P. 1
Bab 1 Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Etos Kerja

Bab 1 Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Etos Kerja

5.0

|Views: 18,893|Likes:
Published by Cahyo Prabowo

More info:

Published by: Cahyo Prabowo on Sep 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/12/2015

pdf

text

original

BAB 1 Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang ETOS KERJA dan IPTEK

Standar Kompetensi  Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja.  Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang IPTEK. Kompetensi Dasar  Membaca Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al- Jumuah : 9-10.  Menjelaskan arti Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al- Jumuah : 9-10 .  Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Q.S. Al Mujadalah : 11 dan Q.S. Al- Jumuah : 9-10.  Membaca Q.S. Yunus, 10: 101 dan Q.S. Al-Baqarah, 2: 164.  Menjelaskan arti Q.S. Yunus, 10: 101 dan Q.S. Al-Baqarah, 2: 164.  Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam Q.S. Yunus, 10: 101 dan Q.S. Al-Baqarah, 2: 164.

A. ETOS KERJA 1. Surah Al-Mujadalah, 58 : 11 1.1. Bacaan dan Arti Ayat

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Mujadalah, 58: 11) 1.2. Tajwid
Bacaan Hukum Bacaan Mad jaiz munfasil Alif lam qamariyah Mad jaiz munfasil Mad tabi’i Izh-har syafawi Alif lam qamariyah Mad tabi’i Lam Jalalah tarqiq Izh-har syafawi Alasan Mad tabi’I bertemu hamzah tidak dalam satu kata Alif lam bertemu huruf qamariyah (lam) Mad tabi’I bertemu hamzah tidak dalam satu kata Kasrah bertemu ya’ sukun Mim sukun bertemu ta’ Alif lam bertemu huruf qamariyah (mim) Dhummah bertemu wau sukun Sebelum lafal Allah ada huruf berharakat kasrah Mim sukun bertemu wau
1

Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo,S.H.I

Arti Per-kata Arti Berdirilah kamu Maka berdirilah Niscaya Allah akan meninggikan Orang-orang yang beriman Di antara kamu Dan orang-orang Yang diberi ilmu pengetahuan Beberapa derajat Dan Allah Terhadap apa Yang kamu kerjakan Maha Mengetahui Arab Wahai Orang-orang yang beriman Apabila Dikatakan Kepadamu Berlapang-lapanglah Dalam majelis Maka lapangkanlah Niscaya Allah akan member kelapangan Untukmu Dan apabila dikatakan Arti Arab Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo.Bacaan Hukum Bacaan Ikhfa’ hakiki Lam Jalalah tarqiq Ikhfa’ hakiki Alif lam qamariyah Mad ‘arid lissukun Lam Jalalah tafkhim Mad tabi’i Mad tabi’i Mad ‘arid lissukun Alasan Nun sukun bertemu syin Sebelum lafal Allah ada huruf berharakat kasrah Nun sukun bertemu kaf Alif lam bertemu huruf qamariyah (‘ain) Mad tabi’I bertemu ta’ yang dibaca waqaf atau terletak diakhir kata Sebelum lafal Allah ada huruf berharakat fat-hah Fat-hah bertemu alif Dhummah bertemu wau sukun Mad tabi’I bertemu ra’ yang dibaca waqaf atau terletak diakhir kata 1.H.I 2 .S.3.

S. kerjakanlah suruhan itu dengan segera dan dengan cara yang sebai-baiknya. Dalam riwayat disebutkan. Bacaan dan Arti Ayat Hai orang-orang beriman.1. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.1. sehingga terpaksa mereka berdiri. Suruhan untuk memberikan kelapangan kepada orang lain dalam majelis ilmu. dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. Penegasan Allah bahwa orang yang beriman. b. Wanita itu bernama Khaulah binti Tsa’labah yang memberikan bantahan terhadap suaminya yang telah menzhiharnya (menyamakan istri dengan ibunya).I 3 . yaitu surah yang turun di Madinah setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. hukum dan kisah-kisah. dan segala majelis yang sifatnya mentaati Allah dan Rasulnya. (Q.H. b. beramal saleh dan berilmu pengetahuan lebih tinggi derajatnya daripada orang yang beriman dan beramal saleh tetapi tidak berilmu pengetahuan. Isi pokok surah yaitu keimanan. Rasulullah menyuruh berdiri kepada orang. Asbabun Nuzul surah Al-Mujadilah ayat 11 adalah : a. Surah Madaniyah. Al-Jumuah. Al-Mujadilah artinya wanita yang mengajukan gugatan. 62: 9-10) [#] Maksudnya: apabila imam telah naik mimbar dan muazzin telah azan di hari Jum'at. di saat para pahlawan perang Badr datang ke tempat pertemuan yang penuh sesak. Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli[#]. sedang tamu (para pahlawan Badr) di suruh duduk di tempat mereka. Orang yang berdiri merasa tersinggung perasaannya.orang pada tidak mau memberi tempat kepada yang baru datang itu. Penjelasan Isi Surah Surah ke 58.orang yang lama duduk. ada orang yang baru datang ke majelis Rasulullah. Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo. c. Maka turunlah ayat ini sebagai perintah kepada kaum mukminin untuk mentaati perintah Rasulullah dan memberikan kesempatan duduk kepada sesama mukmin.S. Orang. apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at. (Rwt Ibnu jarir dari Qatadah). jumlah ayat 22.4. (Rwt Ibnu Abi Hatim dari Muqatil). : 9-10 2. 2. Bila disuruh mengerjakan pekerjaan baik dan diridhai Allah . Ayat ini turun hari jum’at. Maka bertebaranlah kamu di muka bumi. Isi kandungan surah Al-Mujadilah ayat 11 adalah : a. Apabila telah ditunaikan shalat. para sahabat tidak mau memberikan tempat duduk di dekat Rasulullah. Maka turunlah ayat ini. Surah Al-Jumuah. majelis dzikir. Maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan muazzin itu dan meninggalakan semua pekerjaannya.

S.H.2. Tajwid Bacaan Hukum Bacaan Mad jaiz munfasil Mad tabi’i Mad tabi’i Mad tabi’i Alif lam syamsiyah Idgam bigunnah Alif lam qamariyah Mad laen Lam Jalalah tarqiq Mad ‘arid lissukun Izh-har syafawi Mad laen Idgam bilagunnah Ikhfa’ hakiki Izh-har syafawi Mad tabi’i Alif lam syamsiyah Ikhfa’ hakiki Alif lam qamariyah Qalqalah sugra Ikhfa’ hakiki Lam Jalalah tarqiq Lam Jalalah tafkhim Alasan Mad tabi’I bertemu hamzah tidak dalam satu kata Kasrah bertemu ya’ sukun Nun sukun bertemu ya’ dhummah bertemu wau sukun Alif lam bertemu huruf syamsiyah (shad) Nun sukun bertemu ya’ Alif lam bertemu huruf qamariyah (jim) Sebelum wau sukun ada huruf berharakat fat-hah Sebelum lafal Allah ada huruf berharakat kasrah Mad laen bertemu ‘ain yang dibaca waqaf atau terletak diakhir kata Mim sukun bertemu kha’ Sebelum ya’ sukun ada huruf berharakat fat-hah Dhummah tanwin bertemu lam Nun sun bertemu kaf /ta’ Mim sukun bertemu ta’ Fat-hah bertemu alif Alif lam bertemu huruf syamsiyah (shad) Nun sukun bertemu ta’ Alif lam bertemu huruf qamariyah (mim) Ba’ sukun terletak ditengah kata Nun sukun bertemu fa’ Sebelum lafal Allah ada huruf berharakat kasrah Sebelum lafal Allah ada huruf berharakat fat-hah Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo.I 4 .2.

Bacaan Hukum Bacaan Izh-har syafawi Mad ‘arid lissukun Alasan Mim sukun bertemu ta’ Mad tabi’I bertemu nun yang dibaca waqaf atau terletak diakhir kata 2.4. Isi kandungan surah Al-Jumuah ayat 9-10 adalah : Perintah Allah untuk segera menunaikan salat jumat dan menghentikan segala aktivitas jual beli dan apabila telah selesai menunaikan salat. Surah Madaniyah. Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo. jumlah ayat 11. Ayat ini memerintahkan manusia untuk melakukan keseimbangan hidup antara kehidupan di dunia dan persiapan untuk kehidupan di akhirat. Arti Per-kata Arti Arab Wahai Orang-orang yang beriman Apabila Diseur Untuk menunaikan salat Pada hari jumat Maka bersegeralah Kepada mengingat Allah Dan tinggalkanlah Jual beli Yang demikian itu Lebih baik bagimu Arti Arab Jika kamu Mengetahui Maka apabila Telah ditunaikan Salat Maka bertebaranlah Di muka bumi Dan carilah Dari karunia Allah Dan ingatlah Allah Banyak-banyak Supaya kamu beruntung 2. yaitu surah yang turun di Madinah setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. manusia diperintahkan untuk mencari karunia Allah (bekerja kembali) dimuka bumi.S. Isi pokok surah adalah tentang sifat orang munafik dan ajakan untuk taat kepada Allah.3. Penjelasan Isi Surah Surah ke 62.H.I 5 .

1. Memiliki sifat dan sikap yang tidak merugiksn orang lain walaupun orang lain lebih mulia dan tinggi derajatnya. Mencintai pekerjaan walau sekecil apapun. B. 10: 101 1. 58: 11 dan Q. 62: 9-10 antara lain : 1.H. tidak menganiaya diri. 4. Yunus. Surah Yunus. Sikap dan Perilaku Berikut ini beberapa sikap dan perilaku yang mencerminkan etos kerja sesuai Q.(Q. tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan Rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman".S. tidak iri hati. dan selalu berdoa setiap akan mencari karunia Allah.2. Memiliki budaya yang tinggi.I 6 .5. Bacaan dan Arti Ayat Katakanlah: "Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. 7. Tidak meninggalkan kesempatan di mana sebenarnya ia mampu untuk berusaha memanfaatkannya untuk bekerja meraih karunia Allah. Bekerja keras dan menuntut ilmu sebaik-baiknya untuk bekal masa depan.S. Bekerja keras dengan tanpa meninggalkan kewajiban salat dan terus berbuat baik.S. 6.S. IPTEK 1. Al-Mujadilah. 5. Menyadari bahwa Allah menciptakan manusia adalah untuk beribadah.2. 3. Tajwid Bacaan Hukum Bacaan Ikhfa’ hakiki Mad tabi’i Alif lam syamsiyah Alif lam qamariyah Mad tabi’i Alif lam qamariyah Alif lam syamsiyah Mad laen Idgam bilagunnah Mad ‘arid lissukun Alasan Nun sukun bertemu zha’ Fat-hah bertemu alif Alif lam bertemu huruf syamsiyah (sin) Alif lam bertemu huruf qamariyah (hamzah) Fat-hah bertemu alif Alif lam bertemu huruf qamariyah (hamzah) Alif lam bertemu huruf syamsiyah (nun) Wau sukun yang huruf sebelumnya berharakat fathah Kasrah tanwin bertemu lam Mad tabi’I bertemu nun yang dibaca waqaf atau terletak diakhir kata Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo. 2. dengki. 10: 101) 1. Al-Jumuah.

Isi pokok surah yaitu keimanan. 10. Isi kandungan surah Yunus ayat 101 adalah tentang perintah Allah kepada manusia untuk mempelajari berbagai ciptaan Allah terutama dalam penciptaan langit dan bumi yang merupakan tanda-tanda kemahakuasaan Allah dan hendaknya manusia mengambil manfaat dari tanda-tanda kekuasaan Allah serta mengambil peringatan yang disampaikan para rasul. Arti Per-kata Arti Bermanfaat Tanda-tanda(kekuasaan) Dan peringatan(dari para rasul) Bagi kaum Yang tidak beriman Arab Arti Katakanlah Perhatikanlah Apa-apa Di langit Dan di bumi Dan tidaklah Arab 1. 2. 2: 164 yang berkaitan dengan IPTEK antara lain : a.1. jumlah ayat 109. bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia. yaitu surah yang turun di Makah sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. 67: 3-5 dan ArRahman. surah Al-Mulk. 2: 164 2. Berkaitan dengan arsitek surah Al-Baqarah. 2: 25. Berkaitan dengan geologi (ilmu pengetahuan tentang bagaimana bentuk dan terjadinya bumi) surah Al-Anbiya’. 41: 9.3. dan apa yang Allah turunkan Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo. 55: 33) b.S.1. 36: 38-40 dan surah Yunus.H.I 7 . Penjelasan Isi Surah Surah ke 10.4. Bacaan dan Arti Ayat Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi. Dan surah Yunus ayat 101 ini adalah ayat yang menyuruh manusia untuk selalu menggunakan akal pikirannya dalam menangkap dan mengkaji fenomena alam. 21: 30. c. silih bergantinya malam dan siang. Surah Al-Baqarah. 10: 5. Ayat-ayat Al-Quran selain surah Yunus. 101 dan Al-Baqarah. Berkaitan dengan geografi (ilmu bumi) surah Yasin. hukum dan kisah-kisah. 11-12. surah Fushshilat. Surah Makiyah.

S.H.dari langit berupa air.S. sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi.I 8 . Al-Baqarah.(Q. Tajwid Bacaan Hukum Bacaan gunnah Alif lam syamsiyah Alif lam qamariyah Mad laen Alif lam syamsiyah Alif lam qamariyah Qalqalah sugra Alif lam qamariyah Mad tabi’i Ikhfa’ hakiki Alif lam syamsiyah Ikhfa’ hakiki Lam Jalalah tafkhim Idgam bigunnah Mad wajib muttasil Mad laen Ikhfa’ hakiki Idgam bigunnah Alif lam syamsiyah Alif lam syamsiyah Alif lam qamariyah Nun bertasydid Alif lam bertemu huruf syamsiyah (sin) Alif lam bertemu huruf qamariyah (hamzah) Sebelum ya’ sukun ada huruf berharakat fat-hah Alif lam bertemu huruf syamsiyah (nun) Alif lam bertemu huruf qamariyah (fa’) Jim sukun terletak ditengah Alif lam bertemu huruf qamariyah (ba’) Fat-hah bertemu alif Nun sukun bertemu fa’ Alif lam bertemu huruf syamsiyah (nun) Nun sukun bertemu zain Sebelum lafal Allah ada huruf berharakat fat-hah Nun sukun bertemu mim Mad tabi’I bertemu hamzah dalam satu kata Sebelum wau sukun ada huruf berharakat fat-hah Nun sukun bertemu kaf Kasrah tanwin bertemu wau Alif lam bertemu huruf syamsiyah (ra’) Alif lam bertemu huruf syamsiyah (sin) Alif lam bertemu huruf qamariyah (mim) Alasan Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo.2. 2: 164) 2. lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan.

Bacaan Hukum Bacaan Mad laen Idgam bilagunnah Idgam bigunnah Mad ‘arid lissukun Alasan Sebelum ya’ sukun ada huruf berharakat fat-hah Kasrah tanwin bertemu lam Kasrah tanwin bertemu ya’ Mad tabi’I bertemu nun yang dibaca waqaf atau terletak diakhir kata 2. Arti Per-kata Arti Dari langit Dari air Maka Dia menghidupkan Bumi Setelah matinya Dan Dia sebarkan didalamnya Dari segala hewan Dan perkisaran Angin Dan awan Yang dikendalikan Antara Langit Dan bumi Sesungguhnya terdapat tanda-tanda Bagi kaum Yang berakal Arab Arti Sesungguhnya Dalam Penciptaan Langit Dan bumi Dan pergantian Malam Dan siang Dan bahtera Yang berlayar Di laut Dengan apa Member manfaat Manusia Dan apa yang Menurunkan Allah Arab Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo.H.3.S.I 9 .

2. tanah subur. karena ada kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil dalam ayat 67-74. 10. Selalu ikhlas dan tawakal diwaktu senang atau susah.S. jumlah ayat 286. Selalu mengambil hikmah dan pelajaran dalam setiap kejadian yang dialami. Ketika turun surah Al-Baqarah ayat 163. Selalu menyakini Allah yang mengatur hidup demi kesejahteraan manusia. Penjelasan Isi Surah Surah ke 2. berikanlah kepada kami bukti-buktinya !” Maka turunlah surah Al-Baqarah ayat 164 yang menegaskan adanya bukti-bukti kemahaesaan Tuhan (diriwayatkan oleh Sa’id bin Mansur.S. Selalu menyakini bahwa kehidupan akhirat itu kekal. 9. 7. AlBaqarah.H. “ Apakah benar Tuhan itu tunggal ? Jika benar demikian. daratan. Bahwa setelah turun surah Al-Baqarah ayat 163 kepada Rsulullah SAW di Madinah. 2: 164 antara lain : 1. 13. 3. 2. Al-Baqarah. Isi kandungan surah Al-Baqarah ayat 164 adalah Allah mendorong umat manusia untuk memikirkan segala apa yang telah diciptakan-Nya. 5. Sikap dan Perilaku Berikut ini beberapa sikap dan perilaku yang mencerminkan Q. Selalu senang berbuat baik untuk sesama manusia. puasa. Selalu mengunakan akalnya dan berpikiran positip serta menganggap semua kejadian ada hikmahnya. 11.4. Isi pokok surah. kekuasaan-Nya dan kebesaran-Nya. juga diharapkan umat manusia melakukan usaha-usaha pengembangan di bidang iptek.2. yaitu surah yang turun di Madinah setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. 8. “Bagaimana Tuhan yang tunggal dapat mendengar manusia yang jumlahnya banyak?” Maka turunlah surah Al-Baqarah ayat 164. Al-Baqarah artinya sapi betina. Yunus. angkasa raya. selain umat manusia akan memperoleh dalil-dalil tentang ada-Nya. Selalu meneliti dan mengkaji fenomena alam 4. 6. Selalu mengingat Allah setiap saat.I 10 . tumbuh-tumbuhan.5.S. air hujan. Selalu memelihara keimanan dan ketakwaan. bumi. dan Al-Baihaqi yang bersumber dari Abu Ad-Duha). Dengan memikirkan alam semesta dan segala isinya. tanah tandus. hukum dan kisah-kisah. Surah Madaniyah. 10: 101 dan Q. yaitu keimanan. orang kafir Quraisy di Makah bertanya. berbagai jenis hewan. sedekah dan menuntut ilmu. Asbabun Nuzul Q. lautan. Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo. Al-Faryabi. awan dan angin. berupa langit. Selalu mampu menahan amarah dan memaafkan orang lain. 12. Selalu berusaha menuju kebaikan. Selalu memilih hasil yang terbaik. 2: 164 adalah : a. b. kaum musyrik kaget dan bertanya-tanya. Selalu rajin salat.S.

Apa arti kata-kata dibawah ini ! 2. 5. B. 4. Tuliskan terjemahan surah Yunus ayat 101! Jelaskan isi kandungan surah ِAl-Baqarah ayat 164 ! Tuliskan terjemahan surah Al-Mujadalah ayat 11 ! Jelaskan isi kandungan surah Al-Jumuah ayat 9-10 ! Tugas individu dan kelompok Buatlah kaligrafi arab dengan ukuran minimal kertas A4.H.I 11 . Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan ringkas ! 1.Uji Kompetensi A.S. bahan bebas. 3. Diktat Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya Disusun : Cahyo Prabowo. ayat bebas dan dikumpulkan ! (tugas kelompok 1 kelompok 3 siswa) 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->