P. 1
garam 1

garam 1

|Views: 44|Likes:
Published by Fidianto Suryana

More info:

Published by: Fidianto Suryana on Sep 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2012

pdf

text

original

Garam Kata Kunci: garam asam, garam basa Ditulis oleh Zulfikar pada 18-07-2010 Garam merupakan senyawa

yang bersifat elektrolit yang dibentuk dari sisa basa atau logam yang bermuatan positif dengan sisa asam yang bermuatan negatif, perhatikan bagan pada Bagan 8.20. Dengan keberadaan sisa basa dan sisa asam maka, umumnya garam bersifat netral. Namun kadangkadang garam memliki pH lebih kecil dari 7 bersifat asam atau lebih besar dari 7 bersifat basa.

Bagan 8.20. Garam yang dibentuk dari sisa asam dan sisa basa Atas dasar sifat keasamannya maka garam dapat digolongkan menjadi tiga yaitu garam normal, garam asam dan garam basa. Untuk melihat sifat ini perlu dibahas terlebih dahulu jenis-jenis reaksi penggaraman.

Garam Umumnya zat-zat dengan sifat yang berlawanan, seperti asam dan basa cenderung bereaksi satu sama lain. Sebagai contoh, pasta gigi mengandung basa berfungsi untuk menetralkan mulut kita dari asam, yang dapat merusak gigi dan menimbulkan bau mulut. Atau pernahkah kalian menyadari kenapa ketika orang-orang menderita sakit maag harus minum obat maag? Sebenarnya ada apa dalam obat maag itu sehingga bisa menyembuhkan sakit maag? Nah proses ini juga termasuk kedalam contoh reaksi antara asam dengan basa. Ketika orang menderita sakit maag itu berarti produksi asam lambung (HCl) berlebih sehingga kelebihan asamnya itu harus dinetralkan dengan menggunakan senyawa basa Mg(OH)2 suatu zat yang terkandung dalam obat maag.

sifatnya basa taitu garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat.dari basa membentuk molekul air yang bersifat netral. tetapi hasil reaksi (garam) tidak selalu bersifat netral.3 Beberapa garam yang dikenal Nama Garam Rumus Nama Dagang Kegunaan . Berikut ini beberapa contoh garam yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Jadi selain menghasilkan molekul air reaksi asam basa juga menghasilkan suatu garam. Kedua. contohnya CH3COONa. Dalam kehidupan sehari–hari tentu kalian tidak asing dengan garam. maka ion H+ dari asam akan bereaksi dengan ion OH. sifatnya asam yaitu garam yang berasal dari asam kuat dan basa lemah. Dalam kasus ini asam klorida bereaksi dengan natrium hidroksida akan membentuk garam dapur dan air. Tabel 4. Contoh garam adalah garam dapur (NaCl) yang biasa digunakan untuk keperluan memasak.Gambar 4. Garam dapur salah satunya dapat diperoleh dengan cara mencampur zat asam dan basa. Danketiga garam basa.garam normal. Berdasarkan kekuatan asam basa penyusunnya.7 Garam Dapur Reaksi asam dengan basa disebut juga reaksi penetralan. H+ (aq) + OH. yang bersifat netral yaitu garam berasal dari asam kuat dan basa kuat contohnya NaCl. garam asam. contohnya adalah NH4Cl. Pertama.(aq) à H2O (ℓ) Asam Basa Air Adapun ion negatif (Anion) dari asam dan ion positif (Kation) logam dari basanya akan bergabung membentuk senyawa ion yang disebut garam. Ketika suatu asam bereaksi dengan basa. larutan garam terbagi menjadi 3 golongan. HCl(aq) Asam + NaOH(aq) Basa → NaCl(s) + Garam dapur H2O(l) Air Walaupun reaksi asam dengan basa disebut reaksi penetralan.

bahan karet Pupuk. bahan peledak Bahan sabun dan kaca Bahan deterjen Bahan baterai Natrium bikarbonat NaHCO3 Baking Soda Kalsium karbonat Kalium nitrat Kalium karbonat Natrium fosfat Amonium klorida CaCO3 KNO3 K2CO3 Na3PO4 NH4Cl Kalsit Saltpeter Potas TSP Salmoniak .Natrium klorida NaCl Garam dapur Penambah rasa Pengembang kue Bahan cat.

Indikator adalah zat-zat yang menunjukkan indikasi berbeda dalam larutan asam. indikator alami. maupun netral. basa. dan Garam Begitu banyak contoh zat disekitar kita. atau netral dapat menggunakan kertas lakmus. dan garam. Nah bagaimana cara kita mengetaui apakah zat tersebut bersifat asam atau basa? Salah satu caranya bisa menggunakan indikator asam basa. basa.Identifikasi Asam. baik yang bersifat asam. . Cara menentukan senyawa bersifat asam. indikator universal atau pHmeter. Basa. basa.

.

sehingga digunakan dalam bentuk lakmus kertas. 2. kubis ungu atau jenis bunga-bungaan yang berwarna. 2. Sifat dari masing-masing kertas lakmus tersebut adalah sebagai berikut. Identifikasi Larutan Asam dan Basa Menggunakan Indikator Alami Selain menggunakan indikator buatan.4 Warna Lakmus dalam Larutan Asam. 3. . Lakmus adalah sejenis zat yang diperoleh dari jenis lumut kerak.Identifikasi dengan Kertas Lakmus Ada dua macam kertas lakmus. kulit manggis. dan garam. yaitu lakmus merah dan lakmus biru. Basa dan Netral Larutan Asam Larutan Basa Larutan Netral Indikator Lakmus Merah Merah Biru Merah Lakmus Biru Merah Biru Biru Lakmus digunakan sebagai indikator asam-basa. Ekstrak atau sari dari bahan-bahan ini dapat menunjukkan warna yang berbeda dalam larutan asam basa. yaitu: 1. dipakai pula indikator alami untuk mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan berdasarkan konsep asam. Lakmus sukar bereaksi dengan oksigen dalam udara sehingga dapat tahan lama.9 Bagian-bagian kertas lakmus Tabel 4. Lakmus mudah diserap oleh kertas. Indikator alami. Lakmus dapat berubah warna dengan cepat saat bereaksi dengan asam ataupun basa. sebab lakmus memiliki beberapa keuntungan. basa. kunyit. seperti : bunga sepatu. Gambar 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->