Alat-alat kedokteran adalah alat yang dipergunakan dalam bidang kedokteran.

Fungsinya mulai dari pemeriksaan, pemeliharaan, sampai pengobatan. Banyak sekali jenis dari alat-alat kedokteran ini, begitu pun fungsinya.

Hal ini perlu diketahui untuk menambah wawasan kita dalam bidang kedokteran, karena ternyata kini tidak sedikit alat-alat kedokteran yang wajib dimiliki di dalam rumah kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis alat-alat kedokteran yang sering dipergunakan serta fungsi pentingnya. Stetoskop Stetoskop adalah salah satu alat yang sudah menjadi simbol dari profesi kedokteran. Wajib bagi seorang dokter untuk memiliki alat kedokteran ini. Fungsi dari stetoskop ini adalah untuk mendengarkan detak jantung, suara usus, dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya ini, Stetoskop dapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi.
Stetoskop yang selama ini fungsinya untuk mendengar detak jantung, saat ini fungsinya sudah bertambah. Lagi-lagi ilmuwan Inggris telah mengembangkan fungsi stetoskop yang juga bisa mendengar batu ginjal yang pecah karena terapi dari hasil shock wave therapy /lithotripsy, sehingga dapat diketahui apakah terapi tersebut sukses. Hal ini membuat pasien tidak perlu menjalani pengulangan terapi / monitoring x-ray. Sebelum ada alat ini, harus dilakukan x-ray sebelum dan sesudah terapi.

add a comment

Anda tidak memerlukan tabung oksigen. Alat ini bisa digerakan dengan didorong oleh pihak lain. atau dengan menggunakan mesin otomatis. membantu metabolisme tubuh. Konsentrator ini sebagai terapi oksigen berfungsi melancarkan peredaran darah. membuang toksin. air tube set. karena oksigen diambil secara gratis dari udara sekelilingnya. Letakkan selang diposisi tengah-tengah urat nadi. meningkatkan imunitas tubuh. maupun cacat. Spesifikasi: – power: 35 W – metode: membrane separation method – Airflow: 2 L/min (20 C) – Noise: 50dB – berat: 5 kg – asesori: O2 headset. adalah alat penghasil oksigen yang diambil dari udara sekitarnya hingga 40%. fungsi alat oksigen konsentrator terapi dengan penyakit asma pulse oximetry harga KURSI RODA KURSI RODA adalah alat bantu yang digunakan oleh orang yang mengalami kesulitan berjalan menggunakan kaki. mengaktifkan sel di otak dan menghilangkan rasa lelah dam tegang. bedanya alat ini otomatis mengukur dan memberikan angka tekanan darah. karena oksigen diambil secara gratis dari udara sekelilingnya. AC adaptor – Tidak memerlukan tabung oksigen. Alat Tensi Darah Omron SEM-1 Tensimeter digital Omron SEM-1 digunakan di lengan seperti alat tensimeter air raksa yang biasa ada di rumah sakit. baik dikarenakan oleh penyakit. cedera. Baru tekan tombol start-stop berwarna biru.Alat Penghasil Oxigen Concentrator utk Terapi Oksigen Portable OXI Air. Kemudian sejajarkan posisi tangan. Pemakaian pertama Kursi Roda di Inggris tercatat pada tahun 1670-an. Beri jarak 1-2 cm dari lipatan tangan. menghancurkan lemak. Dan tunggu hingga alat selesai memompa dan . Cara pakainya sangat mudah: gunakan seperti halnya menggunakan tensimeter di rumah sakit. digerakan dengan menggunakan tangan.

dan penyakit lainnya yang diakibatkan tidak seimbangnya kandungan darah kita. . Alat ini juga memperlihatkan angka detak jantung permenit. Tentang Alat Tes Darah 28 Juni 2009 oleh alatkesehatankita Fungsi utama dari sebuah alat tes darah adalah untuk mengetahui kondisi dari darah kita. rematik gout. yang biasanya meliputi pemeriksaan gula darah. dan kolesterol. Dengan fungsi tersebut. alat kesehatan ini banyak digunakan untuk memonitor kondisi darah pada penderita diabetes melitus.menghitung tekanan darahnya yang ditandai dengan munculnya angka pada monitor. asam urat.

tensimeter (sphygmomanometer) alat ini berfungsi untuk mengecek tekanan darah seseorang. apakah .

tekanan darahnya tinggi atau rendah(anemia). kami juga menjual segala macam tongkat dan kegunaanya. Alat yang satu ini namanya sterilisator. tensimeter kami memiliki beberapa merk dan type yakni: -ABN : Spectrum (raksa) dan Precision (aneroid) -Riester: (raksa) -General Care:(raksa) -Gea: (raksa) -Corona: (raksa) alat bantu jalan yakni untuk orang yg patah tulang kaki dan orang tua. fungsinya untuk mensterilkan alat2 sebelum dipakai buat operasi.corona:(basah dan kering) . kami menjualnya dengan beberapa merk dan type yakni: -Elitech: (kering) -smic:(kering) .

.alat ini digunakan untuk mengetahui berat badan. kami menjual dengan segala type dan kegunaan.

Apakah tenggorokannya bermasalah atau tidak. kami pun mejualnya dengan segala type yakni: -Omron HBF 306 -Omron Karada Scan HBF 356 -Omron Karada Scan HBF 362 ech: LCD <Laryngoscope berfungsi untuk membantu memperjelas penglihatan untuk melihat bagian dalam dari tenggorokan seorang pasien.alat ukur kadar lemak dalam tubuh. dan kami menjual dengan beberapa merk yakni: -Ximeid .

yang telah mendapatkan sertifikasi FDA dan CE. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur).GlucoDr PLUS Alat Test Gula Darah Alat Test Gula darah dari Allmedicus Korea. Alat ini sangat canggih sehingga siapapun dapat menggunakannya sendiri dan memperoleh hasil yang akurat tanpa harus pergi ke dokter atau rumah sakit untuk mengecek tensi darah. Tensimeter Digital adalah alat ukur tekanan darah secara otomatis dengan menggunakan baterai dan langsung bisa melihat angkanya pada layar monitor. Strip menggunakan Test Strip Supersensor. Ada dua merek yang cukup terkenal dalam alat tensimeter digital yaitu merk omron dan sammora. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam. . Omron merupakan produk dari Jepang. ataupun perubahan suhu. yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur.

ukuran mereka. Alat Tensimeter Digital Sammora SM-268 pada Pergelangan B. cari Ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot. . Ada 2 tipe tensimeter merek Sammora yang umum dipakai dunia kesehatan yaitu : A. namun harganya lebih ekonomis dengan kemampuan yang hampir setara. dan luka patologi. Sonografi obstetrik biasa digunakan ketika masa kehamilan. Tensimeter Digital Sammora Tensimeter Digital Sammora adalah alat tensimeter dengan lisensi dari Korea. sedangkan fungsinya sama. struktur.sedangkan tensimeter digital Sammora produk dari Korea. Sama dengan merek Omron. Diagnostik sonografi umumnya beroperasi pada frekuensi dari 2 sampai 13 megahertz. membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Perbedaannya terletak pada mereknya saja. Alat Tensimeter Digital Sammora SM-168 pada Lengan Tensimeter Digital SAMMORA SM-268 (pergelangan) Tensimeter Digital SAMMORA SM-168 (lengan) Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Pilihan frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan ke dalam tubuh pasien.

Pelaksanaan prosedur diagnosis atau terapi dapat dilakukan dengan bantuan ultrasonografi (misalnya untuk biopsi atau pengeluaran cairan). Dalam kasus kehamilan. penggunaan umumnya dalam penggambaran medis melibatkan sekelompok frekuensi yang ratusan kali lebih tinggi. Ultrasonografi (USG) digunakan oleh dokter spesialis kandungan (DSOG) untuk memperkirakan usia kandungan dan memperkirakan hari persalinan. Biasanya menggunakan probe yang digenggam yang diletakkan di atas pasien dan digerakkan: gel berair memastikan penyerasian antara pasien dan probe. [sunting] Kegunaan Sonograf ini menunjukkan citra kepala sebuah janin dalam kandungan. alat USG (ultrasonografi) digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan diagnosa atas bagian tubuh yang terbangun dari cairan. Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan singkatan USG digunakan luas dalam medis.000 Hertz). . Tampak dalam sonogram seorang bayi dalam kandungan ibunya. Dalam dunia kedokteran secara luas.Sedangkan dalam fisika istilah "suara ultra" termasuk ke seluruh energi akustik dengan sebuah frekuensi di atas pendengaran manusia (20.

Ujii ultrasonografi merupakan uji yang dinamis dan tidak berionisasi. relatif murah dan cepat. .Ultrasonografi merupakan prosedur diagnostik yang digunakan untuk memvisualisasikan struktur jaringan tubuh atau analisis bentuk gelombang dari studi doppler. serta tidak menyebabkan bahaya apapun bagi pasien.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful