SEL VOLTA DALAM KEHIDUPAN SEHARI - HARI Meskipun sel galvani dari magnesium dan tembaga dapat bermanfaat

, andatidak akan mau membawanya bila berkemah. Larutannya basah,gelasnya mudahpecah, dan kapasitasnya terbatas. Untungnya para ilmuwantelah mengembangkanbaterai yang lebih baik, lebih kecil, lebih ringan, yang mempunyai voltase lebihtinggi dan awet.Bagaimana baterai dirancang? Semakin jauh dua logam semakinbesar voltase baterai yang dihasilkan. Jika anda ingin membuat baterai bervoltasetinggi untuk radiomu, anda harus memilih logam yang berjauhan dalam tabeltersebut. Uang logam tembaga dengan paku besi menghasilkan voltase lebih tinggidaripada uang logam dengan nikel karena tembaga lebih jauh dari besi dan darinikel. Meskipun istilah baterai biasanya mengacu pada sel-sel galvani yangdihubungkan bersama, beberapa baterai hanya mempunyai satu sel. Baterai lainmungkin mempunyai selusin atau lebih. Ketika anda menggunakan baterai untukmenyalakan senter, radio atau CD-player, anda melengkapi rangkaian listrik selgalvani tersebut. Untuk mendapatkan voltase lebih tinggi dari sel dengan bedapotensial yang relatif kecil dapat dilakukan dengan menghubungkan sel-sel secaraseri.

1. BATERAI KARBON-SENG Kalau anda memasukkan dua atau lebih baterai dalam senter, artinya andamenghubungkannya secara seri. Baterai harus diletakkan secara benar sehinggamemungkinkan elektron mengalir melalui kedua sel. Baterai yang relatif murah iniadalah sel galvani karbon-seng, dan terdapat beberapa jenis, termasuk standarddan alkaline. Jenis ini sering juga disebut sel kering karena tidak terdapat larutanelektrolit, yang menggantikannya adalah pasta semi padat. Pasta mangan(IV) oksida (MnO2)berfungsi sebagai katoda. Amonium klorida(NH4Cl) dan seng klorida (ZnCl2) berfungsi sebagai elektrolit. Seng pada lapisanluar berfungsi sebagai anoda. Reaksi yang terjadi : anoda : Zn Zn2+ +2 e-

4.baterai HP.katoda : 2MnO2 + H2O + 2e- Mn2O3 + 2OHDengan menambahkan kedua setengah reaksi akan membentuk reaksi redoks utama yang terjadi dalam sel kering karbon-seng. katodanya adalah nikel danelektrolitnya adalah KOH.54 volt. CD player. jam dansebagainya. Anoda yang digunakan adalah seng. AKI . baterai ini bias digunakanuntuk menyalakan peralatan seperti senter. BATERAI ALKALI Baterai alkali hampir sama dengan bateri karbon-seng. Reaksi yang terjadi: anoda : Zn Zn2+ +2 ekatoda :Ag2O + H2O + 2e 2Ag + 2 OHPotensial sel yang dihasilkan sebesar 1. 2. mainan. seng sebagai anoda dan MnO2 sebagai katoda.BATERAI PERAK OKSIDA Bentuk baterai ini kecil seperti kancing baju biasa digunakan untuk baterai arloji. Reaksi yang terjadi: anoda : Cd + 2 OH- Cd(OH)2 + 2e katoda : NiO(OH) + H2O Ni(OH)2 + OHPotensial sel yang dihasilkan sebesar 1. Reaksi yang terjadi adalah: anoda: Zn + 2 OH- ZnO + H2O + 2e katoda: 2MnO2 + H2O + 2e Mn2O3 + 2OHPotensial sel yang dihasilkan baterai alkali 1. dll. Arus dan tegangan pada baterai alkali lebih stabil dibanding baterai karbon-seng. 5. dan alat elektronik lainnya. Zn + 2MnO2 + H2O Zn2+ + Mn2O3 + 2OHBaterai ini menghasilkan potensial sel sebesar 1.kalkulator. Elektrolit pada bateraialkali adalah KOH atau NaOH.katodanya adalah perak oksida dan elektrolitnya adalah KOH.5 volt. radio. 3. Anoda yang digunakan adalah kadmium.4 volt. Anoda dan katodanya samadengan baterai karbon-seng.5 volt.BATERAI NIKEL KADMIUM Baterai nikel-kadmium merupakan jenis baterai yang dapat diisi ulang seperti aki.Perbedaannya terletak pada jenis elektrolit yang digunakan.

dari asamsulfatmembentuk timbal (II) sulfat pada tiap-tiap elektroda. bateraijenis ini tahan lama.misalnya dalam industri pembuatan baterai. menghasilkan arus yang lebih besar.Jenis baterai yang sering digunakan pada mobil adalah baterai 12 volt timbal-asamyang biasa dinamakan Aki. Meskipun lebih besar daripada baterai karbon-seng dan relatif berat.Ketika anda menyalakan mesin. Anda harus berhati-hati jika bekerja di sekitar bateraimobil. seperti menghidupkan radio atau menyalakanlampu jika mesin mati. logam timbal dan asam sulfat. Reaksi sebaliknya. Pb dalam timbal (IV) oksida mendapatkan dua elektron danmembentuk ion Pb2+ di katoda. sepertidalam Gambar 6. aki. Ion Pb2+ bercampur dengan ion SO42. baterai ini yang menyediakan listrik untukmenyalakan mobil. Arus masuk ke baterai danmenyediakan energi bagi reaksi di mana timbal sulfat dan air diubah menjaditimbal(IV)oksida. Baterai inibiasanya dapat digunakan dan diisi ulang berkali-kali. Baterai ini memiliki enam sel 2 volt yang dihubungkanseri. dan dapat diisi ulang. Logam timbal dioksidasi menjadi ion Pb2+ dan melepaskan duaelektron di anoda. Jadi reaksi yang terjadiketika baterai timbal-asam digunakan menghasilkantimbal sulfat pada keduaelektroda. 2PbSO4 + 2H2O PbO2 + Pb + 2H2SO4 Asam sulfat bersifat korosif. Baterai ini juga menyediakan energi untuk kebutuhan yang tidakdapat dipenuhi oleh alternator mobil. dan buanglah secara benar jika sudah benar-benar habis.serta hubungan . BAB I PENDAHULUAN 1. dan lain-lain yang bisa mengantarkan arus listrik. Dalam tiap sel logam timbal dioksidasi sedangkan timbal(IV)oksida direduksi. PbO2 + Pb + 2H2SO4 2PbSO4 + 2H2O Reaksi yang terjadi selama penggunaan baterai timbal-asam bersifat spontan dantidak memerlukan input energi. Setiap sel galvani dalam baterai timbal-asam mempunyai dua elektroda-satuterbuat dari lempeng timbal (IV) oksida (PbO2) dan yang lain logam timbal. mengisi ulang baterai. Menghidupkan lampu atau radio terlalu lama pada saatmesin mati akan menghabiskan baterai karena mesinlah yang mengisi ulang bateraipada saat mobil berjalan.1 Latar Belakang Banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan proses dari reaksi kimia. tidakspontan karena membutuhkan input listrik dari mobil.salah satunya adalah adalah reaksi kimia yang bisa menimbulkan energi listrik yang bisa memudahkan manusia dalam melkukan kegiatan.

dan grafit dalam elektrolit MnO2. Pada aki. BAB II PEMBAHASAN Penerapan Sel Volta Dan Sel Electrolisis (disesuaikan dengan jumlah kelompok) 1.sel volta merupakan hasil dari reksi redoks spontan di ubah menjadi energi listrik. Bagaimana penerapan sel volta pada aki dan baterai ? 2. Reaksi kimia yang bisa menghantarkan listrik berhubungan sekali dengan sel elektrokimia. karena dalam sel elektrokimia terjadi reaksi antar ion anode dan ion katode yang bisa menghantarkan arus listrik. Sehingga ada dua mekanisme reaksi yang terjadi. dalam larutan asam sulfat yang berfungsi sebagai elektrolit. serta penyepuhan. Sehingga batere juga disebut dengan sel primer dan aki dikenal dengan sel sekunder. sel disusun dalam beberapa pasang dan setiap pasang menghasilkan 2 Volt. Sedangkan sel elektrolisis energi listrik digunakan untuk melangsungkan reaksi kimia tak spontan.elektrolisis terhadap kehidupan sehari-hari dan industri. sehingga dapat dipergunakan secara terus menerus juga.3 Tujuan dan Manfaat Kita dapat mengetahui tentang proses reaksi kimia dalam menghasilkan energi listrik dan kegunaannya. Bahan baku dari sel bahan bakar adalah gas hidrogen dan oksigen. Aki merupakan sel yang dapat diisi kembali. Aki umumnya kita temui memiliki potensial sebesar 6 Volt (kecil) sebagai sumber arus sepeda motor dan 12 V (besar) untuk mobil.pemurnian logam. Penerapan Sel Volta Pada Baterai Baterai atau sel kering merupakan salah satu sel volta. Dalam sel elektrokimia dibagi menjadi dua yaitu. Apa saja penerapan dan contoh penggunaan elektrolisis dalam industri ? 1. batere tidak dapat diisi kembali. Bagaimana proses kimia bereaksi dan menghasilkan energi listrik ? 3. Sehingga kita mengenal lebih dekat tentang aplikasi kimia nyata yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hri dan industri.2 Rumusan masalah 1. 1. dan reaksi pengisian menggunakan arus listrik dari luar seperti peristiwa elektrolisa.sel volta dan sel elektrolisis. reaksi yang terjadi pada sel bahan bakar adalah : . berbeda dengan aki. Reaksi yang terjadi pada sel kering adalah : Sel bahan bakar merupakan bagian dari sel volta yang mirip dengan aki atau batere. sel ini digunakan dalam pesawat ruang angkasa. Penerapan Sel Volta pada aki Aki atau accumulator merupakan sel volta yang tersusun atas elektroda Pb dan PbO. Mekanisme reaksi ditampilkan pada Bagan reaksi. Reaksi penggunaan aki merupakan sel volta. Batere disusun oleh Seng sebagai anoda. NH4Cl dan air bertindak sebagai katoda. dimana bahan bakarnya diisi secara terus menerus. Reaksi penggunaan dan pengisian aki 2. serta menambah semangat kita untuk belajar kimia dan mengetaui bahan-bahan kimia pada baterai. yaitu sel yang menghasilkan arus listrik. aki . sehingga aki dapat dipergunakan secara terus menerus.

Misalnya pada pembuatan logam dari garam yaitu K. Gas oksigen dialirkan ke katode melalui suatu bahan berpori yang mengkatalis reaksi dan gas hydrogen dialirkan ke anode.kalkulator dan berbagai jenis peralatan elektrolit lainnya. pembuatan Cl2 dan NaOH dilakukan dengan elektrolisis larutan NaCl dengan reaksi sebagai berikut: . NaOH. O2. 5. Ba(OH)2.Pengisian dilakukan dengan membalik arah aliran electron pada kedua electrode. Dalam skala industri. hasil samping dari proses ini adalah terbentuknya serta pada pembuatan gas H2.Cd(OH)2 + 2e Katode :NiO2 + 2H2 O + 2e Ni(OH)2 + Ni(OH)2 + Cd + NiO2 + 2H2O Cd(OH)2 + Ni(OH)2 Hasil-hasil reaksi pada baterai nikel-kadmium merupakan zat padat yang melekat pada kedua elektrodenya. 6. Emas (anoda) : Au(s) → Au3+(aq) + 3e (oksidasi) Tembaga (katoda) : Au3+(aq) + 3e → Au(s) (reduksi) Dari persamaan reaksi tampak pada permukaan tembaga akan terjadi reaksi reduksi Au3+ (aq) + 3e → Au(s). Sel Bahan Bakar Sel bahan bakar merupakan selyang menggunakan bahan bakar campuran hydrogen dengan oksigen atau campuran gas alam dengan oksigen. Ketebalan lapisan juga dapat diatur sesuai dangan lama proses reduksi. Ag2O (sebagai katode). Proses Sintesa Sintesa atau pembuatan senyawa basa.Reaksi sel yang terjadi sebagai berikut: Anode : Cd + 2OH. Bahan bakar (pereaksi) dialirkan terus menerus. Baterai Perak Oksida Susunan baterai perak oksida yaitu Zn (sebagai anode). dan pasta KOH sebagai elektrolit. Proses dalam penyepuhan Elektroplating atau penyepuhan merupakan proses pelapisan permukaan logam dengan logam lain. 7.5 volt dan bertahan dalam waktu yang lama.Zn(OH)2 + 2e Katode :Ag2O + H2O + 2e 2Ag + 2OHBaterai perak oksida memiliki potensial sel sebesar 1.3.reaksinya sebagai berikut: Anode :Zn + 2OH. Seperti reaksi yang telah kita bahas.Kegunaan baterai jenis ini adalah untuk arloji. Baterai Nikel-Kadmium Baterai Nikel-Kadmium merupakan baterai kering yang dapat di isi ulang. 4. Misalnya tembaga dilapisi dengan emas dengan menggunakan elektrolit larutan emas (AuCl3). dan Cl2. cara elektrolisa merupakan teknik yang handal.+ 2H2 + O2 2H2O Sel seperti ini biasa di gunakan untuk sumber listrik pada pesawat luar angkasa.4H2O + 4e Katode :O2 + 2H2O + 4e 4OH. Dengan kata lain emas Au terbentuk pada permukaan tembaga dalam bentuk lapisan tipis. Na dan Ba dari senyawa KOH. Anode :2H2 + 4OH. Semakin lama maka lapisan yang terbentuk semakin tebal.

Proses pemurnian logam.WB . Cu(s) → Cu2+(aq) + 2e Reaksi oksidasi ini akan melarutkan tembaga menjadi Cu2+. Proses pemurnian tembaga merupakan contoh yang menarik dan mudah dilaksanakan. sehingga tidak mengganggu proses reduksi Cu.8.5 Saran Pemanfaatan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemukan di berbagai benda. Contoh Naskah Pidato ini bertemakan tentang motovasi diri sendiri. emas. dan secara terus menerus digantikan oleh Cu2+ yang berasal dari pelarutan tembaga kotor. yang mana didalamnya berisikan hal-hal yang bersangkutan dengan kebohongan atau membodohi diri sendiri. silahkan meng copas dan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan :) Assalamualaikum WR. Pemurnian ini menggunakan elektrolit yaitu CuSO4.maka akan memberi kita banyak manfaat. Baterai Perak Oksida. Dilain pihak pada katoda terjadi reaksi reduksi Cu2+ menjadi tembaga murni. Proses pemurnian logam Proses pemurnian logam juga mengandalkan proses elektrolisa. Pada proses ini tembaga yang kotor dipergunakan sebagai anoda. dimana zat tersebut akan mengalami oksidasi. Pt dan Au > dari E0 Cu.oleh karena itu apabila kita jeli untuk mempelajarinya. Mula-mula Cu2+berasal dari CuSO4.sel volta tersedia dalam berbagai jenis antara lain. Proses reaksi redoks dalam elektrolisis larutan CuSO4 adalah : CuSO4(aq) → Cu2+(aq) + SO42Ͳ(aq) Katoda: Cu2+(aq) + 2e → Cu(s) Anoda : Cu(s) → Cu2+(aq) + 2e Pengotor tembaga umumnya terdiri dari perak. Pemanfaatan reaksi redoks untuk menghasilkan listrik dilakukan dalam perangkat yang disebut sel volta. BAB III PENUTUP 1.4 Kesimpulan Eloctrokimia terbagi dalm dua bagian yaitu. baterai. unsur ini dapat larut namun cukup sulit tereduksi dibandingkan Cu. Proses Sintesa. Demikian juga jika pengotor berupa Fe atau Zn.selain itu menambah pengetahuan kita. Oleh karena E0 unsur Ag.Elektrolisis di aplikasikan dalam Proses dalam penyepuhan. dan platina. Sel Bahan Bakar. Baterai Nikel-Kadmium. 1.sedangkan pemanfaatan arus listrik untuk melangsungkan reksi kimia dilakukan dengan sel elektrolisis. aki. maka ketiga logam tidak larut dan tetap berada di anoda biasanya berupa lumpur.pemanfaatan reaksi kimia (reaksi redoks) untuk menghasilkan listrik dan pemanfaatan arus listrik untuk melangsungkan reaksi kimia.

Biarlah keajaiban kebenaran menuntun kita semua untuk membawa diri. Bersyukurlah kita yang tidak seperti banyak tokoh yang ramai dimuat media akibat kebohongannya. Bayangkan saja jika orangorang di sekelilikng kita memiliki cara berpikir moderen. Semua orang pasti pernah berbohong untuk melindungi diri dari perbuatan curang yang telah ia lakukan. Solusinya adalah berani untuk hal yang benar. yang telah melimpahkan rahmat serta karunianya kepada kita. Terimakasih pada Bapak Guru yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk menyampaikan pidato ini. artinya berpendidikan. yang seolah sudah menjadi hobi. Apakah kehidupan tersebut dapat terwujud ? Tentu saja bisa! Mengapa tidak? Asalkan bangsa ini tidak menjadi negara bedebah yang di dalamnya berisi kebohongankebohongan besar. mudah-mudahan pidato ini bisa menjadi satu motivasi . Karena pepatah mengatakan tiada gading yang tak retak oleh karena itu saya mohon maaf bila ada kesalahan dan kata-kata yang kurang berkenan di hati. dunia pendidikan pun diguncang oleh kebohongan. Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati serta teman-teman yang saya cintai. Jauhkanlah sifat kebohongan.Bapak Kepala Sekolah. lingkungan sehat. Semua siswa pasti sudah kenal dengan mencontek bukan ? Perbuatan berbohong pasti ada sebabnya. Karena takut akan terungkapnya kebohongan tersebut . Hal ini sangat menjatuhkan penegak hukum bangsa ini. Terimakasih atas perhatiannya. tanggung jawab. sekaligus merupakan ciri dari masyarakat yang berkualitas. hati nurani. Gambaran seperti itulah yang menjadi dambaan setiap orang . Misalnya saja kebohongan yang sudah dianggap biasa yaitu mencontek. lembaga. maupun gengsi. ingin merasa paling benar atas hal yang salah. Bukan hanya di masalah hukum. tapi kenyataannya kebohongan sudah merasuk hidup bangsa kita. Misalnya saja di awal tahun ini kita diperlihatkan oleh kekacauan penegakan hukum yang timbul akibat rangkaian kebohongan . kebiasaan ataupun cara hidup. sehingga dapat berkumpul pada kesempatan ini. Bapak dan Ibu guru. menjaga imej baik di hadapan orang dsb. dan martabat diri. Bapak Kepala Sekolah . apalagi kemampuan berbohong itu akan terus ada bahkan bertambah. ekonomi memadai dsb. Berbohong adalah perilaku tidak baik dan dapat langsung memunculkan rasa khawatir . berhentilah mengeluh dan kerjakan sesuatu sepenuh hati. Mereka yang berbohong sungguh telah membunuh martabtnya karena takut jujur daripada bohong. tidak berguna dan memancing kebohongan. keluarga. jangan pernah menganggap diri sendiri yang terbaik. entah untuk menjaga martabat. kita dapat menjadi maju. munculah beberapa lapis kebohongan yang tebal. demikianlah pidato singkat saya. kepada mereka yang berbohong. hindarkan diri dari hal-hal. tidak menindak lanjuti dengan pernyataan palsu lainnya. Apalagi sifat pembohong sudah merusak moral penerus bangsa masa kini. masyarakat. dan bangsa menjadi lebih baik di tahun ini. takut. antara lain karena takut dihukum atas kesalahannya. Marilah dalam kesempatan ini kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. serta kawan-kawanku. Betapa ingin rasanya hidup di tengah masyarakat yang maju. Bersyukurlah kita yang berhenti pada suatu kebohongan. Yang ngeri adalah akibatnya manusia mematikan rasa kepedulian.

Para hadirin yang berbahagia. Namun sangat disayangkan. maupun terhadap diri kita sendiri. debagai contoh. tanpa mereka sadari kalau dari sekian banyaknya teman tersebut terselip segelintir orang yang memang sengaja akan memanfaatkan kelemahan kita. pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini. banyak orang yang terjerumus karena tipu muslihat dari orang-orang yang dengan sengaja menarik keuntungan dari kelemahan orang-orang disekitar kita yang kurang berhati-hati dalam menggunakan jejaring pertemanan ini.bagi kita semua untuk meningkatkan kreasi dan karya kita tanpa harus membodohi diri sendi dengan kata lain "berbohong" Wassalamualaikum WR. tidak sedikit pula orang-orang yang telah kehilangan jejak akhirnya bisa bertemu kembali karena keberadaan jejaringan pertemanan ini. pengertian akan kegunaan facebook itu sendirii masih belum begitu bisa dipahami oleh sebagian dari kita ini. Kita juga harus lebih memahami arti atau manfaat dari facebook tersebut. tidak sedikit banyak orang yang sedang kesusahan dan perlu bantuan terbantu dengan penggalangan dana dari para facebooker. tidak sedikit juga dari mereka yang bangga akan banyaknya teman yang mereka punyai. Facebook memang sangat berguna. teman yang udah pasti keberadaannya sejak dulu dan selalu menemani kita disaat kita belum mengenal facebook. Kita lupa akan waktu. lupa akan saudara. namun mudah-mudahan dengan sedikit pidato yang . sebetulnya masih banyak hal ingin saya sampaikan dikesempatan yang berbahagia ini. alangkah bijaknya kalau kita lebih memperioritaskan diri kita kedalam hal-hal yang lebih fositif dalam menggunakan jejaring pertemanan itu. pilihlah orang-orang yang memang betulbetul mengenal kita. jangan sembarangan menambahkan atau menerima orang-orang belum benar-benar kita kenal. Kita harus lebih bijak dalam menggunakannya. Para hadirin yang dimuliakan. orang tua. saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menyampaikan sebuah pidato tentang dampak atau pengaruh Facebook terhadap anak anak remaja.WB Contoh Teks Pidato Tentang Pengaruh Facebook Assalamualaikum wr wb. lingkungan. batasi orang-orang yang akan kita ADD/tambahkan. Bapak-bapak/ibu-ibu beserta rekan-rekan yang saya hormati. Sebelumnya saya akan menyampaikan tentang batasan batasan permasalahan yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Janganlah kita sampai lupa akan segala sesuatu dikarenakan facebook tersebut. Kalau ditilik dari sisi fositifnya. Maka daripada itu saya sarankan agar lebih berhati-hati dalam memilih teman. apalagi mereka-mereka yang menggunakan nama samaran. Baik dari sisi negatif maupun positifnya.

apalagi telah banyaknya korban yang mungkin bisa kita jadikan contoh agar kita lebih berhati-hati dalam menggunakan jejaring pertemanan tersebut.telah saya sampaikan tadi. akhirul kata. Terimakasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya dikesempatan yang berbahagia ini. . bisa menjadi satu pelajaran berhaga. wassalamualaikum wr wb.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful