P. 1
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

|Views: 23|Likes:
Published by Elfha Xiao Tianshi

More info:

Published by: Elfha Xiao Tianshi on Oct 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2012

pdf

text

original

Pancasila sebagai sistem filsafat.

Pengertian Filsafat Secara etimologi, filsafat adalah istilah atau kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia. Kata itu terdiri dari philo, philos atau philein yang mempunyai arti cinta atau mencintai dan sophia yang berarti kebijakan. Jadi secara harafiah istilah filsafat adalah cinta pada kebijaksanaan atau kebenaran yang hakiki. Pada umumnya terdapat dua pengertian filsafat yaitu filsafat dalam arti proses dan filsafat dalam arti produk. Selain itu terdapat filsafat sebagai ilmu dan filsafat sebagai pandangan hidup. Pancasila dapat digolongkan sebagai filsafat dalam arti produk dan filsafat sebagai pandangan hidup karena pancasila mempunyai fungsi dan peranan sebagai pedoman dan pegangan dalam sikap dan perbuatan dalam kehidupan seharihari dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila sebagai sistem filsafat Pancasila dianggap sebagai sebuah sistem filsafat karena di dalam Pancasila menggambarkan beberapa nilai, diantaranya : 1. Pancasila sebagai jatidiri bangsa Indonesia Pancasila pada hakikatnya adalah sistem nilai luhur kebudayaan bangsa Indonesia yangbberakar dari unsur – unsur kebudayaan luar yang sesuai sehingga secara keseluruhannya terpadu menjadi kebudayaan bangsa Indonesia. Pandangan yang diyakini kebenarannya itu menimbulkan tekad bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkannya dalam sikap dan tingkah laku serta perbuatannya. Di sisi lain, pandangan itu menjadi motor penggerak bagi tindakan dan perbuatan dalam mencapai tujuannya. Dari pandangan inilah maka dapat diketahui cita – cita yang ingin dicapai dan gagasan kejiwaan apa saja yang ingin diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

4. Susunan kesatuan yang bersifat hirarkis dan berbentuk piramidal Susunan sila – sila Pancasila menunjukkan suatu rangkaian tingkatan dan isi sifatnya dari sila – sila sebelumnya atau di atasnya. 3. Susunan kesatuan sila . . berpersatuan Indonesia. berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. contohnya adalah sila Ketuhanan yang Maha Esa adlah berkemanusiaan yang adil dan beradab. Lazimnya sistem memiliki ciri – ciri sebagai berikut : Suatu kesatuan dari beberapa bagian Bagian – bagiannya memiliki fungsi sendiri – sendiri Saling berhubungan dan saling ketergantungan Semuanya mempunyai tujuan bersama Terjadi dalam suatu lingkungan yang kompleks Dan Pancasila memiliki asas dan fungsi sendiri – sendiri akan tetapi secara keseluruhan adalah suatu kesatuan yang memiliki tujuan bersama selayaknya sebuah sistem. Rumusan kesatuan sila – sila Pancasila sebagai suatu sistem Pancasila pada hakikatnya merupakan suatu sistem filsafat.2. dasar susunan sila – sila Pancasila mempunyai ikatan yang kuat pada setiap silanya sehingga Pancasila secara keseluruhan adalah sesuatu yang bulat. Rumusan hubungan kestuan sila – sila Pancasila yang saling mengisi dan saling mengkualifikasi Hal ini dimaksudkan bahwa setiap sila terkandung nilai keempat sila lainnya. 5.sila Pancasila yang bersifat organis Setiap sila pancasila tidak dapat berdiri sendiri – sendiri selain itu antara satu dengan yang lain tidak bertentangan. Dengan demikian.

filsafat Pancasila akan mengungkapkan konsep – konsep kebenaran yang bukan saja ditujukan pada bangsa Indonesia.C. Dengan demikian. Pembahasan filsafat dapat dilakukan secara deduktif (dengan mencari hakikat Pancasila serta menganalisis dan menyusunnya secara sistematis) menjadi keutuhan pandangan yang komprehensif dan secara induktif (dengan mengamati gejala – gejala sosial budaya masyarakat. . merefleksikannya dan menarik arti dan makna yang hakiki dari gejala – gejala itu). KESATUAN SILA – SILA PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM FILSAFAT Filsafat Pancasila adalah refleksi kritis dan rasional tentang Pancasila sebagai dasar negara dan kenyataan budaya bangsa dengan tujuan untuk mendapatkan pokok – pokok pengertian secara mendasar dan menyeluruh. melainkan bagi manusia pada umumnya.

FIFIN RACHMA R. PRIMA MELA SHARI (111111031) (111111052) (111111062) (111111080) (111111120) (111111166) .PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT NEGARA DISUSUN OLEH : FENY ANGGRAENI NURUL FAUZIYAH DITA ANINDRA V. DYAH PUTRI P.

!$$$%#          $&$&  # &#&& %#'   ##   !&%#!                   !#$#   .

 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->