TUGAS SISTEM OPERASI

Kelompok 1: Arif W Hidayat D1A.0024 Ipan Kusmara D1A. Dearista Willi D1A. Eko Amirridin D1A.0029

UNIVERSITAS SUBANG 2008

KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini kami membahas “Dos”. Makalah ini dibuat untuk persyaratan tugas mata kuliah system operasi.Semoga makalaah dapat bermanfaat.Terima kasih.

2

Kata Pengantar Daftar isi 1. SISTEM OPERASI 2. PTS-DOS 3. MS DOS 4. E(PC-DOS) 5. DR DOS 6. FREEDOS 7. APPLE DOS

2 3 4 8 10 19 21 27 33

41 Kesimpulan 42 Daftar Pustaka

3

Sistem Operasi
• • Program pengendali utama dari seluruh sistem komputer Pengelola seluruh sumberdaya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumberdaya sistem computer

1. Control Program
Modul program SO yang memungkinkan program lain dpt bekerja pada komputer

Fungsi control program : Memory management Processor management Device management File System Management Control Program terdiri dari 3 jenis : TOS DOS ROM BIOS

2. Operating System Service Program bantu sistem operasi yang sering disebut Utility, dimana berfungsi untuk mempermudah proses operasi suatu program aplikasi sehingga memudahkan pemakai dalam bekerja dengan komputer.

4

Program utility yang disediakan oleh sistem operasi terdiri dari modul : Text Editor Linker Loader Debugger Fungsi Dasar Sistem Operasi … • • Mengatur penggunaan sumberdaya yang ada pada komputer Program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan dan penggunaan komputer yang tidak perlu. multiprogramming Generasi Keempat (1980an) Jaringan komputer. menurut Tanenbaum… Generasi Pertama (1945-1955) Awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik  belum ada sistem operasi sehingga sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung. Sasaran Sistem Operasi Kenyamanan Efisiensi Berevolusi Sejarah Sistem Operasi. Generasi Kedua (1955-1965) Batch Processing System Generasi Ketiga (1965-1980) Multiuser. Graphical User Interface 5 .

Layanan Sistem Operasi Sebuah sistem operasi yang baik menurut Tanenbaum harus memiliki layanan sbb : • • • • • • • Pembuatan program Eksekusi program Pengaksesan I/O Device Pengaksesan terkendali terhadap berkas Pengaksesan sistem Deteksi dan pemberian tanggapan pada kesalahan Akunting Proses Booting Peristiwa pelaksanaan pengawalan (startup) komputer untuk mengambil sistem operasi (operating system) dari disk yang mendasari aktifnya komputer Diagram Proses Booting User Application software High Level Language DOS Control Program Hardware ROM BIOS MS-DOS/PC-DOS Bahasa pemrograman komputer Program aplikasi. paket siap pakai 6 .

untuk pemasarannya SO ini dapat didownload scr Cuma2 dari internet Novell Untuk versi 5. DR-DOS dibuat dari transformasi CP/M.0 sdh under windows MS Windows. 7 . 3. sistem operasi dibuat oleh perusahaan MS Corp. pc-dos jarang digunakan. tapi untuk pengembangan lebih lanjut versi diatas 5. setelah muncul sistem operasi windows.Jenis Sistem Operasi • DOS (Disk Operating System) 1. namun penggunaan SO ini jarang digunakan karena harganya mahal dan pengembangannya lebih lambat UNIX (Bell Lab Amerika) Perkembangannya tidak sepesat DOS krn sulitnya menyatukan standart sistem LINUX Pengembangan dari UNIX. dibuat oleh perusahaan digital research thn 1988. MS-DOS. DR-DOS.0 kebawah masih under DOS. sistem operasi yang dirancang & dibuat oleh IBM Corp. sistem operasi ini digunakan sampai pada komputer pentium 2. dan terus berkembang sesuai dengan versinya… OS/2 (operating system / 2) Tujuan dibuat untuk menggantikan sistem operasi DOS. PC-DOS. dibuat oleh Microsoft Corp.

Selain itu.70 adalah label PTS-DOS 2000 dan masih didistribusikan sebagai terakhir 16-bit PTS-sistem DOS. mengambil kode sumber dengan mereka dan merilis versi mereka sendiri bernama PTS-DOS v6.51.51CD. PhysTechSoft lanjutan pembangunan pada mereka sendiri dan dirilis PTS-DOS v6. Rusia oleh lulusan dan anggota MIPT. ini pemrogram melanggar kedua undang-undang hak cipta dan undang-undang militer Rusia sebagai PTSDOS dikembangkan dalam hubungan militer dengan Rusia dan dengan demikian dapat terganggu militer rahasia. secara resmi PTS / DOS Extended Versi 6. PhysTechSoft diluncurkan secara komersial pertama yang tersedia sebagai DOS PTS-PTS-DOS v6. seperti Microsoft merilis MS-DOS 6. Menurut pengumuman resmi PhysTechSoft. PhysTechSoft PTS DOS terus berkembang dan akhirnya mereka dilepaskan PTS-DOS 32 (secara resmi dikenal sebagai PTS-DOS v7.0 yang menambahkan dukungan untuk FAT-32 file sistem. Paragon terus PTS-DOS baris dan dirilis Paragon DOS Pro 2000 (juga dikenal dan label di beberapa tempat seperti PTS / DOS Pro 2000).Selanjutnya dari versi PhysTechSoft.PTS-DOS Sejarah dan versi PhysTechSoft dibentuk pada tahun 1991 di Moskow. Beberapa pemrogram yang kiri PhysTechSoft didirikan pada tahun 1995 Paragon Software GmbH.4 (versi penomoran jelas tampaknya mengikuti versi MS-DOS. Menurut Paragon.2 pada bulan November 1993).65 di CeBIT pameran pada tahun 1997 . Pada akhir tahun 1993. informal dikenal sebagai PhysTech. ini adalah versi terakhir dan semua pembangunan sejak itu dihentikan.6 suatu tempat di antara dan disajikan PTS-DOS v6. PTS-DOS adalah disertifikasi oleh Departemen Pertahanan Rusia 8 . Nantinya. rilis ini berisi kode sumber paket lama PTS-DOS v6.

Persyaratan Hardware • • Intel 80286 CPU atau lebih baik 512 KB RAM atau lebih Lihat juga • Perbandingan x86 sistem operasi DOS Referensi 1. Unofficial PTS-DOS FAQ di Jerman 4. PhysTechSoft situs resmi: Sistem Operasi PTS-DOS 2000 Pranala luar • • • Unofficial pts-dos faq Phystechsoft situs Paragon GmbH situs 9 . PhysTechSoft situs resmi: Tentang PhysTechSoft 2. Unofficial PTS-DOS FAQ dalam Bahasa Inggris 3.

singkatan dari Microsoft Disk Operating System. Sejarah MS-DOS MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak. dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia. Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. dan seiring dengan waktu. yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS. MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000.000 dolar Amerika dari SCP. yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS--pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System). Selanjutnya.MS-DOS MS-DOS. Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream. adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC. karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. yang disebut sebagai Microsoft Windows. lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. 10 . sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream.

0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar sama seperti IBM PC-DOS. dan masih banyak produk yang diadopsi lainnya. seperti program-programnya atau utilitas yang disertakannya. Microsoft. Hanya IBM yang diberikan keleluasaan untuk terus menggunakan nama IBM PC-DOS. ketika melisensikan DOS kepada IBM. 11 . dengan fitur-fitur signifikan yang diambil dari beberapa sistem operasi lainnya seperti Microsoft Xenix--salah satu varian sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh Microsoft--dan DR-DOS milik Digital Research. karena Microsoft sedang berkonsenstrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS. MS-DOS versi 4. PC-Tools dari Central Points (produk yang diadopsi seperti Microsoft Anti-Virus). Karena itulah. menandatangani perjanjian lisensi yang salah satu poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan MS-DOS kepada perusahaan selain IBM. serta produk-produk utilitas lainnya seperti Norton Utilities dari Symantec Corporation (produk yang diadopsi seperti Microsoft Disk Defragmenter). bukannya MS-DOS.Pengembangan IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS. bukannya nama yang telah dikustomisasi sebelumnya. Compaq DOS. di mana versi IBM yang langsung dibundel dengan komputer IBM PC disebut dengan "IBM PC-DOS" (singkatan dari International Business Machine Personal Computer Disk Operating System). IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis oleh Microsoft. Kebanyakan versi-versi tersebut tentu saja sama dengan versi yang telah dikembangkan oleh Microsoft dengan MS-DOS-nya. Pada awalnya. yang disebut dengan OS/2. dan lainnya). MS-DOS pun berkembang dengan cukup cepat. manajer memori diperluas atau EMM (Expanded Memory Manager) QEMM dari Quarterdeck (produk yang diadopsi seperti EMM386). Tapi. versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS. kompresi disk (atau disk compression) DriveSpace dari Stac Electronics. dan para perusahaan tersebut dipersilakan mengubah nama MS-DOS menjadi nama yang mereka gunakan (contoh: TandyDOS. tapi Microsoft mulai mencabut perjanjian lisensinya sehingga para perusahaan lain harus menggunakan nama MS-DOS.

seperti hanya mendukung disket single-side floppy disk dengan ukuran 5½ inci berkapasitas 160K saja. tapi akhirnya disalip lagi oleh Microsoft dengan versi Windows 3. tidak mendukung jaringan.1. Microsoft pun membuat perbaikan untuk MSDOS. Versi pertama dari DOS ini hanya mendukung IBM PC Model 5150 dan semua perangkat keras pendukungnya. yang pada dasarnya adalah versi MS-DOS yang berjalan dalam modus terproteksi (protected mode). Bahkan hard disk saja masih jarang ditemui pada microcomputer. karena media penyimpanan tersebut dapat menyimpan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan disket floppy single-side. Anda tidak akan mendapatkan kapasitas puluhan megabytes ataupun gigabytes. GEM ternyata mendapat pasarnya pada mesin komputer ATARI ST.Ketika Intel Corporation memperkenalkan mikroprosesor baru yang disebut dengan Intel 80286. Digital Research membuat sebuah antarmuka grafis yang disebut dengan GEM. di mana animo masyarakat akan produk IBM PC. Isinya. Tapi. Penggunaan double-side bagi floppy disk sangatlah berpengaruh. Jangan tertawa melihat kapasitas disket yang didukung oleh MS-DOS 1. dan hanya Apple III yang memilikinya. 12 . versi pertama DOS ini bersih dari embel-embel.0 Versi MS-DOS MS-DOS versi 1. tentu saja sangat primitif dan hanya berisi kerangka dasar saja: tidak ada tampilan grafik untuk mengelola berkas. Microsoft dan IBM memulai proyek sistem operasi baru pengganti DOS yang disebut dengan OS/2. Sebenarnya. dan muncullah DOS versi 1.xx Ini adalah versi awal di mana MS-DOS pertama kali diluncurkan oleh Microsoft. Pokoknya. tapi sangat kurang populer pada komputer IBM PC atau kompatibel. hal ini diakibatkan oleh IBM yang meluncurkan produk floppy disk drive baru untuk disket double-side dengan ukuran 5½ inci berkapasitas 320K.1. Microsoft meninggalkan proyek OS/2 tersebut untuk memfokuskan diri pada pengembangan Microsoft Windows dan Microsoft Windows NT. Selang kira-kira satu tahun.

dan Microsoft tidak mengecewakan IBM. RAM dengan kapasitas 128K. IBM PC XT dilengkapi dengan sebuah hard disk 10M. tidak seperti Apple dan Commodore maka klon terhadap IBM PC pun dapat dilakukan. Fitur print spooler adalah fitur yang dapat menyimpan berkas yang akan dicetak dalam sebuah memori penyangga sehingga berkas yang akan dicetak tidak langsung dicetak. Tentu saja. dan disket drive berkapasitas 360K (40K lebih tinggi dari pada versi double-side pada IBM PC 5150) membutuhkan sebuah sistem operasi. Di antaranya adalah dukungan untuk penggunaan struktur direktori yang hierarkis (bercabang) seperti layaknya sebuah pohon yang memiliki akar (root) dan cabang (branch). dan juga Dell Computer Corporation yang membuat klon IBM PC. Tujuannya adalah agar proses pencetakan dapat berlangsung secara lebih cepat.1 yang ditujukan untuk komputer IBM PC 5150. MS-DOS versi 2. <. MS-DOS versi 2. Ini merupakan kesuksesan tiga perusahaan: IBM. Intel. Mereka dengan sigap dan cepat merilis MS-DOS versi 2.0 juga mendukung berbagai macam fungsi yang diadopsi dari UNIX. seperti halnya penggunaan I/O redirection (>. sebuah floppy disk drive double-side 360K dan tiga buah slot ekspansi. <<) dan print spooler. IBM meluncurkan IBM PC XT (Extended Technology).Setelah itu. antarmuka masukan/keluaran berjenis serial (RS-232 atau lebih dikenal dengan antarmuka COM).xx Pada awal tahun 1983. memang pasar IBM kala itu digerogoti oleh Compaq. dan pengguna tidak harus direpotkan untuk mencetak keseluruhan berkas jika kertasnya habis.0. MS-DOS 2. melainkan disimpan terlebih dahulu. Microsoft memberinya versi 1.25. Microsoft menampakkan diri untuk menjual MS-DOS kepada para kompetitor IBM yang membuat semacam klon IBM PC 5150. melainkan hanya membutuhkan kertas baru dan 13 .0 memiliki banyak sekali perbaikan dari MS-DOS 1. Hanya saja. Selain itu. dan tentu saja Microsoft. sebagai perbaikan dari versi IBM PC 5150. Akhirnya IBM PC XT dibundel dengan IBM PC-DOS 2. penggunaan beberapa perangkat keras baru seperti hard disk.0. Dan karena itulah IBM PC dan klon IBM PC yang kompatibel dengan IBM PC sangat sukses di pasaran. >>. Hewlett-Packard. Karena didesain sedemikian rupa dengan menggunakan falsafah open-architecture.

Sedangkan I/O redirection berfungsi untuk melakukan fungsi input dan output yang dilakukan dari baris perintah. Selain kedua fitur yang diadopsi dari UNIX.menekan tombol resume untuk melanjutkan.0 juga mendukung floppy disk 3½ inci lowdensity yang berkapasitas 720K. tidak seperti kakak-kakaknya. gagal di pasaran.0 mendukung semua kemampuan yang dimiliki oleh IBM PC-AT.1. MS-DOS 3. sebuah disket drive 1. memakai IBM PC-DOS 2. walaupun terbatas pada jaringan dengan konsep kelompok kerja (workgroup) dan terkoneksi sebagai sebuah klien pada sebuah server.0 adalah versi yang dapat mendukung fungsi jaringan. dengan mengintegrasikannya di dalam berkas konfigurasi CONFIG.0. DOS 3. memori RAM berkapasitas 256K. Microsoft sebagai partner bisnis yang mantap secara sigap mendukung peluncuran IBM PC-AT dengan juga meluncurkan versi terbaru. MS-DOS 3. Untuk mendukung bahasa Kanji Jepang. kecuali multi-tasking yang disediakan oleh prosesor Intel 80286 yang mampu berjalan pada protected mode tentunya. Pengguna dapat menggunakan teknologi jaringan yang dibuat oleh IBM. sedangkan DOS 3. IBM PC Jr. DOS 3. Pada tahun yang sama. sebuah hard disk 20M. dan kartu video berwarna (standar CGA).05.3 mendukung floppy disk 3½ inci high- 14 . DOS versi 2. komputer IBM PC AT menggunakan mikroprosesor Intel 80286 (16-bit) berkecepatan 6MHz. (dibaca: PC Junior).2M 5¼ inci. Token Ring pada sistem operasi DOS.0 juga memberikan keleluasaan kepada Anda agar dapat memasang driver untuk DOS. IBM meluncurkan IBM PC Jr. Sayangnya. MS-DOS versi 3.xx IBM meluncurkan IBM PC-AT (Advanced Technology) pada musim panas 1984. Microsoft memutuskan untuk meluncurkan MS-DOS versi 2. IBM PC Jr.SYS. Ketika diluncurkan. Tentu saja. komputer IBM PC XT ini sangat sukses: bahkan kesuksesannya mencapai Jepang. Ternyata.

sistem operasi dengan tampilan grafis mulai menjamur. karena mouse dapat mempermudah pengoperasian komputer. Di sini yang sukses adalah Intel Corporation. dan berbagai tambahan utilitas. Karena komputer tersebut menggunakan mikroprosesor buatan Intel Corporation.0 ini. Microsoft juga meluncurkan Windows versi 1. MS-DOS versi 5. seperti Compaq.xx Pada tahun 1988. dan menjalankan program. Bus MCA yang digunakan oleh IBM P/S2 15 . karena pasar yang sebelumnya dikuasai IBM ini telah dimakan sedikit demi sedikit oleh para kompetitornya.0 pada tahun 1985 dan Windows versi 2.44M. dalam satu layar saja. Dalam DOS versi 3 juga dapat mendukung partisi pada hard disk yang memiliki kapasitas hingga 32M. karena menggunakan desain yang sama.0.density yang berkapasitas 1.0. Banyak analis yang berpendapat bahwa hal ini disebabkan oleh kegagalan IBM ketika mereka menjual IBM PC Jr.0 pada tahun 1989. Pada saat itu.0 ini merupakan versi yang paling banyak perubahannya. dengan nama Norton Commander (NC) yang dibuat oleh Peter Norton. karena mikroprosesor yang digunakan diproduksi jauh lebih banyak. 12M lebih tinggi dibandingkan dengan DOS versi 2. dan IBM P/S2 dengan arsitektur Micro-Channel Architecture (MCA).. ada sebuah program shell yang juga populer yang berjalan di atas sistem operasi DOS. dan juga mikroprosesor yang sama yang dibuat oleh Intel Corporation. akibat permintaan yang lebih banyak. Dengan menggunakan shell. DOS Shell juga dapat mendukungnya. yang memiliki tampilan seperti DOS Executive milik Windows versi 1. Versi 4. maka yang kedapatan sukses kedua adalah Microsoft dengan DOS-nya.xx IBM memang sudah tidak membuat gebrakan-gebrakan baru dalam industri mikrokomputer. MS-DOS versi 4. Selain itu. pengguna dapat lebih mudah mengorganisasikan berkas dan arsip. Microsoft membuat sebuah program shell dengan nama DOS Shell. Pada DOS versi 4. Versi selanjutnya merupakan versi-versi perbaikan saja. dan juga Dell yang juga memproduksi mikrokomputer yang kompatibel dengan komputer IBM. Hewlett-Packard.

Microsoft juga membuat utilitas untuk membuat makro untuk mempercepat kerja dengan komputer. dengan menggunakan parameter DEVICEHIGH pada berkas konfigurasi CONFIG. seperti halnya device driver yang dapat diinstal pada area memori di atas 640K (HMA).EXE). akan tetapi Microsoft terus mengembangkan DOS dengan meluncurkan MS-DOS versi 5. DOSKEY dapat membuat makro dan mengeksekusi makro tersebut. IBM memang gagal memperpanjang umur IBM PC.SYS dan LOADHIGH pada berkas AUTOEXEC. sehingga memperlambat penyerapannya di pasar mikrokomputer.tidak menggunakan konsep open-architecture sebagaimana bus ISA yang juga dibuat oleh IBM tetapi dengan open-architecture. dengan menggunakan DOSKEY dapat mempermudah pengetikan perintah yang sama dengan perintah sebelumnya sehingga masalah "capek mengetik" perintah yang sama berulang-ulang menjadi jauh lebih simpel dan mudah. Ketika dimuat. dan memiliki berbagai fitur yang jauh lebih baik.BAT sehingga memperbanyak kemungkinan untuk menjalankan program yang membutuhkan conventional memory (memori 640K awal yang dimiliki oleh komputer) yang lebih besar. 16 .COM) dan program bahasa pemrograman QuickBasic (QBASIC. Untuk masalah utilitas. Utilitas ini dimaksudkan untuk menggantikan editor yang berorientasi pada "baris per baris".0 dan yang sebelumnya. Selain itu. Di antaranya adalah editor berkas teks ASCII yang bernama MS-DOS Editor (EDIT. EDLIN. Untuk melakukannya. Microsoft menambah banyak sekali utilitas dalam DOS versi 5. Program pembuat makro tersebut dinamakan DOSKEY.0 ini. Fitur seperti ini dimiliki oleh Command Prompt pada Windows 2000/XP. Selain editor berkas teks ASCII.0.COM. pengguna dapat menggunakan tombol panah ke atas dan ke bawah. Versi 5.0 ini dirilis pada tahun 1991. Selain itu. kartu-kartu ekspansi yang menggunakan bus MCA memiliki harga relatif lebih mahal dibandingkan bus ISA yang saat itu banyak digunakan dan menjadi sebuah standar.EXE yang ada pada DOS versi 4.

MS-DOS versi 6.22. Pada MS-DOS versi 6.EXE mirip seperti halnya Recycle Bin pada Windows 95 (dan yang seterusnya).EXE).EXE dan UNDELETE.EXE yang berjalan pada Windows versi 3. Akan tetapi.xx MS-DOS versi 6.20 dengan utilitas serupa tetapi tidak melanggar paten orang lain dengan nama DriveSpace.EXE.EXE yang berjalan pada command line. Versi ini memiliki banyak utilitas tambahan. sebuah perusahaan yang memiliki paten tentang hal tersebut menjadi marah sehingga menuntut Microsoft ke meja hijau.Utilitas lainnya yang juga menarik adalah UNFORMAT. Program UNDELETE.0. Microsoft merevisi DOS 6. dan berbagai perbaikan dari utilitas yang ada sebelumnya.0.COM) yang diadopsi dari Central Point PC-Tools. Akhir tahun 1994. seperti halnya Antivirus (MSAV.20. Selain itu. sehingga fitur Recycle Bin juga dapat ditemukan pada Windows 3.EXE) yang diadopsi dari Symantec Norton Utilities. utilitas untuk memeriksa hard disk dari kesalahan penempatan berkas dan kerusakan (SCANDISK. pada DOS versi 5.EXE. hanya saja mereka kelihatan sedikit lebih rumit dibandingkan dengan Recycle Bin yang berjalan pada Windows.0 ini juga menyertakan utilitas yang dapat membuat penempatan berkas menjadi lebih efisien dengan nama DoubleSpace. MS-DOS ini adalah MS-DOS versi 6. Selain UNDELETE. Kedua utilitas tersebut sangat berguna untuk mengembalikan berkas yang terhapus dan drive yang terformat. Virus Protection (VSAFE. 17 . Microsoft pun kalah dan utilitas DoubleSpace pun dicabut dari DOS 6. ada juga utilitas untuk melakukan defragmentasi hard disk (DEFRAG.0 ini dirilis pada tahun 1993.EXE) sebagai pengganti CHKDSK.0 ini juga terdapat utilitas MWUNDEL.

0 ini dirilis hanya beberapa bulan sebelum Microsoft meluncurkan Windows 95.MS-DOS versi 7. Windows 95 adalah sebuah versi Windows dengan tambahan Win-32 API dan desktop yang didesain ulang.10 dengan dukungan untuk sistem berkas FAT32 yang jauh lebih efisien daripada sistem berkas FAT16. hanya saja Windows NT ditujukan untuk kalangan minicomputer. Windows 95 memiliki pusat kontrol dari tombol Start Menu pada pojok kiri bawah layar monitor Anda. konon Microsoft mendapatkan untung sangat besar sekali.SYS yang pada versi-versi sebelumnya adalah berkas biner (program). pada akhir tahun 1999. dan juga workstation. mainframe. Ketika baru beredar 2 bulan.xx MS-DOS versi 7. Sebenarnya. dan berbagai macam baris berisi “xxx” dengan fungsi yang tidak jelas. 18 . Penggunaannya yang rumit menjadikannya sangat sulit diadopsi oleh para pemula di bidang komputer. hanya saja memang beberapa fungsionalitas yang sebelumnya ditangani oleh kernel MS-DOS. Tidak banyak peningkatan yang terjadi pada DOS 7.00 ini karena beberapa fungsi yang telah dipindahkan ke Windows 95. Microsoft meluncurkan versi Windows baru.10 pun banyak dipangkas. dengan nama kode Georgia (Windows Millennium Edition) yang benar-benar tanpa DOS! Sebenarnya. sekarang hanya berkas teks biasa. Fungsionalitas yang dimiliki MS-DOS 7. sebuah versi Windows yang benar-benar independen dari MS-DOS. sekarang ditangani oleh Windows. sistem operasi yang benar-benar tanpa DOS pernah dibuat oleh Microsoft sebelumnya dengan Windows NT. Windows 95 tidaklah benar-benar 100% bebas dari MS-DOS. Ketika Microsoft meluncurkan Windows 98. Microsoft juga merevisi DOS menjadi versi 7. server jaringan. Berkas MSDOS. karena Windows 95 telah terjual hingga lebih dari 7 juta kopi. Hasilnya. yang berisi tentang proses booting komputer saja.

IBM juga memberikan E dengan OS / 2. The DOS versi diperpanjang dengan beragam fungsi yang biasanya terkait dengan lebih fungsional versi E editor keluarga (lihat di bawah) Ada versi 7. IBM menambahkan REXX bahasa untuk DOS. Fitur The features include (for PC DOS 7): Fitur termasuk (untuk PC DOS 7): • • • • • • • • • • • • bantuan online mengedit file teks besar kotak teks di sekitar gambar mouse dan dukungan menu merekam dan memutar keystroke macro area perubahan dalam kasus yang ditandai kawasan mengakses beberapa file dalam beberapa panel sintaks-diarahkan mengedit C dan REXX area menambahkan dan kalikan angka pada wilayah yang ditandai file cari dan membuat perubahan secara global dalam sebuah file pilih teks dan memindahkan. yang. untuk memulihkan programmability dasar kotak.1.E (PC-DOS) E adalah editor teks yang dibuat bagian dari PC-DOS dengan versi 6. yang fungsional minimal anggota E keluarga dari Redaksi. dan kemudian dengan versi 7 dan PC-DOS 2000. Dalam versi 6. dalam modus edit. menyalin. IBM jatuh QBASIC. overlay. juga sistem editor teks Hal ini diperlukan untuk menyediakan beberapa jenis editor.1 pada bulan Juni 1993. atau menghapusnya menyalin dan memindahkan teks dari satu file ke file lain 19 . sehingga IBM memilih untuk menyesuaikan diri dan substansial memperluas OS / 2 Sistem Editor (1986).

EX PC-DOS pengguna memiliki akses ke diperpanjang penuh yang ditawarkan oleh versi 3 dari E (e3) tersedia untuk IBM pemrogram sendiri. Populer 20 . dengan banyak fitur yang mendukung kebutuhan umum pemrogram. E dapat dijalankan dengan menggunakan DOS emulator (misalnya DOSBox) atau dengan DOS virtualisasi perangkat lunak (misalnya DOSEMU atau NTVDM). termasuk Word Prosesor Survei dan perangkat lunakmenyediakan berbagai perangkat tambahan lainnya. Editor pribadi awalnya dirilis pada tahun 1982 dan menjadi sebuah produk IBM tidak lama setelah.13 di PC-DOS 7) pra-profil untuk dikompilasi E's perilaku file teks yang memungkinkan modifikasi dari beberapa E. tombol dikonfigurasi editor yang memungkinkan terbatas pemrograman menggunakan GML-seperti bahasa. (v3. Ia dirancang untuk menjadi sangat cepat dan fungsional editor teks dengan minimal jumlah fitur dan tidak configurability. Itu adalah cara yang ampuh dan pelaksanaan. OS / 2 Sistem Editor dikembangkan oleh tim program E atas permintaan dari OS / 2 Pembangunan tim.EX default file teks yang digunakan untuk E's F1 kunci dalam membantu People (read-only) modus Karena tidak ada alat diberikan untuk bangunan lain selain profil yang disertakan E. EPM kemudian dirilis sebagai OS / 2 Ditingkatkan Editor. Untuk PC-DOS pemilik yang telah dipindahkan ke sistem operasi lain. UI programmability yang dirancang agar fleksibel yang digunakan untuk mengembangkan prototip antarmuka pengguna lain untuk jenis perangkat lunak. Keterbatasan dalam Editor dipimpin untuk pengembangan dan rilis pada tahun 1984 dari E editor. E keluarga Sejarah PC-DOS versi E diawali dengan Personal Editor.E untuk PC-DOS terdiri dari empat file: • • • • E.executable program itu sendiri. yang jauh lebih cepat didukung editor yang sangat panjang dan termasuk file yang substansial peningkatan user interfaceE2 dirilis di tahun 1985.EXE . memberikan peningkatan programmability menggunakan REXX-seperti bahasa.

dan telah dikirimkan dengan kebanyakan non-eksklusif-arsitektur komputer pribadi. yang kedua reproduces yang Rexx-EI pemrograman seperti bahasa yang digunakan di E2 dan versi terbaru dari E dan mengakui hutangnya dalam documentation. IBM PC pada tahun 1981 membawa awal apa yang akhirnya menjadi perubahan besar-besaran. Namun. Meskipun CP / M telah mendominasi pasar. pertama di dalam meyakinkan Digital Penelitian's nikmat. awalnya dikembangkan oleh Gary Kildall 's Digital Penelitian dan berasal dari CP / M -86. Ini menjadi Microsoft MS-DOS dan IBM PC-DOS. Namun. E2 Ada beberapa diakui E editor klon keluarga. Proporsi PC pembeli disiapkan untuk menghabiskan empat kali lebih besar untuk membeli CP/M-86 sangat kecil. PC-DOS dijual untuk $ 60. 86-DOS 'perintah struktur dan aplikasi program antarmuka yang imitated dari CP / M. yang menangani sangat menarik dengan Microsoft.SlickEdit saham umum warisan. 86-DOS. mengklaim PC / MS-DOS terlalu mirip dengan CP / M. termasuk X2. IBM awalnya mendekati Digital Penelitian. dari Seattle Komputer Produk. yang menginginkan x86 versi CP / M. hanya sementara. Penelitian digital 's asli CP / M untuk 8-bit Intel 8080 dan Z-80 sistem berbasis spawned banyak berputar-off versi. pernah ditulis oleh pengembang e3 asli. sementara CP/M-86 memiliki tag harga $ 240. versi lain dari keluarga E editor telah dirilis dengan produk IBM program.kompatibel komputer pribadi. dan IBM gantinya. Digital Penelitian terancam tindakan hukum. 21 . yang dibeli lain sistem operasi. Lunas oleh IBM setuju untuk menjual x86 versi CP / M. terutama untuk CP/M-86 Intel 8086 / 8088 keluarga prosesor. ada Kimia atas kontrak.E2 DR-DOS DR-DOS adalah DOS-jenis sistem operasi untuk IBM PC . dan ketersediaan perangkat lunak aplikasi yang kompatibel.

286 dengan prosesor sebelumnya. MS-DOS hanya tersedia digabungkan dengan perangkat keras. kali ini sepenuhnya sistem DOS. Versi nomor dipilih untuk mencerminkan fitur relatif terhadap MS-DOS. aplikasi yang berjalan untuk kedua platform.) Ini diperkenalkan ViewMAX. Juga.Digital Penelitian berjuang kehilangan perjuangan yang panjang untuk mempromosikan CP/M-86. DRI telah mendekati oleh sejumlah produsen PC yang tertarik pada pihak ketiga DOS..0. Pada awalnya.41. Versi pertama ini dirilis pada bulan Mei. DR-DOS adalah lebih murah dibandingkan lisensi untuk MS-DOS. yang pertama dari 64KB diperpanjang memori yang dapat diakses secara real mode yang tidak lengkap karena kompatibilitas dari 80. dan paket disk cache perangkat lunak. dari pada 640KB pertama pada PC RAM . dan juga menawarkan banyak peningkatan manajemen memori. (Versi 4 telah dilewati untuk menghindari yang terkait dengan relatif tidak populer MS-DOS 4. Ia tidak melakukan dengan baik. yang pertama versi dipromosikan ke publik adalah DR-DOS 3.0 ini dirilis pada bulan Mei 1990. 1988. Baru disk sistem operasi diluncurkan pada tahun 1988 sebagai DR-DOS. Pada saat ini. DR-DOS kernel dan struktur seperti disk buffer dapat terletak di Tinggi Memori Area (HMA). Ini sama menyisihkan jumlah kritis "dasar" atau memori konvensional. sehingga DR-DOS dicapai beberapa langsung sukses karena telah memungkinkan konsumen untuk membeli melalui saluran eceran biasa. mereka dijual DOS Plus. Pertama. fitur yang ditawarkan sebanding dengan keberhasilan MS-DOS 3. Akibatnya. DR-DOS versi 5.3 dan derivatif. membeli alat perekam suara digital berbasis GUI manajemen file shell. dan ini diminta untuk beberapa pembaruan sistem. dan akhirnya memutuskan bahwa mereka tidak dapat memukul Microsoft-IBM memimpin dalam aplikasi ketersediaan perangkat lunak. sehingga mereka diubah CP/M-86 menghalanginya untuk menjalankan aplikasi yang sama seperti MS-DOS dan PC-DOS.kawasan di mana semua MS-DOS menjalankan aplikasi. 22 . dan digital Penelitian dilakukan upaya lain.

Setelah driver untuk mouse. beberapa program gagal memuat mereka mulai sebagai "mustahil" rendah dalam memori . sebanyak 620KB dari 640KB. tapi yg berkelakuan baik biasa aplikasi DOS juga dapat pra-emptively multitasked digabungkan dengan tugas-switcher. Selain itu. yang akan dirilis pada tahun 1991 dan serupa termasuk fitur canggih untuk orang-orang yang DR-DOS. Ini digabungkan dalam SuperStor on-the-fly disk kompresi. DR-DOS 5. selanjutnya lepas dasar memori. Microsoft sangat merespon. untuk memaksimalkan ruang hard disk yang tersedia. Menghadapi persaingan besar di arena DOS. TaskMax.0 pada bulan Mei 1990. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini. yang hanya mengizinkan satu proses untuk dijalankan secara bersamaan. lihat artikel di Atas Memori Area (UMA). pada Intel 80386 mesin. DR-DOS's EMS memori manajer diperbolehkan OS DOS memuat driver perangkat ke atas blok memori. dengan sejumlah kecil manual tweaker. Pada sistem berbasis-286. Oleh karena itu.terlalu kecil untuk berjalan-paling akhir tahun 1980-an perangkat lunak. API ini hanya tersedia untuk DR-DOS menyadari aplikasi. DOS pertama adalah untuk mengintegrasikan fungsi tersebut ke dalam basis OS (memuat driver perangkat ke atas blok memori ini dimungkinkan dengan QEMM dan MSDOS). Ini termasuk cocok dari DR's perangkat tambahan di memori manajemen. DR-DOS 5 baru sekitar LOADFIX perintah ini bekerja dengan menyisakan ruang kecil kosong di mulai dari peta memori. pada sistem 386.. dapat memuat semua ini dan masih menyimpan semua memori bebas yang konvensional memungkinkan untuk DOS diperlukan beberapa struktur data.0 juga termasuk sebuah API untuk multitasking pada CPU mampu memori perlindungan. 23 . dapat menawarkan lebih banyak daripada memori bebas konvensional lainnya DOS. DR-DOS 6. multimedia dan perangkat keras jaringan tumpukan dimuat..dalam 64KB pertama. Karena DR-DOS daun sehingga jauh konvensional memori yang tersedia. Mereka mengumumkan pengembangan MS-DOS 5. yaitu Intel 80286 dan lebih baru. sebuah MS-DOS mesin biasanya mungkin hanya memiliki 300 untuk bebas dari 400KB memori konvensional .

24 . Windows berjalan dengan baik di bawah DR-DOS dan penggantinya Novell DOS.0.1. Dalam satu contoh.1 beta. yang sebagai namanya adalah DR-DOS turunan yang bertujuan untuk emerging Palmtop / PDA pasar. California.0.0 adalah nilai yang beredar dan mudah versi yang paling berhasil. sebagian besar sistem operasi bekerja (khususnya DR-DOS. Dengan meningkatkan pemasaran dan kemasan. Walaupun DR-DOS ini tampaknya 100% kompatibel dengan aplikasi binari ditulis untuk MS-DOS. Meskipun itu berdasarkan pada DRI Monterey.1 PalmDOS PalmDOS Pada tentang waktu digital Penelitian ini juga meluncurkan gagasan yang berputar-off Produk disebut PalmDOS (dan kemudian dirilis sebagai Netware PalmDOS). Datang untuk memeriksa ini dikenal sebagai AARD kode Dengan deteksi kode dinonaktifkan. tetapi dinonaktifkan di merilis versi Windows 3. . kompresi disk dan Super PC-Kwik cache perangkat lunak. Serta menjalankan kernel-ROM itu palmtop-jenis dukungan untuk fitur seperti PCMCIA PC Card. DR-DOS 6.Proyek telah PalmDOS yang dipimpin oleh Ian Cullimore. Inggris. Microsoft merespon dengan MS-DOS 6. dll .aplikasi DOS yang ditangguhkan ke latar belakang agar orang lain untuk berjalan. Manajemen Power. dan versi patch adalah di jalan dalam enam minggu dari peluncuran Windows 3. Microsoft tetap biaya cukup besar dalam upaya upaya untuk merusak kompatibilitas. Ini adalah hal sederhana untuk Digital Penelitian untuk patch DR-DOS untuk mengalahkan yang 'memeriksa keaslian' di Windows 3.1 kembali ke non-pesan kesalahan fatal jika terdeteksi non-Microsoft DOS. Kode telah hadir. manajemen memori sangat maju. yang dicocokkan lagi beberapa fitur DR-DOS 6. mereka dimasukkan ke dalam kode versi beta Windows 3. Multiuser DOS dan PalmDOS) telah dilakukan di Hungerford.

) Rencana DR-DOS 7.03.Sekitar waktu ini.01 and 7.02 ") lain versi ini dirilis. telah berulang kali tertunda. beberapa Borland 's produk. sekarang semakin populer dengan dukungan untuk Kerja di Windows. oleh itu diluncurkan pada bulan Desember 1997. OpenDOS was released as version 7. yang akan menjadi Lineo. dan tidak pernah dicapai Personal Netware banyak keberhasilan. dengan nama "Caldera OpenDOS". jaringan raksasa Novell membeli Digital Penelitian dengan maksud untuk menggunakan produk DR's baris sebagai pengungkit dalam strategi komprehensif untuk mengatasi monopoli Microsoft. ia adalah merek "Caldera DR-OpenDOS 7. Setelah Novell Caldera dirilis sebagai sistem operasi open source. Contribution by Novell Kontribusi oleh Novell . Ketika itu akhirnya tiba .itu adalah kekecewaan. yang waktu itu ada nilai komersial. dan sumber kemudian ditutup. (Ini adalah bagian dari yang besar dan pada akhirnya menyebabkan pengeluaran untuk berfoya-foya Novell: mereka membeli WordPerfect Corporation di sekitar waktu yang sama. Lineo akan rilis nanti revisi dari 7.02 Versi disebut "Caldera OpenDOS 7. masih merek sebagai "Caldera DR DOS" 25 .0 .02". sebelum mentransfer Caldera DR DOS baris ke cabang perusahaan. A cukup banyak dari konfigurasi manual yang diperlukan untuk mendapatkan kedua untuk bersama-sama ada di PC. Hal ini berhasil dan lebih baik dari para pendahulu Netware Lite tetapi sangat tidak sesuai dengan Microsoft sistem jaringan. Personal Netware. Rilis berikutnya datang pada bulan Maret 1998. dimaksudkan untuk sans Microsoft rawan 6.0. (7. 7. OS / 2 dan Windows NT.02" sedangkan di beta. itu adalah merek " Caldera DR DOS 7. Novell DOS 7 diperlukan beberapa memperbaiki bug-rilis dan tidak sepenuhnya stabil ketika terjadi pembangunan berikutnya. dan diinvestasikan dalam Unix juga.diganti ke Novell DOS 7.02. Ia lebih besar dan baru diperkenalkan banyak bug dan tambahan fungsional utama adalah Novell coba di kedua-rekan-rekan untuk sistem jaringan.0 MSDOS. Mewujudkan akhirnya mereka yang hebat jaringan keterampilan tidak menerjemahkan ke daerah lain.03. Caldera aku Klien.

Versi ini tidak berdasarkan versi 8. Yang OpenDOS 7. Microsoft pengacara berulang kali mencoba untuk memiliki kasus dilemparkan keluar tetapi tanpa keberhasilan. dengan apapun selain DOS produk mereka sendiri. Kedua 8. dan beberapa mantan manajer Lineo's membeli nama dan membentuk sebuah perusahaan baru. Mereka bahkan terus menjual DR-DOS untuk digunakan dalam embedded system.0 dan 8. ini kemudian menjadi sasaran utama dalam aksi membawa Salt Lake City oleh Caldera. DeviceLogics. dan diganti dengan Caldera DR DOS 7. Perusahaan kemudian dibagi menjadi Devicelogics Inc dan DRDOS Inc. Microsoft dipindahkan untuk menjadikannya mustahil untuk menggunakan atau membeli disusul versi Windows. Proyek upaya telah mengakibatkan setakat ini dalam menambahkan dukungan asli untuk disk besar (LBA) dan sistem berkas FAT32. dengan buggy pelaksanaan FAT32 dan dukungan besar hard disk.3.05.04/7. Pada tahun 2002. 26 . tetapi telah lengkap menulis ulang. Versi ini didasarkan pada kernel dari versi 7. didirikan pada bulan Juli 2002 dalam usaha untuk membawa fungsionalitas DR-DOS hingga paritas dengan sistem operasi PC modern.1 telah dicabut (karena dari penemuan yang dijelaskan di bawah). Lineo dibeli keluar.0 ini dirilis pada tanggal 30 Maret 2004 menampilkan FAT32 dan dukungan besar disk.03. kemampuan untuk boot dari ROM atau Flash.Lineo versi terakhir adalah DR DOS 7. Segera setelah penyelesaian pra-tahap percobaan endapan (di mana pihak daftar bukti mereka berniat untuk hadir).01 sumber kode masih aktif dikembangkan oleh Proyek Peningkatan DR-DOS/OpenDOS. ada sebuah out-of-pengadilan untuk pemukiman undisclosed sum. Ada juga beberapa perangkat tambahan lainnya.1 (lebih baik dengan dukungan FAT32) di musim gugur 2005. termasuk meningkatkan memori dan dukungan untuk manajemen baru + FAT filesystem ekstensi file yang memungkinkan hampir 256 GB dalam ukuran normal pada FAT partisi.03. DR-DOS 8. yang dirilis DR-DOS 8. multitasking dan memori DPMI manager. Microsoft gugatan Antara yang dimiliki sekarang-Caldera DR-DOS dan kompetisi dari IBM's PC-DOS 6. masih merek sebagai "Caldera DR DOS". Ini merupakan suatu sistem tertanam hanya terdiri dari kernel dan shellDibangun untuk Seagate Teknologi 's Seatools.0. Diklaim oleh mereka yang akan mengubah teknis yang murni. Windows 95.

x (termasuk berubah DR-DOS 8. terutama yang menyediakan akses disk dan sistem file melalui kernel.9 di atas). tetapi tidak ada standar GUI (walaupun OpenGEM dianjurkan untuk FreeDOS dan 0.0) dari situs web mereka. dirilis pada 3 September 2006. yang DR DOS Inc daftar situs web yang buyout pilihan untuk DR DOS. Pada bulan Oktober 2005.1 termasuk dari beberapa utilitas FreeDOS dan sumber-sumber lain dan yang telah kernel versi lama dari Enhanced DR-DOS kernel. DR-DOS Inc. FreeDOS saat ini di Versi 1. yang menanyakan harga adalah $ 25.000. Sebuah versi lebih lanjut. 1. 27 . FreeDOS terdiri dari berbagai macam. terpisah program yang bertindak sebagai "paket" untuk keseluruhan FreeDOS Proyek.Selain dari penjualan salinan dari sistem operasi. yang asli rilis direncanakan untuk tanggal 28 Juli 2006. DR-DOS Inc gagal untuk mematuhi GNU General Public License (GPL) dengan tidak crediting yang FreeDOS utilitas untuk mereka dan penulis termasuk kode sumber. FreeDOS FreeDOS (sebelumnya Gratis-DOS dan PD-DOS) adalah sebuah sistem operasi untuk IBM PC kompatibel komputer. DR DOS Inc bukan dicabut semua versi 8. Sebagai anggota dari DOS keluarga.1. Setelah pengaduan dari pengembang FreeDOS (termasuk usulan untuk menyediakan kode sumber. ia menemukan bahwa DR-DOS 8.0. dan dengan itu sesuai dengan GPL). dan sebagian memori manajemen. diperkirakan akan dirilis beberapa waktu pada 2008.

Sebuah kernel. Like MS-DOS . di samping tertanam komputer. ketika itu akan diumumkan Microsoft tidak lagi menjual maupun dukungan MS-DOS. Selain itu. FreeDOS tidak memerlukan lisensi atau royalti. Ada beberapa pra-rilis resmi dari distro FreeDOS sebelum akhir FreeDOS 1. jaringan. PTS-DOS dan ROM-DOS. 2006 .Seperti MS-DOS. pemrogram lainnya termasuk Pat Villani dan Tim Norman bergabung dalam proyek. dll) dan berfungsi sebagai Live CD. dan orang-orang untuk membuat gratis kustom sendiri distro dari sistem operasi tanpa perlu membayar royalti untuk redistribusi.Tidak seperti MS-DOS. 1994. Version 1. dalam "util" bagian FreeDOS juga termasuk perangkat lunak seperti 4DOS. tetapi hal ini tersedia untuk diinstal pada CD-ROM.com juru baris perintah (shell) dan inti utilitas diciptakan oleh pooling kode mereka telah ditulis atau ditemukan tersedia.0 ini dirilis pada 3 September 2006.Dalam beberapa minggu.Namun. pembangunan. FreeDOS proyek yang dimulai 26 Juni. Versi 1.0 ini dirilis.0 tersedia untuk di-download sebagai CD-ROM gambar: dasar disk yang hanya berisi kernel dasar dan aplikasi. command. FreeDOS 1.0 was released on September 3 . floppy gambar yang digunakan untuk membuat hidup CD tersedia dan dapat digunakan tanpa CD. tak ada gunanya dari sebuah floppy atau hard disk tetapi juga dapat berjalan sebagai tinggal atau dari CD ROM.FreeDOS bebas dan perangkat lunak open source. dan penuh disk yang berisi banyak aplikasi (game.0 erkait lainnya seperti distribusi GNU / DOS sekali tidak FreeDOS 1. Satu dapat menggunakan BitTorrent untuk men-download-nya. Jim Hall kemudian posted a manifesto proposal pengembangan sumber-terbuka pengganti. di bawah lisensi dengan GNU General Public License (GPL). Satu-satunya lain MS-DOS kompatibel sistem operasi yang sedang aktif didistribusikan sekarang adalah Enhanced DRDOS.FreeDOS ketinggalan jaman mendukung hardware IBM PC serta yang modern. 28 .

beberapa stand non-versi seperti MS-DOS 7. seperti internasionalisasi. FreeDOS memiliki beberapa peningkatan relatif terhadap MS-DOS.22) merilis Microsoft didukung oleh mereka. EXE 16-bit DOS eksekutabel Borland's 16-bit DPMI executables Borland's 16-bit DPMI eksekutabel 32-bit DPMI executables using DOS extenders like: 32-bit DPMI eksekutabel menggunakan DOS extenders seperti: 29 . Dell paket FreeDOS dengan mereka n-seri Perusahaan telah dikritik untuk membuat mesin ini tidak-kurang-lebih mahal dan sulit untuk membeli identik dibandingkan sistem Windows . hanya seringkali Dell menawarkan FreeDOS sistem dengan fitur seperti dual-core yang FreeDOS tidak dapat memanfaatkan.EXE 16-bit DOS executables Standar. LBA dan FAT32 file system (termasuk boot dari FAT32) didukung. Juga. GRC 's SpinRite 6 imej boot FreeDOS beban. kebanyakan melibatkan dukungan dari standar dan teknologi baru yang tidak ada dukungan berakhir saat Microsoft untuk MS-DOS. Sebagian besar perangkat lunak yang ditulis untuk anggota lain dari keluarga DOS berfungsi sebagaimana diharapkan dalam FreeDOS.Ada resmi Live USB versi. HP menyediakan FreeDOS sebagai pilihan dalam dc5750 desktop PC. tetapi yang lebih mudah adalah dengan menggunakan metode UNetbootin. ASUS menggunakan FreeDOS untuk memungkinkan pengguna untuk boot mereka Motherboard driver CD untuk menciptakan SATA driver disk (diperlukan untuk versi sebelum Windows XP SP2) FreeDOS sebagian besar kompatibel dengan MS-DOS. dan terpadu ASPI. APM / menyimpan energi TSRs.10 lakukan. Berikut adalah jenis eksekutabel diduk. Selain itu. seperti yang ditunjukkan di bagian bawah layar splash. COM eksekutabel Standard . Walaupun tidak resmi stand versi MS-DOS (hingga 6. memungkinkan beberapa versi Microsoft Windows untuk berjalan di dalam cara yang sama beberapa versi Windows yang berjalan di MS-DOS. yang mendukung FreeDOS.

0 rilis Microsoft Windows. Windows 95. 3. 98 dan saya berjanji tidak menggunakan versi MS-DOS sebagai sebuah bootloader. tetapi itu lebih terbatas daripada Modus standar untuk rilis Windows sebelumnya. seperti Qemu dan Bochs. FreeDOS adalah mampu berjalan baik 1. dengan penggunaan HX DOS Extender. Namun. tidak berjalan di bawah FreeDOS. 30 . Namun. untuk Windows Kerja 3. Windows NT berbasis sistem operasi. tidak dapat dijalankan di 386 Enhanced Mode.0 dan 2.x rilis hanya dapat dijalankan dalam modus Standar. Namun. FreeDOS tidak dapat digunakan sebagai pengganti bootloader.exe akan digantikan oleh rujukan bagi himem. termasuk Windows 2000. dan 2003 tidak menggunakan MS-DOS sebagai komponen inti dari sistem. banyak Win32 konsol aplikasi berfungsi dengan baik dalam FreeDOS. XP. ia dapat diinstal dan digunakan di samping ini menggunakan sistem boot manager program. Sistem tersebut dapat membuat penggunaan FAT filesystem yang digunakan oleh MS-DOS dan versi Windows yang lebih awal.Dapat menjalankan Windows di Real atau Standar mode.sys dan emm386. seperti melakukan beberapa GUI program.x rilis Windows. yang telah mendukung untuk i386 prosesor. namun mereka biasanya menggunakan NTFS (NT File System) dengan standar.exe dan emm386.11 mendukung mode debug yang dapat berjalan di bawah FreeDOS. seperti "METAKERN" disertakan dengan FreeDOS.exe disampaikan dengan Windows. dan lain Windows 3.• • • • • DOS/32A Causeway DOS/4GW DOS/4GW GO32/ CWSDPMI GO32 / CWSDPMI Dan lain-lain Lebih lanjut. Karena Windows untuk Kerja 3.11 turun untuk mendukung Modus standar. kecuali FreeDOS's referensi untuk himem.

yang mendukung nama file panjang (lihat VFAT). Tergantung pada BIOS yang digunakan. dan bahkan beberapa BIOSes dapat mendukung perangkat penyimpanan. boot. yang mengenali perangkat USB dari host sistem operasi untuk bertindak seakan-akan mereka "legacy port" perangkat (misalnya joysticks dengan permainan 31 . NTFS adalah dukungan yang diberikan oleh produk-produk seperti NTFSDOS dan NTFS4DOS. sebanyak empat LBA hard disk hingga 128 GB. The FreeDOS kernel dapat boot dengan menambahkan ke Windows NT Boot Loader file konfigurasi.ini untuk ReactOS. tetapi ada beberapa eksternal pihak ketiga yang tersedia driver untuk tujuan itu. Untuk mengakses ext2fs. atau bahkan 2 TBC dalam ukuran yang didukung. karena ada sedikit pengujian sejauh ini. atau freeldr. Perawatan dianjurkan bila menggunakan disk besar. bahkan boot dari itu. namun banyak motherboard modern berisi pengaturan BIOS untuk "Legacy USB" dukungan yang memungkinkan perangkat USB untuk digunakan dalam sistem operasi yang kurang mendukung untuk mereka (seperti FreeDOS). Hal ini berlaku untuk keyboard dan mouse. FreeDOS juga dapat digunakan dengan driver disebut DOSLFN. dan beberapa BIOSes dukungan LBA tetapi menghasilkan kesalahan pada disk yang lebih besar dari 32 GB. LTOOLS (pendamping untuk mtools) dapat digunakan untuk menyalin data dari dan ke ext2fs drive. Sejauh ini tidak ada USB dukungan driver di dalam proyek FreeDOS. Driver seperti OnTrack atau EzDrive menyelesaikan masalah ini. Tidak ada rencana untuk mendukung NTFS atau ext2.ini. Beberapa eksternal DOS driver USB (seperti DUSE. Alternatif yang lebih baik untuk menjalankan program DOS sementara memiliki perangkat USB akan hadir untuk menggunakan DOSBox. FAT32 didukung sepenuhnya. USBASPI dan USBMASS) untuk perangkat penyimpanan bekerja sama dengan beberapa upaya dan keberuntungan.FreeDOS dapat diinstal pada sistem ini pada partisi terpisah pada sistem NTFS. tetapi paling lama program tidak mendukung nama file panjang bahkan jika driver di-load. atau yang sama pada partisi FAT pada sistem. FreeDOS juga dapat dijalankan dengan virtualisasi perangkat lunak seperti Virtual PC dan VirtualBox atau perangkat lunak emulasi seperti Bochs dan Qemu.

hingga 620 kB. FreeDOS kompatibilitas kurang dari 100% namun sudah cukup untuk kebanyakan program berjalan.port. Baik tertulis menggunakan perangkat lunak didokumentasikan API bekerja dengan baik. LBAcache cache disk yang baru-baru ini diakses disk menyimpan data dalam XMS untuk akses lebih cepat dan kurang langsung akses disk. yang memungkinkan DPMI kernel dan DOS extenders untuk diinstal dengan itu. Untuk menggunakan Windows Boot Menu baris berikut ini dapat ditambahkan C:\BOOT. Hal ini berguna untuk DOS program yang hanya menggunakan memori konvensional.COM-dapat memindahkan bagian dari sendiri ke memori diperpanjang sampai lepas besar bagian dari memori konvensional. FreeCOM yang shell-versi FreeDOS's COMMAND. yang juga kompatibel dengan DOS versi lain. FreeDOS dapat boot dari Hard Drive. Permasalahan berjalan Microsoft Windows hasil dari upaya untuk mencegah mereka berjalan pada produk non-Microsoft DOS implementasi. dan USB flash drive akan bertindak seakan-akan mereka sebuah harddisk untuk DOS).BIN = "FreeDOS" Yang HIMEM dan EMM386 memori pengelolaan program termasuk dengan memberikan FreeDOS diperpanjang memori (XMS) dan memperluas memori (EMS) untuk lama nyata modus perangkat lunak. Live CD. USB Flash Drive atau Floppy Disk. 32 . EMM386 juga mendukung VCPI.BIN="FreeDOS" C: \ FDOSBOOT. printer dengan port paralel. FreeDOS juga berisi UDMA driver untuk akses disk lebih cepat.INI : C:\FDOSBOOT.

Macbook. Beberapa perangkat lunak ciptaanya pun mampu bersaing di bidang kreatif seperti penyunting video Final Cut Pro. sebuat video teletype yang bisa dipakai untuk mengakses minicomputer di Call Computers. Menggunakan alat-alat yang dapat dibeli di toko. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. seperti iMac. California. perangkat pemutar lagu iPod. thermal printer seperti Texas Instruments Silent 700 adalah terminal yang paling maju. Inc. Inc. yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. sebuah perusahaan timesharing. (sebelumnya bernama Apple Computer. Pada saat itu. Disainnya kemudian dibeli oleh Call Computers dan beberapa unit terjual. Terminal komputer pada saat itu mayoritas berbasis kertas. Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer. Wozniak melihat sebuah artikel di majalah bernama Popular Electronics edisi 1975 yang berisikan bagaimana cara untuk membuat terminal komputer sendiri. Pada tahun 1975. Steve Wozniak adalah seorang hacker elektronik. Pra-pendirian Sebelum membantu mendirikan Apple. Wozniak merancang dan membuat komputer bernama Computer Conversor.) adalah sebuah perusahaan Silicon Valley berbasis di Cupertino. dia bekerja di Hewlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendisain video game untuk Atari. 33 . dan telepon genggam iPhone.Apple DOS Apple. penyunting suara Logic Pro dan pemutar lagu iTunes yang sekaligus berfungsi sebagai toko lagu online. Apple terkenal akan perangkat keras ciptaannya.

Wozniak membuat sebuah versi BASIC untuk chip tersebut dan mulai mendisain sebuah komputer untuk menjalankannya. Komputer buatan Wozniak hanya memiliki beberapa kelebihan. Chip 6502 didisain oleh orang yang sama yang telah mendisain Motorola 6800. Jobs berhasil membujuk Wozniak untuk membuat komputer dan menjualnya. Pada satu pertemuan Wozniak bertemu teman lamanya Steve Jobs yang tertarik akan potensi komersialisasi komputer-komputer kecil Tahun-tahun pertama Steve Jobs dan Steve Wozniak sudah berteman sejak lama. Jobs mendekati sebuat toko komputer lokal The Byte Shop yang tertarik untuk membeli komputer tetapi hanya komputer yang sudah terpaket lengkap. Wozniak kemudian berhasil membuat komputer tersebut dan membawanya ke pertemuan-pertemuan Homebrew Computer Club untuk dipamerkan. Microcomputer baru seperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinya untuk memasang sebuah mikroprosesor pada video teletype-nya untuk menjadikannya sebuah unit komputer yang lengkap. Ketika MOS Technology memproduksi chip 6502 pada tahun 1976 dengan harga $US 20. pemilik toko tersebut Paul Terrell mengatakan ia siap membeli 50 unit seharga $US 500 satunya. Monitor ini bukanlah seperti monitor modern dan hanya menampilkan teks dengan kecepatan 60 karakter per detik. Wozniak lebih tertarik pada Motorola 6800 tetapi harganya terlalu mahal. Bertemu pertama kali pada tahun 1971 ketika seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu baru berumur 16 tahun. Dia pun kemudian sadar dan hanya mendisain komputer di atas kertas.Pada tahun 1975 Wozniak mulai menghadiri pertemuan sebuah klub bernama Homebrew Computer Club. Komputer ini bernama Apple I dan memiliki kode 34 . Pada saat itu CPU yang banyak tersedia adalah Intel 8080 seharga $US 179 dan Motorola 6800 seharga $US 170. Salah satunya dapat menggunakan TV sebagai monitor di mana saat itu banyak komputer tidak memiliki monitor sama sekali.

di mana tampilan disimpan di memori. 35 . Tapi dengan pendapatan dari penjualan Apple I. Selesai dan dikirim pada bulan Juni.200 bits/detik. sebuah kecepatan yang cukup tinggi pada saat itu. Walaupun komputer tersebut cukup sederhana disainnya adalah sebuah masterpiece. bertiga mereka mulai memproduksi komputer tersebut. menggunakan jumlah komponen yang jauh lebih sedikit dengan komputer-komputer sejenisnya dan berhasil memberi reputasi kepada Wozniak sebagai seorang master designer dengan cepat. Apple I hampir bisa seperti itu namun pengguna masih harus memasang berbagai macam komponen dan menulis kode untuk menjalankan BASIC. Apple II. dia bisa memulai produksi komputer yang lebih canggih. Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977. Pada akhirnya. 200 unit Apple I diproduksi. Dibantu oleh satu orang lagi teman Ronald Wayne. mereka dibayar sesuai janji oleh Paul Terrell. Tapi Wozniak sudah lebih maju daripada Apple I. memulung dan sedikit menipu. Dengan menggunakan berbagai cara termasuk meminjam ruangan dari teman dan keluarga. Akhirnya dengan paksaan Paul Terrell Wozniak juga mendisain sebuah mekanisme kaset untuk membuka dan menyimpan program dengan kecepatan 1. Dengan cara ini monitor tidak hanya bisa menampilkan teks juga bisa menampilkan gambar dan pada akhirnya warna.bootstrap pada ROM-nya yang membuatnya lebih mudah untuk dihidupkan. Jobs berhasil mendapatkan komponen-komponen yang dibutuhkan untuk produksi sementara Wozniak dan Wayne membuat komputer-komputer tersebut. menjual bermacam harta pribadi (seperti kalkulator dan sebuah mobil VW Combi). Pada saat yang sama Jobs menekankan disain casing dan keyboard yang lebih baik dengan pemikiran bahwa komputer tersebut harus lengkap dan siap langsung dinyalakan. Banyak elemen design Apple I dibuat karena keterbatasan dana yang dimiliki oleh mereka untuk membuat sebuah prototype. Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total.

Salah satu penantang besar adalah IBM. tetapi Apple merasa perlu mengeluarkan model baru yang lebih maju untuk bersaing di bidang komputer meja bagi perusahaan besar. Apple III dan Lisa Memasuki dekade 1980.000 dan mereka bertiga membentuk perusahaan Apple Computer pada 1 April 1976.Menyadari membuat komputer seperti itu akan memakan banyak biaya. mereka menghasilkan dana terbanyak sejak Ford go public pada tahun 1956. Jobs mulai mencari uang tunai namun Wayne sedikit ragu karena ia pernah mengalami kegagalan perusahaan empat tahun sebelumnya dan akhirnya keluar dari perusahaan. Jobs akhirnya bertemu dengan Mike Markkula yang menjamin pinjaman bank sebanyak $US 250. Ketika Apple go public pada tahun 1980. Dengan dana dan disain bentuk yang baru. Mesin baru tersebut kemudian sangat sering mengalami overheating dan sebagian model awalnya harus ditarik dari pasaran. Salah satu diantaranya adalah menghilangkan kipas pendingin . perusahaan ternama pertama di bidang komputer. Apple III tergolong sangat mahal walaupun Apple berusaha mengeluarkan versi yang diperbaiki di tahun 1983 yang juga gagal di pasaran. Komputer IBM yang menggunakan sistem operasi DOS yang dilisensi kepada IBM oleh Microsoft meraih porsi yang besar dalam pangsa pasar komputer meja untuk perusahaan besar yang tergolong masih muda. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an. termasuk Apple IIe dan Apple IIgs.yang menurut Steve Jobs tidak elegan. Berbagai jenis model Apple II diproduksi. Beberapa perusahaan yang lebih kecil menggunakan Apple II. 36 . Apple menghadapi kompetisi dalam bisnis komputer pribadi. Maka para perancang Apple III dipaksa untuk mengikuti keinginan Steve Jobs yang terlalu tinggi dan mustahil untuk dipenuhi. Apple II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC.

Sekali lagi. dengan teknologi maju seperti antarmuka pengguna grafis menggunakan mouse. "On January 24. Apple Computer will introduce Macintosh. object-oriented programming dan kemampuan menggunakan network. Apple Lisa dilepas pada bulan January 1983 dengan harga AS$ 10. Xerox mengijinkan insinyur dari Apple untuk mengunjungi fasilitas PARC dengan perjanjian bahwa Apple akan menjual satu juta saham mereka sebelum perusahaan tersebut go-public (total harga saat itu berkisar AS$18 juta). Macintosh Proyek Lisa dilepas dari kendali Steve Jobs saat masih separuh jadi. Apple juga membuahkan konsep pewarta Apple (Apple evangelist) yang dipelopori oleh karyawan Apple bernama Guy Kawasaki. 37 . Steve Jobs kemudian mengalihkan perhatiannya kepada proyek Macintosh.Sementara. yang pada awalnya dianggap sebagai sejenis Lisa yang lebih murah. Hanya setelah mereka membawa Steve Jobs untuk melihat teknologi yang dikembangkan di Xerox PARC dalam komputer Alto pada bulan Desember 1979 maka yakinlah Steve Jobs bahwa masa depan akan menghadirkan komputer yang grafik-intensif dan icon-friendly. Walaupun ide tersebut mengundang ketidak-setujuan ahli riset dari PARC banyak yang akhirnya bekerja untuk Apple seperti Larry Tesler. dengan pernyataan. tetapi terlalu mahal (kesalahan ini akan terus diulang Apple selama beberapa tahun kedepan). Orang-orang tersebut seperti Jef Raskin dan Bill Atkinson mencoba meyakinkan Steve Jobs untuk memberikan dukungan sepenuhnya dalam mengembangkan ide mereka. And you'll see why 1984 won't be like '1984'" — maksud dari kata-kata tersebut adalah Macintosh yang baru akan membebaskan komputer dan informasi dari kekangan perusahaan besar dan technocrats. beberapa grup di dalam Apple juga berusaha mengembangkan jenis komputer pribadi baru. Apple mengenalkan produk yang tergolong sangat maju pada saat itu.000. Apple Lisa kemudian diberhentikan pada tahun 1986. dan sekali lagi Apple gagal meraih pasaran yang tersedia. Apple Macintosh diluncurkan pada tahun 1984 dengan iklan televisi berjudul 1984 yang didasarkan dari novel karya George Orwell yang juga diberi nama 1984.

Walaupun Windows versi pertama sangat ketinggalan jaman dibanding Macintosh. Ditambah lagi perbaikan yang dilakukan Microsoft secara cepat mengejar ketinggalan mereka. Namun merek PowerBook mengalami kegagalan setelah model PowerBook 5300 memiliki banyak masalah dalam 38 . Walaupun Apple memberi lisensi untuk beberapa produk lainnya mereka tidak pernah memberikan ijin perusahaan lain untuk membuat komputer yang kompatibel dengan Macintosh sehingga Microsoft bisa mendominasi pangsa pasar yang ada. Sekaligus juga karena keterbukaan yang dimiliki oleh komputer yang kompatibel dengan IBM menyebabkan lebih banyak piranti lunak tersedia untuk Windows dibanding Macintosh. Komputer Macintosh kompatibel yang dijual di tahun 1990an pun hanya meraih kesuksesan yang kecil. Generasi pertama produk ini dirancang bersama Sony dan memberikan layout untuk komputer portabel yang masih dipakai sampai saat ini: engsel belakang untuk mendukung layar. layar hitam putih dan arkitekturnya yang terutup. Banyak yang merasa bahwa kesuksesan itu seharusnya jauh lebih besar dari kenyataannya. keyboard yang diletakkan menjorok ke belakang dan trackball (yang kemudian menjadi trackpad) diposisikan di depan keyboard tersebut. Pada saat itu sistem komputer IBM sudah di-reverse engineered dan banyak perusahaan juga membuat komputer yang kompatibel dengan IBM. Ketika Bill Gates pendiri dan sekarang pemimpin Microsoft mengunjungi kantor besar Apple di Cupertino. antarmuka pengguna grafis buatan mereka sendiri untuk komputer IBM. Pada saat itu Apple sadar bahwa mereka sudah terlambat untuk merebut kembali kekuasaan pasar yang pernah mereka miliki.Walaupun ada kekhawatiran mengenai kurangnya piranti lunak yang tersedia. Keadaan sekarang Setelah kegagalan Macintosh Portable di tahun 1989 Apple mencoba memperkenalkan sebuah komputer portabel yang lebih populer PowerBook di awal dekade 1990. piranti lunak tersebut dan komputer yang kompatibel dengan Windows bisa dibeli dengan harga yang jauh lebih murah dibanding sebuah Macintosh. Steve Jobs menunjukkan sebuah prototipe dari antarmuka pengguna grafis untuk Macintosh. Pada tahun 1985 Microsoft meluncurkan Windows. merek Macintosh pada akhirnya menjadi produk yang berhasil bagi Apple bahkan sampai hari ini.

kualitasnya seperti baterai yang gampang rusak. Apple memperbarui produk Macintosh mereka dengan mengenalkan seri Power Macintosh. Dikemudian hari. Model ini meniadakan bagian dasar dan mengemas seluruh unit proses pusatnya (central processing unit) di belakang layar komputer yang ditopang oleh 39 . kerangka yang gampang keropos dan layar yang tidak bagus. Mac OS. yang menggunakan prosesor PowerPC hasil kerjasama IBM. and A/UX. Steve Jobs keluar dari Apple dan mendirikan perusahaan NeXT Inc. mereka membeli NeXT sekaligus dengan sistem operasi UNIX-based-nya NeXTstep yang juga membawa kembali Steve Jobs ke dalam perusahaan yang didirikannya. Setelah permasalahan kepemimpinan di dalam Apple dengan CEO baru John Sculley di dekare 1980-an. Di tahun 1994. Sata satu langkah pertama yang dia lakukan sebagai pemimpin sementara di Apple adalah mencetuskan ide untuk mengembangkan iMac. sekalipun memiliki awal yang baik. Produk yang dirilis Apple setelah itu adalah Apple Airport yang menggunakan teknologi Wireless LAN untuk menyambungkan sebuah komputer ke internet tanpa menggunakan kabel. produk yang akan menyelamatkan Apple dari kehancurannya sekaligus memberikan waktu bagi mereka untuk merampingkan sistem operasi yang sudah ada. Di awal tahun 2002. Sebuah model yang baru yang menggunakan prosesor prosesor G5 dilepas pada tanggal 31 Agustus 2004 dan mulai dijual di pertengahan September pada tahun yang sama. Model ini diberhentikan di musim panas 2004. Motorola dan Apple. dan program multimedia seperti QuickTime and seri piranti lunak Final Cut. Mereka juga mengeluarkan iBook dan PowerMac G4. yang jauh berbeda dengan seri Motorola 680X0 sebelumnya. Komputer ini memiliki bagian dasar yang separuh bulat dan layar datar yang ditopang dengan leher yang bisa digerakkan. produk networking seperti AppleTalk. Dalam usaha Apple untuk menyelamatkan perusahaannya. Mac OS X. Prosesor ini menggunakan arsitektur RISC. Sistem operasi milik Apple disesuaikan agar piranti lunak yang dikembangkan untuk prosesor yang lebih tua bisa berjalan dengan seri prosesor PowerPC.. yang pada akhirnya gagal. Apple mengeluarkan iMac G4. Produk dari Apple yang dulu dan sekarang juga meliputi sistem operasi seperti ProDOS.

1-9. Apple memasuki pasar telepon genggam dengan memperkenalkan iPhone. Dengan cara ini. Komputer yang dijuluki iMac G5 ini adalah komputer meja tertipis di dunia. Apple juga memberikan pilihan bagi pengembang piranti lunak yang lama untuk menggunakan teknologi Carbon agar program mereka bisa diadaptasi secara langsung ke dalam Mac OS X. Pada saat yang sama. Di tahun 2001. sebuah sistem operasi yang didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas.1 cm.sebuah kaki aluminium yang ramping. Di pertengahan 2003. Pada Januari 2007. Ini adalah komputer 64 bit yang pertama kali tersedia untuk umum. kehandalan dan keamanan yang dimiliki UNIX dengan kemudahan dalam menggunakan Macintosh ke dalam sebuah piranti lunak yang bisa dipakai baik bagi mereka yang bergerak di bidang profesional maupun perseorangan. Mac OS X juga memiliki sebuah program bernama Classic Environment yang bisa menjalankan piranti lunak yang dirancang untuk sistem operasi 9. dengan ketebalan yang hanya dua inci atau 5. sebuah program bisa memanfaatkan semua fitur baru yang tersedia dalam Mac OS X. Apple memperkenalkan Mac OS X. nama perusahaan juga akan dipangkas dengan menanggalkan kata "Computer" untuk mewakili diversifikasi produk perusahaan tersebut. Apple mengeluarkan prosesor PowerPC generasi kelima yang menggunakan seri prosesor PowerPC 970 yang dikembangkan oleh IBM. 40 .2. yang akan dirilis pada tahun yang sama di AS.2 yang lama.

Kesimpulan Sistem Operasi • • Program pengendali utama dari seluruh sistem komputer Pengelola seluruh sumberdaya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumberdaya sistem computer Jenis-Jenis Dos  Pts-dos  Ms dos  Pc dos  Dr dos  Free dos  Apple dos 41 .

com http://en.Daftar Pustaka www.wikipedia.google.org/wiki/ 42 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful