P. 1
Rpp Penjas Orkes Sd Kelas 2

Rpp Penjas Orkes Sd Kelas 2

|Views: 138|Likes:
Published by budiblack4531

More info:

Published by: budiblack4531 on Sep 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2012

pdf

text

original

RPP PENJAS ORKES SD KELAS 2 /I: Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Posted by noer al khosim on 21:48 in RPP2 | 0 komentar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : II/Ganjil Mata Pelajaran : Penjasorkes Standar Kompetensi: 3. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar: 3.1 Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat: melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah. 3.2 Mempraktikkan senam ketangksan dengan menggunakan alat sederhana dan percaya diri.

Indikator: 1. Siswa melakukan berbagai variasi senam ketangkasan dengan melompat dan meloncat tanpa alat. 2. Siswa melakukan berbagai variasi senam ketangkasan dengan melompati peti lompat dan gawang rintangan.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu: 1. 2. Mempraktikkan keterampilan gerak melompat dan meloncat dengan koordinasi yang baik. Mempraktikkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana.

B. Materi Pembelajaran 1. Senam ketangkasan tanpa alat dengan gerakan yang bervariasi.

2.

Senam ketangkasan menggunakan alat seperti peti lompat dan gawang rintangan.

C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah bervariasi 2. Diskusi 3. Inkuiri 4. Tanya jawab 5. Simulasi 6. Observasi/pengamatan (Menyesuaikan situasi KBM)

D. Langkah-Langkah Kegiatan I. Senam Ketangkasan Sederhana Tanpa Alat

a. Kegiatan Pendahuluan 1) 2) Guru memberikan pretest tentang materi yang akan dipelajari. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.

b. Kegiatan Inti 1) 2) Guru menjelaskan gerakan senam ketangkasan dengan berbagai variasi melompat dan meloncat. Siswa melakukan gerakan senam ketangkasan dengan berbagai variasi melompat dan meloncat.

c. Kegiatan Penutup 1) 2) 3) Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi. Guru memberikan tugas pengerjaan LKS.

II. Senam Ketangkasan dengan Menggunakan Alat a. Kegiatan Pendahuluan 1) 2) Guru memberikan pretest tentang materi yang akan dipelajari. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.

b. Kegiatan Inti 1) Guru menjelaskan gerakan senam ketangkasan dengan berbagai variasi melompati peti lompat dan gawang rintangan. 2) Siswa melakukan gerakan senam ketangkasan dengan berbagai variasi melompati peti lompat dan gawang rintangan. c. Kegiatan Penutup 1) 2) 3) Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi. Guru memberikan tugas pengerjaan LKS.

E. Sumber Belajar 1. Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD Kelas 2. 2. Referensi lain yang relevan. 3. Alat-alat praktik: peti lompat, gawang rintangan

F. Penilaian Hasil Belajar Uji Tertulis Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian. Contoh soal : Bagaimana sikap awal meloncat di atas peti lompat? Uji Praktik Contoh soal : Lakukan gerakan meloncat ke atas dalam sikap jongkok!

Mengetahui, Kepala Sekolah

………., …………………………… Guru Mata Pelajaran

__________________ NIP

__________________________ NIP

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->