Belajar Rambu-Rambu Lalu-Lintas Yuk….

Demi Keamanan Bersama

28052009
Seharusnya setiap pengguna jalan seperti pengendara keandaraan dan pejalan kaki menegetahui dan peduli dengan rambu-rambu peraturan lalu-lintas yang menjadi tanda-tanda peraturan lalin di tempat itu. Misalanya lambang P dicoret dalam lingkaran merah artinya dilarang parkir, maksudnya adalah ditempat itu kendaraan dilarang memarkirkan dirinya di tempat tersebut. Berikut adalah beberapa rambu rambu lalulintas dan penegertiannya 1. Rambu peringatan : rambu ini berisi peringatan bagi para pengguna jalan bahwa didepaba ada sesuatu yang berbahaya Rambu ini di desain dengan latar kuning dan gambar atau tulisan berwarna hitam

2. Rambu larangan : berisi larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna jalan Rambu ini di desain dengan latar puitih dan warna gambar atau tulisan merah dan hitam

.

3. Rambu perintah : adalah perintah yang harus dilakukan oleh pengguna jalan Rambu perintah didesain dengan bentuk bundar berwarna biru dengan gambar putih dan merah .

.

4. Rambu petunjuk : menunjukkan sesuatu .

.

rute jalan Rambu no .tambahan : memberikan keterangan tambahan 6.

.

2 Rambu petunjuk.org.     1. huruf. Tag ini diberikan pada Artikel atau bagian dari artikel ini diterjemahkan dari Rambu lalu lintas di en.3 Rambu larangan dan perintah.Rambu lalu lintas Dari Wikipedia bahasa Indonesia.wikipedia.3.1 Rambu peringatan. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Halaman ini belum atau baru diterjemahkan sebagian dari bahasa Inggris. Daftar isi [sembunyikan]  1 Pengelompokan rambu o o o 1. larangan.1 Rambu larangan 1. 1. perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan.2 Rambu perintah 2 Jenis rambu 3 Lihat pula . Isinya mungkin memiliki ketidakakuratan. angka.3. kalimat dan/atau perpaduan di antaranya. Pengguna yang mahir dengan bahasa yang bersangkutan dipersilakan untuk menelusuri referensinya dan menyempurnakan terjemahan ini. Lihat panduan penerjemahan Wikipedia. Agar rambu dapat terlihat baik siang ataupun malam atau pada waktu hujan maka bahan harus terbuat dari material yang reflektif (memantulkan cahaya). Selain itu beberapa bagian yang diterjemahkan kemungkinan masih memerlukan penyempurnaan. 1. (Pesan ini dapat dihapus jika terjemahan dirasa sudah cukup tepat) 2011 Rambu pendahulu penunjuk jurusan dijalan tol Jagorawi Rambu lalu lintas adalah salah satu alat perlengkapan jalan dalam bentuk tertentu yang memuatlambang. Bantulah Wikipedia untuk melanjutkannya. yang digunakan untuk memberikan peringatan.

 4 Pranala luar [sunting]Pengelompokan rambu Berdasarkan jenis pesan yang disampaikan. Misalnya: Rambu yang menunjukkan adanya lintasan kereta api. rambu lalu lintas dapat dikelompokkan menjadi rambu-rambu sebagai berikut : [sunting]Rambu peringatan. Rambu yang memperingatkan adanya bahaya agar para pengemudi berhati-hati dalam menjalankan kendaraannya.  Simpang 4  Simpang 3  Jalan licin . atau adanya persimpangan berbahaya bagi para pengemudi.

 Longsor  Jalan bergelombang  Ada persimpangan  Penyempitan .

 Jalan menyempit [sunting]Rambu petunjuk. tentang arah yang harus ditempuh atau letak kota yang akan dituju lengkap dengan nama dan arah letak itu berada. jurusan atau tempat-tempat tertentu. Semua kendaraan dilarang lewat. Kendaraan harus lewat jalur tertentu. [sunting]Rambu larangan Beberapa contoh rambu larangan  Semua kendaraan dilarang masuk .  [sunting]Rambu larangan dan perintah. Misalnya:    Rambu dilarang berhenti. Rambu yang memberikan petunjuk atau keterangan kepada pengemudi atau pemakai jalan lainnya. Rambu ini untuk melarang/memerintah semua jenis lalu lintas tertentu untuk memakai jalan.

 Dilarang masuk  Mobil dan sepeda motor dilarang masuk  Mobil dilarang masuk  Sepeda motor dilarang masuk .

 Truk dilarang masuk  Pesepeda dilarang masuk  Pejalan kaki dilarang masuk [sunting]Rambu perintah Beberapa contoh rambu perintah  Rambu stop .

dapat ditempatkan sewaktu-waktu dan dapat dipindahpindahkan. Rambu tetap. Beri kesempatan  Wajib mengitari bundaran  Wajib membelok kekiri [sunting]Jenis rambu Menurut cara pemasangan dan sifat pesan yang akan disampaikan maka secara garis besar sistem perambuan dapat dikelompokkan atas: 1. . Yang dimaksud dengan rambu tetap adalah semua jenis rambu yang ditetapkan menurut Surat Keputusan Menteri Perhubungan yang dipasang secara tetap. sedangkan rambu tidak tetap adalah rambu yang dipasang dan berlaku hanya beberapa waktu. Rambu tidak tetap. 2.

atau apil (alat pemberitahuan informasi kepolisian) B. marka adalah tanda garis. Marka ada 5 jenis. Marka Serong D. sebagai tanda berhenti kendaraan terhadap rambu. garis serong.Marka Lalu Lintas dan Macamnya Apa itu Marka Lalu Lintas? 28OCT2010 1 Comment by kiosbukugema in Lalu-Lintas Tags: Marka_Lalu_Lintas_dan_Macamnya Suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas jalan yang meliputi peralatan atau tanda garis membujur. Marka Garis Melintang B. lambang. Marka Garis Melintang Marka Melintang: A. baru memasuki lagi. Marka Lainnya A. yaitu: A. Jadi untuk memudahkan. . Marka Garis Membujur C. melintang. dasar merah. bertuliskan “STOP” artinya pengemudi harus berhenti untuk mengamati situasi persimpangan. apabila dirasa aman. Tolong diperhatikan frase “di permukaan jalan”. Catatan: Rambu segi lima. (bisa rekan2 injak2 dengan kaki atau ban mobil) untuk memberi petunjuk kepada pengguna jalan. atau tulisan yang ada di permukaan jalan. Marka Melintang garis terputus2. Marka Melintang garis utuh. Marka Lambang E. Marka itu dapat berwarna putih atau kuning. serta lambang lainnya yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas yang membatasi daerah kepentingan lalu linta s. sebagai tanda batas berhenti waktu memberikan kesempatan mendahulukan kendaraan lain yang telah ditetapkan oleh rambu.

Coba ingat-ingat. Anda tidak boleh melintasi garis tersebut untuk melewati kendaraan maupun membelok. yaitu: A. . B. Marka kombinasi. dimana rekan-rekan pernah melihat rambu tersebut. untuk mengamati situasi persimpangan. ketimbang anda melihan rambu segitiga dengan ujung di bawah tersebut. dasar putih.Untuk rambu segitiga dengan ujung di bawah. baru memasuki persimpangan. atau pindah lajur. tidak harus sampai berhenti. tanjakan-turunan. Mengarahkan lalu lintas 2. menyesuaikan Garis ganda utuh putih Anda harus mengambil sebelah kiri jalur rangkap. untuk memaksa pengemudi agar tidak mendahului di daerah tersebut. pengemudi dipersilahkan mendahului. namun apabila melihat rambu segilima di atas. Marka Garis Membujur Marka membujur berfungsi sebagai: 1. bingkai merah. sangat berbahaya. Kedua rambu hampir sama. Memperingatkan akan adanya marka lain di depan 3. dan tempat-tempat yang ramai. B. C. Garis ganda putih dengan garis utuh dekat anda Anda harus ambil sebelah kiri garis utuh ini dan jangan melintasinya untuk melewati. berarti persimpangan lebih rawan. Marka membujur garis utuh. apabila dirasa aman. Marka membujur garis terputus2. Memisahkan lajur atau jalur Marka membujur ada 3 jenis. artinya pengemudi harus mengurangi mengurangi kecepatan. Marka ini sering dipasang di dekat tikungan. pengemudi dilarang melintasi marka ini.

Garis ganda putih dengan garis terputus-putus lebih dekat dengan anda. . Marka Serong Marka serong adalah tanda yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk dalam pengertian marka membujur atau marka melintang. C. untuk menyatakan suatu daerah permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan. Anda boleh melintasi garis ini untuk melewati bila jalan di depan aman.

Marka Lambang Marka lambang adalah tanda yang mengandung arti tertentu untuk menyatakan peringatan. adalah mendahulukan kendaraan dari arah anak panah ujung panjang (Marka ini biasanya ada sesudah pintu masuk Tol). dari dua arus jalan menjadi satu arus jalan. Untuk B. bisa untuk mandi juga. terdapat persimpangan dua arah arus jalan dari satu arus jalan.. . namun boleh dicoba dengan membawa perlengkapan mandi. disiapkan area khusus untuk mobil yang bermasalah.Untuk A. kalau terobsesi masuk TV acara Aneh Tapi Nyata. (just joking -red) Tambahan (red) : Arti anak panah diatas. D. ada yang ujungnya panjang dan ujung yang lain pendek. Untuk yang C. di tengahnya kadang disiapkan juga drum berisi air untuk air radiator. perintah dan larangan untuk melengkapi atau menegaskan maksud yang telah disampaikan oleh rambu lalu lintas atau tanda lalu lintas lainnya. biasa di jalan tol.

Dengan YBJ. YBJ adalah marka jalan yang bertujuan mencegah kemacetan di jalur dan berakibat pada matinya arus kendaraan di jalur lain yang tidak macet . Adanya YBJ ini walaupun lampu traffic light sudah hijau pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti ketika ada kendaraan lain di dalam YBJ. (Oh! Maaf. Mereka baru bisa maju jika kendaraan di dalam YBJ sudah keluar. . Marka Lainnya. segitiga. salah gambar…) (Ini yang benar…) E.Khusus untuk jalur Sepeda. Marka Lambang : Bentuknya berupa panah. diharapkan kemacetan di persimpangan tidak terkunci. Gambar diatas disebut Yellow Box Junction (YBJ). atau tulisan dipergunakan untuk mengulangi maksud rambu-rambu lalu lintas atau untuk memberitahu pemakai jalan yang tidak dinyatakan dengan rambu.

Itu sama saja melanggar marka jalan. b tentang rambu-rambu lalu lintas dan berhenti di belakang garis stop. Semoga bermanfaat… Setelah rekan2 membaca posting ini.Bagi pengendara yang tetap memaksa memasukkan kendaraannya ke dalam YBJ.. Jalan MH Thamrin. saya harap rekan-rekan lebih awas lagi dengan kehadiran marka selama perjalanan rekan-rekan dalam berkendara.000. maka Polisi akan menilang. Pidananya adalah kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500. YBJ di lampu merah depan Sarinah. Perhatikan baik-baik… Marka bukan hiasan jalan. Jakarta Pusat Yellow Box Junction Dalam penjelasan UU No. pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a. . 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. padahal masih ada kendaraan lain di dalamnya.

yang memiliki lebar cukup satu kendaraan bermotor sedang berjalan selain sepeda motor. Jalur adalah bagian jalan yang digunakan untuk lalu lintas kendaraan. kota. Rambu Petunjuk adalah rambu yang digunakan untuk menyatakan petunjuk mengenai jurusan. larangan perintah dan petunjuk dapat dinyatakan dengan kata-kata. Rambu Larangan adalah rambu yang digunakan untuk menyatakan perbuatan yang dilarang di lakukan oleh pemakai jalan. Kendaraan bermotor adalah kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik yang berada pada kendaraan itu. Persimpangan adalah pertemuan atau percabangan jalan. Lajur adalah bagian jalur yang memanjang dengan atau tanpa marka jalan. Berhenti adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan untuk sementara dan pengemudi tidak meninggalkan kendaraannya. fasilitas dan lain-lain bagi pemakai jalan. . perintah atau petunjuk bagi pemakai jalan. kalimat dan/atau perpaduan antaranya sebagai peringatan. angka. Rambu Peringatan adalah Rambu yang digunakan untuk menyatakan peringatan bahaya atau tempat berbahaya pada jalan di depan pemakai jalan. Mobil penumpang adalah setiap kendaraan bermotor yang dilengkapi sebanyakbanyaknya 8 (delapan) tempat duduk tidak termasuk tempat duduk pengemudi baik dengan maupun tanpa perlengkapan pengangkutan bagasi. huruf. Papan Tambahan adalah papan/plat yang dipasang dibawah daun rambu yang memberikan penjelasan lebih lanjut dari suatu rambu. meliputi segala bagian jalan termasuk bangunan pelengkapnya yang diperuntukan lalu lintas. Rambu Sementara adalah rambu lalu lintas yang tidak dipasang secara tetap dan digunakan dalam keadaan dalam kegiatan tertentu. Rambu berupa kata-kata adalah rambu lalu lintas yang tidak dapat dinyatakan dengan lambang rambu peringatan. Angkutan adalah pemindahan orang atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan. Kendaraan adalah suatu alat yang dapat bergerak di jalan. larangan. jalan. tempat. baik dengan atau tanpa kereta di samping.PENGERTIAN LALU LINTAS Pengertian lalu lintas adalah gerak/pindah kendaraan manusia dan hewan di jalan dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan alat gerak. Jalan adalah suatu prasarana perhubungan darat dalam bentuk apapun. Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang tidak bersifat semestara Pemakai Jalan adalah pengemudi kendaraan dan/atau pejalan kaki Hak utama adalah hak untuk didahulukan sewaktu menggunakan jalan PENGERTIAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS DAN MARKA JALAN Rambu-Rambu Lantas di jalan adalah satu dari perlengkapan jalan. berupa lambang. Sepeda motor adalah kendaraan bermotor beroda 2 (dua) atau (tiga) tanpa rumahruhan. terdiri dari kendaraan bermotor atau kendaraan tidak bermotor. Rambu Perintah adalah rambu yang digunakan untuk menyatakan perintah yang wajib dilakukan oleh pemakai jalan. pengaturan. situasi. baik sebidang maupun tidak sebidang.

Yang dibatasi dengan garis putus-putus digunakan untuk menyatakan kendaraan tidak boleh memasuki daerah tersebut sampai mendapatkan kepastian selamat. .Pemberitahuan awal/akhir pemisah jalan . 2. segitiga atau tulisan yang dipergunakan untuk mengulangi maksud rambu-rambu lalu lintas atau untuk memberitahu pemakai jalan yang tidak dinyatakan dengan rambu.Marka garis berbiku-biku kuning artinya dilarang Parkir. WARNA. -Marka membujur berupa garis ganda terdiri dari kombinasi fungsi garis utuh dan putusputus. JENIS DAN FUNGSI MARKA JALAN 1. Jenis Marka Jalan sesuai fungsinya a.Paku jalan sebagai pemisah jalur. . peringatan ada marks didepan dan pembatas lajur/jalur jalan.Menyatakan tempat perhentian bus. e. Fungsi Marka seorang: . .Marka Serong Garis utuh yang berarti daerah dimana Marka itu dibuat/dilarang untuk dilintasi kendaraan kecuali kendaraan petugas atau instansi berwenang. bila tidak dilengkapi rambu larangan maka Marka harus didahului dengan Marka lambing segitiga. .Zebra Cross. b.Marka garis utuh kuning pads bingkai jalan artinya dilarang berhenti/garis putus-putus diluar bingkai jalan. Marka Lambang Bentuk Marka lambang berupa : panah. -Marka membujur terputus-putus berfungsi mengarahkan lalu lintas.ARTI MARKA JALAN Suatu tanda yang berada dipermukaan jalan atau diatas jalan yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas yang membatasi daerah kepentingan lalu lintas. Fungsi Marka Lambang : .Marka Membujur -Marka membujur tidak terputus tanda larangan lewat dan tanda tepi jalan. Warna Marka jalan : -Putih -Kuning. d. batas berhenti sewaktu mendahulukan kendaraan lain yang diwajibkan oleh rambu larangan.Menyatakan pemisahan arus lalu limas sebelum mendekati persimpangan yang tanda lambangnya berbentuk panah. Marka lainnya . -Garis ganda terputus. .Marka melintang -Garis utuh tanda batas berhenti kendaraan terhadap rambu larangan. .Yang dibatasi dengan rangka garis utuh berarti daerah tidak boleh dimasuki kendaraan. c.

ada juga marka yang berupa benda atau sebuah bidang seperti pita penggaduh dan pulau lalu lintas. pada jalan dua arah b. berfungsi sebagai : 1. Marka menbujur dibagi menjadi 3 bagian. Marka membujur berupa garis utuh. Peringatan ada garis marka utuh 3. Marka Membujur Marka membujur adalah tanda yang sejajar dengan sumbu jalan.Marka Jalan Suatu tanda yang berada dipermukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur . garis serong serta lambang lainnya yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas. berfungsi sebagai : Pembatas . Marka jalan dibagi menjadi lima bagian diantaranya : 1. Mengarahkan arus lalu lintas 2.putus.Selain marka jalan yang berupa garis. garis melintang . Marka membujur berupa garis putus . diantaranya : a.

berfungsi sebagai : 1. Dibagi menjadi 2 diantaranya : a. Marka membujur berupa garis utuh dan garis utuh. Lalu lintas yang berada pada garis putus .putus dapat melewati garis ganda tersebut 2. Batas berhenti kendaraan yang diwajibkan oleh : o Alat pemberi isyarat lalu lintas . Marka Melintang Marka melintang adalah tanda yang tegak lurus dengan sumbu jalan. berfungsi sebagai : 1. Marka melintang berupa garis utuh. Lalu lintas yang berada pada garis utuh dilarang melewati garis ganda tersebut 2. kendaraan untuk melawati garis tersebut Larangan bagi 2. tepi jalur jalan Menandakan c.1.

o Rambu larangan IIA/1a o Rambu larangan IIA/1c o Rambu larangan IIA/1e o Rambu larangan IIA/1f .

Apabila tidak dilengkapi rambu larangan. maka harus didahului marka lambang yang berupa segitiga 2. Marka melintang berupa garis ganda putus . berfungsi sebagai : o o Batas berhenti kendaraan sewaktu mendahulukan kendaraan lain yang diwajibkan oleh Rambu Larangan Tabel IIA / No. Marka Serong Marka serong adalah tanda yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk pengertian marka melintang dan membujur . untuk menyatakan suatu daerah permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas. Marka serong menyatakan : .putus. 1 b 3.

Marka untuk penyebrang pejalan kaki. dimasuki kendaraan Daerah yang tidak boleh 2. Marka Lainnya 1. 5.1. perintah dan larangan untuk melengkapi atau menegaskan maksud yang telah disampaikan oleh rambu atau tanda lalu lintas lainnya. Marka Lambang Pemberitahuan awal bahwa Marka lambang adalah tanda yang mengandung arti tertentu untuk menyatakan peringatan . dinyatakan oleh : . sudah mendekati pulau lalu lintas 4.

sehingga bila mobil yang melaluinya akan diingatkan oleh getaran dan suara yang ditimbulkan bila dilalui oleh ban kendaraan .biku pada sisi jalur lalu lintas o Garis utuh berwarna kuning pada tepi jalan 6. Pita Penggaduh Pita Penggaduh adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk membuat pengemudi lebih meningkatkan kewaspadaan menjelang suatu bahaya. Pita penggaduh berupa bagian jalan yang sengaja dibuat tidak rata dengan menempatkan pita-pita setebal 10 sampai 40 mm melintang jalan pada jarak yang berdekatan. Pita penggaduh biasanya . Marka untuk menyatakan larangan parkir pada suatu sisi.o Zebra cross Dua buah marka utuh 2. dinyatakan oleh : o o Garis berbiku .

menjelang pintu tol atau tempat-tempat yang berbahaya bila berjalan terlalu cepat. median jalan. Pulau Lalu Lintas Pulau lalu lintas adalah bagian jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan. marka chevron di persimpangan. pulau pemisah jalan pada tempat penyeberangan pejalan kaki / pelican crossing . . Pulau lalu lintas berfungsi untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas pada ruas jalan ataupun di persimpangan jalan melalui pemisahan arus.ditempatkan menjelang perlintasan sebidang . menjelang sekolah . Termasuk dalam pengertian pulau adalah:      kanalisasi arus pada persimpangan untuk memisahkan arus lalu lintas dalam rangka pengendalian konflik yang terjadi di persimpangan. dapat berupa marka jalan atau bagian jalan yang ditinggikan. 7. bundaran lalu lintas.