Scribd Upload a Document Search Documents Explore

Nor Kamariah LP'ers

/ 15 Download this Document for Free BAB IP E AHULUAN1.1 Latar Belakang Hidrogen berasal dari bahasa latin hydrogenium, adalah unsur kimia padatable priodik yang memiliki simbol H dengan nomor atom 1. Pada suhu dantekanan standar, hidrogen tidak berwarna, tidak berbau, bersifat non-logam, bervalensi tunggal, dan merupakan gas diatomic yang sangat mudah terbakar.Dalam keadaan normal, hidrogen berada dalam keadaan gas diatomic (H 2 ). Namun, gas hidrogen sangat langka di atmosfer bumi karena beratnya yang ringansehingga menyebabkan gas hidrogen lepas dari gravitasi bumi. Walaupundemikian, hidrogen masih merupakan unsur paling melimpah di permukaan bumi. B aterai yang berbahan bakar hidrogen (Hydrogen Fuel C ell) adalahteknologi baru yang sedang dikembangkan, dimana tenaga listrik dalam jumlah besar dapat dihasilkan dari gas hidrogen. Pabrik-pabrik baru dapat dibangun dekatdengan laut untuk melakukan proses elektrolisis air laut guna memproduksihidrogen. Gas yang bebas polusi ini lantas dapat dialirkan melalui pipa-pipa dandisalurkan ke daerah-daerah pemukiman dan kota-kota besar. Gas hidrogen jugadihasilkan oleh beberapa jenis bakteri dan ganggang.Hidrogen dapat dibuat dalam laboratorium melalui proses elektrolisis air atau dengan mereaksikan oksida-oksida alkali dengan logam Al. 1.2 M aksud dan T ujuan Percobaan1.2.1 M aksud Percobaan U ntuk mengetahui dan mempelajari pembentukan gas hidrogen.

1997). Partikel-partikel ini senantiasa bergerak dan karenanyamemiliki energi kinetik. Dinamakan hidrogen olehLavoisier. Gas yang terbentuk kemudianditampung dengan menggunakan balon. kemudian ditambahkan serbuk logam Al. 1.keadaan gas inilah yang paling mudah dipahami ( B ird. hidrogen adalah unsur yang terbanyak dari semua unsur di alamsemesta. Elemen-elemen yang berat pada awalnya dibentuk dari atom-atomhidrogen atau dari elemen-elemen yang mulanya terbuat dari atom-atom hidrogen( M . cairandan padatan hanya sedikit sekali dapat ditekan atau dikembangkan ( S ukardjo.2 T ujuan Percobaan U ntuk mengetahui dan mengidentifikasi pembentukan gas hidrogen. BAB II T INJAUAN PUS T AKA S etiap zat terdiri dari partikel-partikel yang sangat kecil (atom.3 Prinsip Percobaan Gas hidrogen disintesis dengan cara melarutkan pellet NaOH denganakuades. Gasmudah sekali ditekan dan dikembangkan.Gas terdiri atas molekul-molekul yang bergerak menurut jalan-jalan yanglurus ke segala arah. cair. dengan kecepatan sangat tinggi. M olekul-molekul gas iniselalu bertumbukan dengan molekul-molekul yang lain atau dengan dinding bejana.1984). Kecepatan gerak partikel-partikel ini bergantung padasuhu dan keadaan fisik zat (gas. B erdasarkan keadaan tersebut.1. B erlainan dengan gas. Tumbukan terhadap dinding bejana ini menyebabkan adanya tekanan( S ukardjo.Hidrogen telah digunakan bertahun-tahun sebelum akhirnya dinyatakansebagai unsur yang unik oleh C avendish di tahun 1776. molekul.Gas sangat sensitif terhadap perubahan temperatur dan tekanan.ion dan sebagainya).2. dapat mengisi semua bagian bejanayang ditempati. berapapun besarnya bejana tersebut. 1993). padat).

dan sulfurisasi hidrogen. S ebagai bahan bakar roket.3. 2009):1. Atom-atom hidrogen jugadapat ditemukan pada tumbuhan. sepedamotor dan lain-lain. Proses fusi atom-atom hidrogen menjadi helium di mataharimenghasilkan jumlah energi yang sangat besar ( M ohsin. seperti mobil. akan berbenturan dengan unsur lain dan terkeluarkan dari lapisanatmosfer.5. hidrogen banyak ditemukan sebagai senyawa (air) di manaatom-atomnya bertaut dengan atom-atom oksigen. M emproduksi asam hidroklorida. balon pertama yang diisikan dengan hidrogendiciptakan oleh Jacques C harles pada tahun 1783.Kegunaan hidrogen ataupun H 2 antara lain (Admin. 6. . S ebagai gas pengisi balon.2. kita sangat jarang menemukannyadi atmosfer bumi.7. Di bumi. arang dan lain-lain. M ereduksi biji-biji besi.ohsin. S ebagai unsur yang independen. petroleum. katalis hydrocracking. U nsur iniditemukan di bintang-bintang dan memainkan peranan yang penting dalammemberikan sumber energi jgat raya melalui reaksi proton-proton dan sikluskarbon-nitrogen. 2004). 2004).Walaupun hidrogen adalah benda gas. hidrogen merupakan elemen yang sangat mudahterbakar dan sudah lama digunakan sebagai bahan bakar roket. Gas hidrogen yang sangat ringan. konsentrasinya di atmosfer sangat kecil ( M ohsin. Hidrogen diperkirakan membentuk komposisi lebih dari 90% atom-atomdi alam semesta (sama dengan tiga perempat massa alam semesta). 2004).4. jika terkombinasi denganunsur lain. Digunakan dalam jumlah yang banyak dalam produksi metanol didealkilasihidrogen (hydrodealkylation). Hidrogen memberikantenaga dorong untuk perjalanan udara yang aman dan pada tahun 1852 HenriGiffard menciptakan kapal udara yang diangkat oleh hidrogen. meskipun bisa juga digunakan sebagai bahan bakar kendaraan lainnya. U ntuk mengikat nitrogen dengan unsur yang lain dalam proses Haber (memproduksi amonia) dan untuk proses hidrogenasi lemak dan minyak.

1989). Entalpi pembakaran hidrogen adalah -286 kJ / mol.S ebagai bahan hidrogenasi.Hidrogen molekular berupa gas tidak berwarna. Paling mudah dibuat melalui reaksiencer dengan logam seperti Zn atau Fe. Sintesis Gas Hidrogen Download this Document for FreePrintMobileCollectionsReport Document Info and Rating Follow rasmianti . Digunakan sebagai pendingin motor pada generator pembangkit listrik karenaia mempunyai konduktivitas termal yang paling tinggi di antara semua jenisgas.Hidrogen terbakar menurut persamaan kimia:2 H 2 (g) + O 2 2 O(l) + 572 kJ (286 kJ / mol)Ketika dicampur dengan oksigen dalam berbagai perbandingan. dan dalam produksi metanol.Gas hidrogen sangat mudah terbakar dan akan terbakar pada konsentrasiserendah 4% H 2 di udara bebas.28 o C ) sebenarnya tidak larut dalam air. hidrogen meledak seketika disulut dengan api dan akan meledak sendiri pada temperatur 560 ° C . S ecaraindustri hidrogen diperoleh dari reaksi bolak-balik antara uap air dengan metanaatau minyak bumi ringan melalui katalis nikel ( C otton dan Wilkinson. Oleh karena itu.9.Lidah api hasil pembakaran hidrogen-oksigen murni memancarkan gelombangultraviolet dan hampir tidak terlihat dengan mata telanjang. terutama dalam peningkatan kejenuhan dalamlemak tak jenuh dan minyak nabati (ditemukan di margarin). U ntuk memproses bahan bakar fosil dan dalam pembuatan amonia.8. dan melalui elektrolisis air. tidak berbau (titik beku20.

2. p. p. p. . p.Share & Embed Related Documents PreviousNext 1.

. p.p. p. p. 3.

5. 4. p.p. p. . p. p.

p. p. p. 6. p. .

15 p. p. p. More from this user PreviousNext 1. . 7.p.

8 p.com/scribd facebook.com/scribd twitter.com/scribd About . Add a Comment Upload a Document Search Documents      Follow Us! scribd.7 p.

            Press Blog Partners Scribd 101 Web Stuff Support FAQ Developers / API Jobs Terms Copyright Privacy Copyright © 2011 Scribd Inc. Language: English .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful