P. 1
Contoh Paragraf deduktif

Contoh Paragraf deduktif

|Views: 494|Likes:

More info:

Published by: Anggita Desy Irjapurnamasari on Oct 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

pdf

text

original

Contoh Paragraf Deduktif

1. Tertawa itu dapat menyehatkan jiwa. Dalam penelitian ilmiah telah dibuktikan bahwa tertawa itu dapat membebaskan manusia dari berbagai kemelut, misalnya stress dan bentuk-bentuk ketegangan jiwa yang lain. Dengan tertawa, tentunya tertawa setulusnya, manusia dapat meredakan ketegangan dan dapat mengurangi masalah yang dipikirkan. Beban berat masalah yang dialami menjadi berkurang, sehingga seseorang dapat memecahkan dengan pikiran sehatnya. Berdasarkan penelitian tentang tertawa disimpulkan bahwa orang yang senang tertawa pada umumnya awet muda dan panjang umur. 2. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya . Contohnya di pulau Sumatra yang terdiri dari suku batak, suku minang , suku aceh, suku melayu dan lain-lain yang masingmasing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Bukan hanya dipulau Sumatra saja, bahkan di pulau Jawa, Kalimantan, dan juga pulau-pulau lainnya juga terdapat macammacam suku dengan kebudayaannya. 3. Dengan adanya sumber daya yang potensial di Indonesia, kita harus optimis bahwa perekonimian kita akan pulih kembali. Semua itu akan berhasil tentunya dengan kerjasama yang baik, dan dengan adanya rasa kesadaran di semua semua lapisan masyarakat. Dan di tahun 2010 ini semoga Indonesia menjadi lebih baik lagi bukan hanya dari sector ekonomi namun juga disegala sektor. Karna sebuah Negara dikatakan kaya bukan dari segi kekayaan alamnya saja. Naman Negara tersebut juga dapat memakmurkan penduduknya. 4. Ketika Perang Dunia II, banyak kapal laut logistik Jepang ditenggelamkan oleh armada perang Amerika. Keadaan itu membuat “negeri matahari terbit” ini melirik minyak jarak untuk menggerakkan mesin-mesin perangnya. Tidak hanya truk dan tank, bahkan pesawat terbang pun menggunakan bahan bakar minyak jarak. 5. Penggunaan bahasa Indonesia di seluruh Indonesia dewasa ini belum dapat dikatakan seragam.perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, dan ucapan terlihat dengan mudah. Pemakiaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan sering dikalahkan oleh bahasa daerah. Di lingkungan persuratkabaran, radio, dan televisi sudah terjaga dengan baik. Para pemuka kitapun pada umumnya belum memperlihatkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Fakta-fakta di atas menunjukan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu ditingkatkan.

°9ff–f€ €   @ ff f½f¯ ° ff°©f ff¯½ ° f°¯f f  f° ff  ff f½f¯ ¯ f¾f°¯f°¾f f  f–f ¯  ¯¾f°f¾ ¾¾ f° ° °  –f°–f°©ff°–f°  °–f° ff  °°f ff¾ ¾°f  ¯f°¾f f½f¯  ff°  –f°–f° f° f½f¯ °–f°–¯f¾fff°– ½f°  f° f¯f¾fff°– ff¯¯ °©f  f°– ¾ °––f¾ ¾ f°– f½f ¯ ¯ nff° °–f°½f°¾ f°f   f¾ff°½ ° f° °f°– ff ¾¯½f° fff°–f°–¾ °f°– ff½f f¯¯°ff ¯ f f°½f°©f°–¯    ° ° ¾f¯ ½ff°- –fff°–ffff°  ff .

°°f ½f¯fff°–    f¾ ff ¾¯°f°– ¾fn  ¾¯ f f°f° f°f°–¯f¾°– ¯f¾°–¯ ¯  fff°f°–  f f  f°f°f ½f¯ff¾f©f  ff° ½fff f¯f°f°  f°©–f½f ½ff°°f©–f  f½f¯fnf¯ ¯fnf¯¾ °–f°  fff°°f     °–f°f f°f¾¯  fff°–½ °¾f ° ° ¾f ff¾½¯¾ ff ½  °¯f°fff°½ ¯ f  ¯fff° f¾ °°f °–f° ©f¾f¯f f°– f  f° °–f°f f°ff¾f ¾f ff° ¾ ¯f¾ ¯ff½¾f°¯f¾fff f°  f°°¾ ¯–f° ° ¾f¯ °©f   ff– f°f°f f¾ n °¯ °f¯°©–f ¾ –ff¾  f°f¾ f- –ff fff°ff f° f¾ – fff° ff¯°f¾f©f -f¯f°- –ff ¾ ©–f f½f¯ ¯f¯f°½ °  °f     f9 f°–°f  f°ff½ff–¾ ½f°–  °–– f¯f° f¯f f ½ f°–¯ f  f ff°¯ ¯ f#° – ¯fff  #°¯ ¯°f©ff °¯ °–– ff°¯ ¾° ¯ ¾°½ f°–°f @ ff°f f°f°  ff°½ ¾ff   f°–½°¯ °––°ff° ff° ff¯°f©ff    9 °––°ff° ff¾f° ° ¾f ¾ ° ° ¾f f¾f° ¯ f½f fff° ¾ f–f¯ ½  ff° ff¯¾f¯f f–f¯f  f°nf½f° f °–f° ¯ f 9 ¯fff° ff¾f° ° ¾f¾ f–f ff¾f½ –ff°¾ °– fff°  ff¾f f f °–°–f°½ ¾ff ff° f   f°  ¾¾ f ©f–f °–f° f 9ff½ ¯ff½°½f f¯¯°f ¯¯ ¯½ ff°½ °––°ff° ff¾f ° ° ¾f °–f° f f° °f ff €ff ff¾¯ °°©f° ff½ °–f©ff° ff¾f ° ° ¾f½  °–ff°    .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->