PENGERTIAN GEOSTRATEGI Geostrategi diartikan sebagai metode atau aturan-aturan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan

melalui proses pembangunan yang memberikan arahan tentang bagaimana membuat strategi pembangunan dan keputusan yang terukur dan terimajinasi guna mewujudkan masa depan yang lebih baik, lebih aman dan bermartabat. Bagi bangsa Indonesia, geostrategi diartikan sebagai metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, melalui proses pembangunan nasional. Berkembangnya geostrategi Indonesia sangat terkait erat dengan hakikat terbentuknya bangsa Indonesia yang terbentuk dari berbagai macam etnis, suku, ras, golongan, agama bahkan terletak dalam territorial yang terpisahkan oleh pulau-pulau dan lautan. Oleh karena itu, prinsip-prinsip nasionalisme Indonesia adalah sebagai berikut: 1. Kesatuan sejarah, yaitu bangsa Indonesia tumbuh dan berkembang dalam suatu proses sejarah, sejak zaman pra-sejarah, kerajaan, Sumpah Pemuda sampai proklamasi, dan kemudian membentuk bangsa dan negara Indonesia. 2. Kesatuan nasib, yaitu segenap unsur bangsa berada dalam suatu proses sejarah yang sama dan mengalamai nasib yang sama, yaitu dalam penderitaan penjajahan dan kebahagiaan bersama. 3. 4. Kesatuan kebudayaan, yaitu beraneka ragam kebudayaan tumbuh dan berkembang dan secara bersama-sama membentuk kebudayaan nasional Indonesia. Kesatuan wilayah, yaitu segenap unsur bangsa Indonesia berdiam di segenap wilayah territorial yang dalam wujud berbagai pulau dengan lautannya. 5. Kesatuan asas kerokhanian, yaitu adanya kesatuan ide, tujuan, cita-cita yang tersimpul dalam dasar filosofis negara Indonesia Pancasila. Maka geostrategi Indonesia diperlukan dan dikembangkan untuk mewujudkan dan mempertahankan integritas bangsa dan wilayah tumpah darah negara Indonesia, mengingat kemajemukan bangsa Indonesia serta sifat khas wilayah tumpah darah negara Indonesia, maka geostrategi Indonesia dirumuskan dalam bentuk Ketahanan Nasional.

B. yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala macam ancaman. b. yang berisi keuletan dan ketangguhan. ketahanan nasional suatu bangsa dilatarbelakangi oleh: a. Ketahanan 1) nasional adalah: Integratif . Ketahanan Nasional Pengertian Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa. yang langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas. mengandung makna keteraturan dan stabilitas. Nasional Secara konspetual. identitas. Kekuatan apa yang ada pada suatu bangsa dan negara sehingga ia mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. hambatan. dan ancaman dari dalam maupun luar. hambatan dan tantangan. Kekuatan apa yang harus dimiliki oleh suatu bangsa dan negara sehingga ia selalu mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mengejar tujuan nasional 1. meskipun mengalami gangguan. baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri. gangguan. Konsepsi Ketahanan Indonesia. yang di dalamnya terkandung potensi untuk terjadinya perubahan. c. Ketahanan atau kemampuan bangsa untuk tetap jaya.

lingkungan alam dan suasana ke dalam saling 2) mengadakan penyesuaian Mawas yang ke selaras dan serasi. Kondisi Nasional Ditinjau dari sifatnya maka sebenarnya konsepsi ketahanan nasional bersifat objektif dan umum. namun . nasional kewibawaan nasional Berubah tergantung tersebut Aspek Letak Keadaaan Keadaan Aspek dan kemasyarakatan dan dibagi kepada ke dalam alamiah geografis kekayaan kemampuan yang dari hubungan internasional Menciptakan serta memiliki pihak menurut situasi beberapa dan aspek deterrent effect. 1) 2) 3) 4) 5) Sosial Pertahanan budaya dan dan dinamis. waktu kondisi. senantiasa Ketahanan berhubungan erat dengan sebagai yang lainnya. melainkan meninjaunya secara korelatif. di mana aspek yang satu 2. melainkan Konsepsi ketahanan nasional tidak memandang aspek alamiah dan kemasyarakatan secara terpisah-pisah. Dalam hubungan dengan penerapan kondisi tersebut faktor situasi dan kondisi negara sangat menentukan. Oleh karena itu meskipun secara konsepsional sama. Pengaruh luarnya adalah hasil yang wajar 3) suatu 4) sangat Kehidupan a. dalam Ketahanan nasional terutama diarahkan kepada diri bangsa dan negara itu sendiri. kewibawaan yang harus lain. dengan bangsa lain. 1) 2) 3) b. untuk mewujudkan hakikat dan sifat nasionalnya.Hal itu mengandung pengertian segenap aspek kehidupan kebangsaan dalam hubungannya dengan lingkungan sosialnya. oleh karena itu secara teoritis dapat diterapkan di negara manapun juga. berikut: meliputi: negara alam penduduk meliputi: Ideologi Politik Ekonomi hankam keamanan Ketahanan nasional sebagai hasil pandangan yang bersifat integrative mewujudkan dipertimbangkan Ketahanan nasional suatu bangsa pada hakikatnya tidak bersifat tetap.

C. Dalam masalah inilah bangsa Indonesia menghadapi benturan kepentingan ideologis yang saling tarik menarik yang akan sangat mempengaruhi postur ketahanan nasional dalam bidang ideologi bangsa Indonesia. sosial. Komunisme. pedoman hidup. Konsekuensinya tiaptiap aspek senantiasan berubah sesuai dengan kondisi waktu. Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Konsepsi Tannas merupakan suatu gambaran dari kondisi sistem kehidupan nasional dalam berbagai aspek pada suatu saat tertentu. . keyakinan-keyakinan. b. politik. Dalam panggung politk dunia terdapat berbagai macam ideology namun yang sangat besar peranannya dewasa ini adalah ideologi Liberalisme. c.karena situasi dan kondisi negara berbeda-beda. pandangan hdup. maka tidak mengherankan jikalau berbagai aspek akan mempengaruhi ketahanan nasional baik dalam aspek ideology. pandangan dunia. serta ideologi Keagamaan. Dalam era reformasi ini dan dalam rangka menyongsong era global. maka wujud ketahanan nasionalpun akan berbeda-beda pula. pegangan hidup yang dipelihara. dikembangkan dan dilestarikan kepada generasi berikutnya. ide-ide. budaya serta aspek pertahanan dan keamanan. kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis menyangkut: a. d. ruang dan lingkunganb sehingga interaksi dari kondisi tersebut sangat kompleks dan sulit dipantau. Pengaruh Aspek Ideologi Pengertian ideology secara umum dapat dikatakan sebagai kumpulan gagasangagasan. 1. antara lain Bidang Bidang Bidang Bidang memiliki ciri politik sosial kebudayaan keagamaan berikut: Maka ideologi negara dalam arti cita-cita negara merupakan asas kerokhanian yang 1) mempunyai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan. 2) oleh karena itu mewujudkan suatu asas kerokhanian. Dengan sendirinya aspek tersebut memiliki sifat dinamis terutama dalam era global dewasa ini.

Berdasarkan prinsip-prinsip ideologinya. Hal inilah yang akan merupakan kendala dalam kaitan dengan ketahanan ideologi di Indonesia. 2) Komunisme Paham ini adalah sebagai bentuk reaksi atas perkembangan masyarakat kapitalis yang merupakan produk masyarakat liberal. Namun perjalanan sejarah menunjukkan bahwa dalam kenyataannya cita-cita tersebut tidak kunjung datang karena munculnya kontradiksi intern yaitu ternyata muncul kelas-kelas baru dalam pemerintahan komunis. Komunisme sebenarnya muncul sebagai reaksi atas penindasan rakyat kecil oleh kalangan kapitalis yang diduking oleh pemerintah. empirisme yang mendasarkan kebenaran atas kebenaran fakta empiris. komunisme berpaham ateis. sebab sebagaimana diketahui bahwa ideologi bangsa Indonesia bersumber pada pandangan hidup yang telah berakar secara objektif. Masyarakat tanpa kelas dilukiskan suatu masyarakat yang memberikan suasana hidup yang aman tanpa hak milik pribadi. Sebagai suatu ideologi. serta individualism yang meletakkan nilai dan kebebasan individu sebagai nilai tertinggi dalam segala aspek kehidupan masyarakat dan negara. 1) Ideologi Dunia Liberalisme Paham liberalism berkembang dari akar-akar rasionalisme yaitu paham yang mendasarkan rasio sebagai sumber kebenaran tertinggi. mengakibatkan penderitaan rakyat. Berdasarkan latar belakang timbulnya liberalism yang merupakan sistesis dari beberapa paham filsafat antara lain materialism. yaitu sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa. tanpa pertentangan. komunisme mencanangkan cita-cita yang bersifat utopis yaitu suatu masyarakat tanpa kelas. sarana. Keagamaan . dan alat produksi tidak berdasarkan atas hak milik pribadi melainkan komunal.a. Berkembangnya paham individualisme liberalisme di barat berakibat munculnya masyarakat kapitalis menurut paham komunisme. tidak mengakui adanya Tuhan bahkan anti Tuhan. materialism yang meletakkan materi sebagai nilai tertinggi. rasionalisme. masyarakat yang sama rata dan sama rasa. sehingga tidak sesuai dengan pandangan hidup dan dasar 3) filsafat Ideologi bangsa Indonesia. empirisme dan individualism maka dalam penerapan ideology tersebut dalam begara selalu didasai oleh aliran serta paham-paham tersebut secara keseluruhan.

Ideologi keagamaan pada hakikatnya memiliki perspektif dan tujuan berbeda dengan ideology liberalism dan komunisme. Pancasila pada hakikatnya merupakan suatu ideologi bagi seluruh lapisan. Adapun aspek negatifnya jika terdapat suatu gerakan politik yang membenarkan tindakannya berdasarkan sempalan-sempalan norma agama. Ideologi kemungkinan: Bangsa Indonesia merupakan suatu bangsa yang memiliki keanekaragaman yang . Hal inilah seringkali menimbulkan kekaburan ajran agama yang sebenarnya sangat mulia kemudian disalahgunakan untuk tujuan-tujuan sempit. Namun secara keseluruhan terdapat suatu ciri bahwa ideologi keagamaan senantiasa mendasarkan pemikiran. kelompok. golongan tertentu atau kelompok primordial tertentu. Sebenarnya berkembangnya ideologi keagamaan memiliki aspek positif dan negative. golongan. Dalam kaitan dengan konsep negara juga bnyak gerakan politk di berbagai negara termasuk Indonesia. kehidupan Ketahanan Keadaan yang berbangsa Nasional demikian ini dan Bidang memiliki dua bernegara. tinggi. dengan Ideologi suatu kekerasan. artinya Pancasila bukan untuk dasar perjuangan kelas tertentu. Berbeda dengan ideologi-ideologi lainnya maka Pancasila pada hakikatnya merupakan suatu ideologi yang bersifat komprehensif. Pancasila digali dan dikembangkan oleh para pendiri negara dengan melalui pengamatan. nilai-nilai Pancasila bersumber dari budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri disublimasikan menjadi suatu prinsip hidup kebangsaan dan kenegaraaan bagi bangsa Indonesia. yang mendasarkan organisinya atas basis ideology agama. Aspek positif sebenarnya tidak satu agama pun yang mengajarkan kekerasan. Sebenarnya sangatlah sulit untuk menentukan tipologi ideologi keagamaan. karena sangat banyak dan beraneka ragamnya wujud. cita-cita serta moralnya pada suatu ajaran agama tertentu. dan seluruh elemen bangsa dalam mewujudkan cita-cita bersama dalam suatu c. gerak dan tujuan dari ideologi tersebut. sosialisme. bahkan kadangkala b. pembahasan dan consensus yang cermat. komunisme. tapi senantiasa mengajak umat manusia untuk mengembangkan dan mengamalkan moral yang baik dalam hidup di dunia. dan lain sebagainya. Pancasila Proses terjadinya Pancasila berbeda dengan ideologi besar lainnya seperti liberalisme.

serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Kedua. dalam arti mempersatukan tekad untuk menjaga kelesatian hidup bangsa dan negara. Hal ini terwujud dalam UUD Negara serta peraturan perundangundangan lainnya. Artinya. jika di antara unsur-unsur bangsa tidak memiliki wawasan kebersamaan. Oleh karena itu. dan gangguan baik yang datang dari luar negara Indonesia maupun dari dalam negara sendiri. maupun dalam kehidupan kenegaraan secara formal. Hal ini terwujud dalam sikap dan perilaku setiap warga negara perseorangan dalam kehidupan bermasyarakat. yaitu aktualisasi ideology negara dalam kehidupan para warga negara serta kehidupan kewarganegaraan secara perseorangan. Secara rinci dalam rangka strategi pembinaan ideology adalah sebagai berikut: a) secara kongkrit ideologi negara harus diwujudkan baik dalam bidang kenegaraan .Pertama. hambatan. 2) Strategi Pembinaan Ketahanan Ideologi Agar terwujudnya suatu ketahanan nasional bidang ideologi secara strategis harus diwujudkan baik secara kenegaraan maupun kewarganegaraan. Oleh karena itu dalam pelaksanaan ideologi dibedakan atas dua macam aktualisasi yaitu: Pertama: aktualisasi secara objektif. keanekaragaman itu dapat menimbulkan potensi perpecahan. misal bidang pariwisata. rongrongan. 1) Konsep Pengertian Ketahanan Ideologi Sejalan dengan prinsip-prinsip di atas. keanekaragaman ini justru merupakan suatu khasanah budaya bangsa yang dapat dikembangkan serta menguntungkan dalam pelbagai kepentingan. yaitu pelaksanaan ideology dalam bidang kenegaraan. Pancasila sebagai suatu ideology bangsa dan negara Indonesia berfungsi mengarahkan perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya sehingga peranannya sangat penting dalam kehidupan negara. akan terjadi perpecahan bangsa. Kedua: aktualisasi yang subjektif. Oleh karena itu jika unsur bangsa memiliki wawasan yang sempit maka bukannya tidak mungkin. berbangsa dan bernegara. suatu ideology harus terealisasikan baik dalam kehidupan perseorangan. berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan ideology di dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan. ketahanan nasional bidang ideologi adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa. membina ideologi dalam kehidupan negara pada hakikatnya merupakan suatu upaya untuk meningkatkan ketahanan nasional.

peradaban. Kedua. serta dinamika aspirasi masyarakat. berbangsa dalam program-program dan pembangunan bernegara. d) senantiasa menanamkan persatuan dan kesatuan bangsa yang bersumber pada ideology Pancasila yang mengakui keanekaragaman dalam hidup bermasyarakat.maupun pada setiap warga negara secara realistis. dan bernegara pada generasi penerus bangsa. iptek. b) aktualisasi fungsi ideologi sebagai perekat pemersatu bangsa harus senantiasa ditanamkan kepada semua warga negara terutama dalam perwujudan kongkrit dalam bermasyarakat. g) menumbuhkan sikap positif terhadap warga negara untuk memiliki kesadaran bermasyarakat berbangsa dan bernegara dengan menumbuhkan motivasi dalam pembangunan 2. politik sebagai sarana atau usaha untuk memperoleh kekuasaan dan dukungan dari masyarakat dalam melakukan kehidupan bersama. Secara singkat politik dapat diartikan sebagai suatu kebijakan. Politik Pengertian yaitu: Dalam kehidupan bernegara. melalui jenjang pendidikan dan metode yang sesuai dengan tingkat pendidikan masing-masing. istilah politk memiliki makna bermacam-macam. c) dalam proses reformasi dewasa ini aktualisasi ideology bangsa dan negara harus dikembangkan kea rah keterbukaan dan kedinamisan ideology. berbangsa. kekuasaan politik bepusat pada . berbangsa. yang senantiasa mampu mengantisipasi perkembangan zaman. dan actual. semuanya dapat dikelompokkan menjadi dua macam. dan bernegara. nasional Pengaruh demi kesejahteraan Aspek bangsa. negara. Proses penanaman dilakukan secara objektif dan ilmiah bukan secara doktriner. e) kalangan elit negara melakukan realisasi pembangunan nasional yang tertuang f) mengembangkan kesadaran bermasyarakat. Politik dilakukan dalam rangka kehidupan bernegara. politik dipergunakan untuk menunjuk kepada suatu rangkaian kegiatan atau cara-cara yang dilakukan untuk mencapai sesuatu tujuan yang dianggap baik. dan Pertama. Dengan demikian politik dapat dikatakan menyangkut kekuatan hubungan. objektif. a.

Dengan demikian hal-hal yang menyangkut ketahanan nasional bidang politik meliputi beberapa unsur.pemerintah negara yang telah memperoleh mandat dari rakyat dan bertindak atas nama rakyat. merupakan wadah penyaluran kepentingan amsyarakat dan 2) Proses politik. kebebasan menempatkan hak dan kewajiban. Oleh karena itu perjuangan politik pada akhirnya ditujukan untuk menguasai pemerintahan dalam arti positif. walaupun tidak harus dan dan Dalam menjadi partai aspirasinya secara proporsional. merupakan suatu rangkaian pengambilan keputusan tentang . rahasia. politik. negara. menentukan hubungan keadilan kerja. 2) memfungsikan lembaga-lembaga negara. bebas. dalam arti memelihara dan mengembangkan 5) meningkatkan budaya politik dalam arti luas. Negeri 7) melaksanakan pemilihan umum secara demokratis. 3) budaya yang peran. hukum. langsung. partisipasi rakyat kedudukan. dan dan nasional. sesuai dengan ketentuan konstitusi yaitu menegakkan berkeadilan 4) menciptakan situasi yang kondusif. produktivitas. oposisi. mengupayakan mengupayakan Politik pertahanan kesejahteraan keamanan kemakmuran Politik dalam negeri adalah kehidupan kenegaraan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yan mampu menyerap aspirasi dan mendorng partisipasi masyarakat dalam suatu sekaligus sistem. sehingga untuk memahami ketahanan nasional dalam bidang politik juga memerlukan kajian yang lebih mendalam. antara lain: 1) menempatkan secara proporsional kedaulatan rakyat di dalam kehidupan negara. nasional. 1) Struktur politik. adil. Ruang lingkup studi politik memang amat luas. wadah Unsure-unsurnya pengkaderan pimpinan yaitu: nasional. jujur 8) melaksanakan kontrok sosial yang bertanggung jawab kepada jalannya 9) menegakkan hukum dan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban masyarakat. sosial kebijaksanaan kewenangan. sehingga kekuatan sosial politik sebagai pilar demokrasi dapat melaksanakan hak dan kewajiban dengan semestinya. 6) memberikan kesempatan yang optimal kepada saluran-saluran politik untuk memperjuangkan dan pemerintahan 10) 11) b. rakyat. dalam arti kesempatan.

3) Budaya politik. dan antar golongan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan dan kepentingan nasional. Namun perbedaan tersebut tidak menyangkut nilai dasar. perdamaian abadi. maka rincian politik luar negeri Indonesia adalah 1) Sebagai bagian integral dari strategi bangsa. tidak berdasarkan kekuasaan b) Mekanisme politik yang memungkinkan adanya perbedaan pendapat. sehingga tidak menjurus pada konflik fisik. Politik luar negeri Indonesia yaitu melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. berikut: bangsa. a) Sistem pemerintahan yang berdasarkan hukum. merupakan suatu hubungan timbal balik dalam kehidupan Politik luar negeri adalah salah satu sarana pencapaian kepentingan nasional dalam pergulatan antar bangsa. 4) Komunikasi politik. d) Terjalin komunikasi timbale balik antara pemerintah dan masyarakat. serta anti penjajahan bangsa terhadap bangsa lainnya karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan sbegai kepentingan nasional dalam kehidupan antar dan peri keadilan. Berdasarkan ketentuan tersebut. c) Kepemimpinan nasional mampu mengakomodasikan aspirasi yang hidup dalam masyarakat dan tetap berada dalam lingkup dasar filsafah Pancasila.berbagai kepentingan politik maupun kepentingan umum yang bersifat nasional dan penentuan dalam pemilihan kepemimpinan yang puncaknya terselenggara melalui pemilu. UUD 1945 dan Wawasan Nusantara. Aktif dalam pengertian peran Indonesia dalam percaturan dunia . ketahanan dimana pada kedaulatan aspek berada politik di dalam tangan negeri: rakyat. Politik luar negeri merupakan proyeksi 2) Garis politik luar negeri Indonesia adalah bebas dan aktif. berbangsa dan bernegara yang dilaksanakan secara sadar dan rasional melalui pendidikan politik maupun kegiatan politik yang sesuai dengan bermasyarakat. Bebas artinya bahwa negara Indonesia tidak memihak pada kekuatan-kekuatan yang tidak sesuai dengan keprbadian bangsa. Politik Luar Negeri disiplin nasional. dan keadilan sosial. Wujud absolute. yaitu pencereminan dari aktualisasi hak dan kewajiban rakyat dalam kehidupan bermasyarakat. c.

Bumi. b) politik luar negeri terus dikembangkan menurut prioritas dalam rangka mengingkatkan pesahabatan dan kerja sama antar negara dan dengan negara maju sesuai dengan kemampuan dan kepentingan nasional/ c) Citra positif Indonesia terus ditingkatkan dan diperluas antara lain melalui promosi. pertukaran pelajar dan mahasiswa. peningkatan diplomasi. ideology.internasional tidak bersifat reaktif. nilai sosial budaya. dan kerjasama lembaga Aspek Pengertian keuangan internasional. d) Perkembangan. b. Indonesia Perekonomian Secara makro sistem perekonomian Indonesia dapt disebut sistem perekonomian kerakyatan. perubahan dan gejolak dunia terus diikuti dan dikaji dengan 5) Langkah bersama negara berkembang dengan industri maju untuk memperkecil timpangan dan mengurangi ketidakadilan perlu ditingkatkan melalui perjanjian internasional 3. dan sebagainya. dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Negara dalam . produksi. Bidang ekonomi tidak bisa dilepaskan dengan faktor-faktor lainnya yang saling berkaitan. air. seperti wilayah geografis suatu negara. SDM. serta kegiatan seksama agar dampak negatifnya olah dapat diperkirakan secara raga. a. Hal tersebut dalam ilmu ekonomi menyangkut berbagai bidang antara lain permintaan. penawaran. Kemakmuran rakyat yang dimaksud adalah kemakmuran rakyat seluruh Indonesia. sumber kekayaan alam. distribusi barang dan jasa. dan Indonesia tidak menjadi objek percaturan dunia Wujud ketahanan pada aspek politik luar internasional. lobi internasional. Ekonomi Perekonomian Pengaruh Bidang perekonomian merupakan suatu bidang kegiatan manusia dalam rangka mencukupi kebutuhan hidupnya di samping alat pemuas kebutuhan yang terbatas. dini. kebijaksanaan. negeri: a) hubungan luar negeri ditujukan untuk meningkatkan kerja sama internasional di berbagai bidang atas dasar sikap saling menguntungkan dan meningkatkan citra positif Indonesia di luar negeri.

berbagai terbuka Ketahanan hal. Ekonomi lain: Pencapaian tingkat ketahanan ekonomi yang diinginkan memerlukan pembinaan 1) Sistem ekonomi Indonesia diarahkan untuk dapat mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan yang adil dan merata di seluruh wilayah negara Indonesia. senantiasa c. Secara makro perekonomian satu negara tidak dapat dipisahkan dengan negara lain. Selain itu perlu diingat bahwa pada era global ini satu negara tidak mungkin menutup diri dari sistem perekonomian dunia. masyarakat secara 5) Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya senantiasa dilaksanakan dengan memperhatikan keseimbangan dan keserasian pembangunan antar wilayah dan antar sektor. terhadap pada sistem perekonomian Aspek antara dunia. . 4. dalam arti negara beserta aparatur ekonomi negara bersifat dominan dan mematikan potensi unit-unit ekonomi di luar negara. Upaya ini dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya nasional secara optimal. 2) tinggi.Pemusatan kekuatan ekonomi pada satu kelompok dalam bentuk monopoli yang merugikan keselarasan memotivasi 3) Struktur ekonomi dimantapkan secara seimbang dan saling menguntungkan dalam 4) Pembangunan ekonomi yang dibawah pengawasan anggota masyarakat. . industri.hal ini pemerintah harus dapat memakmurkan rakyat setempat melalui pemanfaatan sumber kekayaan alam yang berada di daerah mereka masing-masing. dan jasa. a. aktif. Produk kebudayaan Pengaruh Aspek Pengertian dibedakan atas tiga macam Sosial Budaya Budaya yaitu: Ekonomi kerakyatan harus menghindarkan diri dari: . masyarakat dan dan keterpaduan mendorong antara peran sector serta pertanian. demikian juga perekonomian Indonesia. 6) Kemampuan bersaing harus ditumbuhkan secara sehat dan dinamis untuk mempertahankan serta meningkatkan eksistensi dan kemandirian perekonomian nasional.Sistem etatisme.Sistem free fight liberalisme yang hanya menguntungkan pelaku ekonomi bermodal .

kehidupan dan di dan dan dipikirkan. beradab. Berdasarkan proses interaksi budaya tersebut maka kebudayaan nasional Indonesia memiliki 1) 2) ciri-ciri bersifat bersifat sebagai berikut: religius kekeluargaan . yaitu suatu karya kebudayaan manusia yang berupa benda(3) Suatu sistem interaksi antar manusia dalam kehidupan bersama atau sering Melalui budaya itulah manusia berkarya. yang sering disebut sebagai local genius. perilaku. Kondisi mampu baik dipahami. Kebudayaan nasional adalah merupakan hasil interaksi kebudayaan-kebudayaan suku bangsa yang masing-masing memiliki kebudayaan daerah. seluruh gagasan kolektif seluruh bangsa Indonesia itulah yang merupakan kebudayaan nasional dalam fungsinya untuk saling komunikasi dan untuk memperkuat solidaritas. Dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan daerah sebagai suatu sistem nilai yang menuntun sikap. sehingga manusia menjadi makhluk yang Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dan sub-etnis. yang masingmasing memiliki kebudayaannya sendiri yang sering disebut dengan kebudayaan daerah. diistilahkan berbudaya. Budaya prasasti. berupa dengan terhormat. b. Dalam setiap kebudayaan daerah terdapat nilai-nilai budaya yang tidak dapat dipengaruhi oleh budaya asing. 2) Suatu sistem gagasan dan perlambang yang dapat dipakai oleh semua warga negara Indonesia untuk saling berkomunikasi dan dengan demikian dapat memperkuat solidaritas. Oleh karena itu berdasarkan fungsinya kebudayaan nasional adalah: 1) Suatu sistem gagasan dan perlambang yang member identitas kepada warga negara Indonesia. sosial. yang kemudian diterima sebagai nilai bersama dan sebagai suatu identitas bersama sebagai satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Jadi. sebagainya. gagasan-gagasan atau sistem pemikiran yang bersifat abstrak yang hanya benda. dimengerti candi.(1) Sistem nilai. dan gaya hidup merupakan identitas dan menjadi kebanggaan dari suku bangsa yang bersangkutan. Indonesia (2) Benda-benda budaya.

serasi dan seimbang serta mampu menangkal penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengan kebudayaan . Wujud ketahanan bidang sosial budaya tercermin dalam kehidupan sosial budaya bangsa. 3) Media sosial. agar tidak terjadi konflik. Ketahanan pada Aspek Sosial salah. kesamaan nasib sebagai unsur pemersatu kelompok. ketangguhan dan kemampuan sautu bangsa untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam mengahdapi dan mengatasi gangguan dan permasalahan yang dapat membahayakan kelangsungan kehidupan sosial budaya dan negara Indonesia. keamanan. Untuk itu masyarakat memerlukan landasan material untuk melakukan kegiatan dengan menggunakan alat transportasi. solidaritas. Terdapat empat unsur penting untuk menjamin keberlangsungan hidup masyarakat: 1) Struktur sosial artinya fungsi utama dari hidup berkelompok dimaksudkan agar mudah dalam menjalankan tugas dan memenuhi kebutuhan hidup. 2) Pengawasan sosial. cinta tanah air. Budaya Bahwa ketahanan nasional di bidang sosial budaya adalah suatu kondisi dinamis soial budaya suatu bangsa. bersifat bersifat Struktur Sosial serba selaras kerakyatan di Indonesia Pengertian sosial pada hakikatnya merupakan interaksi dalam pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat. yang mampu membentuk dan mengembangkan kehidupan sosial budaya manusia dan masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Hal itu diperlukan sebagai ukuran untuk menentukan apakah suatu tindakan itu baik atau buruk. standar sosial baik tertulis maupun tidak tertulis. yaitu di dalam suatu masyarakat diperlukan hubungan/relasi. yaitu suatu sistem dan prosedur yang mengatur kegiatan dan tindakan anggota masyarakat. 4) Standar sosial. Dalam proses ini terkandung di dalamnya nilai-nilai kebersamaan. yang berisi keuletan. dalam berinteraksi satu dengan lainnya. pangan. bersatu. benar atau d. yaitu di dalam realita kehidupan masyarakat.3) 4) c. dan sejenisnya. papan. serta landasan spiritual untuk mengadakan komunikasi. seperti sandang. rukun. betapapun sederhana selalu ada. berkualitas.

kebenaran: 1) Pandangan bangsa Indonesia tentang perang dan damai. sengketa UUD 1945. pertahanan dan keamanan merupakan kebutuhan yang mutlak harus diwujudkan. Adapun keamanan mengandung arti kemampuan bangsa untuk membina dan menggunakan kekuatan nasional guna menghadapi gangguan dan ancaman yang datang Berikut adalah dari prinsip-prinsip nilai dalam keyakinan dan negeri. Menurut deklarasi bangsa Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. bahwa negara berkewajiban melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah negara Indonesia. kerakyatan dan kewilayahan. 4) Pertahanan dan keamanan negara RI diselenggarakan dengan sishankamrata yang bersifat total. Pertahanan mengandung makna kemampuan bangsa untuk membina dan menggunakan kekuatan nasional guna menghadapi gangguan dan ancaman dari luar. . bersenata dan atau Wawasan perang. Hal ini melibatkan segenap potensi dan kekuatan nasional yang dirumuskan dalam Doktrin Pertahanan dan Keamanan Negara RI. 5) Segenap kekuatan dan kemampuan pertahanan dan keamanan rakyat semseta diorganisasikan dalam satu wadah tunggal yang dinamakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Bangsa Indonesia cinta damai dan ingin bersahabat dengan semua bangsa di dunia serta tidak menghendaki terjadinya Pancasila. a. Pengaruh Filosofi Aspek Pertahanan Pertahanan dan dan Keamanan Keamanan Bangsa dan negara Indonesia dalam memenuhi tujuan bersamanya. Pertahanan dan keamanan merupakan upaya preventif utnu menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara Indonesiadari berbagai tekanan dari dalam maupun luar. 5. 2) Penyelenggaraan pertahanan dan keamanan NKRI dilandasi oleh nilai-nilai 3) Pertahanan dan keamanan negara merupakan suatu upaya nasional terpadu.nasional. Nusantara. Pendayagunaan potensi nasional dilakuakn secara optimal.

Ancaman Kekeliruan dalam merumuskan hakikat ancaman akan mengakibatkan postur kekuatan Hankam menjadi kurang efektif. (3) kewilayahan. Geopolitik ke Arah Geoekonomi Kondisi ini mengimplikasikan semakin canggihnya upaya diplomasi guna mencapai tujuan politik dan ekonomi. Pergeseran ini seolah-olah tidak akan menimbulkan ancaman yang serius dari luar negeri. yaitu (1) pendekatan ancaman. (3) politik. (2) misi. Di samping itu kekuatan Hankam perlu mengantisipasi prediksi ancaman dari luar maupun Hakikat dari dalam. Hankam Pembangunan Konsepsi Hankam perlu mengacu pada konsep Wawasan Nusantara dimana Hankam mengarah pada upaya pertahanan seluruh wilayah kedaulatan negara NKRI.b. Terdapat empat pendekatan yang digunakan untuk membangun postur kekuatan hankam. tingkat kemampuan. Negeri Tidak tertutup kemungkinan munculnya campur tangan asing dengan alasan penegakkan nilai-nilai HAM. Perumusan hakikat ancaman juga perlu mempertimbangkan konstelasi geografi Indonesia dan kemajuan Iptek. . dan gelar kekuatan. Strategis Perkembangan ini mengisyaratkan bahwa pergeseran geopolitik ke arah geoekonomi membawa perubahan besar dalam penerapan kebijaksanaan dan strategi negaranegara di dunia dalam mewujudkan kepentingan nasionalnya masing-maisng. Dengan demikian pembangunan postur Hankam masa depan perlu diarahkan ke pembangunan kekuatan secara proporsional dan seimbang antara semua unsur utama kekuatan pertahanan Gejolak dan dalam keamanan. demokrasi. Dalam konteks ini perlu ada pembagian tugas dan fungsi yang jelas antara masalaha pertahanan Kekuatan dan masalah keamanan. Postur Postur Postur kekuatan Kekuatan Hankam mencakup Pertahanan Kekuatan mencakup dan struktur Keamanan Hankam kekuatan. dan lingkungan hidup di balik kepentingan nasional mereka. Situasi seperti ini dapat terjadi jika unsur-unsur utama Hankam dan komponen lain tidak mampu mengatasi permasalahan dalam negeri. justru dapat menimbulkan ancaman yang sangat membahayakan Perkembangan bagi integritas bangsa Lingkungan dan negara Indonesia. hukum.

3) Pembangunan kekuatan dan kemampuan pertahanan keamanan dimanfaatkan untuk menjamin perdamaian dan stabilitas keamanan demi kesinambungan pembangunan nasional dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. kemampuan dan kekuatan melalui penyelenggaranaan Sishankamrata untuk menjamin kesinambungan Pembangunan Nasional. barangkali konsep standing armed forces secara proporsional dan seimbang Pengembangan konsep perlu dengan kekuatan Hankam dikembangkan. Keamanan Pertahanan 1) Pertahananan dan keamanan harus dapat mewujudkan kesiapsiagaan serta upaya bela negara. Karena itu. 2) Bangsa Indonesia cinta damai. yaitu hanya untuk melindungi diri sendiri dan tidak untuk kepentingan invasi. yang beriri ketangguhan.Penerapan cara-cara baru telah meningkatkan ekskalasi konflik regional dan konflik dalam Mewujudkan Postur Kekuatan negeri. c. Karena ini. . dan yang dibina sebagai kekuatan cadangan serta bala potensial yaitu Polri dan Ratih yang fungsinya sebagai Wanra. ini meliputi: . . maisng-masing. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan mengamankan kedaulatan negara.perlawanan bersenjata kekuatan TNI selalui siap. 6) Pembangunan dan penggunaan kekuatan dan kemampuan pertahanan dan keamanan harus diselenggarakan oleh manusia-manusia yang berbudi luhur. akan tetapi lebih cinta kemerdekaan dan kedaulatan. pertahanan dan keamanan harus diselenggarakan dengan mengandalkan kekuatan dan kemampuan sendiri. pendukung pada Kamra. komponen Ketahanan Linra. sesuai Aspek bidang dan profesinya dan Linmas. 5) Perlengkapan dan peralatan untuk mendukung pembangunan kekuatan dan kemampuan pertahanan dan keamanan sedapat mungkin dihasilkan oleh industri dalam negeri.perlawanan yang tidak bersenjata yang terdiri atas Ratih yang berfungsi sebagai Tibum. industri dalam negeri harus ditingkatkan kemampuannya. arif. 4) Potensi nasional dan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai harus dilindungi dari segala ancaman dan gangguan agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin segenap lapisan masyarakat Indonesia. Hankam Dengan mengacu kepada negara-negara lain yang membangun kekuatan Hankam melalui pendekatan misi.

terutama kea rah terwujudnya masyarakat yang berkeadilan dan berkemakmuran. Yogyakarta . ekonomi. gangguan. Hal ini sangat penting sekali terutama pada kondisi bangsa Indonesia yang sedang melakukan reformasi di berbagai bidang dan kondisi bangsa DAFTAR yang sedang mengalami krisis multidimensional dewasa ini. Keberhasilan Ketahanan Nasional Indonesia Untuk mewujudkan keberhasilan ketahanan nasional setiap warga negara Indonesia PUSTAKA Zubaidi. tentara pejuang. perlu: 1) Memiliki semangat perjuangan bangsa dalam bentuk perjuangan fisik yang disertai keuletan dan ketangguhan tanpa kenal menyerah dan mampu mengembangkan kekuatan nasional dalam rangka menghadapi segala tantangan. dan menghayati makna nilai dan hakikat perang dan damai. dan hambatan. Penerbit Paradigma. dan tentara nasional. 8) Kesadaran dan ketaatan masyarakat kepada hukum perlu terus menerus ditingkatkan. 7) Sebagai tentara rakyat. menghormati HAM. ancaman. d. sosial budaya. 2007. Demikianlah letak pentingnya pengaruh aspek Pertahanan dan Keamanan Nasional dalam mewujudkan cita-cita nasional. TNI berpedoman pada Sapta Marga yang merupakan penjabaran dari asas kerokhanian negara Pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. yang datang dari luar maupun dari dalam. Achmad & Kaelan. dan pertahanan keamanan sehingga warganegara Indonesia dapat mengeliminir pengaruh tersebut.bijaksana. politik. 2) Sadar dan pedulu akan pengaruh-pengaruh yang timbul pada aspek edeologi.