PETUNJUK PENGGUNAAN

I

PENGANTAR
Puji Syukur senantiasa kita panjatkan kehadlirat Tuhan YME, atas semua kenikmatan yang diberikan kepada kita semua, sehingga kita senantiasa dapat melaksanakan tugas mulia kita membimbing dan mendidik putra/putrid kita calaon penerus perjuangan bangsa Indonesia Terima kasih, Bapak / Ibu telah menggunakan software asli pengolah data "DAFTAR CEK MASALAH". Harapan kami, semoga dengan penggunaan alat ini dapat membantu mempermudah Bpk/Ibu dalam mengolah data, sekaligus sebagai peningkatan unjuk kerja Bapak/Ibu dalam melaksanakan Program BK di sekolah. Bpk/Ibu, Alat ini hanya merupakan Alat bantu pengolahan DCM, yang kami susun untuk memudahkan rekan-rekan Guru Pembimbing dalam mengelola Data yang ada agar dapat berfungsi dan berdaya guna. Dalam penyusunan alat ini, kami telah mencoba untuk semaksimal mungkin dapat dioperasikan dengan mudah oleh rekan-rekan, meski dengan kemampuan pengoperasian komputer yang minim. Alat ini juga belum sampai pada penyusunan program, namun hanya sampai analisa hasil, dan perkiraan prioritas penanganan masalah, yang sekaligus dapat digunakan sebagai "Need Accessement" dalam penyusunan Program Pemberian Layanan secara Umum. Untuk memudahkan pengoperasian, File ini kami sususn dalam 14 (Empat Belas Sheet), yang masing-masing sheet bisa di akses melalui HALAMAN MUKA, cukup dengan meng "KLIK" Halaman yang akan dibuka. Berikut kami jelaskan masing-masing Sheet yang ada.

II

ISI FILE INI : MENU UTAMA
Halaman ini berisi daftar isi dari seluruh file yang ada. Apabila Bapak / Ibu ingin menuju ke halaman tertentu, cukup meng "KLIK" pada kotak pilihan.

MANUAL GUIDE
Bagian ini memuat petunjuk umum penggunaan alat ini. Apabila Bpk / Ibu mengalami kesulitan dalam penggunaan alat ini, barangkali lewat bagian ini Bpk / Ibu bisa mendapatkan petunjuk pengoperasian alat ini.

SOAL DCM
Halaman ini berisi Soal DCM. Apabila Bapak/Ibu berkenan menggunakan DCM pada anak asuh Bpk/Ibu, dapat mencetak dari halam ini, dengan catatan : TIDAK BOLEH DIBOLAK BALIK NOMOR SOALNYA. Hal ini karena terkait dengan urutan soal yang telah terbagi sesuai dengan topik yang ada

TABULASI
Bagian ini merupakan bagian inti pekerjaan yang harus Bapak / Ibu laksanakan. Dan pada halaman ini saja Bapak / Ibu mengisi seluruh data yang ada. Untuk itu diperlukan ketelitian dalam pengisian tabel ini. Isi data sekolah, dan tanggal pengisian / pelaksanaan pengambilan data. Selanjutnya pada tabel silahkan Bapak / Ibu Isi sesuai dengan data yang ada. Untuk Nomor Urut, apabila bapak / ibu menghendaki bisa diganti dengan Nomor Siswa Asuh. (selanjutnya nomor ini yang akan menjadi kunci dalam memanggil data pada Profil individual). Ingat : Jangan sampai salah memsukkan nomor soal, sesuai dengan TOPIK masing-masing.

PROFIL INDIVIDUAL
Pada Halaman ini, Bapak / ibu akan dapat mengetahui Profil Individual dari masing – masing anak, yang ditampilkan dalam bentuk Tabel Bidang dan Frekwensi masalah, dan Grafik berdasar pada sub topik permasalahan serta Grafik berdasar topik masalah yang dialami siswa. Untuk mengetahui Profil seorang siswa, Bapak / Ibu cukup menuliskan "NOMOR KLIEN" saja. ( Nomor ini adalah sesuai dengan Nomor pada Halaman Tabel yang telah Bapak/Ibu Tuliskan )

dimana ada panah . Gunakan Cara yang sama untuk mengetahui Derajat Permasalahan yang ada.masalah mana yang perlu mendapat prioritas pelayanan.masing kelas. dengan meng "KLIK" pada kotak kecil di kelas yang ingin di lihat. Gunakan Cara yang sama untuk mengetahui Derajat Permasalahan yang ada. sehingga tidak terjadi kesalahan. yang perlu Bapak Ibu perhatikan adalah langkah berikut. Selebihnya halaman ini telah di "PROTECT" untuk menghindari dan mengamankan Formula yang ada. . tanpa bisa menambah data lain. kemudian pilih "D" atau "E" atau dua-duanya. Dapak / Ibu dapat mengetahui masalah . Apabila Bapak / Ibu ingin mencetak Profil Individual. karena bagian ini telah di "PROTECT" untuk mengamankan Formula yang ada. ANALISIS BUTIR SOAL PER KELAS Pada halaman ini ditampilkan Analisis masalah untuk setiap butir permasalahan yang terjadi pada masing-masing kelas. Klien / responden memberikan tanda "centhang" ( ) pada nomor permasalahan yang dialami. Gunakan Cara yang sama untuk mengetahui Derajat Permasalahan yang ada. pada halaman ini ditampilkan Analisis per butir soal untuk seluruh kelas paralel. pilih kelas yang diinginkan. Ketika muncul daftar kelas yang ada.masalah yang derajat maslahnya "D" ayau "E". dan margin agar hasil cetakan dapat tampil dengan baik. yaitu masalah . PROFIL KELAS Sama seperti Profil Individual. ANALISIS PER TOPIK PARALEL Pada halaman ini ditampilkan Analisis masalah berdasar Topik permasalahan yang terjadi pada seluruh kelas paralel. ANALISIS PER TOPIK KELAS Pada halaman ini ditampilkan Analisis masalah berdasar Topik permasalahan yang terjadi pada masing-masing kelas. Bapak / Ibu hanya dapat menulis pada bagian "Nomor Klien" saja. dengan cara Klik Tanda Panah Kecil pada kolom Derajat permasalahan. Bapak/Ibu hanya dapat melihat Profil tersebut dengan cara sebagaimana prosedur di atas. Klik saja pada pilihan "ALL" Mohon maaf.Mohon maaf. Klik saja panah kecil yang berada Di bawah kolom kelas. DATAR SISWA ASUH Halaman ini berisi contoh Format Daftar Siswa Asuh. LEMBAR JAWAB DCM Lembar jawab Versi 1.panah kecil yang muncul di bawah nama kolom Untuk mengetahui Profil kelas yang diinginkan. Perhatikan kolom pada halaman ini. pada halaman ini Bapak / Ibu dapat mengetahui Profil masalah dari masing-masing kelas. sesuaikan ukuran kertas. Jika menginginkan seluruh kelas muncul. dengan cara pengisian. Untuk mengetahui Profil masing . sehingga tidak terjadi kesalahan. ANALISIS PER BUTIR SOAL KELAS PARALEL Sama seperti pada halaman Analisis Butir Soal per kelas. dapat langsung diberikan perintah Cetak ( CONTROL + P ) saja.

serta apabila rekan . Hotline : 081325676866 ( Drs. pada kolom yang disediakan.mata untuk mempermudah rekan-rekan dalam menganalisis DCM. dengan cara pengisian : Klien / responden menuliskan nomor permasalahan yang dialami. Achmad Rifai ) Email : arief. Alat bantu analisis DCM ini disusun semata . IDENTIFIKASI KEBUTUHAN Halaman ini berisi CONTOH IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KUMPULAN MATERI PROGRAM Halaman ini berisi CONTOH MATERI PROGRAM LAYANAN III LAIN_LAIN. Penggunaan dan pengembangan lebih lanjut sepenuhnya diserahkan kepada rekan rekan Guru Pembimbing.com . dipersilakan untuk menghubungi kami. Lembar jawab versi 2 lebih praktis dan efiseien untuk digunakan. Sadar akan keterbatasan penyusun dalam pembuatan Alat bantu ini.rekan mengalami kesulitan dalam penggunaan alat bantu ini.LEMBAR JAWAB DCM 2 Lembar jawab Versi 2.team@gmail. maka kritik dan saran senantiasa kami harapkan demi untuk pengembangan dan penyempurnaan lebih lanjut Untuk Kritik dan saran. Mastur ) 081914010535 ( Drs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful