P. 1
tugas biogas

tugas biogas

|Views: 32|Likes:
Published by Gita Pujasari

More info:

Published by: Gita Pujasari on Oct 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/29/2012

pdf

text

original

Gita Pujasari F14080088 Tugas Instalasi Biogas

Instalasi Biogas Untuk Kebutuhan Rumah Tangga Petani

Instalasai bangunan biogas yang dipilih merupakan sistim kontinu feeding (pengisian bahan baku biogas dilakukan secara teratur setiap hari secara terus-menerus dengan pemeliharaan yang baik produksi gas akan tetap produktif). Bahan baku biogas berasal dari kotoran ternak yaitu sapi, karena instalasi gas akan dirancang diletakan di daerah pemukiman petani yang berternak sapi. Instalasi terdiri dari enam bagian yaitu : 1. Inlet 2. Digester 3. Penampung gas 4. Outlet 5. Sistem pengangkutan gas 6. Lubang kompos kotoran hewan yang telah hilang gasnya (bio-slurry) Diasumsikan setiap petani memiliki 3-4 ekor sapi yang membutuhkan 4 m3 kapasitas pengolahan dengan rencana produksi gas per hari 0.8 – 1.6 m3. Kotoran yang dibutuhkan per hari adalah 20-40 kg dan air air yang dibutuhkan setiap hari adalah 20-40 L. Sementara itu sapi perah dewasa dapat memproduksi kotoran 20kg dalam sehari. Jangka waktu penyimpanan bahan baku segar (masa fermentasi) 50 hari dengan kemampaun menampung 60% gas yang diproduksi dalam waktu 24 jam. Tangki pencernaan berada seluruhnya di bawah permukaan tanah, dengan model seperti kubah yang kokoh berbahan baku semen, pasir, kapur, batu bata merah, dan lainlain. Bangunan ini dapat tahan sampai 30 tahun dan dapat memproduksi gas bio lebih stabil baik di daerah dingin atau dataran rendah. Bagian atas kubah harus diisi dengan tanah yang berfungsi sebagai insulasi.Suhu dalam digester dijaga agar tetap berada pada 20-35oC, oleh karena itu letak digester tidak boleh berada pada tempat yang dingin dan berkabut. Lokasi konstruksi harus datar dan jauh dari pepohonan untuk menghindari kerusakan digester biogas yang disebabkan akar pohon. Jarak pengolahan limbah minimal 10 m dari pemukiman, letaknya lebih rendah dari usaha peternakan. Dalam tangki inlet digunakan alat pencampur, untuk mempersiapkan campuran yang baik antara air dan kotoran hewan. Pengaduk berupa pengaduk vertikal yang dilapisi seng dan di-galvanized.

Gita Pujasari F14080088 Tugas Instalasi Biogas Kotoran masuk tangki pencampur untuk dicampur dengan air. Slurry yang mengalir dari digester akan keluar menuju outlet sementara bio-slurry akan mengalir menuju lubang slurry. kemudian hasil campuran tersebut dialirkan ke digester dengan saluran pipa. Gas dialirkan ke dapur melalui saluran pipa-pipa. Gas yang dihasilkan dalam digester melalui hasil pencernaan kemudian disimpan dalam penampung gas yang berada di bagian atas (kubah). .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->