1. Apa yang dimaksud dengan Teknologi ?

Berbicara tentang teknologi banyak sekali orang-orang yang mengungkapkan apa definisi teknologi ada yang mengatakan teknologi itu seperti : Handphone , Notebook , TV , Alat-alat Elektronik , Mesin-mesin Industri yang canggih , dan yang terbaru adalah Tablet PC.Itu tidak menjadi masalah karena bagian Teknologi yang kita kenal adalah Alat-alat Elektronik yang canggih tetapi di ambil dari definisi para ahli teknologi yaitu :  Menurut Toynbee:

Teknologi merupakan salah satu ciri khusus kemuliaan manusia bahwa dirinya tidak hidup dengan makanan dan minuman semata teknologi merupakan cahaya yang menerangi sebagian sisi non material kehidupan manusia dan juga merupakan syarat yang memungkinkan konstituen-konstituen non material seperti perasaan dan pikiran , institusi, ide dan idealnya agar saling berhubungan teknologi merupakan manifestasi langsung dari bukti kecerdasan manusia.  Menurut Mardikanto :

Teknologi adalah suatu perilaku produk informasi dan praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.  Menurut Soeharjo dan Patong :

Teknologi diuraikan menjadi tiga makna yaitu : cara lebih baik, pemakai peralatan baru dan penambahan input pada usaha , dan syarat-syaratnya harus meliputi : a. Teknologi baru hendaknya lebih unggul dari sebelumnya , b. mudah dan efisien untuk digunakan , dan c. tidak memberikan resiko yang besar jika digunakan & diterapkan.  Menurut Gorokhov :

Teknologi didefinisikan sebagai studi mengenai hubungan antara umat manusia dan dunia yang dimanifestasikan dalam pandangan teknologis dunia, studi mengenai fenomena teknologis sebagai keseluruhan, menempatkan teknologi dalam perkembangan masyarakat sebagai keseluruhan (dan bukan hanya perkembangan teknologi yang terisolasi), dan dalam dimensi historis, antara restrospektif dan prospektif.  Menurut Prayitno dalam Ilyas :

Teknologi adalah seluruh perangkat ide, metode, teknik benda-benda material yang digunakan dalam waktu dan tempat tertentu dan juga untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Jadi kita dapat menyimpulkan dari pendapat para ahli bahwa Teknologi adalah kemampuan dan upaya manusia untuk menciptakan atau menghasilkan suatu alat atau konsep pemikiran baru supaya kehidupan manusia itu menjadi lebih mudah.

Lalu senjata salah satu alat untuk mempertahankan diri ini sekarang sangat menunjukan kemajuan yang sangat luar biasa dari sekedar pedang . c. kalau dikatakan manusia bisa hidup tanpa teknologi tidak mungkin karena teknologi itu sendiri konsep dasar pemikiran manusia hal itu tidak mungkin tidak ada. sementara zaman purba dulu jangankan untuk komunikasi jarak jauh komunikasi jarak dekatpun manusia pada saat itu cukup sulit karena penggunaan bahasa yang belum kompleks dan belum menggenal tulisan yang baku . walaupun zaman dulu uang belum dibuat tetapi manusia pada zaman itu memiliki system barter sebagai sarana untuk menukar barang. d. Diambil dari contoh Film Cast Away seorang laki-laki yang terdampar selama 4tahun dipulau tak berpenghuni tetapi dengan berjalannya waktu dia terbisa untuk hidup disana menggunakan konsep pemikirannya untuk membuat alat agar dia tetap bisa bertahan hidup walaupun tanpa alat-alat canggih sekalipun . bom . bahkan nuklir yang di kendalikan oleh satelit . Apakah Kita dapat hidup tanpa Teknologi ? Teknologi itu sendiri adalah konsep dan pemikiran manusia akibat adaptasi dengan lingkungan sekitarnya yang pasti pemikiran itu muncul dari dalam diri manusia jadi tidak mungkin manusia bisa hidup tanpa teknologi karena teknologi itu sendiri ada didalam pemikiran manusia Contoh : a. b. tetapi zaman purba kala dahula tanpa lampu manusiapun bisa hidup karena pada saat itu manusia menggunakan api sebagai alat penerangan. Dari contoh-contoh diatas dapat disimpulkan bahwa manusia dizaman apapun dan dalam keadaan apapun pasti membutuhkan yang namanya teknologi karena teknologi bukan seberapa hebat dan canggihnya alat yang diciptakan tetapi teknologi itu merupakan konsep dan pemikiran manusia untuk menciptakan alat ataupun ide yang dihasilkan karena keadaan lingkungan . lalu terus berkembang menjadi pistol . tombak . walaupun tanpa alat yang canggih tetap saja manusia pada zaman dulu bisa mempertahankan dirinya hanya menggunakan batu tajam yang diikat pada kayu. . alat ini sangat memudahkan sekali untuk aktivitas manusia walau jarak sejauh apapun manusia satu dengan yang lain tetap bisa berkomunikasi dengan bantuan alat ini .2. Kita pasti akrab dengan apa yang dinamakan Lampu karena menjadi barang penerangan yang sangat penting dalam kehidupan manusia . Kemudian berkomunikasi pada zaman sekarang tidak mungkin manusia yang tidak mengenal Handphone rata-rata pasti mengenal . jadi kesimpulannya teknologi ada disetiap pemikiran manusia dan tidak mungkin manusia bisa hidup tanpa teknologi. Lalu alat tukar sudah pasti manusia zaman sekarang menggunakan alat tukar yaitu uang sebagai alat untuk menggantikan nilai suatu barang . tetapi tetap saja manusia dapat berkomunikasi dengan baik mereka menggunakan gerak tubuh dan isyarat untuk berkomunikasi.

dan alat telekomunikasi. penerangan . Teknologi itu ada seiring dengan adanya manusia karena teknologi itu pemikiran dari manusia. . Contoh Penemuan Teknologi :  Api : Sejak zaman dahulu manusia menemukan api . alat elektronik .3. isyarat . dan memudahkan alat lain bergerak. dan mengeringkan.  Roda : Benda yang satu ini sudah ditemukan sejak 2000 tahun yang lalu sebelum masehi manfaat yang dihasilkan sampai sekarang sangatlah banyak untuk kendaraan . mesin mesin .  Bubuk Mesiu : bahan peledak yang terbuat dari campuran belerang. dan membunuh. dan kalium nitrat.  Senjata : Sudah sejak zaman dahulu manusia menemukan senjata untuk pertahanan dirinya .  Listrik : Sumber energy ini merupakan penemuan dari konsep teknologi yang sangat penting sekali manfaatnya ini merupakan cikal bakal penemuan teknologi seperti mesin-mesin . yang membakar sangat cepat ini salah satu penemuan manusia yang penting gunanya sebagai bahan pendorong pada senjata . arang. berburu .  Bahasa : Walaupun zaman dahulu manusia belum memakai bahasa kompleks untuk komunikasi tetapi manusia menggunakan gerak tubuh . dan teriakan untuk berkomunikasi dan akhirnya terbentuk bahasa yang kompleks. api ini digunakan manusia untuk memasak . Sejak kapan manusia menggunakan teknologi ? Kalau sejak kapan manusia menggunakan teknologi pasti manusia menggunakan teknologi sejak berabad abad yang lalu .

org/wiki/Teknologi http://books.yahoo.Sumber Referensi : http://books.answers.co.co.id/books?id=zZJKn_CCEcC&pg=PR3&dq=paul+wright+pengantar+engineering&hl=id&ei=RZRTrSoJYTOrQeflcy1CQ&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CCsQ6AEwAA#v=onepage &q=paul%20wright%20pengantar%20engineering&f=false http://id.google.google.id/books?id=90ZKtA_11KAC&pg=PA25&lpg=PA25&dq=carl+mitcham+teknol ogi&source=bl&ots=fK_6VpQOHe&sig=IYp2VWKeHZfoEdmGvIu7Z419i8g&hl=id&ei=90t_TvmEAo3Nr QfNxbDeDw&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=2&ved=0CBsQ6AEwAQ#v=onepage&q=carl %20mitcham%20teknologi&f=false http://id.._ylt=An9MNLSEmqnN03Xb_swAI1OgRAx.wikipedia._ylv=3?qid= 20110924051357AADvBz1 .com/question/index.

f¾f¾ f°–f ff°–  f¯½f¾ f¯ff° ½ff ½ °–° f½ °–f° ©ff°°ff f  ¾f° ½ ¾f°f¯ °––°ff°°¾ ½ ½ ¯f°°f°¯ ¯ ffff–f f f½ ¾f ff° ½ff½°f°½fff ff nf°––¾ f½° ©f  ¾¯½f°°f °–f f ¾ f½½ ¯f°¯f°¾f f° f¯°–° ¯f°¾f ¾f ½f°½f °–      .

   ©ff½f°¯f°¾f¯ °––°ff° °–" ff¾ ©ff½f°¯f°¾f¯ °––°ff° °–½f¾¯f°¾f¯ °––°ff° °–¾ ©f f f f f f°–f @ °–f f¾ °– °–f°f f°f¯f°¾ff °f °– ½ ¯f° f¯f°¾f  .

¾  ff°½  ff°–  f fnf¯½f°  f°–  ff°–  f°f¯°f f°–¯ ¯ ff¾f°–fn ½f°¾ff¾f ½ ° ¯f°¯f°¾ff°–½ °°––°f°f¾ f–f ff°½ ° °– ½f f¾ °©ff    O ¾ ¯  ° –°¯ ½ff°½ ° ¯f° f°¾ ½ °–f°– ¾f°–f½ °°–¾ f¯f°€ff°f°¯ ½ff°nf ff½ ° ¯f°  °–¾ ½ ¯ ¾° ¯ ¾° ff  °  f°ff  ¯°f¾        .°9 ° ¯f°@ °–  O ½  ©ff¯f° f¯f°¾f¯ ° ¯f°f½ f½° –°ff° ¯f°¾f°¯ ¯f¾f ½ ° f°–f°  f°¯ °– °–f°    O  °©ff  f¾ ©ff¯f° f¯f°¾f¯ ° ¯f°¾ °©ff °½ ff°f° °f     f°¯ ¯ °    O ff¾f Jff½°f¯f° f¯f°¾f ¯¯ ¯ff ff¾f ¯½ ¾°¯°f¾ f½¯f°¾f¯ °––°ff°– f   ¾ff  f° ff°° ¯°f¾ f°f°f  ° ff¾f f°–¯½ ¾    O  f  ° ff°–¾f°¾ f  ¯f°¾ ©ff°f°–f ¾ ¯¯f¾ ¯f°€fff°– f¾f°¾f¯½f¾ ff°–¾f°–ff f°f° ° fff° ¯ ¾°¯ ¾°  f°¯ ¯ ff°fff° – f    O  .

¯  €  °¾  ½ $$ ¾ –– n  $ ¾" °%.

.

n.

½– 9  ½f+–+½ °–f°f+ °–° °–     @@. €n.

. ¾f O  % ¾ n  ¾  ¾°¯   .

.

 ° ½f–  ½f – ½ °–f°f  °–° °– € €f¾  ½ $$ ½ f –$$@ °– ½ $$ ¾ –– n  $ ¾" %.¾.

€-   ¾f O  % ¾ n  ¾  ¾°¯   . ½– 9 ½– 9  nf+¯nf¯+ ° – ¾n  ¾ €%I½. ¾– ½IJ € ¯–    %@¯- .

.-¯°-O %¾– % "    . ¾. ° ½f–  nf ¯nf¯  °– € €f¾  ½ $$ f°¾ ¾ f n¯$ ¾°$°  % °.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful