LAPORAN FISIKA

PEMANFAATAN GELOMBANG BUNYI

AZWAR MUSTOFA WAHYUDI XII IPA 3

Pembedaan-pembedaan itu dimaksudkan agar tidak terjadi tumpang tindih antar gelombang. Gelombang suara juga dapat dimanfaatkan sebagai berikut ini : A. Rekayasa teknologi yang mengembangkan gelombang terus mengalami perubahan. Karena Ilmu pengetahuan dan rekayasa teknologi masih terus berkembang. atau 90 FM yang berarti 90 MHz atau 106 FM yang berarti 106 MHz dan lain-lain. sehingga kita bisa mendengarkan siaran dari jarak jauh. Dalam gelombang-gelombang radio kita mengenal 88 FM yang berarti 88 MHz atau 88 juta Hz. atau selalu ada misteri-misteri baru yang selalu muncul seiring dengan penemuan-penemuan ilmiah yang terbaru. atau tergantung keinginan besaran frekuensi gelombang yang kita inginkan. bahwa pada tahun 2000an sebagian besar manusia sudah memanfaatkan telepon seluler. padat. radio. Gelombang suara dirubah menjadi gelombang radio dengan cara meningkatkan frekuensi gelombang menjadi gelombang elektromagnetik dengan cara modulasi gelombang. Mengukur Kedalaman Laut Kedalaman laut.PEMANFAATAN GELOMBANG BUNYI Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Tahun 1990an. dapat ditentukan dengan teknik pantulan pulsa ultrasonic. mulai dari gelombang listrik. Banyak kemustahilan di masa lalu yang sekarang menjadi nyata. bahkan lokasi kawasan ikan di bawah kapal. . kebanyakan manusia mungkin belum bisa membayangkan. Dan tentu akan banyak kemustahilan sekarang ini yang di masa datang akan menjadi nyata.000 Hz. pulsa tersebut dipantulkan dan diterima oleh sebuah penerima. Dasar-dasar dari pemanfaatan gelombang radio ini kemudian berkembang ke radar. Sedangkan kemampuan telinga manusia menerima suara yang memiliki frekuensi 20 – 20. Sehingga dari 100 — 1000 Hz dimodulasi menjadi sekitar 100 MHz. Di mana manusia bisa berkomunikasi dengan manusia lain dengan mudah dan bisa di mana saja. gas. batu bara. telepon seluler dan seterusnya. Gelombang elektromagnetik inilah yang sampai di rumah kita. Pulsa ultrasonic di pancarkan oleh instrument yang dinamakan fathometer. kemudian dipancarkan dan sampai ke pesawat radio kita lalu diubah lagi menjadi gelombang audio. internet. Gelombang suara manusia tanpa bantuan alat pengeras suara memiliki frekuensi 100 — 1000 Hz. dan masih menyimpan banyak misteri. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair. Perubahan besar dalam teknologi nirkable sekarang ini sebenarnya dimulai dari ditemukannya gelombang radio. atau udara. televisi dan telepon seluler. Jadi. TV hitam putih kemudian menjadi TV berwarna. diterima oleh pesawat radio kita dan dirubah lagi menjadi gelombang audio/suara oleh pesawat radio kita. Ketika pulsa mengenai dasar laut atau kawasan ikan. gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air. Di mana suara manusia (gelombang suara/audio) mampu diubah menjadi gelombang radio (gelombang elektromagnetik).

catatan-catatan ini dapat digunakan untuk mendeteksi. Jika getaran-getaran ini dicatat oleh seismograf di berbagai tempat di permukaan Bumi. Kacamata tunanetra. dilengkapi dengan alat pengirim dan penerima ultrasonik memanfaatkan pengiriman dan penerimaan ultrasonik. Perhatikan bentuk kaca tuna netra pada gambar berikut. yang nanti bias membahayakan penerbangan pesawat. Teknik pindai ultrasonic inilah yang digunakan untuk memeriksa retakretak tersembunyi pada bagian pesawat terbang. menemukan lokasi. Getaran cairan akan merontokkan kotoran yang menempel pada objek tanpa harus menggosok kotoran itu dengan keras. B. Survei Geofisika Suatu gempakan Bumi atau ledakan dasyat membangkitkan gelombang-gelombang bunyi yang dapat menempuh perjalanan yang sangat jauh melalui Bumi. Mencuci Benda dengan Ultrasonic Beberapa benda seperti berlian dan bagian-bagian mesin. kita dapat menghitung kedalaman laut. D. sangat sukar dibersihkan dengan menggunakan spon kasur atau ditergen keras. Suatu objek (berlian. E.Dengan mengukur selang waktu antara saat pulsa ultrasonic dipancarkan dan saat pulsa diterima. Jika pulsa lancer memerlukan waktu lama untuk kembali ke penerima berarti lautnya dalam. komponen-komponen elektronik atau bagian-bagian mesin) dicelupkan dalam suatu cairan. Pemantulan gelombanggelombang bunyi ketika melalui lapisan-lapisan batuan Bumi dapat digunakan oleh ahli geofisika bersama ahli geologi untuk mendeteksi lapisan-lapisan batuan yang mengandung endapan-endapan minyak atau mineral-mineral berharga. . Mendeteksi Retak-Retak pada Struktur Logam Untuk mendeteksi retak dalam struktur logam atau beton digunakan pemindai ultrasonic. C. Getaran-getaran frekuensi tinggi dari ultrasonic dapat dimanfaatkan untuk merontokkan kotoran dari suatu objek. dan jika sebaliknya maka lautnya dangkal. Gelombang ultrasonic kemudian dikirim melalui cairan menyebabkan cairan bergetar dengan sangat kuat. dan mengklasikasikan gangguan-ganguan atau untuk memberikan informasikan tentang struktur Bumi.

yaitu pada bidang batas antara udara dan dinding. 2. maka disebutlah pengujian ultrasonic adalah pengujian tak merusak (non destructive testing.F. tulang-tulang. tanpa melukai atau menimbulkan resiko terhadap pasien. G. Manfaat Dalam Bidang Kedokteran Ketika pulsa-pulsa ultrasonic menumbuk sebuah dinding pulsa-pulsa tersebut sebagian dipantulkan dan sebagian lagi diteruskan. Membaliknya pulsa-pulsa ultrasonic yang dipancarkan dapat menghasilkan gambar-gambar bagian dalam tubuh yang dijumpai oleh pulsa-pulsa ultrasonic pada layar osiloskop. dokter dapat memonitor pertumbuhan. b. Ultrasonik jauh lebih aman daripada sinar-X. yaitu : a. Ultrasonik dapat digunakan terus-menerus untuk melihat pergerakan sebuah janin atau lever seseorang. Pulsa-pulsa dipantulkan ketika mengenai suatu perbedaan massa jenis. a. Teknik scanning ultrasonic juga digunakan untuk memeriksa hati (apakah ada indikasi kanker hati atau tidak) dan otak. . baik bagi ibu maupun janinnya karena pemeriksaan atau pengujian dengan ultrasonic tidak merusak material yang dilewati. Cepat rambat gelombang bunyi juga dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mengetahui siang dan malam. perkembangan. yaitu: 1. Dalam tubuh manusia. Pemeriksaan untuk melihat bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan pulsa-pulsa ultrasonic dinamakan pemeriksaan USG (ultrasonografi). Pada malam hari kita mendengar suara lebih jelas daripada siang hari karena kerapatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan dengan siang hari. dan cairan tubuh dengan massa jenis berbeda. pemeriksaan ultrasonik adalah aman (tak berisiko). yang dikenal dapat merusak sel karena ionisasi. Hasil USG (3D) c. scaning ultrasonic dilakukan dengan menggerak-gerakan probe di sekitar kulit perut ibu yang hamil akan menampilkan gambar sebuah janin di layar monitor. pulsa-pulsa ultrasonic dipantulkan oleh jaringanjaringan. Manfaat Cepat Rambat Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari. disingkat NDT). Alat USG b. Dengan mengamati gambar janin. dan kesehatan janin. Ultrasonik terutama berguna dalam diagnosa kedokteran karena beberapa hal. Hasil USG Sebagai contoh. Tidak seperti pemeriksaan dengan sinar X. Ultrasonik lebih aman digunakan untuk melihat janin dalam perut ibu daripada sinar-X.

3. Ultrasonik dapat mengukur kedalaman suatu benda di bawah permukaan kulit dari selang waktu pulsa pergi-pulang. Dengan cara ini ultrasonic kadangkadang mampu menemukan tumor atau gumpalan di dalam tubuh manusia. tanpa ada petunjuk tentang kedalaman. 4. sementara gambar yang dihasilkan oleh sinar-X adalah datar. . Ultrasonik dapat mendeteksi perbedaan antara jaringan-jaringan lunak dalam tubuh yang tidak dapat dilakukan oleh sinar-X.

Buku FISIKA 3A MARTHEN KANGINAN .id/ 4. http://fisrai. http://id.com/kelas3/ 3.ac.com 6.org/wiki/Bunyi#Gelombang_bunyi 2.SUMBER TULISAN : 1.blog. http://fisikon. http://nilasari.com 5. http://www.wikipedia.wordpress.uns.google.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful