Pengertian dan Jenis Processor

Posted on 17 June 2009 by Babesajabu

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang

ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  

Aritcmatics Logical Unit (ALU) Control Unit (CU) Memory Unit (MU)

Sejarah Perkembangan Mikroprocessor Dimulai dari sini : 1971 : 4004 Microprocessor

Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati. 1972 : 8008 Microprocessor Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004. 1974 : 8080 Microprocessor Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan 1978 : 8086-8088 Microprocessor Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel. 1982 : 286 Microprocessor Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya. 1985 : Intel386™ Microprocessor Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004 1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor. 1993 : Intel® Pentium® Processor Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto. 1995 : Intel® Pentium® Pro Processor Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam. 1997 : Intel® Pentium® II Processor

kecepatan (clock speed) yang lebih lambat. tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit.5GHz dengan formafactor pin 423. 1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium. dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium.4 GHz. 2001 : Intel® Xeon® Processor . Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu. yang juga mendongkrak performa secara signifikan. audio streaming. Terdapat 7. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.06 GHz. tiga dimensi.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik. audio. 1999 : Intel® Pentium® III Processor Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor . L2 cache-nya lebih kecil. 2000 : Intel® Pentium® 4 Processor Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3. dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara. 1999 : Intel® Celeron® Processor Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. 1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. dan grafik secara efisien. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3. setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video.

2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya. dan 3.73GHz Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya. dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core.73GHz frequency. DDR2 400 memory. 2006 : Intel Core 2 Quad Q6600 . 2001 : Intel® Itanium® Processor Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. 2002 : Intel® Itanium® 2 Processor Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium 2003 : Intel® Pentium® M Processor Chipset 855. EM64T. 3. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula. processor ini menggunakan konfigurasi 3. dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™.066GHz FSB. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ). Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana. 2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets 7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB.8GHz. 2MB L2 cache. 1. 800MHz FSB. and PCI Express peripheral interfaces. 2005 : Intel Pentium D 820/830/840 Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti. 2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3. dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. dan HyperThreading.0GHz.

Processor merupakan unit pemrosesan utama dalam sebuah komputer. berturut-turut .4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ).Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2. Jadi kalo merasa komputernya merasa lambat..06GHz Front-side bus. Cepat tidaknya pemrosesan data pada komputer salah satunya dipengaruhi pada kecepatan prosesor ketika mengolah data/menjalankan instruksi. saya akan memberikan informasi yang mudah dipahami tentang prosesor dan perkembangannya akhir-akhir ini. Pernah di suatu saat kita membeli perangkat komputer atau laptop.13 dan 2. kita temukan istilah prosesor dengan brand Dual Core. dan thermal design power (TDP) http://babesajabu. 1. Tentunya bagi kita yang awam pasti merasa kebingungan terhadap semua brand prosesor tersebut.06GHz Front-side bus. Oleh karena itu sobat blogger. dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ). Oke kita mulai dari Processor.com/2009/06/17/pengertian-dan-jenis-processor/ Perkenalan Processor dan Jenis-Jenis Brand Processor Terkini Diposkan oleh dimas priambada Assalamualaikum Sobat Blogger. dan thermal design power ( TDP ) 2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220 Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2. Bahkan tak jarang dari kita juga kurang paham fungsi dan peran dari prosesor.4GHz. 1. Core Duo. . L2 Cache dan Hyper Trading Technology (HTT). ya salah satu penyebabnya dipengaruhi pada kecepatan prosesor yang semakin berkurang.wordpress.

. Produk processor Intel Setelah berkenalan dengan prosesor. hehehe. Pada dual core. kita perlu mengetahui brand prosesor yang berkembang akhirakhir ini biar ga kuper (kurang pergaulan) dan gaptek (gagap teknologi) apalagi ndeso banget. Dual Core Brand ini termasuk processor dengan teknologi dual core yang artinya processor tersebut memiliki dua inti yang digabung menjadi satu kemasan. Diantara keuntungan menggunakan processor dual core yakni komputer memiliki kemampuan untuk melakukan kinerja pada level thread parallelism dan komputer akan menghemat energi dan melakukan performansi yang lebih cepat dibandingkan pada processor single core.Gambar 1. chip memiliki dua processor komputer dapat bekerja secara bersamaan sehingga meningkatkan performansi yang maksimal pada komputer. Perusahaan Intel dan AMD telah menerapkan teknologi dual core pada processor buatannya.

Arsitektur Dual Core pada processor AMD Gambar 3. Desain Teknologi Dual Core pada processor AMD Core Duo .Gambar 2.

Hal ini menandakan processor tersebut memiliki kecepatan default 24 x 133 MHz = 3192 MHz atau setara dengan 3. bukan kendaraan bis lho) yang membawa data diantara CPU dan northbridge. . Selain FSB yang menentukan kecepatan processor yaitu rasio antara clock internal processor dengan clock eksternalnya yang disebut multiplier. FSB adalah bus (sebuah sistem paralel elektrik.2 GHz. Enhanced SpeedStep Technology dan Intel Active Management Technology (iAMT2). Pada arsitektur Core Duo ditingkatkan fitur-fitur CPU seperti cache size dan jumlah core antara lain EM64T. Exucutable Disable bit. Satuan kecepatan FSB adalah megahertz (MHz). Rasio ini bisa diubah untuk menentukan kecepatan processor. Logo Core Duo milik processor Intel Front Side Bus (FSB) Dikutip wikipedia. Contoh sederhananya pada Intel Core i7 965 yang memiliki Multiplier 24 dengan FSB 133 MHz. Gambar 4. FSB mengacu pada kecepatan motherboard untuk berkomunikasi dengan RAM dan chipset. Virtualization Technology. Kemudian teknologi terbaru Core Duo adalah LaGrande Technology. Sejak digunakannya Core 2 di setiap komputer maka menandai berakhirnya brand Intel Pentium yang telah digunakan sejak tahun 1993. klik disini untuk informasi detail.Termasuk istilah merk dagang perusahaan INTEL yang memakai mobile microarchitecture yang kemudian dinamakan Intel Core Microarchitecture. Klik disini untuk informasi terlengkap.

level 2 . Arsitektur FSB L2 cache Istilah cache dari teknik yang diterapkan processor untuk meletakkan atau mengakses data yang sering diakses. Cache terbagi 3 level yaitu level 1 (L1).Gambar 5. Motherboard diagram Gambar 6. Mudahnya L2 cache adalah daftar indeks/halaman yang makin lengkap makin mudah kita menemukan halaman yang dimaksud. Data diletakkan pada memori cache yang kecepatan aksesnya cukup cepat dibandingkan akses harddisk (HD) atau RAM.

Penjelasan lengkap lihat disini . Ketika Intel HTT dan Intel Turbo Boost Technology dikombinasikan pada processor Intel Microarchitecture (kode Nehalem) maka dihasilkan server processor intelligent dengan performansi yang lebih baik. Perusahaan Intel menerapkan HTT pada processor Xeon. L1 terletak di dalam processor atau disebut cache internal dengan kapasitas 128 KB sedangkan L2 terletak terpisah dari processor atau disebut cache eksternal dengan kapasitas antara 256 KB hingga 2 KB.(L2) dan level 3 (L3). Gambar 7. sistem operasi dapat mengalamatkan dua processor secara virtual dan saling berbagi tugas sehingga kinerja sistem menjadi optimal. Performansi ini bisa ditunjukkan dengan peningkatan frekuensi processor pada setiap core-nya untuk memproses tugas (task) agar lebih cepat. Konsep index pada cache memory Hyper Threading Technology (HTT) Teknologi pada processor yang bekerja untuk meningkatkan kinerja komputasi parallel atau multitasking (mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu). . Klik disini untuk informasi detail. Pada setiap inti processor. Core i5 dan Core i7. Core i3.

Gambar 8. Processor Core i5 milik Intel So kesimpulannya. perkembangan teknologi processor tidak akan habis-habisnya untuk selalu diikuti. Seperti yang diprediksi Gordon Moore (co-founder and Chairman Emeritus of Intel Corporation) pada tahun 1965. Processor Core i7 milik Intel Gambar 9. .

. Sosok Gordon Moore Ia menyatakan bahwa jumlah transistor yang ada pada Integrated Circuit (IC) akan terus berlipat ganda setiap tahun.html Di sini. Terdapat 2 jenis processor iaitu AMD dan Intel.Gambar 10. Namun tahun 1995 pernyataan tadi diupdate lagi oleh Gordon Moore bahwa kelipatan ganda transistor terjadi di setiap 2 tahun sekali. Grafik pernyataan Hukum Moore terhadap transistor http://dimaspriambada.com/2010/12/perkenalan-processor-dan-jenis-jenis. sukalah Sis Fiza kongsikan sedikit maklumat mengenai processor.blogspot. Gambar 11. Hal inilah yang kemudian hari mejadi pedoman bagi Intel untuk terus memacu produksi kecepatan processornya agar semakin handal. dan kedua-duanya adalah keluaran US.

AMD lebih pentingkan kelajuan processor. bolehkah kalau kita nak tukar processor daripada AMD ke Intel? Jawapannya tidak boleh. Disebabkan AMD pentingkan kelajuan maka processor tersebut menghasilkan lebih banyak haba berbanding Intel. Itulah yang menyebabkan AMD sering berlaku 'overheating' pada laptop. Jadi. singkatan dari Central Processing Unit). Dengan kata lain jika anda mendapatkan 2 jenis processor AMD dan Intel yang hampir sama harga. seringkali dalam sebuah paket sirkuit . http://www. Intel pula mementingkan ketahanan. Itupun kena pastikan motherboard itu padan dengan casing laptop. Dengan kata lain kelajuan yang sama padan dengan ketahanan. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu. Dengan kata lain lebih baik beli yang baru. maknanya produk tersebut sudah melepasi piawaian kualiti ketahanan yang mereka gariskan.sisfiza. sering digunakan untuk menyebut CPU. Istilah lain. prosesor (pengolah data). Kalau Intel keluarkan Processor baru yang laju. maka sudah tentu AMD lagi laju. Sebabnya motherboard itu direka khas untuk AMD.com/2010/11/perbezaan-processor-amd-dan-intel/ Pengertian dan Fungsi CPU CPU Unit Pengolah Pusat (UPP) (bahasa Inggris: CPU. merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Kalau nak tukar kena tukar sekali dengan motherboard.

yaitu sebagai berikut. Sejak pertengahan tahun 1970-an. • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. Komponen CPU Diagram blok sede rhana sebuah CPU. mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU. maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.CPU bertu gas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam.  Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya program. • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. • Menyi mpan hasil proses ke memori utama. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah: • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.terpadu-tunggal. dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. .

sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter.  Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi. biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. yaitu sama dengan (=). kurang dari (<). lebih besar dari (>). pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage). maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya. Apabila hasil pengolahan telah selesai. sehingga otak dapat diib aratkan sebagai CPU. ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi. Secara analogi. Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian. yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. dan lebih besar atau sama dengan (³ ). kurang atau sama dengan (£ ).  CPU Interconnections adal ah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digu nakan disebut adder. ya itu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. yaitu ALU. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai. Memori ini bersifat sementara. apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage. yang berisi ingatan-ingatan. satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika. maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. . maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register. Cara Kerja CPU Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices. Hasilnya ditampung di Accumulator. piranti masukan /keluaran. hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices. tidak sama dengan (¹ ). Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu. seperti memori utama. Lalu selanjutnya dari Output-storage. register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual. namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage).

Data yang diuji untuk percabangan instruksi disimpan pada lokasi yang disebut dengan flag. Selanjutnya. cakram padat. . data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM). Walaupun demikian. Waktu pada tahap-I ditambah dengan waktu pada tahap-II disebut waktu siklus mesin (machine cycles time). Penghitung program dalam CPU umumnya bergerak secara berurutan. sementara sebuah cabang yang bersifat kondisional akan menguji terlebih dahulu hasil dari operasi sebelumnya untuk melihat apakah cabang instruksi tersebut akan dieksekusi atau tidak. Selama proses ini terjadi. CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi.Fungsi CPU CPU berfungsi seperti kalkulator. mengizinkan CPU mengakses instruksi yang terletak bukan pada urutannya. perkalian. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras. seperti cakram keras. sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai. media penyimpan. Percabangan instruksi Pemrosesan instruksi dalam CPU dibagi atas dua tahap. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. maupun pita perekam. hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. yang disebut dengan instruksi lompatan. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. pengurangan. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. disket. setelah Instruction Fetch dilakukan. Tahap-I berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit mengambil data dan/atau instruksi dari main-memory ke register. pengujian kondisi terhadap data dalam register. Cabang-cabang instruksi tersebut dapat berupa cabang yang bersifat kondisional (memiliki syarat tertentu) atau non-kondisional. pemindai. Hal ini disebut juga percabangan instruksi (branching instruction). yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Saat sebuah program dieksekusi. maupun tetikus. Sebuah cabang yang bersifat non-kondisional selalu berpindah ke sebuah instruksi baru yang berada di luar aliran instruksi. hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik. tuas kontrol. yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. meliputi penjumlahan. sedangkan Tahap-II berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit menghantarkan data dan/atau instruksi dari register ke main-memory untuk ditampung di RAM. sedangkan Tahap-II disebut Instruction Execute. Tahap-I disebut Instruction Fetch. seperti papan ketik. beberapa instruksi dalam CPU.

Bilangan fixed-point memiliki nilai digit spesifik pada salah satu titik desimalnya. http://madediantara. perlengakapan. tulang dan sendi. bilangan floating-point merupakan bilangan yang diekspresikan dalam notasi ilmiah.14 x 1057). Beberapa komputer menggunakan sebuah prosesor sendiri untuk menghitung bilangan floating-point yang disebut dengan FPU (disebut juga math co-processor) yang dapat bekerja secara paralel dengan CPU untuk mempercepat penghitungan bilangan floating-point.Setiap pekerja tidak sama ukurannya dan setiap orang mempunyai keterbatasanketerbatasan.com/2009/06/cpu. proses kerja. Hal ini memang membatasi jangkauan nilai yang mungkin untuk angka-angka tersebut. tetapi proses aritmatika terhadap bilangan floatingpoint jauh lebih rumit dan dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih lama oleh CPU karena mungkin dapat menggunakan beberapa siklus detak CPU. FPU saat ini menjadi standar dalam banyak komputer karena kebanyakan aplikasi saat ini banyak beroperasi menggunakan bilangan floating-point. dan alat-alat supaya sesuai dengan anda.Bilangan yang dapat ditangani Kebanyakan CPU dapat menangani dua jenis bilangan. tetapi hal ini justru dapat dihitung oleh CPU secara lebih cepat. posisi-posisitubuh yang dianggap tidak netral atau tidak ideal seperti perputaran (twisting) leher untuk melihat monitor. pekerja-pekerja kemungkinan besar terpapar dengan faktor-faktor risiko yang bisa menyebabkan cedera otot. . Sementara itu. Faktor-faktor risiko ergonomic yang utama dalam kantor adalah sebagai berikut:   Repetition. Ergonomics bertujuan untuk mendesain tempat kerja.html Apa itu Ergonomi? Ergonomi dapat didefinisikan sebagai penyesuaian pekerjaan terhadap pekerja (fitting the job to workers). yaitu fixed-point dan floating-point.pekerjaan-pekerjaan atau pergerakan tubuh yang dilakukan secara berulangulang Awkward postures.blogspot. Bilangan ini umumnya digunakan dalam merepresentasikan grafik dan kerja ilmiah. sangat penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana mengatur kantor anda agar cocok dengan anda. Sebagai seorang pekerja. Apabila suatu pekerjaan tidak cocok dengan pekerja. di mana sebuah angka direpresentasikan sebagai angka desimal yang dikalikan dengan pangkat 10 (seperti 3. Notasi ilmiah seperti ini merupakan cara yang singkat untuk mengekspresikan bilangan yang sangat besar atau bilangan yang sangat kecil. dan juga mengizinkan jangkauan nilai yang sangat jauh sebelum dan sesudah titik desimalnya. atau meraih kedepan ( reaching toward) atau penggunaan mouse yang tidak segaris.

sedangkan pekerja yang lainnya tidak.shvoong. Industri. Sebagai contoh. Sehat dan Efisien atau disingkat ENASE. Begitupun dengan mesin dan peralatan yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan juga dirancang sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan cidera akibat desain yang tidak sesuai atau sering disebut dengan desain yang tidak ergonomis. Aman.Static forces. melihat monitor dengan suatu leher menunduk atau tengadah. Ergonomis. mempertahankan suatu posisi dalam jangka waktu yang lama (misalnya duduk yang lama. seorang pekerja bisa mempunyai gejala cedera. Setiap orang merespons faktor-faktor ergonomic dengan cara yang berbeda. Display. mesin dan peralatan lainnya. Faktorfaktor ergonomi harus diidentifkasi dan diperkecil untuk mengurangi risiko kecelakaan. Konsep dasar dari keilmuan ini cukup sederhana yaitu menyesuaikan antara pekerjaan dengan manusia yang menjalankan pekerjaan tersebut atau sering dikenal dengan istilan “Fitting The Task to The Man”. Syarat desain yang ergonomis haruslah Efektif. Enase. Sumber: http://id.com/medicine-and-health/epidemiology-public-health/1953126-apa-ituergonomi/#ixzz1VMJQdYg8  Hidup Sehat dengan Desain Ergonomis Jun 12 Nanda KurniawanIlmu Perkuliahan Desain. Produk No Comments Ergonomi merupakan salah satu cabang dari keilmuan Teknik Industri yang membahas tentang interaksi antara manusia dengan pekerjaan. Nyaman. . dengan tujuan dapat memberikan kenyamanan terhadap individu yang mengerjakannya. atau menjangkau keyboard terlalu jauh). Semua pekerjaan yang dirancang mempertimbangkan faktor manusia.

Keterbatasan ini dilihat dari dampak jangka pendek maupun jangka panjang yang ditimbulkan dari interaksi tersebut dan dipertimbangkan dari segala aspek. seperti ilmu kedokteran dan biologi. Disiplin ergonomi secara khusus akan mempelajari keterbatasan dari kemampuan manusia dalam berinteraksi dengan teknologi dan produk-produk buatannya. Tujuan pokok manusia untuk selalu mengadakan perubahan rancangan peralatan-peralatan yang dipakai untuk memudahkan dan mengenakkan operasi penggunaannya. ergonomi dimaksudkan sebagai disiplin keilmuan yang mempelajari manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan. terumata dari aspek kesehatan. ilmu kejiwaaan. Rancangan yang memperhatikan aspek-aspek manusia inilah yang kemudian dikenal dengan nama ERGONOMI. Pada prinsipnya. Istilah ergonomi lebih populer digunakan oleh beberapa negara di Eropa Barat. Demikian pula banyak istilah lainnya yang secara praktis mempunyai maksud yang sama seperti Biomechanics. Perubahan waktu. Contoh posisi kerja yang ergonomis Salah satu hal yang melatarbelakangi munculnya keilmuan ini adalah banyaknya hasil fisik buatan manusia yang sangat kontras sekali dengan kehidupan masa lampau yang kebanyakan dari mereka masih hidup dalam lingkungan alam yang asli (natural environment). merubah manusia dari keadaan primitif (tradisional) menjadi manusia yang modern (berbudaya). Di sini manusia berusaha mengadaptasikan dirinya menurut situasi dan kondisi lingkungannya. Dengan demikian. kejiwaan dan sosial dari teknologi dan produk-produk terhadap manusia melalui pengetahuan-pengetahuan tersebut pada jenjang mikro maupun makro. Perbuatan manusia untuk menyesuaikan diri dengan kondisi alam menunjukkan tingkat kebudayaan mereka yang berkembang dari waktu ke waktu. Dengan demikian. Ergonomi atau ergonomics (bahasa inggrisnya) sebenarnya berasal dari kata Yunani yaitu Ergo yang berarti kerja dan Nomos yang berarti hukum. Di Amerika istilah ini lebih dikenal dengan sebagai Human Factor Engineering atau Human Engineering. . Karena yang dipelajari adalah dampak dari teknologi dan produk-produknya. Semuanya diintegrasikan dalam suatu bentuk ilmu yang aplikatif. dan Engineering Psycology. disiplin ergonomi akan mempelajari akibat-akibat jasmani. jelas terlihat bahwa ilmu ergonomi ini melibatkan berbagai disiplin ilmu lainnya. walaupun secara perlahan-lahan. dan ilmu kemasyarakatan. Bio-technology.Gambar 1. Hal ini terlihat dari perubahan rancangan peralatan (teknologi) yang dipergunakan manusia untuk menaklukkan alam lingkungannya.

d. Tombol spasi diletakkan di bagian bawah dan ukurannya lebih luas dibanding yang lain. Aplikasi ergonomi dalam teknologi Contoh lain penerapan ilmu ergonomi di bidang teknologi ialah dalam pembuatan papan penunjuk jalan. Lingkungan Fisik (temperatur dan pencahayaan). melainkan juga memperhatikan aspek kemampuan dan keterbatasan manusia. pernahkah Anda menyadari makna di balik susunan huruf yang ada pada keyboard komputer? Mengapa huruf “a. Disiplin ergonomi ini sangat banyak sekali diaplikasikan dalam perancangan produk.maka pengetahuan yang khusus dipelajari akan berkaitan dengan teknologi seperti. karena tangan kanan kita lebih sensitif sehingga memudahkan untuk mengarahkan pointer. maka akan sering melihat papan yang menunjukkan arah kepada suatu daerah tertentu. warna hijau akan terlihat berpandar. s. Teknik Produksi. tatkala selesai menulis sebuah kata. Yang menarik ialah mengapa warna yang digunakan pada tulisannya ialah warna putih di atas hijau? Hal ini tak lepas dari apa yang disebut dalam ilmu ergonomi sebagai visual display. Maksud dan tujuan dari disiplin ilmu ergonomi adalah untuk mendapatkan rancangan sistem manusia dan teknologi yang optimal. Permasalahan sistem ini tentu saja diselesaikan dengan proses pendekatan sistem pula. Warna hijau dan putih merupakan warna yang cukup kontras di siang hari. Sedangkan di malam hari. Biomekanika. Susunan huruf dibuat sedemikian rupa sehingga tombol huruf yang sering digunakan untuk menulis akan berada dalam jangkauan yang lebih dekat dari tangan kita. tidak ditaruh di tengah saja? Itu semua adalah hasil aplikasi dari ilmu ergonomi. apalagi ditambah dengan pancaran sinar dari lampu mobil. Anthropometri. . Gambar 2. f” terletak di sebelah kiri secara berurutan. Begitu juga dengan letak tombol panah yang mudah dijangkau tangan kanan. Disiplin akan mencoba membawa ke arah proses perancangan mesin yang tidak saja memiliki kemampuan yang canggih. Jika Anda pernah memasuki jalan tol. karena tombol ini hampir selalu kita tekan setiap. Sebagai contoh. sedangkan tombol spasi terletak di bagian bawah? Mengapa tombol anak panah ada di sebelah kanan bawah. visual display dan lain-lain. sehingga pengemudi akan dapat membaca papan jalan dengan lebih jelas. Dengan demikian sistem tersebut bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Oleh karena itu. papan jalan. Sehingga pengguna mesin tak akan keliru menekannya karena kedua tombol itu merupakan tombol yang penting dalam penggunaan mesin fotokopi.ac.id/nandoetpby/?tag=ergonomis . Pertanyaannya. maka akan ditemukan bahwa dalam suatu industri besar. Terlebih jika kita mengukurnya secara makro. tombol “start” yang berwarna hijau dan tombol “off” yang berwarna merah menunjukkan kontras yang berbeda dengan tombol-tombol lainnya. dapat dilihat bahwa tombol “start” terlihat paling besar. Secara mikro. Selain itu.Gambar 3. apakah ergonomi dapat membantu manusia agar bisa melakukan pekerjaannya dengan lebih cepat? Tentu jawabannya adalah ya. ergonomi membuat manusia menjadi lebih nyaman dalam melakukan suatu pekerjaan.unand. Aplikasi ergonomi visual dislay Penggunaan visual display juga ada pada mesin fotokopi. mulai dari sekarang gunakanlah produk-produk yang tidak hanya berkualitas dari segi estetika. namun kesehatan Anda lebih penting lagi. Estetika memang penting. http://blog. Papan ketik komputer. dan mesin fotokopi hanyalah sebagian contoh kecil dalam kegunaan ergonomi yang ada di sekitar kita. Pada mesin ini. terdapat mesin-mesin yang setiap bagiannya sudah dirancang agar dapat melakukan suatu proses dengan baik dan cepat. Anda tentu saja tidak mau menjadi salah satu dari penderita penyakit tersebut. apakah produk-produk yang Anda gunakan sudah ergonomis? Ini penting karena menyangkut efek jangka panjang yang ditimbulkan. Banyak sekali penyakit-penyakit yang ditimbulkan karena menggunakan produk yang tidak ergonomis. Sekarang yang menjadi pertanyaan.

" dan karena itu kesehatan di tempat kerja dimulai dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan. seperti keyboard dan tinggi monitor.html . mengingat kesehatan kardivaskuler kita. Perempuan secara umum lebih kecil daripada laki-laki. dan memperhatikan diet kita. http://metroaktual. Pertama kita dapat menyebutnya "Keahlian Tekhnik Menguasai". jadi ini adalah isu yang penting bagi para manajer. telah terdokumentasi dengan baik bahwa perempuan memuntir bahunya lebih jauh daripada laki-laki ketika menjangkau mouse dengan keyboard standar. tapi kita memang tahu bahwa perempuan dilaporkan mengalami penyakit muskuloskeletal yang sangat tinggi dibandingkan laki-laki dengan jobdesk yang sama. Jack Dennerlein seorang Rekan Profesor Ergonomi dan Keselamatan dari Universitas Harvard mempercayai bahwa "pembagian antara kerja dan waktu pribadi masih kabur bagi banyak profesional. misalnya.com/artikel/tempat-kerja-yang-sehat." yang melibatkan pelatihan organisasi dan individual dimana kita dapat memelihara kesehatan di tempat kerja. Ergonomi yang buruk bisa mengurangi produktivitas. Ini berkaitan dengan rancangan kerja fisik.Tempat Kerja yang Sehat Dr. Berikut ini adalah beberapa info menarik dan tips sehat di tempat kerja: Apakah Ergonomi? Pekerja Sehat = Pekerja Produktif Ergonomi adalah ilmu bagaimana memelihara kekuatan pekerja yang sehat dengan merancang kebutuhan kerja dan lingkungan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pekerja. Kuasai Ada dua cara untuk mendapatkan ergonomi yang baik. Pekerja Perempuan Meneliti perbedaan gender merupakan pekerjaan baru yang sulit. Kedua berkaitan dengan "penguasaan administratif. Sementara ia mengingatkan kita untuk mengatur stress kita. ia juga merasa sangat penting untuk kita meningkatkan kebiasaan kerja dan lingkungan kerja kita.

2. yaitu menggunakan Dvorak keyboard 2. cahaya dan gangguan 4. view. Bekerja dengan tinggi yang sesuai atau cocok 3. ANALYSIS Ergonomi melihat sesuatu sebagai : 1. Bekerja dengan postur yang sesuai 4. dsb 2. masalah lingkungan yang melingkupinya. Ergonomi baik untuk pendefinisian standar dan pedoman pembatasan bagaimana kita mendesain aspek tertentu dari sistem. prinsip fisikal 1. Warna-warna yang efektif digunakan adalah sebagai berikut : 1. tata letak ruang dan peralatan yang mudah dijangkau bagi manusia dalam melaksanakan aktifitasnya. Paling umum digunakan user atausesuatu yang mudah diakses. yang dibagi menjadi tiga kategori. tidak menggunakan warna terang untuk tombol dan warna galap untuk bagian atas 3. Ergonomi harus bisa memahami seluruh kondisi manusia. manajemen. 8. seperti warna merah untuk peringatan. high contrast dan low contrast tidak efektif untuk digunakan karena akan berpengaruh terhadap kesehatan mata. Mengurangi pengeluaran tenaga yang berlebihan 5. kontrol fungsional yang merupakan kontrol yang berhubungan dengan penggunaan menu file. Hindari penggunaan perbandingan corak warna yang berlebihan karena akan mengakibatkan warna yang digunakan menjadi tidak efektif 4. Prinsip ergonomi Prinsip ergonomo terdiri dari dua bagian : 1. yang sebaiknya bukanlah warna yang terlalu terang ataupun terlalu gelap. maslah kesehatan seperti posisi fisik. Meminimalkan contact stress 9. Meminimalkan kepenatan atau keletihan 6. fisiologi. yang merupakan faktor yang harus diperhatikan. kontrol sekuensial yang mengontrol dan mengorganisasikan penggunaan interaski tipikal 3. kondisi lingkungan (temperatur. 2. dan desai atau perancangan untuk melaksanakan tugas yang berguna. Ergonimic merupakan suatu bidang studi yang menangani perancangan kegiatan dan tugas yang cocok dengan kapabilitas manusia dan limitnya seta faktor kenyamanan kerja seperti kenyamanan dari segi anatomi. seperti pengaturan tempat duduk yang dapat disesuaikan dengan semua pengguna 3. kelembaban). Warna contrast yang gelap digunakan untuk tombol dengan warna terang untuk bagian atas. Memberikan jarak ruang dan akses. manajemen. yaitu : 1. Contoh penggunaan warna. menjadikan segala sesuatu mudah untuk di jangkau.>Paper IMK dalam Faktor Ergonomic Interaksi manusia dan komputer memiliki tiga aspek yaitu salah satunya adalah aspek ergonomic. engineering. Biasanya menggunakan warnta yang lebih cerah yang tidak terlalu bervariasi. edit. penggunaan warna. psikologi. pengaturan dari berbagai kontrol dan tampilan. hijau untuk pembolehan dan perlu memperhatikan user yang buta warna. Mengurangi pengulangan yang belebihan 7. baik dari segi anatomi. psikologi. kontrol frekuensi adalah kontrol yang menempatkan sesuatu pada tempatnya dan bagaimana mereka digunakan. Memberikan mobilisasi dan mengubah postur atau posisi .

Adanya standarisasi 2. ketegangan punggung. 3. 2. Hardware / peralatan Teknologi Informasi 1. pencahayaan yang tepat 1. 2. Kedisiplinan dan tanggung jawab 2. Software 1. seperti : 1. Dapat melakukan interogatif dengan brainware dan hardware dengan cepat. . membuat stereotype 3. Dapat menjaga dan mendeteksi kesalahan dari aspek manusia dan software. ketegangan otot siku. Menahan getaran 11. Memberikan keyakinan bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang ridak menggunakan layar tampilan 2. Productivity increased 2. membuat redundansi. Sistem kerja 4. Sistem / piranti yang terbaru atau yang mudah dikenal dan interaksi yang mudah diingat. Efficiency and effective operation of the system. Dapat menerima aplikasi dalam permasalahan yang komplit supaya cepat memberikan infomasi. cetak tebal miring. menghubungkan aksi dengan persepsi 4. memberikan stimulant yang bervariasi sesuai dengan kondisi memberikan umpan balik secara tepat atau seketika Aspek Ergomoni dalam HCI sangat diperngaruhi oleh : 1. Menghindarkan user dari cahaya langsung atau pantulannya. Memberikan informasi dalam mengurangi kesalahan sistem logika apabila kelaur dari konsep Sistem Informasi. 3. work better as a system more familiar when it operated 4. Prinsip kognitif 1. 3. 2. membuat pola atau patterns 9. Dapat memberikan informasi model yang terbaru dalam melayani penggunaan tentang hasil informasi atau konsisten Benefits of Implementation Ergonomic : 1. Budaya 3. Activities better because of the comfort factor in doing service work. Perilaku 2. Memperoleh keseimbangan antara kecerahan (brightness) layar tampilan dan kecerahan yang ada didepan user 3. Pada dunia kerja Keluhan yang sering muncul * Pengguna komputer mengalami ketegangan otot pundak. Manusia 1. etc 8. menyajikan informasi pada level yang tepat secara detail 6. Menciptakan lingkungan yang menyenangkan. 3. memberikan image atau gambaran yang jelas 7. Mempermudah pemaparan suatu informasi 5.10. Menghindari cahaya langsung atau pantulan yang langsung mengenai layar tampilan. misalnya warna yang berbeda.

2. misalnya mouse dan telepon. sementara cahaya yang rendah berpotensi untuk menyebabkan ganguan pada mata. work-station. bias dibawah atau disampingnya. Kursi yang baik akan mampu memeberikan postur dan sirkulasi darah yang baik dan akan membantu menghindari ketidaknyamanan. Posisi yang salah dalam bekerja mengunakan computer dapat menimbulkan resiko terkena gangguan Computer Vision Syndrome(CVS). 4. solusi masalah kesehatan yang low-tech adalah untuk meminta manajemen untuk dengan tegas memberikan isirahat singkat sesering mungkin untuk mengurangi tekanan phisik dan untuk membantu menyegarkan pemakai akhir agar dapat berkonsentrasi lebih baik pada proyek. atur pencahayaan ruang kerja anda secara optimal cahaya yang terlalu kuat akan mengakibatkan tampilan monitor tidak tajam. (Haider-Austria) * Pengguna mengalami iritasi dan ketegangan mata yang semakin hari makin bertambah. Tugas . buku. Cara duduk atau posisi yang tepat menurut beberapa peneliti dapat mendukung factor ergonomic saat bekerja menggunakan computer. lihat perbedaan membaca menu drill-down antara program DOS dan program Windows . (Dainof) Faktor Ergonomi di tempat kerja Peralatan . mouse. yakni viewing angle dan posisi papan ketik.* Pengguna yang bekerja lama didepan computer akan mendapatkan miope yang semakin besar. : Aturlah kursi sedemikian rupa sehingga : . atur meja anda dengan mempertimbangkan bagaimana perangkat itu akan digunakan. (Sauter) * Rancangan stasiun kerja yang baik adalah penempatan papan ketik dan tempat duduk pada ketinggian yang tepat. Disain Perangkat lunak dapat memudahkan penggunaan ergonomic komputer . Work-Station dan Lingkungan kerja. keyboard. dan penempatan komponen lingkungan lain yang dapat meningkatkan ergonomi tempat kerja . Kursi : Kursi merupakan salah satu komponen penting ditempat kerja. penerangan. Satu hal terkait yang dengan tugas tetapi murah. Sebagai contoh. Pelatihan dan dukungan yang lebih baik juga dapat meningkatkan berbagai hal. * Dua faktor yang mempengaruhi unjuk kerja operator. laporan atau bahan cetakan lain yang dibutuhkan dalam bekerja dengan computer sebaiknya diletakkan dalam monitor. Wujud keluhannya antara lain mata lelah dan kering. ditulis Dr. cukup tempat dimeja anda untuk menata posisi yang paling nyaman untuk CPU. Untuk mengurangi resiko tersebut. mual-mual hingga muntah. Pastikan bahawa : 1. Pada program DOS perlu upaya lebih keras untuk membacanya sedang pada alat penghubung yang grafis dari program Windows dapat disesuaikan sehingga lebih mengurangi radang mata bagi pemakai tertentu. harus ditempatkan pada posisi yang paling mudah dijangkau. Perangkat keras dan perangkat lunak Komputer yang berbeda. dapat diatur dan memiliki penyangga punggung. 3. (Laubli – Swiss) Cara Mengatasi Keluhan tersebut adalah : * Perlu pengaturan tata letak semua peralatan yang digunakan di stasiun kerja. printer. sakit kepala. Perhatikan perlengkapan kerja. yaitu gangguan kesehatan akibat berlama-lama menggunakan computer. monitor. Pilih kursi yang nyaman. penyangga buku dan peralatan lain seperti telepon. Raynard dalam bukunya yang berjudul The Guidline to the Occupational Health and Safety Act menunjukkan cara-cara untuk menguarangi resiko tersebut.

lebih baik gunakan optical mouse untuk memperoleh gerkan kursor yang lebih presisi. tetapi tekan tombol secara halus sehingga jari dan tangan anda tetap rileks 6. pegang mouse secara ringan dan klik dengan tegas 3. bila kursi kurang dapat diatur. 3. jangan lupa untuk mengedipkan mata saat memandang layar computer. Cara berkomputer yang baik : 1. telapak kaki anda harus dapat bertumpu secara rata di lantai ketika duduk dan ketika menggunakan keyboard 4. Berkediplah dengan penuh dan sering. 4. bersihkan mouse secara periodic karena mpuse yang kotor akan menggangu pergerakan kursor. 5. Mouse 1. apabila anda mengalami kesulitan untuk melihat tampilan layar dengan jarak 50-60 cm. atur letak keyboard sehingga lengan anda berada dalam posisi rileks dan nyaman. 3. ubahlah posisi duduk anda selama bekerja Keyboard Keyboard diperlukan sebagai alat input yang selalu kita pegang ketika kita bekerja dengan computer. pertimbangkan untuk memanfaatkan keyboard ergonomic yang dirancang untuk dapat diatur sesuai ukuran dan posisi lengan. atur posisi sehingga jarak anda dengan monitor berkisar 50-60 cm.1. 4. 7. pundak anda dalam posisi rileks. pergelangan tangan harus lurus. Ambil beberapa detik untuk menarik nafas panjang. Ketika memandang layar kita cenderung lebih jarang berkedip daripada ketika bekerja dalal jarak dekat lainnya seperti menulis surat atau yang lain. dengan lengan bagian depan dalam posisi horizontal 2. untuk kenyamanan. tempatkan mouse didekat dan permukaan yang sama dengan keyboard 2. paha anda dalam posisi horizontal 2. atur level brightness dan contrast sehingga senyaman mungkin. juga atur warna dan ukuran font bila perlu. Agar pemakainnya nyaman. jangan memukul tombol. sedikit tengadahkan monitor sehingga bagian atas monitor sedikit ke belakang 6. maka tangan harus ikut bergeser ke kiri ke kanan sehinggan jari tidak dipaksa untuk meraih tombol-tombol yang harus diketuk. atur monitor sehingga mata anda sama tinggi dengan tepi atas layer. tetapi ketika kita berkonsentrasi didepanj layar monitor maka kita cenderung sering menahan nafas. posisi monitor tepat lurus dihadapan anda 5. Apabila resolusi 1024 x 768 terlalu kecil. 3. tidak tegang dan tidak terangkat keatas. tidak menekuk keatas atau kebawah. posisi layar monitor harus sedemikian rupa sehingga dapat meminimalisasi pantulan cahaya dari lampu. 7. terlebih bila pekerjaan kita diburu waktu. bagian bawah punggung dapat dibantu dengan diberi bantal. mengambil nafas merupaka fungsi yang otomatis. Monitor 1. . maka ubah ke 800 x 600. jendela atau dari sumber cahaya lain 2. 2. bersihkan layar monitor secara periodic 8. 4. untuk jenis rolling-ball mouse. usahakan untuk berada dalam posisi like this : 1. coba besarkan tampilan atau resolusi layar. 3. variasilah dalam bekerja dan istirahatah secara periodic. ketika mengetik. sekitar 5-6 dibawah bagian atas casing. manfaatkan fitur shortcut pada keyboard.

Oleh karena itu selaian pemilihan alat interaktif yang tepat juga perlu diperhatikan aspek kenyamanan kerja di ruang kerja.com/2011/01/10/paper-imk-dalam-faktor-ergonomic/ . Oleh karena itu aspek ergonomic dalam dunia kerja yang sehari-harinya menggunakan computer sebagai alat Bantu bekerja sangat dibutuhkan agar hasil pekerjaan dapat maksimal dan sesuai dengan harapan http://lathzan. Kenyamanan ruang kerja ini meliputi kenyamanan : stasiun kerja. suara.Rangkuman Penggunaan computer dalam waktu lama bisa menimbulkan kelelahan yang akan berakibat terhadap kualitas hasil kerja.wordpress. udara. pencahayaan. dan kebiasaan kerja.