WAJAH PUTIH BERSIH BERSERI MEMBERSIHKAN NODA DAN JERAWAT

Oleh : Suwondo (CoolDesign) Saya sebenarnya pendatang baru, New Bie, dalam dunia Linux dan Open Source. Sehari-hari sering bergelut dalam dunia desain dan fotografi digital. Akhir-akhir ini saya mencoba migrasi ke Linux beserta tooltoolnya untuk desain dan fotografi. Dari pengalaman yang saya peroleh beberapa waktu ini, saya merasakan bahwa beberapa tools di Linux sudah cukup mumpuni sebagai alternatif bagi tool desain yang ada. Misalnya, The Gimp, sudah memadai sebagai peralatan desain sederhana untuk menggantikan Adobe Photoshop. Maka dari itu saya ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman editing fotografi digital dengan menggunakan The Gimp. Sebagai awal perkenalan, tulisan mengenai retouching menggunakan The Gimp ini dapat menjadi bahan berbagi. 1. Membuka Foto Wajah Untuk langkah pertama yang harus anda lakukan adalah : membuka file foto wajah yang ingin anda buat menjadi lebih putih bersih berseri, tanpa noda dan jerawat. Bukalah foto dengan cara meng klik menu : File >> Open... Setelah foto wajah terbuka, lakukanlah Zoom, agar mudah terlihat noda-noda dan jerawat yang hendak dihilangkan. Setelah selesai, foto siap diproses lebih lanjut.

Gambar 1. Membuka File Foto Wajah

karena beberapa setting dari brush yang digunakan memang sangat dinamis. baik yang bersifat noda ringan (jerawat dan flek) maupun noda yang agak berat (kantong mata). dapat melakukan update untuk dapat menikmati fasilitas Healing Tool ini. Persiapkan Peralatan Healing Tool Untuk membersihkan wajah dari noda. bahkan bila perlu. Karena untuk memperbaiki noda jerawat yang kecil dan noda kantong mata yang cukup besar. terutama dalam hal ukuran brush. Perhatikan daerah-daerah yang perlu diperbaiki . Gambar 2. dapat segera kita lakukan dengan mengubah parameter pada jendela Brush Editor. Trik yang disarankan oleh penulis adalah dengan membuat Brush Baru. Sewaktu-waktu hendak mengatur setting dari Brush yang kita gunakan.3. bisa mengatur setingnya setiap saat dibutuhkan. Sebelum menggunakan fasilitas Healing Tool ini. dan membiarkan jendela Brush Editor Tetap Terbuka. Tetapi akan lebih optimal apabila Healing Tool ini dikolaborasikan dengan Clone Stamp Tool. perlu diperhatikan bahwa anda harus menyesuaikan kuas (brush) yang akan digunakan.2. Bagi anda yang masih menggunakan The Gimp Versi dibawahnya. dibutuhkan ukuran brush yang jauh berbeda. Hal ini perlu dilakukan. dapat dipergunakan peralatan Healing Tool. Healing Tool ini mulai tersedia pada The Gimp Versi 2.

Sehingga diperoleh hasil akhir. kita akan membersihkan noda-noda ringan berupa : bintik. potret wajah yang cukup bersih dan alami. kita harus menyesuaikan brush yang akan kita gunakan. tidak terlalu melebar ke lingkungan yang lain. . Agar brushing tampak halus. tanpa noda. Kemudian lakukan klik berulang kali pada noda dan sekitarnya.3. Berikan radius yang cukup kecil. pada daerah yang akan kita gunakan sebagai contoh/sampel bagi proses perbaikan (bagian kulit yang memiliki nuansa warna senada. noda dan jerawat. sehingga brush hanya cukup untuk mencakup noda-noda itu saja. Sebelum menggunakan tool ini. kita harus melakukan penekanan tombol : Ctrl+Click. sehingga kulit menjadi tampak lebih halus dan mulus. Membersihkan Noda Ringan Sebagai awalan proses pembersihan potret wajah kali ini. Gambar 3. gunakan tekanan sekitar 45%70%. Parameter yang paling penting untuk diperhatikan adalah : radius dan tekanan. tetapi kondisinya lebih halus. tanpa noda). Hasil Foto Wajah Setelah Pembersihan Noda Ringan Perhatikan flek dan jerawat sekarang sudah bersih. Untuk itu.

Dengan kombinasi peralatan yang cukup baik. Kemudian untuk menghaluskan daerah tersebut. Membersihkan Noda Berat Setelah kita mencoba membersihkan noda ringan dan jerawat. Ingat. pergunakan terlebih dahulu Clone Stamp Tool dengan tekanan (pressure) yang cukup rendah (dibawah 60%). dan berada di sekitar daerah perbatasan nuansa warna yang cukup kontras. apabila daerah yang dibersihkan cukup lebar. Healing Tool tidak dapat bekerja sempurna. tingkat kekontrasan dapat dihilangkan. . untuk daerah-daerah yang memiliki kekontrasan cukup tinggi. yaitu adanya kantong mata yang menganggu kesan wajah yang segar. untuk noda yang cukup besar. Dengan melakukan proses cloning berulang-ulang. secara tepat. hanya saja perlu dipertimbangkan parameter brush yang sesuai.4. sangat perlu dipertimbangkan untuk mengkombinasikan penggunaan antara Healing Tool dan Clone Tool. dengan tingkat kekontrasan yang cukup tinggi. Saran dari penulis. Sehingga dengan menggunakan Clone Stamp Tool. tibalah saatnya untuk mencoba membersihkan noda yang lebih berat. Hasil Foto Wajah Setelah Pembersihan Noda Berat. sehingga penghalusan akhir dengan Healing Tool akan dapat bekerja lebih sempurna. Perhatikan kantong mata sekarang sudah bersih. Caranya sama. akan menghasilkan potret wajah yang bersih dari noda. baik ukuran maupun penekanannya. Gambar 4. maka akan didapatkan daerah yang cukup merata. bisa dipergunakan Healing Tool.

sehingga cukup transparan. ubah blending mode nya dari normal menjadi screen (layar). dengan tingkat kekontrasan yang lebih baik. fase Membersihkan Noda dan Jerawat. Kurangi Opacitynya. yang rencananya akan dibahas pada artikel-artikel selanjutnya. Lembut Bercahaya ● Mewarnai Rambut dan Meningkatkan Kesan Kualitas Pakaian . Pada Copy an pertama. Hasil Akhir Sementara Tahap Awal. yang kita butuhkan hanyalah permainan layer. ubah blend mode dari normal menjadi Overlay. Pengalaman penulis. kemudian kurangi nilai opacity nya sedikit saja. nilai antara 65%-85% sudah mencukupi. Menjadikan Wajah Tampak Lebih Cerah Sekarang kita mencoba untuk memperoleh wajah yang tampak lebih cerah. memberikan hasil yang cukup bagus.5. Sekarang. Gambar 5. nilai 25%-45%. Sedangkan pada layer teratas. Pengalaman penulis. yaitu : ● Alis Tegas Berwibawa dan Mata Jernih Bercahaya ● Bibir Menawan dan Gigi Putih Cemerlang ● Wajah Halus. fokus pada panel Layers. Copy lah layer background sebanyak dua kali. anda akan memperoleh wajah yang lebih cerah. Sekarang. Fase berikutnya dari portrait digital retouching. Untuk itu. dengan kekontrasan yang lebih baik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful