ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PEGAWAI PADA DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM KLATEN

Naskah Publikasi

Diajukan oleh : Adex Ferrydatama 04.12.0753

kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA 2010

This document has been edited with Infix PDF Editor - free for non-commercial use.

1

To remove this notice, visit: www.iceni.com/unlock.htm

visit: www.This document has been edited with Infix PDF Editor .com/unlock.free for non-commercial use.iceni. 2 To remove this notice.htm .

com/unlock. can save time searching. the results reports can be presented with the appropriate time. Payroll is the main activity in a company. Begtu also with the Department of Public Works. recording. and data entry. Keywords: Information Systems. Therefore.iceni. improve performance in order to service and completing tasks properly. 3 To remove this notice. visit: www. In the payroll process required information timely and accurate. many companies and government organizations that have information systems.ANALYSIS AND DESIGN INFORMATION SYSTEM PAYROLL EMPLOYEES IN THE DEPARTMENT OF PUBLIC WORKS KLATEN ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PEGAWAI PADA DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM KLATEN Adex Ferrydatama Jurusan Sistem Informasi STMIK AMIKOM YOGYAKARTA ABSTRACT It is known that information systems play an important role in the company in providing useful information for the operation and management interests. be able to review the data being processed or long data to be evaluated. no information systems that help employees in performing data processing.htm . System Plan Informants This document has been edited with Infix PDF Editor .free for non-commercial use. the authors encouraged to develop an effective payroll system and computerized. In regard to the above the author wants to analyze and develop the existing system in panggajian Public Works Department Klaten Regency into the payroll system effective and efficient in order to help towards a better performance. By looking at the fact that the processing of data related to employee payroll activities are still done manually by typing. Besides the authors also suggest to optimize the new payroll system Department of Public Works to provide human resources who are competent in their fields. With the new payroll system is expected to provide such benefits can provide information quickly and accurately.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas maka penulis ingin menganalisis dan mengembangkan sistem panggajian yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klaten menjadi sistem penggajian yang efektif dan efisien guna membantu menuju kinerja yang lebih baik. Perusahaanperusahaan yang ingin mengembangkan usaha dan mencapai sukses harus mengikuti era informasi dengan menggunakan alat pendukung pengolah data yaitu komputer. belum ada sistem informasi yang membantu karyawan dalam melakukan pengolahan data. dalam hal ini bidang-bidang yang dianggap penting dan utama karena hal ini dapat mendukung keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya.free for non-commercial use.htm .1 Sistem Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Proses penggajian merupakan kegiatan utama dalam suatu perusahaan. Landasan Teori 2. 2. maka semua bidang dalam suatu perusahaan ataupun instansi dapat dikomputerisasikan. 2.com/unlock. maka penulis terdorong untuk mengembangkan sistem penggajian yang efektif dan terkomputerisasi.iceni. Dalam melakukan proses penggajian diperlukan kerjasama yang baik antar bagian yang ada dalam perusahaan tersebut. yang semua ini akan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Pendahuluan Dalam era globalisasi sekarang ini dunia informasi berkembang sangat pesat karena ditunjang dengan perkembangan teknologi yang makin canggih. 2.2 Informasi Informasi yaitu data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini dan yang akan mendatang.1. keterlambatan dalam proses akumuasi data. Salah satu perkembangan yang penting adalah semakin dibutuhkannya penggunaan alat pengolah data yang berfungsi untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. visit: www. 4 To remove this notice.3 Sistem Informasi Sistem informasi adalah suatu sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolah transaksi This document has been edited with Infix PDF Editor . Misalnya jumlah gaji yang tidak sesuai. Tanpa adanya kerjasama yang baik maka proses penggajian tidak akan bisa berjalan sesuai dengan yang dinginkan. Dengan melihat kenyataan bahwa pengolahan data-data yang berkaitan dengan kegiatan penggajian karyawan masih dikerjakan secara ketikan manual. Dengan adanya komputer sebagai alat pengolah data.

8 Microsoft Access 2003 Microsoft Access 2003 merupakan paket pengolahan data yang dikeluarkan oleh perusahaan software terbesar yaitu Microsoft. kemampuan maupun pengalaman kerjanya. memproses serta menghasilkan informasi yang berdasarkan instruksi program yang diberikan. 2. Analisis Kinerja (Performance) Merupakan bagian kelancaran proses kerja dalam suatu organisasi.0 Microsoft Visual Basic 6.iceni. bersifat manajerial dan kegiatan strategis disuatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan sehingga bisa berguna dalam pengambilan keputusan. biasanya sangat tergantung dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. tidak termasuk unsur-unsur variabel dan tunjangan lainnya. This document has been edited with Infix PDF Editor .harian. 2. 5 To remove this notice. Kita dapat membuat program aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface).free for non-commercial use. Didalam Microsoft Access disediakan beberapa obyek. Komputerisasi adalah suatu sistem yang dapat mendukung seluruh kegiatan atau operasi dan pengendaliannya dalam mendapat suatu hasil informasi yang tepat. 2. Manfaat dari Microsoft Access adalah untuk mengolah data-data. Analisis (Proses Penelitian) 3. 2.htm .com/unlock.1 Analisis PIECES a. yang terdiri dari satu atau beberapa table. report.0 merupakan bahasa pemrograman yang cukup popular dan mudah dipelajari. Kinerja dapat diukur dari Troughput dan Respontime. Besarnya gaji pokok yang diberikan kepada seorang karyawan. visit: www. form. sehingga lebih menarik jika dibandingkan yang hanya berbasis teks.5 Penggajian Gaji diartikan sebagai bayaran pokok yang diterima oleh seseorang.4 Komputer dan Komputerisasi Komputer merupakan suatu sistem untuk mengolah data secara cepat dan akurat. 3.7 Microsoft Visual Basic 6. yang bekerja secara otomatis untuk menerima dan menyimpan data. query. mendukung operasi. Troughput adalah jumlah dari pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh sistem tersebut. macro dan modul yang kesemuanya dapat berhubungan atau saling terkait satu sama lain. makudnya program aplikasi yang kita buat berbasis grafik atau gambar. Kinerja yang dimaksud adalah kinerja sistem.6 Basis Data Basis data adalah kumpulan dari satu atau lebih data yang saling berinteraksi dan digunakan bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu 2.

serta untuk menjaga keamanan data dalam informasi. Efisiensi berhubungan dengan bagaimana sumber daya digunakan dengan pemborosan paling minimum. Dengan adanya kontrol maka tugas-tugas atau kinerja yang mengalami gangguan dapat diperbaiki. Analisis Pengendalian (Control) Pengendalian (control) dalam sebuah sistem sangat diperlukan keberadaannya untuk menghindari dan dapat mendeteksi secara dini terhadap penyalahgunaan atau kesalahan. Analisis Efisiensi (Efficiency) Efisiensi di sini berhubungan dengan peningkatan efisiensi operasi.com/unlock. Analisis Layanan (Service) Dalam suatu organisasi. Efisiensi pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten berhubungan dengan bagaimana sumber daya tersebut digunakan dengan biaya yang minimal. e.iceni. Efisiensi berbeda dengan ekonomis. dan masih membutuhkan waktu yang relatif lama.free for non-commercial use. Dengan sistem informasi yang baik maka akan dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat yang dapat mendukung dalam menangani masalah dan peluang yang ada. Analisis Ekonomi (Economy) Dengan adanya sistem penggajian yang baru diharapkan dapat menekan kenaikan biaya yang terjadi. b. Berdasarkan penilaian secara ekonomis maka sistem baru dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan dengan dapat ditekannya biaya kesalahan operasi dan biaya operasi. dan apabila kemampuan sistem informasi tersebut akurat.htm . Banyak permasalahan yang dapat ditangani dengan waktu cepat dan biaya yang terbatas. peningkatan pelayanan dan kepuasan karyawan merupakan suatu tujuan yang penting. tepat waktu dan relevan sesuai dengan yang diharapkan. 6 To remove this notice. This document has been edited with Infix PDF Editor . semakin lama pekerjaan itu dapat diselesaikan maka makin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan. karena pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan seorang pegawai tetapi harus dikerjakan dengan dua orang pegawai. f. d. visit: www. c. Hal itu dikarenakan masih ada kekurangan-kekurangan dalam proses pencarian dan perubahan data pegawai yang ada hubungannya dengan proses penggajian sehingga dapat menyebabkan keterlambatan dalam penyampaian laporan. Dari hasil pengamatan dari sistem yang sedang berjalan dapat dinilai bahwa pendayagunaan waktu dan personel masih kurang efisien. Pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten pelayanan yang diberikan pada karyawan khususnya pada proses penggajian dinilai kurang maksimal.Respontime adalah rata-rata waktu yang tertunda antara dua pekerjaan ditambah dengan waktu respon untuk menangani pekerjaan tersebut. Analisis Informasi (Information) Informasi merupakan komoditas penting bagi seorang pengguna akhir pada suatu sistem dalam pengambilan keputusan.

-Rp.709.4 Analisis Biaya dan Manfaat Analisis biaya dan manfaat dilakukan untuk menentukan apakah proyek sistem informasi ini layak atau tidak.150.000. Rincian Biaya a.3. Kelayakan Ekonomi d. Apakah sistem yang dibuat sudah sesuai dengan yang dibutuhkan atau belum. Kelayakan Teknologi b. Keuntungan tak berwujud dalam sistem informasi ini adalah peningkatan kerja pegawai. Kelayakan Operasi c. Pengembangan Software Rp. Kebutuhan perangkat keras 2. Biaya pengembangan sistem 1) B. 1. 4. a. Manfaat terdiri dari keuntungan berwujud (tangible benefit) dan keuntungan tak berwujud (intangible benefit. Biaya terdiri dari dua kategori yaitu biaya yang berhubungan dengan operasi (perawatan) sistem tersebut. karena kebutuhan sistem akan mendukung tercapainya tujuan suatu organisasi. biaya perangkat lunak dan perangkat keras dan biaya konversi sistem.3 Analisis Kelayakan Sistem Analisis kelayakan merupakan proses yang menganalisis permasalahan yang telah ditentukan sesuai dengan tujuan akhir yang akan dicapai. Kebutuhan Brainware 3. Biaya pengembangan sistem informasi terdiri dari biaya pelatihan bagi calon pemakai. maka cara pengukurannya dapat dilakukan dengan taksiran. Tabel 3.2 Analisis Kebutuhan Sistem Analisis kebutuhan sistem sangat dibutuhkan dalam mendukung kinerja sistem.free for non-commercial use. Kebutuhan perangkat lunak 3. Kelayakan Jadwal 3. Keuntungan berwujud merupakan keuntungan yang berupa penghematan yang dapat diukur secara kuantitas dalam bentuk satuan nilai uang. visit: www.htm . Kelayakan Hukum e.iceni.1 Analisis Biaya dan Manfaat Rincian Biaya dan Manfaat 1. Kebutuhan teknologi yang diperlukan antara lain : 1. Pengembangan Hardware 2) B. Sedangkan biaya yang berhubungan dengan pengoperasian sistem terdiri dari dari biaya operasi dan pemeliharaan sistem.Tahun 0 Tahun 1 Tahun 2 This document has been edited with Infix PDF Editor .115. Tujuan dari analisis kelayakan adalah untuk menguji apakah sistem yang baru yang akan diterapkan sebagai pengembangan sistem lama layak pakai atau tidak.com/unlock. 7 To remove this notice. sedangkan keuntungan tak berwujud sulit diukur dengan satuan nilai uang.

Rp.650. 415. 391.165. 5.1.225. 6. 4.Rp.650 x12 Bulan Rp.500.000.iceni.248. 2.- Berdasarkan rincian biaya dan manfaat dari tabel diatas.b.225.500 = 4. Analisis Pengembalian Investasi (Return Of Invesment) Metode Pengembalian Investasi (ROI) digunakan untuk mengukur prosentase manfaat yang dihasilkan oleh proyek dibandingkan biaya yang dikeluarkan. Analisis Metode Periode Pengembalian (Payback Period) Metode periode pengembalian (Payback Period) merupakan metode yang menilai proyek investasi dengan dasar lamanya investasi tersebut dapat tertutup dengan iuran-iurankas masuk.Rp.165.248.- Rp.Rp. 151.150.Rp. ROI dari suatu proyek investasi dapat dihitung dengan rumus : This document has been edited with Infix PDF Editor .000. 6. 4.916.500. 5.500. visit: www. 5.500.000.640. Rincian Manfaat a.000. Metode ini tidak memasukkan faktor bunga ke dalam perhitungan.916. 6.800.101.500.com/unlock. 240.Rp. 4.500.500. 8 To remove this notice.Rp. Manfaat berwujud b.htm . 240.4 Bulan Jadi waktu yang diperlukan untuk mengembalikan investasi tersebut adalah 1 tahun 4 bulan 7 hari.640.Kepuasan Rp. Adapun metode perhitungan dengan metode ini adalah sebagai berikut : Total biaya pengadaan sistem tahun ke-0 Proses pada tahun ke-1 Sisa Sisa = = Rp.Rp.= Rp. Rp.Rp.000.000.Rp.= Rp.Rp. Biaya Operasi dan Perawatan 1) Hardware 2) Overhead Total Biaya 1. 574.000.Rp.free for non-commercial use. maka dapat dilakukan analisis biaya dan manfaat sebagai berikut : 1. 159.150. Di samping itu metode ini juga berfungsi untuk mengukur seberapa cepat investasi akan kembali.000.150. Biaya Pengembangan proyek 1) Tahap Penerapan Sistem a) Biaya Konversi File b) Biaya Pelatihan Personel c.5.Rp. 1.800.165. 4. Manfaat tak berwujud 1) Peningkatan Pegawai Total Manfaat Selisih Total Biaya dan Total Manfaat Rp.

Besarnya NPV bila dinyatakan dengan rumus adalah sebagai berikut : NPV = .iceni. 6. karena proyek yang bersangkutan atau sistem baru ini akan memberikan keuntungan pada tahun ke dua sebesar 64.ROI = totalmanfaat − totalbiaya x100% totalbiaya Adapun perhitungan ROI sistem ini adalah sebagai berikut : ROI = Rp. Perhitungan NPV dengan suku bunga diskonto sebesar 2% per tahun adalah sebagai berikut : NPV = . 4.440. 3.187.-+ Rp.165. 5.-.= Rp.-+Rp.150.Rp.Dari hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa proyek ini dinyakan layak untuk diterapkan karena NPV>0.02) 2 = .633.150.196.022.+ Rp.10. 3. Metode ini menggunakan suku bunga diskonto yang akan mempengaruhi proceed atau arus uangnya.150 = 46.Rp. NPV dapat dihitung dari selisih nilai proyek paa awal tahun yang dinilai uangkan ke tahun awal dengan tingkat bunga diskonto.7.48% dari biaya investasi.7.150..Rp. visit: www. maka proyek sistem ini dapat diterima atau layak bagi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten.-+ Rp.500 + (1 + 0. 6.165. Hasil ketiga perhitungan dengan ketiga metode tersebut di atas tercantum dalam tabel berikut ini This document has been edited with Infix PDF Editor .022.165.02)1 (1 + 0.165. 9 To remove this notice. Analisis Nilai Sekarang Bersih (Net Present Value) Metode nilai sekarang bersih (NPV) merupakan metode yang memperhatikan nilai waktu dari uang.225.150 x100% Rp.40 % Hasil dari ROI > 0.com/unlock.131.633.783.4.131. 9.= .587.nilai proyek + Keterangan : NPV i n = Net Present Value = Tingkat bunga diskonto = umur proyek investasi proceed1 proceed 2 proceed n + + (1 + i %)1 (1 + i %) 2 (1 + i %) n Bila NPV bernilai lebih dari 0 (NPV>0) berarti bahwa investasi yang ditanamkan menguntungkan dan dapat diterima.248.000 − Rp.022.free for non-commercial use. 6. Jika sistem baru sekarang diterapkan atau dipakai dengan ketentuan tingkat bunga diskonto 2 % maka keuntungan yang diterima sebesar Rp. 3.500 Rp.5.htm .

maka penulis mencoba untuk membangun program penggajian pegawai yang sesuai dengan kebutuhan pihak balai.2 Pembahasan Program Dalam perancangan sistem penggajian pegawai yang akan diterapkan di Dinas Pekerjaan Umum Klaten ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan penulis dalam pembuatan program.2 Perancangan Model Perancangan model merupakan suatu gambaran secara umum tentang tahaptahap yang dilalui dalam pengembangan sistem. 1 2 3 Metode Biaya dan Manfaat Payback Period ROI NPV Nilai 1 tahun 4 bulan 7 hari 46. 4. Pembangunan sistem penggajian yang mampu membantu memaksimalkan kinerja SDM dalam mengolah data penggajian. Perancangan sistem secara umum dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran secara umum kepada user. Setelah menganalisis kebutuhan sistem dan merancang sistem penggajian baru. Hasil Penelitian dan Pembahasan 4. Pembangunan sistem penggajian yang sesuai dengan kebutuhan pihak Dinas Pekerjaan Umum Klaten. b.htm .1. Yaitu sistem yang akan mendefinisikan urutan-urutan kerja pada sebuah sistem.free for non-commercial use.iceni.2 Hasil Analisis Biaya dan Manfaat No. Sistem penggajian yang tidak hanya memberikan informasi tentang penggajian saja. maka didapatkan hasil dari pembangunan program sebagai berikut : a.40 % Rp. 4. c. Dalam hal ini rancangan model yang dibuat menggunakan sistem diagram alir (flowchart). Dengan pertimbangan di atas. Sistem flowchart sangat berpengaruh terhadap pembuatan program. tetapi juga memberikan informasi lainnya.com/unlock.Patokan Kurang dari 2 tahun ROI>0 NPV>0 Keputusan Layak Layak Layak 4. terutama sistem terhadap sistem yang telah dibuat.633. Dengan komputerisasi. Rancangan sistem ini mengidentifikasi komponen-komponen sistem informasi yang akan dirancang secara rinci. 3.022. 10 To remove this notice.1. Pertimbangan tersebut antara lain : a. Sistem penggajian pegawai yang baru merupakan sistem penggajian pegawai terkomputerisasi.Tabel 3.1 Perancangan Sistem 4. maka proses penggajian dapat dilakukan This document has been edited with Infix PDF Editor .1 Perancangan Sistem Secara Umum Perancangan sistem secara umum merupakan tahap persiapan dan rancangan secara rinci terhadap sistem baru yang akan diterapkan. visit: www.

free for non-commercial use.com/unlock. 4. Hal tersebut diperhitungkan mampu mengurangi biaya operasional sistem penggajian yang lama.3 Pembuatan Database Perancangan DataBase dilakukan dengan menggunakan software Microsoft Acces. c. Adapun informasi lain yang terdapat didalam sistem penggajian pegawai ini. b. Setelah masuk pada jendela Microsoft Office pilih Blank database untuk membuat database sekaligus tentukan tempat untuk menyimpan database tersebut Gambar 4. a. Pilih start All Programs pilih Microsoft Office pilih Microsoft Access b. sehingga kapanpun data penggajian dibutuhkan dapat langsung diakses tanpa harus melakukan rekap ulang. 11 To remove this notice. Setelah kita tentukan tempat penyimpanan database maka kita buat tabel-tabelnya. Pilih create table in design view. Seluruh data penggajian tersimpan didalam database. Gambar 4.dengan cepat.1 Jendela Microsoft Access c. Sistem penggajian pegawai yang baru tidak hanya memberikan informasi tentang penggajian tetapi juga memberikan informasi lain. visit: www.2. adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.2 Pembuatan Tabel This document has been edited with Infix PDF Editor . yaitu informasi data pegawai Dinas Pekerjaan Umum Klaten.iceni.htm .

Masukkan field-field tiap-tiap tabel.4 Tempat tabel disimpan f.free for non-commercial use. 12 To remove this notice.htm . Gambar 4. Jika kita berhasil membuat tabel maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Simpan tabel tersebut dengan nama yang sesuai dengan nama tabel pada database yang telah dirancang sebelumnya/ Gambar 4. Untuk melihat isi tabel yang lain maka kita double click tabel yang ingin kita lihat hasilnya. tentukan primary key. dan tipe data tiap-tiap field.iceni. lanjutkan pembuatan tabel dan simpan.com/unlock.d.3 Menentukan Nama Field dan Penyimpanan e. visit: www. This document has been edited with Infix PDF Editor .

visit: www.com/unlock.iceni.free for non-commercial use.6 Hasil Tabel Jabatan Gambar 4. 13 To remove this notice.7 Hasil Tabel Golongan This document has been edited with Infix PDF Editor .5 Hasil Tabel Pegawai Gambar 4.Gambar 4.htm .

6.htm . visit: www. 3. Dapat meninjau data yang sedang diproses atau data yang sudah lama untuk dievaluasi. Dapat menyajikan informasi secara cepat dan akurat. Adapun pokok-pokok kesimpulan dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini : 1. Meningkatkan kinerja dalam rangka melakukan pelayanan dan menyelesaikan tugastugas dengan baik. Dapat menghemat waktu pencarian.8 Hasil Tabel Gaji 5. Hal itu dapat dilihat pada BAB 4 halaman 110 – 114. Hasil-hasil laporan dapat tersaji dengan waktu yang tepat. Ditinjau dari analisis biaya dan manfaat sistem yang baru jauh lebih efektif dan efisien. 7.Gambar 4. Dengan melakukan analisis dan perancangan sistem informasi penggajian pada Dinas Pekerjaan Umum Klaten dapat merubah sistem yang tadinya manual menjadi sistem terkomputerisasi. Kesimpulan Adapun pokok-pokok kesimpulan dapat dilihat dari beberapa hal Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan aplikasi penggajian bisa mengubah sistem lama menjadi sistem yang berbasis pada penggunaan teknologi komputer. 14 To remove this notice. 5. This document has been edited with Infix PDF Editor .free for non-commercial use. 4. 2. pencatatan.com/unlock.iceni. dan pemasukkan data.

Sutarman. Jerry Fitz Gerald. MBA.Stalling. Analisis dan Disain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Kadir Abdul. Warrant D. Andi Offset.free for non-commercial use.Kom . 1999. Andra F Fitz Gerald. Fundamentals Of System Analisis (Edisi kedua: New York.com/unlock.iceni. 1981 ). Yogyakarta. Yogyakarta: Andi Offset.D. Ph. 2002. visit: www. 2003.Jr. 15 To remove this notice. Jhon Willey & Sons.S.DAFTAR PUSTAKA Jogiyanto Hartono. Pengenalan Sistem Informasi. Modul Kuliah : Algoritma dan Pemrograman 1 This document has been edited with Infix PDF Editor .htm .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful