P. 1
Pada Tanggal 28 Mei 1945 Dilangsungkan Upacara Peresmian BPUPKI Bertempat Di Gedung Cuo Sangi In

Pada Tanggal 28 Mei 1945 Dilangsungkan Upacara Peresmian BPUPKI Bertempat Di Gedung Cuo Sangi In

|Views: 2,099|Likes:
Published by Jackson Michael

More info:

Published by: Jackson Michael on Sep 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

PROSES LAHIRNYA PANCASILA DASAR NEGARA RI Oleh: Suci Wulandari

1110512040 FEKON 4

Pada tanggal 28 Mei 1945 dilangsungkan upacara peresmian BPUPKI bertempat di Gedung Cuo Sangi In, Jalan Pejambon Jakarta,yang dihadiri oleh Panglima Tentara Jepang Wilayah Ketujuh Jenderal Itagaki dan Panglima Tentara Keenam Belas di Jawa Letnan Jenderal Nagano. BPUPKI mulai melaksanakan tugasnya dengan melakukan persidangan untuk merumuskan undang-undang dasar bagi Indonesia kelak. Hal utama yang dibahas adalah dasar negara bagi negara Indonesia merdeka. Selama masa tugasnya BPUPKI hanya mengadakan sidang dua kali. Sidang pertama dilakukan pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945 di gedung Chou Sang In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang sekarang dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila. Pada sidang pertama, Dr. KRT. Rajiman Widyodiningrat selaku ketua dalam pidato pembukaannya menyampaikan masalah pokok menyangkut dasar negara Indonesia yang ingin dibentuk pada tanggal 29 Mei 1945. Ada tiga orang yang memberikan pandangannya mengenai dasar negara Indonesia yaitu Mr. Muhammad Yamin, Prof. Dr. Supomo dan Ir. Soekarno. Orang pertama yang memberikan pandangannya adalah Mr. Muhammad Yamin. Dalam pidato singkatnya, ia mengemukakan lima asas yaitu: a. peri kebangsaan;

Prof. keadilan sosial. Ketuhanan yang Maha Esa. Dr. peri kemanusiaan. kesejahteraan rakyat. e. Internasionalisme dan peri kemanusiaan. Kesejahteraan sosial. d. Pada tanggal 31 Mei 1945. c. b. d. b. Kebangsaan Indonesia. Mufakat atau demokrasi. Soepomo dalam pidatonya mengusulkan pula lima asas yaitu: a. c. Kelima asas dari Ir. kekeluargaan. Pada sidang hari ketiga tanggal 1 Juni 1945. persatuan.b. musyawarah. mufakat dan demokrasi. peri kerakyatan. e. Ir. Soekarno mengusulkan lima dasar negara Indonesia merdeka yaitu: a. peri ke Tuhanan. Soekarno itu disebut Pancasila yang menurut beliau dapat diperas menjadi Tri Sila atau Tiga Sila yaitu: . d. e. c.

. Sosionasionalisme. Maka diputuskan untuk membentuk panitia khusus yang diserahi tugas untuk membahas dan merumuskan kembali usulan dari anggota. namun sampai 1 Juni 1945 sidang BPUPKI belum berhasil mencapai kata sepakat tentang dasar negara.A. Agus Salim (anggota) 8.a. Moh. Sosiodemokrasi. Maramis (anggota) 6. Abdoel Kahar Muzakar (anggota) 5. Drs. baik lisan maupun tertulis dari hasil sidang pertama. Ir. Muhammad Yamin (anggota). Soekarno (ketua) 2. Ketuhanan yang berkebudayaan Bahkan menurut Ir. Soekarno Trisila tersebut di atas masih dapat diperas menjadi Eka sila yaitu sila Gotong Royong. b. Mr. Wachid Hasyim (anggota) 4. Achmad Soebardjo (anggota) 9. KH. Meskipun sudah ada tiga usulan tentang dasar negara. H. Abikoesno Tjokrosoeyoso (anggota) 7. Mr. Hatta (wakil ketua) 3. Panitia khusus ini yang dikenal dengan Panitia 9 atau panitia kecil yang terdiri dari: 1. c. A.

Pada tanggal 22 Juni 1945. Panitia Sembilan mengadakan pertemuan. direkomondasikan Rumusan Dasar Negara yang dikenal dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yang berisi 1. Setelah piagam Jakarta berhasil disusun. Achmad Soebardjo d. BPUPKI membentuk Panitia Perancang Undang-Undang Dasar. Mr. Dr. a. Jika diperhatikan rumusan piagam Jakarta point pertama. Panitia ini diketuai oleh Ir. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya. konsep inilah yang pada akhirnya mengalami perubahan karena adanya kritik bahwa bangsa Indonesia majemuk dalam beragama. Di sisi lain konsep tersebut saat ini sedang gencargencarnya untuk diusahakan kembali yaitu upaya untuk menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya mengingat agama Islam merupakan mayoritas di Indonesia. Soepomo (ketua merangkap anggota) b. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Mr. Wongsonegoro c. Pada sidang tanggal 11 Juli 1945. Maramis . Soekarno dan beranggotakan 19 orang. Ini merupakan sidangnya yang ke-2 pada tanggal 10 – 16 Juli 1945. panitia Perancang UUD membentuk panitia kecil yang beranggotakan 7 orang. 2. A. 5. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Mr. Persatuan Indonesia. Prof.A. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hasil dari pertemuan tersebut. 3. 4.

batang tubuh UUD. Mr.A.P. Konsep pernyataan Indonesia merdeka disusun dengan mengambil tiga alenia pertama piagam Jakarta. Tanggal 13 Juli 1945 panitia perancang UUD yang diketuai Ir. P. Sedangkan konsep Undang-Undang Dasar hampir seluruhnya diambil dari alinea keempat piagam Jakarta. Pada tanggal 14 Juli 1945 dalam rapat pleno BPUPKI menerima laporan panitia perancang UUD yang dibacakan Ir. Kejadian ini merupakan momentum yang sangat penting karena disinilah masa depan bangsa dan negara dibentuk. pernyataan Indonesia merdeka b. Mr. Pada tanggal 7 Agustus 1945.A. Dr. Hasil kerja panitia perancang UUD yang dilaporkan akhirnya diterima oleh BPUPKI. Dr. Tugas panitia kecil adalah menyempurnakan dan menyusun kembali rancangan UUD yang telah disepakati. pembukaan UUD c. Soepomo. Agus Salim g. Sukiman. Prof. Hoesein Djayadiningrat. Selain panitia kecil di atas. H.e. adapula panitia Penghalus bahasa yang anggotanya terdiri dari Prof. Dalam laporan tersebut tiga masalah pokok yaitu: a. BPUPKI atau Dokurtsu Junbi Cosakai dibubarkan oleh Jepang karena dianggap terlalu cepat mewujudkan kehendak Indonesia merdeka . R. Dr. Soekarno. Soekarno mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD. Singgih f.

Sejak saat itulah Pancasila menjadi Bahasa Indonesia yang umum. Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. 1 orang dari Nusa Tenggara.dan mereka menolak adanya keterlibatan pemimpin pendudukan Jepang dalam persiapan kemerdekaan Indonesia. Memilih dan mengangkat Ketua dan Wakil Ketua PPKI yaitu Ir. Mohammad Hatta. c. masing-masing sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI. dengan anggota berjumlah 21 orang terdiri dari 12 orang dari Jawa. Pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengadakan sidangnya yang pertama dengan mengambil keputusan penting : a. 3 orang dari Sumatra. 1 orang dari Kalimantan. Mensahkan dan menetapkan Pembukaan UUD 1945. b. 1 orang dari Maluku. Pembagian wilayah Indonesia ke dalam 8 propinsi dan setiap . 1 orang dari Tionghoa. Mensahkan dan menetapkan UUD 1945. 2 orang dari Sulawesi. Soekarno dan Drs. Pada tanggal itu pula dibentuk PPKI atau Dokuritsu Junbi Inkai. Tugas pekerjaan Presiden RI untuk sementara waktu dibantu oleh sebuah badan yaitu KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) dan pada tanggal 19 Agustus 1945 PPKI memutuskan. Jadi walaupun pada Alinea 4 Pembukaan UUD 45 tidak termuat istilah Pancasila namun yang dimaksud dasar Negara RI adalah disebut istilah Pancasila hal ini didaarkan interprestasi (penjabaran) historis terutama dalam rangka pembentukan Rumusan Dasar Negara. kemudian keesokan harinya 18 Agustus 1945 disahkanlah UUD 1945 termasuk Pembukaannya dimana didalamnya terdapat rumusan 5 Prinsip sebagai Dasar Negara yang duberi nama Pancasila.

Juga menetapkan pembentukan Departemen-departemen Pemerintahan.. .propinsi dibagi dalam karesidenan-karesidenan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->