STRATEGI DAN KEBIJAKAN CHINA DALAM MENANGGULANGI PENCEMARAN AIR (WATER POLLUTION

)

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah China merupakan salah satu negara di kawasan Asia Pacific yang banyak menghadapi permasalahan ekologis. Hal ini dibuktikan dengan adanya fenomena krisis lingkungan yang terjadi pada tahun 20051. Salah satunya adalah pencemaran air berupa limbah yang berdampak pada perairan dan kelangsungan hidup di kawasan regional. Letak negara China sebagai negara terluas di kawasan Asia Pasifik yang memiliki perbatasan daratan panjang dan dilalui oleh beberapa anak sungai yang terhubung menjadi satu dengan hulu sungai yang kemudian mengalir di daerah perbatasan. Hal ini menyebabkan berbagai permasalahan lingkungan yang dihadapi oleh China juga secara langsung dihadapi oleh negara-negara di kawasan perbatasan negara. Oleh karena itu, China tidak hanya dituntut untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan lingkungan yang terjadi di dalam negeri saja tetapi juga luar negeri (negara-negara perbatasan China: Burma, Laos, Vietnam, Thailand, Kamboja, Bangladesh dan India). Masalah lingkungan yang dihadapi oleh China saat ini dapat dibagi menjadi tujuh kategori yakni2: tanah, industri, energi, air, kontroversial proyek three gorges dam, udara, dan populasi. Dan dalam penulisan ini pembahasan hanya di fokuskan pada salah satu kategori masalah lingkungan di China tersebut yakni pencemaran air.
1

Krisis lingkungan. Lihat di http://www.pacificenvironment.org/article.php?id=1878 Diakses pada tanggal 08 Febuari 2011. 2 Permasalahan Lingkungan Di China. Xiaofan Li. 2006. Environmental concerns in China: problems, policies, and global implications. Lihat di http://findarticles.com/p/articles/mi_m0IMR/is_1-2_81/ai_n16599308/ Diakses pada tanggal 08 Februari 2011.

India termasuk negara yang berbatasan dengan China. Sungai dan anak-anak sungai di Negara India merupakan sumber terbesar air minum bagi sebagian besar penduduk yang tinggal di lembah. Salah satu contoh kasus, pada tahun 1990, sekitar 200.000 liter minyak bakar mencemari sungai dari Bokaro Steel Plant dan mengalir sampai 150 km hilir ke Durgapur. Akibatnya air yang tercemar tersebut berdampak pada 5 juta orang yang mengkonsumsi, yang mana kadar tingkat minyak 40-80 kali lebih tinggi dari nilai yang diizinkan yakni 0,03 mg/l.3 Sebagai perbandingan, menurut hasil survei4 pada tahun 2009 menyebutkan bahwa China merupakan salah salah satu negara yang menduduki posisi pertama di dunia yang paling banyak melakukan pencemaran air (sekitar 6.088.660/hari). Adapun, hal tersebut menyebabkan difusi lintas batas yang secara langsung juga akan memberikan dampak pada 200 juta orang dan 2 juta km2 kawasan di area perbatasan Negara.5 Akan tetapi dalam perkembangan industrinya, konsekuensi negatif dari peningkatan kegiatan dan aktivitas manusia seiring globalisasi di China mengakibatkan timbulnya berbagai bentuk ancaman terhadap kelangsungan hidup manusia. Ancaman6 tersebut terkait dengan isu-isu lingkungan yang cukup kompleks dan melampaui batas-batas negara, yang di mana terkait dengan pencemaran lingkungan, degradasi sumber daya alam dan pemanasan global. Adapun, isu lingkungan yang terjadi di China khususnya masalah pencemaran air merupakan problematika yang sangat berat baik secara jangka pendek maupun panjang. Hal tersebut dikarenakan dampak negatif yang dihasilkan dari masalah pencemaran air di China
3

Environment & People. Case Study. Lihat di http://www.environmentandpeople.org/WaterPollutionCasestudy.html diakses pada tanggal 5 April 2011 4 Hasil survey tahun 2009. Lihat di http://www.aneki.com/countries2.php? t=Countries_that_are_the_Greatest_Water_Polluters&table=table_water_pollution&places=*&unit=*&order=d esc&orderby=table_ water_pollution.value&dependency=independent&number=5&cntdn=n&r=449&c=&measures=Country--Daily%20Amount%20of%20Water%20Pollutants%20%28kg%29&units=*-*&decimals=*--*&file=water_pollution 5 Fenomena pencemaran air. Lihat di http://www.pacificenvironment.org/article.php?id=1878 Diakses pada tanggal 08 Februari 2011.
6

Ancaman yang dimaksud adalah ancaman sumber daya alam dan lingkungan. Lihat di Sean M. Lynn-Jones & Steven Miller, 1995, “Global Dangers: Changing Dimensions of International Security”, MIT Press. Hlm 87

merugikan pertumbuhan ekonomi mikro yang pada dasarnya tergantung dengan aspek – aspek yang berkembang di bidang perikanan. Responsibles Research Publisher.com/china. Lihat di www. secara internasional dampak buruk dari pencemaran air di China terdiri dari:8 1) Pencemaran air di China merupakan polusi terburuk di Samudra Pasifik. 2) Sungai Dongjing yang terkontaminasi dengan amonia.responsibleresearch. 3) 30% kualitas air dari Sungai Huanghe (Yellow River) mengalami penurunan massa debit air. 2010. pencemaran air di China juga mematikan pertumbuhan ekonomi yakni berkurangnya investor asing. nitrogen dan bahan kimia lain telah mengurangi pasokan air untuk 200. 2) 14% kualitas air dari Sungai Yangtze yang berbatasan dengan dataran tinggi Tibet tidak dapat digunakan untuk irigasi. 3) Sebagian besar perusahaan makanan lokal di China mengalami masalah air untuk pengolahan makanan yang telah terkontaminasi. Lihat di http://factsanddetails.com Diakses pada tanggal 11 Mei 2011. hal ini dikarenakan air yang telah terkontaminasi oleh limbah mencemari perairan laut melalui hulu sungai. tidak dapat dikonsumsi dan memiliki kandungan lumpur yang tidak dapat diprediksi. yang dimana pencemaran pada perairan ini juga dipengaruhi oleh tumpahan minyak. 2010. 4) 60. pertanian dan perdagangan. transportasi dan dikonsumsi. Black Bear dan beberapa jenis satwa lain yang dilindungi yang kemudian berpotensi menimbulkan konflik lintas batas 7 Fact and Details in China. Water In China: Issues For Responsible Investors. Dore et al. 8 Dave.tidak hanya berpengaruh pada stabilitas nasional akan tetapi juga berpengaruh pada stabilitas internasional.php? itemid=391&catid=10&subcatid=66#3302 Diakses pada tanggal 11 Mei 2011. 4) Kualitas air yang berasal dari Sungai Heilongjiang mengancam kehidupan Siberian Tiger. Sedangkan. Menurut Fact and Details in China7 secara domestik dampak buruk dari pencemaran air di China terdiri dari: 1) 2/3 penduduk di pedesaan mengkonsumsi air yang telah terkontaminasi oleh limbah manusia dan industri sehingga lebih dari 130 penduduk dari setiap desa terancam oleh penyakit kanker gastrointestinal. 5) Selain menimbulkan ancaman kesehatan.000 orang terancam meninggal setiap tahunnya di China akibat penyakit diare dengan penyebab utamanya adalah sanitasi air. .000 orang di bagian China Tengah.

teknologi dan tingkat pendapatan. Sedangkan. Degradasi lingkungan dan pencemaran air di China menimbulkan tantangan baik di kesejahteraan sosial dan ekonomi penduduk China yang sangat substansial. yang dimana dalam hal ini terjadi revolusi prinsip ekonomi menjadi pasar bebas yang mengubah paradigma stakeholder menjadi orientasi pasar. Keadaan ini terus berlanjut hingga pada tahun 1995. Hlm:4. pemerintah memberi kebebasan pada petani untuk mendirikan industri. migrasi massal. New York: Draft Environmental. . Pollution Across Chinese Provinces. pemerintah China merasakan dampak negatif dari pertumbuhan ekonomi yang berdasar atas prinsip pasar bebas yakni pencemaran lingkungan (air dan udara). produktivitas ekonomi yang menurun dan kerusuhan sosial adalah semua konsekuensi dari kegagalan untuk mengintegrasikan pertimbangan lingkungan ke dalam upaya pembangunan secara efektif.L9. Hal tersebut kemudian didukung oleh tindakan para petani yang telah kehilangan lahan di kawasan pedesaan dengan membuka lahan di kawasan pegunungan pada tahun 1966. Menurut Edmonds R. Masalah kesehatan masyarakat. 7) Kualitas air dari Sungai Lancang yang terkontaminasi oleh saluran DAM pabrik atau industri yang berbasis hydropower menimbulkan konflik dengan Vietnam dan Thailand terkait masalah sanitasi. kronologi terjadinya pencemaran air di China berawal dari orientasi pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. 5) 65% kualitas air yang berasal dari Sungai Songhuajiang terkontaminasi limbah industri dan tidak layak untuk dikonsumsi yang kemudian juga berpotensi menimbulkan konflik lintas batas dengan Rusia. 6) Kualitas air dari Sungai Brahmaputra yang terkontaminasi dengan bahan kimia merusak ekosistem dan habitat lumba-lumba sehingga menimbulkan konflik lintas batas dengan India. industry. pemindahan paksa. Sehingga. yang dimana bahan bakar industri tersebut didapat dari penebangan liar di hutan-hutan kawasan pegunungan. pada tahun 1958 pemerintah menjalankan program pembangunan industri baja. 9 Chaterine Yap Co (et all). pada tahun 1978. 2007.dengan Rusia.

Sehingga perselisihan atas hutan. Adapun.cfr. Departemen Pertanian melaporkan bahwa hampir 20% produk pertanian dan unggas di industr dan distrik pertambangan dan di daerah irigasi dengan air yang terkontaminasi mengandung kadar kontaminasi yang berlebihan. Bank Dunia juga memperkirakan bahwa 7% dari semua kematian di daerah perkotaan berjumlah 178.000 orang penduduk di China terkait masalah pencemaran air. Pada tahun 2000. yang dimana hal ini juga mengupayakan pemukiman kembali dengan skala 2-300000 penduduk China.org/china/chinas-environmental-challenge-political-social-economic-implications/p5573 Diakses pada tanggal 07 Agustus 2011 . sebagai akibat dari skala besar proyek-proyek pekerjaan umum seperti sungai atau bendungan hiburan. dan udara tercemar pada stabilitas sosial. merkuri kadmium memicu tingginya insiden cacat lahir.Misalnya10 dampak migrasi paksa atau pemukiman kembali. Sedangkan. dampak produktivitas ekonomi terkait biaya sosial dari perilaku lingkungan. Biaya 10 Elizabeth C. tanaman rusak. dan sumber daya mineral menjadi beberapa faktor ketidakstabilan sosial yang dapat menimbulkan kekerasan antar warga di China. China's Environmental Challenge: Political. Kemudian. Dalam kasus Bendungan Tiga Ngarai. Social and Economic Implications. 2003. Pejabat Kesehatan di China menyatakan terkait air yang tercemar arsenik. Dilihat di http://www. padang rumput. berbagai krisis kesehatan masyarakat mengganggu masyarakat lokal di seluruh negeri. juga merupakan sumber kegelisahan sosial. dan gangguan ginjal dan tulang di dekat sungai dan danau yang tercemar. provokasi demonstrasi yang melibatkan ratusan petani yang merasa tidak diberikan hak kompensasi yang cukup atas relokasi yang dilakukan oleh pemerintah China. Tianjin dan kota-kota utara lainnya dengan biaya puluhan miliar dolar. kerusuhan sosial secara sporadis terkait dampak dari kelangkaan air atau air yang sangat tercemar. degradasi lingkungan dan kelangkaan sumber daya adalah 8% -12% dari PDB setiap tahun. Sehingga Probe International dan Human Rights Watch telah bergabung dalam Rivers International Network memantau proses pemukiman kembali dan situasi politik lokal di sekitar Bendungan dan telah mengeluarkan beberapa laporan mengenai korupsi dana pengalihan aliran utara Sungai Yangtze ke Beijing. kanker.

The United Nations World Water Development Report: Changing Natural Systems-Human Impacts. regional dan internasional pula.unesco. kelangkaan air di lingkungan perkotaan China menelan biaya sekitar $ 14 miliar (dimana output industri hilang. Hal ini dibuktikan dengan adanya tuntutan-tuntutan dari negara tetangga yang berupa himbauan untuk China. dengan biaya ancaman lingkungan lainnya juga meningkat. Huai) menjadi sistem utama aliran air yang terdapat di China sebagian besar berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga di Asia (Thailand.terbesar adalah dalam kerugian kesehatan dan produktivitas yang terkait dengan pencemaran air dan udara di perkotaan. Berdasarkan kronologi tersebut. Dengan adanya himbauan dunia terhadap isu-isu dan ancaman lingkungan. Chapter 2. Laos. dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air yang terdapat di China menimbulkan dampak lokal. 2006. Kuning. 3) Menyelematkan keanekaragaman hayati yang hidup di lingkungan air dengan penyeimbangan tingkat PH dalam air. kelangkaan air dan polusi berkontribusi terhadap hilangnya tanaman sekitar $ 24 miliar per tahun) serta biaya kesehatan $98 miliar terpatikulasi pada tahun 2020. Hlm 137. Hal ini disebabkan adanya beberapa sungai (Mekong. sebagai berikut:11 1) Merehabilitasi sungai dan danau yang tercemar. regional. 4) Identifikasi jenis sumber dan tingkat polusi air dan menjadikan prasyarat untuk menilai risiko polusi yang diciptakan oleh sistem air 5) Mencari sumber-sumber utama polus dan segera menetapkan strategi mitigasi yang tepat mengurangi dampak pencemaran pada sumber daya air di China. Vietnam dan Kamboja). 2) Menutup industri-industri yang banyak menyumbang hujan asam di China. Oleh karena itu. pemerintah China berkomitmen membuat berbagai kebijakan dan strategi dalam menangani 11 untuk Unesco. dan internasional. pencemaran air yang berdampak pada kelangsungan hidup hayati dan manusia tersebut menjadi isu-isu lingkungan yang mengancam kawasan lokal. Dilihat di http://www. yang diperkirakan Bank Dunia menelan biaya lebih dari $ 20 miliar.org/water/wwap/wwdr2/pdf/wwdr2_ch_4.pdf Diakses pada tanggal 07 Agustus 2011 .

The Leadership Group on Water Security In Asia. Asia's Next Challenge: Securing The Region's Water Future. ASEAN) serta NGO's (WWF. organisasi internasional dan rezim lingkungan. serta sektor industri. NGO lingkungan. Peran aktor tersebut dibentuk atas rezim dan kebijakan lingkungan pada suatu negara. upaya-upaya13 yang dilakukan oleh negara-negara tetangga agar China memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut melalui strategi dan kebijakan yang terjalin melalui kerjasama dengan internasional aktor yang terlibat dengan masalah pencemaran air di China seperti institusi pemerintah China. Menurut Porter dan Brown. pada awalnya negara tersebut tidak berkomitmen dalam kerjasama atau rezim tersebut. Lihat di http://www.co.yimg.id/url? sa=t&source=web&cd=4&ved=0CB0QFjAD&url=http%3A%2F%2Fxa.google. 2007. Greenpeace) yang diratifikasi melalui rencana aksi seperti di dalam The Mekong Rivers Commission Strategic Plan 2006-2010. Posisi Indonesia dalam Internasionalisasi Isu Pemanasan Global: Studi Kasus United Nations Climate Change Conference 2007. Hlm:5. Salah satunya adalah pada tahun 200012. EU.4. WHO.14 peran aktor-aktor dalam politik lingkungan global terdiri atas negara. 15 Ibid: Hlm 4-5. New York: Draft Environmental. yang mana aktor negara memiliki 4 peran dalam rezim lingkungan atau kerjasama bidang lingkungan yang terdiri atas:15 1) lead state merupakan komitmen dalam aksi internasional terhadap isu lingkungan dan terdepan dalam negosiasi dengan mengajukan formula yang dihasilkan sendiri demi meraih dukungan dari negara lain. namun pada akhirnya mendukung inisiatif negara lead state. 14 Syamsul Hadi. Pollution Across Chinese Provinces. . Hlm 7-16. Hlm. Organisasi – Organisasi Regional (United Nation.doc&ei=K8F8TIa9CM5cfP1kKUF&usg=AFQjCNFGdQCHto831cmrB9Y6GR-PMMJX8Q diakses pada tanggal 19 Agustus 2010. Asia Society. 3) swing state merupakan komitmen 12 13 Chaterine Yap Co (et all).com%2Fkq%2Fgroups %2F23736096%2F1326334322%2Fname%2FInternasionalisasi%2BPemanasan%2BGlobal%2B%2B%2BSyamsul%2BHadi%2B(Revised-14-9-09). Sedangkan. Protocol Kyoto Plan and Strategic. 2007.pencemaran air dan melindungi kepentingan lingkungan. 2009. dan Global International Waters Assessment (The United Nations Environment Programme). China meratifikasi amandemen dan undang-undang tentang “The Law on The Prevention and Control of Water and Atmoshpheric Pollution” serta The Regulations on Protection of Agricultural Ecology and Environment. 2) supporting state merupakan komitmen negara yang tidak memiliki posisi sekuat peran sebelumnya.

1. dapat diimplementasikan bahwa upaya pencegahan dan perlindungan terhadap lingkungan terutama pencemaran air yang telah dilakukan oleh pemerintah China termasuk mengefektifkan perangkat regulasi. sehingga perlu adanya penawaran yang mampu menarik minat negara tersebut dan pada akhirnya terlibat dalam kerjasama atau rezim lingkungan.4. China memerlukan upaya-upaya evolusi secara ekonomi dan politik yang mendukung perlindungan lingkungan. China berupaya untuk memberikan perlindungan terhadap lingkungan hidup yang melibatkan kapasitas lembaga-lembaga lingkungan pusat dan daerah.negara tidak memiliki kepentingan terhadap isu-isu yang terjadi lingkungan. Oleh karena itu. 1.1 Manfaat Teoritis . Peluang untuk kerjasama lebih lanjut antara China dan aktor atau organisasi internasional yang secara signifikan dapat membentuk kelembagaan dan membangun infrastruktur serta kebijakan lingkungan kebijakan. pengembangan aturan hukum. serta tingkat keterlibatan multinasional. 4) negara veto merupakan komitmen negara yang menentang kerjasama atau rezim lingkungan secara efektif melalui ketidaksetujuan dalam negosiasi atau dengan tidak mengimplementasikan kebijakan rezim.4 Manfaat Penelitian Adapun yang menjadi manfaat dari penelitian ini adalah manfaat Teoritis dan manfaat Praktis.2 Rumusan Masalah Bagaimanakah strategi dan kebijakan China dalam menanggulangi isu pencemaran air (water pollution)? 1. yaitu: 1. Dengan adanya komitmen-komitmen tersebut.3 Tujuan Penelitian Mengetahui strategi dan kebijakan China dalam menanggulangi isu pencemaran air (water pollution).

Transboundary Water Disputes in Central Asia: Using Indicator Of Water Conflict in Identifyng Water Conflict Potential. Votrin.Belgium: Vrije University Of Brussel. persamaan yang terdapat pada penulisan skripsi dengan judul ”Strategi dan Kebijakan China Dalam Menanggulangi Pencemaran Air (Water Pollution)” ini adalah membahas permasalahan dan ancaman isu lingkungan hidup. Adanya isu tentang pencemaran air yang masuk dalam perspektif keamanan karena adanya proses globalisasi menjadi ancaman isu lingkungan hidup bersifat eksistensial yang tidak hanya dapat diselesaikan melalui kebijakan publik karena terdapat indikator-indikator yang mengindentifikasi potensi konflik yang saat ini menjadi isu lintas batas negara-negara yang berkembang. . maka diharapkan dapat memperluas kajian dalam ilmu hubungan internasional dan dapat dijadikan rujukan dalam penelitian-penelitian selanjutnya. Sedangkan perbedaannya adalah pada penelitian terdahulu membahas indikator dan potensi masalah pencemaran air dari perspektif ilmiah. Sedangkan dalam penulisan skripsi ini. permasalahan dan ancaman isu lingkungan lebih dispesifikan pada masalah pencemaran air di wilayah 16 Valery.Dengan adanya penelitian ini. 2003.5 Penelitian Terdahulu Penelitian terdahulu pertama yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah “Transboundary Water Disputes in Central Asia: Using Indicator Of Water Conflict in Identifyng Water Conflict Potential”16 yang membahas mengenai masalah pencemaran air yang menjadi salah satu bentuk ancaman nyata terhadap keamanan manusia dan stabilitas politik dan keamanan negara serta masyarakat internasional.4. 1. Adapun.2 Manfaat Praktis Dengan adanya penelitian ini peneliti mengharapkan hasil dari penelitian ini menjadi manfaat secara akademis dan ilmiah bagi penulis dan pembaca yang lain sekaligus cerminan dan pertimbangan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak negara yang berada di daerah perbatasan sebagai informasi yang berkaitan dengan permasalahan ini baik secara langsung maupun tidak langsung. 1.

Sari. perbedaannya adalah pada penelitian terdahulu lebih spesifik pada upaya-upaya penanggulangan melalui kerjasama-kerjasama yang dilakukan ASEAN dalam lingkup regional dan multilateral. .6. A. Sedangkan. 2008.1 Kerangka Konseptual atau Pendekatan Definisi Strategi Masalah pencemaran limbah yang terjadi di perairan kawasan China menimbulkan pencemaran air yang terjadi hampir di sebagian wilayah Negara China.K. 1. Penelitian terdahulu kedua yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah “Pencemaran Lintas Batas Akibat Kebakaran Hutan: Suatu Perspektif Dalam Ekologi Dan Hukum Lingkungan Internasional”17 mengenai pencemaran lintas batas akibat kebakaran hutan dan kabut asap sebagai topik bahasan dalam lingkup kerjasama ASEAN. Adapun. persamaan yang terdapat pada penulisan skripsi dengan judul ”Strategi dan Kebijakan China Dalam Menanggulangi Pencemaran Air (Water Pollution)” ini adalah membahas permasalahan dan ancaman isu lingkungan hidup serta penanggulangan masalah pencemaran air sebagai topik bahasan dalam lingkup kerjasama China. dalam penelitian ini lebih pada strategi dan kebijakan aktor-aktor negara dalam menangani masalah polusi air melalui kebijakan atau kerjasama organisasi-organisasi regional dan internasional di kawasan Asia Pasifik. Pencemaran Lintas Batas Akibat Kebakaran Hutan: Suatu Perspektif Dalam Ekologi Dan Hukum Lingkungan Internasional. Adapun pembahasan masalah pada penelitian ini mencakup prinsip-prinsip perlindungan hutan dalam prinsip ekologis dan hukum internasional dengan menyertakan upaya-upaya penanggulangan eksploitasi sumber daya alam oleh organisasi internasional serta tata cara penyelesaian sengketanya.China yang mengidentifikasi kebijakan dan strategi dalam penanggulangan masalah melalui perspektif politik. sehingga sangat diperlukan pemikiran matang dan sebuah strategi jangka panjang mengenai cara mengurangi 17 Sri. Kemudian. Medan: Universitas Sumatra Utara.6 1.

Ilmu Kebijakan dan Pengertian Kebijakan.ac.M.maupun mengatasi pencemaran air sekaligus sebagai langkah antisipasi ancaman dan isu-isu lingkungan di Negara China. NGO’s.idonbiu. New Jersey: Prentice Hall. 20 21 Arnold C. 1. 1991. 19 Lihat di http://elib. Hlm.pdf diakses pada tanggal 5 April 2011.com/2009/04/ilmu-kebijakan-danpengertian-kebijakan. rencana aksi. The Strategy Concept and Process. menurut Arnold C.html Diakses pada tanggal 5 April 2011 .id/files/disk1/487/jbptunikompp-gdl-valentinoh-24334-2-babii. dan kerjasama yang terjadi antar Negara. Definisi mengenai strategi cukup beragam dan bervariasi dari beberapa ahli dan pengarangnya.petra.H & Nicolas S. alokasi dana penanggulangan. Thomas Dye21 menyebutkan kebijakan sebagai pilihan pemerintah untuk melakukan atau tidak 18 Teori Penunjang.php? page=1&submit.x=0&submit.Maljuf20 strategi merupakan konsep multidimensional yang mencakup respon dan kritis organisasi terstruktur (pemerintah) pada setiap perubahan atau ancaman yang memberi atau tidak memberi kontribusi dalam berbagai aspek atau bidang yang penting dalam suatu negara. Dalam hal ini maka dapat diartikan bahwa strategi memerlukan integrasi pemerintah terhadap permasalahan atau ancaman lingkungan yakni pencemaran air melalui lingkup respon yang memiliki tujuan jangka panjang dan pendek.2.Hax & Nicolas S.ac.pdf diakses pada tanggal 5 April 2011.unikom.2 Definisi Kebijakan Banyak definisi yang dibuat oleh para ahli untuk menjelaskan arti kebijakan.y=0&qual=high&fname=/jiunkpe/s1/hotl/2008/jiunkpe-ns-s1-2008-334031429829-belhotel_borneo-chapter2. Sedangkan.6. pengertian strategi secara umum adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi.id/viewer. Gerry Johnson dan Kevan Scholes19 (dalam buku exploring corporate strategy) mendefinisikan strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam dan lingkungan yang berubah untuk mencapai kebutuhan. Lihat di http://digilib. kebijakan. Dalam hal ini. Lihat di http://www. disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat tercapai18. dan partisipasi masyarakat. Corporate.

baik ekosistem. Efek tersebut dikarenakan dampak polusi air akan mengganggu aktivitas masyarakat yang terkena dampak.melakukan sesuatu (whatever government chooses to do or not to do). Dalam pengertian lain. nilai dan praktek (a projected program of goals.3 Definisi Pencemaran Air Pencemaran air adalah22 suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. Carl Friedrich mengatakan bahwa yang paling pokok bagi suatu kebijakan adalah adanya tujuan (goal). Lebih jauh lagi efek tersebut akan merugikan dalam perekonomian maupun aspek lainnya bagi negara-negara yang terkena dampak.scribd. ekonomi bahkan politik yakni akan berpengaruh pada hubungan diplomasi terhadap negara-negara di perbatasan khususnya negara yang di rugikan. dan Carl Friedrich. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. menyebutkan kebijakan sebagai program yang diproyeksikan berkenaan dengan tujuan. sasaran(objektive) atau kehendak(purpose). Untuk itu dibutuhkan sebuah penanggulangan agar tidak berdampak lebih besar. .com/doc/14144746/Pencemaran-air Diakses pada tanggal 5 April 2011. sosial. kebijakan sebagai langkah 22 Pencemaran Air. Definisi ini dibuatnya dengan menghubungkan pada beberapa definisi lain dari David Easton. Lihat di http://www.6. Ini mengandung konotasi tentang kewenangan pemerintah yang meliputi keseluruhan kehidupan masyarakat. Tidak ada suatu organisasi lain yang wewenangnya dapat mencakup seluruh masyarakat kecuali pemerintah. values and practices). Dalam kasus ini kerusakan lingkungan akibat pencemaran air yang terjadi di sekitaran China memberikan efek yang buruk. Dampak kerusakan lingkungan khususnya pada biota air berpotensi menimbulkan kerugian yang cukup besar. 1. Easton menyebutkan kebijakan pemerintah sebagai kekuasaan mengalokasi nilai-nilai untuk masyarakat secara keseluruhan. Sementara Lasswell dan Kaplan yang melihat kebijakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan. sungai. Lasswell dan Kaplan.

et all. 1995.wordpress.4 Keamanan non Tradisional Konsep keamanan pasca perang dingin telah mengalami banyak perubahan dan 23 24 Fardiaz. 27 Tracy G. Kanisius. koloidal. Polusi Air. lautan. The Wolrd’s Worst Polluted Places: The Top Ten. Lihat di http://www. Berdasarkan dari jenisnya pencemaran air terdiri dari:27 1) water gases pollution. New York: The Blacksmith Institute. 2006. Andi 26 Pencemaran Air.pencemaran air adalah23 penyimpangan sifat-sifat air dari keadaan normal. Yogyakarta.go. yang terdapat pada daerah tertentu yaitu 4) Limbah Pertambangan. 19 Pencemaran Air. Selain itu.8. 1. . Untuk sungai. 3) adanya perubahan warna.com/2011/02/21/pencemaran-air/ Diakses pada tanggal 5 April 2011. 2) adanya perbahan pH atau konsentrasi dari Hidrogen. pembuangan limbah industri / pabrik telah merusak sungai sepanjang puluhan kilometer. 2011.id/index. Hal. Wisnu A. 2) water chemical’s pollution 3) water radioactive waste pollution. Indikator atau tanda bahwa air lingkungan telah tercemar adalah perubahan atau tanda yang dapat di amati melalui:25 1) perubahan suhu air. 4) water sulfur dioxide pollution. Pencemaran yang terjadi di sungai dan lautan ini telah menyebabkan ekosistem dan habitat air menjadi rusak bahkan mati. Dampak Pencemaran Lingkungan.php/did-you-know/lingkungan/305-pencemaranair Diakses pada tanggal 5 April 2011. Srikandi. 4) timbulnya endapan. bukan dari kemurniannya. Pencemaran air ini terjadi di sungai. Tingkat pencemaran yang terberat adalah akibat limbah industri yang di buang ke sungai dan juga tumpahan minyak dilautan. Yogyakarta. Sumber pencemaran air secara umum antara lain26: 1) Limbah Pemukiman. Pencemaran air secara umum dapat diartikan perubahan yang mengakibatkan menurunnya kualitas air hingga ke tingkat yang membahayakan sehingga air tidak bisa digunakan sesuai peruntukannya24. 6) meningkatnya radioaktivitas lingkungan. bahan terlarut . 3) Limbah Industri. 5) adanya mikroorganisme. Lihat di http://makalahsekolah. dan air bawah tanah. 25 Wardhana. 2) Limbah Pertanian.6.bplhdjabar. bau dan rasa air. Hlm. Eko Nurcahyaningrum. 1992.

ancaman keamanan lingkungan dalam suatu negara berpotensi mengancam keamanan dan stabilitas negara-negara lain yang dekat dengan kawasan perbatasan serta 28 Simon Dalby. keamanan energi (energy security). keamanan pangan (food security). Dalam Pengantar Ilmu Hubungan Internasional. 1992. Seperti halnya konsep keamanan yang mencakup berbagai dimensi.29 Adapun.perkembangan. Tanpa dilihat dari motif yang melatarbelakangi. Revisioning Human Security in Southeast Asia. 3) Pandangan ketiga tidak saja memperluas cakupan bahwa keamanan adalah lebih luas dari semata-mata ancaman militer dan ancaman negara. Ecology: The Dilemmas Post Cold War Security Discourse”. Dr. 29 Mely Caballero-Anthony. 2005. wacana-wacana modern yang berkembang saat ini mendapati beberapa diskursus kontemporer mengenai keamanan yang mencakup dalam berbagai dimensi misalnya keamanan lingkungan (environmental security). tetapi juga berpusat pada keamanan untuk masyarakat. vol. seperti kemiskinan. “Security. Anak Agung Banyu Perwita dan Dr. 28.3 2004. Asian Perspective Vol. namun juga berusaha untuk memperlancar proses pencapaian emansipasi manusia (human emancipation). 17. Modernity. hal. maka hubungan konsep keamanan non tradisional dengan masalah pencemaran air di China ini adalah timbulnya ancaman lintas batas negara (transnational threat). 102-103. Keamanan tidak hanya identik dengan dengan isu-isu seputar militer namun juga isu-isu non-militer. dan keamanan ekonomi (economic security). Remaja Rosdakarya. Alternatives. 2) Pandangan kedua adalah menentang perluasan ruang lingkup daripada keamanan dan lebih cenderung konsisten dengan status quo.28 Menurut Mely Caballero-Anthony. . Yanyan Mochamad Yani. minimal ada tiga pandangan tentang keamanan : 1) Pandangan pertama adalah yang beranggapan bahwa ruang lingkup keamanan adalah lebih luas daripada semata-mata keamanan militer (military security). PT. Bandung. Hak Asasi Manusia (HAM) dan lain-lain. No. Pengertian Keamanan pasca perang dingin sangat luas dan tidak lagi diartikan secara sempit sebagai hubungan konflik atau kerjasama antar negara (Inter-State Relations).

Kemudian.1 Batasan Penelitian dan Materi Batasan Penelitian Pada tahun 1980an sebagian besar daerah di China mulai banyak investor lokal maupun asing yang mendirikan pabrik dan industri-industri besar.7 1. 1. penulisan penelitian ini hanya dibatasi pada tahun 1995 sampai saat ini. kerjasama antar negara (inter-state) yang dimaksud adalah kerjasama antar negara yang membahas.2 Batasan Materi Materi yang dibahas dalam penulisan penelitian ini memfokuskan pada Strategi dan Kebijakan China dalam menanggulangi Isu Pencemaran Air.8 Metode Penelitian . kemudian jelaskan kerjasama inter state atau kerjasama antar negara yg d maksud dlm masalah ini.regional. Di tahun yang sama pula pemerintah dengan orientasi pertumbuhan ekonomi yang pesat mengenalkan teknologi biogas untuk proses bercocok tanam di bidang pertanian. 1.7. Sehingga. dimana batasan ini dibuat karena pada tahun 1995 pada masa rezim President Jiang Zemin untuk pertama kalinya pemerintah China fokus pada masalah lingkungan terkait masalah pencemaran air dengan perwujudan regulasi dan kebijakan pemerintah atas permasalahan tersebut. dan membuat rencana aksi atas ancaman keamanan yang terjadi di negara China hingga negara-negara lain yang juga terkena dampak negatifnya baik di kawasan perbatasan maupun regional. 1. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya serangkaian kasus polusi di perairan sehingga mendorong pemerintah China melakukan Strategi dan Kebijakan.  Tambahkan mengenai hubungan konsep keamanan non tradisional dgn masalah ini.7. pada tahun 1990 dampak negatif mulai dirasakan terkait pencemaran lingkungan khususnya pencemaran air di China. memahami. Adapun.

dimana menggunakan bahan penelitian yang diperoleh dengan melakukan studi pustaka dari berbagai sumber baik berupa buku.2 Variabel Penelitian Metode penelitian31 adalah semua asas. kebijakan dan aksi terhadap lingkungan. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). 2000. 1. 4 . 1. Penelitian ini memiliki 1 variabel yaitu variabel independen (strategi dan kebijakan).1 Jenis Penelitian Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif30. koran. Jakarta: PT Grasindo. peraturan dan teknik-teknik tertentu yang perlu diperhatikan dan diterapkan dalam usaha pengumpulan data dan analisis untuk memecahkan masalah dibidang ilmu pengetahuan. Pengantar Metode Penelitian Sosial. artikel dan situs internet. Nurul. 1.3 Teknik Analisis Data Adapun teknik analisis data yang dipakai oleh penulis adalah kualitatif yakni jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh dari prosedur statistik atau bentuk hitungan lainya. atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat.8. Malang: Bumi Aksara. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan.8. fakta-fakta. Sedangkan. mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu.8. Hal.1. 2005.9 Argumentasi Pokok Argumentasi Pokok dalam penelitian ini adalah problematika pencemaran air di China memunculkan paradigma baru dalam konteks lingkungan sebagai ancaman nasional China dan Internasional ini disebabkan oleh kurangnya management risiko dan kontrol pemerintah China baik secara regulasi. 47 Dolet Unaradjan. investor dan industri 30 31 Zuriah. Hal. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang diharapkan untuk memberikan gejala-gejala.

Demokrasi Rakyat Republik Korea (DPRK). tanah dan udara. NGO's. Mongolia: presented at the 9th Northeast Asian Conference on Environmental Cooperation.or. Kerjasama-kerjasama yang dimaksud adalah: 1. Adapun. Hal ini juga didukung dengan sikap pemerintah dalam mengendalikan situasi. .com/search? q=cache:mLmQrhIe3fAJ:enviroscope. terdapat kerjasama-kerjasama antar negara.pdf+china+cooper ation+with+ngo%27s+related+to+water+pollutions&hl=id&gl=id Diakses pada tanggal 17 Mei 2011.jp/modules/envirolib/upload/1704/attach/neasia. menjalin kerjasama dan membuat rencana aksi dengan NGO’s yang bergerak di bidang lingkungan terkait penyelesaian masalah pencemaran air di kawasan nasional.googleusercontent. Mongolia. yang juga terkait dengan investor asing. Kerjasama antar negara terkait masalah pencemaran air di China salah satunya adalah kerjasama negara-negara kawasan Asia Timur termasuk Republik Rakyat Cina. sosial dan lingkungan) melalui strategi dan kebijakan pemerintah China. Jepang. Hlm. Republik Cina (Taiwan). 2002. mengatur risiko atas kebijakan dan strategi yang dibuat demi kepentingan lingkungan bukan hanya demi kepentingan ekonomi. politik.32 32 Wakana. serta menjalin kerjasama dan membuat kebijakan asing dan rencana aksi dengan Negara lain terkait penyelesaian masalah pencemaran air di kawasan regional maupun internasional. Takashi. Adapun. kondisi dan transparansi di badan pemerintahan atas bidang lingkungan. Selain penanggulangan yang meliputi rencana aksi. kontribusi di berbagai aspek (ekonomi. Lihat di http://webcache. perencanaan alokasi dana dan program-program.1.iges. Republik Korea (ROK). Sedangkan untuk mengatasi permasalahan ini pemerintah China harus mengeluarkan kebijakan dan regulasi yang terkait dengan investor asing.yang berkembang di China. dimana negara-negara tersebut merupakan negara yang paling tercemar di dunia dengan kerusakan lingkungan dalam hal pencemaran air. Environmental Cooperation in Northeast Asia. masalah pencemaran air di China telah melampaui batas-batas wilayah negara. dan Rusia.

Caritas Australia.33 Sedangkan. Green watershed. jika penjelasannya memang seperti ini. dan kerjasama yg terkait dgn investor asing trsbut yg d mksd. Coca Cola Company. kerjasama yang terkait dengan investor asing tergabung dengan China Association for NGO Cooperation (CANGO) yang didirikan di China pada tahun 1992 dengan beranggotakan beberapa perusahaan domestik dan asing misalnya ABA.asp?CCMOrg_ID=547 Diakses pada tanggal 17 Mei 2011. Greenlaw. 1. pembahasan/atau tujuan dr tiap2 point2 tsb untuk bab III.chinacsrmap.10 Sistematika Penulisan Secara garis besar jika dideskripsikan penulisan dari bab per bab dalam penelitian ini akan menjadi sebagai berikut: BAB I (Pendahuluan) Dalam bab ini peneliti meneliti tentang sejauh mana kronologi dan dampak pencemaran air di China terhadap keamanan regional.34  Sub bab ini merupakan jawaban sementara untuk bab 3. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu dimaksudkan untuk mempelajari lebih jauh tentang bagaimana strategi dan kebijakan China 33 Lihat di http://www. . Microsoft. Transparency Index. Kerjasama dengan NGO's dan investor asing yang terkait dengan masalah pencemaran air di China salah satunya adalah kerjasama dengan Center for Legal Assistance to Pollution Victims (CLAPV).org/for-community/ngos-play-critical-role/ Diakses pada tanggal 17 Mei 2011 34 Lihat di http://www. Cukup point2nya saja.2. Honeywell International. Greenpeace. maka tambahkan point2 tersebut di atas mengenai kerjasama China dgn rencana aksi dgn NGO yg d maksud. Jika penjelasan d atas bukan utk d bab III.org/E_OrgShow. jd argumentasi pokok di atas di ubah dan sesuiakan dgn sistematika penulisan untuk bab III. Tianjin Figaro Electric dan sebagainya.asiawaterproject.

Bab IV Penutup Bab ini mengemukakan kesimpulan dari pembahasan bab-bab sebelumnya dan beberapa saran sehubungan dengan kesimpulan tersebut. dampak (baik secara global. Variabel Penelitian. Akhir dari bab ini berisi tentang metodologi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu antara lain: Ruang lingkup penelitian. Hipotesa dan Sistematika Penulisan. BAB II Ancaman dan Isu Lingkungan di China: Water Pollution Bab ini peneliti menjelaskan tentang fenomena ancaman dan isu-isu lingkungan terutama pencemaran air secara lebih detail. Kemudian. regional. serta kata penutup. kerjasama dan kebijakan pemerintah. Dalam hal ini penanggulangan yang meliputi rencana aksi. dan domestik. untuk pendekatan peneliti menggunakan teori strategi dan kebijakan-kebijakan pemerintah secara lebih detail. regional dan domestic) dari pemerintah. kontribusi di berbagai aspek (ekonomi. perencanaan alokasi dana dan program-program. Dalam bab ini pula peneliti akan menjelaskan secara detail profil negara China sebagai penyumbang terbesar polusi air di kawasan regional serta fenomena-fenomenanya. sosial dan lingkungan). Dalam hal ini mencakup kronologi. tipologi. politik. . BAB III Strategi dan Kebijakan China Dalam Menanggulangi Masalah Pencemaran Air Pada bab ini peneliti akan menjelaskan tentang bagaimana strategi. Metode Penelitian.terhadap ancaman lingkungan terutama pencemaran air serta kerjasama antar negara dan organisasi-organisasi internasional di kawasan Asia Pasifik dalam menanggulangi pencemaran air yang mengganggu kawasan international.

MIT Press.M. 7-36. 1991. 28. PT Pustaka LP3ES Indonesia. 175. Revisioning Human Security in Southeast Asia. Mimi. John. The Strategy Concept and Process. Ekayanti. Ilmu Hubungan Internasional Disiplin dan Metodologi. Dolet Unaradjan. Hal. Hal. Hlm:5. 2002. Mohtar. Asian Perspective Vol. Regionalism in World Politics.3 2004. 1998. 35. New York: Draft Environmental. Transformasi Isu Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Politik dan Keamanan Global.2. Oxford University Press. 2007. Hlm. Jakarta: PT Grasindo. Hlm 87 . Global Political Economy. New Jersey: Prentice Hall. Global Dangers: Changing Dimensions of International Security.Lynne Rienner Publisher. 2007. Hlm. 1994. Hlm 23 Chaterine Yap Co (et all). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik: Universitas Muhammadiyah Malang. Jakarta. Fawcett. 2009. A New Frame Work For Analysis. Ravenhill. Sean M. Barry. New York: Oxford University Press. 1995. Pollution Across Chinese Provinces. 2000. Buzan. Louise and Andrew Hurrell.DAFTAR PUSTAKA Arnold C.H & Nicolas S. Hlm. No. 4. Pengantar Metode Penelitian Sosial. Second Edition. Mely Caballero-Anthony.Mas’oed. Lynn-Jones & Steven Miller.

Syumanda.org/article. Pembakaran Hutan: Bencana Tahunan Riau.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/ch. Tracy G. Security.chinacsrmap.html http://www. 2005.iges.asiawaterproject. Nurul.com/countries2. Oxford University Press. 102-103.org/for-community/ngos-play-critical-role/ https://www. “ The Globalization of World Politics”.googleusercontent. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. hal. et all.php?id=1878 http://findarticles.jp/modules/envirolib/upload/1704/attach/neasia . Hlm. Remaja Rosdakarya. 2006. 2008. vol. 2005.com/search? q=cache:mLmQrhIe3fAJ:enviroscope. Zuriah.Belgium: Vrije University Of Brussel. New York: The Blacksmith Institute. 17.com/p/articles/mi_m0IMR/is_1-2_81/ai_n16599308/ http://www. Dalam Pengantar Ilmu Hubungan Internasional. 1992. Alternatives. Hlm 195. 1999. The Wolrd’s Worst Polluted Places: The Top Ten. Sari. Lembar Info Media: Wahana Lingkungan Hidup Indonesia.aneki.Simon Dalby. 2003. Walter Lippmann dalam Baylis & Steve Smith. Bandung.cia. Ecology: The Dilemmas Post Cold War Security Discourse. Pencemaran Lintas Batas Akibat Kebakaran Hutan: Suatu Perspektif Dalam Ekologi Dan Hukum Lingkungan Internasional. R. Sri.8. Transboundary Water Disputes in Central Asia: Using Indicator Of Water Conflict in Identifyng Water Conflict Potential.or.K. Modernity.org/E_OrgShow.pdf+china+cooperation+with+ngo%27s+related+to+water+pollutions&hl=id&gl=id http://www. Anak Agung Banyu Perwita dan Dr. Medan: Universitas Sumatra Utara.php? t=Countries_that_are_the_Greatest_Water_Polluters&table=table_water_pollution&places=*&unit=* &order=desc&orderby=table_water_pollution. Dr. Votrin. PT.value&dependency=independent&number=5&cntdn=n &r=-449&c=&measures=Country--Daily%20Amount%20of%20Water%20Pollutants%20%28kg %29&units=*--*&decimals=*--*&file=water_pollution .asp?CCMOrg_ID=547 http://www. 2003. Malang: BumiAksara.pacificenvironment. Valery. Sumber Internet http://webcache. A. Yanyan Mochamad Yani.

com/2007/06/24/pengertian-strategi/ http://www.pdf+07kyzII001.php?itemid=391&catid=10&subcatid=66#3302 www.com:8080/kxtbe/fileup/PDF/07kyzII001.x=0&submit.yimg.pdf http://www.scichina.http://webcache.co.com/china.petra.php? page=1&submit.googleusercontent.y=0&qual=high&fname=/jiunkpe/s1/hotl/2008/jiunkpe-ns-s1-200833403142-9829-belhotel_borneo-chapter2.com%2Fkq%2Fgroups%2F23736096%2F1326334322%2Fname%2FInternasionalisasi %2BPemanasan%2BGlobal%2B%2B-%2BSyamsul%2BHadi%2B(Revised-14-909).04.wordpress.worldwatercouncil.pacificenvironment.pdf &hl=id&gl=id http://www.controllingpollution.org/article.idonbiu.php?id=1878 http://www.id/viewer.com/search? q=cache:40ipmvxQKZUJ:www.html http://strategika.doc&ei=K8F8TIa9CM-5cfP1kKUF&usg=AFQjCNFGdQCHto831cmrB9Y6GR-PMMJX8Q http://www.org/fileadmin/wwc/News/WWC_News/water_problems_22.ac.com .com/2009/04/ilmu-kebijakan-dan-pengertian-kebijakan.com/water-pollution-south-africa/ http://factsanddetails.03.pdf http://digilib.responsibleresearch.id/url?sa=t&source=web&cd=4&ved=0CB0QFjAD&url=http%3A%2F %2Fxa.google.

STRATEGI DAN KEBIJAKAN CHINA DALAM MENANGGULANGI PENCEMARAN AIR (WATER POLLUTION) Oleh : FANDY ASGAFF NIM 05260126 .

JURUSAN HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2011 .