar adalah sakral. Padahal. siap memberi kita kepuasan materi maupun batin. Karena Belia u adalah personifikasi dari segala pengetahuan. demi ketenaran. lontar. dan gelar-Nya menjadi Mahasarasvati. misalnya untuk mencelakakan orang lain. Ia siap m emberi apa yang kita inginkan. tidak mudah terombang-ambing. da n kecerdasan. tetapi bisa saja memuat tulisa n ngawur. maka atribut Beliau juga terkait dengan hal-hal itu. empatik. menggambarkan gairah dalam menggapai dan menguasai segala m acam pengetahuan. Masing-masing lengan me megang vina. karena lontar -lontar pada zaman dahulu sama dengan buku-buku di toko buku zaman sekarang. Veda ditulis pertama kali oleh Rsi Vyasa pada 5000 SM beserta keempat muridnya dengan menggunakan lembaran-lembaran daun. Seperti itulah pe ngetahuan itu diibaratkan. juga sebagai lambang kecerdasan kognitif. atau ganitri (tasbih) adalah lambang ilmu pen getahuan yang tidak berawal maupun berakhir.Hal yang membuat Ibu sarasvati tidak asing bagi mata penyembah-Nya adalah atribu t Beliau yang khas. Sang Ibu seca ra umum memiliki empat lengan. Di sekeliling Beliau terdapat kolam yang penuh dengan teratai. Wajah seorang wanita yang menarik p erhatian setiap orang untuk mendekat dan berkenalan dengannya. tidak semua lontar patut kita sakralkan. Maka dari itu. Lontar dalam figur Sarasvati bukan hanya b erarti tempat penyimpanan pengetahuan. japamala.— Ia menarik semua orang untuk mendekat. kearifan. vina ata u gitar tradisional dipegang dengan dua tangan. Atribut lainnya adalah lontar. catatan harian seorang penjudi. Wajah cantiknya juga adalah lambang kecerdasan emosi (EQ) yang seharusnya diseimbangkan dengan IQ dan SQ.

mengerti. sedangkan dalam kehidupan nyata. fisika. orang . seekor merak. mereka belum diajarkan bagaimana memahami perasaan orang lain. Kemampuan kognitif. dan ba gaimana menolong orang lain dengan kecerdasan mereka. antara lain seekor angsa. Dengan kata lain. — jika kita cuk up berani mengungkapkan keingintahuan kita untuk “menjelajahi” kecantikan-Nya. kita akan menemukan bahwa Sarasvati bukan hanya sekedar lambang-lambang seperti yang biasa kita diskusikan di buku-buku Agama Hindu SD hingga SMA. membuat susunan organ isasi. Ketika seorang anak ingin masuk kel as unggulan. Anak-anak pintar di sekolah pun sering mem persempit pergaulan mereka dan kurang bisa berinteraksi dengan anak-anak lain ya ng tidak selevel dengan mereka. Anak-anak itu akan belajar hanya bagaimana mengisi otak mereka dengan hapalan dan rumus. seorang ps ikolog yang mengemukakan teori kecerdasan ganda menyatakan bahwa kecerdasan adal ah kemampuan menyelesaikan masalah atau kemampuan untuk menghasilkan produk yang berguna dalam satu atau beberapa latar belakang budaya. Ha l ini dikaitkan dengan seseorang yang bijaksana dan mampu membedakan baik-buruk. menurut Hindu adala h hewan yang suci. karena meskipun ia tumbuh dari lumpur dan air yang kotor. Sarasvati telah menjadi figur yan g unik sekaligus misterius bagi pemuja-Nya. — kemampuannya menyelesaikan persamaan -persamaan matematis dan logis. melainkan kita ju ga akan menemukan bahwa Sarasvati adalah suatu penjabaran implisit mengenai kons ep-konsep bagaimana seseorang seharusnya menjadi cerdas. terdapat beberapa atribut tambahan yang mengeliling i Beliau. Ini identik dengan orang suci yang terlepas da ri segala keduniawian. Dalam figur-figur Sarasvati. kita mengenal beberapa kriteria penilaian terhadap peser ta didik. Dalam figur Sarasvati. Mereka akan lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang. pihak pendidik sering melupakan beberapa aspek penting lain yang juga memengaruhi. kemampuan i ni dianggap mewakili seluruh kemampuan anak. teratai. dan kolam. Sayangnya. Howard Gardner. — kemampuan untuk memahami. dan ia telah menyampaikan kasih ibu itu kepada i lmuwan lain. Sedangkan teratai juga adalah tumbuhan yang suci. Teratai melambangkan kesucian . Ia belum mampu menempatkan dirinya secara mental dengan situasi tert entu. Di sini yang bermain adalah logika peserta didik. rumus-rumus itu jarang dipergunakan. Banyak orang pintar yang belum mampu mengembangkan dirinya di tengah suatu komunitas. Namun. mengekspresikan dan men gontrol emosi (Douglas K. Kita bisa melihat contoh anak-anak yang menjuarai lomba-lomba matematika. ia harus dites berdasarkan IQ. Figur Sarasvati ternyat a menyimpan sebuah konsep keseimbangan kecerdasan yang seharusnya terdapat dalam setiap individu. Kitab Niti Sataka oleh Bhartrihari menyatakan bahwa bahwa ang sa adalah hewan yang suci karena dapat memilah susu yang tercampur dalam air. dan kimia. namun akhirnya ia menyesal karena kecerdasannya digunakan untuk men ghancurkan Hiroshima. di sekolah-sekolah kita. Mereka kadang-kadang tidak bisa menempatkan diri mereka dalam suatu kondisi dan bersikap tak acuh. Pendidik acap mengabaikan aspek emosi (Emot ional Intelligence). bunganya selalu meka r sempurna di atas permukaan air. Sementara kolam melambangkan pengetahuan yang seharusnya digunakan demi keselarasan manusia dengan lingkungannya. Merak mela mbangkan kewibawaan seseorang yang berilmu. Emosi sangat berperan besar dalam menentukan keberhasilan seseo rang. Ini adalah kesalahan besar dalam dunia pendidika n kita dengan mengelompokkan anak-anak pintar itu ke dalam sebuah kelas unggulan . dan berkomunikasi tanpa henti. Dalam dunia pendidikan. bekerja sama.cerdasan tinggi oleh Sarasvati. Detterman: Intelligence dalam Encarta Reference Librar y Premium 2005). Di sinilah biasanya kelemaha n anak-anak pintar. Mereka belum diajarkan bagaimana menempatkan diri dalam suat u kondisi. bagaimana ia menyelesaikan sebutir so al dan mendapat nilai yang baik. Sarasvati dan Simbolis Kecerdasan Sebagai ibu dari pengetahuan dan keterampilan. bahkan sangat berpengaruh pada kualita s keseluruhan dari seorang individu. sedangkan angsa. atau kemampuan logika adalah yang pertama.

secara bersamaan menghitung bu tiran japamala dengan penuh kesabaran. Seorang individu yang c erdas secara spiritual akan menyadari bahwa yang hidup bukan hanya dia. yang bahagia. maka ki ta tidak akan pernah mengenal lagi kerusakan lingkungan. Sarasvati juga melambangkan kesatuan ketiganya. Harmonisasi menusia baru akan tercapai apabila ketiga aspek mental tersebut dipenuhi. Spiritual Intelligence ini aka n sangat memengaruhi kualitas pikiran seorang individu. dan yang paling jarang mendapat perhatia n kalangan pendidik adalah Spiritual Intelligence. Hal ini melambangka n cara berpikir logis. Menghitung japamala menggunakan kecerdasan in telektual. Ketika ia mengenal tenta ng spirit. M usik dapat membuat seeorang menangis. sampai datangnya paham baru yang menenggelamkan sistem pendidikan mulia it . atau alat musik. ga nitri atau japamala. Sarasvati telah mengajarkan kepada kita sebuah konsep pembelajaran b erbasis tiga kecerdasan. Ia juga akan menyad ari bahwa perbedaan itu hanyalah selaput luar dari keberadaan sang Atma (jiwa) y ang transenden. tentang keberadaan dirinya dan relasinya dengan alam semesta.-orang pintar perlu mencerdaskan diri lagi dalam menempatkan kecerdasan mereka d alam suatu posisi yang menguntungkan semuanya. Pertama. Terakhir adalah vina. bagaimana Sarasvati. dan bahkan ia akan menyadari bahwa alam semesta ini adalah makhluk hidup (I Ketut Donder dalam Kosmologi Hindu). agar orang-orang dapat lebih melihat maknanya dari dekat. L ontar melambangkan kecerdasan spiritual. dan terilmiah. Lontar-lontar kuno banyak memuat ajaran -ajaran spiritual. Kita bisa melihat beberapa atribut dan mengait-ngaitkan maknanya. Jumlah butiran japamala adalah 108 butir dan ha rus dihitung berturut-turut ketika seseorang melakukan japa. atau berpikir berurutan dan berkerangka. Musik adalah saah satu media yang dapat memengaruhi emosi seseorang. B agaimana bisa kitab selengkap itu tidak menjabarkan teori kecerdasan modern? Bag aimana bisa ibu dari Veda sendiri tidak mengetahui teori itu? Beliau sendiri sud ah menjabarkan teori itu melalui atribut-atribut Beliau yang unik dan penuh makn a. Lalu. melainka n seluruh isi alam semesta. dan Atma (spirit). Itulah sebabnya (mungkin) par a pelukis figur Sarasvati menempatkan japamala di lengan kanan atas sebagai leta k yang paling tinggi. kesabaran mengerahkan kecerdasan emosi. yaitu bagaimana kita mengenal i jati diri kita yang adalah roh sejati. mencintai pohon-pohon. Japamala yang dipegang dengan tangan kanan atas Beliau mela mbangkan kecerdasan intelektual. Dalam Veda juga terdapat cabang imu psikologi. diri pribadi sejati yang tak lekang ole h waktu. dan yang abadi. Kedua. seseorang akan menjadi lebih mencintai lingkung annya. terlengkap. Menurut Hindu. dengan cepat emosinya akan berubah. Ibu dari Veda yang kuno menjabarkan konsep kecerdasan seperti konsep para pakar psikologi modern itu? Jawabannya terletak pada sebera pa jauh kita mengenal dan menjelajahi kecantikan sang ibu. ia. atau pengontrolan terhadap emosi dilambangkan dengan vina. Kecerdasan emosi dilambangka n oleh alat ini. kecerdasan intelektual belum memenuhi standar kemanusiaan secara keseluruhan sebab mental manusia sendiri dibangun oleh buddhi (hati nurani). atau menyesal. manusia-manusia yang hidup selaras deng an alam. sedangkan mantra dalam setiap butir japamala melambangkan kecerdasan spiritual. Karena itulah kece rdasan emosi. lontar. manusia-manusia yang murah senyum dan manusia-manusia yang berbudaya ti nggi. Tidak akan ada lagi istilah terorisme yang mengatasnamakan agama. tertawa. Dengan demikian. dan mencintai sesamanya. Veda adalah kitab ter tua. Kemungkinan para pendidik Hindu zaman dahulu telah memahami konsep ini dalam men gajar anak didik mereka. Ia ak an menjadi bagian dari alam semesta yang benar-benar bertanggung jawab terhdap k edudukannya. Secara tida k langsung. mencintai binatang. Ketika seseorang mendengarkan musik. D engan kata lain: harmonisasi. Konsep kesatuan ini dapat pula kita temukan dalam atrib ut japamala Beliau. yang sama. dan Veda sendiri ditulis dengan media daun semacam itu pada z aman dahulu. Ketika seseorang berjapa. Beliau memegang ketiga alat itu pada masing-masing tangan yang melambangkan bahwa seseorang hendaknya mempelajar i dan menguasai ketiga jenis kecerdasan itu demi kesempurnaan hidup. Itulah sebabnya sistem pedidikan dahulu banyak menghasi lkan manusia-manusia berbasis spiritual. Sedangkan penghitungan japamala itu sendi ri menggunakan mantra untuk Tuhan. vi veka (logika).

Kecerdasan Logis-Matematis Adalah kecerdasan untuk berpikir (bernalar). semua berpotensi untuk menjadi cerdas dengan meningkatkan kecenderungan kecerdas annya itu. tidak ada individu yang bodoh. 2002). Kecerdasan ini terutama terdapat pada matamatikawan. pelukis. orator. dan dapat me nyanyi dengan baik. Orang dengan kecerdasan visu al-spasial tinggi dapat menentukan arah dengan tepat dan tidak mudah tersesat. fotografer. memahami nada-nada. P elaut. 2. seorang psikolog kelahiran Amerika Serikat yang ban yak bergelut di bidang intelegensi. Seorang individu bisa saja pintar dalam matematika. d an detektif. Kecerdasan Visual-Spasial Adalah kemampuan untuk berpikir menggunakan gambar. . sementara yang lain lebih baik dengan jalan tertulis. Sarasvati dan Teori Kecerdasan Ganda Satu lagi keistimewaan sang ibu yang dapat kita temukan dalam figurnya adalah me ngenai korelasinya dengan teori kecerdasan ganda. insinyur. tetapi kurang dal am musik. dan arsitek memiliki kemampuan ini. penyair. dan berkomunikasi dengan kata-kata ata u bahasa. Hal itulah yang disebutnya sebagai Teori Kecerdasan Ganda “Multiple Intelligence”. Kecerdasan Linguistik (bahasa) Adalah kecerdasan untuk membaca. dan dua jenis terakhir disebutnya sebagai “kecerdasan personal” (Ga rdner dalam mark K. Ketujuh jenis kecerdasan tersebut adalah sebag ai berikut. dan debator adalah contoh orang yang memilik i kecakapan linguistik. berhitung. dan oleh sebab itu. seorang individu sangat pandai mengutarakan pendapatnya secara lisan. 4. akuntan. serta bepikir logis-mate matis. 3. 1. menulis. dan sedikitnya terdapat tujuh macam kecerdasan dalam seorang individu . Ia mengategorikan ketujuh kecerdasan tersebut menjadi tiga. Penulis. Gardner menyimpulkan bahwa terdapat sedikitnya tujuh jenis kecerdasan pada seseo rang.u. tiga jenis lagi biasanya dikait kan dengan seni. Smith. Dua yang perta ma adalah yang biasa dinilai di sekolah-sekolah. Kecerdasan yang beraneka ragam itu pasti ada dalam setiap individu dan membeda kannya dengan individu lain. Teori ini dikemukakan pada tah un 1999 oleh Howard Gardner. demikian pula sebaliknya. Ia menyatakan bahwa setiap individu memiliki keunikan. Kecerdasan Musikal Adalah kemampuan menggubah atau mencipta musik.

dan olahragawan adalah orang-orang yang memiliki kemampuan kinestetis. seluruh jenis kece rdasan tersebut berbaur dan menyatu dalam proses kehidupan seorang individu. menulis memerlukan suatu keterampilan khusus. Nichols. Ahli bedah. yaitu kemampuan untuk mengenali arah dengan baik. dikenal adanya Padmastadala atau lotus berdaun bunga delapan sebagai lambang Devata Navasangga. kecerdasan linguistik. Kecerdasan Interpersonal Adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain. Menulis memerlukan kerangka berpikir yang terstruktur. atau menciptakan sesuatu. 6. Kecerdasan linguistik dinyatakan dengan atribut lontar. Kecerdasan Intrapersonal Adalah kemampuan untuk menganalisis diri sendiri. Dalam figur Sara svati terdapat bunga teratai atau bisa juga lotus sebagai alas duduk Beliau. sistematis. Japamala memiliki 108 butir yang jika digunaka n dalam meditasi atau japa dihitung berturut-turut dengan tangan. Kem ampuan ini dimiliki oleh ahli biologi dan pecinta alam. Pertama. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh filosof. dan pembimbing. 2002 : 61). Setiap orang yang normal memiliki derajat setiap jenis kecerdasan yang bervarias i (Colin Rose dan Malcom J. Dalam menulis diperlukan kemampuan berbah asa yang praktis. lugas. Untuk itu atribut lontar sebagai media tul is mewakili kemampuan linguistik seseorang. . Kecerdasan Kinestetik-Tubuh Adalah kemampuan untuk mengolah tubuh dengan baik untuk memecahkan masalah. Akan tetapi. kecerdasan logis-matematis di nyatakan dengan atribut japamala. Orang dengan kecerdasan i nterpersonal memiliki empati yang tinggi dan mudah berteman dengan orang lain. Dalam literatur Hindu. dan pemuka agama. Ter atai atau lotus juga terkadang dipegang di salah satu tangan. Hal ini mengas osiasikan kemampuan berhitung dan berpikir (bernalar) secara cermat sebagai ciri khas orang berkecerdasan logis-matematis. Gardner menambahkan jenis kecerdasan baru yaitu kecerdasan naturalis yang mana a dalah kemampuan untuk berkorelasi dengan alam dan menjadi selaras dengannya. — mengapa Ia dinyatakan mewakili seluruh kecedasan dalam teori ini. aktor. Dengan kata lain.5. dan tepat makna. 7. Barangkali konsep tiada seorang pun yang bodoh ini telah dikenal sejak zaman dah ulu dengan figur-figur Sarasvati sebagai ibu yang menarik dagi siapa pun. bai k dari umum ke khusus atau sebaliknya. Ada satu atau beberapa jenis kecerdasan yang lebih menonjol pada masing-masing indi vidu dan dengan kecerdasan tersebutlah seharusnya ia belajar. Kembal i kita harus melihat secara lebih cermat dan dalam terhadap figur-figur Sarasvat i. wartawan. poli tisi. O rang-orang yang memiliki kemampuan interpersonal adalah doplomat. Menulis tid ak semudah berbicara. Teratai memiliki d aun bunga yang mengembang ke segala arah. Kedua. Lontar telah dinyatakan berkali-kali sebagai media menulis. guru sp iritual. Kecerdasan ketiga yaitu kecerdasan vi sual-spasial. melu apkan emosi. Orang dengan kecerdasan intrap ersonal memiliki intuisi yang tinggi dan memiliki kata hati yang tajam serta mam pu merenungi diri sendiri.

Mengenai kecerdasan terakhir.Devata Navasangga adalah penjaga kedelapan penjuru mata angin. apakah ini juga berarti Howard Gardn er terinspirasi dari Ibu Sarasvati dalam merumuskan teori kecerdasan gandanya? *** REFERENSI DAN BACAAN LEBIH LANJUT BUKU Harsananda. menyanyikan. dua kecerdasan terakhir. Seperti kecantikan Sarasvati: kecantikan wajah Beliau ya ng memancar ke luar dan kecantikan dalam berupa kecantikan ilmu pengetahuan yang dikuasai di dalam diri. Dua kecerdasan pertama. dan sayangnya yang aktif me lakukannya adalah para sarjana barat. atau orang-orang Veda) belum mau (atau mungkin tidak mau) menggali dan mempelajari kebijaksanaan Veda secara lebih serius. Banyak kon sep keilmuan modern diambil dari Veda yang mahaluas. Kecerdasan interpersonal mengarah ke luar. atau kemampuan untuk mengenali. yaitu kecerdasan linguistik dan logis-matematis adalah d ua jenis kecerdasan yang sering mengecoh penilaian pendidik terhadap anak didikn ya. Eksistensi anak di bidang lain tersebut kadan g tidak dikenali dan diabaikan oleh guru. termasuk Siva di tengah-tengah. Kecerdasan hendaknya bertujuan untuk menjga dan melestarikan alam. Pendidik sering melupakan aspek-aspek lain dari anak yang jika dipicu akan m embuatnya sukses dalam bidang itu. Surabaya: Paramita. atribut vina adalah alat yang sangat pas mewakili kecerd asan ini. Kadang Ia juga digambarkan duduk di hutan yang rindang sebagai sahabat alam. Jadi. atau kecerdasan naturalis dapat dianalogikan sebag ai telaga tempat Sarasvati biasa menghabiskan waktu. Sayangnya para vedantist (istilah Svami Viveka nanda untuk pemeluk Hindu. Svami. sedangkan kecerdasan intrapersonal mengarah ke dalam diri. Ini menandakan sekali lagi kajian ilmu filsafat Veda yang sangat dalam. Selain itu. atribut teratai tersebut melambangkan arah dan j uga bentuk yang rumit. Analogi ini juga dapat diartik an bahwa manusia seharusnya mengembangkan kecerdasannya dengan tidak mengabaikan kesejahteraan dan kelestarian alam. Dewa-Dewi Hindu. Da lam hal kecerdasan ini. simetris. yaitu kecerdasan interpersonal dan intrapersonal d ilambangkan dengan wajah Sarasvati yang memikat. bukan hanya untuk mengeksploitasinya. Akhir nya. (terjemahan I Waya . di mana jika dikaitkan dengan ket ujuh kecerdasan akan mewakili kecerdasan visual-spasial. sehingga anak merasa tidak berguna. Lalu. Pendidikan dan konsep kecerdasan ala figur Ibu Devi memiliki perspektif yang ham pir sama dengan konsep ilmuwan masa kini. 2000. juga menyimpan inner beauty ‘kecantikan dala m’. dan menggubah musik. Keempat adalah kecerdas an musikal. dan kompleks. Kecantikan-Nya. Kecerdasan kinestetis-tubuh dapat diinterpretasikan dari empat lengan Sarasvati yang menyiratkan kemampuan untuk mengolah tubuh secara maksimal. bentuk teratai yang bundar melambangkan kesimetrisan dan kekompleksan bentuk. selain memikat orang-orang untuk datang ke arah-Nya.

ARTIKEL Detterman. Multiple Intelligences.” Encarta Reference Library Premium 2005.B. XXX. Nichols. Arya Lawa.. New York: XXX. VIDEO Istilah vedantist terdapat dalam: Similarities Between Hinduism and Islam oleh Dr. Somvir. XXX. “Intelligence. Pelajaran Agama Hindu untuk Kelas XII SMA. Multiple Intelligence. Gayatri Sadhana. Niti Sataka. XXXX Sudirga. 2002. dkk. I.” www. “Howard Gardner.” Wahana Brahma Widya Edisi II April 2007: halaman 1-2. Manuaba. Arya Lawa. Douglas K. XXXX: XXXX. Smith. Bandung: Ganeca E xact. 2004. .B. 2002. Rgveda Samhita. Manuaba. Colin dan Malcom J. “Sarasvati: Ibu yang Menghidupi Dunia.n Maswinara). Rose. Surabaya.” Artikel mata kuliah Perkembangan Peserta Didik semester 2 tahun a jaran 2006/2007 halaman 2 – 3. I. Surabaya: Paramita.or g. and Education. Islamic Research Fo undation. I Wayan. Mark K. I. “Usaha-Usaha Guru untuk Mengembangkan Aspek Intelektual d an Emosi Murid. Maswinara. Zakir Naik. XXXX.infed.B. Paramita.

About Blog Terms Privacy Corp Info Contact Us Help   .*** Tags: saraswati reply share wiratprakasa wiratprakasa * View Wirat s Profile * RSS Feed [?] * Report Abuse 2007 Multiply. Inc.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful