Dampak Kesehatan Dari Limbah B3 Pemurnian Bijih Besi

Pencemaran logam berat merupakan permasalahan yang sangat serius untuk ditangani, karena merugikan lingkungan, ekosistem dan kesehatan. Dilaporkan dalam penelitian pada pemurnian bijih besi terdapat bahan beracun dan berbahaya yang dibuang ke lingkungan. Zat beracun dan berbahaya tersebut adalah arsenik (As), timbal (Pb), merkuri (Hg), dan kadmium (Cd) yang biasanya digunakan dalam proses pemurnian bijih besi. Logam berat sendiri sebenarnya merupakan unsur esensial yang sangat dibutuhkan setiap makhluk hidup, namun beberapa di antaranya (dalam kadar tertentu) bersifat racun. . Di alam, unsur ini biasanya terdapat dalam bentuk terlarut atau tersuspensi (terikat dengan zat padat) serta terdapat sebagai bentuk ionik. Dampak dari pencemaran logam berat ini sering dilaporkan. Logam berat adalah unsur-unsur kimia dengan bobot jenis lebih besar dari 5 gr/cm3, terletak di sudut kanan bawah sistem periodik, mempunyai afinitas yang tinggi terhadap unsur S dan biasanya bernomor atom 22 sampai 92 dari perioda 4 sampai 7. Sebagian logam berat seperti timbal (Pb), kadmium (Cd), dan merkuri (Hg) merupakan zat pencemar yang berbahaya. Afinitas yang tinggi terhadap unsur S menyebabkan logam ini menyerang ikatan belerang dalam enzim, sehingga enzim bersangkutan menjadi tak aktif. Gugus karboksilat (COOH) dan amina (-NH2) juga bereaksi dengan logam berat. Kadmium, timbal, dan tembaga terikat pada sel-sel membran yang menghambat proses transpormasi melalui dinding sel. Logam berat juga mengendapkan senyawa fosfat biologis atau mengkatalis penguraiannya Berdasarkan sudut pandang toksikologi, logam berat ini dapat dibagi dalam dua jenis. Jenis pertama adalah logam berat esensial, di mana keberadaannya dalam jumlah tertentu sangat dibutuhkan oleh organisme hidup, namun dalam jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan efek racun. Contoh logam berat ini adalah Zn, Cu, Fe, Co, Mn dan lain sebagainya. Sedangkan jenis kedua adalah logam berat tidak esensial atau beracun, di mana keberadaannya dalam tubuh masih belum diketahui manfaatnya atau bahkan dapat bersifat racun, seperti Hg, Cd, Pb, Cr dan

2. Lebih jauh lagi. gangguan pada ginjal. Gejala keracunan Merkuri tingkat awal. sehingga proses metabolisme tubuh terputus. kram. menyebabkan bronchitis. muntah. gangguan psikologi (rasa cemas dan sifat agresif). dermatitis. kerusakan sarung selaput saraf dan bagian dari otak kecil. mutagen. Dampak negatif logam berat bagi manusia Masing-masing logam berat memiliki dampak negatif terhadap manusia jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar dan waktu yang lama. Timbal (Pb) Dalam peredaran darah dan otak dapat menyebabkan gangguan sintesis hemoglobin darah. Logam berat ini dapat menimbulkan efek kesehatan bagi manusia tergantung pada bagian mana logam berat tersebut terikat dalam tubuh. Dampak tersebut antar lain : 1. dan gangguan kardiovaskuler. Gejala umum keracunan Kadmium adalah sakit di dada. penyakit akut atau kronik sistem syaraf. nafas sesak (pendek). 3.lain-lain. pertumbuhan lambat. batuk – batuk. Selain itu. gangguan neurologi (susunan syaraf). anemia. Kadmium dapat pula merusak tulang (osteomalacia. Turunan oleh Merkuri (biasanya etil merkuri) pada proses kehamilan akan nampak . mual. teratogen atau karsinogen bagi manusia. kerusakan ginjal dan hati. gangguan pada luas pandang. osteoporosis) dan meningkatkan tekanan darah. sampai rusaknya paru-paru. Merkuri (Hg) Dapat berakumulasi dan terbawa ke organ-organ tubuh lainnya. Jika terjadi akumulasi yang tinggi mengakibatkan kerusakan sel-sel saraf di otak kecil. bahkan mengakibatkan kanker paru-paru. Jalur masuknya adalah melalui kulit. mudah lelah. pasien merasa mulutnya kebal sehingga tidak peka terhadap rasa dan suhu. hidung tidak peka bau. Daya racun yang dimiliki akan bekerja sebagai penghalang kerja enzim. sistem reproduksi. logam berat ini akan bertindak sebagai penyebab alergi. diare. pernapasan dan pencernaan. dan lemah. dapat menurunkan IQ pada anak kecil jika terdapat 10-20 myugram/dl dalam darah. dan sering sakit kepala. dan gangguan fungsi paru-paru. Kadmium (Cd) Jika berakumulasi dalam jangka waktu yang lama dapat menghambat kerja paruparu.

kerusakan ginjal. varises. kita dapat mencegahnya dengan meningkatkan kesadaran untuk ikut serta melestarikan sumber daya hayati serta menjaga kesehatan baik untuk diri sendiri maupun keluarga. gangguan sistem reproduksi. Chromium (Cr) Dalam tubuh dapat berakibat buruk terhadap sistem saluran pernafasan. maka akumulasi logam berat dalam tubuh dapat kita cegah. Dampak kandungan logam berat memang sangat berbahaya bagi kesehatan. dan gangguan saluran pencernaan. hiperpigmentasi (kulit menjadi kulit berwarna (dermatitis). terutama kebutuhan untuk minum. gangguan fungsi hati. kulit. Arsenik (As) Dalam tubuh dapat mengganggu daya pandang mata. 4. Salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan mendeteksi kondisi air yang kita gunakan sehari-hari. menurunnya sel darah. dapat (penebalan kulit). dan ginjal. infeksi menyebabkan kegagalan fungsi sumsum tulang. Jika kondisi air Anda sudah terdeteksi. 5. gangguan pernafasan. kegagalan ginjal akut maupun shock.setelah bayi lahir yang dapat berupa cerebral palsy maupun gangguan mental. Selain hiperkeratosis itu. pencetus kanker. gangguan kardiovaskuler. pembuluh darah. kerusakan pembuluh darah. menurunnya daya tahan tubuh. Sedangkan keracunan Merkuri yang akut dapat menyebabkan kerusakan saluran pencernaan. Namun. . gelap).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful