AKTIVITAS LUAR KELAS

AKTIVITAS PENJELAJAHAN A. Bentuk-Bentuk Penjelajahan Penjelajahan adalah suatu perjalanan kaki yang diikuti dengan permainan atau petualangan. Bila perjalanan itu menempuh jarak yang lebih jauh lagi, mungkin ditambah dengan alat transportasi lain, seperti sepeda, perahu dan lain-lain. Bentuk-bentuk penjelajahan adalah sebagai berikut: a. Penjelajahan Masyarakat Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan perjalanan kaki sambil mengenal masyarakat di sepanjang perjalanan jarak perjalanan yang ditempuh 6 – 8 km untuk siswa usia 16 – 20 tahun, dalam bentuk regu-regu kecil. b. Pengembaraan Untuk usia 14 – 16 tahun dapat melakukan perjalanan pengebaraan menurut arah yang ditentukan sepanjang 10 km dari tempat memulai perjalanan. Perjalanan dilakukan sendiri atau berdua. Lama perjalanan 24 jam, termasuk menginap dalam tenda atau gubuk yang didirikan sendiri. Untuk usia 17 – 20 tahun dapat melakukan penjelajahan pengembaraan yang ditempuh sehari semalam (36 jam) sejauh 15 km. perjalanan dilakukan sendiri atau berdua, dengan berjalan kaki atau perahu layar, atau perahu yang

yaitu suatu latihan yang sengaja dibuat berat. diwajibkan menempuh survival hike. percaya diri. 2. terutama bagi prajurit anggota pasukan khusus/komando. kemampuan mental dan fisik. disiplin. ke pulau dan sebagainya. ke hutan. sanggup menderita. Tahap Persiapan Pendaftaran ulang Bertujuan untuk meneliti kembali kesiapan peserta dan pembagian kelompok serta pembinanya. dan melewati medan yang sukar dan berat.dikayuhkan sendiri atau dengan naik kuda atau bersepeda ke luar kota. . 1. ke desa lain. Cara Melakukan Penjelajahan a. B. Penjelajahan Mempertahankan Hidup Kegiatan ini dalam bahasa inggris disebut “survival hike”. bertujuan untuk memiliki daya tahan. c. kerja keras serta jasmani dan rohani ‘baja’. informasi tentang lokasi yang dilalui dan informasi tentang lokasi yang dituju. tata tertib dan tata cara pelaksanaan. berjalan kaki sejauh 150 km atau lebih dengan eban ransel dan senjata panjang. Dalam angkatan bersenjata. tanpa membawa bekal makanan dan air minum. Pembekalan Dilakukan untuk memberi pengarahan kepada peserta tentang maksud dan tujuan kegiatan.

8. dari lokasi (Pos I) menuju Pos II sampai pos terakhir. b. Tahap Penjelajahan Kegiatan penjelajaha merupakan akhir dari kegiatan menuju tempat yang dituju kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki secara berkelompok. Peserta Penjelajahan terdiri atas beberapa orang sesuai dengan jumlah peserta. Namun bila jaraknya Sebelum berjauhan dapat menggunakan peserta. Sarasehan Dalam kegiatan ini didiskusikan informasi yang baru mereka terima. 1. hendaknya didahului dengan upacara guna disiplin bagi . e. alat-alat tulis perlengkapat kendaraan. pemberangkatan.3. Kegiatan ini bermanfaat dalam membina siswa untuk mengemukakan pendapat dan sikap. 1. 2. Tahap Pemberangkatan Apabila jarak lokasi pemberangkatan dekat dengan sekolah. d. tiap regu terdiri atas beberapa siswa ditambah satu orang guru pembina. c. pemberangkatan peserta dapat dilaksanakan dengan berjalan kaki. 2. Perlengkapan Penjelajahan tongkat kayu/bambu tali pramuka P3K 7.

Pertumbuhan jasmani dan kecerdasan seseorang dipengaruhi beberapa factor atau keadaan. sarung tangan pluit topi sepatu karet 9. Perkembangan ini terus berjalan sampai dewasa (25 tahun). 11. Perkembangan Jasmani Sejak lahir. 4. jasmani seseorang terus berkembang. 6. 10. air minun jas hujan senter POLA HIDUP SEHAT A. sebagai berikut. Faktor Keturunan (genetika) .3. 5. 1.

Memperbaiki otot-otot usus sehingga pergerakan peristaltic usus teratur dan baik. Faktor Pembawaan Faktor Luar a. Gerak badan yang tepat untuk seseorang dan teratur sangat berguna untuk kesegaran jasmani dan kesehatan tubuh. Akibat-akibat sebagai berikut: a. Gerak Badan “Men Sana in Copore Sana” artinya “pikiran yang sehat terdapat dalam badan yang sehat”. (peredaran darah). c. Otot-otot tubuh baik dan serasi berolahraga terhadap tubuh adalah serta ada kelenturan yang baik. Keadaan gizi Gangguan kesehatan Rangsangan B. Memperbaiki sirkulasi darah . Pertumbuhan dan perkembangan bagian-bagian badan harmonis.2. b. c. b. d. Salah satu cara untuk menunjang tercapainya pepatah tersebut adalah dengan berolahraga. Pemanfaatan Waktu Luang untuk Kesehatan 1. serta menghilangkan sembelit. 3.

sehingga nafsu makan baik dan pengeluaran kotoran sempurna. fungsinya dengan baik. atau Banyak recreation macam berarti olahraga kesukaan yang atau dijadikan rekreasi. Istirahat Istirahat tidak hanya mengurangi aktivitas otot. tetapi juga meringankan ketegangan pikiran dan menenteramkan rohani. Rekreasi Rekreasi kesenangan. • • Guna istirahat Melepaskan lelah. f. 3. a.e. Memberi kesempatan pada tubuh untu membentuk kekuatan baru. sehingga dapat mengerjakan pekerjaan (tugas) sehari-hari dengan tenaga baru dan pikiran yang jernih. Pernapasan dalam dan cepat sehingga paru-paru jadi sehat dan dapat melakukan Pembakaran hidrat arang dan lemak dengan baik. sebab waktu istirahat . 2. memancing dan sebagainya. misalnya berburu. Hubungan rekreasi dengan kesehatan pribadi ialah akan didapatkan kesegaran hasmani maupun kesehatan mental kembali. Sebagai variasi serta tekreasi yang akibatnya secara tidak langsung tercermin dari air muka yang cerah dan banyak senyum. g.

• Sore hari. sakit otot dan gangguan kerja kelenjar-kelenjar tubuh. • Malam hari. Waktu dan lamanya istirahat • Di antara jam kerja atau belajar. sukar uang air besar. Menambah kesegaran dan kekuatan. badan lemah. Tidur Tidur sebaiknya dilakukan pada malam hari selama 6 jam. Tidur adalah cara paling baik untuk mendapatkan istirahat.sel-sel dalam tubuh mengisap zat-zat makanan yang ada dalam darah untuk membina kekuatan kembali. C. sesudah makan 60 menit. pucat. Pola Hidup Sehat . malas dan lain-lain. Gejala-gejala umum dari kurang tidur antara lain kelopak mata sayu. Bila kurang tidur. Memperpanjang umur sel-sel tubuh. (pagi hari. ± jam 10. muka muram. kurang kegairahan bekerja. 4. • • b. Akibat kurang istirahat adalah kelelahan. kesehatan tubuh kita dapat terganggu. gampang terkena penyakit. sebelum tidur 60 menit.00 waktu istirahat 10 – 15 menit) • Siang hari waktu istirahat 15 – 20 menit sebelum makan siang dan sesudah makan 30 – 60 menit. sebelum makan 60 menit. sukar tidur.

5. 6. 7. Cara hidup yang teratur. Memelihara kebersihan. 2. Makanan yang sehat. 3.Usaha kesehatan pribadi adalah upaya setiap orang untuk memelihara dan mempertinggi derajat kesehatannya sendiri. Menghindari terjadinya penyakit Meningkatkan taraf kecerdasan dan rohaniah. Pemeriksaan kesehatan secara periodik. daya tahan tubuh dan kesemaptaan . 4. 1. 8. Meningkatkan jasmani. Melengkapi rumah dengan fasilitas-fasilitas yang menjamin hidup sehat. Usaha-usaha tersebut antara lain sebagai berikut.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.